Beijing and ShanghaiChinaTravel ( Outside Indonesia )

Hari 4 : Jalan-Jalan Seru ke Mutianyu Great Wall ( One Day Trip )

Selfie dulu mumpung sepi - Mutianyu Great Wall

Hari 4 di Beijing ( 27 Maret 2017 ), akhir nya gue berkesempatan mengunjungi salah satu China Great Wall ( Tembok Besar China ) di Beijing yaitu Mutianyu Great Wall. Pergi ke Mutianyu Great Wall ( Tembok Besar Mutianyu ) ini benar-benar recommended banget, apalagi buat yang suka main perosotan, cobain main Toboggan nya, seru banget! Sebenar nya ada juga Badaling Great Wall yang lebih populer daripada Mutianyu Great Wall karena faktor lokasi lebih dekat dan lebih mudah transport nya tapi demi main Toboggan, gue memilih Mutianyu aja dah  :cheer:

Untuk trip ke Mutianyu Great Wall ini, gue menggunakan jasa tour one day trip, jadi berangkat pagi-pagi di jemput di penginapan sekitar jam 07.00 – 07.30 dan di kembalikan ke stasiun subway terdekat dari penginapan sore hari.

[box style=”1″]

Tour One Day Trip Murah dari Beijing ke Mutianyu Great Wall ( Tembok Besar Mutianyu ) + Makan Siang

Harga : IDR 470.000

( KLIK DI SINI )

[/box]

* * * * *

KELILING MUTIANYU GREAT WALL ( TEMBOK BESAR MUTIANYU ) SEHARIAN

Mutianyu Great Wall
Mutianyu Great Wall

Sesuai yang di instruksikan di email, rombongan gue akan di jemput di gang depan penginapan sekitar jam 7 pagi. Jam 07.15 akhir nya mobil van penjemputan tiba, gue ber 4 pun naik dan melanjutkan tidur kembali karena bangun lebih pagi mana udara nya dingin pula hahaha… Kira-kira lama perjalanan dari Beijing ke Mutianyu Great Wall ini membutuhkan waktu 2 – 2.30 jam perjalanan tergantung kondisi jalanan nya sedang padat atau tidak.

Sepanjang perjalanan, si tour guide akan menjelaskan sejarah tentang Mutianyu Great Wall ini, dan seperti biasa gue tidak terlalu mendengarkan detail hahaha…. Ketika sudah sampai di Mutianyu, harga tiket masuk sudah termasuk dalam paket tour ini. Untuk dapat naik ke area atraksi Mutianyu Great Wall, ada 3 cara yang dapat di lakukan :

[box style=”4″]

  1. Jalan Kaki ( Not Recommended ) karena jauh banget dan waktu nya engga bakal cukup buat explore Mutianyu Great Wall
  2. Naik dan Turun dengan CABIN Cable Car, total bayar 100 Yuan ( All-in )
  3. Naik dengan Cable Car ( Bukan CABIN ), Turun dengan Toboggan, Total Bayar 100 Yuan ( All-in )

[/box]

Gue sendiri memilih opsi nomor 3, naik dengan Cable Car ( tapi bukan Cabin ), dan turun dengan Toboggan. Ingat jangan sampai salah beli tiket ya, karena opsi nomor 2 dan 3, loket buat beli tiket nya juga berbeda. Dan engga bisa juga naik dengan Cabin Cable Car dan turun dengan Toboggan ya, karena opsi nomor 2 dan 3 itu operator nya berbeda dan juga arah belok ke pos atas Mutianyu Great Wall nya benar-benar berbeda :info:

Jangan lupa juga membawa air minum secukup nya, cemilan makanan secukup nya dan menyelesaikan ‘hajat’ hidup ketika masih di bawah ya, karena sepengamatan gue kalau udah di pos atas Mutianyu, engga ada WC sama sekali.

Cable Car Mutianyu yang terlihat sangat simple bentuk nya :)
Cable Car Mutianyu yang terlihat sangat simple bentuk nya :)
Muka gue terlihat senang, asli nya cukup takut juga karena Cable Car nya terlihat kurang safety gitu HAHAHA...
Muka gue terlihat senang, asli nya cukup takut juga karena Cable Car nya terlihat kurang safety gitu HAHAHA…

Naik Cable Car ( Bukan versi Cabin ) buat ke pos atas Mutianyu Great Wall ini ngeri-ngeri sedap juga kondisi nya, ya mungkin ini pengalaman pertama gue juga naik Cable Car tapi versi terbuka gitu ya, mana cukup tinggi pula naik nya, safety nya ya cuma tiang di depan badan gitu, kalau yang takut ketinggian not recommended sih naik Cable Car model begini, bisa keringat dingin cuy!  :wait:

Untuk lebih jelas sensasi naik Cable Car Mutianyu ini, coba nonton video Youtube di bawah ini ya, gue sendiri yang rekam nih hahaha…

* * * * *

Pas udah sampai di pos atas Mutianyu Great Wall, ya udah deh tinggal jalan-jalan santai aja, sebenar nya engga santai juga sih karena hitungan nya trekking naik anak tangga satu-satu yang jarak nya lumayan. Kalau sepengamatan gue sih view nya semakin ke atas ya semakin bagus deh dan juga orang yang lalu lalang juga semakin sepi lagi, walau sebenar nya kondisi asli nya sudah sepi sih, ya ini lah yang gue suka dari Mutianyu, pengunjung nya sepi :ngakak:

Tidak banyak yang bisa gue ceritakan sih dari Mutianyu Great Wall ini, karena aktivitas nya cuma trekking sama foto-foto aja hahaha… Gue sendiri memilih tidak naik sampai pos atas banget karena capek dan juga cukup terik matahari nya, cerah banget cuaca nya memang saat itu, tapi udara nya engga terlalu dingin, jadi bikin cepat capek juga badan dan kaki. Selebih nya biar foto yang berbicara aja ya :shy:

Keren ya Mutianyu Great Wall sama Model nya juga #eh
Keren ya Mutianyu Great Wall sama Model nya juga #eh
Selfie dulu mumpung sepi - Mutianyu Great Wall
Selfie dulu mumpung sepi – Mutianyu Great Wall
Gaya Ala2 Pahlawan Bertopeng di Komik Shinchan hahaha....
Gaya Ala2 Pahlawan Bertopeng di Komik Shinchan hahaha….
Ga tau gaya apaan, yang penting Wefie terus dah...
Ga tau gaya apaan, yang penting Wefie terus dah…

* * * * *

SENSASI MAIN TOBOGGAN UNTUK TURUN KE POS BAWAH MUTIANYU

Total gue habiskan 2 jam selama di pos atas Mutianyu Great Wall ini, udah puas sih campur lelah juga karena harus nanjak terus. Jadi pastikan ketika datang ke sini, memakai alas kaki yang tepat ya dan jangan lupa bawa air minum secukup nya, ini penting banget! The best part datang ke Mutianyu Great Wall ini buat gue adalah naik Toboggan buat turun ke pos bawah Mutianyu.

Naik Toboggan - Mutianyu Great Wall
Naik Toboggan – Mutianyu Great Wall

Untuk lebih tau sensasi naik Toboggan di Mutianyu ini, coba nonton video Youtube di bawah ini ya, gue sendiri yang rekam nih hahaha…

Begitu sampai di pos bawah, duduk-duduk cantik deh di restoran local Chinese ( sudah termasuk dalam paket tour ), makanan nya enak loh terus habis itu tinggal nunggu jam pulang lagi deh ke kota Beijing nya.

Lunch di Mutianyu Great Wall ( Include dalam Paket Tour )
Lunch di Mutianyu Great Wall ( Include dalam Paket Tour )

* * * * *

BELANJA DAN DINNER DI QIANMEN STREET BEIJING

Qianmen Street Beijing, Madame Tussaud Beijing
Qianmen Street Beijing, Madame Tussaud Beijing

Sepulang dari Mutianyu, rombongan gue minta di drop di subway terdekat dari Qianmen Street, mau refreshing dengan belanja dan sekalian makan malam di sini. Belanja di sini cukup menyenangkan sih, apalagi di toko serba 10 Yuan hahaha… Sepengamatan gue, kalau di area depan Qianmen Street itu toko-toko barang mahal semua ( sederetan sama Madame Tussauds ), nah kalau mau yang murah-murah itu letak nya di area belakang gitu. Di sini juga banyak tempat makan sih, tinggal pilih aja sesuaikan kocek masing-masing :bye:

Dinner di Qianmen Street Beijing
Dinner di Qianmen Street Beijing
frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

12 Comments

  • Salam kenal Frenky….
    Tolong tanya dari hari pertama kali datang sampai hari ke 4 yang ke great wall itu apa penginapannya sama? atau ganti ganti penginapan?
    Tolong kalau mengikuti perjalanan Frenky enaknya cari hotel di daerah mana ya.
    Thanks

  • pertengahan tahun lalu saya sempat ke Greatwall – cable car udah pilihan bagus daripada trekking buat usia saya … tapi rada serem buat yang takut ketinggian (saya ga berani ngeliat kebawah dong … ) … terobati ketika bisa dapat foto yang bagus ….

  • Hai bisa minta rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi di sekitar pusat kota beijing yang asik dan gampang dikunjungi (maklum pertama kali trip sendiri) hehehee dan tau ga kalo mau beli teh yang harganya oke dimana. Thanks

  • Sangat senang bisa nemuin blog koh frenkey lagi. Kmrn sebelum saya k seoul, saya baca blog nya kokoh. Nah skrg, saya mau k beijing saya liat kokoh udh nulis ttg beijing. Happy. Saya mau nanya, great wall tuh ada badaling sama mutianyu saja? Atau ada yg lain. Trus, cara dptin tour kayak koh frenkey gmn caranya? Yg rekomen? Trus bayar brp?

  • Hi Frenkey salam kenal yah.
    sy mau tanya2 sdkt…Kami ber 4 rencana ke beijing slm 8 hari, tampaknya kelamaan😀.
    Ada saran ga tmpat wisata yg dkt2 beijing. Krn tiket km jkt-beijing-jkt, ga mau ke shanghai.
    Nginap di daerah mana yg rekomend, dkt subway jg.
    o ya waktu itu dari airport ke hotel pakai transportasi apa .
    thx sblmnya ya, maaf nanyanya jd banyak 😀

    • Cari daerah deket2 wangfujing saja. Dari airport ke hotel pakai kereta bandara lanjut pakai subway. Di beijing 8 hari bingung jg mau kemana aja, paling maen ke area luar dikit sih kaya great wall.

  • halo, saya mau nanya2 seputar travelling ke beijing nih. Kalo ke Mutianyu bagusan pake tour one day yg di klook, atau jalan sendri ya? Kalo pake tour klook, cara transaksi dan penggunaan vouchernya bagaimana ya?
    Terima kasih ^^

  • Saya mau pake tour klook untuk ke Mutianyu Great Wall
    Ada tulisan “hotel pick up within 3rd ring road of beijing”, itu maksudnya selama penginapan kita di dalam area 1 sd 3 akan dijemput kan?
    Hotel saya di area wangfujing street (area 1 klo gk salah)
    Thx sebelumnya

Leave a Reply