Korea SelatanTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan ( Updated 2023 )

Itinerary Korea

Annyeong haseyooooooo……… Berhubung selesai sudah misi gue menceritakan pengalaman selama 11 hari keliling 3 kota ( Seoul, Sokcho dan Busan ) di Korea Selatan, maka sekarang pada post ini gue mau sharing tips, itinerary, rincian harga dan info-info lain nya yang mungkin berguna buat kamu-kamu yang akan travelling ke Korea Selatan :star:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan ke Korea ( Seoul / Busan / Jeju )

Untuk dapat menuju Seoul / Jeju dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Korea Selatan terdapat 2 bandara Internasional yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Buat anda yang ingin ke Pulau Jeju, maka ada 3 maskapai domestik Korea Selatan yang dapat anda pilih, kisaran harga sekitar 1 juta rupiah Pulang Pergi, yaitu :

  1. JejuAir
  2. AirBusan
  3. EastarJet

* * * * *

Visa Korea

Visa Korea Selatan
Visa Korea Selatan

Untuk dapat masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan Passport WNI Sipil ( Sampul Hijau ), maka kita harus mempunyai Visa Korea Selatan. Sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Korea Selatan, wajib terlebih dahulu punya nama nya Paspor ya!

Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020. Sedangkan cara mendapatkan Visa Korea Selatan tidak mudah dan tidak susah, dapat di baca cara nya pada Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan.

* * * * *

4 Musim di Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea
Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Di Korea Selatan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Korea musim gugur lalu di bulan Oktober, suhu nya rata-rata di kisaran 15° untuk siang hari, 10° untuk malam hari. Untuk sekitaran suhu segitu, gue masih nyaman hanya menggunakan satu sweater saja, tapi salah nya adalah gue menggunakan sandal gunung yang akibat nya kaki gue “mati rasa” ketika berjalan di malam hari, kalau pakai sepatu sih nyaman :suram:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration tingkat akurasi nya 99% berdasarkan pengalaman pribadi selama travel di Korea. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana :relax:

* * * * *

Itinerary Korea

Itinerary Korea
Itinerary Korea

Selama 11 hari di Korea Selatan, gue berkesempatan mengelilingi 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan. Tadi nya mau ke Jeju juga, cuma karena pertimbangan biaya dan teman jalan gue cuma 1 orang doang ( cowok pula ), jadi gue tunda dulu ke Pulau Jeju nya, nunggu sama istri saja nanti :shy:

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, wisata kota Seoul itu dominan mengunjungi Palace ( Istana ) dan juga area tempat Shopping jumlah nya banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking dan pantai sehingga jika malam kota nya tidak terlalu ramai dibandingkan Seoul, sedangkan Busan karena kurang explore jadi gue masih belum bisa menarik kesimpulan :sweating:

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Korea 11 Hari 3 Kota

Money South Korea
Money South Korea

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 11 hari 3 kota di Korea Selatan berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Won = Rp 11,8 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Manila – Incheon

CebuPacificAir – Sharing Bagasi 20 Kg

Rp 1.150.000
2.Tiket Pesawat Pulang Busan – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Sharing Bagasi 25 Kg

Rp 1.650.000
3.Visa Korea SelatanRp 480.000
4.Penginapan 10 Malam di 3 Kota

4.1 Seoul – 7 Malam di Leo Guesthouse Hongdae = 140.000 Won

4.2 Sokcho – 1 Malam di Motel Rocustel = 19.600 Won

4.3 Busan – 2 Malam di Busan Hot Motel = 55.000 Won
214.600 Won = Rp 2.540.000
5.Transportasi lokal di 3 Kota

5.1 T-Money Card = 3.000 Won

5.2 Topup T-Money = 50.000 Won

5.3 Gapyeong Bus Tour = 5.000 Won

5.4 Bus Seoul – Sokcho = 17.300 Won

5.5 Bus Sokcho – Busan ( Night Deluxe ) = 46.000 Won

5.6 One Day Pass Busan @4.500 / hari = 9.000 Won ( 2 hari )

5.7 Transportasi di Kota Sokcho = 6.900 Won
137.200 Won = Rp 1.620.000
6.Biaya Makan, Jajan, Ngemil 11 hari180.400 Won = Rp 2.130.000
7.Tiket Masuk Tempat Wisata96.500 Won = Rp 1.140.000
8.Oleh-Oleh93.000 Won = Rp 1.100.000
Total Travel Korea 11 HariRp 11.800.000
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

Untuk makan, rata-rata sekali makan berat itu di kisaran 5.000 – 10.000 Won. Kalau jajan / cemilan di kisaran 1.000 – 5.000 Won, nah jika mau irit ya makan nasi kotak yang di kisaran 3.500 Won itu udah enak menu nya. Yang gue suka dari makanan Korea adalah BBQ nya entah ayam / sapi / babi pokok nya enak-enak deh bumbu nya, harga di kisaran 12.000 Won, terus untuk minum nya yang wajib coba adalah susu pisang nya, harga di kisaran 1.200 Won :senang:

Kalau tempat wisata di Korea yang wajib di kunjungi sudah pasti Everland Hari 7 : Everland Theme Park ) dan melakukan Jjimbilbang Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea ), di jamin pengalaman nya tidak bakal terlupakan :evilsmirk:

* * * * *

Transportasi Korea

TMoney dan Busan Pass
TMoney dan Busan Pass

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu yang nama nya T-Money, jadi nanti untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, oh ya T-Money juga bisa buat belanja di minimarket. Selama di Seoul, untuk transport lokal nya gue selalu menggunakan T-Money sebagai alat pembayaran, berbeda hal nya dengan di Sokcho, kartu T-Money tidak bisa dipakai buat bus di sana, hanya kartu CashBee yang bisa dipakai.

Nah khusus di Busan, gue menggunakan Busan Day Pass untuk efisiensi biaya, tempat wisata Busan jauh-jauh euy jadi kalau pakai T-Money cukup rugi dari segi hitungan biaya nya. Buat anda yang mau ke Busan dari Seoul atau sebalik nya, sangat di rekomendasikan menggunakan kereta KTX karena lebih nyaman dan cepat, dapat di cek langsung di website resmi nya di Korail Website.

* * * * *

Penginapan Korea

Klook

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 40.000 – 60.000 Wo tergantung lokasi nya, gue menggunakan website Trip.com / KLOOK sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Oh ya pengalaman trip di musim Autumn ( gugur ), gue sama sekali tidak menyalakan AC ketika tidur karena dingin banget kalau udah malam menjelang dini hari :silence:

* * * * *

Internet WIFI Korea

Di era serba internet seperti sekarang ini, tentu keberadaan WIFI sangat penting banget, terutama buat yang suka eksis di media social buat upload foto atau sekedar check in :ahaaah:

Kabar baik nya banyak Internet WIFI hotspot GRATIS yang bertebaran terutama di tempat wisata. Tapi bagi anda yang mau menyewa Pocket WIFI Korea atau membeli SIM Card Korea, bisa menggunakan jasa pada website berikut :

Klook.com

Alternatif Lain ( Trusted juga ) :

  1. SIM Card KT ( Mulai dari Rp 300.000 – UnLimited Data – Data Only – Pick up di Bandara Korea ) – By Trazy
  2. Pocket Wifi Olleh ( 60rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea – By Trazy )

* * * * *

Tour Korea Murah

Opsi memakai tour untuk menuju Nami Island, Petite France atau Garden Morning of Calm merupakan opsi terbaik buat anda yang memiliki keterbatasan waktu. Selain 3 tempat wisata di atas, ada juga beberapa tour lokal yang memudahkan anda untuk mengeksplor Korea Selatan lebih dalam lagi :good:

List penyedia jasa tour di Korea yang murah, recommended dan trusted pasti nya, bisa di cek di bawah :

Klook.com

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount )

Wisata travel ke Korea sangat lah mudah karena info nya banyak bertebaran di internet, tinggal rajin-rajin saja membaca dan buat jadwal acara sendiri sesuai minat anda masing-masing. Membeli tiket masuk tempat wisata secara online harga nya bisa lebih murah loh di bandingkan membeli secara on the spot.

Berikut list-list website discount dan kupon tempat wisata di Korea :

Klook.com

Berikut list-list informasi di Korea yang sekira nya berguna buat anda untuk menyusun itinerary ke Korea :

  1. Visit Korea ( Recommended buat cari semua info tentang Korea )
  2. Visit Seoul ( Semua tentang Seoul )
  3. Jadwal Bus tipe Express antar kota di Korea Selatan
  4. Yeha Bus Tour ( Bus Tour di Pulau Jeju )
  5. Jeju Bike ( Sewa Motor / Sepeda di Pulau Jeju )

* * * * *

Keliling Pulau Jeju ( Jeju Island )

Buat anda yang ingin sharing cost ikut tour dengan peserta lain, bisa memakai opsi list tour di bawah, karena jalan-jalan di Jeju itu lebih recommended memakai sharing tour di bandingkan jalan-jalan sendiri memakai transportasi umum.

Klook.com

Alternatif nya anda bisa mengikuti group tour atau sewa taksi seharian untuk keliling Jeju dengan price sebagai berikut :

  1. 1 Day Pass Tiket Bus Hop On & Hop Off untuk keliling Jeju Island Seharian ( Pakai Sepuas nya ) – 10,5 USD
  2. Jeju Island 1 Day Trip – Small Group Van Tour, 9 Jam – 67 USD
  3. Jeju Island 1 Day Bus Tour Package, 9 Jam – 68 USD
  4. Jeju Island 1 Day – Sewa Private Taxi atau Van, 9 Jam – Mulai dari 159 USD

* * * * *

Tutorial Naik Subway / Bus di Korea

Seoul Subway Map
Seoul Subway Map

Nah sekarang gue akan berbagi info seputar pengalaman menggunakan Subway di Seoul yang awal nya ( jujur ) gue lihat nya ribet banget dah, walau akhir nya juga tetap ribet kalau melihat peta langsung sihhh….

Maka sebagai solusi dari permasalahan di atas, maka nya gue pun menggunakan bantuan aplikasi Android bernama “Metroid HD : Korea Subway Info” ( Link Download ) untuk menentukan rute tujuan Subway selama di Korea Selatan ( Seoul dan Busan ).

Rute Subway Hapjeong Station - Gapyeong Station
Rute Subway Hapjeong Station – Gapyeong Station

Sebagai contoh gue akan menggunakan rute Hapjeong Station – Gapyeong Station ( Nami Island ), maka yang muncul di aplikasi adalah rute  Hapjeong – Wangsimni – Mangwoo – Gapyeong dengan total jarak 70.5 km, total stops 32 pemberhentian, dan Estimated Time Arrival ( ETA ) kurang lebih 120 menit.

Rute Subway Hapjeong - Wangsimni
Rute Subway Hapjeong – Wangsimni

Alternatif lain menggunakan aplikasi bernama “Naver Map”, ini aplikasi buatan asli dari Korea Selatan. Mudah penggunaan nya dan yang paling penting itu navigasi nya terdapat dalam bahasa Inggris!

Naver Map English

Setelah mendapat info tersebut maka yang gue lakukan adalah memastikan arah yang di tuju adalah benar karena subway di Korea Selatan adalah 2 arah. Untuk menentukan arah yang benar adalah dengan melihat stasiun berikut nya sudah cocok atau belum. Contoh dalam kasus dari Hapjeong gue harus menuju arah Wangsimni, maka arah stasiun pemberhentian berikut nya yang benar dari Hapjeong Station adalah ke Hongik University.

Gate Subway di Korea Selatan
Gate Subway di Korea Selatan

Penggunaan T-Money pada Subway dan bus di Korea pada dasar nya sama saja, mengharuskan kita tapping dua kali. Jika Subway Korea tapping nya ketika Masuk dan Keluar Gate, maka untuk bus tapping nya ketika masuk di pintu depan dan keluar di pintu tengah.

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Korea, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

668 Comments

  • Ko frenky, kalo mau naik bus di seoul itu halte berangkat dan halte pulang tiap lokasi itu sama atau berbeda (hanya ada 1 halte/ 2 halte) ?

    Contoh, saya toba di incheon airport lalu menuju myeongdong.
    Nanti waktu saya mau pulang, dari myeongdong menuju ke incheon airport apakah ambil bus di halte yg sama waktu drop off di hari pertama atau mungkin ada halte yg sama2 di daerah myeongdong tetapi khusus untuk arah sebaliknya?

    Thank you sebelumnya

  • :hi: Wah makasih banyak ya kak infonya. Rencana mau ke korea bulan ini berdua sama kakakku. Mau ngerasain travelling tanpa guide hehe.
    Oh iya kak kalo dari incheon airport mau langsung ke seoul, beli Kartu Tmoneynya dimana ya? Apa di airportnya ada yang jual?
    Aku masih bingung sama pocket wifinya, itu nyewa atau beli ya kak? Kalo nyewa atau beli ambilnya gimana ya hehe
    Makasih banyak ya ka :bye:

  • Kak untuk ke korea selatan aja dengan budget 12 jt sekitar 5 harian itu cukup tidak?
    Apa bisa untuk semuanya?

  • Kak aku mau ke korea 29-8 november seoul busan dengan budget 19 juta, diluar tiket pesawat. kira2 tembus gak ya visa nya?? :confused:

  • Saldo rekening yg di pake buat pengajuan visa… Bisa kita ambil kan setelah visa udah jadi.. Atau saldo rek tsb gak boleh di utik utik

  • Kak Frenky kalo utk penginapannya yg kamar berdua … apa just bole berdua ? Or bisa masuk bertiga cos bw anak… tq

    • tergantung peraturan penginapan nya sih, ada yang boleh ada yang engga, kalau hostel, kemungkinan boleh tapi tambah charge, kalau hotel, kaya nya ga ada masalah.

  • Makasih ya tulisannya bro Frenk..haha jadi berani ni jalan ga pake tur. Rencana November jalan sama suami. Keep writing ya.

  • Kak Frenkey info dong untuk tukar uang korea nya gimana? apa ada money changer recomendid?? atau readers ada yg tau Info yaaaaaa, btw siapa tau ada yg mau solo backpacking ke korea untuk akhir oktober sampai awal november bisa bareng gue hhehe :hi:

    • karena gw kerja di area kuningan, jadi biasa nya sih gw tuker di Valuta Artha Mas, ITC Kuningan. Kalau tuker cuma dikit mah, cari money changer deket2 rumah aja daripada pusing, beda tipis kok beda rate antar MC mah.

  • Kak Fery mo tanya dunk… tgl 2-10 oktober ini mo ke korea…dengan budget 10jt cukup ga ya kak..Untuk tiket PP dan bermalam di Sokcho semalam sudah diluar itu…

  • Ka mau tanya dong, tiket promo gitu ada bulan-bulan khusus ga sih keluarnya atau random aja? soalnya aku cari-cari tiket ke korea buat taun depan harganya masih 3jtan :desperate:

    • random tapi di beri tau dulu kalau mau ada promo. Harga tiket AirAsia Pergi Pulang sekarang termurah di kisaran 2.5jt ( tiket doang, belum bagasi ya ).

  • hai mas, mo tnya untuk tour DMZ (perbatasan korut & korsel) ada rekomendasi tour dsana kah?

  • mas kalau mau ke korea misal tgl 22 september , kita tulis di form visa tgl 22 septembernya atau sehari sebelumnya pas keberangkatan dr cgk misalnya? meningat perjalanan jkt – korsel 8 jam

  • Wahhhh makasih kak blog nya ngebantu banget. Daripd pake travel mending backpacker aja ya cuma 11 jutaan, itu jg lama banget disananya hihi 😊 Tapi kalo ga ikut travel suka takut gitu kesasar :crying:

  • maksudnya satu won Rp.11,8 itu berapa ya kaa? sebelas ribu ato berapa? rada pusing mbaca angka dan males. (harap maklum.. :desperate: :yeah: :ahaaah:

    hhm kaak, btw.. dapet emoticon kaya gitu gimana? sumvah unyuk banget…

    #lagimarakanakalay#harapmaklum :info:

    • ya 1 won itu seharga Rp 11,8 atau buat simpelnya 1 Won itu sama dengan 12 Rupiah harga nya.

      Emoticon nya download gratis di internet banyak kok :ngakak:

  • Baru April 2017 kemaren keliling South Korea.
    Dari Seoul, Namiseom, dan Seoraksan.
    Udah kangen pgn ke sana lagi. Haha.
    Selama di sana, aku cuma pake peta subway itu aja. Lebih gampang bacanya dibanding baca aplikasi. Lol
    *maklum, anker*

    Selama di sana suhu di siang hari sekitar 15-18° C. Kalo malem sekitar 8-11° C.
    Jd lumayan dingin. AC di kamar gak dinyalain sama sekali. Hahaa

    Ngebolang di Korea tuh seru banget deh.
    Kalo bisa sih, bisa baca tulisan korea, karena kadang ada informasi yg gak ada bahasa Inggrisnya; kayak di daerah Seokcho.

    Untuk restaurant halal, selain di Itaewon, di Myeongdong juga ada kok.

    Have fun buat para pelancong yg mau ke Korea Selatan tahun ini yaa…

  • Kak mau tanya harga penginapannya itu untuk sendiri atau harga total berdua? Thank youu

    • Harga penginapan nya yang tertera di sini harga untuk sendiri. Harga asli nya sudah di bagi 2, tipe kamar yang di pakai semua nya private room untuk berdua sekamar.

  • Aq mau berangkat tgl 23mei tanpa travel berdua dgn anak sy. Visanya aq hrs urus kemana Kk, trs apa sj surat2 dibutuhkan untuk perjalanan. Txs

  • Apakah ada yang mau ke korea Bulan Oktober nanti? gue ada rencana mau kesana sendiri siapa tau bisa jadi partner hhe

  • Sama mau tanya lagi kak.. kan ada website untuk cek harga bis intercity yg biasa kan kak.. nah itu waktu aku cari kok agak susah ya tiap stasiun ke kota lainnya harus bener2 cuma stasiun tertentu dalam satu kota ke stasiun kota tertentu juga.. dan saya ada rencana dr yongin ke busan itu ga nemu itu gimana ya kak? Adanya yongin gwanggido ke jeonju, trus ada lagi jeonju ke busan. Itupun stasiun nya beda.. dan ga ada niatan ke jeonju kak.. Apakah emang ga ada jalur nya? Terimakasih kak..

    • Kalau rute nya engga populer dan jauh, ini harus pakai bus intercity memang, mampir ke beberapa kota dulu sebelum sampai di kota tujuan akhir, waktu itu gw juga dari Sokcho ke Busan mampir2 dulu ke kota lain nya.

  • Kak, mau tanya. Itu t-money satu kartu bisa di pakek buat 2 orang ga ya kak di subway dan bus? Mksh kak

  • kaa mau nanya dong ssaya pengen ke korea tp msh mahasiswa trs kan syarat bkin visa skrng kn pke SPT tahunan nah itu ake SPT orang tua apa nggak usah? makasih

  • Halo ka, sebaiknya mencari promo2 tiket pesawat kaya gitu berapa bulan sebelum rencana keberangkatan ya?

  • Kak,, rencana pas autumn mu kesana.. tapi pngen nginepnya di hotel yang kya rumah tradisional korea..kalo htel2 biasamah d indo juga banyak.. rekomendasinya donk…

  • Bikiiin pengeeeenn..
    ini aku masih berencana muluuu..bingung antara mau backpack atau travel aja sekalian..mending mana yaa kira2 kak?
    travel backpack skr jg harganya gak terlalu jauh beda

    • ya tergantung budget sama itinerary nya sama experience nya. Kalau gw sih pada dasar nya emang suka jalan2 sendiri tanpa tour lebih ngena aja experience jalan2 nya. Tapi sometimes memang ada 1 hari perlu pake tour buat ke destinasi tertentu biar lebih efisien. Ya inti nya sih tergantung orang nya, mau cape dan repot ga, atau kalau mau terima jadi doang ya pake travel aja.

    • Itu tergantung petugas imigrasi sama kamu nya menyakinkan ga gerak gerik nya. Sometimes ada random checking klo emang diperlukan.

  • Ko, bsk tgl 31 maret gw mw brngkt korea. Untuk kostum apa perlu bawa jaket tebal ? Atau jaket biasa ja ?
    Thanks

  • Malam kak, kok gda link peta subway ny y kak.. Biar jelas gt.. Klo mau kemana harus naek apa dan lewat mana gt kak.. Makasih sebelumnya

  • Serius ini berguna banget, nanti kalau saya jadi berangkat bisa kah jadi tour guide via message ?? ehehhehe
    rencana tahun ini batal lagi gegara visa ehehhe :suram:

    • Hai k frengky.. salam kenal..
      Tgl 29 April Nanti saya mau jj backpacker ke korea.. beli tiket masuk istana gyeongbokgung itu dimana?
      Atau beli tiket yg skalian beberapa istana itu dimana? Thank u kak

  • Aku mo ke korea buat spring pakek tour dongs, mahaaaaaal :noooo: Tp udah terlanjur bayar :crying: Kak, klo spring perlu longjohn kah? Kalao pake trench coat, bakalan saltum ngga kak? Makasi kak…

  • hai kak, aku mau ke korea nih tanggal 1-10 oktober. kira2 cuacanya gimana ya pas saat itu? udah lihat perkiraan cuaca tapi masih gambling juga nih… juga pas saat itu lagi angin ga si kira2?
    sama ongkos taksi di sana ukurannya mahal bgt ga?

    • cuaca nya udah masuk musim gugur itu, malam nya pasti udah lumayan dingin buat ukuran orang Indonesia.

      Ongkos taxi nya jauh lebih mahal, tapi kalau sharing ber4 untuk lokasi dekat, worth it kok naik taxi.

      • aku kan pernah denger ya kak kalo di korea itu suka hujan berangin, nah itu ada di musim apa ya kak? panas atau gugur?

        terus kalo di korea itu sistemnya kaya di indo ga kak kalo check in hotel itu jam 2 siang? soalnya pgn ganti2 hotel tp ribet juga kopernya kalo check in harus nunggu jam segitu dulu. kalo bisa pagi kan lumayan

  • Bro frenkey…kalo brangkat awal juni tanggal 2 atau 8 itu kan musim panas awal kira2 suhu brapa ya? Rencana mau jalan awal juni.
    Pernah ke jepang pas aug…puanasnya ampunn …

    Keep writing ya…..tulisannya membantu banget.

    Thanks bro

  • Probably the most informative blog I’ve read so far. Thanks a bunch.
    Saya ada rencana ke korsel november awal untuk ngerasain autumn experience. Kira2 masih pas ga ya waktunya? Untuk pakaian autumn perlu bawa long john dan jaket tebel gitu ga ya? Thank in advance

    • Pas banget awal november ke Korea untuk menikmati suasana autumn, daun nya sudah berubah warna, cuaca nya juga tidak dingin2 banget.

      Cukup jaket agak tebelan saja sih kalau autumn, suhu kisaran 5 – 15 derajat

  • kak mau tanya hotel yang deket namsan tower itu mahal2 gak sih ? sempet ke namsan kah ?

    • Ya tergantung penginapan nya dan tipe kamar nya, cek langsung di website BOOKING[dot]com ya.

      Ada sempet ke Namsan Seoul Tower, baca aja cerita nya di post hari ke 4

  • Kak mau tanya soal makanannya.. kalau cari restoran halal di seoul dan tempat-tempat di korea susah ga??..makasih..

    • Cari di area Itaewon, disana banyak restoran Halal. Jangan lupa download aplikasi Halal Food di Seoul ya buat petunjuk sesampai nya di Seoul.

  • ka nanya dong 4 istana kan tiketnya 10.000 won
    kalau kakak kan 2 hari berturut turut, nah misa kalau aku maunya 1 hari (rabu) 2 istana terus 2 istananya lagi baru jumat atau sabtu
    itu ada tanggal berlakunya ga sih ka tiketnya?

  • Mas mau tnya. Bisa bagi inatery nya buat backpack ga? Soalnya mau disertakan pas mau buat visa. Ada ga mas? Sama mau tanya uang yg harus ada di rekening kalo pgn 10 hari disana kira2 berapa ya?

    • Maaf, saya engga punya itinerary nya, lagipula pengajuan visa korea tidak perlu di sertakan itinerary. Taruh aja sekitar 10-20jt ya.

    • Sekarang harga tiket korea PP kisaran 2.4jt ( Belum bagasi ) dengan AirAsia. Harus nunggu promo big sale dulu baru ada harga segitu, sekarang sih belum ada promo besar nya.

  • Halo kak. Akhir maret ini aku mau kesana. Deg degan apply visa nya. Harus pake banget pph 20 itu yah ? Udah booking kamar di myeongdong selama 5 hari disana. Ittenary nya mau dong kak yang recomended dengan budget backpacker. He he he

    • Iyep, SPT itu udah jadi syarat utama untuk apply visa korea selatan, kalau engga punya SPT harus buat surat statement ke kedutaan alasan kenapa engga punya SPT nya.

        • Bilang aja NPWP ga punya jadi ga usah di sertakan.

          Ini contoh statement nya :

          Jakarta, May 21st, 2016

          To Embassy of South Korea
          Visa Section
          Jakarta

          Subject : Tourist Visa Application

          Dear Sir / Madam,

          I am the undersigned below :

          Name :
          Passport No. :

          With this Letter, I want to certify that I will be traveling to South Korea for holidays on August 4th until 12nd, 2016, but I could not fulfill some of the requirements of South Korea visa because i do not have a tax number so i do not have SPT PPh 21 as in required.

          But I guarantee that I will not seek any kind of employment or permanently stay in your country, I will return to Indonesia soon after holidays.

          Please kindly grant me the tourist visa for entering to your country.

          Thank you in advance for your attention and cooperation. Your assistance to this to this matter is highly appreciated.

          Best Regard,

          Name

  • Kok bisa dpt tiket murah bangey ya hanya 1 jutaan?
    Lalu kalau mau ke jeju island, sebaiknya naik pesawat dari mana agar bisa murah? Makasih.

    • itu harga jaman 2013, masi murah harga tiket pesawat Cebu Air, sekarang udah ga dapat harga segitu. Kalau mau ke Jeju, bisa dari Seoul / Busan, murah atau engga nya, tergantung harga tiket promo nya, harus di pantau terus.

  • bro mau tany dong, kalau jalan2 di seoul gitu bagus nya rekomendasi ke mana saja?

    terus kalau jalan sendiri ga pake tour, ribet ga ya? untuk transport nya gimana? ok tidak?

    • Di baca dulu cerita hari demi hari perjalanan saya ya selama di Korea, dari situ bisa di simpulkan jawaban dari semua pertanyaan bro :)

      • sudah baca sih bro, keliatannya seru dan enak. cuma banyak yg bilang agak ribet. karena buta bahasa.
        jadi kalau dari bro frengky sendiri . itu generally gimana?

        • hari pertama biasa nya masih ribet untuk pengenalan transportasi dan station, sama cara beli tiket. Tapi kalau udah hari kedua dan seterus nya gampang2 aja sih. Transport subway di Korea terutama Seoul itu udah bagus banget, kemana2 gampang, jadi travelling ke korea itu mudah-mudah saja, ga perlu pake tour2an, yang penting jalan kaki lama2 kuat.

  • Mau tanya dongg.. itu 1 kamar bisa untuk berapa orng ? Harganya di hitung per orang atau per kamar?

  • sore, Bang.. itu yang di gambar aplikasi metroid HD, seleah kanan itu petunjuk pintu kelua di setiap stasiun, kah? misal kek yang di atas, “3-1 right door” berarti kita harus keluar di pintu itu, gitu?
    makasih,bang

  • suka sama tagline nya : hard work, travel harder… hahaha…. penting ituuu..
    born to be free… yeeaaahh right..
    nice blog

Leave a Reply