JepangTravel ( Outside Indonesia )

Hari 5 : Seharian Keliling Kyoto ( Fushimi Inari, Arashiyama, Gion )

Deretan Gerbang Orange di Fushimi Inari Shrine - Kyoto

Tak terasa tanggal 29 Juni 2015 ini merupakan hari ke 5 di Jepang sekaligus hari ke 2 di Kyoto dalam trip Jepang kali ini, waktu 1 hari itu benar-benar cepat berlalu kalau lagi travelling, entah kenapa selalu begitu, tapi giliran di kantor perasaan lama banget, lah malah curcol gue :busy:

Fokus jalan-jalan di Kyoto hari kedua ini berkunjung ke tempat wisata yang wajib di kunjungi kalau datang ke Kyoto yaitu Fushimi Inari, Arashiyama dan Gion. Cuaca hari itu benar-benar sangat cerah mengarah ke panas malahan jadi acara keliling Kyoto kali ini tidak ada tuh acara gigit jari gara-gara kehujanan lagi :senang:

[spoiler title=”Itinerary Keliling Kyoto (29 Juni 2015)”]
Waktu Jepang GMT +9

10.00 – 11.30    : Perjalanan dari Hostel ke Fushimi Inari, Makan Pagi di Lawson
11.30 – 13.30    : Jalan-Jalan di Fushimi Inari
13.30 – 15.00    : Perjalanan Fushimi Inari ke Kyoto Station ke Arashiyama
15.00 – 16.30    : Jalan-Jalan di Area Arashiyama
17.00 – 18.00    : Duduk Santai di luar gerbang Kinkakuji Temple
18.00 – 19.00    : Perjalanan dari Kinkuji Temple ke Gion
19.00 – xx.xx    : Jalan-Jalan di Gion, Dinner di Shijo Kawaramachi
[/spoiler]

Untuk koneksi internet luar negeri, selain paket roaming, sewa travel wifi dari Indonesia merupakan salah satu yang dapat menghemat cost karena bisa patungan atau tethering sampai 5 gadget. JavaMifi bisa jadi alternatif solusi buat sewa wifi karena selain keuntungan di atas, baterainya juga awet sampai 15 jam. Untuk sewa bisa langsung ke www.javamifi.com

* * * * *

WISATA GERBANG ORANGE DI FUSHIMI INARI SHRINE

Information : FUSHIMI INARI SHRINE Japan Guide

Cara Menuju FUSHIMI INARI : Dari Fushimi Inari station ( Keihan Line ) atau Dari JR Inari Station lalu jalan kaki

Harga Tiket FUSHIMI INARI : FREE

Deretan Gerbang Orange di Fushimi Inari Shrine - Kyoto
Deretan Gerbang Orange di Fushimi Inari Shrine – Kyoto

Tiap gue melihat foto-foto sahabat, rekan kerja, saudara, mantan #eh yang sedang / habis berwisata ke Jepang pasti selalu ada aja foto di deretan Gerbang Orange yang jumlah nya banyak banget dan terlihat cakep! Karena penasaran, gue pun mencari tau di mana sih tempat itu berada, ternyata jawaban nya ada di Fushimi Inari di kota Kyoto, Jepang. Untuk dapat mencapai Fushimi Inari, cara termudah adalah menggunakan kereta JR atau Subway Keihan Line.

Mengutip dari Wikipedia, Fushimi Inari Taisha adalah kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang. Kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Kuil utama (honden) terletak di kaki Gunung Inari, dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter. Kuil utama yang ada sekarang dibangun tahun 1499 setelah bangunan yang lama habis terbakar sewaktu terjadi Perang Ōnin. Aula utama kuil ini ditetapkan pemerintah Jepang sebagai warisan budaya yang penting. Sejak abad ke-17, penganut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii. Sekitar 10.000 torii yang berderet-deret di Gunung Inari merupakan hasil sumbangan umat. Di antaranya, Senbon torii (deretan seribu torii) telah menjadi salah satu objek pariwisata.

Kamo River - Kyoto, Ada tempat Jogging di sebelah nya
Kamo River – Kyoto, Ada tempat Jogging di sebelah nya

Aktivitas hari itu di mulai dari jam 10 pagi dengan titik start dari penginapan gue selama di Kyoto yaitu Backpackers Hostel K’s House Kyoto. Lalu jalan sebentar ke Shichijo Station melewati Sungai Kamo yang terlihat deras aliran air nya dan bersih dari sampah, sebenar nya gue ada niat pengen nyobain jogging pagi di sepanjang Sungai Kamo ini, tapi niat nya belum kesampaian karena faktor gue susah bangun pagi :lonely:

Dari Shichijo Station ( Subway Keihan Line ) tinggal cari rute menuju Fushimi Inari Station yang ternyata cuma berjarak 3 stasiun saja dari Shichijo Station, gampang banget buat ke Fushimi Inari! Nah sebelum aktivitas jalan-jalan keliling Fushimi Inari di mulai, gue mampir dulu ke Lawson buat beli makanan kotak seperti biasa dan hari itu kenapa gue lagi pengen banget makan mie goreng jadi nya langsung beli dah, harga nya lumayan 330 Yen sekalian sama roti 110 Yen buat jaga-jaga bekal makan siang.

Arah ke Fushimi Inari Shrine, Mie Goreng 330Yen, Jalan Kaki lagi Menuju Fushimi Inari
Arah ke Fushimi Inari Shrine, Mie Goreng 330Yen, Jalan Kaki lagi Menuju Fushimi Inari

Acara makan pagi hari itu dilakukan di luar dan pinggiran Lawson, ilmu makan cepat sangat berguna di saat begini hahaha…. nah ketika acara makan di Lawson ini, seringkali terlihat rombongan tour dengan ciri khas ada bendera tour travel gitu dah, dan kebetulan waktu itu gue melihat rombongan tour travel dari Indonesia juga, keciri nya karena gue nguping ketika mereka lagi ngobrol :star:

Setelah acara makan selesai, perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 500 meteran dari Fushimi Inari Station, tidak lupa gue membuka payung karena sengatan matahari nya saat itu cukup terasa banget di kulit huff… Oh ya pas momen lagi jalan ini, gue juga ketemu hal menarik tentang pintu palang kereta, di sini kalau ada kereta mau lewat, pintu palang kereta nya benar-benar tertutup sempurna rapat banget atas bawah, jadi jamin kaga bisa terobos deh, bahkan oleh pejalan kaki sekalipun!!! Beda banget sama yang gue lihat pintu palang kereta di Jakarta, terbuka lebar, malah ada yang kaga punya pintu palang kereta sama sekali :wtf:

Area Jajan, Tempat Jualan Oleh-oleh dan Aksesoris di Fushimi Inari
Area Jajan, Tempat Jualan Oleh-oleh dan Aksesoris di Fushimi Inari
Aneka Jajanan Street Food di Fushimi Inari
Aneka Jajanan Street Food di Fushimi Inari

Begitu resmi masuk area Fushimi Inari Shrine dengan ciri khas nya melewati gate besar berwarna orange ( torii ), gue melihat banyak penjual makanan, aksesoris dan oleh-oleh seperti gantungan kunci, magnet kulkas dengan bentuk torii khas Fushimi Inari gitu dah… Untuk jajanan nya sendiri gue melihat ada yang jualan Takoyaki, Okonomiyaki, kue manisan, dan lain nya yang gue kaga tau nama nya.

Skip acara jajan karena gue saat itu baru aja makan mie goreng yang porsi nya lumayan, langsung masuk ke area utama Fushimi Inari, di sini terlihat banyak bangunan entah kuil atau cuma hall biasa gue kurang memperhatikan juga waktu itu, tapi yang pasti bangunan nya dominan warna orange :siul:

Fushimi Inari Main Area
Fushimi Inari Main Area
Fushimi Inari Map ( Klik untuk Perbesar )
Fushimi Inari Map ( Klik untuk Perbesar )

Gue coba mempelajari peta besar yang terdapat di sebuah papan dan kemudian bergegas segera menuju ke spot utama Fushimi Inari yaitu deretan gerbang orange ( torii ) yang menempel erat satu sama lain. Ternyata semakin dekat ke spot utama, keramaian turis semakin terlihat dan semakin menumpuk karena spot utama Fushimi Inari Shrine ini berada di dalam deretan gerbang orange ( torii ). Oh ya suasana ketika di dalam deretan torii itu berasa sejuk banget dan seperti berasa di dunia lain deh, engga percaya? cobain sendiri maka nya datang kemari :evilsmirk:

Buat anda yang mau melihat kota Kyoto dari atas gunung, bisa coba trekking kurang lebih 4-5 jam lama nya ( naik turun ), modal napas ama semangat sangat diperlukan ya kalau butuh waktu trekking selama itu. Gue sendiri otomatis skip acara trekking ini karena keterbatasan waktu mau lanjut explore destinasi lain di Kyoto, next time kalau gue berkesempatan kembali lagi ke Fushimi Inari pasti gue cobain jalur trekking nya  :hero:

Deretan Torii ( Spot Utama ) dan Kuil di Fushimi Inari
Deretan Torii ( Spot Utama ) dan Kuil di Fushimi Inari
Check in at Fushimi Inari Completed! We are just a Friend~
Check in at Fushimi Inari Completed! We are just a Friend~

Kesimpulan nya sih wisata di Fushimi Inari ini adalah wisata melihat deretan gerbang Orange ( Torii ) yang tiap Torii itu ada harapan masing-masing buat orang / perusahaan yang menyumbang nya seperti keberuntungan, kesuksesan, rejeki lebih baik. Di sini pemasangan Torii ( hasil sumbangan ) dan perawatan Torii nya juga dilakukan dengan maksimal agar Torii nya terlihat gagah selalu, gue sempat melihat beberapa petugas sedang mengecat Torii lama.

Sebelum pulang dari tempat ini, gue penasaran berapaan harga gate nya ya dan kebetulan disana terpampang price list nya, begitu liat harga nya ternyata lumayan juga harga nya, mulai dari 50 juta rupiah untuk torii kecil sampai yang terbesar di kisaran 150 juta rupiah :sweating:

* * * * *

WAJIB KE ARASHIYAMA BAMBOO GROVES KALAU MAIN KE KYOTO

Information : ARASHIYAMA Japan Guide

Cara Menuju ARASHIYAMA : Dari Saga-Arashiyama Station lalu jalan kaki atau Naik Bus Nomor 28 dari Kyoto Station

Harga Tiket ARASHIYAMA : FREE

Arashiyama Bamboo Groves
Arashiyama Bamboo Groves

Karena posisi gue saat itu dari Fushimi Inari ingin menuju Arashiyama selain itu gue juga ingin menggunakan Kyoto Bus Pass untuk menuju Arashiyama nya, maka gue dkk pun kembali ke Kyoto Station terlebih dulu menggunakan kereta JR via JR Inari Station. Oh ya sepengamatan gue walaupun stasiun JR nya kecil karena terletak di pinggiran, tetap aja stasiun nya terlihat rapi, terawat dan bersih pasti nya, tuh bisa di lihat contoh nya pada JR Inari Station.

Nah sesampai nya di Kyoto Station, gue pun mencari antrian bus nomor 28 yang menuju Arashiyama dan untung nya engga perlu nunggu lama yeay! dan juga jumlah penumpang nya biasa aja fiuhhh…. Perjalanan dari Kyoto Station ke Arashiyama menggunakan bus ini memakan waktu kurang lebih 1 jam, gue memilih tidak tidur walaupun sebenar nya capek juga, tapi karena pemandangan kota Kyoto terlalu indah buat di lewatkan jadi nya gue pun melek sepanjang perjalanan :yawn:

Suasana JR Inari Station, walau kecil tapi rapi terawat dan bersih!
Suasana JR Inari Station, walau kecil tapi rapi terawat dan bersih!
Suasana Bus ke Arashiyama, Petunjuk Antrian Nomor Bus, Kyoto Buss Pass
Suasana Bus ke Arashiyama, Petunjuk Antrian Nomor Bus, Kyoto Buss Pass

Ketika sudah turun dari bus di titik Arashiyama dekat dengan Sungai Katsura, gue sempat takjub sama pemandangan sekeliling nya yang begitu indah, gue yang dari ngantuk awal nya sampai jadi engga ngantuk lagi coy! Walau gue datang di musim panas ( summer ) ternyata pemandangan Gunung Arashiyama dari kejauhan tetap saja terlihat indah, selain itu juga Sungai Katsura yang engga kalah ciamik pemandangan nya, lagi-lagi gue salut ama kebersihan sungai di Jepang, benar-benar engga ada sampah sekali, jadi nya aliran air nya bisa mengalir deras dengan lancar, gue rasa cocok juga buat di jadiin tempat rafting hahaha… :evilsmirk:

Perjalanan di stop dulu karena ingin duduk santai sambil menikmati cemilan siang, gue sendiri memakan roti yang gue beli lawson tadi pagi sedangkan teman gue membeli matcha es krim di dekat toko es krim di sekitar titik turun bus. Terkadang gue melihat wanita ( entah orang Jepang atau turis ) memakai kimono ( aseli cakep banget ) berjalan santai ke arah utara melewati jembatan. Oh ya di sini juga ada jasa antar naik kereta yang ditarik orang ( Wikipedia Pulled Rickshaw ) buat ke pusat Arashiyama nya buat anda yang capek atau mau foto-foto cantik, biaya nya engga tau berapaan hahaha..

Check in Completed! At Arashiyama Katsura River
Check in Completed! At Arashiyama Katsura River
Makan Cemilan dulu sambil Narsis At Arashiyama Katsura River
Makan Cemilan dulu sambil Narsis At Arashiyama Katsura River
Arashiyama Pulled Rickshaw
Arashiyama Pulled Rickshaw

Setelah nongkrong cantik 30menitan, acara jalan kaki di lanjutkan kembali dengan berjalan santai sambil menikmati pemandangan sekitar. Tidak lama berjalan dari kejauhan sudah terlihat area tourism, ke ciri dari bangunan di sebelah kiri kanan jalan dan spanduk jualan di tiap bangunan nya.

Area Arashiyama ini luas banget aseli nya dan banyak banget spot tourist, yang paling umum banget pasti nya Arashiyama Bamboo Groves lalu ada lagi Iwatayama Monkey Park buat yang suka lihat wisata monyet liar di alam bebas, kemudian berbagai macam Temple ( Tenryu-ji, Nison-in, Jojako-ji, Gio-ji, Adashino-Nembutsu-ji ), dan lain nya. Buat jelas nya bisa cek langsung ke Arashiyama Map ya :info:

Arashiyama Map ( Klik untuk Perbesar )
Arashiyama Map ( Klik untuk Perbesar )
Sightseeing Arashiyama, Jasa Rental Kimono, Ice Cream Matcha Vanilla Nyummy
Sightseeing Arashiyama, Jasa Rental Kimono, Ice Cream Matcha Vanilla Nyummy

Dan gue seperti biasa karena keterbatasan waktu ( alasan klasik ), hanya memilih sightseeing di sekitar tempat belanja. Sempat galau mau coba nyewa kimono buat di pake jalan-jalan di sekitaran Arashiyama, cuma batal juga akhir nya karena kurang percaya diri, harga rental kimono nya sih engga mahal-mahal amat :sigh:

Buat menutup kegalauan engga jadi sewa kimono, gue beli es krim Matcha seharga 300 yen biar ‘hati’ dan mulut jadi dingin kembali. Udah itu lanjut jalan mencari rute ke Arashiyama Bamboo Groves yang ternyata letak nya engga jauh-jauh amat dari jembatan sungai.

Di dalam Arashiyama Bamboo Groves ini cukup ramai suasana nya oleh turis dan selain itu APES PAKE BANGET ternyata nyamuk nya ramai juga!!! kaya nya gara-gara efek musim panas ya :crying:

Tapi nyamuk nya sih kaga ngincer gue yang cowok tulen ini, sesekali emang merasa digigit nyamuk sih tapi engga sampai ganggu amat. Nah yang kasihan teman gue yang cewek, dia di gigitin mulu sampai bentol malahan, sepertinya nyamuk disana jantan jadi ganas nya ke cewek hahaha…

Gara-gara kasian liat teman gue yang cewek sampai bentolan, selain itu juga karena hanya ada deretan pohon bambu yang panjang banget engga kelihatan ujung nya, sama yang agak beda ada kuburan ala Jepang, ya udah deh engga lama-lama di Arashiyama Bamboo Groves ini :sigh:

Kuburan di Arashiyama Bamboo ~ View Bamboo Groves
Kuburan di Arashiyama Bamboo ~ View Bamboo Groves
Check in Completed! at Arashiyama Bamboo Groves
Check in Completed! at Arashiyama Bamboo Groves

* * * * *

GAGAL MASUK KE KINKAKUJI TEMPLE

Information : KINKAKUJI TEMPLE Japan Guide

Cara Menuju ARASHIYAMA : Bus Nomor 12, 59, 101, 102, 204, 205

Harga Tiket ARASHIYAMA : 400 Yen

Jam Buka Tutup : 09.00 – 17.00

Kinkakuji Temple
Kinkakuji Temple

Sebenar nya keinginan mampir ke Kinkakuji Temple ini muncul gara-gara gue pengen wasting time dulu nunggu jam 18.00 tiba sebelum pergi ke Gion sebagai destinasi utama. Karena dari Arashiyama masih menunjukkan jam 16.30 saat itu, ya udah coba cari tempat wisata yang dekat-dekat Arashiyama di peta Kyoto Bus, terus sepakat deh gue sama teman-teman buat ke Kinkakuji Temple karena paling dekat lokasi nya dan akses nya mudah dari Arashiyama, cukup naik bus nomor 59 langsung sampai :calm:

Setelah sampai depan gerbang Kinkakuji Temple paling depan semua terlihat normal-normal aja, nah masih jalan lagi ke depan, dari kejauhan gue melihat keberadaan gerbang besar dan  2 orang turis lewat dengan lancar melewati gerbang besar tersebut. Posisi gue tidak sudah terlalu jauh lagi dari gerbang besar, ehhhhh tiba-tiba pintu gerbang besar nya di tarik sama 2 orang petugas terus langsung di tutup depan mata gue, arghhh :wait:

Gue pun langsung browsing tentang jam tutup Kinkakuji Temple dan ternyata tutup nya jam 17.00, yang mana jam tersebut sama dengan jam di handphone gue saat itu, OMG bisa-bisa nya gue lupa cek jam tutup nya sebelum mampir ke sini, capcay dahhh….. ya udah karena ujung-ujung nya gagal masuk ke Kinkakuji Temple, sebagai ganti nya gue dkk ngemil cantik depan vending machine sambil perengangan kaki :sweating:

Vending Machine di Kinkakuji Temple
Vending Machine di Kinkakuji Temple

* * * * *

SUSAH NYA FOTO GEISHA / MAIKO DI GION

Information : GION Japan Guide

Cara Menuju GION : Bus Nomor 12, 46, 100, 201, 202, 203, 206, 207

Geisha at Gion ( Photo Source : http://www.gettyimages.com/detail/news-photo/maiko-attends-a-new-years-ceremony-at-gion-kobu-kaburenjo-news-photo/56537740 )
Geisha at Gion ( Photo Source : http://www.gettyimages.com/detail/news-photo/maiko-attends-a-new-years-ceremony-at-gion-kobu-kaburenjo-news-photo/56537740 )

Gion merupakan area populer di Kyoto sebagai tempat untuk melihat Geisha / Maiko yang mungkin saja anda bisa temui secara kebetulan jika mereka sedang menuju atau baru pulang dari tempat kerja mereka. Geisha / Maiko sendiri merupakan seorang perempuan yang mempunyai keahlian tinggi di bidang seni musik, menarik dan menghibur yang pada umum nya pengguna jasa nya adalah para pria. Penampilan Geisha / Maiko itu sangat khas banget dari gaya make up, pakaian, rambut dan juga mereka jalan nya cepat euy seperti tanpa hambatan walau pakaian nya memakai kimono :sweating:

Karena posisi gue saat itu ada di Kinkakuji Temple maka gue menggunakan bus nomor 12 untuk menuju Gion. Kondisi bus nomor 12 ini cukup ramai kondisi nya saat itu, lama perjalanan Kinkakuji Temple ke Gion kurang lebih 45 menit. Area Gion sendiri sebenar nya cukup luas kalau di explore dengan berjalan kaki, nah untuk mempersingkat waktu, gue memilih langsung area populer di Gion ini yaitu di sepanjang jalan Hanami Koji.

Salah Satu Sudut Jalan di Gion - Kyoto
Salah Satu Sudut Jalan di Gion – Kyoto
Hanami Koji Street - Gion Area
Hanami Koji Street – Gion Area

Di sepanjang jalan Hanami Koji ini terdapat banyak restoran yang bangunan nya bagus, foto menu nya bikin nafsu makan naik tapi harga nya ‘ngeri-ngeri’ juga hahha.. Gue sempat melihat salah satu iklan foto sushi satu set di salah satu restoran,  rapi banget penataan nya dan juga lengkap deh aneka sushi nya, tapi harga nya behhh sekitaran 12.000 Yen ( ya kira-kira 1 jutaan rupiah ), gue langsung kenyang otomatis begitu lihat harga nya :silence:

Gue sempat melihat Geisha di sini tapi engga sempat foto karena kecepatan jalan nya mengalahkan ribet nya gue buat mengeluarkan kamera dari dalam tas hahaha… Pada akhir nya sih di jalan Hanami Koji ini gue cuma lihat-lihat aja ya, habis bingung juga mau makan di restoran sini harga nya ‘ngeri-ngeri’, ngarep ketemu Geisha untuk kedua kali nya engga nemu-nemu juga, ya udah akhir nya wefie cantik aja dah! :yeah:

Check in Completed! at Gion - Kyoto
Check in Completed! at Gion – Kyoto
Okonomiyaki 680 Yen - Gion
Okonomiyaki 680 Yen – Gion

Nah habis itu jalan-jalan sebentar masih di area Gion, mampir ke gang sebelah Hanami Koji ( engga tau nama nya jalan ), terus ketemu makanan masih bentuk bahan mentah menggiurkan di mata, akhir nya karena penasaran gue tebus dah 1 porsi nya seharga 680 Yen buat makan malam, belakangan baru tau itu ternyata Okonomiyaki, rasa nya enak loh!

Buat anda yang mampir ke Kyoto jangan lupa main ke Gion ya, tempat nya asyik buat jalan-jalan santai sambil cuci mata loh.. Dan perjalanan gue setelah dari Gion ini, akhir nya di lanjutkan kembali ke Shijo Kawaramachi dengan jalan kaki untuk acara traktiran ala gue :shy:

* * * * *

SELAMAT “HARI BURUNG” BUAT GUE

Karena kebetulan 29 Juni adalah “Hari Burung” buat gue ( duh tambah makin dewasa deh… ) yang kebetulan juga bertepatan dengan “Hari Burung” si Ahok ( Jakarta Governor ) dan Nikita Willy (Artis Idola gue dulu waktu masih jaman suka nonton sinetron di TV #halah ), ya udah akhir nya gue inisiatif ngadain treatment kecil-kecil an aja buat teman seperjalanan gue haha.. Awal nya udah coba nyari restoran harga bersahabat di sepanjang gang persis sebelah Sungai Kamo dekat Gion, eh tapi harga nya kurang bersahabat banget di kantong gue :crying:

View Restoran di Sepanjang Sungai Kamo Dekat Gion di Malam Hari
View Restoran di Sepanjang Sungai Kamo Dekat Gion di Malam Hari

Tapi gue akui kalau makan di sepanjang restoran yang view nya menghadap ke Sungai Kamo di malam hari bagus banget aseli dan suasana nya cozy banget ya, ya next time kalau berjodoh lagi ke sini, gue mau cobain dinner sama pasangan gue dah #tsahhh hahaha….

Pas jalan kaki ke Shijo Kawaramachi, sempat ketemu “CoCo Ichibanya” restoran spesialis Curry terkenal di Jepang, cuma karena kebiasaan setiap “Hari Burung” ini gue harus makan mie ( kepercayaan orang Chinese biar panjang umur ) jadi nya coba cari restoran yang ada unsur mie nya di sekitar area Shijo Kawaramachi. Engga jauh dari “CoCo Ichibanya”, eh kebetulan ketemu restoran spesialis Udon ( lupa nama restoran nya… ) harga nya bersahabat pula, PAS BANGET!!! :star:

Acara Makan Udon Asik!
Acara Makan Udon Asik!

Tapi sayang nya gue salah pilih menu Udon di restoran ini, gue pada dasar nya suka makan Udon berkuah, tapi karena gue kaga bisa baca menu yang gue pesan malah nunjuk yang engga berkuah mana ada mayonaise nya, banyak pula, jadi bikin eneq asli makan nya hiksss… Tapi untung side dish nya gorengan gitu seperti tempura udang nya sama tempura ayam nya enak banget. Murah juga harga Udon nya, rata-rata per orang cuma habis 500 Yen loh, buat anda yang mau traktiran kaya gue murah meriah mewah boleh coba di restoran ini :ngakak:

Hari itu akhir nya di tutup dengan acara minum Sake ( 500 Yen ) + makan Okonomiyaki di Donguri Restaurant yang masih terletak di area Shijo Kawaramachi ini. Dan ternyata rasa Sake itu engga jauh beda sama Soju, sama-sama strong banget alkohol nya, waktu itu gue dapat nya Sake Alkohol 15%. Aroma Sake mirip banget kaya obat Alkohol buat pembersih luka ( Alkohol 70% IKA ) yang gampang di beli di minimarket. Walau muka gue memerah karena alkohol nya strong ( padahal cuma minum segelas ), untung gue masih bisa pulang dengan lancar, terus yang pasti malam itu gue tidur nyenyak pake banget dah :relax:

Donguri Restaurant, Okonomiyaki, Sake
Donguri Restaurant, Okonomiyaki, Sake

Perkiraan Biaya per Orang

No.KeteranganBiaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1.Mie + Roti ( Makan Pagi ) Lawson443 Yen
2.Ice Cream Matcha ( Arashiyama )300 Yen
3.Okonomiyaki Bungkus ( Gion )680 Yen
4.Udon Treatment ( 6 Orang )3.000 Yen
5.Sake ( Donguri Restaurant )500 Yen
Total4.923 Yen = Rp 540.000
frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

77 Comments

  • Hai kak,

    Mau nanya ini brgkt dr shin-osaka st, kalau rencana mau ke arashiyama bamboo – gion – ginkakuji – philosopher path – gion (at night) – kyoto station – shin osaka station

    Urutan terbaiknya gmn ya? Rencana naik bus aja semua ketika tiba di kyoto st. Atau ada yang lebih baik naik train ke salah satu tpt yg akan dikunjungi itu? Lalu bus paling malam dari gion ke kyoto station jm berapa dan bus nomor brp?

    Mohon advicenya. Thank you.

  • Halooo Frenky,sejauh ini artikel kamu membantu saya :) Terima kasih yaa..
    Btw,saya mau tanya rencana saya 2 hari di Kyoto,tapi saya bingung harus pakai pass apa ? Dan saya pingin nya nggak pake JR Pass.
    Apa kamu bisa kasih saya input ya ?
    Terima kasih sebelumnya :)

  • Hi Frenkey! Really glad found your article even all the comments also really help! ^^

    Boleh mnt saran&info dari Frenkey, aku ada plan dlm 1 hari Kyoto City Tour ke : Fushimi Inari, Arashiyama, Kiyomizudera. Start pagi dr Osaka. Dan berakhir malam ke Tokyo.

    Krn kt pindah kota dlm 1 hari itu apakah tau ada tpt penitipan loker di salah satu stasiun Kyoto ?
    Lalu better beli JR Kyoto Thru Pass/Kyoto One Day Pass?
    Kalau di lihat dr objeknya biasa sekitar jam berapa selesai di Kyoto dan bs lanjut ke Tokyo??

    Terimakasih dan sgt berharap utk di balas :)))

    • di Kyoto Station pasti ada sih tempat titip loker, cuma masalah nya available engga nya itu yg fifty2, terutama koper gede.

      Kalau liat dari rute nya Fushimi Inari dan Arashiyama, ini harus naik kereta, biar cepat sampai. Ke Kiyomizudera harus naik bus. Jadi mending beli pass buat kereta aja ya. Kalau 3 tempat itu, mungkin jam 5-6 sore baru selesai wisata nya, asumsi pergi dari Osaka nya pagi2 banget ya, jam 6-7 pagi gitu.

  • bro kalau saya stay di osaka ama kyoto
    lebih baik beli nya
    kansai thru pass yg 3 days
    atau beli osaka amazing pass dan kyoto bus/subway pass

    ktp bisa dipakai dalam semua jalur transportasi di kansai kan? subway, train , bus?

    thanks infonya ya :good:

  • Kak frengky…rencana aku ke kyoto…dan menginaap di ks hostel jg kak…kebetulan aku backpacker sendirian…susah gak ya jalanan di ks hostel…aku dr tokyo menuju stasiun kyoto…dan klo mau ke destinasi di kyoto lebih mudah dr shijo ato kyoto stasiun kak…klo kak frengky urutannya fushimiinari-arashiyama-gion dalam 1 hr…memungkinkan gak klo ke nara park dibarengi dgn destinasi lain..lebih enak naik apa ya klo kenara..makasih

  • halooo mau tanya kl saya mau k tokyo-shirakawa go-kyoto-osaka perlu beli JR pass ato mending ngeteng aja yah?? soalnya lumayan mahal juga JR pass yah. thank you…

  • Hai frengky mohon infonya dong klo dr kyoto station, rute unt fushimi,arashiyama dan gion, sebaiknya urutannya bgmn ya? Thx before

  • Mau tanyaa klo dari Fushimi Inari ke Arahimaya menggunakan Kansai Thru Pass rutenya gimana ya harus berhenti di stasiun apa? Karna cek google map pake JR semua

    Thanks

    • Cek di google nya, start dari “Fushimi Inari Station” ke “Arashiyama Hankyu”, nanti bakal dapat rute kereta non-JR

      Rute nya :

      Fushimi Inari Station ( bukan yang JR ) -> Gion Shijo Station. Terus keluar station, jalan kaki ke Kawaramachi Station -> Arashiyama Station. Ini pakai Hankyu Line buat JR Line.

  • Hi Frenky,

    Sangat membantu cerita dan infonya, kebetulan saya akan ke Kyoto, dibawah ini adalah beberapa tempat yang rencananya akan saya datangi:
    Start mulai jalan di hari 1 mungkin jam 12 atau 1 siang , karena sampai di Kansai jam 8 Pagi dan menginap di Piece Hostel.
    Hari 1 : Fushimi Inari – Kiyomizudera – Gion
    Hari 2 : Arashiyama – Kinkakuji

    1. Mengingat saya memulai perjalanan dihari pertama pada siang hari, dari tempat yang akan saya kunjungi, apakah jalurnya sudah tepat atau malah jadi mutar-mutar?
    ** karena saya pernah baca 1 artikel, kalau ingin mengunjungi tempat wisata di Kyoto sebaiknya searah jarum jam atau berlawanan jarum jam. Jadinya saya bingung sendiri menentukan tempat yang akan dikunjungi. Sengaja gak banyak tempat yang dikunjungi biar jangan terburu-buru.
    2. Dari Kiyomizudera ke Gion, saya naik bus nomor berapa? naik dan turun di halte apa?
    3. Saya mau ke Nishikimarket, sebaiknya saya kesana pada hari 1 atau ke 2 ? karena jam operasional Nishikimarket 09.30 – 18.00.

    Terimakasih untuk Masukan dan Sarannya,

  • Kak frenky, mau tanya…kalo keluar negri gini gak punya kartu kredit bisa nggak? Soalnya belum kerja, baca cerita sebelumnya ada pesen tiket lewat kartu kredit jadi takut gak bisa kemana mana…

  • Salam kenal frenkey, saya sangat tertarik postingan tentang kyoto, untuk ke arashiyama bamboo groves stasiun kereta terdekat apa ya? Cukup ga 6 jam untuk mengunjungi 3 tempat sekaligus (Fushimi Inari, Kyomizudera dera dan arashiyama (bambu saja)? Urutanya gimana dan naik apa? Startnya dari kyoto station jam 10 pagian, karena sore harinya langsung mau ke tokyo naik shinkansen.

    • 6jam ga cukup sih, at least 8jam deh sama waktu perjalanan. Arashiyama yg terdekat nya arashiyama station.

      Urutan nya fushimi inari, arashiyama, kiyomizudera.

  • Hallo Frenky salam kenal,
    tolong tanya …kalau aku mau rencana ke kyoto untuk tujuan 3 tempat ( Fushimi inary, Kyomizudera, Arashiyama) gimana urutannya yg sejalan sama naik apa saja ya….
    Soalnya saya ngak nginap di kyoto . Jadi pp dari osaka ke kyoto. Ohh ya aku nginep di shin imamiya osaka. Saya tunggu balasannya
    Tq ya aku tunggu jawabannya

    • Dari Osaka ke Kyoto Station terus ke Fushimi Inari Station, habis itu naik kereta lagi ke Arashiyama Station, baru naik bus ke Kiyomizudera ( atau alternatif nya balik dulu naik kereta ke Kyoto Station, baru naik bus ke Kiyomizudera nya kalau mau cepat sampai ).

  • bro Fren.. mao tanya, itu dari startnya fushimi inari (tori) sampe ke yang lo bilang banyak hall dan streetfood itu apakah harus trekking yang 4,5 jam itu?

    • Hallo,

      Ga perlu trekking, yang banyak hall dan street food itu deket banget sama pintu masuk. Btw pintu masuk Fushimi Inari itu ga cuma 1 ya, ada lebih dari 1 pasti nya.

  • MAS mau tanya dong
    1. dr kyoto st ke arashiyama stop di pemberhentian apa nama bus stop nya?
    2. dr arashiyama ke kinkakuji tempel kan naik bus, nah bus stop nya itu pake bus stop yang pertama kali mas fredy stop baru dtg menuju arashiyama ya?
    jadi kita udah explore bambo grooves, terus balik lagi ke tempat kita pertama dtg ?

  • hai frenkey saya suka sekali blog nya. sangat membantu.
    saya ada rencana juga ke kyoto, nginep dekat kyoto station rencananya mau ke fushimi inari –> arashiyama bamboo forest dan sgenic railway –> Kiyomizudera –> Gion.
    yang saya ingin tanyakan :
    1. Apakah ke tempat2 itu semua bisa dilewati dengan bus menggunakan kyoto bus pass?
    2. dari arashiyama ke kiyomizudera lebih baik naik bus atau train? kira2 naik di mana dan turun di mana?

    terima kasih ya penjelasan nya. sangat berharap untuk dibalas.

    • Hi,

      1. Fushimi Inari tidak bisa, itu harus pakai subway atau JR, lalu dilanjutkan dengan jalan kaki. Selebih nya bisa naik bus dan di cover oleh Kyoto Bus Pass juga.

      2. Yang enak sih dan cepat, naik train campur bus ya. Jadi dari Arashiyama Station naik train dulu ke Kyoto Station. Nanti dari Kyoto Station cari bus nomor 100 atau 206.

      • Alo bro frenky, blognya bagus dan lucu bgt, inspirng bgt buat traveller.
        Saya juga rencana mau ke Jepang Mid August 17. mau tanya untuk osaka pass berlaku juga kan di kyoto? karena sama2 kansai?

        • Hi,

          Maksudnya Osaka Amazing Pass kah? itu cuma berlaku di kota Osaka ya sesuai nama pass nya.

          Kalau mau berlaku di kota Kyoto atau Kansai Area, bisa beli Kansai Thru Pass, ini berlaku di semua area Kansai.

  • Halo frenkey,, mau nanya nih, klo mau ke kyoto dalam sehari mau ke fushimi inari, kiyomizudera, gion, arashiyama, dan kinkaku ji temple.. Kira2 bisa gak dlm waktu shari semuanya di jangkau? Soalnya pada tutup jam 6 sore ya rata2..
    Dan ingin memakai kimono klo bisa dlm sharian itu,kira2 tempat sewa yg murah dimana ya?
    Sy ada memakai JR pass, apakah jika ksana perlu membeli kyoto one day pass lagi? Misalkan kyoto one day pass apakah itu uda tercover smua?
    Soori byk pertanyaan,. Thanks yah..

    • Hi,

      Menurut saya ga bisa ya, 1hari maksimal 4 tempat aja, kecuali emang bener-bener cuma datang, foto terus langsung berangkat lagi ke tempat berikut nya.

      Kalau yang murah ga tau nih, yang recommend bisa di sini Yume Yakata ( http://www.en-kyoto.yumeyakata.com/ )

      Ga perlu beli Kyoto One Day pass lagi, alternatif buat keliling Kyoto nya pakai JR Pass + bayar manual aja tarif tiket bus nya. Kyoto one day pass cuma cover bus dengan nomor2 tertentu, tapi itu sudah cover semua tempat tourism di Kyoto.

    • Makasih frenkey..
      Kira2 masuk ke arashiyama, fushimi inari, perlu habis wakt berapa lama ya di dlm nya?
      Dan kalau misalnya sy beli kyoto one day pass, itu tiket masuk kiyomizudera dan kinkaku ji apakah sudah free? Kalau free mendingan beli kyoto one day pass ya wlpn sudah ada jr pass. Mnrt frenkey gmana? Thanks ya

  • Hi, Ko Frenky.
    Mau nanya doong.
    Itu yang nyewain kimono pasti kita lewatin kalo ke Bamboo Groves? Harganya berapa ya itu? 4200JPY buat outdoor ya klo aku zoom. Hehe.
    Atau ada rekomen tempat lain buat ngerasain pake Kimono?

    Oiya, buat tau bis2nya nomer berapa aja, berarti sebelumnya ngecek di Hyperdia? Pake Google Maps juga muncul nomer bisnya berapa aja?
    Maaf kalo pertanyaanku agak katrok :shy:

    Thank you! :yeah:

    • Hi,

      Kalau nanti turun nya di halte bus sebelum lewatin jembatan di atas sungai, iya pasti lewatin tempat nyewa kimono itu, soalny letak di depan pintu masuk Arashiyama. Iya itu yang di foto harga nya 4200 Yen. Kalau di kyoto mungkin bisa coba Yume Yakata ( http://www.en-kyoto.yumeyakata.com/ ), ini kata di forum backpacker gitu recommended.

      Kalau untuk naik bus di Kyoto, gw kaga ngandalin Google Maps, cuma ngandalin peta ( hardcopy ) rute bus di Kyoto, ambil peta nya di depan Kyoto station. Terus di pelajari peta nya, di liat rute-rute nomor nya, sangat jelas petunjuk bus di peta nya :)

  • halo frengky mau nanya bole ya.. kalo ak sampe di kyoto pagi nginep di khosan guesthouse kyoto mau ke fushimi inari-kinkakuji-ginkakuji-gion sehari bisa abis ga? maksdnya bisa kunjungin smua tp sblum jam tutup hehehe kalo bisa reply agak cepet ya soalnya bntr lg ni ke jepunnya makasih ya

  • Mau tanya kalau dari gion pulang ke Kyoto station, bisa naik apa? Lalu kereta atau bus yang paling akhir jam berapa? Terima kasih

    • Bisa naik bus nomor 100 sama 206 dari Gion ke Kyoto Station. Kalau jam pasti terakhir nya kurang tau deh, tapi untuk bus rasa nya sampe sekitar jam 10-11 malam aktif nya.

  • Hallo frengky
    Mau tanya. Sy kan stay di osaka. Plan plng hari kr kyoto. Di kyoto sy plan ke fushimi inari, kuil kiyomizudera dan bamboo groove. Kira2 cukup gak yah wktnya 1 hari pp osaka?
    Better sy kemana dl dari 3 destination yg sy plan itu. Tq frenky

    • Hi,

      Cukup sih. Ambil rute nya lebih baik Fushimi Inari dulu lalu ke Kiyomizudera baru Bamboo Groove. Tapi yang bamboo groove ini jangan datang jelang malam ya, soalnya tempat nya bakal gelap banget. Paling bagus jam4sore udah di sini.

  • Haii koo,
    Klo dari osaka ke – fushimi inari – bamboo groves – gion apa bsa pake kansai thru pass?
    Saya rencana beli ini aja slama 3 hari saya di osaka
    Krna rencana akan ke kobe dan nara juga
    Thanks

    • Yup bisa dipakai KTP untuk rute tersebut. Semua transport kereta Subway – JR ( hampir semua jalur ) dan bus di Kansai Area di support sama KTP

      • KTP bsa untuk Jr jg ya? Barusan baca di blog sebelah ktnya ga berlaku untuk smua Jr

        Pake bus yg bernomor2 itu juga bsa?
        Cara cek nomer brp dari tmpt k tmpt laen ceknya dmn ya ko?

        Itinku mngkin gini sementara:

        Day 7: takayama osaka menggunakan willer bus malam
        Day 8: osaka- beli KTP – osaka castle – kyoto- fushimi inari-bamboo groves- gion (kalo sempet) – back to osaka
        Day 9: osaka- nara- kobe( cm pengen icip kobe beefnya ) tp ktnya jauh ya resto bus itu dri stasiun dan pusat kota kobe?
        Day 10: usj

        Day 8-10 bsa pake KTP smua brrti ya? Kira2 perlu nambah banyak ga ya buat tiket ketengannya?

        thankyou yaaa :cheer:

  • Hi, sangat informatif blognya, boleh tanya, bagaimana cara mtuju kyoto dari jakarta? Krn airport terdekat kansai dati kyoto kl tdk salah.. sedangkan dari jkt mdaratnya di narita yah?
    Terimakasih yah

    • Tergantung beli tiket maskapai nya landing di bandara narita / haneda ( tokyo ) atau di bandara kansai ( osaka ) ya. Kalau dari bandara narita, ke kyoto bisa naik bus / shinkansen.

  • Hello Frenky,

    Thx banget atas sarannya. Ditunggu blog trip serunya ke depannya lagi bro (mungkin ke daerah sapporo, dll).

    :good: :good: :good:

  • hi frenk salam kenal,

    saya ada rencana mau ke osaka-kyoto aja,, banya baca jadi banyak pilihan, untuk transportasi hanya di osaka – kyoto aja selama 5 hari, enaknya yang paket murah beli tiket transportasi apa yaah,,, thanks

    • Kalau Osaka doang bisa pakai Osaka Amazing Pass, Osaka Subway Pass. Kalau Kyoto doang bisa pakai Kyoto Bus Pass. Alternatif nya pakai Pasmo / Suica Card, rasa nya engga mahal2 amat kalau cuma dalam kota.

  • Hallo frenky,

    Saya berencana mengunjungi Kyoto di bulan September ini, mau menanyakan:

    1. Kalau mau ke Kiyomizudera Temple dari Kyoto Station, naik bus no berapa ya? atau ada kereta JR nya untuk ke sana?

    2. Kemudian selain Kiyomizudera, saya juga berencana pergi ke Fushimi Inari, Higashiyama District, Gion, dan alternatif terakhir Arashiyama…
    Apakah bisa dibantu saran rincian perjalanan tersebut, berangkat dari mana dahulu, mulai dari jam berapa, dan naik bus apa aja hehehe.

    Oh ya kita start dari Kyoto Station, rencana perjalanan hari pertama start jam 12:00 (karena kita baru sampai di Kyoto jam tsb), kemudian berlanjut keesokan hari-nya start jam 08:00 – 13:00… setelah itu kita akan pindah ke kota Osaka

    Btw blog nya mantap, sangat membantu sekali :good:

    Thx :)

    • Hi Fandy,

      1. Naik bus 100 atau 206. Kalau naik kereta JR tidak ada, ada nya lewat jalur Keihan ( Alternatively, Kiyomizudera is about a 20 minute walk from Kiyomizu-Gojo Station along the Keihan Railway Line. )

      2. Kalau saya sih ambil rute nya Fushimi Inari terus ke Arashiyama, kedua tempat ini naik kereta. Lalu lanjut ke Higashiyama District dan terakhir Gion, kedua tempat ini naik bus. Masalah naik apa nya, cari info sendiri ya bro.

  • Hallo frenky…
    Klo saya menginap di daerah namba station dan ingin ke kyoto utk tokyo city tour dg shinkansen lbh baik saya berhenti di stasiun apa ya?
    Dr stasiun tsb, jika ingin ke spot fushimi inari —> Bamboo grove—>kinkakuji—>kiyomizudera—>gion, pass apa yg sebaiknya saya beli utk bisa mencapai spot2 tsb?
    Apakah bisa selesai menjelajah spot2 tsb dlm 1 hr jika membawa anak 10 th? Thanks

    • Hi Synthia,

      Setau saya kalau ke Kyoto dengan Shinkansen, pilihan nya cuma ada ke Kyoto Station.

      Bisa beli Bus Pass saja 500 Yen / Day, untuk Fushimi Inari dan Bamboo Grove biar cepat sampai bisa pake jalur kereta JR, bayar pake Pasmo/Suica/ICOCA card atau beli tiket satuan juga engga masalah.

      Bisa saja dalam 1 hari, kalau cuma buat sekedar lihat-lihat, ke Gion bagus nya datang di atas jam 6sore.

  • mau tanya doong, untuk sewa modem wifi selama di sana itu bisa nyewanya dimana ya?
    trims :)

  • Waaa such a cool blog!
    suka banget sama cerita trip-nya, hehe jadi makin pengen ke jepang :wow: semoga bisa kesana taun ini!
    btw ulang taunnya beda sehari sama gw, selamat ulang taun ya (telat berapa juta taun ini) hehehe
    ditunggu lagi cerita liburan ke negara lainnyaa :calm:

    • Hi Bia,

      Amin ya semoga kamu bisa ke Jepang taun ini!

      Rayakan ultah nya di Jepang juga kalau gitu, happy birthday to you too ( walau telat juga ) haha :peace:

      Ditunggu saja ya cerita2 lain nya :bye:

  • Wuaaa, fotonya cakep2 banget. Ini rute kita hampir sama. BTW, kami juga nemuin itu pemakaman yang rapi di Arashiyama.
    Oh yah, masalah Geisha, katanya mesti nunggu saat petang. Cuma kasihan juga ama Geisha dan Maiko, sudah banyak yg nungguin kaya paparazi, turis2 yang mau murah kayak kami. Cuma mau melihat dari jauh tanpa membayar, sepertinya mereka terusik. :D :D

    • Hi SSY,

      Thanks pujian nya dan tentang geisha / maiko memang itu daya tarik utama di kota Kyoto dan benar tuh kata nya trrkadang sampai ada turis menghalangi jalan mereka cuma demi foto :(

  • Hai Frenky..

    Your website is awesome..
    :wow:
    haha..
    Mau nanya boleh ya?
    Beli pass n tiket kereta sm bus nya itu di Indonesia atau di Jepang nya langsung?

    Thanks before
    :good:

    • Hi Meily,

      Kalau segala macam tipe pass pada kasus saya sih beli nya langsung di Jepang ya. Tapi kalau Meily mau beli JR Pass itu harus di Indonesia.

      Kalau tiket willer bus saya beli online sejak di Indonesia.

      Thanks buat pujian dan komentar nya :good:

  • halo frenky! mau nanya boleh yaa, aku mau ke jepang mei ini :peace: :
    1. dari arashiyama ke kinkakuji cuma naik bus 59 tanpa transit kah?soalnya aku download Kyoto bus map dari salah satu web tourism Kyoto *lupa*, harus transit di yamagoe stop?dari arashiyamanya naik bis 11 dulu?
    2. brapa lama ya waktu yang dibutuhkan untuk explore bamboo grove aja?
    3. critanya mau bikin itinerary 1 day Kyoto >> kinkakuji-bamboo grove-fushimi inari-kiyomizudera-gion, cukup ga ya waktunya?gion bagus malem atau sore yah? *critanya aku 21 malem sampe haneda, 22 pagi lgsg menuju Kyoto lewat shin yokohama, dan sedang galau, karena rencana tukar jr pass di shin yokohama tapi ada website yang bilang buka exchange office nya jam 08.00 dan ada yang blg 05.30, any info about this?*
    4. bus di Kyoto cepet ga yah antar keberangkatan?selalu ada atau harus lama tunggu?

    ditunggu sangaat itin Osaka nya buatt mau konsultasi itin Osaka in 1 day pake amazing pass. pengennya ke umedafloating garden, museum housing, tempozan wheel, santa maria cruise, tombori cruise — cukup ga yah 1 hari?karena 1 hari lagi kepake buat usj

    thanks

    • Hi Sabrina!

      1. Kalau dari Arashiyama ke Kinkakuji itu naik bus nomor berapa tergantung kamu nya lagi di titik mana ya di Arashiyama nya, soalnya area Arashiyama itu luas banget, nah kebetulan waktu itu gue posisi titik nya dekat sama halte bus yang di lewati 59 yang kebetulan juga ke arah Kinkakuji.

      2. Kalau cuma mau ke Bamboo Groves sekitar 1 jam sudah cukup ya

      3. Kalau liat dari itin nya seperti nya dengan mengacu start nya dari Kyoto Station karena naik Shinkansen ya. Fushimi Inari => Bamboo Grove => Kinkakuji => Kiyomizudera => Gion. Gion bagus nya datang Sore jelang Malam, sekitar jam 7malam gitu deh. Menurut gue sih kaya nya yang Kiyomizudera engga kekejar ya waktu nya.

      Kalau masalah JR Office jam buka nya kaga paham juga nih.

      4. Kalau masalah jam keberangkatan sih nunggu ya, tapi interval nya cukup cepat ya untuk rute-rute tempat turis populer. Kalaupun nunggu sekitar 15menit paling lama sih pengalaman. Tapi berhubung beli JR Pass, bisa consider penggunaan nya ada beberapa tempat di dukung lewat kereta JR.

      Yang itinerary Osaka dengan asumsi berangkat pagi pulang malam, mulai dari Tempozan Wheel + Santa Maria Cruise ( 1 tempat ) => Museum Housing => Tombori Cruise + Dotonburi Area => Umeda Sky Building sih cukup ya, Umeda bagus nya datang jelang malam atau malam sekalian buat liat kota Osaka nya.

      Semoga membantu :bye:

  • hi bro Frenkey,
    saya mau tanya soal transportasi di Tokyo, khususnya kereta.. bagaimana caranya bisa tahu jalur naik kereta apa dan dimana? contoh dari Haneda airport ke asakusa? Thanks. tolong kasi penjelasan karena saya berniat membeli dan menggunakan Pasmo selama di tokyo.

    • Hi Sis Suhartini,

      Waktu itu karena saya ada sewa modem wifi jadi nya Internet ON terus, tinggal pakai google maps deh, rute arrive sampai destination nya sudah jelas banget, untuk menentukan di station nya tinggal tentuin aja rute nya mau kemana, lalu ambil koridor yang tepat, sama persis kaya penentuan subway di Bangkok, Singapore.

  • mau tanya dari arashiyama itu hanya perlu sekali naik bus ke kinkakuji ya?
    turun di bus stop apa ya?
    thanks

    • Tahun ini rencana sih ada, cuma kepastian jadi atau engga nya belum tau, tiket nya belum di issued juga :)

      Btw thanks sudah mampir dan mau baca cerita gue :cheer:

Leave a Reply