Beijing and ShanghaiChinaTravel ( Outside Indonesia )

Hari 5 : Dari Beijing ke Shanghai Naik Kereta Cepat

Suasana di dalam Kereta Cepat dari Beijing ke Shanghai

Setelah menginap di Beijing selama 4 hari, akhir nya di hari ke 5 ( 28 Maret 2017 ) trip Beijing – Shanghai ini, rombongan gue akan berpindah kota dari Beijing menuju Shanghai menggunakan kereta cepat China ( China Railway Highspeed ). Dari Beijing gue akan naik kereta cepat nya dari Beijing South Railway Station dengan tujuan akhir Shanghai Hongqiao Railway Station dengan waktu tempuh 6 jam.

* * * * *

REFUND KARTU YIKATONG ( BEIJING TRANSPORTATION CARD )

Di hari ke 5 ini tidak banyak aktivitas yang di lakukan sih, bangun dari tidur nya aja udah cukup siang saat itu hahaha…. target utama hari ini cuma pindah kota aja ke Shanghai dengan kereta cepat yang harga tiket nya mahal banget cynnn… ya tapi pengalaman cobain kereta cepat China dengan kecepatan sekitar 350 KM / Jam dari Beijing ke Shanghai sangat memuaskan sih :good:

Setelah selesai packing barang-barang dan sarapan ala kadar nya di hostel, akhir nya checkout juga dari hostel sekitar jam 12 siang. Karena jadwal kereta cepat dari Beijing ke Shanghai sangat banyak dan juga gue datang di low season, jadi jaminan pasti dapat tiket sih, ya udah akhir nya gue memilih beli on the spot aja tiket kereta cepat nya, agak trauma juga sih beli online tiket kereta China kalau cuma 1 nama sejak kejadian gue gagal tukar tiket kereta dari Chengdu ke Lhasa :suram:

Sebelum menuju ke Beijing South Railway Station, rombongan gue menuju ke Dongdan Station untuk melakukan refund kartu Yikatong, ya lumayan bisa di tarik lagi uang deposit 20 Yuan sama sisa balance yang ada semua nya! Untuk melakukan refund kartu Yikatong ini engga semua stasiun Subway bisa ya, hanya tertentu saja yang bisa, kalau dari Wangfujing yang paling dekat ya Dongdan Station ini.

* * * * *

PENGALAMAN NAIK KERETA CEPAT DARI BEIJING KE SHANGHAI

Jadwal Kereta Cepat dari Beijing ke Shanghai di Aplikasi Ctrip
Jadwal Kereta Cepat dari Beijing ke Shanghai di Aplikasi Ctrip
Loket Tiket Kereta di Beijing South Railway Station
Loket Tiket Kereta di Beijing South Railway Station

Setelah proses refund kartu Yikatong selesai dan memastikan bahwa kereta cepat dari Beijing ke Shanghai di mulai dari Beijing South Railway Station, maka berangkatlah rombongan gue kesana yang kebetulan lokasi nya engga jauh-jauh amat dari Wangfujing. Sampai di Beijing South Railway Station jam 13.00, gue pun menuju loket tiket, sambil menunjukkan aplikasi Ctrip dan menunjuk jadwal kereta yang di inginkan. Setelah memberikan paspor para penumpang, proses pembelian tiket kereta cepat Beijing ke Shanghai ini sangat berjalan mulus, petugas penjual tiket nya juga lancar bicara Bahasa Inggris, mantap dah!

Jadwal kereta yang gue pilih saat itu adalah G139 dengan jadwal keberangkatan 13.40, harga tiket kereta nya per orang 553 Yuan ( ~ 1.15juta IDR ), lumayan juga harga tiket nya one way, udah setara dengan tiket Jakarta — Bali PP hahaha…. :peace:

Petunjuk Arah di Beijing South Railway Station
Petunjuk Arah di Beijing South Railway Station
Tiket Kereta Cepat dari Beijing ke Shanghai
Tiket Kereta Cepat dari Beijing ke Shanghai

Karena masih ada waktu 40 menit lagi sebelum kereta nya berangkat, akhir nya coba beli air minum 1 botol seharga 4 Yuan, jaga-jaga takut engga ada air gratisan di kereta terus sama liat-liat suasana dalam stasiun sebentaran. Habis itu langsung jalan lagi menuju peron keberangkatan. Sebelum sampai ke peron keberangkatan, masih ada lagi pemeriksaan barang bawaan sama badan dengan metal detector, mantap dah keamanan di Beijing di area publik nya.

Akhir nya setelah sampai di peron keberangkatan nomor 9, langsung cari nomor gerbong dan kursi sesuai di tiket, dan kereta pun berangkat on-time di jam 13.40 sesuai jadwal, mantap! Berdasarkan pengalaman pribadi naik kereta cepat Beijing ke Shanghai ini secara overall memuaskan sih, ada fasilitas air panas gratis, toilet nya juga bersih, model nya seperti di pesawat ( pakai flush ), ada layar tv walau gue engga ngerti bahasa nya hahaha… Di dalam kereta juga ada penjual makanan ringan bahkan es krim Haagen Dazs juga ada loh, yang hobi ngemil es krim cocok dah….

Rata-rata kecepatan kereta nya sekitar 330 KM / Jam, tapi walau begitu suasana kabin kereta nya tetap tenang dan engga ada rasa turbulensi gitu sama sekali, ya worth it dah bayar 1.15juta IDR sekali jalan :ngakak:

Suasana di dalam Kereta Cepat dari Beijing ke Shanghai
Suasana di dalam Kereta Cepat dari Beijing ke Shanghai
Jarak Antar Seat, Air Panas Gratis, Selfie dulu di Toilet Bersih dalam Kereta Cepat Beijing ke Shanghai
Jarak Antar Seat, Air Panas Gratis, Selfie dulu di Toilet Bersih dalam Kereta Cepat Beijing ke Shanghai

* * * * *

TIBA DI SHANGHAI HONGQIAO RAILWAY STATION

Kereta tiba tepat waktu sesuai jadwal jam 19.44 di Shanghai Hongqiao Railway Station, terus langsung menuju ke tempat pembelian Shanghai Public Transport Card ( Shanghai Metro Card ) di counter dalam stasiun ini, top up 50 Yuan, deposit 20 Yuan. Sama seperti Beijing Public Transport Card, kartu khusus kota Shanghai ini juga bisa di refund keseluruhan.

Dari Shanghai Hongqiao Railway Station ke Hostel Blue Mountain HongQiao Youth Hostel jarak nya cuma beda 2 stasiun aja, tepat nya ke Beixinjing Station. Ada sempat kejadian unik dan lucu juga walau seperti nya hal yang biasa di sini, jadi ada bapak-bapak dah tua gitu teriak-teriak ke seorang bapak-bapak lain gara-gara tas nya ke tendang engga sengaja, padahal salah bapak-bapak tua nya juga bawa barang bawaan banyak terus nutup jalan gitu hahaha… Tapi orang sini cuma teriak-teriak aja sih, engga ada adegan pukul / dorong sama sekali, mungkin ada hukum pidana nya kali ya kalau udah kekerasan gitu :keren:

Ending buat hari ini, gue sampai di hostel sekitar jam 20.30 lalu makan malam di rumah makan yang terletak persis di sebelah hostel, harga porsi makanan yang gue pesan 16 Yuan, tidak lupa beli bir 3 Yuan biar cepat tidur :bye:

Shanghai Hongqiao Railway Station
Shanghai Hongqiao Railway Station
Nasi + Ayam + Bir - Combo Dinner Mantap!
Nasi + Ayam + Bir – Combo Dinner Mantap!

* * * * *

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

12 Comments

  • Salam kenal Bro.. Saya ada perjalanan dari Sanghai ke Beijing naik High speed train trus lanjud lagi ke Harbin naik High speed train lagi ( nekat yaa..) habis dapat tiketnya ya begitu… Jarak datang dan berangkat 1.5 keburu gak ya?? Arrival and Departurenya jauh gak sih di Beijing South Railway Station?

  • Hi Frenky, boleh dong minta cara pergi ke dari Shanghai ke Huangsan (Yellow Mount) naik kereta.
    adakah rekomendasi cara termudahnya? lalu disana gampang gk ya…. klau on the spot hotelnya tanpa hrs book dr Indonesia. Btw udah pernahkah ke Yeloow mount?…

  • hi.frenky.tiket kereta untuk orang tua di atas 60 th apa ada diskon ya ?klo dari hang zhou ke beijing?

  • Utk liburan bln akhir Desember-sampai awal Thn baru bgs gak iklim dn suasananya, di Beijing? (Rencana thn baruan disana) Perjalanan klg dg satu anak 8thn. Mhn info donk? Saljunya ekstrim ga? Mau ke Great Wall dn Shanghai.
    Thanks infonya.

  • Hi frenky,mau nanya klo wkt perpindahan dr beijing k shanghai itu ribet g y? Mksdnya qta hrs naik turun eskalator sgl yg ribet2 gt? Krn sy bawa 1 koper gede+1 koper cabin..tqq

  • Hai salam kenal. Blognya informatif bgt!
    Mau nanya kalo ke Beijing mending bawa portable wifi atau beli SIM sana aja ya?

    • Sama aja sih, tapi kalau emang rencana mo shopping banyak di beijing, jadi mending datang dari Shanghai pulang dari Beijing kalau gitu.

      Kalau saya sih prefer dari Beijing dulu baru ke Shanghai.

  • Hi Frengkey, boleh info.. aku bsk brgkt k shanghai dr beijing naik kereta cepat .. dan bawa koper guede buangeet.. ada tempat bagasi gitu ga yah? Macem kreta cepat jepang kan ada tuh, di perbatasan gerbong.. tengs…

  • hi frenky, salam kenal. rencana mei ini aku solo travel (female) ke beijing dan shanghai . dan kayaknya harga hotel yang kamu rekomendasikan cocok buat kantong aku. trus kalo pesen di airbnb.com lokasinya jauh dari kota ya? menurut kamu untuk lokasi enak pesen di airbnb aja atau hotel yang kamu recomend itu?

    • Kalau solo traveller, mending sewa model2 dorm aja, kalau Airbnb jelas mahal karena cuma harus bayar sendiri, murah kalau pergi nya rombongan di atas 5 orang. Apartemen gitu rata-rata letak nya juga bukan di pusat kota. Yang penginapan di Beijing waktu itu minus nya cuma internet WIFI nya jelek sih, selebih nya standard aja. Kalau penginapan yang Shanghai recommended.

Leave a Reply