Korea SelatanTravel ( Outside Indonesia )

Hari 6 : Seoul ( Petite France, Garden of Morning Calm )

Lighting Festival di Garden of Morning Calm

Pada Hari 6 ( Trip Jakarta – Manila – Seoul – Sokcho – Busan – Kuala Lumpur – Jakarta ) ini akan bercerita pengalaman mengelilingi Petite France dan review tentang Garden of Morning Calm

[spoiler title=”Itinerary Trip Seoul (21 October 2014)”]
Waktu Korea Selatan GMT +9

11.00 – 13.00    : Hapjeong Station ke Cheongpyeong Station
13.00 – 14.30    : Nunggu Bus sama Hujan berhenti
15.20 – 17.20    : Keliling Petite France sambil Main Hujan
17.40 – xx.xx    : Balik dari Petite France, Cari Makan Malam dan Pulang ke Hostel
[/spoiler]

Pada hari ini sebenar nya gue sudah berencana akan bermain ke Theme Park Everland seharian, udah di niatkan padahal bangun pagi-pagi jam 7 pagi. Tapi sayang rencana awal tidak sesuai ekspetasi karena begitu gue terbangun,  terdengar begitu jelas suara tetesan air yang merdu bunyi nya di jendela kamar. Dan lucu nya adalah begitu membangunkan teman gue dari tidur nya dan memberitahukan kalau hujan dan harus berubah tujuan, eh malah tidur lelap lagi dia :yawn:

Bagaimana dengan gue? karena rasa nya malas juga untuk bangun apalagi gerak karena udara nya dingin akibat hujan akhir nya gue memilih tidur kembali hingga jam 9 pagi. Pelajaran yang di petik akibat hujan dadakan ini adalah selalu periksa website ramalan cuaca pada hari sebelum nya agar jadwal perjalanan nya dapat menyesuaikan, kalau gue sendiri rekomendasiin website www.accuweather.com

By the way karena rencana ke Everland hari ini bubar akibat melihat ramalan cuaca bakal hujan seharian penuh ( yang ternyata terbukti benar ), dan melihat itinerary tempat yang tersisa tidak ada tempat indoor sama sekali, ya akhir nya gue pun memilih Petite France sebagai tujuan hari ini karena sudah tidak sempat lagi ke sini untuk hari-hari berikut nya.

* * * * *

Paket One Day Trip Tour ( Nami Island – Petite France – Garden of Morning Calm ) – Rp 850.000 – KLIK DI SINI

Petite France

Direction ( Subway ) : From the Cheongpyeong Terminal, take Gapyeong Tour Bus to Petite France

Other Info : Jam Operasional 09.00 – 18.00, harga tiket 8000 Won / Adult, jika menggunakan Voucher, Discount 25% menjadi 6000 Won

Source : Visit Korea Petite France

Discount : Visit Korea Commitee

Setelah sarapan dengan kenyang dan gratis dari hostel, gue pun langsung tancap gas ke Cheongpyeong Station yang arah nya sama persis seperti mau ke Gapyeong Station ketika mau ke Nami Island. Saat itu kondisi nya masih hujan gerimis mulai dari keluar Hostel hingga sampai ke stasiun transit, well gue masih berpikir think positif pasti hujan berhenti atau hujan gerimis begitu sesampai nya gue di Petite France.

Tapi sayang semua hanya lah harapan karena sesampai nya di Cheongpyeong Station, hujan nya malah tambah deras yang mengakibatkan gue berteduh dulu di halte bus Cheongpyeong Terminal. Nah ketika acara menunggu di halte bus ini, kita ber-2 bingung ambil arah bus yang ke kiri atau ke kanan, kan kalau salah arah berabe nyasar entar yang ada malahan.

Suasana Sekitar Halte Bus Cheongpyeong

Di tengah acara kebingungan, sebenar nya sudah ada 2 bus umum ( bukan tour bus ) yang singgah kurang lebih 3 menit lama nya dan kita pun inisiatif nanya pada bus ke 2. Nah karena kita ber-2 engga ada yang tahu cara bertanya dalam bahasa Korea yang kurang lebih begini isi nya, “Apakah bus ini ke arah Petite France?”, akhir nya nanya langsung saja ke supir bus nya “Petite France?”

Eh supir nya diam, cengo dan bingung begitu kita nanya begitu, terus ujung nya malah di suruh turun sambil mengibaskan tangan nya. Setelah mendapat jawaban penolakan seperti itu, akhir nya ya sudah kita sepakat memakai Gapyeong Tour Bus saja untuk ke Petite France ini.

Tidak lama setelah dalam keadaan menunggu lagi masih dalam keadaan hujan gerimis, ada 2 orang dari Hongkong ( pasangan ) yang bertanya ( dalam Bahasa Inggris ) arah ke Petite France ke kami ber-2 dan di jawab oleh kami ber-2 bahwa kami sendiri juga mau kesana dan sedang menunggu Gapyeong Tour Bus tapi tidak tahu jam kedatangan nya.

Nah si cowo Hongkong itu inisiatif cari jadwal kedatangan Gapyeong Tour Bus nya, sedangkan yang si cewe Hongkong ngobrol dengan ringan dengan kami dan dari hasil ngobrol ringan itu ternyata mereka adalah sepasang anak kuliah dari Hongkong yang cuma liburan 4 hari dan ini adalah hari ke-3 mereka sehingga jadwal mereka sangat terburu-buru. Si Cewe Hongkong ini juga kaget begitu kami bilang liburan 12 hari di Korea Selatan ini, gue juga kaget sih liburan dia cuma 4 hari, sebentaran banget :( Eh Btw si cewe Hongkong ini cakep loh, jadi asik-asik aja ngobrol sama dia hahaha……

Si Cowo Hongkong ini balik dengan ajakan sharing taxi saja lalu tarif di bagi ber-4 karena jadwal kedatangan bus berikut nya masih lama atau sekitar 1 jam. Tapi ternyata si pasangan Hongkong ini hanya punya sisa sedikit uang Won dan membawa cukup banyak dollar Hongkong, terus nanya ke kita Money Changer terdekat yang tentu saja langsung di jawab kami tidak tahu dan rasa nya tidak mungkin ada Money Changer di sekitar sini. Akhir nya ya udah gue pun menawarkan bagaimana kalau mereka membayar ke kita dalam bentuk Dolar Hongkong saja ( rate 1 HKD = 140 Won ) dan mereka langsung setuju.

Tidak berapa lama, sebuah taksi putih datang dan setelah menanyakan harga menuju Petite France, akhir nya kami pun deal. Gue pun langsung menaiki taksi tersebut, eh tiba-tiba datang lagi 2 cewe Hongkong sebelum si Cowo Hongkong ini masuk ke dalam Taxi. Dan hebat nya si Cowo Hongkong ini langsung tahu kalau 2 cewe Hongkong yang baru datang ini adalah orang Hongkong karena mereka langsung bicara dalam bahasa Canton. Dan ujung-ujung nya adalah? Eh si Cowo Hongkong ini minta maaf ke gue dan teman gue karena menyuruh kami naik taxi lain dengan alasan mereka kehabisan uang Won dan 2 cewe Hongkong ini juga kebetulan orang Hongkong dan ingin ke Petite France juga sehingga bisa bantu talangin Won mereka dulu dan lebih mudah ganti nya karena sesama orang Hongkong.

Oalahhh, mendapat jawaban seperti itu ya sudah deh, memang keadaan nya ribet juga sih, ya sudah nurut aja, pada akhir nya si Cowo Hongkong ini memberikan tos terima kasih dan salam sampai jumpa di sana walau pada akhir nya engga ketemu juga rombongan mereka di Petite France hahaha…

* * * * *

Setelah kejadian dengan orang Hongkong, eh tiba-tiba muncul 1 cewe masih muda orang Korea. Teman gue dengan cekatan langsung tanya ke dia apakah mau ke Petite France dalam Bahasa Inggris. Eh ternyata cewe Korea ini bisa sedikit-sedikit Bahasa Inggris dan kebetulan banget juga mau ke Petite France. Ngobrol sedikit-sedikit ke dia ternyata dia masih anak kuliah dan baru pertama kali ke Petite France, engga nyangka juga orang Korea Asli baru pertama kali ke Petite France. Dia sendiri juga kaget begitu tahu kita dari Indonesia karena menurut dia Indonesia jauh ( Indonesia aja jauh, gimana dengan Argentina? ), terus ngapain jauh-jauh mau datang ke Korea, langsung aja gue jawab mau ketemu SNSD :ngakak:

Tiba-tiba sebuah bus datang yang langsung gue tahu itu adalah Gapyeong Bus Tour dari ciri khas warna nya, nah si cewe Korea itu mengajak kami naik karena arah bus nya adalah menuju Petite France. Setelah gue cek kembali jadwal nya sekitar jam 14.30, memang benar sih bus akan datang di Cheongpyeong Terminal. Harga tiket Gapyeong Bus Tour ini adalah 5000 Won dan dapat di gunakan bebas selama satu hari full, jadi simpan baik-baik ya tiket nya! :info:

Gapyeong Bus Tour dan Tiket
Jadwal Gapyeong Bus Tour dari Garden Morning Calm ke Gapyeong Terminal, Klik Untuk Perbesar

Dan akhir nya sampai di halte bus Petite France jam 15.15 dalam keadaan masih hujan gerimis! Karena sudah sampai di TKP, ya sudah di nikmati saja keadaan nya explore Petite France ini sambil hujan-hujan nya hiksss….

Sesampai nya di loket beli dulu tiket dengan menggunakan voucher discount 25% sehingga harga akhir nya menjadi 6000 Won dan maka di mulai lah petualangan mengexplore Petite France ini. Untuk selanjut nya biarlah foto yang berbicara :)

Tampak dari depan - Petite France
Eiffel Tower - Petite France
Eiffel Tower – Petite France
Photo Petite France di Berbagai Musim

Curhat sedikit, pas di deket bangunan Eiffel Tower di Petite France ini sebenar nya gue mengalami kejadian penolakan untuk ketiga kali nya tetapi yang ini rasa nya bikin greget dan lucu kalau di ingat-ingat :ngakak:

Jadi cerita nya adalah gue kan niat awal nya cuma buat kenang-kenangan aja ada foto selfie sama Cewe Korea gitu, berhubung dari kemarin-kemarin engga berani walau ada kesempatan, nah sekarang gue coba nekat-nekatan deh coba ngajak Cewe Korea yang baru kenalan di Halte Bus Cheongpyeong. Kebetulan deh ketemu di dekat Eiffel Tower ini, terus coba ajakin dalam Bahasa Inggris, kurang lebih dialog nya begini :

Gue : Chogiyo, may I take a photo with you?

Cewe Korea : Photo? ( pasang tampang bingung )

Gue : Yes, photo ( sambil kasih liat kamera SLR )

Cewe Korea : Aaahhhh, ( terus nunjuk gue sama teman gue, di kira nya Cewe Korea dia jadi tukang foto gitu )

Teman Gue : No, No ( terus nunjuk Gue sama Cewe Korea )

Cewe Korea : Aaahhhh……. Sorry but my hair ( sambil kasih liat rambut nya, terus nunduk dia nya minta maaf )

Gue dan Teman : Ah oke, no problem, haha… ( ikut-ikutan nunduk juga )

Yang bikin gue greget adalah alasan nya, padahal rambut nya oke-oke saja, cuma mungkin wajah nya kelihatan sih seperti engga make-up alias natural tapi masih tetap cakep kok haha… Cuma ya sudah memang belum jodoh seperti nya dapat foto selfie sama Cewe Korea :crying:

By the way Petite France ini terkenal di Korea karena menjadi tempat syuting beberapa film seperti Secret Garden, My Love From The Star, variety show Running Man dengan bintang tamu SNSD ( Episode 63 ) juga syuting di sini loh :)

Oh ya di Petite France ini jangan sampai melewatkan acara “Puppet Play” yang lucu dan menghibur sekali, pokok nya wajib nonton deh kalau main ke Petite France. Dari hasil googling, sebenar nya masih ada acara outdoor lain nya tapi berhubung HUJAN ( arggghhh ) jadi acara tidak pada tampil deh, ya sudah lah di pasrahkan saja :(

Foto Drama & Variety Show yang pernah main di Petite France
Puppet Play - Petite France
Puppet Play – Petite France
Bye Petite France!
Jadwal Gapyeong Bus Tour dari Gapyeong Terminal ke Garden Morning Calm, Klik Untuk Perbesar

Total 1 jam 45 menit waktu yang gue habiskan untuk explore Petite France ini dalam keadaan hujan gerimis yang engga berhenti sepanjang hari ini, dan akhir nya gue pun kembali ke Cheongpyeong Station menggunakan Gapyeong Bus Tour kembali dengan menggunakan jadwal jam 17.40

The Garden of Morning Calm

Direction ( Subway ) : From the Cheongpyeong Terminal, take Gapyeong Tour Bus or Bus 31-7 to Garden Morning Calm

Other Info : Jam Operasional 08:30-sunset (19:00) / Lighting Festival 08:30-21:00

Source : Visit Korea The Garden of Morning Calm

The Garden of Morning Calm

Buat kalian yang suka lihat tanaman-tanaman indah dan mempunyai waktu lebih di sekitaran area Gapyeong / Cheongpyeong ini maka sempatkan lah datang ke Garden of Morning Calm, rekomendasi gue datang ke sini ketika musim Winter karena ada Lighting Festival yang cakep banget asli :good:

Gue sendiri yang awal nya udah niat kesini dari awal akhir nya harus gagal datang kemari karena faktor jam dan cuaca yang tidak mendukung, mungkin next kalau datang ke Korea lagi ketika Winter, gue sempatkan datang kemari :)

Di Garden of Morning Calm ini suka jadi tempat syuting loh, coba baca selengkap nya di Visit Korea ( Link Source di atas ) ya.

Lighting Festival di Garden of Morning Calm

* * * * *

Untuk makan malam hari itu akhir nya gue memutuskan makan Burger di KFC, kemudian mampir ke sebuah toko barang sehari-hari gitu terus iseng-iseng beli sabun buat tes di pake. Dan acara hari itu di akhiri mampir ke minimarket untuk membeli nasi kotak buat sarapan besok pagi dan satu botol soju biar cepat tidur nya karena jadwal besok akan seharian bermain di Theme Park Everland yeayyy! :wow:

Harga Burger KFC di Korea
Beli Nasi Kotak Gratis 1 Kaleng Soda + Sabun Arang dan LG ( Beli karena Unik )
Soju, Niat nya Bagi ber 2, tapi teman gue engga kuat minum haha

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

37 Comments

• senang nemu blog ini salah satu nya jdi refrensi sebelum kami berangkat llumayan banyak membantu. april 2018 lalu saya ke sana ma suami… sempat kebablasan 1 x waktu naik MRT karrna ngobrol terus (org sna pada di maen hp, kami ketawa ketiwi 😁😁) .makasih mas frenkey

• Waah… kemarin ke Korea ke Garden of Morning Calm tpi sayangnya lampu2 nya blum dinyalain…kita sampai sana jam 3 sore-an…

• Makasih responnya… mau nanya lagi nih.. klo dr cheongpyeong terminal menuju ke garden of morning calm naik apa ya?

• Naik Gapyeong Tour Bus aja. Bus tipe ini melayani rute Nami Island, Petite France sama Garden of Morning Calm. Harga tiket bus nya 6000 Won bisa di pakai sepuas nya seharian.

• Mas gapyeong tour bus ini bisa di pake seharian, bisa untuk pergi dan pulang ya asal tiket nya ga hilang ?

• yes, benar sekali, bisa di pakai sepuas nya dalam 1 hari tapi ga sampai malam ya ( cek jadwal nya untuk detail nya ), harga tiket bus nya 6000 Won sekarang.

• Mas, mau nanya… klo dr cheongpyeong station ke cheongpyeong terminal jauh g? Jalann atau naik taksi?

• Hello frankey 😄 saya rencananya ke korea bln februari nih, tau gak festival lighting nya di morning garden calm jam brp kalo mlm? Nah kalo bus tour nya dr situ terakhir jam 19.30 ketar ketir jg ya gak keburu dong.😁

• wah kurang tau ya, kaya nya di atas jam6sore deh. Ya naik taksi sih pilihan nya ke stasiun terdekat Cheongpyeong Station, no choice.

• hi mas frenkey

saya tgl 30 oktober ini ke seoul dan berencana ke nami island, petite france, dan garden morning calm.

Rencana sih nami islandnya terakhir biar lebih lama eksplornya. Bagusnya ambil rute mana dulu ya? biar gak bolak balik dan muter-muter. thanks.

• Nami Island sih bagus nya justru pagi-pagi ya.

Kalau mau mulai dari Nami Island dan terakhir nya Garden Morning Calm, rute nya begini :
      Gapyeong Station -> Nami Island -> Petite France -> Garden Morning Calm -> Cheongpyeong Station

Kalau mau Nami Island nya terakhir, tinggal di putar aja rute di atas.

• Wah kebetulan rencana mau ke Petite France pas ke Korea nanti, pas nih buat cari info. Mau nanya memungkinkan ga ya kalau dalam satu hari Petite France, Nami Island dan Jade Garden. Temen gue ngajakin Jade Garden, gue agak blank sih itu apa n worthed ga nya hehe. Lalu Garden of Morning Calm itu bagus n recommended ga menurut lo? meski waktu itu gagal ya gara2 ujan, bingung Jade Garden apa Garden of Morning Calm itu?

Thank youuu.

• Hallooo, gw dari kemarin nyari tau banget soal trip ke Nami dan sekitarnya ini karena agak bingung.
    Kalau boleh buat make sure, jadi begini bukan prosedurnya:

Mulai dari gapyeong terminal, beli one day trip shuttle bus terus langsung menuju ke dermaga nami untuk naik ferry ke Nami Island.
    Kalau udah selesai, pulang naik ferry lagi. Setelah itu harus ambil naik bus yang ke Gapyeong Terminal lagi baru abis itu naik bus ke Cheongpyeong atau bisa dari stationnya Nami langsung naik bus apa aja yang menuju Cheongpyeong Terminal?
    Nah terus kalo misalnya gw gak berencana ke Petite France tapi langsung ke Garden Morning, itu berarti gw naik bus nya langsung turun ke station Garden Morning nya kan?
    Dan kalau udah selesai dari Garden Morning, berarti gw tinggal balik lagi pake shuttle tour untuk kembali ke Gapyeong Terminal?

Bener begitu gak rangkaiannya? Hahaha :lonely:
    Thanks yaaaak! :yeah:

• Hi,

Rute lengkap nya begini

Gapyeong Station => ( Beli Tiket Bus Gapyeong Tour Bus 6000 Won – Tiket jangan DI BUANG / HILANG ) => Dermaga Nami Island => ( Naik Ferry ) => Nami Island => Balik lagi ke Dermaga Nami Island => ( Naik Gapyeong Tour Bus lagi dari Halte Dermaga Nami Island ) => Petite France => ( Naik Gapyeong Tour Bus ) => Garden Morning Calm => ( Naik Gapyeong Tour Bus ) => Cheongpyeong Station

Kalau engga mau ke Petite France berarti jangan turun di Halte Bus Petite France, benar langsung turun di Halte Garden Morning Calm saja.

• Omg thank so muchhhh :wow:
        It helps a lot.

Btw nanya lagi, itu gw liat di budget list lo gak ada budget buat entrance fee nya Garden Morning Calm. Apa itu artinya free enterance?
        Tapi kayak dimana gitu gw baca, masuknya sekitar 8.000 atau 9.000 gitu?

• Karena gw kaga kesana jadi kaga gw masukkin ke budget list hahaha… waktu itu keadaan gw tidak memungkinkan kesana karena lagi hujan deras :desperate:

anyway harga nya nih => Weekends · Public Holidays 9,000 won / Discount (Weekdays) 8,000 won

• Hai ka’, nanya dong…
    Klo misalnya sy mw stay smp jam 7.30an gitu di petite france, kan udh gbs naik shuttle bus lg (jadwal terakhir jam 17.50 utk ke cheongpyeong st), klo jam2 sgitu msh ada transportasi lainnya kah yg rekomended utk balik ke station? Soalnya cm ber2 cewek2…
    Makasii ka’

• Hi Kicky,

Alternatif transport nya kaya nya cuma taksi deh ya tapi gw kaga tau tarif nya berapa dari Petite France ke Cheongpyeong Station jika pakai Taksi. Kalau naik bus umum ( bukan shuttle bus ) gw kaga tau juga itu aktif nya sampai jam berapa.

• Haaaaiiii Frenky
    Mau tanya dong, tiket tour bus yg 5000 won itu cara pakainya gmn?
    Misal dari Nami Island mau ke Petite France, harus balik pakai kapal fery dulu atau gmn? Nunggu bus nya di mana?
    Oh ya untuk pulang dari Nami, harus beli tiket kapal ferry lagi kah?
    Dari Petite France mau ke Garden Morning Calm juga nunggu tour bus nya di mana ya?
    Makasi ya Frengky :yeah:

• Haiiii Cindy,

Cara pakai nya tinggal beli aja tiket nya langsung ke supir nya di dalam bus ( pertama kali aja ), ntar di kasih tiket nya berupa selembar kertas. Berikut nya kalau mau naik bus tinggal kasih liat aja tanggal tiket nya.

Untuk ke Nami Island itu harus naik kapal fery nah itu harga tiket sekali beli itu udah termasuk tiket pergi pulang ya. Halte bus nami itu bukan di pulau Nami nya, tapi ada di dermaga Nami nya, keliatan jelas deh halte nya pas di Nami.

Di Petite France tinggal nunggu di halte bus aja jelas keliatan di depan gerbang Petite France, nanti tour bus nya pasti mampir di halte tersebut sesuai timetable di halte bus, jadwal kedatangan bus nya cukup on time ya, jadi jangan lupa spare waktu.

• Halo…, review -mu membantu bangets. Dan diriku sudah lolos visa korea nya untuk Maret dengan mengikuti suhu :cheer: Kalau ada kesempatan ke garden morning calm dari petite france caranya gimana ya? Apa harus ke station bus nya lagi atau tinggal menunggu saja dengan memakai bus gapyeong bus tour di bus stop? Lalu jam terakhir jam berapa ya untuk kembali ke seoul nya? Mohon saran. Tq.

• Hi Monita,

Selamat ya sudah approve visa nya yey :cheer:

Tinggal naik gapyeong bus tour aja di bus stop, rute yang bagus sih begini ya…

Gapyeong Station => Nami Island => Petite France => Garden Morning Calm, rute tersebut bisa di pakai kalau udah sampai di Gapyeong Station dari jam7-8pagi.

Nah nanti untuk balik nya dari Garden Morning Calm cukup kembali ke Cheongpyeong Station aja karena lebih dekat, jangan kembali ke Gapyeong Station lagi ya!

Jam terakhir keberangkatan bus dari Garden Morning Calm ke Cheongpyeong Station nya jam 19.30 ya ( Coba lihat gambar timetable bus pada post ), kalau rute subway dari Cheongpyeong ke Seoul sih sampai jam 23.00 masih available jadi tenang saja, yang perlu lebih di perhatikan adalah jadwal bus nya :info:

• Hi bro, mau tanya yang Klook.com itu ada yang pernah purchased tiketnya kah? terpercaya ya webnya? hehehe, baru pernah tau nih soalnya, mau beli masih ragu2. thanks

• Bro mau tanya, kuponnya ntr bayarnya di korea pas beli tiketnya ya?
    Kl kupon couple everland bisa didpt dmn?
    Thx before…

• Discount buat Petite France cukup di print dari Indo ya bro.. seLain discount itu ada discount apaLage.. mungkin N.SeouL tower atau KFV ada gak ya.. trims bro