Korea SelatanTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan ( Updated 2023 )

Itinerary Korea

Annyeong haseyooooooo……… Berhubung selesai sudah misi gue menceritakan pengalaman selama 11 hari keliling 3 kota ( Seoul, Sokcho dan Busan ) di Korea Selatan, maka sekarang pada post ini gue mau sharing tips, itinerary, rincian harga dan info-info lain nya yang mungkin berguna buat kamu-kamu yang akan travelling ke Korea Selatan :star:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan ke Korea ( Seoul / Busan / Jeju )

Untuk dapat menuju Seoul / Jeju dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Korea Selatan terdapat 2 bandara Internasional yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Buat anda yang ingin ke Pulau Jeju, maka ada 3 maskapai domestik Korea Selatan yang dapat anda pilih, kisaran harga sekitar 1 juta rupiah Pulang Pergi, yaitu :

  1. JejuAir
  2. AirBusan
  3. EastarJet

* * * * *

Visa Korea

Visa Korea Selatan
Visa Korea Selatan

Untuk dapat masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan Passport WNI Sipil ( Sampul Hijau ), maka kita harus mempunyai Visa Korea Selatan. Sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Korea Selatan, wajib terlebih dahulu punya nama nya Paspor ya!

Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020. Sedangkan cara mendapatkan Visa Korea Selatan tidak mudah dan tidak susah, dapat di baca cara nya pada Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan.

* * * * *

4 Musim di Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea
Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Di Korea Selatan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Korea musim gugur lalu di bulan Oktober, suhu nya rata-rata di kisaran 15Β° untuk siang hari, 10Β° untuk malam hari. Untuk sekitaran suhu segitu, gue masih nyaman hanya menggunakan satu sweater saja, tapi salah nya adalah gue menggunakan sandal gunung yang akibat nya kaki gue “mati rasa” ketika berjalan di malam hari, kalau pakai sepatu sih nyaman :suram:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration tingkat akurasi nya 99% berdasarkan pengalaman pribadi selama travel di Korea. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana :relax:

* * * * *

Itinerary Korea

Itinerary Korea
Itinerary Korea

Selama 11 hari di Korea Selatan, gue berkesempatan mengelilingi 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan. Tadi nya mau ke Jeju juga, cuma karena pertimbangan biaya dan teman jalan gue cuma 1 orang doang ( cowok pula ), jadi gue tunda dulu ke Pulau Jeju nya, nunggu sama istri saja nanti :shy:

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, wisata kota Seoul itu dominan mengunjungi Palace ( Istana ) dan juga area tempat Shopping jumlah nya banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking dan pantai sehingga jika malam kota nya tidak terlalu ramai dibandingkan Seoul, sedangkan Busan karena kurang explore jadi gue masih belum bisa menarik kesimpulan :sweating:

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Korea 11 Hari 3 Kota

Money South Korea
Money South Korea

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 11 hari 3 kota di Korea Selatan berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Won = Rp 11,8 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Manila – Incheon

CebuPacificAir – Sharing Bagasi 20 Kg

Rp 1.150.000
2.Tiket Pesawat Pulang Busan – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Sharing Bagasi 25 Kg

Rp 1.650.000
3.Visa Korea SelatanRp 480.000
4.Penginapan 10 Malam di 3 Kota

4.1 Seoul – 7 Malam di Leo Guesthouse Hongdae = 140.000 Won

4.2 Sokcho – 1 Malam di Motel Rocustel = 19.600 Won

4.3 Busan – 2 Malam di Busan Hot Motel = 55.000 Won
214.600 Won = Rp 2.540.000
5.Transportasi lokal di 3 Kota

5.1 T-Money Card = 3.000 Won

5.2 Topup T-Money = 50.000 Won

5.3 Gapyeong Bus Tour = 5.000 Won

5.4 Bus Seoul – Sokcho = 17.300 Won

5.5 Bus Sokcho – Busan ( Night Deluxe ) = 46.000 Won

5.6 One Day Pass Busan @4.500 / hari = 9.000 Won ( 2 hari )

5.7 Transportasi di Kota Sokcho = 6.900 Won
137.200 Won = Rp 1.620.000
6.Biaya Makan, Jajan, Ngemil 11 hari180.400 Won = Rp 2.130.000
7.Tiket Masuk Tempat Wisata96.500 Won = Rp 1.140.000
8.Oleh-Oleh93.000 Won = Rp 1.100.000
Total Travel Korea 11 HariRp 11.800.000
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

Untuk makan, rata-rata sekali makan berat itu di kisaran 5.000 – 10.000 Won. Kalau jajan / cemilan di kisaran 1.000 – 5.000 Won, nah jika mau irit ya makan nasi kotak yang di kisaran 3.500 Won itu udah enak menu nya. Yang gue suka dari makanan Korea adalah BBQ nya entah ayam / sapi / babi pokok nya enak-enak deh bumbu nya, harga di kisaran 12.000 Won, terus untuk minum nya yang wajib coba adalah susu pisang nya, harga di kisaran 1.200 Won :senang:

Kalau tempat wisata di Korea yang wajib di kunjungi sudah pasti Everland Hari 7 : Everland Theme Park ) dan melakukan Jjimbilbang Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea ), di jamin pengalaman nya tidak bakal terlupakan :evilsmirk:

* * * * *

Transportasi Korea

TMoney dan Busan Pass
TMoney dan Busan Pass

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu yang nama nya T-Money, jadi nanti untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, oh ya T-Money juga bisa buat belanja di minimarket. Selama di Seoul, untuk transport lokal nya gue selalu menggunakan T-Money sebagai alat pembayaran, berbeda hal nya dengan di Sokcho, kartu T-Money tidak bisa dipakai buat bus di sana, hanya kartu CashBee yang bisa dipakai.

Nah khusus di Busan, gue menggunakan Busan Day Pass untuk efisiensi biaya, tempat wisata Busan jauh-jauh euy jadi kalau pakai T-Money cukup rugi dari segi hitungan biaya nya. Buat anda yang mau ke Busan dari Seoul atau sebalik nya, sangat di rekomendasikan menggunakan kereta KTX karena lebih nyaman dan cepat, dapat di cek langsung di website resmi nya di Korail Website.

* * * * *

Penginapan Korea

Klook

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 40.000 – 60.000 Wo tergantung lokasi nya, gue menggunakan website Trip.com / KLOOK sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Oh ya pengalaman trip di musim Autumn ( gugur ), gue sama sekali tidak menyalakan AC ketika tidur karena dingin banget kalau udah malam menjelang dini hari :silence:

* * * * *

Internet WIFI Korea

Di era serba internet seperti sekarang ini, tentu keberadaan WIFI sangat penting banget, terutama buat yang suka eksis di media social buat upload foto atau sekedar check in :ahaaah:

Kabar baik nya banyak Internet WIFI hotspot GRATIS yang bertebaran terutama di tempat wisata. Tapi bagi anda yang mau menyewa Pocket WIFI Korea atau membeli SIM Card Korea, bisa menggunakan jasa pada website berikut :

Klook.com

Alternatif Lain ( Trusted juga ) :

  1. SIM Card KT ( Mulai dari Rp 300.000 – UnLimited Data – Data Only – Pick up di Bandara Korea ) – By Trazy
  2. Pocket Wifi Olleh ( 60rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea – By Trazy )

* * * * *

Tour Korea Murah

Opsi memakai tour untuk menuju Nami Island, Petite France atau Garden Morning of Calm merupakan opsi terbaik buat anda yang memiliki keterbatasan waktu. Selain 3 tempat wisata di atas, ada juga beberapa tour lokal yang memudahkan anda untuk mengeksplor Korea Selatan lebih dalam lagi :good:

List penyedia jasa tour di Korea yang murah, recommended dan trusted pasti nya, bisa di cek di bawah :

Klook.com

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount )

Wisata travel ke Korea sangat lah mudah karena info nya banyak bertebaran di internet, tinggal rajin-rajin saja membaca dan buat jadwal acara sendiri sesuai minat anda masing-masing. Membeli tiket masuk tempat wisata secara online harga nya bisa lebih murah loh di bandingkan membeli secara on the spot.

Berikut list-list website discount dan kupon tempat wisata di Korea :

Klook.com

Berikut list-list informasi di Korea yang sekira nya berguna buat anda untuk menyusun itinerary ke Korea :

  1. Visit Korea ( Recommended buat cari semua info tentang Korea )
  2. Visit Seoul ( Semua tentang Seoul )
  3. Jadwal Bus tipe Express antar kota di Korea Selatan
  4. Yeha Bus Tour ( Bus Tour di Pulau Jeju )
  5. Jeju Bike ( Sewa Motor / Sepeda di Pulau Jeju )

* * * * *

Keliling Pulau Jeju ( Jeju Island )

Buat anda yang ingin sharing cost ikut tour dengan peserta lain, bisa memakai opsi list tour di bawah, karena jalan-jalan di Jeju itu lebih recommended memakai sharing tour di bandingkan jalan-jalan sendiri memakai transportasi umum.

Klook.com

Alternatif nya anda bisa mengikuti group tour atau sewa taksi seharian untuk keliling Jeju dengan price sebagai berikut :

  1. 1 Day Pass Tiket Bus Hop On & Hop Off untuk keliling Jeju Island Seharian ( Pakai Sepuas nya ) – 10,5 USD
  2. Jeju Island 1 Day Trip – Small Group Van Tour, 9 Jam – 67 USD
  3. Jeju Island 1 Day Bus Tour Package, 9 Jam – 68 USD
  4. Jeju Island 1 Day – Sewa Private Taxi atau Van, 9 Jam – Mulai dari 159 USD

* * * * *

Tutorial Naik Subway / Bus di Korea

Seoul Subway Map
Seoul Subway Map

Nah sekarang gue akan berbagi info seputar pengalaman menggunakan Subway di Seoul yang awal nya ( jujur ) gue lihat nya ribet banget dah, walau akhir nya juga tetap ribet kalau melihat peta langsung sihhh….

Maka sebagai solusi dari permasalahan di atas, maka nya gue pun menggunakan bantuan aplikasi Android bernama “Metroid HD : Korea Subway Info” ( Link Download ) untuk menentukan rute tujuan Subway selama di Korea Selatan ( Seoul dan Busan ).

Rute Subway Hapjeong Station - Gapyeong Station
Rute Subway Hapjeong Station – Gapyeong Station

Sebagai contoh gue akan menggunakan rute Hapjeong Station – Gapyeong Station ( Nami Island ), maka yang muncul di aplikasi adalah rute  Hapjeong – Wangsimni – Mangwoo – Gapyeong dengan total jarak 70.5 km, total stops 32 pemberhentian, dan Estimated Time Arrival ( ETA ) kurang lebih 120 menit.

Rute Subway Hapjeong - Wangsimni
Rute Subway Hapjeong – Wangsimni

Alternatif lain menggunakan aplikasi bernama “Naver Map”, ini aplikasi buatan asli dari Korea Selatan. Mudah penggunaan nya dan yang paling penting itu navigasi nya terdapat dalam bahasa Inggris!

Naver Map English

Setelah mendapat info tersebut maka yang gue lakukan adalah memastikan arah yang di tuju adalah benar karena subway di Korea Selatan adalah 2 arah. Untuk menentukan arah yang benar adalah dengan melihat stasiun berikut nya sudah cocok atau belum. Contoh dalam kasus dari Hapjeong gue harus menuju arah Wangsimni, maka arah stasiun pemberhentian berikut nya yang benar dari Hapjeong Station adalah ke Hongik University.

Gate Subway di Korea Selatan
Gate Subway di Korea Selatan

Penggunaan T-Money pada Subway dan bus di Korea pada dasar nya sama saja, mengharuskan kita tapping dua kali. Jika Subway Korea tapping nya ketika Masuk dan Keluar Gate, maka untuk bus tapping nya ketika masuk di pintu depan dan keluar di pintu tengah.

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Korea, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

668 Comments

  • hai mas , kalao misalnya saya cewek sendirian dikorea dalam rangka liburan sendiri , aman kah atau ?? thankyou

  • Bang mau tanya dong,, itu busan 1 day pass nya bisa untuk naik subway dan bus seperti pengganti T money? Atau cuma berlaku di subway aja?

  • Oiya.. Mau tanya itu T Money hanya bisa digunakan 1 orang saja ya… Serius nanya.. Soalnya ada rencana ke Seoul tahun 2022

    • Iya satu orang satu tmoney, bisa di beli di c&u atau mart terdekat, harga nya mulain 2.500won-4.000won terus sekalin isi saldo juga bisa, kalo misalkan engga ada tmoney, harga naik kreta sedikit mahal terus juga ribet harus menggunakan mesin, tapi kalo penasaran pengen menggunakan fasilitas publik iseng iseng menggunakan mesin it’s okeyπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

  • hi Frenkey
    sy mau tanya apakah saat tiba di stasiun , disana ada eskalator / lift
    untuk naik keatas?
    Tks.Regards

  • Hi..Frenkey,
    mau tanya info bole yah, mengenai perjalanan dari seoul – jeju – busan nah kalo naik pesawat saya dapat informasi cek di http://www.skyscanner nah saya sudah cek sih ngak bs dibilang murah tuuh..
    Saya cek pada tanggal 13 des 2018 untuk penerbangan maret 2019
    GIMPO KE JEJU 01 APRIL 2019 sekitar 800-1 juta (one way) untuk jam pagi, kalo malam ada sih 200rban (tapi pengennya jam pagi.. hehe)
    begitu juga JEJU KE BUSAN sekitar 1jtan (one way).
    boleh sharing info ga, tips cari tiket bisa dapat murah H- berapa? atau ada tips lain? atau ada web lain? mohon bantuan info mengenai cek penerbangan murah.

    Thanks

  • Hi Bro Frenkey
    Apa kabar ? sy Chandra mau tanya jenis kartu transportasi yang murah selama keliling seoul
    Tks.Regards.Chandra

  • Mau tanya yg korea rail pass dong..kalau ambil yg 2 days pass..itu utk 2 hari berturut turut atau 2 hari pemakaian tapi waktunya bebas kapan aja? Terima kasih

  • Bang freng…

    Boleh tanya, jam operasi Kereta dr Airport Incheon itu 24 jam kah?
    Kebetulan flight saya tiba tengah malam, dan saya akan solo travelling..

    Untuk subway apa kah 24 jam juga?

    Trims.

  • Om frenky, mau tanya.. Google maps bisa dipake nggak di korea ?

    Sy lagi susun itin dan rute jalannya biasa pake gmaps, tapi ini kok di korea kaya nggak bisa gitu ya, rute jalan kaki dan mobilnya kok nggak ada

    Mungkin bisa kasi info ato referensi gitu om.

    Terima kasih
    Rgds,
    Zainul

  • Kak, saya pergi septemberi ini dari tanggal 09-18. Disana cuaca lagi gimana ka? Ada saran2nya kak ? Makasih, soalnya takut salah kostum hihi

  • Nice blog.. suka banget sama kontennya.. beberapa kali browsing buat jalan2 selalu balik lagi ke blog ini.. semoga bisa rajin nulis biar bisa sharing yang bermanfaat kayak gini ^^

  • Hi Kak Frenky
    Salam kenal, saya kadek deasy dari bali.
    23Juni ini saya ke korea bersama sepupu saya, setelah baca blog kakak saya jadi punya banyak referensi obyek wisata yg wajib dikunjungi selama di korea. Terima kasih informasi itinerary nya, sangat lengkap dan informatif
    Keep inspiring us kak. :good:

    Salam
    Kadek Deasy

  • Haloo.. Frenkey,

    Kasih saran dong tahun ini supaya dpt perjalanan yg peak autumn di Korea (Mostly red maple)
    lbh baik saya pilih tgl 3-10 Nov atau 11-17 Nov ya ? Mohon sarannya,

    Terima kasih banyak sebelumnya

    • Debit Card mandiri seperti nya bisa, tapi harus registrasi VBV dulu. Kalau CIMB buat VCN, kalau bank lain nya, engga tau deh.

  • Halo tertarik nanya ttg Rute Seoul-Manila-jakarta klo 2 LCC yg berbed pertama AA lanjut Cebu, di bandara Manila beda airport? hrs imigrasi dulu kah? Ada Biaya airport fee lg?

    • Sama Airport nya cuma beda terminal nya, iyup lewatin imigrasi lagi. Waktu jaman 2014 sih sebenar nya ada airport fee lagi, cuma berhubung saya pakai maskapai Cebu Jakarta – Manila – Seoul dan hitungan nya transit, jadi nya engga perlu bayar airport fee lagi deh, 150 PHP kalau engga salah. Sekarang engga tau deh masih ada engga atau engga airport fee nya.

  • TO Fenky, mau nanya nih gan, rencana 23 Jan s.d 27 jan ini ane mau nbolang ke korea, kebetulan ane g punya kartu kredit…menurut agan lebih save bawa uang cash, atau kartu debit..??
    klo seandainya bisa menggunakan kartu debit, atau agan punya pengalaman menggunakan krtu debit bisa share informasi ga,…kartdu debit apa yang di approve di seoul.

    tks.

    • Bawa cash keras aja secukup nya, kalau misal nya kekurangan Won, tarik pakai kartu ATM BCA / Mandiri juga bisa, tinggal cari mesin ATM berlogo Cirrus / Visa / Mastercard aja.

  • Hai baang
    Cm mw bilang makasiih
    Gw tadinya mw ke jepun, tpi jadinya malah ke seoul, dan tulisan lo membantu banget, gw baca sampek mabok demi gak nyasar pas disana
    Thanks yaaa
    Keep writing bangπŸ˜‡

  • ke korea tanpa tour guide bakal tersesat kmn2 ga ya kak, (takut habisin waktu)…rencana sih tahun depan bulan november 2018 pas musim gugur.cari temen buat ke sana ni.gue solo tour…

  • Waahhh makasih banget informasinya lengkap dan sangat membantu.. kebetulan mau ke sana akhir desember biar bisa tahun baruan di sana.. izin kontek yaa klo ada kesulitan selama di korea nanti 😁😁😁😁

  • Makasih banyak infonya gan.
    Tgl 11 – 18 November rencananya ane k Korea gan.
    Utk rentang waktu segitu, enaknya bawa KRW brp banyak ya gan?
    Pecahan brp aj?
    Btw, CC sama debit juga ready kok, cuma kan ttp harus bawa cash.
    Oia, utk beli2 tiket gitu ane disaranin pake Seoul Pass, mending mana sama klook gan?

  • Wah pengalamannya bermanfaat banget ya. Oh iya kalau semisal mau bacpackeran sendiri ke korea gitu ada tips dan trick nya ga ya? Kasih pencerahan dong.

  • hiii.. frenkey, sy mau tanya untuk website klook itu terpercaya ngga ya?? krn mw beli tiket everland dll disana.. dan bagaimana ya untuk redeem tiket nya setelah pembayaran di klook ini?? terutama untuk tiket everland.. thanks..

    • Jamin terpercaya dan aman 100%. Untuk redeem nya tinggal install aplikasi nya aja, terus nanti sampai di Gate tinggal scan QR code di aplikasi nya. Atau bisa tuker tiket fisik di gerbang penjualan tiket pakai aplikasi nya, sama aja.

  • akhir bulan ini (29) rencanaya mau ke Korea jg selama seminggu… pengalaman pertama. membantu bgt postingannya buat berfantasi bikin itin.. 😍😍 semoga ada nemu kawan yang berncana serupa…

  • Thanks bgt untuk infonya.. smoga bermanfaat buat kita2 yang mau ngebolang kesana perdana :wow: yippy

    Anyway ada gak dr temen2 disini yang kebetulan mau kesana bulan feb tgl 18-25 2018 ??? :yeah:
    Kalau ada info2 yah di line aku id chuwie_cumi

    Thanks All’s :peace:

Leave a Reply