JepangTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota ( Updated 2023 )

Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang

Haiiii pembaca setia blog gue ( kaya ada aja ) yang ganteng dan cantik, kalau kalian tidak sengaja mampir ke post ini untuk mencari info seputar Anime, AKB48, Gundam maka anda 101% di jamin tidak akan menemukan info tersebut! Karena pada post ini gue mau sharing catatan perjalanan gue jalan-jalan keliling Jepang selama 10 hari dan 6 kota yaitu Tokyo, Kyoto, Osaka, Nara, Kobe, Himeji :keren:

Selain itu ada info seputar penerbangan, visa, itinerary, biaya, internet wifi, biaya dan informasi lain nya yang akan berguna buat kamu yang ingin ke Jepang :cheer:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan Ke Jepang ( Tokyo / Osaka )

Untuk dapat menuju Jepang dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Jepang terdapat banyak bandara Internasional, namun yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Haneda yang terletak di kota Tokyo, Bandara Internasional Kansai yang terletak di kota Osaka, dan Bandara Internasional Chitose yang terletak di kota Sapporo.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Jepang, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Berikut maskapai yang gue rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta :

1. AirAsia – transit di Kuala Lumpur ( LCC ) – harga promo kisaran 2.5 – 3.5 juta rupiah Pulang Pergi

2. Garuda Indonesia ( Full Services ) harga kisaran 5.5 – 7 juta rupiah pulang pergi

* * * * *

Visa Jepang

Visa Jepang
Visa Jepang

Untuk dapat masuk ke Jepang dengan menggunakan Passport WNI Sipil, maka kita harus mempunyai Visa Jepang. Cara mendapatkan Visa Jepang, dapat di baca cara nya pada Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang. Tapi sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Jepang, pastikan anda terlebih dahulu punya Paspor ya! Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020.

Per 1 Desember 2014, kabar gembira khusus buat pemegang E-Passport Indonesia karena pemerintah Jepang memberikan Bebas Visa Jepang ( Visa Waiver ) dengan cara hanya cukup mendaftarkan E-Passport nya di Kantor Kedutaan Jepang, detail nya dapat di baca pada Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

* * * * *

4 Musim di Jepang

Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang
Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang

Di Jepang terdapat 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Setiap musim di Jepang mempunya keunikan masing-masing yang tidak boleh anda lewatkan :yeah:

Pada Musim Semi ( Spring ), wisata piknik sambil melihat bunga Sakura yang bermekaran tentu menjadi tujuan utama pada musim ini. Permasalahan utama nya adalah timing bunga Sakura mekar di tiap kota Jepang itu berbeda, sehingga anda perlu jeli memilih hari dan bulan yang tepat. Untuk prediksi bunga Sakura mekar di tiap kota Jepang dapat di cek pada link berikut, Japan-Guide Cherry Blossom Forecast.

Pada Musim Panas ( Summer ), akan banyak festival kembang api atau dalam bahasa Jepang disebut dengan “Hanabi Taikai”. Untuk melihat jadwal festival kembang api tersebut dapat di cek pada link berikut, Japan-Guide Hanabi Taikai.

Pada Musim Gugur ( Autumn ), mata anda akan di manjakan dengan pemandangan daun-daun berguguran dan berwarna kemerahan hingga ke orange-an!

Pada Musim Dingin ( WInter ), saat nya waktu untuk bermain salju dan ski!

Dari keempat musim di atas, yang paling saya suka adalah musim Gugur, alasan nya karena udara nya masih cukup bersahabat dan pemandangan daun-daun kemerah-merahan itu sangat menyegarkan mata :wow:

Oh ya jangan lupa juga untuk selalu mengecek prakiraan cuaca hari itu dan besok ketika travelling ke Jepang, gue bisa katakan tingkat akurasi nya 95% berkaca pengalaman travelling gue ke Jepang kemarin di musim Panas, jadi kalau di katakan besok hujan ya arti nya hujan, jadi pastikan bawa payung atau engga gigit jari dah gara-gara kehujanan di jalanan :wait:

Anda bisa menggunakan link berikut untuk mengecek prakiraan cuaca di Jepang, Japan Weather Forecast.

* * * * *

Itinerary Keliling Jepang

Itinerary Liburan Ke Jepang
Itinerary Liburan Ke Jepang

Jepang terlalu luas jika hanya di explore hanya selama 10 hari karena terlalu banyak tempat yang harus di kunjungi. Jika ada kesempatan pergi ke Jepang lagi, gue pengen banget explore kota Tokyo dan pulau Hokkaido di utara Jepang.

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya pada masing-masing hari ( Link akan di update jika Post nya sudah jadi ) :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Jepang 10 hari 6 kota

Japan Money
Japan Money

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 10 hari 6 kota di Jepang berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Kuala Lumpur – Tokyo ( Haneda )

AirAsia – Sharing Bagasi 20 Kg
Rp 1.680.000
2.Tiket Pesawat Pulang Osaka ( Kansai ) – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Bagasi 25 Kg and Meal
Rp 1.630.000
3.Visa Jepang Single EntryRp 330.000
4.Penginapan 7 Malam di 3 Kota

4.1 Tokyo – 1 Malam di Khaosan Tokyo Laboratory ( Private Room 3 orang ) = 3.400 Yen

4.2 Kyoto – 2 Malam di Backpackers Hostel K’s House ( Private Room 4 orang ) = 5.200 Yen

4.3 Osaka – 2 Malam di Backpackers Hotel Toyo ( Private Room 1 orang ) = 4.000 Yen

4.4 Osaka – 2 Malam di Hotel Shin Imamiya ( Private Capsule Room 1 orang ) = 3.900 Yen
16.500 Yen = Rp 1.815.000
5.Transportasi lokal di 6 Kota

5.1 2 Day Pass Tokyo Subway = 1.200 Yen

5.2 Airport Haneda ke Sengakuji Station = 410 Yen

5.3 Pasmo Card dan Top Up = 4.000 Yen

5.4 Tiket Bus Shinjuku Station ke Kawaguchi Station ( One Way @1.750 Yen ) = 3.500 Yen

5.5 Sight Seeing bus di sekitar Kawaguchi Lake = 1.200 Yen

5.6 Willer Bus Tokyo ke Kyoto Bus S123 = 6.300 Yen

5.7 2 pcs – 1 Day Pass Kyoto Bus ( @500 Yen ) = 1.000 Yen

5.8 3 Day Kansai Thru Pass = 5.200 Yen

5.9 2 pcs – 1 Day Pass Osaka Subway ( @800 Yen ) = 1.600 Yen
24.410 Yen = Rp 2.685.000
6.Biaya Makan, Jajan, Ngemil 10 hari14.250 Yen = Rp 1.567.500
7.Tiket Masuk Tempat Wisata8.429 Yen = Rp 926.000
8.Sharing Sewa Pocket Egg WIFI di Jakarta

( 7 gb = Rp 1.110.000 )
Rp 330.000
Total Pengeluaran Jepang 10 Hari

( Exclude Belanja dan Oleh-Oleh )
Rp 10.963.500

Pengeluaran terbesar gue untuk trip Jepang ini adalah belanja fashion dan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat. Banyak harga fashion murah di bawah 1000 Yen dengan kualitas H&M dan Uniqlo yang tentu buat gue ‘lapar mata’ saat itu terus kalap deh belanja nya :noooo:

Untuk oleh-oleh Tokyo Banana gue kebetulan membeli di Bandara Kansai harga nya 1.429 Yen untuk isi 12 dan 953 Yen untuk isi 8, sedangkan Kitkat plastik besar ( seperti pada gambar ) rata-rata di kisaran 280 Yen / bungkus.

Kalap Belanja di H&M dan Uniqlo Jepang
Kalap Belanja di H&M dan Uniqlo Jepang
Oleh-oleh Tokyo Banana, Kitkat, Chocobi
Oleh-oleh Tokyo Banana, Kitkat, Chocobi

* * * * *

Penginapan Jepang

BOOKING.COM ( Klik banner di bawah )

Booking.com

Klook ( Klik banner di bawah )

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 5.000 – 7.000 Yen tergantung kota dan lokasi nya. Tokyo, menurut gue adalah kota paling mahal menurut untuk biaya penginapan semalam nya. Gue merekomendasikan menggunakan Trip.com / KLOOK sebagai sarana tempat booking penginapan disana.

* * * * *

Voucher Discount

Tujuan wisata turis ke Tokyo / Osaka pasti menuju Universal Studio Japan atau Disneyland Tokyo. Kabar baik nya bisa beli beli tiket atraksi ini secara online loh, bisa di klik di link di bawah ya :

Klook.com

* * * * *

Internet Jepang

Internet merupakan hal penting banget buat gue selama trip ke Jepang, selain buat eksis di social media, internet di sini sangat berguna banget buat menunjukkan jalan, rute subway, kereta, bus dan juga tempat wisata yang akan gue kunjungi. Karena jumlah total peserta trip ke Jepang ini ada 4 orang, jadi nya opsi menyewa Pocket Wifi dari Indonesia merupakan pilihan terbaik buat kelompok gue.

Alternatif nya buat yang mau melakukan membeli SIM Card Jepang / menyewa Portable WIFI secara online tetapi melakukan pick up barang nya di bandara Jepang, bisa mencoba link di bawah :

Klook.com

* * * * *

Aplikasi Petunjuk Arah – Google Maps

Tampilan Google Maps Jepang
Tampilan Google Maps Jepang

Buat anda yang ingin mengandalkan Free Wifi selama berwisata ke Jepang, gue sarankan berpikir 10x karena itu bukan lah pilihan yang menguntungkan. Lebih baik keluar uang lebih untuk mendapatkan fasilitas internet di Jepang karena hal tersebut dapat membantu anda dalam mencari petunjuk arah “How to Get There” ke tempat yang anda ingin tuju.

Pada trip Jepang ini, gue hanya mengandalkan pocket WIFI Internet dan aplikasi “Google Maps”, hasil nya? Engga ada tuh acara nyasar :keren:

Oh ya asik nya di aplikasi “Google Maps” ini adalah gue bisa mengetahui line kereta yang di gunakan adalah line JR atau bukan, karena tidak semua pass mengcover JR sehingga harus di butuhkan alternatif line lain yang tidak memerlukan line JR, untung nya dengan aplikasi “Google Maps”, semua masalah tersebut dapat di selesaikan dengan mudah. Yang paling penting adalah petunjuk nama stasiun yang diberikan semua dalam BAHASA INGGRIS, kalau dalam kanji mah bisa bohwat dah! :dead:

* * * * *

Transportasi Jepang

Tokyo Subway, Kyoto Bus, Kansai Pass, Osaka Subway
Tokyo Subway, Kyoto Bus, Kansai Pass, Osaka Subway

Di Jepang ada banyak sekali jenis Pass yang sangat berguna untuk menghemat pengeluaran transportasi kamu buat yang suka berpindah-pindah lokasi menggunakan Subway / Kereta. FYI harga tiket satuan Subway / Kereta itu mahal, jadi lebih baik gunakan Pass.

Alternatif nya buat jenis transportasi yang tidak tercover oleh Pass, bisa membayar menggunakan Pasmo Card untuk segala jenis transportasi ( Subway, Kereta, Bus ) yang penggunaan nya hanya tinggal Top Up dan Tapping, tidak perlu repot membeli tiket satuan terus menerus.

Yang mau beli Subway Pass, Transfer Kereta / Bus dari Bandara ke Pusat Kota, bisa cek link di bawah ya :

Klook.com

Untuk menentukan Pass yang cocok untuk acara travelling ke Jepang adalah harus membuat itinerary acara mau kemana aja selama di Jepang, dari rundown itinerary tersebut baru bisa di tentukan jenis Pass mana yang meng-cover rute yang dipakai. Berikut macam-macam pass di Jepang yang sekira nya berguna buat anda beli :

  1. Japan Rail Pass
  2. Macam-Macam Pass yang berguna untuk keliling di Tokyo
  3. JR East Pass
  4. JR Tokyo Wide Pass
  5. Tokyo Subway Pass + Airport Return Haneda or Narita
  6. Kyoto Bus dan Subway Pass
  7. Osaka Amazing Pass ( Buat Keliling di Kota Osaka Seharian )
  8. Kansai Thru Pass ( Berguna untuk keliling di Kansai Area seperti Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, Himeji, Wakayama, dll )
  9. Hankyu Touris Pass ( Keliling Osaka, Kyoto, Kobe – Hanya Valid di semua jalur Hankyu )
  10. Willer Express Bus Pass ( Buat Pecinta Bus Jepang untuk Perjalanan Jarak Jauh )

JR Pass itu sendiri macam-macam nya banyak, khusus JR Pass sendiri hanya bisa di beli di negara asal ( tidak bisa di beli di Jepang langsung ), selain itu bisa di beli di Jepang langsung, untuk yang mau membeli secara online, bisa mencoba link di bawah ( jamin trusted! ) :

Klook.com

* * * * *

Colokan Listrik di Jepang

Colokan Listrik Jepang
Colokan Listrik Jepang

Jangan lupa bawa converter listrik ini sejak dari Indonesia kalau berwisata ke Jepang atau anda akan kerepotan untuk urusan charge gadget anda. Beli di Jepang langsung juga engga recommended ya, pengalaman gue hunting converter listrik ini di Akihabara Tokyo untuk teman gue yang lupa bawa, gue harus sampai cari kira-kira 7 toko baru dapat toko elektronik yang jual converter listrik ini :sweating:

* * * * *

Info Lain

Berikut list-list website yang sekira nya berguna buat anda untuk referensi ke Jepang :

  1. Japan Guide ( Semua tentang Jepang ada di sini )
  2. Hyperdia ( Untuk Menghitung Biaya Transportasi )
  3. Japan Rail ( JR ) Pass Calculator ( Untuk Membandingkan Biaya Perjalanan Antara JR Pass dengan Non JR Pass )

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Jepang, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab  :senang:

NOTE : JANGAN minta tolong gue untuk buat / menyusun itinerary ya karena gue sendiri juga tidak ahli dalam urusan itinerary~ dan jangan tanya tentang tempat wisata / kuliner yang recommended di Jepang! :peace:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

407 Comments

  • gua ada rencana ke Jepang, dan suka bgt baca berbagai info soal jepang karna jujur gua takut ya buat kali pertama, dan gokil, ini si lengkap bgt, bakal gua pelajarin bgt dah, thankyouuu kak!!!

  • waduh kalau saya bgini udah jadi banyak banget tulisannya karena antara wisata, makanan, dan penginapan saya masing – masing judulnya. seru ya.

  • Tips lain biar nambah kesan pas liburan,, belajar bahasa jepang ungkapan2 receh seperti cara terima kasih, nyapa orang jepang, dan kebiasaan orang jepang,, Biar gak dianggep orang asing di sononya,, karena orang jepang kan terkenal menutup diri kalo gak di sapa duluan,, apalagi sama orang asing,, secara jarang sekali orang jepang yang mau belajar bahasa inggris.. Buat kalian yang pengen belajar sedikit tentang bahasa jepang bisa mampir di blog saya..
    Tambahan, kalo mau liburan mending jadi jisshusei sekalian ,, biar tau tiket murah n main sepuasnya,,. :v

  • halo kak, klo ke jepang perlu deposit uang ga ya di rekening ? klo iya, minimal brp ? dan apakah harus beli asuransi jg dr indo ?

  • ko kalo misalnya gw purchase jr pass yang 7 hari trus dari bandara haneda mau ke downtown tokyo naik tokyo monorail harus beli tokyo pass lagi atau bisa pake jr pass aja? atau tokyo monorail itu beda perusahaan sama jr?thank u ko sebelum nya, untuk newbie pusing banget ya kartu pass nya jepang banyak banget :desperate:

    • JR Pass itu bisa di gunakan untuk menaiki semua kereta yang di sediakan oleh perusahaan JR. Dari Bandara Haneda ke Downtown Tokyo itu ada kereta yang di sediakan oleh perusahaan JR, bisa naik kereta tersebut, dan tidak perlu beli tiket2 lagi.

      Tokyo monorail itu jalur nya banyak dan beda2 perusahaan yang menyediakan jalur nya, jadi harus di lihat dulu jalur nya di own oleh JR Company atau tidak.

  • Sumpah kartu2 pass nya banyak banget ko.. Aku pusing.. Masih awam banget soalnya …. Kartu kartu pass tsb itu Hanya Khusus untuk 1 tujuan saja yaa ko..?

    Jadi Kartu2 pass apa yang wajib kita punya ko..? Beneran Bingung saya.. :confused:

  • Ka, mau tanya..
    Aq mau pesan bus malam willer dr kyoto ke tokyo.. Tapi gagal terus saat buat membership nya.. Ada tips n trick nya kah?? Terimakasih

  • Bro Frenky, Makasih buat cerita perjalanannya yang super lengkap ini. Mau tanya nih saya kan rencananya ke jepang tanggal 26 November ini sampai dengan 6 Desember. Saya tibanya di Osaka dan nanti pulangnya melalui Narita.

    Saya rencananya akan menggunakan JR Pass 7 hari namun JR Pass ini akan saya gunakan mulai tanggal 29 hingga pulang nantinya. Yang mau saya tanyakan selama 3 hari awal di Osaka pass apakah lebih bagus untuk saya gunakan. Selama di osaka saya hanya berada di dalam osaka saja dan ke Universal Studio. Rencana kalau sempat mau ke Kobe juga.

    Apakah lebih bagus pakai KTP atau cukup menggunakan pasmo/suica?

    Terima kasih bro Frenky

  • bang mo nanya, kalo Tokyo-Kyoto-Osaka-nara-yokohama transportasi apa ya yg murah selain jr pass, ada rencana pake bus malam jg? apa 5har cukup ya, ato kalo tdk kota apa yg mestinya dikurangi?

  • waw!! that “work hard travel harder” has inspired me a lot! makasih udh berbagi cerita, doakan aku segera menyusuuul traveling ke sanaa hehehe

  • hello frenkey
    kalau misalnya di tokyo itu mau pakai tokyo metro dan subway
    bagusan kita download aplikasi apa ya?
    kalau pakai google maps kan dia nanti bakalan campurin dengan JR line ya?

    ada tidak yang khusus jalur itu saja?
    thanks

  • Hi Freky,

    SKalau saya pergi ke MT Fuji, lebih baik menginap di daerah mana yah, Hakne, Kwaguchiko atau gotemba.
    Cuma 1 malam saja . rencana mau main ke Yeti Snow town ( 16 Feb buka ngak yah?) dan melihat2 kota.

    ditunggu reply nya. Thank you

    Fatima Ponti

  • Hallo , saya mau minta saran dong , saya pny rencana dari tokyo ke kyoto osaka , nanti di hari terakhr di tokyo pgn ke daerah dekat gunung fuji sana , bagus nya gimana ya biar bisa ke kyoto tnpa pake shinkansen ?

  • bro frengky
    good day,
    mau nanya
    kalau pasmo card itu bisa dipakai di tokyo, kyoto or osaka tidak?
    sebaiknya kalau saya stay di 3 kota itu, masing2 kota nya baiknya membeli kartu apa ya untuk transportasinya?

    thanks
    Vendy

  • Hallo Frenk,,,tolong tanya rencana aku pergi akhir Maret, 13 hari 12 malam, jkt narita, osaka jakarta, dan aku ingin ke beberapa kota termasuk Hokkaido,, bisa tolong info rute yang efektif ? yang sejalan dan bisa hemat. karena aku perginya family dengan orang tua 78-82 tahun dan 4 anak berumur 17-23 tahun. semua 8 orang. sebaiknya beli pasmo/JRP/shinkansen?
    thanks sblumnya.

  • Hi fren itu biaya” dan blanja oleh” dii jepang untuk uangnya sudah kmu siapkan dri indo ya, aapa ada nambah tukar lagi di jepang? Maaccih infonya

  • Nanya dong.. Saya rencana ke jpg bln mei akhir. Krn masih awam dan kurang info dr tix agent jdnya beli tix pp ke/dari tokyo narita semua :desperate: … Untuk rute bagusnya gimana ya? Apa lbh hemat kl beli jrpass?
    Thanks :calm:

    • Hahaha sama persis sama saya, beli tiket jkt narita jkt. Pikiran mah mau coba jalanin aja terus sampe ke osaka melipir kan tuh tokyo fuji osaka kyoto nara kobe, ntr balik lagi ke tokyo naek bus malem dari osaka

  • tanya bang, untuk urusan dokumen yang harus dibawa kaya rekening koran yang katanya saldo rata rata 50 juta.. haruskah 50 juta?

  • Halo Mas Frenky. Mau tanya. Beli tokyo subway pass dimana ya?
    Karena saya landing dari Osaka jadi tidak bisa beli di Haneda atau Narita.

    Thanks.

Leave a Reply