Beijing and ShanghaiChinaTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Travelling Wisata ke Beijing dan Shanghai ( Updated 2023 )

Itinerary Keliling Beijing Shanghai

Setelah di bulan Oktober 2016 gue travelling ke negara China pertama kali nya untuk mengunjungi kota Tibet dan Everest Basecamp maka 5 bulan kemudian nya atau Maret 2017, gue menuju ke China lagi untuk kedua kali nya travelling keliling Beijing dan Shanghai selama 8 hari.

Di post ini gue akan sharing informasi mengenai pengalaman travelling gue selama 8 hari ke Beijing dan Shanghai yang mungkin berguna buat kamu, mulai dari penerbangan ke Beijing / Shanghai, cara buat visa China untuk masuk ke Beijing / Shanghai, Tips keliling China, Internet di China, Harga Penginapan di Beijing / Shanghai , transportasi ke Mutianyu Great Wall dan pasti nya itinerary serta rincian biaya keliling Beijing dan Shanghai, jadi di baca sampai habis ya post ini :ahaaah:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan ke China ( Beijing / Shanghai )

Untuk menuju China dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan dan bandara internasional di China yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website trip.com

Tapi di sini gue hanya membahas 2 bandara Internasional di kota Beijing dan Shanghai yaitu Bandara Internasional Beijing ( PEK ) dan Bandara Internasional Pudong Shanghai ( PVG ) .

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Beijing / Shanghai, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

* * * * *

Syarat Visa China ( Beijing / Shanghai )

Visa China
Visa China

Untuk dapat masuk negara ke China dan berbagai kota di China seperti Beijing, Shanghai, Chengdu, Guangzhou dengan menggunakan Passport WNI Sipil maka kita harus mempunyai Visa China. Sebelum mempersiapkan persyaratan Visa China, wajib terlebih dahulu punya nama nya Paspor ya!

Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020. Cara mendapatkan Visa China sangat mudah, dapat di baca cara nya pada Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China.

* * * * *

4 Musim di China

4 Musim Di China ( Spring, Summer, Autumn, Winter )
4 Musim Di China ( Spring, Summer, Autumn, Winter )

Di China itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Beijing dan Shanghai di musim Semi di akhir Maret, suhu rata-rata di Beijing kisaran 10° untuk siang hari dan 2° untuk malam hari sedangkan suhu rata-rata di Shanghai kisaran 20° untuk siang hari dan 7° untuk malam hari.

Selama berwisata di Beijing bisa di bilang outfit yang gue gunakan tidak cukup menahan hawa dingin yang parah banget dingin nya, badan gue sampai mengigil haha… apalagi di tambah hujan waktu gue di hari pertama tiba di Beijing, tambah parah lagi deh dingin nya. Setiba nya di Shanghai, suhu udara nya lebih hangat di bandingkan Beijing karena lokasi berada di Selatan. Prinsip nya sih kota-kota yang berada di Utara China itu punya suhu udara yang dingin pakai banget, maka nya di Harbin yang terletak di Utara China sampai punya Ice dan Snow Festival :ill:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Beijing dan Shanghai sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan Accuweather. Berikut link untuk Accuweather Beijing dan untuk Accuweather Shanghai.

* * * * *

Itinerary Keliling Beijing dan Shanghai ( 8 Hari )

Itinerary Keliling Beijing Shanghai
Itinerary Keliling Beijing Shanghai

Selama 8 hari di China pada trip ini, gue hanya mengunjungi 2 kota terbesar di China yaitu Beijing dan Shanghai, tadi nya berniat mengunjungi kota Hangzhou juga yang terletak tidak terlalu jauh-jauh amat dari Shanghai tapi batal karena faktor cuaca dan biaya haha… Anyway, berarti total gue sudah mengunjungi 4 kota di area China Mainland yaitu Beijing, Shanghai, Chengdu dan Tibet ( info ga penting ) :peace:

Berikut itinerary perjalanan gue selama 8 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari ( link akan di update jika cerita nya sudah di post ya ) :peace:

* * * * *

Biaya Keliling Beijing dan Shanghai ( 8 Hari )

Mata Uang Yuan - China
Mata Uang Yuan – China

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran keliling Beijing dan Shanghai selama 8 hari berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Yuan = Rp 2.000 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Beijing ( Transit di Kuala Lumpur )

AirAsia – Sharing Bagasi 20 Kg ber 4

Rp 1.300.000
2.Tiket Pesawat Pulang Shanghai – Jakarta ( Transit di Kuala Lumpur )

AirAsia – Sharing Bagasi 25 Kg ber 2

1.022 Yuan = Rp 2.050.000
3.Visa China ( Single Entry )Rp 540.000
4.Penginapan 8 Malam di Beijing dan Shanghai

4.1 Beijing – 4 Malam  di Happy Dragon Backpackers Hostel = 207 Yuan

4.2 Shanghai – 4 Malam di Shanghai Blue Mountain Hongqiao Youth Hostel = 356 Yuan

563 Yuan = Rp 1.125.000
5.Transportasi lokal di 2 Kota

5.1 Beijing Yikatong Card = 80 Yuan

5.2 Kereta Cepat Beijing ke Shanghai = 553 Yuan

5.3 Shanghai Metro Card = 40 Yuan

5.4 Beixinjing Station ke Pudong Airport = 8 Yuan

681 Yuan = Rp 1.350.000
6.Biaya Makan Minum, Jajan, Ngemil 8 Hari560 Yuan = Rp 1.120.000
7.Tiket Masuk Tempat Wisata + Local Tour555 Yuan = Rp 1.110.000
Total Travel Beijing dan Shanghai 8 Hari

( Exclude Belanja & Oleh-Oleh )

Rp 8.600.000

Untuk trip Beijing dan Shanghai pengeluaran terbesar gue ( lagi-lagi ) adalah karena kalap belanja haha.. Biaya belanja dan oleh-oleh di tabel di atas tidak gue cantumkan karena malu ketauan hobi belanja lagi gue :peace:

Anyway, harga sekali makan di Beijing dan Shanghai engga mahal-mahal amat, di kisaran 20-35 Yuan banyak yang jual dan porsi nya juga gede. Pastikan kalau datang ke Beijing mampir ke restoran Bebek Peking ( Beijing Roast Duck ) ya, worth it banget buat di coba! Dan juga mampir ke restoran Hai Di Lao hotpot, service nya top banget, sangat worth it buat di coba :good:

* * * * *

Penginapan Beijing dan Shanghai

Kalau di China pastikan anda memilih penginapan yang memiliki toilet yang bersih, ya karena masalah klasik negara China adalah kebersihan toilet nya haha… Harga rata-rata penginapan sekelas hostel di Beijing dan Shanghai untuk kelas nyaman dan murah di kisaran 50 – 100 Yuan / malam tergantung lokasi nya.

Gue rekomendasikan menggunakan trip.com sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Untung nya penginapan yang di pilih gue di Beijing dan Shanghai tidak ada masalah sama sekali dengan kebersihan toilet nya, terutama yang di Shanghai, puas pakai banget sama fasilitas penginapan nya.

* * * * *

Transportasi Beijing dan Shanghai

Beijing and Shanghai Metro Card
Beijing and Shanghai Metro Card

Selama di Beijing dan Shanghai, gue cuma benar-benar mengandalkan transportasi subway dan jalan kaki. Pastikan anda membeli kartu transportasi Beijing ( di sebut Yikatong oleh orang lokal ) dan Shanghai Metro Card. Harga kartu tersebut gratis, cukup taruh deposit 20 Yuan dan nanti nya deposit ini bisa di refund kan kembali ketika anda mengembalikan kartu tersebut di stasiun subway.

Menggunakan transportasi subway di Beijing dan Shanghai sangatlah mudah, line nya juga engga banyak dan ribet sehingga bisa di tentukan secara manual rute nya menggunakan peta subway digital. Gue sendiri survive tanpa nyasar dan tanpa menggunakan aplikasi subway sama sekali ( hanya bermodalkan peta subway digital ) selama memakai transportasi subway di Beijing dan Shanghai

Buat anda yang ke Beijing / Shanghai dalam rombongan besar dan membutuhkan jasa pengantaran / penjemputan dari Airport Beijing / Shanghai ke / dari Pusat Kota, bisa menggunakan service berikut :

  1. Jasa Antar / Jemput dari Bandara Beijing ( PEK ) ke / dari Pusat Kota Beijing
  2. Jasa Antar / Jemput dari Bandara Shanghai ( PVG ) ke / dari Pusat kota Shanghai

* * * * *

Kereta Cepat ( Bullet Train ) Antar Kota China

Jarak antar kota di China itu rata-rata jarak nya lumayan jauh, apalagi jika anda ingin ke Shanghai dari Beijing atau sebalik nya, itu jauh jarak nya! Tapi kabar baik nya di China itu koneksi antar kota dengan kereta cepat sudah lah sangat baik dan praktis nya membeli tiket kereta cepat secara online sangat bisa di lakukan. Beli secara online sangat recommended terutama yang tidak bisa bicara bahasa Mandarin sama sekali :peace:

* * * * *

Internet / WIFI Beijing dan Shanghai

SIM Card China Unicom dan aplikasi VPN di Android
SIM Card China Unicom dan aplikasi VPN di Android

Untuk trip kali ini kebetulan gue mendapat hibahan SIM Card China Unicom dari rekan kantor yang baru kembali dinas dari Beijing, lumayan bisa irit sekitar 150 Yuan haha… Anyway, jangan menggunakan roaming SIM Card Indonesia operator apapun ya buat di pakai di China, utama nya XL Pass, pengalaman pribadi teman seperjalanan gue dari 8 hari perjalanan, paling cuma efektif kepakai 2-3 hari doang, sisa nya sinyal operator nya hilang. Padahal ini di pakai di kota besar China ( Beijing dan Shanghai ) aja sinyal nya kaga dapat, apalagi kota-kota China pelosok, gawat deh haha… Sisi positif nya palingan jika menggunakan SIM Card Indonesia roaming, engga perlu yang nama nya VPN untuk buka aplikasi yang di blokir oleh pemerintah China.

Selain itu juga jangan mengandalkan free wifi ya untuk internetan di Beijing / Shanghai, gue tidak pernah menemukan free wifi yang benar-benar free di sana. Di Starbucks aja ya, kalau mau connect internet di sana tetap butuh nomor SIM Card buat di kirimkan semacam security code buat connect WIFI di Starbucks nya :wait:

Pengalaman gue pribadi memiliki SIM Card lokal ( China Unicom ), bukan berarti lalu gue bisa browsing internet dengan bebas ya. Karena Internet di China itu terkenal paling ketat proteksi / filter / blok koneksi ke website search engine seperti Google atau social media seperti Facebook, Instagram atau Chat seperti LINE.

Nah untuk mengatasi koneksi yang di blok tersebut, kita membutuhkan yang nama nya aplikasi VPN ( Virtual Private Network ) dan pastikan download aplikasi tersebut sejak di Indonesia ya, karena buat penguna Android, Google Play Store juga di blok di China, engga bakal ada cerita bisa buka Google Play Store di China tanpa VPN.

Untuk yang mau membeli SIM Card China secara online dan di ambil di bandara CGK, bisa membeli secara online di sini

4G Sim Card, Pengambilan di Bandara Soekarno Hatta ( Klik di sini )

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount, Tour Lokal China )

Klook.com

Buat anda yang mau ke Disneyland Shanghai dan membeli tiket atraksi Disneyland Shanghai secara online, bisa membeli melalui link berikut di bawah :

Tiket Online Disneyland Shanghai ( KLIK DI SINI )
Tidak Perlu Antri Beli Tiket di Loket, Langsung masuk ke Gate Disneyland
Tiket Online Naik ke Oriental Pearl Tower, Sensasi jalan di atas KACA TRANSPARAN! ( KLIK DI SINI )
Tiket Online Naik ke Shanghai Tower 118th Floor Observation Deck ( KLIK DI SINI )

Wisata di China ini seperti nya susah menemukan voucher discount, ataupun kalau ada kemungkinan besar menggunakan bahasa mandarin ( otomatis gue kaga ngarti dah ). Nah, buat anda yang mau ke Great Wall ( wisata wajib kalau ke China pertama kali ke Beijing ) dan mencari spot yang sepi, maka bisa coba main ke Mutianyu Great Wall. Gue merekomendasikan tour berikut buat ke Mutianyu Great Wall :

Mutianyu Great Wall Tour + Lunch ( IDR 250.000 – an / orang ) ( KLIK DI SINI )

* * * * *

Aplikasi yang berguna selama di China

Aplikasi yang berguna selama di Beijing dan Shanghai
Aplikasi yang berguna selama di Beijing dan Shanghai

Selama di Beijing dan Shanghai, gue hanya mengandalkan 6 aplikasi utama sebagai petunjuk mencari arah jalan buat keliling Beijing dan Shanghai. Sebenar nya ada aplikasi lokal yang tidak di blok akses nya, cuma karena hanya tersedia huruf mandarin, jadi malas engga bisa pakai ujung-ujung nya haha…

Berikut review aplikasi pada gambar di atas :

  • Lantern VPN – Karena semua produk Google di blok di China, jadi harus wajib di gunakan yang nama nya VPN untuk bisa menggunakan aplikasi Google ketika menggunakan internet China.
  • Google Search Engine
  • Google Maps
  • Google Translate ( OFFLINE ) – Aplikasi ini sangat berguna banget buat gue menyampaikan apa yang ingin gue tanya haha.. keuntungan nya adalah ada nya versi Offline, jadi engga perlu koneksi internet sama sekali buat pakai fitur translate nya
  • CTrip – Aplikasi ini buat cek jadwal kereta beserta harga nya, berguna ketika mau pesan tiket kereta jarak jauh
  • Whatsapp – Di China, aplikasi Whatsapp engga di blokir, jadi komunikasi grup pakai ini ( sudah di blokir oleh Pemerintah China )

* * * * *

Colokan Listrik di China

Colokan Listrik di China
Colokan Listrik di China

Di Beijing dan Shanghai itu umum nya colokan nya terdapat 2 model lubang dalam 1 tempat tapi walau terkadang juga cuma ada yang 1 model lubang ( yang bawah ). Sebenar nya model colokan listrik di Indonesia cocok dengan colokan listrik di China yang model atas tapi pengalaman sih lebih baik bawa juga converter colokan buat yang model lubang ( yang bawah ) ya daripada kerepotan engga bisa colok listirk nya sama sekali.

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Beijing dan Shanghai, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

161 Comments

  • hi kak. boleh tanya. utk thn 2024 pembayaran di china apakah msh bisa pakai cash. atau hrs pakai digital money. mohon info utk yg digital money. terima kasih

  • Mau tanya, itu pas kita landing kan dpt arrival card ya, nah itu kan buat imigrasi di beijing, trs pas kita plg dr shanghai nya itu juga d ksh aja ke imigrasi shanghai gpp?

  • Ceritain dong pengalaman klo transit agak lama di Beijing..tujuan sy canada transit di Beijing ..apakah bisa keluar utk lihat2 kota Beijing ?

  • Mas mau tanya, kalau dari bandara pek mau ke dragon hostel naik bus apa ya dan sampel mana turunya . Makasih

  • mau nanya bro , itu benar google maps bisa di pakai di sana ? soalnya saya pernah coba di guangzhou tidak bisa , maps ngaco banget

  • Makasih gan akhirnya sy sdh terwujud mengunjungi china khususnya beijing selama 8 hari banyak info yg aku baca dr agan sebelum ke sana dr tgl 9 hingga 18 nov 2018 akhir musim.gugur awal musim dingin dinginnnn nyaaa boooooo berasa kaya oppa korea waktu ngomong keluar asep 😁😁😁,, waktu pertama kali great wall spechless kaya dr kecil gw liat ehh akhirnya kesampaian ijin gan mungkin gw bisa nambahin aja beberapa hal buat yg mau kesana
    1 baiknya tukar uang langsung sebelum masuk china karena money changer gak banyak di kota dan juga rate money changer yg di bandara kemahalan hampir 35% dr nilai ingin di tukar jg rate di atm china juga ngambil lumayan walaupun gak segede di money changer beda sama yg di atm negara2 asean ratenya gak sampai.segitu
    2 sebisanya jangan datang di musim dingin sumpah dingin pada akhir2 gw mau pulang semakin dingin padahal itu akhir2 auntum masuk winter tiap jalan 5 menit gw bawaan pengin kencing apalagi pas di great wall tangan gw berasa kaya di rendam di dalam air berisi es batu cuma asik sih pas dingin2 gitu bawaan tidur jd nyenyak banget
    3 gw gak tau gimana carax tp akan sangat asik kalau kalian yg mau kesana bisa menyewa sepeda macam ofo mobile dll karena akan sangat memudahkan kalian buat menelusuri seluk belum kita beijing mirip kaya sepeda gowes di monas Cuma untuk nyewanya agak ribet harus punya kaya wechat pay atau mungkin kalian punya kenalanorg disana yg bisa bantu apalah gw kurang ngerti intinya ini sepeda akan sangat berguna buat kalian untuk aktifitas selama di sana jd coba baca infonya

    • Mau tanya kak, itu arrival card nya biasa dpt 2 lembar, nah yg 1 di ambil di imigrasi di beijing, nah sy plg nya dr shanghai dr pudong itu msh berlaku juga ya? Atau gmn? Tau ga?
      Thx

    • Langsung aja gak ribet gw sekali datang langsung fix dan di suru balik 4 hari kemudian,, yang penting syarat2 lengkap sesuai yg diminta ,,,kalau foto gw saranin langsung aja ke kedutaan sj foto biar gak salah2 kaya gw saat itu, disana sdh ada tukang fotonya cuma bayar 30rb, waktu itu gw buat di surabaya

  • Hi

    Aku rencana mau ke beijing akhir november
    Komunikasi via whatsapp apakah masih bisa ya? Info dari beberapa orang wa di sana di blok hanya bisa pakai we chat.

    • Iya di blok produk2 google semua saran aja mending beli paket promise provider indonesia kaya xl pass , telkomsel dll biar gak ngaruh ,,,, karena agak ribet sdh biasa pake chrome, maps wa ig dll ,, walaupun di hotel ada wifi gw lebih prefer pake paket operator gw karna gak usah ribet setel vpn ,nb waktu gw pake xl pass 7 days gw gw beli di traveloka 160rb waktu masih di indonesia, koutanya dr kouta xl kita lancar kok 4g cuma sesekali perlu di pancing signalx

  • Hi… Mau tanya klo naek bullet train… Dari shanghai ke Beijing… Bawa koper ukuran besar katakanlah yg 30 kg… Itu klo naek di class 2nd…taro koper nya dmana? Dan kursinya apakah sudah tentukan kaya naek pesawat atau rebutan kaya naek Metro mini??

    Thx

    • Seinget gw di area belakang ( tiap kabin kereta ) gitu ada area khusus bagasi, cuma cepat2an ya sistem nya. Kursi nya sudah di tentukan by sistem komputer atau lebih tepat nya di pilihin sama petugas nya sih, pas beli gitu di kasih liat layar komputer tempat duduk nya.

  • frenky : saya mau nanya . saya pengen skali ke china . tapi saya tidak bisa ber bahasa ingris . dan china . dimana saya bisa sewa penerjemah bahasa ? apakah anda ada kenal ?

  • hallo frenkey.. mau tanya, makan di haidilao hot pot itu makan buffet (all you can eat)?

  • Kalau dri airport putong ke htl naik taxi..kira2 biaya brp..trus disana beli simcard sana atau belipaket internet di indo ☆266#…
    Candra…makasih…

  • Hai, nanya dong.
    Klo misal booking hotel 1room (kapasitas 2org) mau diisi 4org boleh gak sih ? :confused:
    Ato kena surcharge ?

  • Hi..

    Mau tanya dong, apa ke China ada minimal dan maksimal uang yang boleh kita bawa (dalam bentuk apa pun: cash, cek,dll)?

    Terima kasih..

  • hai frenky,
    saya suami n anak perempuan saya (8th) hanya punya 4hari d shanghai. Bisa tolong saran better kemana ajh ya. thx

  • Hi ferengki..
    Mau tny nih disana ada sewa mobil gt ga ya?misalnya kita pergi sekeluarga bw anak2 kan enaknya pk Mobil ya..🤣🤣

  • butUh bantUan ny doNk
    sy skrng krja di china,sy kpingin swami sy dtang ke china bwt liburn saja walau hnya 1 minggu lama ny
    kalau blh minta nO wA ny maz FRENKY

  • Hai Frenky,
    Aku baru pertama kali mau ke Beijing dan Shanghai apakah memungkinkan kesana sendiri tanpa ikut tur?
    Bagaimana dengan komunikasi bahasa inggris dengan orang lokal di sana? Thanks before

    • Ini saya juga pertama kali ke Beijing dan Shanghai tanpa ikut tur, lancar-lancar aja sih. Jangan tanya orang lokal pakai bahasa Inggris, nanti tambah bingung sendiri yang ada :))

  • Halo, mas, mau nanya nih, buat urus visa ke Tiongkok apa harus nyertain tiket PP pesawat? Kalo misal one way aja bisa g ya? Rencana aku nanti mau beli tiket pulang dibeliin temenku yang disana, karna masih belum pasti aku stay disana bakal berapa lama. Hehe. Terima kasih sebelumnya.

    • Hi nana..Aku bantu jawab ya, iya harus pake tiket pp dan booking hotel. Justru surat referensi bnk dan print out rek.3bln malah dibalikin. Itu proses cm 4 hari. Cepet bgt ga pake antri lama jg. Btw kpan mau kesana. Ku mei 2018 kesana solo travel. Wish me luck. Secara baru pertama jg.

      • Hi Pipit, Boleh tau kamu kapan solo travel ke SH/Beijing nya? Ak 6-23 Ada di Shanghai dan Beijing. Klo mau join travel bareng boleh dong. Btw, ini karena ada urusan kerjaan kantor di SH dari 6-18 May, selanjutnya ak extend trip. :bye:

        • Hi Allen … aku udah di Beijing dari tanggal 1 Mei … sampe 7 Mei di Beijing. Kemudian tgl 7 – 12 di Shanghai … Trus balik ke Beijing lagi sampe tgl 15 karena pesawat balik nya dari AirPort Beijing.
          Ini baru pertama kali ke Beijing… So far ga ada masalah. Jgn kuatir utk Subway gampang banget di pahami station nya. Cari info aja station objek wisata yang bakal di visit selama di Beijing… pasti gampang paham deh.
          Oh ya yg hobby Instagraman ..VPN membantu banget. Jgn lupa download dari Indonesia. Tp aku ttp beli SIM Unicom China. Krn kl pake No indonesia susah wifi.
          Aku tinggal di peking yard hostel… recommend bgt buat Backpacker.. kayak rumah sendiri rasanya. Para Backpacker di hostel ini jg welcome.. merasa ga jauh dari Indonesia rasanya. Baik2 sumpah.

          • nice Info Pipit. Terima kasih yaa. Kalo kamu ada itinerary trip / tempat wisata yang dikunjungi, boleh juga dong di share. hehe.

            Thanks

            • Sama2…gmn shanghai? Udh kemana aja? Aku baru sampai shanghai. Drop koper trus mau lihat the bund

  • Hai Frengky, kebetulan saya bulan april ini mau berangkat ke beijing. mau tanya untuk ke greatwall bisakah kita ke Mutianyu dan Badaling sekaligus dalam 1 hari? apakah ada tour nya? untuk restaurannya apakah ada yang halal ketika ikut tour?
    Terimakasih

  • Hi frenkey
    mau nanya lagi nihh ttg simcard china yang kamu pake itu untuk beijing dan shanghai .apakah kamu mengunakan 1 simcard aja untuk 2 kota ini atau kamu hrs beli kartu lg untuk setiap kota yg kamu kunjungi
    Thanks

  • Hi Frengky
    Mau nanya, kalau misalnya pas ke Tiongkok saya pake sewa pocket wifi, apakah tetep harus beli simcard lokal?
    Trus tetep harus download Apps VPN kah?
    Thank you.

      • hallo frenky, mau tanya donk, untuk beli simcard lokal di bandara susah ngga? butuh data apa aja? denger2 susah ya beli simcard disana.

        thanks before ya

    • Yup pasti bisa, cuma kecepatan internet nya turun drastis kalau pake VPN, soalnya tergantung kecepatan VPN nya juga, jadi sabar2 aja ya kalau lagi browsing pake VPN.

  • buat bullet tran macam beijing shanghai mending pesennya jangan mendadak, takutnya ga kebagian tiket, jatohnya pakai kereta reguler (yang kecepatannya tetap saja lebih cepat dari kereta ekspres versi sini)

    • Beijing sih pasti aman, ga ada yang berani pakai kekerasan di china sana, penduduk sana ga berani berkelahi, dari teman teman disana bilang, kalau sampai mencelakai orang, selain dipenjara di suruh bayar kompensasi, contoh memukuli orang bisa dituntut korban bayar kompensasi, jika dirupiahkan bisa 100 juta rupiah

  • Hi Frengky, bulan Maret saya akan berangkat ke Shanghai dan salahnya juga pulang dari Shanghai.
    Tapi saya ingin mengunjungi Baijing dan ke mutianyu.
    Apakah ada kartu pp bullet train untum beda hari?
    Sehingga mengirit ongkos?
    Thanks.

    • Engga ada voucher gitu, harus tetap beli satuan one way nya 1jutaan. Kalau hoki, mungkin bisa lebih murah jika lewat pesawat domestik, pantau terus website Ctrip.com aja

Leave a Reply