TaiwanTravel ( Outside Indonesia )

Cara, Syarat dan Pengalaman Mendapatkan Bebas Visa Taiwan ( Updated 2020 )

Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan

Untuk memasuki negara Taiwan sebagai turis dengan menggunakan paspor biasa / e-paspor umum membutuhkan yang nama nya Visa Taiwan, singkat kata Visa itu adalah ijin masuk ke sebuah negara sedangkan Paspor hanyalah sebuah identitas. Kabar baik nya Taiwan memberikan Bebas Visa selama 30 hari untuk para wisatawan / turis Indonesia yang ingin menikmati wisata kuliner dan keindahan alam Taiwan.

Untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi ya sebenar nya Visa Taiwan ini tidak sepenuh nya murni Bebas Visa cuma modal paspor aja layak nya berkunjung ke negara-negara ASEAN ( Singapura, Malaysia, Thailand, Dll ). Tapi syarat dan ketentuan mendapatkan Visa Taiwan ini mudah banget, yang penting harus memenuhi syarat utama berikut terlebih dahulu

* * * * *

Catatan Perjalanan Travelling ke Taipei dan Taichung

Pengalaman Travelling ke Taipei dan Taichung
Pengalaman Travelling ke Taipei dan Taichung

* * * * *

UPDATE PER 2019

  • E-visa Australia dan Selandia Baru yang digunakan untuk mengajukan Travel Authorization Certificate harus masih dalam masa berlaku saat tiba di Taiwan.
  • Pemegang Visa Jepang (Visa biasa maupun Visa Waiver) harus dapat menunjukkan riwayat kunjungan ke Jepang atau Tiket keberangkatan ke Jepang.

* * * * *

UPDATE PER 01 OKTOBER 2018

Lama masa tinggal di Taiwan ( terhitung sejak dari hari kedatangan ) berubah menjadi 14 hari saja ( sebelum nya 30 hari ).

* * * * *

SYARAT UTAMA BEBAS VISA TAIWAN

[box style=”1″]

  • Paspor pemohon berlaku enam bulan terhitung sejak tanggal kedatangan di Taiwan.
  • Pemohon harus memiliki tiket pesawat atau tiket kapal perjalanan pulang pergi.
  • Pemohon tidak pernah dipekerjakan sebagai pekerja pabrik/buruh di Taiwan.
  • Pemohon harus memiliki sertidaknya salah satu dari Visa yang dikeluarkan oleh negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ,dan negara-negara Schengen
    • Kartu izin tinggal sementara atau kartu izin menetap yang masih berlaku
    • Visa masuk yang sah (visa elektronik diperbolehkan)
    • Kartu izin tinggal atau visa yang telah berakhir kurang dari 10 tahun sebelum tanggal kedatangan di Taiwan.
  • Untuk pemegang Visa Taiwan yang Telah BERAKHIR KURANG dari 10 tahun dan tidak pernah melanggar peraturan di taiwan ; pemegang visa dengan kode 「fl」 (Buruh) , kode 「x」 (Dan lain-lain) atau Visa Residen Pekerja Pabrik / Buruh di Taiwan Tidak diperbolehkan mengajukan aplikasi visa online ( Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC).

[/box]

 * * * * *

Jika syarat utama di atas sudah terpenuhi, maka langkah berikut nya adalah membuka link pendaftaran Bebas Visa Taiwan nya di sini :

https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

1. Pilih Bahasa Indonesia

2. Baca syarat dan ketentuan nya dengan teliti

Syarat Bebas Visa Taiwan
Syarat Bebas Visa Taiwan

3. Isi formulir aplikasi Visa Online Taiwan dengan data yang sesuai dan benar

NOTE : Jika hanya punya 1 nama, cukup isi nama depan saja, nama belakang di isi dengan tanda [ spasi ]. Nama depan dan belakang jangan di tulis berulang ya!

Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan
Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan
Konfirmasi Ulang Data setelah Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan
Konfirmasi Ulang Data setelah Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

4. Jika Visa Taiwan Online sudah di setujui ( Approved ), print / cetak dokumen Visa Taiwan Online tersebut untuk di bawa beserta tiket pesawat keluar Taiwan ketika berada di konter Imigrasi Taiwan

Aplikasi Visa Taiwan yang sudah di Approved
Aplikasi Visa Taiwan yang sudah di Approved
Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan
Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan

* * * * *

Pengalaman pribadi, gue mendaftarkan aplikasi Bebas Visa Taiwan ini di tanggal 04 Oktober 2017. Lalu di hari H keberangkatan ke Taiwan di tanggal 05 November 2017, mulai dari konter maskapai penerbangan, dokumen Sertifikasi Visa Taiwan ini beserta tiket keluar Taiwan dan Visa Jepang gue juga di cek karena gue memasukkan nomor Visa Stiker Jepang gue sebagai persyaratan mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini.

Sesampai nya di imigrasi Taiwan di Bandara Taoyuan, dokumen yang sama gue serahkan kembali dan tidak ada masalah sama sekali sih, lancar jaya jadi sudah terbukti syarat Bebas Visa Taiwan itu sangat mudah! Nih bukti nya gue lancar jaya masuk ke Taiwan pakai Visa Jepang Single Entry yang sudah expired yang gue dapatkan di tahun 2015 :good:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Bebas Visa Taiwan

Q : Bagaimana jika tidak memiliki Visa negara berikut ( Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ) dan Schengen ?

A :  Berarti harus mengajukan Visa Taiwan dengan melampirkan persyaratan yang tertulis di website TETO Jakarta dan membayar uang Rp 650.000 ( Single Entry ) – Rp 1.300.000 ( Multiple Entry ), berikut link detail nya :

  1. Macam-Macam Jenis Visa Taiwan ( http://www.roc-taiwan.org/id_en/post/137.html )
  2. Syarat Visa Taiwan Wisata / Turis ( http://www.roc-taiwan.org/uploads/sites/60/2016/05/20160714_02_Visa_Wisata_Tourist.pdf )

 

Q : Apakah wajib melampirkan bukti pemesanan penginapan untuk apply Bebas Visa Taiwan ?

A :  Tidak wajib, tapi sangat di sarankan sudah punya bukti penginapan yang sudah di booking melakukan pengisian formulir Bebas Visa Taiwan. Sangat di sarankan melampirkan bukti booking penginapan dari situs BOOKING[dot]COM ( KLIK LINK )



Booking.com

 

Q : Apakah Visa Waiver Jepang ( E-Paspor ) berlaku untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini ?

A :  Ya berlaku, sesuai yang tertulis di point nomor 9 ketika registrasi Visa Taiwan Online, “Warga Negara Indonesia yang memiliki pendaftaran bebas visa Jepang ( Japan Visa Waiver Registration) yang sah berhak untuk mendapatkan Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC.”

 

Q : Apakah Visa Taiwan Online ini perlu di cetak ( print ) ?

A :  Ya, sangat WAJIB untuk di cetak dokumen Visa Taiwan ini, beserta tiket pesawat keluar dari Taiwan karena kedua dokumen ini akan di cek secara detail oleh imigrasi Taiwan.

 

Q : Bagaimana cara pengisian nama di formulir jika HANYA punya 1 nama ( Contoh : GANTENG )?

A : Cukup isi kolom nama depan saja, untuk nama belakang di isi dengan tanda [ spasi ]. NOTE : JANGAN ISI NAMA BERULANG ( DOUBLE ) di kolom nama depan dan belakang

  • nama depan/Surname : GANTENG
  • name belakang/Given Name : [ isi dengan spasi ]

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam mendapatkan Bebas Visa Taiwan, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

311 Comments

  • Halo.. terima ksih sharing nya. Sangat detail & membantu sy mempersiapkan jalan2 ke taiwan.
    Sy mau tolong tanya,
    Untuk gratis visa ini apakah harus menggunakan e-paspor?
    Kemudian waktu pengisian form nya, pd bagian ‘special requirement’, sy menggunakan visa waiver jepang. Ada ditanyakan juga masa berlakunya, ini diisi dengan registered date yg tertera pada visa jepang tsb kah?

    Terima kasih sebelumnya yaa

    • pakai paspor biasa ( bukan e-paspor ) juga bisa. Iya betul, masa berlaku visa jepang nya. kalau menggunakan visa waiver jepang, itu harus udah di pergunakan masuk ke jepang sekali ya.

  • Saya sudah coba ini di tahun 2020 awal lalu atau akhir 2019, bisa menggunakan visa schengen atau visa jepang. Taiwan memang mantul ya menggratiskan VISA dengan cara begini :)

    cheers,
    Ogie

  • Bro tny donk,

    Sy sdh pernah pny visa aussie, yg mau sy tny kan mengenai :
    1. persyaratan tiket apakah hrs sy lampirkan issued tiket atau boleh booking sj atau dummy tkt ga di ksh visa soalnya?
    2. Untuk hotel apakah boleh dummy booking hotel ?
    Please respond.
    Thanks.

  • Malam pak..
    Boleh tanyajika nama di passport terdapat 2 kata
    Nama lengkap Natalie devi
    Penulisan nama bgm ya
    Nama depan/surname
    Nama belakang/ given name

    Saya tulis nama depan natalie
    Nama belakang devi

    Nanti pas d print apakah menjadi natalie devi atau devi natalie??

    Menurut informasi dr teman saya..
    Kata nya pas d print..
    Nama lengkap harus sesuai passport yaitu natalie devi

    Saya binggung nama depan/surname tulis apa??

    Soalnya jika apply visa di negara lain biasanya nama depan/given name
    Nama belakang/surname

    Terima kasih sebelumnya

    Mohon bantuannya

  • bang franky kalo mengunjungi saudara yg kerja di taiwan pas urus visa alasanya gimana ya bang …jadi pas disana rencana tidur di tempat saudara yg krj disana

  • Hi there,your info was very helpful,thank you.Kami apply visa lewat hp dan tdk lgsg diprint ROC Cert.nya.Bgmn caranya kami bisa retrieve visanya ya soalnya di websitemya yg ada cuma aplikasinya,apa hrs apply ulang lagi?Mohon infonya.

  • Hi Kaka. Mau tanya. Saya apply visa Taiwan dan sudah approved tapi saya slah memasukkan tanggal arrival saya. Saya memasukkan 28 April 2019 Seharusnya 26 April 2019. Besarkan saya apply ulang. Atau sebaiknya saya tlp embassy. Terimaksih.

  • Halloo..

    Mau tanya ya. Selain print RTO, booking pesawat & hotel, ada yang perlu diprint lagi ga, seperti arrival card?
    Tolong di jawab ya.
    Thank U

  • Halo frenky…mau ty dong mohon visa online gratis kan cm bs 14hr…apakah visa bs diperpjg 1hr – 2hr soalny sdh terlanjur beli tiket tgl 15 hr kalo lewat 1hr perlu ijin tgl / perlu perpjg visa online lg gak …makasih mohon info ya…

  • Hai aku mau tanya.. Visa Taiwan yg single trip berlaku berapa hari yah.. bsa stay berapa lama di Taiwan maksimal

  • Kak , mau Tanya waktu Isi no visa Amrik nya Angka yg terakhir salah Angka , namun Visa Taiwan nya sdh di approved , bgmn bisa revised no visa amrik nya yg sdh di approved ?
    Thank you

  • Mau tanya, saya rencana tgl 31 mei 2019 berangkat ke taiwan, paling cepat kapan sy harus ajuin visa online?

  • Ko, ktnya visa online berlaku 14 hari,
    Apa kita bisa perpanjang lagi Visa online 7hari sebelum masa berlaku habis ? Cara perpanjangannya bgm?
    Dan wktu pulang di imigrasi nya menunjukan visa sebelumnya jg ?
    saya Feb ini mau k Taiwan selama 21 hari dan sdh terlanjur beli tiket

    Terimakasih

  • Selamat siang, sy mau bertanya, sy sudah dapat lembar visa online/ ROC Travel Authorization Certificate dan sudah print, serta sudah mengisi Arrival card/Kartu kedatangan melalui website yg di berikan, tp hanya ada himbauan success, tdk ada dokumen arrival card yg perlu di print, jadi nanti sewaktu hari H hanya perlu membawa paspor, lembar visa online, dan lampiran tiket pp saja ya? apa sudah benar?

    • Bro Frengkey, klo visa online gitu, nanti sampai di TAiwan, apa kita harus bayar biaya tertentu atau gratis?

  • Halo Mas, mau tanya. Kalau saya punya schengen, tapi itu tahun 2017. APa boleh daftar visa taiwan online? mohon bantuannya yaa . terima kasih.

  • sy barusan udah dapat visa taiwan secara online tapi hanya di kasih ijin tinggal 14hari dari tanggal kedatangan, sedangkan sy udah terlanjur beli tiket tinggal di taiwan 22hr, apakah ada pengalaman bagaimana urus perpanjangan ijin tinggalnya, apakah bisa online juga? terima kasih.

    • Coba dibaca lagi application notenya. Kalo tidak salah ada ditulis, bisa diperpanjang 7 hari sebelum berakhir.

    • Mas mnta di share dong cara perpanjangan ijin tinggalnya 😁
      Apa kita tinggal perpanjang lagi Visa online 7hari sebelum masa berlaku habis ?
      Dan wktu pulang di imigrasi nya menunjukan visa sebelumnya jg ?
      saya Feb ini mau k Taiwan selama 21 hari

      Terimakasih :)

  • Hi frenkey.
    Nice post thanks.
    Saya punya visa waiver jepang (epassport) yang sudah habis masa berlaku nya awal tahun ini. Apakah masih bisa digunakan sebagai untuk apply free visa secara online ini?

    Krn sekitar 2 tahun lalu saya pernah apply online seperti ini dengan visa waiver yang saat itu masih berlaku, en secara mengejutkan saya dan istri tidak diizinkan lewat oleh staff airline saat masih di bandara Soeta. Sampai2 harus kejar ke Artha Graha untuk dibuatkan Visa express lgsg jadi di hari yang sama. Alhasil ketinggalan 1 hari.

    Bisa bantu? Krn desember ini saya akan kembali lg ke Taiwan, untuk vacation selama <14 hari.

    Thx.

  • Kalau apply visa lewat TETO, apakah ada minimal saldo direkening. Jika iya berapa minimal saldonya?
    Thank you in advance Sir… :confused:

  • Ka frenky mau tanya saya pernah bekerja di taiwan 2007 balik jakarta nah skrg saya dpt tiket dari teman utk berkunjung ksana.. kira2 sy bisa ga ya dpt visa taiwan? Sy sdh punya pasport dan pernah wisata ke singapore. Mohon infonya terimakasih

  • hi frenky, mau nanya dong. aku baru mau ajukan free visa taiwan ini, tapi di formulir yg ada di niaspeedy itu ada keterangan soal multiple entry yg harus disebutin tanggalnya sementara aku baru pertama kali ini mau kesana. apa bisa dikosongin aja atau memang harus diisi?

    thanks before ya

  • halo Frenky, mau tanya dong..untuk visa taiwan yang telah di print… apa boleh dilipat? takutnya dokumen perjalanan seperti ini tidak boleh dilipat.
    Makasih

  • Hai agan Frenky,need your help asap.
    nomor visa jepang yang dientry itu yang dikanan atas atau ISSUE Number?
    thank you and much appreciated.
    Dave

  • Maaf mas frenky mo tanya kalau kita pernah kerja di taiwan selama 7 tahun setengah dan setelah pulang indo apakah kita bisa mengajukan visa turis ke taiwan lagi untuk liburan selama 2 minggu atau 1 bulan, soalnya saya penasaran pengen tau

  • Hi mas frengky,saya mau nanya ni, saya mau pergi jalan2 ke Taiwan, dan saya cuma pesan tiket pergi saja, Belum tau kpan pulang, tapi tidak lebih 30 hari saya disana, ada saudara saya yang tinggal disana, jadi apa bisa saya cuma bawa passport aja kesna??? Kalau misalnya tidak, buat visanya itu lama gak ya mas, saya dari medan mas, rencana mau bergkt tgl 2 February 2019. Terima kasih mas, mohon penjelasannya.,

  • Ko, ini pernah ke taiwan sebelumnya, ga sampe 1 tahun, tapi permit visa kan uda expired
    apa bisa ngajukan secara online atau harus ke kedutaan buat pengurusan ya ?

  • masbro Frenky, visa online ini sdh saya cetak, apakah benar benar tidak perlu dibawa ke kedutaan Taiwan untuk pengesahan lagi? Terima kasih atas inputnya.

    • Yup engga perlu lagi, tapi biar lebih pasti mending baca ulang aturan nya, mungkin ada perubahan aturan yang udah saya engga ikutin lagi :))

  • saya belum pernah ke luar negri dan belum pernah membuat visa, jika saya ingin membuat visa taiwan untuk pertama kali apakah harus ke buat di Jakarta , atau bisa buat di Makassar ya gimana ?please reply jawabannya aku butuhin banget hehe thank u :beg:

  • saya terakhir ke jepang dengan visa turis tahun 2016 tapi sekarang sudah ganti paspor elektronik. apakah dengan visa di paspor yang lama tersebut juga bisa bebas visa? pastinya nanti saya akan pakai paspor yang baru dan juga bawa paspor yang lama yang ada visa jepangnya

  • Hallo, mau tanya dong kak, jika kita pernah memiliki visa tinggal ditaiwan sebagai buruh berakhir sebelum 10 th apa masih bisa mengajukan visa touris setelahnya? ?

  • Halo.. mau tanya donk.. Utk contoh form yg di atas itu kayanya yg versi lama ya? Soalnya pas saya buka link yg buat aplikasi TAC ini ada kolom yg perlu masukin Residential/Hotel selama di Taiwan.. Saya bingung, krn saya ke Taiwan ini cuma utk transit.. tapi transitnya 9-10 jam.. Dan rencananya sy mau nunggu di bandara aja smp flight berikutnya ke Jeoang atw ketika balik Indo..

    • Keluar imigrasi ga? kalau ga kluar imigrasi rasa nya engga perlu apply visa taiwan deh. Tapi kalau seandai nya mau keluar imigrasi, berarti harus tetap apply, tulis aja Transit at Airport buat keterangan Residential / Hotel nya.

      • Maksudnya ga kluar imigrasi itu msh d tmpat yg dalem area yg jadi satu ama area boarding gate kan? (yg biasanya ada tmpat blanjanya bwt nunggu boarding stlh ngelewatin imigrasi)

  • HI Frengky, rencana saya sekeluarga( 6 org) ke Taiwan tgl 28 Des- 5 Jan 2019, ( pas musim dingin ya) , jika mengikuti itinerary Frengky apakah cocok buat keluarga? Untuk transportasi ( beternak sewa mobil atau umum) dan akomodasi yg cocok untuk keluarga apakah ada suggestion ?

    • cocok2 aja ikutin itineray saya, jalan2 santai itu, tidak di kejar waktu. Kalau ber6, mgkin sewa mobil lebi cocok, tapi saya ga ad informasi buat sewa mobil nya.

  • Hi Frenkey, kamu ke Taiwan sendiri atau dengan rekan lain? Saya agak khawatir karena saya akan traveling bertiga, tapi hanya saya yg bisa bikin sertifikasi ROC online itu (dengan visa korea), sedangkan 2 teman saya belum punya visa tersebut, jadinya mereka bikin visa biasa.

    • dengan rekan lain, dua2 nya menggunakan sertifikasi ROC online sih, ga ada masalah sama sekali. Engga usah khawatir sih, pasti jamin bisa masuk Taiwan deh, yang penting engga ada history pernah bekerja di Taiwan sama sekali.

  • bos, kalo saya punya visa australia yg expired tp khan visa nya berbentuk kertas print2 an, apa bisa dipake ya?

      • HI,Frenky
        kalao saya punya visa taiwan di paspor lama yang expire sudah habis. ,lalu saya bikin paspor baru dan mau bikin bebas visa on line., saya harus isi no paspor lama atau no paspor baru di bebas visa online?.

Leave a Reply