JepangTravel ( Outside Indonesia )

Hari 6 : One Day Trip ke Nara dan Kobe dari Osaka

Kumpulan Rusa lagi berebut makanan di halaman Todaiji Temple - Nara

Hari ke 6 ( 30 Juni 2015 ) di Jepang ini, fokus jalan-jalan gue lebih ke jalan-jalan trip 1 ( satu ) hari ke kota Nara dan kota Kobe, niat awal nya sih mau keliling Osaka, cuma karena teman seperjalanan gue berencana ke Nara dan Kobe dalam satu hari, so jadilah dadakan hari itu ubah itinerary menjadi One Day Trip ke Nara dan Kobe lewat Osaka :sweating:

Peta Osaka ke Nara ~ Osaka ke Kobe

Untuk melakukan One Day Trip Nara dan Kobe ini, gue menggunakan 3 Days Kansai Thru Pass ( 5.200 Yen ) buat ngirit biaya transport, soalnya kalau gue beli satuan setidak nya gue menghabiskan biaya  1.940 Yen, dengan rincian :

[box style=”1″]

Osaka ( Namba Station ) ke Nara ( Kintetsu Nara Station )

• Lama Perjalanan One Way : 1 Jam
  • Biaya : One Way 560 Yen – Round Trip 1.120 Yen

[/box]

[box style=”4″]

Osaka ( Namba Station ) ke Kobe ( Sannomiya Station )

• Lama Perjalanan One Way : 1 Jam
  • Biaya : One Way 410 Yen – Round Trip 820 Yen

[/box]

Biaya di atas belum termasuk perjalanan kembali ke penginapan di Osaka dari Namba Station ya, jadi opsi menggunakan Pass sangat menguntungkan untuk perjalanan jarak jauh seperti ini :good:

[spoiler title=”Itinerary Osaka ke Nara ke Kobe (30 Juni 2015)”]
Waktu Jepang GMT +9

09.00 – 10.00    : Perjalanan dari K’s Hostel Kyoto ke Hotel Toyo Osaka
11.00 – 12.00    : Perjalanan dari Namba Station ( Osaka ) ke Kintetsu Nara Station ( Nara )
12.00 – 14.30    : Jalan-Jalan Santai di Kota Nara
14.30 – 16.30    : Perjalanan dari Kintetsu Nara Station ( Nara ) ke Kobe Sannomiya Station ( Kobe )
16.30 – xx.xx      : Jalan-Jalan Santai di Kota Kobe
[/spoiler]

PERJALANAN MENUJU HOTEL TOYO DI OSAKA

Jam 09.00 gue dan rombongan sudah bersiap akan meninggalkan Backpacker Hostel K’s House Kyoto, tempat menginap gue selama 2 malam di Kyoto, Terima Kasih, Kamsya, Arigatou buat ranjang nya yang nyaman dan sukses bikin gue tidur pulas! Dan hari ini juga sekaligus gue harus berpisah dengan kota Kyoto untuk menuju kota berikut nya yaitu kota Osaka :star:

Cara Menuju Hotel Toyo Osaka dari Hostel K's House Kyoto
Cara Menuju Hotel Toyo Osaka dari Hostel K’s House Kyoto

Selama di Osaka, gue memilih Hotel Toyo tipe private room ( 1 orang ) sebagai tempat menginap selama 2 malam. Bermodalkan google maps, perjalanan menuju Hotel Toyo dari Kyoto, maka rute yang harus gue ambil adalah dari Shichijo Station ( Kyoto ) ke Kitahama Station ( Osaka ) ke Dobutsuen-Mae Station ( Osaka ) Exit 2.

Karena gue akan membayar menggunakan pasmo cara untuk tiket kereta Kyoto ke Osaka ini, jadi nya gue pun melakukan top up pasmo card sebesar 1.000 Yen. Sebenar nya sih rute perjalanan ke Hotel Toyo udah jelas banget ya di google maps, tapi tetap aja gue mengalami kejadian salah naik transportasi ketika mau akan menuju Kitahama Station. Jadi cerita nya kan buat ke Kitahama Station itu butuh 7 Stops ya mana jauh pula tiap-tiap stop nya, dan waktu itu kebetulan pas lagi antri di Shichijo Station jadwal berikut kereta tipe “Express” yang bakal berhenti, terus pas lihat arah nya ke Yodoyabashi ( searah juga ke Kitahama Station ), ya udah engga pikir lama langsung naik aja deh kereta tipe ini :wow:

Naik kereta “Express” ini sih emang cepat ya perjalanan nya, banyak stasiun yang di lewatkan sebagai titik pemberhentian, eh tapi ternyata pilihan gue menaiki kereta “Express” tidak tepat juga karena pas tepat di Kitahama Station, jegerrr…. kereta nya engga melakukan pemberhetian!!! Akhir nya kereta nya baru berhenti melewati 3-5 station ( lupa persis nya dan lupa juga nama station nya ) berikut nya dari Kitahama Station :wtf:

Terus di station itu buru-buru cek timetable rute kereta nya, ternyata hanya tipe “Local” aja yang mampir di Kitahama Station #walah, ya udah akhir nya balik lagi ke rute sebalik nya deh pake kereta tipe “Local” hahaha… Pelajaran yang bisa di petik dari kesalahan gue ini adalah selalu perhatikan timetable rute kereta nya ( di tiap station pasti ada ) terus cek station yang mau di tuju itu dilewati kereta tipe apa aja! Selengkap nya tentang tipe kereta di Jepang bisa di baca di Express Trains in Japan.

Begitu sudah kembali ke jalan yang benar dan sampai di Dobutsuen-Mae Station, tinggal cari pintu exit 2, putar arah ( balik badan ) terus jalan sedikit lurus ke depan, Hotel Toyo ada di dalam gang sebelah kiri tidak jauh dari pintu exit 2.

Hotel Toyo di Osaka

BELI 3 DAYS KANSAI THRU PASS DI INFORMATION CENTER NAMBA

Full Information KANSAI THRU PASS : SURUTTO KANSAI THRU PASS

Link KANSAI THRU PASS MAP : Picture ( JPG ) Version OR PDF Version

Selama di Hotel Toyo tidak ada aktivitas yang di lakukan selain membayar penginapan tipe kamar Private Room seharga 4.000 Yen / 2 malam dan sama seperti penginapan di Jepang umum nya, waktu check-in ke kamar minimal jam 3 sore. Di Hotel Toyo ini rencana perjalanan gue untuk keliling Osaka di hari itu langsung berubah ketika teman seperjalanan mengajak untuk ke Nara dan Kobe, akhir nya dengan pertimbangan cuaca saat itu cukup asyik untuk jalan-jalan outdoor ya udah akhir nya tanpa pikir lama gue langsung setuju buat ke Nara dan Kobe :good:

Nah untuk mengirit biaya ke Nara dan Kobe seperti yang di jelaskan di awal, maka gue memutuskan membeli 3 Days Kansai Thru Pass dan tempat terdekat dari lokasi gue saat itu untuk membeli Kansai Thru Pass adalah ke Namba Station yang kebetulan dari Namba Station bisa direct naik kereta langsung menuju Kintetsu Nara Station :keren:

Family Mart dan Suasana Jalanan di dekat Toyo Hotel Pagi itu

Seperti biasa sebelum aktivitas jalan-jalan di mulai, perut harus di isi terlebih dulu agar ada tenaga, dan lagi-lagi hari itu makan pagi nya beli di minimarket ( Family Mart ) haha.. Berhubung Okonomiyaki yang gue beli di hari sebelum nya waktu di Gion Area, ujung-ujung nya gue makan di pagi hari sebelum berangkat, jadi nya di minimarket ini gue memilih beli Roti dan Coklat Batangan aja total 240 Yen buat bekal makan siang.

Kebetulan jarak Namba Station dari Dobutsuen-Mae Station ini hanya berjarak 2 stop ajah, jadi cepet banget sampai ke Namba Station ini. Oh ya Namba Station sama Umeda Station adalah dua station besar yang hampir setiap hari gue lewatin selama tinggal di Osaka, apalagi yang Namba Station, tiada hari tanpa lewat station ini dah hahaha….

Information Center di Namba Station

Sesampai nya di Namba Station, gue langsung menuju ke “Information Center Namba” dan begitu masuk langsung di sambut oleh resepsionis yang fasih berbahasa inggris. Gue langsung to the point saja menjelaskan ingin membeli 3 Days Kansai Thru Pass dan karena pass ini hanya di beli oleh Foreigner Tourist, maka passport gue pun di minta untuk di lakukan pengecekan. Uang 5.200 Yen pun gue relakan untuk menebus 3 Days Kansai Thru Pass beserta Peta Cakupan Kansai Area sama struk pembayaran  :wait:

Kansai Thru Pass ini sangat berguna buat anda yang ingin mengexplore kota-kota di sekitar Osaka yang masih dalam lingkup Kansai Area seperti Nara, Kobe, Kyoto, Himeji, Wakayama, Koyasan dan lain-lain nya ( cek peta Kansai Thru Pass Map untuk detail nya ). Semua transportasi bisa di gunakan baik Subway, kereta JR, Bus tapi ada beberapa jalur juga tidak di dukung oleh Kansai Thru Pass ini, jadi lagi-lagi perlu di cek kembali jalur nya. Pengalaman pribadi sih kalau cuma seputar Kobe, Nara, Himeji, Osaka bahkan menuju Kansai Airport gue pake Kansai Thru Pass ini tanpa ada hambatan sama sekali :cheer:

Hal asyik lain nya dari 3 Days Kansai Thru Pass ini adalah penggunaan nya TIDAK HARUS dalam hari berurutan. Contoh nya pada kasus gue beli kartu nya hari Selasa ( 30 Juni 2015 ), nah gue menggunakan kartu ini tidak berurutan hari nya, gue menggunakan kartu ini di hari Selasa ( 30 Juni 2015 ), Jumat dan Sabtu ( 3 dan 4 Juli 2015 ). Jadi nya gunakan Kansai Thru Pass ini hanya di hari anda akan bepergian jauh di sekitaran Kansai Area ya.

Satu hal yang gue sesali dari pembelian Kansai Thru Pass ini adalah seharus nya gue beli Pass ini ketika di Kyoto tepat nya di “Kyoto Station Bus Information Center” dan langsung gue gunakan mulai dari Kyoto juga, jadi gue bisa hemat setidak nya 700 Yen untuk biaya transportasi kereta dari Kyoto hingga ke Hotel Toyo di Osaka : :lonely:

3 Days Kansai Thru Pass - Guide, Discount, Peta Kansai Thru Pass
3 Days Kansai Thru Pass – Guide, Discount, Peta Kansai Thru Pass

JALAN-JALAN KE NARA DARI OSAKA

Information Nara City : NARA TRAVEL JAPAN GUIDE

Perjalanan dari Namba Station ( Osaka ) ke Kintetsu Nara Station ( Nara ) membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kereta Rapid Express. Begitu sampai di Kintetsu Nara Station, patung Rusa banyak terlihat. Di Kota Nara memang banyak dengan Rusa liar yang berkeliaran bebas tapi terpusat ya di taman-taman gitu dan otomatis juga maskot kota Nara ( bisa googling sendiri ) bentuk nya Rusa juga deh :info:

Plang Penunjuk Arah ke Todaiji Temple, Pintu Keluar Subway Kintetsu Nara Station, Suasana Kota Nara

Tidak mau membuang waktu, begitu melihat plang arah ke Todaiji Temple ( sekitar 1.7 KM dari Kintetsu Nara Station ), akhir nya gue dan rombongan pun langsung memutuskan jalan kaki. Tadi awal nya ke Todaiji Temple mau naik bus ( seperti nya di dalam kota Nara tidak ada subway ) tapi karena bingung nentuin arah bus nya dan juga lihat plang nya juga cuma 1.7 KM an ya udah jalan kaki aja deh biar sekalian olahraga :sweating:

Pas acara jalan kaki ke Todaiji Temple, ada kejadian unik di alami teman gue, niat nya mau beli minuman di vending machine buat ngilangin haus eh ujung-ujung nya ternyata dia ( engga sengaja ) nyumbang 100 Yen buat kegiatan amal hahaha… Jadi cerita nya teman gue pencet button di kaleng bentuk rusa, di tungguin kaleng bentuk rusa nya kok engga turun-turun juga ke bawah,  bingung lah dia?!? Terus gue dkk nyadar ada keterangan tertulis jelas “This button is for fund-raising only. No drink will be provided.” jadi ketawalah kita gara-gara kejadian tersebut. Tapi emang lucu sih bentuk kaleng rusa nya, jadi inget gue pernah ketipu juga waktu mau beli kaleng bentuk karakter Brown LINE waktu di Korea dulu :silence:

Suasana Hijau di Jalanan Kota Nara, Kaleng Rusa buat Amal, Rusa Liar di Taman Terbuka di Kota Nara

Di sepanjang perjalanan ke Todaiji Temple ini, suasana jalanan di kota Nara begitu hijau banget, hampir sepanjang jalan itu bentuk nya taman terbuka terus banyak rusa liar di dalam nya, banyak juga turis foto-foto cantik gitu dekat rusa nya, kalau turis nya cewe cantik gue mau deh jadi rusa nya juga haha…

Di tengah jalan ketemu food truck jual Ice Cream 300 Yen yang foto nya terlihat enak, karena kebetulan juga cuaca nya cukup hangat, akhir nya gue pasrah membeli Ice Cream lagi kesekian kali nya selama di Jepang.

Beli Ice Cream ke sekian kali nya selama di Jepang

FOTO-FOTO CANTIK DAN GANTENG SAMA RUSA DI TODAIJI TEMPLE

Information : Todaiji Temple JAPAN GUIDE

Todaiji Temple - Nara
Todaiji Temple – Nara

Todaiji Temple adalah salah satu kuil di Jepang yang paling terkenal dan bersejarah sekaligus merupakan landmark di kota Nara. Todaiji Temple ini dibangun pada tahun 752 sebagai pusat temple semua kuil Buddha di Jepang dan tumbuh begitu kuat sehingga ibukota dipindahkan dari Nara ke Nagaoka di tahun 784 dalam rangka untuk menahan pengaruh perkembangan Temple dalam urusan pemerintahan.

Aula utama Todaiji Temple, Daibutsuden (Big Buddha Hall) adalah bangunan yang terbuat dari kayu terbesar di dunia, meskipun fakta nya bahwa rekonstruksi bangunan Todaiji Temple yang sekarang ( di rekonstruksi di tahun 1692 ), besar nya hanya dua pertiga dari ukuran asli Todaiji Temple ketika di bangun di tahun 752.

Halaman Luar Todaiji Temple

Di Todaiji Temple ini sebenar nya gue dkk salah fokus aktivitas nya, yang harus nya masuk ke dalam Todaiji Temple buat lihat-lihat aula utama nya, eh ujung-ujung nya malah foto-foto cantik aja di halaman Todaiji Temple. Tapi di halaman luar Todaiji Temple ini suasana nya emang lebih menarik sih di bandingkan di dalam menurut gue haha… di sini gue melihat jualan aneka jajanan yang bikin lapar mata, aneka gantungan kunci yang bentuk nya sudah pasti rusa dan pasti nya di sini banyak rusa liar dan hati-hati loh mereka GANAS! :wtf:

Kertas peta kota Nara gue jadi korban ke-ganasan salah satu rusa di sini, padahal itu kertas peta gue taruh di kantong celana jeans, posisi nya emang sih menyembul keluar ( terus dikira makanan kali ) karena ukuran nya kan panjang ya. Engga tau kenapa tiba-tiba main di gigit aja sama 1 rusa ( untung cuma 1 coba 3 ), eh buset, langsung gue tarik dah kasian kalau sampai kertas nya di makan rusa, cuma ujung-ujung nya robek dah, ya gue hanya bisa pasrah di makan lah itu kertas, mana berasa nikmat banget kaya nya :sigh:

Penjual Makanan Rusa 150 Yen ~ Rusa nya cuma jinak ke cewek doang LOL
Kumpulan Rusa lagi berebut makanan di halaman Todaiji Temple - Nara
Kumpulan Rusa lagi berebut makanan di halaman Todaiji Temple – Nara

Buat anda yang mau berasa jadi aktris di kelilingi rusa, maka pilihan membeli makanan rusa seharga 150 Yen boleh di pertimbangkan. Jamin angkat-angkat ke atas makanan rusa ini langsung para rusa mendekat dahhhh… tinggal hati-hati aja jangan sampai jari nya ikut ke gigit :ngakak:

Total 1 jam di habiskan cuma di pelataran depan Aula Utama Todaiji Temple buat foto-foto sama rusa. Di Nara ini attraction spot lain nya yang menarik ada Nara Park cuma bagus nya pas musim bunga sakura ya. Kalau datang pas musim summer kaya gue mah cuma lihat pohon lebat hijau biasa aja.

Check In Completed! At Todaiji Temple - Nara
Check In Completed! At Todaiji Temple – Nara

Akhir gue dkk kembali lagi ke Kintetsu Nara Station dengan berjalan kaki tapi dengan tempo lebih cepat karena mengejar waktu untuk menuju ke kota berikut nya yaitu Kobe! Tetapi sebelum berangkat ke Kobe, mampir dulu di Lawson yang juga satu gedung dengan HIS yang persis terletak di depan pintu exit Kintetsu Nara Station, terus nyobain Onigiri asli Jepang ( 135 Yen ) pertama kali nya di sini :star:

Rasa Onigiri nya enak dan cukup bikin kenyang, Onigiri bisa jadi opsi bagus buat yang mau makan cepat dan sekedar buat ngisi perut, kalau mau kenyang banget setidak nya harus makan 3 onigiri ya kalau untuk ukuran perut gue. Oh ya di dekat Lawson ini juga ada satu gang pasar gitu yang isi nya Restoran, Daiso, aneka tempat jual pernak pernik lain nya, gue engga tau nama market nya, tapi yang pasti gang ini tidak panjang dari pintu masuk hingga keluar nya.

Onigiri Lawson 135 Yen
Market Place di Nara ( Dekat Pintu Exit Kintetsu Nara Station )

MAIN HUJAN DAN SHOPPING DI KOTA KOBE

Information Kobe City : KOBE TRAVEL JAPAN GUIDE

Perjalanan dari Kintetsu Nara Station ke Kobe Sannomiya Station bisa langsung di tempuh menggunakan 1 jalur kereta yang sama dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit. Di perjalanan yang cukup panjang ini, gue memilih tidur ‘ayam’ karena memang acara jalan kaki selama berwisata di Jepang itu banyak ya, jadi nya ya cukup menguras stamina juga :sweating:

Sekilas info aja, jika di kota Nara yang dominan adalah para hewan rusa liar nya, maka di kota Kobe yang dominan adalah Kobe Beef ( Daging Sapi Kobe ) nya. Tapi Kobe Beef di sini maksud nya bukan arti nya gue nemu banyak sapi liar di jalanan Kobe ya, maksud Kobe Beef di sini adalah banyak restoran yang jual makanan Kobe Beef ( Daging Sapi Kobe ) kualitas premium! Kalau ada kata-kata premium jangan berharap harga murah deh ya, seperti biasa hukum ekonomi berlaku di sini, “Ada Harga, Ada Rupa” :keren:

Oke balik lagi ke cerita perjalanan gue, sesampai nya gue keluar dari pintu exit Kobe Sannomiya Station, tiba-tiba Dewa Zeus ngamuk dan seketika air dari langit tumpah ke jalanan Kobe, lagi-lagi gue terkena cuaca bikin ‘sakit kepala’ di musim panas di Jepang ini, batal dah jalan-jalan asyik di kota Kobe, setelah di hari sebelumnya gagal juga jalan-jalan asyik di Kawaguchiko Lake :wait:

Ya tapi karena sudah jauh-jauh datang dari Osaka, acara jalan-jalan di Kobe tetap harus jalan walaupun hujan!!! Akhir nya senjata utama, Payung kebanggaan, pun di buka dengan terpaksa. Target utama saat itu adalah cari restoran buat makan karena perut gue lapar saat itu, apalagi tambah hujan, tambah lapar lagi deh, mendadak inget Indomie saat itu, makanan idaman pas lagi dingin-dingin :ngakak:

Mie Soba Jepang ( 400 Yen )

Anyway gue lupa gimana cerita nya, tiba-tiba bisa milih masuk restoran random di jalanan Kobe yang jual aneka macam mie Jepang dari Udon, Soba, Ramen, semua ada! Di sini begitu lihat menu nya ada Soba dan juga baru sempet nyobain Ramen sama Udon Jepang, jadi engga pake lama mikir, langsung lah gue pesen 1 mie Soba ( 400 Yen ).

Begitu mie Soba nya datang, gue engga tau ada atau tidak versi mie Soba Panas ya, tapi yang pasti mie Soba yang gue makan saat itu benar-benar dingin plus engga ada rasa sama sekali mie nya hahaha… Mie nya baru ada rasa kalau di celupin ke bumbu kecap, enak sih mie nya kalau udah di celupin ke kecap ya, bukti nya gue bisa habis makan semua mie Soba nya, yeay! Oh ya ini selain pengalaman pertama makan Soba Dingin, juga sekaligus pertama kali nya gue makan berdiri di restoran Jepang karena emang engga ada kursi nya, gue sih menyimpulkan restoran begini yang pasti di desain cuma benar-benar buat makan bukan buat ngerumpi ya secara mana ada yang mau ngerumpi lama-lama sambil berdiri :dead:

China Town di Kobe

Selesai makan, hujan nya ternyata masih belum selesai juga, akhir nya terpaksa jalan-jalan hujan-hujanan deh. Karena cuaca nya engga asik pake banget, jadi fokus saat itu cari tempat rekreasi indoor di Kobe dan pilihan jatuh Kobe Harborland yang di dalam nya juga kebetulan ada Kobe Tower juga. Di perjalanan, engga sengaja nemu China Town, numpang lewat doang akhir nya karena masih hujan juga dan kondisi nya sepi banget waktu itu ( ya iya lah lagi hujan gitu! ). Sempat liat 1 restoran jual Kobe Beef 6.800 Yen, wah cuma bisa nelen ludah aja gue liat harga segitu buat makan Kobe Beef  :lonely:

Singkat cerita, gue dkk sampai juga di Kobe Harborland. Hal yang pertama gue lihat di tempat ini adalah Kobe Tower, Kapal Laut sama Bianglala dan terakhir bangunan bertingkat-tingkat di kejauhan. Sempat sok ide ngajakin main Bianglala di sini, tapi langsung di tolak mentah-mentah sama teman gue hahaha… ya udah akhir nya foto-foto maksa pake payung di Kobe Tower terus ujung-ujung nya shopping cantik di Mall “Canal Garden” di dalam area Kobe Harborland ini. Lapar mata lagi gara-gara nemu Uniqlo, H&M, dan aneka toko fashion lain nya sama starbuck :relax:

Foto Maksa Pas Hujan di Kobe Tower
Kobe Harborland Area ( Mall Canal Garden, Kapal Laut, Bianglala )
Check in Completed! At Mall Canal Garden - Kobe
Check in Completed! At Mall Canal Garden – Kobe

STEAK LAND, RECOMMENDED KOBE BEEF RESTORAN  DI KOTA KOBE

Restoran Steak Land Spesialis Menu Kobe Beef

Buat anda yang ingin cicip Kobe Beef, restoran Steak Land ini bisa jadi tempat recommended buat makan Kobe Beef. Dengan ‘hanya’ kocek 3.180 Yen maka anda akan bisa dapat menu seperti gambar di kanan bawah, tampilan nya sih terlihat biasa ya, tapi rasa nya ‘tidak biasa’, cobain deh :evilsmirk:

Dan akhir nya acara hari itu tutup dengan batal nya makan Kobe Beef, ujung-ujung nya cuma mampu makan nasi kotak buat makan malam hahaha…. gara-gara duit nya habis buat shopping di dalam mall Canal Garden :noooo:

Bento Chicken Katsu 550 Yen

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

39 Comments

• hi kak, salam kenal
    numpang nanya
    saya rencana ke Tokyo 2 hari, Osaka 3 hari
    dan mau ke NARA, PORT KOBE, TOTTORI (mengunjungi museum detektif conan)
    apakah bisa menggunakan KTP atau harus menggunakan Kansai Wide Pass?
    Mohon bantuannya

• Wakayama itu ada apa aja . Mkn waktu pp brp lama dr osaka namba station menuju sration ci2 ada plan tg 28 mei dr kansai sore plan osaka tg 28 29. Tg 30 kobe nara . Tg 31 kyoto .tg 1 kyoto. Tg 2 lum ada rencana? . Jd 4 .5hr ktn tg 3 lgs ke tokyo jr pas rute banyak sd tg 10 ke saporo tateyama dll. Pertanyaan dr kanzi airpoet beli tiket apa bs all in smua di kabsai 5hr selain suica utk jajan hrs ktp atau oap n kyoto bus pass thx

• mau nanya neh ko frenkey, dari kyoto pgn ke nara-kobe dan osaka serta pulang dari KiX sebaiknya saya pakai pass apa ya low fare… Plannya kyoto nginep 2 malam dan osaka saja..
    Thank u bro.. 😄😄

• Hai bro Frenky..
    Boleh tanya2 yaaa..

Saya dan istri awal Juni18 akan ke Osaka dan Tokyo. Tiketnya dari Indo ke Osaka, staynya osaka 5 malem, lalu ke Tokyo 4 malem.. dari Tokyo baru balik Indonesia.

Nah rencananya,
    Day 1 : sampai osaka (arrive nya malem bgt)
    Day 2 : di osaka
    Day 3 : kyoto
    Day 4 : kobe nara
    Day 5 : osaka
    Day 6 : osaka to tokyo
    Day 7 : tokyo
    Day 8 : lake kawaguchiko
    Day 9 : tokyo
    Day 10 : back to Indonesia

Kira2 tiket transportasi apa yang pas buat plan spt diatas? Soalnya bingung banget :sweating: ada banyak macamnya.. ICOCA, KTP, JR Pass, JR wide pass..

Terimakasih banyak sudah berkenan sharing..

:wow:

• Bro Frenky mau nanya nih,

Sorry ya masih awam bgt soal Jepang, rencana november mau trip ke osaka – nara – kyoto.
    Pengennya berangkat dari Osaka Station baliknya ke Osaka lagi.
    Untuk rute transportasinya apa ya yang paling murah (satu perjalanan menggunakan Shinkansen) ?
    Dari osaka – nara – kyoto – osaka ?

Thanks berat sebelumnya

• mas mau tanya, misal hari pertama sampai di KIX bandara osaka, terus mau explore osaka nah hari ke dua ke kyoto explore kyoto dan sorenya balik lg ke kyoto. kira2 biar hemat perlu pake KTP ga yah? atau beli tiket satuan aja? soalnya perlu naik kereta dari bandara, explore dua kota dan tiket pp osaka ke kyoto. makasih mas masukanya.

• Engga perlu pakai KTP sih, di Osaka bisa pakai Subway Pass aja, Kyoto pakai Bus Pass, Kyoto ke Osaka dan sebalik nya beli tiket satuan aja. Kalau engga salah, bandara KIX osaka PP ada pass nya juga buat return, coba cek google, kalau ada kan mayan bisa hemat beberapa ratus yen, one way ke Bandara KIX Osaka itu setidak nya habis 1000 yen setau saya.

• Blog nya keren 😎 btw, klo osaka amazing pass bisa utk naik subway ke nara dan kobe kah? Atau cukup bermanfaat ga klo kita mau ke nara n kobe pp?

Thank you

• Sesuai nama nya Osaka Amazing Pass, jadi cuma berlaku buat di dalam kota Osaka aja ya pass ini. Engga efek kalau di pakai ke Nara dan Kobe, kemungkinan engga bisa keluar gate malahan nanti pas di Nara sama Kobe karena Pass nya cuma berlaku di Osaka.

• Hai frenky mau tanya donk
    klo mau ke kobe dan nara dari kyoto apakah bs? Naik apa ya? Soalnya mau balik lg nginepnya di kyoto jd ke nara dan kobe hanya jln2 saja dan baliknya ke kyoto lg. Brp lama perjalanan dari kyoto ke nobe/nara?

• Yap pasti nya bisa, naik kereta Limited Express aja biar cepat. Cek google maps aja rute nya ya, cari destinasi Kyoto Station. Ya kira2 1 stengah jam dan seperti nya ga direct, harus transit ke Osaka dulu.

• Halo Frengky,
    Mau tanya… saya tanggal 24 di kyoto full. trs 25 pagi ke osaka. rencana seharian tgl 25 itu di osaka, nginep deket shinsaibashi sih… trs tgl 26 rencana ke nara dan kobe dalam sehari… tgl 27 otw kansai airport… apa perlu pake KTP?
    Ato mungkin ada alternatif lain yg mudah dan murah…
    Thank you buat info nya ya…

• bro,mau nanya nih..aku rencana tgl 8 desember 2017 – 20 desember 2017 perjalanan osaka ke tokyo
    dgn rute osaka – kobe – nara – kyoto – hakone – tokyo.
    1. apakah aku perlu beli 3days KTP
    2. bisakah dr kyoto ke hakone atau gmn yah?
    boleh kah rekomen iternery.

1. Ga usah beli 3 Days KTP, soalnya kurang explore Kansai Area

2. Kyoto ke Hakone bisa kok, tapi saya belum pernah, jadi ga bisa sharing rute nya, yang ini googling ya

Sorry ga bisa rekomen itinerary, baca di sini aja http://www.japan-guide.com/ sudah lengkap banget informasi nya

• Hi Ko Frenky Salam kenal yaa,

Blog ini keren banget, dari sekian banyak traveller dan backpacker aku paling seneng baca blog mu :)
    Aku rencana ke Jepang Maret 2017 ini, selama 15 hari. Kurang lebih rutenya :
    Day 1 Tokyo + Osaka,
    Day 2 – 4 Osaka,
    Day 5 Nara + Kyoto,
    Day 6 – 7 Kyoto
    Day 8 – 14 Tokyo

Pingin nanya banget nih,
    1. Perlu beli KTP gak yah, soalnya aku udah itung ongkos muter2 osaka, udah itung ke nara + kyoto juga kok tetep lebih murah gak usah pake KTP yah?
    2. Kalo aku ga beli KTP, aku bisa pake Pasmo / Suica kan yah diseluruh rute yang mau aku datengin ?
    3. Pasmo / Suica bisa di beli dimana ? terus bisa di refund gak yah kelebihan saldo n depositnya ? Dimana refundnya ?
    4. Dari kyoto ke osaka rencana aku mau naik bus malam biar irit hotel, ini belinya dimana ya ko ? terus kalo di kyoto stasiunnya dmn untuk belinya ?

Makasih yaa karena paling ngebingungin itu soal transportnya, yang lain aman, karena udah di jelasin detail banget. thanks a lot yaaa :)

• Hi,

1. Ga muter2 di daerah Kansai ya ( seperti Kobe, Himeji, Wakayama ) ? berarti ga usah beli KTP.

2. Yup, bisa2 aja, hitung harga eceran

3. Bisa beli di station, di counter atau mesin tiket, waktu itu sih gw beli Pasmo Card nya di mesin tiket di station Tokyo

4. Kalau beli tiket bus malam, gw tau nya cuma pake Willer Bus, beli online tiket nya di http://willerexpress.com/en/ kalau beli on the spot ga tau deh dimana lokasi nya.

• hai frenky, gue mo nanya tentang kansai thru pass. gw rencana mau explore kyoto, osaka, kobe dan hajime dalam 3 hari nah hari pertama kan khusus sekitar kyoto. kalo diliat dari perjalanan frenky,kansai thru pass gak di beli pas di kyoto. Apakah banyak yang gak di cover sama kansai thru pass ini pas di kyoto? (uda liat mapnya masi bingung) hehehe.. makasi ya uda mo bantu jawab.

• Hi,

Waktu itu gw salah beli, harus nya beli di Kyoto Station tapi malah jadi nya beli di Osaka. Kansai Thru Pass bisa di pakai di semua transport Subway, Bus dan Perusahaan Kereta lain nya kecuali Japan Railway ( JR ).

Kalau mau liat jalur yang di cover dan tidak di cover, cek di sini ya http://www.surutto.com/tickets/kansai_thru_english01.html

Kalau bingung, menurut gw sih, rute2 umum untuk turis udah di cover semua ya, andai ga kecover KTP, bayar pakai pasmo / suica card aja.

• Hai frenkey. Salam dr malaysia. The best blog ever i found so far. Complete itinary and cost and best place to visit. Nak tanya la. Masok todaiji temple kene bayar ke kalau nak tgk rusa tu?

Terima kasih in advance .

• Hi,

Tidak kena bayar kalau cuma mau foto dengan rusa di halaman Todaiji Temple. Bayar 500 Yen jika mau masuk ke dalam Todaiji Temple nya.

• Mas frenky mau tanya dong. Kan aku tencana mau honeymoon ke osaka dr tgl 5-10 desember 2016 ini.
    Rencana sih mau muter osaka, nara, kyoto. Kira2 buat tiket transport beli KTP apa pasmo/suica ya?
    Kalo dari kansai airport ke osaka bs pake yg mana?
    Kalo JR ga bs pk KTP ya?

• Cuma Osaka, Nara, Kyoto? kalau gitu jangan beli KTP ya. Pake Pasmo aja, di Osaka bisa pake Osaka Amazing Pass, di Kyoto bisa beli Kyoto Bus Pass.

Kansai Airport ke Osaka bisa pakai KTP, Pasmo dan Suica juga.

KTP support semua jenis transportasi Bus, Subway dan JR tapi ada beberapa line yang tidak di support, cek website KTP buat detail nya.

• hii mau nanya soal transportation cost dong :)
    suica/pasmo bisa dipake di kota lain selain tokyo juga ya ternyata? dan beneran bisa dipake di semua jalur subway/kereta (selain shinkansen)? kalo udah punya suica/pasmo pun teteup recommended beli kansai pass?
    btw kalo menurut mas frenky mendingan beli suica apa pasmo ya?

• Hi Arum,

Kalau kota-kota tujuan utama Turis seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, Kobe, Nara tidak ada masalah, sama aja bisa di pakai di jalur subway/kereta/bus.

Kansai Thru Pass itu di beli kalau ada rencana main-main di sekitar Kansai Area, coba cek peta buat liat cakupan Kansai Area nya. Kalau cuma plan main di Kyoto sama Osaka, jangan beli KTP.

Suica / Pasmo, sama aja sih, beli aja yang ada di depan mata. Waktu itu gw beli pasmo karena waktu itu ketemu nya mesin jual pasmo di Shinjuku Station.

• pas banget ketemu ceritanya waktu googling side trip from osaka.
    kobe sama nara jadi pilihan banyak orang juga ya.
    rencananya saya juga mau gitu bulan november nanti, tp cepet juga ya kobe sama nara dihabiskan seharian. hehe
    masih milih milih sih selain 2 tempat ini dan kyoto pastinya, sekitaran kansai area yg cakep juga buat dikunjungin

• Bisa juga di habiskan Nara 1 hari dan Kobe 1 hari, kota nya worth buat di kunjungi, waktu itu saya terpaksa mengunjungi kedua nya dalam 1 hari sih haha.. Alternatif lain bisa coba main ke Wakayama.

Enjoy your trip ;)

• Bg frenkey..apakah suica dan pasmo bisa digunakan untuk Jr dan subway?
    Ataukah pasmo utk subway saja dan suica utk jr saja?
    Makasih sebelumnya ya bg

• Hai frenky,Luar biasa postingan jln2 di jepangnya.rekomendasi banget bagi saya yg akan punya rencana berlibur ke jepang di bln maret 2017 bersama suami,selama 7 hari di jepang.walaupun masih lama hehehe…saya pengen tanya apa sebaiknya saya beli tiket sinkansen yg free pass 7 hari.karena tujuan saya jkt-Haneda pulang Haneda- Jakarta,tdnya saya berfikir sy jalan2 nya di seputar tokyo saja,td di pikir2 dan melihat rekomendasi cerita kamu jd kepengen juga ke osaka dan kyoto.jd sebaiknya saya membeli tiket free pass 7 hari sinkansen yg seharga krg lbh 3,2 juta di HIS travel? Mohon di kasih masukkannya,saya tunggu,trmksh banyak ya,sukses selalu dgn blog2 cerita lainnya di negara yg lain juga.terima kasih. :cheer:

• Hi Hanny,

Kalau memang keadaan nya seperti yg disebutkan, berarti membeli JR Pass 7hari merupakan keputusan yang tepat dari segi efisiensi biaya dan waktu ( PP Tokyo via shinkansen ).