Korea SelatanTravel ( Outside Indonesia )

Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

Status Visa Korea Selatan Di Tolak

Sebelum gue mulai sharing, gue mau beritahu terlebih dahulu kalau postingan ini bukan lah pengalaman pribadi karena gue sendiri berhasil mendapatkan Visa Korea Selatan di Bulan September 2014 lalu ( dapat di baca di postingan Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan , terdapat juga cara mengecek status Visa Korea Selatan via Online ).

Sehingga postingan ini hanyalah sharing info dari berbagai sumber yang gue dapatkan jika anda menjadi salah satu calon turis yang Visa Korea Selatan nya di Tolak :crying:

 * * * * *

Status Visa Korea Selatan Di Tolak
Status Visa Korea Selatan Di Tolak

Mungkin anda langsung panik dan stress melihat status “Denied” di atas ketika mengecek status Visa Korea Selatan via Online? Apalagi di tambah tiket pesawat dan penginapan sudah di bayar dan tidak bisa di refund, kalau gue mengalami hal itu jujur juga pasti panik dan stress karena duit sekian juta udah pasti lenyap tak berbekas  :suram:

Maka nya sangat di sarankan JANGAN membeli tiket pesawat dan booking penginapan dulu kalau engga yakin di approved, soalnya dari Kedutaan Korea Selatan nya sendiri tidak meminta bukti tiket Pesawat PP dan Booking Penginapan. Tapi pengecualian buat tiket pesawat promo ya karena itu memang harus di beli di awal dan jauh-jauh hari sehingga mau engga mau harus yakin di approve Visa Korea nya :)

* * * * *

Apabila anda mengalami kejadian di atas dan masih ingin tetap berwisata ke Korea Selatan dengan mengeluarkan uang lebih untuk membeli tiket pesawat baru dan apply Visa Negara lain yang masuk dalam persyaratan maka gunakan saja Visa Transit Korea Selatan yang berlaku selama 30 hari.

Link Persyaratan nya sendiri tertera di sini :

1. Pada Website Kedutaan Korea Selatan untuk Indonesia search saja tentang “Bebas Visa”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Kedutaan Korea Selatan Untuk Indonesia

Pengumuman Bebas Visa pada Website Kedutaan Korea Selatan, Klik Untuk Perbesar
Pengumuman Bebas Visa pada Website Kedutaan Korea Selatan, Klik Untuk Perbesar

2. Pada Website HiKorea – EGovernment for Foreigners search saja tentang “Visa Free Entry of Foreigners” lalu baca pada bagian “Transit tourists bound for another country”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Hi Korea

Pengumuman Bebas Visa pada Website Hi Korea
Pengumuman Bebas Visa pada Website Hi Korea

3. Pada Website Korea Immigration Service search saja tentang “No-Visa Entry Policy for Foreigners in Transit” lalu baca pada bagian “No-Visa Entry for Transit Tourists (Existing Policy)”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Korea Immigration Service

Pengumuman Bebas Visa pada Website Imigrasi Korea Selatan
Pengumuman Bebas Visa pada Website Imigrasi Korea Selatan

Dari ketiga sumber diatas, pengertian bebas visa di atas arti nya BUKAN berarti kita ( Pemegang Passport Hijau Indonesia ) bisa masuk benar-benar bebas visa seperti ke negara ASEAN melainkan kita dapat menggunakan Visa JENIS TRANSIT 30 hari untuk masuk ke negara Korea Selatan ini dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Secara singkat syarat dan ketentuan nya dari ketiga gambar di atas adalah sebagai berikut :

1. Punya Visa Valid Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, New Zealand

2. Menuju atau Dari Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, New Zealand dan Transit di Korea Selatan

3. Menunjukkan Tiket Keluar dari Korea Selatan dalam 30 hari dengan tanggal pasti terhitung dari tanggal tiba ke Korea Selatan

 * * * * *

Sebagai contoh dengan asumsi menggunakan Visa Jepang untuk Point 1 ( Note : Bukan Bebas Visa Japan menggunakan E-Passport karena belum ada pengumuman terkait hal ini ), maka untuk Point 2 di atas dapat menggunakan rute – rute sebagai berikut :

  • Indonesia – Jepang – Korea – Indonesia
  • Indonesia – Kuala Lumpur – Korea – Jepang – Kuala Lumpur – Indonesia
  • Indonesia – Manila – Korea – Jepang – Kuala Lumpur – Indonesia
  • Indonesia – Korea – Jepang – Indonesia

Rute di atas hanya lah contoh, inti nya adalah rute untuk negara Jepang dan Korea Selatan harus berdampingan.

Untuk maskapai nya sendiri dari atau menuju antara Jepang dan Korea dapat di cek langsung di http://www.skyscanner.co.id/ atau bagi anda pecinta maskapai LCC dapat di coba maskapai ini Peach Airline harga nya cukup bersahabat di kantong :)

 * * * * *

 Berikut adalah 2 testimonial yang gue dapat dari Kaskus dan Facebook untuk para turis yang berhasil menggunakan Visa Transit Korea Selatan dari / ke Jepang tanpa ada masalah :)

Testimonial Visa Transit Korea Selatan - Sumber : Kaskus, Klik Untuk Perbesar
Testimonial Visa Transit Korea Selatan – Sumber : Kaskus, Klik Untuk Perbesar
Testimonial Visa Transit Korea Selatan, Sumber : Grup Backpacker Dunia - Facebook
Testimonial Visa Transit Korea Selatan, Sumber : Grup Backpacker Dunia – Facebook

Nah jadi buat anda yang kepikiran ingin pergi ke Jepang dan Korea sekaligus menggunakan Visa Jepang, tips dan trik ini dapat di gunakan, akhir kata selamat berlibur dan jangan lupa oleh-oleh nya! :relax:

 * * * * *

UPDATE : PER 1 MEI 2016 VISA TRANSIT KOREA MENGGUNAKAN VISA JEPANG TIDAK BERLAKU LAGI

Pengumuman Visa Transit Korea dengan Visa Jepang tidak berlaku lagi
Pengumuman Visa Transit Korea dengan Visa Jepang tidak berlaku lagi

Kabar buruk buat anda yang ingin masuk ke negara Korea menggunakan visa transit Korea dengan Visa Jepang, karena mulai per 1 MEI 2016, kebijakan tersebut sudah tidak berlaku lagi ( kecuali Group Visa Jepang ), sumber : Pemberitahuan Perubahan Kebijakaan Bebas Visa untuk WN Asing ( Website Kedutaan Korea di Indonesia ). :crying:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

201 Comments

  • Hi Frenkey, mau tanya nih.. klo flight dr shanghai – jkt transit incheon (pp) apa perlu visa transit klo gak keluar bandara? Thanks before ..

  • Halo mas frenky, mau tanya, apa ada gitu visa transit korea, kok saya lihat di web ga ada kayaknya.
    Kasus saya saya dah punya visa jepang april nanti dan pesawatnya Indo-jepang-korea-indo. Nah pada saat transit di Gimhae pasti butuh keluar utk cekin di penerbangan selanjutnya yg beda maskapai, otomatis lewatin imigrasi kan, padahal keluar hanya utk ambil bagasi dan cek in lagi…apakah sy butuh visa apa gt? Kalo iya urusnya visa apa ya, tks sbelumnya…

  • Halo, saya mau tanya.. saya sudah pernah ke korea 2003 kemudian 2016 saya apply lagi visa korea tapi di reject. Dikarenakan karna saya tidak punya SPT, dan saya apply nya memang sendiri.

    Skarang saya mau ke korea lagi saya ud apply visa sama keluarga saya dan keluarga abang saya dan pacar singkat cerita visa abang saya dan keluarga dan pcr saya ud keluar.

    Saya dan org tua saya dipending..

    Apa si arti di pending itu? Tapi mereka juga tidak meminta apa2 secara document yg saya submit memang sudah lengkap.. apa mungkin visa ditolak 2x?

    Thanku

  • Mau tanya dong aku kan, dulu kerja di korea selatan
    (tki) tapi kaburan, saya sudah pulang kampung, 2 th yg lalu, apakah bisa masuk lagi ke jeju / pulau korea selatan,yg katanya tujuan untuk yg bebas visa terumakasih

      • Mas, saya ada visa Australia yang didapat dari apply online dan multiple entry for 1 year, bukan sticker visa yang tertempel di paspor apakah bisa dipake transit di Korsel.

  • Saya tinggal di Osaka tentu saja visa saya visa pelajar Jepang, niatnya mau ke Bangkok. Tapi dari Osaka yang ke Bangkok harus transit di Korea dulu…
    apakah bisa menggunakan visa transit?

    • Sepertinya ga perlu visa transit deh, karena tidak perlu melewati imigrasi korea, cukup pindah gate di pertukaran area gate. Untuk pasti nya, konfirmasi ke CS maskapai yang di gunakan ya, tanya di bandara Incheon perlu keluar imigrasi atau tidak, seharus nya sih jawaban nya tidak :)

  • Maaf mau tanya ni.. Dimana tempat atau travel yg menjual tiket pesawat untuk free visa untuk nonton olympiade korsel dan apa saja persyaratannya dan kapan kita bisa beli tiket pesawatnya trimakasih sebelumnya.

  • mau tanya dong mas frenky.klo dari indo transit ke taiwan terus ke korea itu bisa lolos nggk kluar dari bandara.hbs kluar dr bndara sih udah tenang.

  • saya mau tanya mas frnky…..dapat kah klo saya masuk korea langsung dari malaysia karna saya bekerja di malaysia ..mau tour pergi korea untuk bulan february 2018 yang kata nya bebas visa….

  • Salam bos …
    ente dengar thn dpn ada free visa ke korea jd ke pengen mengunjungi korea tapi paspor ente baru bikin msh kosong belum ada cap nya apakah bisa dpt free visanya?

    • Kalau mau ke Jeju dengan free visa, harus DIRECT FLIGHT ya ke jeju nya, ga boleh transit dari kota-kota lain nya di korea selatan. Harus nya engga masalah sih kalau ke Jeju dengan free visa.

  • Hallo frenkey,,, visa korea gue pernah di tolak apply thn 2015 dl, tahun depan berhubung ada kebijakan bebas visa korea sementara jd gue pengen mengunjungi korea yg sempat tertunda .yg mau gue tanyakan apakh ada masalah jika gue pake paspor yg prnh di tolak visa korea nya utk masuk ke korea dgn syarat bebas visa utk nonton winter olimpiade? ???

    • Pasti masalah, apalagi syarat bebas visa utk nonton winter olimpiade, engga mungkin dapat deh. Udah apply visa korea aja lagi ya sampai dapat sticker visa nya.

  • emang kacrut nih korea, uda gak bisa lagi pake visa transit dr jepang.

    halah…

    salam bos frenky. kabar gmn lu? PM ya wkwkwkkw

  • Halo mas nanya doong

    Saya terbang dari Jakarta-Incheon, transit disana 4 jam, abis itu terbang ke Russia..

    Nah katanya korean airlines(codeshare flightnya Siberian airlines) pas di incheon kita ambil bagasi dulu trus check in lg di counter Siberian airlines..

    Kalo gitu bearti harus keluar immigrasi, bearti saya butuh visa transit gak tuh ? Cuman 3 jam aja padahal ambil bagasi & check in lagi..

    Infonya ya mas

    • Kalau menurut teori nya sih butuh ya Visa Transit karena harus clear immigration di Incheon nya, sampai ambil bagasi pula. Eh tapi siapa tau di Bandara Incheon ada jalur khusus buat transit ( jadi tanpa clear immigration ), tapi yg info ini saya ga tau juga :-)

    • Halo salam kenal mas Latif…mau tanya pengalaman penerbangan akhirnya gimana dg case anda ini yg hanya transit di incheon utk ambil bagasi and check in lagi…apakah diminta visa atau bagaimana mas? Saya akan mengalaminya juga seperti anda nanti…mohon sharingnya…terimakasih sebelumnya…

  • Hi Mas Frenky.

    Kalau saya mau ke Seoul, saya punya Visa USA yang masih berlaku.
    Apakah saya harus tetap membuat visa korea di kedutaan Korea?
    Mohon pencerahannya. Terima kasih

    • Yep tetap harus buat Visa Korea karena direct flight ke Korea Selatan nya.

      Visa USA hanya bisa di pakai buat masuk Korea Selatan JIKA negara Korea di jadikan negara transit untuk flight ke / dari USA.

  • wwoow ribet yaa.. bikin pusing.. brti intinya kalo visa ditolak ga bisa ajukan lg ke kedubes korea selatan ya? hrs pake visa transit dr jepang dll?

      • iya.. akhirnya dari kita ber 3 yang mengajukan visa 1 orang di tolak, dan itu sediih banget..
        krn tiket sudah dibeli dan hotel sudah dipesen.
        intinya kalo mau ajuin visa itu jangan beli tiket dulu kali ya, karena sayang bgt terbuang percuma saat visa di denied

  • Hi kak, aku mau tanya,
    dari website http://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDetailR_en.pt, dijelaskan kalau “If you hold an e-visa to Australia and a visa label is attached to your passport, you are permitted to enter Korea without a visa. However, if the label is not on your passport, you are granted no-visa entry only when you depart from Australia and transit through Korea.”

    Aku punya e-visa Australia tapi tidak punya labelnya di passportku. Apakah itu artinya aku cuma bisa masuk Korea tanpa visa kalau rutenya INDO – AUS – KOREA – INDO ? Bagaimana dengan rute INDO – KOREA – AUS – INDO ? Apa bisa dapat free visa juga?

    Thanks

    • Ya ikutin sesuai keterangan nya aja ya biar aman, Maaf gw ga punya pengalaman pribadi dengan yang di tanyakan oleh mba.

      Biar aman coba telpon kedutaan Korea langsung.

  • Yaahh sayang bngett… Padahal stlh pulang dr Jepang saya transit di korea… Dan mau keluar bandara mau jln” ke soul.. Tp udh gak bisa ya skrg..
    Sedihhh

  • Kalau misalnya visanya sudah keluar ….dibandaranya soeul masihdiintervieuw gak ya ? kuwatir dideportasi sayang kan vocher hotel dan segala macamnya..

  • Dear mas Frenky,

    saya mau tanya, kalo SIUP apakah WAJIB di lampirkan? sedangkan perusahaan saya tidak akan memberikan SIUP jika bukan untuk kepentingan perusahaan…

    • Tidak ada rincian pasti tentang minimal tabungan ya tentang visa korea. Anggap saja 1.5 juta x jumlah hari selama di Korea = Total minimal uang di tabungan

  • maksud kecuali “grup visa jepang” apa ya? apa kalo dgn grup msh bisa?, lalu kalau tiket kami ( ber 15 orang) jkt – jepang-korea-jepang -jkt gimana visa jepang nya ya? hrs double entry?
    tks ya

    • Untuk masalah Visa Grup Jepang ini, coba telpon kedutaan Korea ya, double confirm, soalnya, saya tidak ada informasi juga tentang Visa Grup Jepang itu cara ngurus nya bagaimana.

      Kalau masuk Jepang 2x arti nya Visa Jepang nya harus tipe Double / Multiple Entry atau bisa menggunakan Visa Waiver Jepang ( tapi yang ini kemungkinan besar akan di tanya kelengkapan dokumen oleh imigrasi Jepang sesampai nya disana )

  • Annyông koh frenky 😊

    Mau tanya koh, kalau kya saya kan berdagang toko sembako kecil. Trus persyaratannya hrs menyerahkan spt sedangkan sya kga punya gimana koh ? Trus kalau pake tabungan ortu gimana ya koh ? Paspor jg msh kosong blm ada cap hehe. Makasih koh frenky

    • ya kalau ga ad SPT, ya ga usah di sertakan. Kalau pakai tabungan ortu ya tidak masalah juga, kasih aja rek ortu, bilang pekerjaan nya sama ortu. Paspor kosong tidak ada masalah kok, banyak juga yang tetap approve asal pekerjaan dan keuangan nya menyakinkan.

  • Kalo semisal dr jepang mau plg ke Jakarta via seoul transit hanya 2 jam ( karena pake maskapai korean airlines ) bisa nggak ya? Pengalaman yg dulu th 2006 sih bisa. Cuma kok ada peraturan baru begitu. Jadi was was nih …

    • Klo rute nya Jepang – Seoul ( Transit ) – Jakarta karena memakai maskapai Korean Airlines, harus nya tidak masalah sih, harus nya tidak perlu keluar imigrasi kalau cuma sebatas transit. Tapi biar lebih yakin, lebih baik telpon perwakilan Korean Airlines.

  • Hallo…bos kalau ada visa australia mau transit korsel g ada surat2 yg kita urus di embasy korsel…trimakasih…

    • Yap benar, tetapi rute nya harus “DARI / KE” Korea – Australia ya, kalau rute nya engga valid, visa transit juga engga dapat nanti nya.

      • Kak aku jga punya visa australia. Trs aku mau pulang ke indonesia tp klo aku ambil penerbangan Australia – Korea trs setelah 4 hari baru pulang jd tiketnya Korea – Indonesia apakah bisa bebas visa?

  • Share pengalaman saya sendiri.
    Tahun lalu saya berdua teman ke Jepang dan Korea.
    Dengan pertimbangan biaya visa Jepang (330.000) dan Korea (460.000) dan adanya kemudahan free transit bagi yang mempunyai visa Jepang, maka kita apply visa Jepang dan bisa mengunjungi Korea Selatan dengan free transit visa.
    Kita terbang dengan route Jakarta-Incheon-Nagoya-Incheon-Jakarta (ada negara ketiga sebelum/ setelah Korea Selatan)
    Berangkat kita keluar Incheon (ikut free city tour selamat beberapa jam) kemudian kembali ke Incheon dan melanjutkan penerbangan ke Nagoya.
    Kembali ke Jakarta, kita transit 10 hari di Seoul. Petugas Imigrasi tanpa banyak tanya langsung memberikan stempel/cap transit selamat 30 hari.
    Dan untuk yang menggunakan visa waiver, free transit tidak dipetbolehkan.

    Tahun ini menurut yang saya baca di web Kedubes Korea Selatan, karena banyak disalah gunakan, fasilitas free transit ke/dari Jepang sudah tidak lagi diberikan.
    Jadi tahun ini kita apply visa Korea Selatan dan masuk Jepang menggunakan visa waiver. Lebih mahal memang.

  • Hi Frenky…. mau nanya nih. Sy punya visa Jepang multiple enrty 3thn, landing permittion’x 90hari, jadi setiap 3bln harus balik Indonesia. Nah kalau saat sy mau balik Indonesia tapi pengan’x mampir beberapa hari di Korea Selatan, gimana caranya ya….? Trimakasih.

    • Berhubung Visa Jepang tidak berlaku lagi buat Visa Transit Korea, jadi pilihan nya mau engga mau harus buat Visa Korea Wisata.

  • Pa frenkey….berarti cm visa jepang aja yg sdh tdk bs d pk trnsit d korsel ya? 4 negara ( usa,nw zealand ,canada,australia)..itu msh berlaku ya pa?….

    • iya Pak Fathur, untuk sekarang Visa Jepang tidak berlaku lagi kecuali “Group Visa Jepang” ya.

      Kalau Visa Amerika Serikat, Kanada, Australia, New Zealand masih berlaku.

  • hi ….mulai 1mei 2016 visa transit korea menggunakan visa jepang tidak berlaku lagi apa bener pak frenky???? saya rencana mei baru mau apply visa jepang transit korea

    • Yup benar, per 1 Mei visa transit Korea pakai visa Jepang tidak berlaku lagi, pengumuman dari website kedutaan korea langsung.

  • hallo…saya berencana mau ke jepang dan korea dengan rute jakarta-jepang-korea-jakarta. Nah saya mau tanya untuk dokumen pengajuan visa jepangnya gmn ya ? misal untuk bukti tiket dan penginapan apakah harus saya lampirkan semua (jepang-korea) dan untuk living costnya apakah yg korea juga dihitung atau hanya yg jepang saja. Saya mau mengajukan visa minggu depan. Please advise.

    • Hi Indah,

      Ini bukan pengalaman pribadi ya, cuma pernah baca testimonial orang aja di grup Facebook.

      Untuk bukti tiket pesawat lampirkan semua ya ( Jakarta – Jepang – Korea – Jakarta ), untuk penginapan cukup di Jepang saja, pas di Itinerary perjalanan di tulis juga yang bagian Korea tapi cukup tulis aja “South Korea” engga usah detail tulis nama tempat nya seperti yang di Jepang.

      Kalau living cost sih lebih baik tulis mencakup Jepang dan Korea ya.

  • Hallo.. kalau rute nya Jakarta-Korea-Jepang-Korea-Jakarta apa bisa berlaku juga ya untuk free visa ini? Terima kasih…

    • Hi, waktu itu pernah baca sih ada yang bisa double entry masuk Korea ya, cuma itu testimonial 1 orang aja, jadi ragu juga ke-validan nya, mungkin faktor sedang lucky aja ya bisa masuk double entry. Lebih baik buat aman sih jangan double entry ya, cukup single entry ke Korea nya, lebih terbukti ke-validan nya :)

Leave a Reply