Korea SelatanTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Korea 11 Hari 3 Kota ( Seoul, Sokcho, Busan )

Iringan Prajurit dalam Acara "Royal Guard Changing Ceremonies"

Hallo teman-teman traveller yang berencana travelling ke Korea, maka anda menemukan blog yang tepat! Karena di artikel ini gue akan menjelaskan pengalaman jalan-jalan ke Korea selama 11 hari beserta budget, selain itu ada informasi cara travelling hemat ke Korea dengan membeli voucher discount!

Jadi di baca sampai selesai ya post ini kalau perlu di bookmark, biar bisa di pakai buat referensi travelling hemat ke Korea jika suatu hari mau travelling ke sana :relax:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan ke Korea ( Seoul / Busan / Jeju )

Untuk dapat menuju Seoul / Jeju dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Korea Selatan terdapat 2 bandara Internasional yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan yang direct, bagi anda yang mempunyai budget lebih, bisa memilih maskapai Full Service Airlines seperti Asiana Airlines / Korean Air / Garuda. Sedangkan untuk maskapai Low Cost Carrier Airlines, sayang nya tidak ada rute direct dari Indonesia ke Korea Selatan.

Buat anda yang ingin ke Pulau Jeju, maka ada 3 maskapai domestik Korea Selatan yang dapat anda pilih, kisaran harga sekitar 1 juta rupiah Pulang Pergi, yaitu :

  1. JejuAir
  2. AirBusan
  3. EastarJet

* * * * *

Visa Korea

Visa Korea Selatan
Visa Korea Selatan

Untuk dapat masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan Passport WNI Sipil ( Sampul Hijau ), maka kita harus mempunyai Visa Korea Selatan. Sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Korea Selatan, wajib terlebih dahulu punya nama nya Paspor ya!

Cara mendapatkan Visa Korea Selatan tidak mudah dan tidak susah, dapat di baca cara nya pada Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan.

Untuk membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020.

* * * * *

4 Musim di Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea
Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Di Korea Selatan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Korea musim gugur lalu di bulan Oktober, suhu nya rata-rata di kisaran 15° untuk siang hari, 10° untuk malam hari.

Untuk sekitaran suhu segitu, gue masih nyaman hanya menggunakan satu sweater saja, tapi salah nya adalah gue menggunakan sandal gunung yang akibat nya kaki gue “mati rasa” ketika berjalan di malam hari, kalau pakai sepatu sih nyaman :suram:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration tingkat akurasi nya 99% berdasarkan pengalaman pribadi selama travel di Korea. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana :relax:

* * * * *

Itinerary ke Korea 11 Hari 3 Kota ( Seoul, Sokcho, Busan )

Itinerary Korea
Itinerary Korea

Pengalaman gue selama 11 hari di Korea Selatan, gue berkesempatan mengelilingi 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan. Tadi nya mau ke Jeju juga, cuma karena pertimbangan biaya dan malas cari tiket pesawat murah domestik Korea nya, jadi di tunda dulu deh ke Jeju nya buat next trip ke Korea aja.

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, wisata kota Seoul itu dominan mengunjungi Palace ( Istana ) dan juga area tempat Shopping jumlah nya banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking dan pantai sehingga jika malam kota nya tidak terlalu ramai dibandingkan Seoul, sedangkan Busan karena kurang explore jadi gue masih belum bisa menarik kesimpulan.

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari :senang:

* * * * *

Biaya Jalan-Jalan di Korea 11 Hari 3 Kota

Money South Korea
Money South Korea

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 11 hari 3 kota di Korea Selatan berdasarkan pengalaman pribadi.

Setelah gue hitung-hitung keseluruhan nya habis di kisaran 12 juta ( all include seperti Tiket Pesawat, Penginapan, Makan, Transport ), pengalaman ke Korea ini gue lakukan di Oktober 2014 ya.

BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

Untuk makan, rata-rata sekali makan berat itu di kisaran 5.000 – 10.000 Won. Kalau jajan / cemilan di kisaran 1.000 – 5.000 Won, nah jika mau irit ya makan nasi kotak yang di kisaran 3.500 Won itu udah enak menu nya.

Yang gue suka dari makanan Korea adalah BBQ nya entah ayam / sapi / babi pokok nya enak-enak deh bumbu nya, harga di kisaran 12.000 Won, terus untuk minum nya yang wajib coba adalah susu pisang nya, harga di kisaran 1.200 Won :senang:

Kalau tempat wisata di Korea yang wajib di kunjungi sudah pasti Everland Hari 7 : Everland Theme Park ) dan melakukan Jjimbilbang Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea ), di jamin pengalaman nya tidak bakal terlupakan :evilsmirk:

* * * * *

Internet WIFI Korea

Akses internet terus ON selama travelling tentu sangat membantu sekali, selain bisa menjadi penunjuk arah atau mencari informasi secara cepat, yang paling penting bisa untuk update social media anda dengan foto-foto selama travelling hahaha….

Kabar baik nya banyak Internet WIFI hotspot GRATIS yang bertebaran terutama di tempat wisata. Bagi anda yang mau menyewa Pocket WIFI Korea atau membeli SIM Card Korea, bisa cek link di bawah :

Beli Sim Card Korea Mulai dari Rp 170.000, Sewa Wifi Portable Korea Mulai dari Rp 38.000 / hari, KLIK DI SINI

* * * * *

Transportasi Korea

TMoney dan Busan Pass
TMoney dan Busan Pass

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu yang nama nya T-Money, jadi nanti untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, oh ya T-Money juga bisa buat belanja di minimarket.

Nah khusus di Busan, gue menggunakan Busan Day Pass untuk efisiensi biaya, tempat wisata Busan jauh-jauh euy jadi kalau pakai T-Money cukup rugi dari segi hitungan biaya nya.

Transportasi kereta AREX dari Bandara Incheon ke pusat kota Seoul juga bisa di beli secara online loh, harga tiket nya mulai dari Rp 105.000 saja

Beli Tiket Kereta AREX dari Bandara Incheon ke kota Seoul – Harga mulai dari Rp 105.000 ( KLIK DI SINI )

* * * * *

Penginapan Korea

BOOKING.COM ( Klik banner di bawah )

Booking.com

KLOOK

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 40.000 – 60.000 Won tergantung lokasi nya, gue merekomendasikan booking hostel / hotel di Korea menggunakan Trip.com / KLOOK. Pengalaman trip di musim Autumn ( gugur ), gue sama sekali tidak menyalakan AC ketika tidur karena dingin banget kalau udah malam menjelang dini hari. Tips penting dalam mencari penginapan adalah cari yang dekat dengan stasiun Subway, ideal nya jalan kaki 5-10menit sih.

* * * * *

Voucher Discount Tempat Wisata Korea

Membeli tiket masuk tempat wisata di Korea secara online harga nya bisa lebih murah loh di bandingkan membeli secara on the spot. Apabila anda berencana mengelilingi kota Seoul dan mengunjungi berbagai macam Palace seperti Gyeongbokgung Palace, Changdeokgung Palace, maka opsi membeli Discover Seoul Pass merupakan pilihan terbaik, bisa hemat banyak!

Beli Discover Seoul Pass – Harga mulai dari Rp 600.000 ( KLIK DI SINI )

Berikut list-list discount tempat wisata di Seoul yang bisa buat biaya travelling anda ke Korea lebih hemat!

Everland – Theme Park Korea, Harga Tiket Diskon mulai dari Rp 405.000 ( KLIK DI SINI )
Lotte World – Theme Park Korea, Harga Tiket Diskon mulai dari Rp 420.000 ( KLIK DI SINI )
Namsan Seoul Tower – Melihat Seoul dari Ketinggian, Harga Tiket Diskon mulai dari Rp 175.000 ( KLIK DI SINI )
Seoul Sky Tower ( Lotte World Tower ) – Melihat Seoul dari Ketinggian, Harga Tiket Diskon mulai dari Rp 285.000 ( KLIK DI SINI )

* * * * *

Tour Korea Murah

Opsi memakai tour untuk menuju Nami Island, Petite France atau Garden Morning of Calm merupakan opsi terbaik buat anda yang memiliki keterbatasan waktu. Selain 3 tempat wisata di atas, ada juga beberapa tour lokal yang memudahkan anda untuk mengeksplor Korea Selatan lebih dalam lagi :good:

List penyedia jasa tour di Korea yang murah, recommended dan trusted pasti nya, bisa di cek di bawah :

Klook.com

* * * * *

Keliling Pulau Jeju ( Jeju Island )

Buat anda yang ingin sharing cost ikut tour dengan peserta lain, bisa memakai opsi list tour di bawah, karena jalan-jalan di Jeju itu lebih recommended memakai sharing tour di bandingkan jalan-jalan sendiri memakai transportasi umum.

Klook.com

Alternatif nya anda bisa mengikuti group tour atau sewa taksi seharian untuk keliling Jeju dengan price sebagai berikut :

  1. 1 Day Pass Tiket Bus Hop On & Hop Off untuk keliling Jeju Island Seharian ( Pakai Sepuas nya ) – 10,5 USD
  2. Jeju Island 1 Day Trip – Small Group Van Tour, 9 Jam – 67 USD
  3. Jeju Island 1 Day Bus Tour Package, 9 Jam – 68 USD
  4. Jeju Island 1 Day – Sewa Private Taxi atau Van, 9 Jam – Mulai dari 159 USD

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Korea, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Leave a Reply