JepangTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota ( Updated 2023 )

Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang

Haiiii pembaca setia blog gue ( kaya ada aja ) yang ganteng dan cantik, kalau kalian tidak sengaja mampir ke post ini untuk mencari info seputar Anime, AKB48, Gundam maka anda 101% di jamin tidak akan menemukan info tersebut! Karena pada post ini gue mau sharing catatan perjalanan gue jalan-jalan keliling Jepang selama 10 hari dan 6 kota yaitu Tokyo, Kyoto, Osaka, Nara, Kobe, Himeji :keren:

Selain itu ada info seputar penerbangan, visa, itinerary, biaya, internet wifi, biaya dan informasi lain nya yang akan berguna buat kamu yang ingin ke Jepang :cheer:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan Ke Jepang ( Tokyo / Osaka )

Untuk dapat menuju Jepang dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Jepang terdapat banyak bandara Internasional, namun yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Haneda yang terletak di kota Tokyo, Bandara Internasional Kansai yang terletak di kota Osaka, dan Bandara Internasional Chitose yang terletak di kota Sapporo.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Jepang, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Berikut maskapai yang gue rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta :

1. AirAsia – transit di Kuala Lumpur ( LCC ) – harga promo kisaran 2.5 – 3.5 juta rupiah Pulang Pergi

2. Garuda Indonesia ( Full Services ) harga kisaran 5.5 – 7 juta rupiah pulang pergi

* * * * *

Visa Jepang

Visa Jepang
Visa Jepang

Untuk dapat masuk ke Jepang dengan menggunakan Passport WNI Sipil, maka kita harus mempunyai Visa Jepang. Cara mendapatkan Visa Jepang, dapat di baca cara nya pada Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang. Tapi sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Jepang, pastikan anda terlebih dahulu punya Paspor ya! Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020.

Per 1 Desember 2014, kabar gembira khusus buat pemegang E-Passport Indonesia karena pemerintah Jepang memberikan Bebas Visa Jepang ( Visa Waiver ) dengan cara hanya cukup mendaftarkan E-Passport nya di Kantor Kedutaan Jepang, detail nya dapat di baca pada Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

* * * * *

4 Musim di Jepang

Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang
Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang

Di Jepang terdapat 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Setiap musim di Jepang mempunya keunikan masing-masing yang tidak boleh anda lewatkan :yeah:

Pada Musim Semi ( Spring ), wisata piknik sambil melihat bunga Sakura yang bermekaran tentu menjadi tujuan utama pada musim ini. Permasalahan utama nya adalah timing bunga Sakura mekar di tiap kota Jepang itu berbeda, sehingga anda perlu jeli memilih hari dan bulan yang tepat. Untuk prediksi bunga Sakura mekar di tiap kota Jepang dapat di cek pada link berikut, Japan-Guide Cherry Blossom Forecast.

Pada Musim Panas ( Summer ), akan banyak festival kembang api atau dalam bahasa Jepang disebut dengan “Hanabi Taikai”. Untuk melihat jadwal festival kembang api tersebut dapat di cek pada link berikut, Japan-Guide Hanabi Taikai.

Pada Musim Gugur ( Autumn ), mata anda akan di manjakan dengan pemandangan daun-daun berguguran dan berwarna kemerahan hingga ke orange-an!

Pada Musim Dingin ( WInter ), saat nya waktu untuk bermain salju dan ski!

Dari keempat musim di atas, yang paling saya suka adalah musim Gugur, alasan nya karena udara nya masih cukup bersahabat dan pemandangan daun-daun kemerah-merahan itu sangat menyegarkan mata :wow:

Oh ya jangan lupa juga untuk selalu mengecek prakiraan cuaca hari itu dan besok ketika travelling ke Jepang, gue bisa katakan tingkat akurasi nya 95% berkaca pengalaman travelling gue ke Jepang kemarin di musim Panas, jadi kalau di katakan besok hujan ya arti nya hujan, jadi pastikan bawa payung atau engga gigit jari dah gara-gara kehujanan di jalanan :wait:

Anda bisa menggunakan link berikut untuk mengecek prakiraan cuaca di Jepang, Japan Weather Forecast.

* * * * *

Itinerary Keliling Jepang

Itinerary Liburan Ke Jepang
Itinerary Liburan Ke Jepang

Jepang terlalu luas jika hanya di explore hanya selama 10 hari karena terlalu banyak tempat yang harus di kunjungi. Jika ada kesempatan pergi ke Jepang lagi, gue pengen banget explore kota Tokyo dan pulau Hokkaido di utara Jepang.

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya pada masing-masing hari ( Link akan di update jika Post nya sudah jadi ) :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Jepang 10 hari 6 kota

Japan Money
Japan Money

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 10 hari 6 kota di Jepang berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Kuala Lumpur – Tokyo ( Haneda )

AirAsia – Sharing Bagasi 20 Kg
Rp 1.680.000
2.Tiket Pesawat Pulang Osaka ( Kansai ) – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Bagasi 25 Kg and Meal
Rp 1.630.000
3.Visa Jepang Single EntryRp 330.000
4.Penginapan 7 Malam di 3 Kota

4.1 Tokyo – 1 Malam di Khaosan Tokyo Laboratory ( Private Room 3 orang ) = 3.400 Yen

4.2 Kyoto – 2 Malam di Backpackers Hostel K’s House ( Private Room 4 orang ) = 5.200 Yen

4.3 Osaka – 2 Malam di Backpackers Hotel Toyo ( Private Room 1 orang ) = 4.000 Yen

4.4 Osaka – 2 Malam di Hotel Shin Imamiya ( Private Capsule Room 1 orang ) = 3.900 Yen
16.500 Yen = Rp 1.815.000
5.Transportasi lokal di 6 Kota

5.1 2 Day Pass Tokyo Subway = 1.200 Yen

5.2 Airport Haneda ke Sengakuji Station = 410 Yen

5.3 Pasmo Card dan Top Up = 4.000 Yen

5.4 Tiket Bus Shinjuku Station ke Kawaguchi Station ( One Way @1.750 Yen ) = 3.500 Yen

5.5 Sight Seeing bus di sekitar Kawaguchi Lake = 1.200 Yen

5.6 Willer Bus Tokyo ke Kyoto Bus S123 = 6.300 Yen

5.7 2 pcs – 1 Day Pass Kyoto Bus ( @500 Yen ) = 1.000 Yen

5.8 3 Day Kansai Thru Pass = 5.200 Yen

5.9 2 pcs – 1 Day Pass Osaka Subway ( @800 Yen ) = 1.600 Yen
24.410 Yen = Rp 2.685.000
6.Biaya Makan, Jajan, Ngemil 10 hari14.250 Yen = Rp 1.567.500
7.Tiket Masuk Tempat Wisata8.429 Yen = Rp 926.000
8.Sharing Sewa Pocket Egg WIFI di Jakarta

( 7 gb = Rp 1.110.000 )
Rp 330.000
Total Pengeluaran Jepang 10 Hari

( Exclude Belanja dan Oleh-Oleh )
Rp 10.963.500

Pengeluaran terbesar gue untuk trip Jepang ini adalah belanja fashion dan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat. Banyak harga fashion murah di bawah 1000 Yen dengan kualitas H&M dan Uniqlo yang tentu buat gue ‘lapar mata’ saat itu terus kalap deh belanja nya :noooo:

Untuk oleh-oleh Tokyo Banana gue kebetulan membeli di Bandara Kansai harga nya 1.429 Yen untuk isi 12 dan 953 Yen untuk isi 8, sedangkan Kitkat plastik besar ( seperti pada gambar ) rata-rata di kisaran 280 Yen / bungkus.

Kalap Belanja di H&M dan Uniqlo Jepang
Kalap Belanja di H&M dan Uniqlo Jepang
Oleh-oleh Tokyo Banana, Kitkat, Chocobi
Oleh-oleh Tokyo Banana, Kitkat, Chocobi

* * * * *

Penginapan Jepang

BOOKING.COM ( Klik banner di bawah )

Booking.com

Klook ( Klik banner di bawah )

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 5.000 – 7.000 Yen tergantung kota dan lokasi nya. Tokyo, menurut gue adalah kota paling mahal menurut untuk biaya penginapan semalam nya. Gue merekomendasikan menggunakan Trip.com / KLOOK sebagai sarana tempat booking penginapan disana.

* * * * *

Voucher Discount

Tujuan wisata turis ke Tokyo / Osaka pasti menuju Universal Studio Japan atau Disneyland Tokyo. Kabar baik nya bisa beli beli tiket atraksi ini secara online loh, bisa di klik di link di bawah ya :

Klook.com

* * * * *

Internet Jepang

Internet merupakan hal penting banget buat gue selama trip ke Jepang, selain buat eksis di social media, internet di sini sangat berguna banget buat menunjukkan jalan, rute subway, kereta, bus dan juga tempat wisata yang akan gue kunjungi. Karena jumlah total peserta trip ke Jepang ini ada 4 orang, jadi nya opsi menyewa Pocket Wifi dari Indonesia merupakan pilihan terbaik buat kelompok gue.

Alternatif nya buat yang mau melakukan membeli SIM Card Jepang / menyewa Portable WIFI secara online tetapi melakukan pick up barang nya di bandara Jepang, bisa mencoba link di bawah :

Klook.com

* * * * *

Aplikasi Petunjuk Arah – Google Maps

Tampilan Google Maps Jepang
Tampilan Google Maps Jepang

Buat anda yang ingin mengandalkan Free Wifi selama berwisata ke Jepang, gue sarankan berpikir 10x karena itu bukan lah pilihan yang menguntungkan. Lebih baik keluar uang lebih untuk mendapatkan fasilitas internet di Jepang karena hal tersebut dapat membantu anda dalam mencari petunjuk arah “How to Get There” ke tempat yang anda ingin tuju.

Pada trip Jepang ini, gue hanya mengandalkan pocket WIFI Internet dan aplikasi “Google Maps”, hasil nya? Engga ada tuh acara nyasar :keren:

Oh ya asik nya di aplikasi “Google Maps” ini adalah gue bisa mengetahui line kereta yang di gunakan adalah line JR atau bukan, karena tidak semua pass mengcover JR sehingga harus di butuhkan alternatif line lain yang tidak memerlukan line JR, untung nya dengan aplikasi “Google Maps”, semua masalah tersebut dapat di selesaikan dengan mudah. Yang paling penting adalah petunjuk nama stasiun yang diberikan semua dalam BAHASA INGGRIS, kalau dalam kanji mah bisa bohwat dah! :dead:

* * * * *

Transportasi Jepang

Tokyo Subway, Kyoto Bus, Kansai Pass, Osaka Subway
Tokyo Subway, Kyoto Bus, Kansai Pass, Osaka Subway

Di Jepang ada banyak sekali jenis Pass yang sangat berguna untuk menghemat pengeluaran transportasi kamu buat yang suka berpindah-pindah lokasi menggunakan Subway / Kereta. FYI harga tiket satuan Subway / Kereta itu mahal, jadi lebih baik gunakan Pass.

Alternatif nya buat jenis transportasi yang tidak tercover oleh Pass, bisa membayar menggunakan Pasmo Card untuk segala jenis transportasi ( Subway, Kereta, Bus ) yang penggunaan nya hanya tinggal Top Up dan Tapping, tidak perlu repot membeli tiket satuan terus menerus.

Yang mau beli Subway Pass, Transfer Kereta / Bus dari Bandara ke Pusat Kota, bisa cek link di bawah ya :

Klook.com

Untuk menentukan Pass yang cocok untuk acara travelling ke Jepang adalah harus membuat itinerary acara mau kemana aja selama di Jepang, dari rundown itinerary tersebut baru bisa di tentukan jenis Pass mana yang meng-cover rute yang dipakai. Berikut macam-macam pass di Jepang yang sekira nya berguna buat anda beli :

  1. Japan Rail Pass
  2. Macam-Macam Pass yang berguna untuk keliling di Tokyo
  3. JR East Pass
  4. JR Tokyo Wide Pass
  5. Tokyo Subway Pass + Airport Return Haneda or Narita
  6. Kyoto Bus dan Subway Pass
  7. Osaka Amazing Pass ( Buat Keliling di Kota Osaka Seharian )
  8. Kansai Thru Pass ( Berguna untuk keliling di Kansai Area seperti Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, Himeji, Wakayama, dll )
  9. Hankyu Touris Pass ( Keliling Osaka, Kyoto, Kobe – Hanya Valid di semua jalur Hankyu )
  10. Willer Express Bus Pass ( Buat Pecinta Bus Jepang untuk Perjalanan Jarak Jauh )

JR Pass itu sendiri macam-macam nya banyak, khusus JR Pass sendiri hanya bisa di beli di negara asal ( tidak bisa di beli di Jepang langsung ), selain itu bisa di beli di Jepang langsung, untuk yang mau membeli secara online, bisa mencoba link di bawah ( jamin trusted! ) :

Klook.com

* * * * *

Colokan Listrik di Jepang

Colokan Listrik Jepang
Colokan Listrik Jepang

Jangan lupa bawa converter listrik ini sejak dari Indonesia kalau berwisata ke Jepang atau anda akan kerepotan untuk urusan charge gadget anda. Beli di Jepang langsung juga engga recommended ya, pengalaman gue hunting converter listrik ini di Akihabara Tokyo untuk teman gue yang lupa bawa, gue harus sampai cari kira-kira 7 toko baru dapat toko elektronik yang jual converter listrik ini :sweating:

* * * * *

Info Lain

Berikut list-list website yang sekira nya berguna buat anda untuk referensi ke Jepang :

  1. Japan Guide ( Semua tentang Jepang ada di sini )
  2. Hyperdia ( Untuk Menghitung Biaya Transportasi )
  3. Japan Rail ( JR ) Pass Calculator ( Untuk Membandingkan Biaya Perjalanan Antara JR Pass dengan Non JR Pass )

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Jepang, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab  :senang:

NOTE : JANGAN minta tolong gue untuk buat / menyusun itinerary ya karena gue sendiri juga tidak ahli dalam urusan itinerary~ dan jangan tanya tentang tempat wisata / kuliner yang recommended di Jepang! :peace:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

407 Comments

  • mas franky, kami ber4 akan ke tokyo kyoto osaka dari 26 des sampai 5 jan . saat akhir tahun katanya banyak tempat wisata yg tutup. jadi sebaiknya kami ke obyek wisata mana? txs

  • Kak, saya solo traveler yg akan ke jepang nov ini & tdk menggunakan jrpass. Dsana saya pny 6hari utk ke (in) tokyo, kyoto, (out) osaka & itinnya sama dgn kebanyakan org yg pertama kali ke jepang. IC card apa yg sebaiknya sy gunakan, apakah suica/pasmo/icoca/macam2 day pass? & yg mana yg lebih hemat utk backpacker? Makasih

    • Beli aja pass yang sesuai dengan itinerary mu lalu di tambah dengan antara Suica / Pasmo / ICOCA buat backup pembayaran kalau pass mu engga support dengan jalur kereta yang di pakai.

  • Hi mas Ferengky, thanks untuk info detailnya..
    saya udh booking tiket utk tgl 27des-5januari2018, sekarang sdg di tahap nyusun itin. boleh sharing ya?
    rencana mau jkt-osaka, 2malam lalu pindah kyoto n stay 3 mlm baru ke tokyo 3mlm. nah apakah saya slm di osaka-kyoto mending pakai kansai pass 3hari? sebenarnya trip kali ini saya ga akan tll mobile, tp lebih pgn nikmatin santai aja. Untuk kansai pass itu bisa kah saya gunakan (hari pertama: osaka aiport pagi menuju city center n city tour seharian) lalu (hari kedua: osaka-kyoto plus around kyoto sampai malam), kemudian (hari ketiga: city tour kyoto), apakah itu lebih ideal atau mending beli tiap kali mau naik kereta saja?

    • kalau cuma wisata santai dan jarang mobile, jgn beli KTP, apalagi cuma main daerah osaka – kyoto. Di Kyoto cukup beli bus pass aja, di Osaka beli Osaka Subway Pass atau Osaka Amazing Pass.

  • Halo, mau tanya soal pocket wifi nih. Aku baca masbro sewa yang paket 7GB. Itu cukup buat perjalanan? Share beberapa orang pula.
    Aku mau sewa buat perjalanan 6 hari dan penasaran 7GB itu cukup apa nggak.

    Thanks

    • Lebih dari cukup, karena Pocket WIFI disini kegunaan nya cuma buat navigasi jalan aja sama upload foto dikit ke medsos, kalau banyak upload, baru pakai WIFI penginapan.

    • ya sama lah setiap negara, ada yang bisa ada yang engga, engga bisa di generalisasi 1 negara. Tanya ke orang2 yang pakaian kantoran gitu biasa nya bisa.

  • Halo kak frenkey. Mau nanyak ni. Kami mendarat di bandara KIX. Saran kakak untuk netap nya di osaka, kyoto,kobe itu berapa lama ya kak? Kami di jepang nya kami selama 6 hari. Sejauh ini kami baru nyusun itinerary hari pertama sampai ke3 di osaka, dihari ketiga nya langsung ke kyoto sampai hari ke5. Dihari kelimanya ke kobe dan hari ke6 persiapan balik. Dan kami masi belum banyak tau tentang osaka, kyoto ataupun kobe. Boleh minta saran nya kak, soalnya itinerarynya masih bayangan awal 😊
    Terima kasih

    • ya udah pas sih 6hari, mungkin bisa tambahin main ke Nara sama Himeji sama Wakayama, beli Kansai Thru Pass ( buat 3 hari ) bisa membantu banyak buat keliling kota di Kansai Area.

  • Halo aku mau nanya, kalau di jepang bisa berbelanja menggunakan kartu kredit mega tdk ya? Trimakasi :)

  • salam kenal mas frenkey… saya mau tanya:

    1. di bag. pengurusan visa kan ada mau fotokopi KK. nah kalau saya solo traveling alias bokap nyokap kagak ikut, perlu dilampirkan juga-kah?
    2. untuk KTP kan sekarang berlaku seumur hidup, tapi kalau ada tertera berlaku sampai kapan di KTP kita dan sudah lewat masa berlakunya, itu tidak apa2 kan?
    3. semisal kita berencana untuk bepergian waktu maret akhir, apakah terlalu cepat untuk apply visa awal bulan januari?

    terima kasih.

    • Hi,

      1. Lampiran aja gpp
      2. Ga masalah lampirkan KTP sudah lewat masa berlaku nya asal udah E-KTP
      3. Lebih baik apply di tengah bulan Januari.

  • Detail bngt informasinya suka bacanya rapi mudah d mengerti asik makin bulet dah sendirian kejepang thanks infonyaaaa sukses trsss🙋🙋🙋🙋
    Jepangggg im comning😂😂😂😂

  • Bos mau nanya … kalo Nanti april 2018 gw mau ke Jepang sendirian selama 7 hari , budget siap -+ 130-150k yen tabungan ortu siap” aja , tapi umur gw baru 17 tahun … apakah ada persyaratan umur buat liburan sendiri ? soalnya takut ketahan visa cmn gara” umur

  • permisi bro

    tolong sarannya kalo ke jepang pengen suasana musim gugur, waktu tepatnya tanggal dan bulan berapa ya. dan bagusnya ke kota mana kalo musim gugur. :wow:

    thankyou

  • Halo mas frenkey, blognya mas Frenkey termasuk salah satu blog panduan saya selama liburan di jepang awal April kemaren hehehe. Sebenarnya bukan sekedar liburan tapi reunian hahaha… Bener yang mas bilang kalau penginapan di Tokyo adalah yang termahal. Saya beruntung karena sebulan sebelum berangkat ketemu dengan Planetyze Hostel yang sepertinya baru grand opening, jadi masih dapat harga 9000 yen / malam. kalau di kota lain masih dapat 6000-7000 yen per malamnya untuk kamar double bed/twin bed. Kalau bukan karena bawa anak mungkin saya masih bisa hemat banyak untuk biaya penginapan. Sukses terus mas dengan blognya, bagi-bagi cerita lagi ya… sapa tau saya nyusul lagi hehehe

  • Salam kenal frenkey, mau minta pencerahan dikit, km sekeluarga(ber5)brkt ke jpg tgl 25jun-6 juli2017. Jkt-haneda-haneda-jkt. Tiba di haneda jam 22.30. Tujuannya ingin explore tokyo, osaka,kyoto,kobe, nara, hakone mt fuji, usj,disneyland,disney sea.biar ngga bolak balik rutenya dimulai dr mana y? Perlu jr pass ato pass yg lain? Terima kasih sebelumnya

  • mau tnya mas,kalo utk penginapan apakah semua harus diboking jauh2 hari?sblm sampai jepang?atau bisa perhari setelah di jepang

  • Hello gan, shopping lbh murah diosaka ato di tokyo yah. Untuk produk yg sama brandnya. Tq 😊

  • Permisi om….kl dari jepang mo pulang indo tiket penerbangan harus print out kah? ato bisa cuman kasih liat di hp untuk masuk ke area airport? arigatou

    • Kalau cuma sekedar masuk airport, engga perlu print apa2 kok, engga ada pengecekan sama sekali tiket penerbangan. Kalau mau cetak boarding pass, kasih liat di HP udah cukup.

  • ini mantap banget! saya bookmark deh buat jadi guide ke Jepang, insha Allah tahun depan 2018 (lagi nabung) :D btw, untuk persiapan, seperti beli tiket, book hotel dll baiknya h- berapa bulan? rencana sih pas Spring atau Autumn sih, please advise. thank you!!

    • h-1 bulan aja baru booking penginapan dan tiket transportasi lokal. Kalau tiket pesawat mah tergantung dapat promo nya kapan.

  • hi Franky, sy rencana ke japan 8 – 18 juni, kyknya udh masuk summer ya itu? apkh akan sering hujan tgl2 segitu?
    Klu sy rencana di tokyo mau main ke tsukiji market, itu apa benar hrs pagi2 sekali? Menurut km jam brp enaknya? stlh dr tsukiji, sy rencana mau main ke asakusa, ueno dan akibahara dan sumida cruise. Utk transport, sebaiknya pake Pasmo atau beli pass? klu beli pass, apa yg cocok?
    Pd hr ke 3, sy rencana mau nginep ke Kawaguchiko, rencana mau beli fuji hakone pass. Utk beli pass tersebut, dan beli tiket bus apkh perlu reserve sehari sblmnya? atau dtg aja pada hari keberangkatan?
    Thanks ya utk infonya :ahaaah:

  • hi saya mau tanya mengenai suica & pasmo..
    kenapa anda lebih memilih pasmo daripada suica yah? padahal suica & pasmo bisa untuk jenis kereta yang sama kan? hanya beda lokasi refunda aja kan?
    manatau pasmo ada keunggulan lebih boleh share infony nga ..
    thanks

    • Karena waktu itu saya nemu pertama kali nya mesin jual pasmo bukan suica. Sama aja sih Suica sama Pasmo, ya benar cuma beda tempat refund nya aja.

  • Thanks bang untuk tulisannya, sangat bermanfaat tentunya :)
    oia bang adakah pesawat LCC ke sono selain AirAsia?

  • ko frenky mau tanya.
    Saya baca di situs japan embassy klo dokumen ga boleh dilipat, sedangkan surat keterangan kerja saya dilipat. Boleh tidak ya?

    Thanks,

  • Hai frenky, mohon sarannya. Saya di jepang 10hr dan juga sudah beli JR pass 7hr. Saya tidak aktifkan di hr pertama, kedua dan terakhir. Hri2 gk pake jr pass saat di osaka. Saya mau tanya, Lbh baik utk keliling osaka pake suice, icoca, osaka subway pass, atau beli tiket satuan? Trutama utk hr ke2, osaka ke kyoto

  • Hi Frenkey,
    Trims untuk blog keren & lengkap ini.
    Saya mau trip ke Tokyo-Kyoto-Osaka pertengahan tahun ini & blogmu jd referensi utk persiapan saya sekarang.
    1. Kalau untuk booking hotel, amankah memberikan CVC code yg ada dibelakang CC kita ?
    2. Booking online Hostel , Willer Bus & Keio Bus itu hanya reservasi sajakah ? sedangan untuk payment nanti ditempat/on the spot?

    Thanks in advance!

    • Hi,

      1. Kalau emang buat payment dan dibutuhkan ya mau ga mau kasih security code nya. Tapi so far Agoda dan Booking.com aman2 aja sih

      2. Yes, bisa bayar di hostel langsung. Kalau willer bisa bayar full online atau bayar di minimarket seperti 7Eleven di Jepang langsung

  • Masbro nanya dong, kan waktu itu berangkat ke jepangnya juli ya. Katanya itu musim hujan nya jepang. Kalo waktu disana hujankah tiap hari?

  • Hii salam kenal..blog nya sangat bermanfaat.kbtulan September thun ini saya ke Jepang..tp baru sadar ternyata bulan September(autumn)prone typhoon ya dsana?bener gk si??thnks

    • Saya juga mau ke jepang bulan september, :D
      setahu saya, blm auntumnya, peralihan dari summer ke auntum, tapi kalo bener2 auntum kalo gak salah akhir oktober, kalo oktober pertengahan tepatnya musim hujan, dan juga typhon, tapi lbh sering typhon diawal2 oktober, menjelang auntum.

  • Ko mau tanya dong , nanti tgl 4–13 April Saya mau ke jpn, ticket,penginapan, Jr. Pass 7 hari sudah ready, tinggal 1 penginapan yg blm di bayar dgn harga 10.500 ¥ buat 3 mlm di Kyoto, nah pertanyaan Saya klo Saya bawa duit 100 ribu ¥ cukup ga ( ga Ada rencana untuk shooping ). Thank Ko untuk jawabannya. Salam

    • haha mantap.. cukup banget.. klo saya sih dgn budget segitu untuk penginapan pakai AirBnb lebih murah dan hemat, nyaman juga, toh lebih banyak keluarnya drpd di penginapan. Sisa budgetnya buat makaaannn… krn klo disana liat jajanan ngiler terus.. hahah.. itu sih klo saya yah.

  • Halo Ko Frenky..
    Thx buat ulasannya.. membantu banget :info:

    Tp aku masih ada beberapa pertanyaan nih, tolong bantu jawab ya..

    1) Aku ada rncna keliling kyoto 2 hari, tp stayku di Osaka. Hari ke-3nya aku balik alias harus ke airport pagi2 (gak subuh ya..). Mnrt koko, biar kecover jalan2 di kyoto dan ke airportnya, mana yg lebih efisien : kansai thru pass atau JR kansai Pass? Atau ada rekomendasi Pass lainnya :confused:

    2) Katanya airbnb ilegal ya, sedang nanti aku mau ngurus visa dengan epaspor dan masuk imigrasi juga dgn epaspor, apa akan bermasalah? Temen aku bulan kmrn visanya lolos padahal itinnya pake airbnb. Share dong buat jaga2 hehe :evilsmirk:

    3) Persiapan dari Indo, kira2 dokumen apa yg perlu diprint? :D

    Mohon sarannya ya.. aku berangkat april hehe :shy:
    Thx sebelumnya buat jawabannya~

    • Hi,

      1. Beli JR Kansai Area Pass aja 3hari ( 5.300 Yen ), keuntungan nya pass ini bisa pakai Bus yang dioperasikan oleh JR, di Kyoto ada tuh.

      2. Kalau kata traveller yang udah share di forum jalan2 di facebook, engga ada masalah dengan airbnb di Jepang, di print aja booking konfirmasi nya, in case di tanyain pihak imigrasi

      3. Gw sih cuma print bookingan penginapan aja waktu itu, sisa nya digital kaya itinerary, bukti konfirmasi willer

  • ko frenkey man, mau tanya dnk, murahan mana beli tiket satuan kyk jr pass atau beli 1 card aja yait SUICA card ???

  • Mas frengki…benar gak syarat masuk di jepang seharinya harus bawah uang 10.000 yen dan diperiksa petugas imigrasi dibandara jepang?

    • itu mungkin klo ( apes ) lagi kena random check aja sama petugas imigrasi nya, palingan di suruh kasi liat bawa uang berapa dan bukti perjalanan / booking hotel selama di jepang.

  • Mas frenky sy pernah dengar di jepang ada buat turis semacam kartu seharga kurang lebih 3jutaan itu bisa 8 hari bebas menggunakan semua transport termasuk shinkansen antar kota apa benar ya,klo 10 hari apa bisa di gunakan

    • Iya benar, nama nya JR Pass. Tapi ini bukan semua transport ya. Hanya transportasi yang dioperasikan oleh perusahaan Japan Railways ( JR ) saja yang bisa di gunakan oleh pass ini. Shinkansen termasuk transportasi JR. Selengkap nya tentang harga dan durasi JR Pass yang tersedia cek di sini http://his-travel.co.id/jrpass

  • Ko saya dan teman rencana backpacker ke japan 26 november -1 desember 2017 nah kita ini pertama kalinya ke jepang yang kita takutnya kalau ke sasar org asli jepang mau nolongin kita ga ya paling ga sampai hostel atau polisi sana mau nolong ga ya?parah banget :(

    • Mau banget nolongin, tenang aja, orang Jepang itu baik banget masalah kasih petunjuk arah ( in case dia lagi buru2 ya ).

  • Halo..

    Salam kenal dan mau minta input. Tgl 22 sep – 2 okt sy sekeluarga (ber 4 dgn 2 anak umur 12 thn dan 13,5 thn) akan ke Jepang utk pertama kalinya. Kami akan ke Tokyo, osaka dan kyoto. Itinerary sy spt ini:

    Day 1 terbang SQ sampai haneda jam 21.50 dan overstay di haneda krn sdh kemalaman
    Day 2 tokyo-osaka (explore osaka)
    Day 3 osaka-kyoto-osaka (explore kyoto dan nara)
    Day 4 USJ
    Day 5 Osaka-Tokyo (pagi explore osaka, sore explore tokyo)
    Day 6 Disneyland dan malemnya explore tokyo
    Day 7 Disneysea dan malemnya explore tokyo
    Day 8 Fuji dan lake kawaguchiko
    Day 9 sekitaran tokyo
    Day 10 sekitaran tokyo
    Day 11 balik narita-jkt

    Pertanyaan sy:
    1. Apa sy sekeluarga perlu JR Pass 7 hari?
    2. Kl JR pass 7 hari sisa 3 harinya baiknya pake apa suica atau TWP (kl day 9 dan day 10 akan ke kota2 sektran tokyo)?
    3. Bisa tlg rekomendasi kira day 9 dan day 10 kl sy mau ke kota2 dkt dr tokyo kemana saja?
    4. Permintaan anak2 sy utk ke 3 theme parks (USJ, Disneyland dan Disney Sea) dan karena sy takut kl weekend akan ramai makanya sy pilih hari senin sampai kamis, makanya sy agak susah jg utk atur itin di Osaka, Kyoto dan Nara.. jdnya banyakan di Tokyo. Mohon pencerahan utk jadwal ke 3 theme parks ini
    5. Krn sy masuk dr haneda dan plg dr narita, kira2 kl ke narita yg katanya lbh jauh dr pusat kota ke narita naik apa sj, belinya dimana dan brp kira2 hrg per org dan brp menit perjalanan ke narita krn pswt sy jam 11.10 tgl 2 okt?

    Terima ksh

  • ngurus visa jepang memang harus ke duta besar jepang di jakarta ya bang ? . soalnya saya tinggal di Banjarmasin

  • Halo mas frenky,
    saya akhir maret pengen liburan ke kobe, tertarik sama himeji castle. Kira2 tempat wisata lain yg ada d kobe yg recommended apa ya? Rencana tiga malam d kobe

  • halo, mau tanya dong
    klo dari tokyo ke shirakawa go, baiknya naik apa yah? mau yg murah aja klo bisa :)
    apa ada bis malam ke takayama/nagoya?
    makasih :)

  • Halo Frenky! Saya lagi nyusun rencana ke Jepang bulan Juli nanti dan artikel kamu ngebantu banget!! Tapi saya masih bingung soal Pasmo, JR Pass, dllnya. Saya 3 hari keliling di Tokyo lalu ke Kyoto & Osaka. Jadi lebih baik saya pakai pass yang mana ya?

    • Di Tokyo bisa pakai Subway Pass, Di Kyoto bisa Bus Pass, di Osaka bisa pakai Osaka Amazing Pass atau Osaka Subway Pass.

      Pembelian pass tergantung dari itinerary kamu. Pasmo / Suica Card itu fungsi nya sama seperti Octopus di HK / Ezlink di SG.

  • hai frank , salam kenal
    saya ada rencana ke tokyo tiba di narita pk. 14.25 waktu setempat – trus malamnya mau lgs menuju kyoto – itu enaknya pakai kereta atau bus , dan beli ticketnya di narita ada gak ?

    • Enak nya jelas pakai kereta Shinkansen ya. Naik narita express dulu dari narita airport ke shinagawa station ya, terus beli tiket shinkansen nya di station tersebut.

  • wah, thanks bgt ya bro informasinya.
    klo skrg di Jepang lagi musim salju yaa..

    kalau tempat wisata edukatif di Jepang apaan ya Bro? :star: :cheer: :cheer:

  • halo frenkey, tolong tanya itin santai sy ky gini gmn ya : 13 apr : Tokyo Tower – Shibuya Crossing – patung hachiko
    14 apr : Asakusa temple + Tokyo sky tree + Sumida Aquarium + Akihabara
    15 apr : Korakuen + Meiji shrine + Harajuku
    16 apr : Ginza + Shinjuku
    17 apr : Tokyo Bay
    18 apr : Fujiyama, tengkyu..

  • halo, boleh kasih saran kl mau keliling tokyo aja enak beli suica atau tokyo wide pass atau ada alternatif lain yg lebih ekonomis? thanx

    • Kalau cuma buat keliling Tokyo, yang ekonomis bisa beli Tokyo Subway Pass atau JR Tokunai Pass. Buat jaga-jaga, tetap beli Suica ya, siapa tau jalur yang di pakai tidak tercover oleh pass.

      • Itu pass nya beli di stasiun ada? Atau harus disiapin dr sini spt jrpass itu? Kl pake suica semua bakal lebih boros ya?

        • Jual pass nya hanya di stasiun yang tertulis di website saja, coba google ya pass yang mau dibeli, nanti kelihatan tempat jual nya. Tidak perlu siapin sejak dari Indonesia, bisa beli langsung on the spot ketika di jepang.

          Pakai suica semua belum tentu boros juga, harus lihat dulu arah main nya kemana, tapi pengalaman sih tarif kereta di Tokyo itu mahal, jarak deket aja udah at least kena 150 Yen.

  • Hai frenky, butuh saran dong.. saya ada rencana februari besok ke jepang, tujuan wisata. Rencana mau ajukan visa nih, saya dokter tp TNI juga. Kalau surat keterangan kerja gmn ya baiknya?

    • Hi Nouva,

      Menurut saya sih ga perlu kasih surat keterangan kerja ya, sebagai ganti nya kasih bukti aja kalau memang anda kerja di instansi pemerintah ( dalam hal ini TNI ), misal kasih fotokopi nametag atau dokumen lain nya.

      • Didalam pengajuan visa wisata saya tdk melihat dokumen surat keterengan kerja. Berarti kalau tdk dilampirkan tidak ada masalah kan ya? Atau ada syarat terbaru kah? Anda masih ada peta jepang?

        • Yup tidak masalah sih, itu saya lampirkan surat keterangan kerja cuma buat menyakinkan kedutaan aja, apalagi history paspor saya masih kosong karena baru perpanjangan paspor. Syarat nya masih sama, tidak ada update. Untuk peta jepang, cuma mengandalkan aplikasi google maps aja udah cukup.

  • Hai.. mau tanya. Lebih enak ambil tour atau jalan sendiri ya? Dan kalo ke osaka sendiri banyak wisatanya gak? Atau kyoto? On a budget soalnya. Seems like tokyo agak mahal kalo mau jan atau feb ini. Cara dptin tiket dr jakarta ke jepang atau kta dr jkrt ke KL dulu sih? Mohon infonya tq….

    • Lebih enak jalan sendiri ya, banyakan kyoto kalau tempat wisata.

      Langsung aja beli tiket Jakarta – Jepang kalau pakai maskapai full services. Kalau maskapai LCC sih pasti transit, contoh AirAsia transit di Kuala Lumpur dulu. Cara beli nya langsung ke website maskapai aja ya.

  • Hallo Om Franky, terimakasi blognya, sangat bermanfaat
    akhirnya tembus juga visa ke jepang, salahsatunya karena refrensi blog ini.

    saya skalian mau minta masukan ni.
    rencana ke jepang pas winter di januari.
    kalau bawa koper maximal ukurannya berapa ya? biar bisa di titip2 juga di loker roomnya

    • Wah mantap, semoga lancar dan menyenangkan ya trip jepang nya.

      Rasa nya maximal 32 inch ya, ukuran koper yang paling besar itu terbatas, semakin kecil semakin banyak ketersediaan loker nya.

  • halo.. mau nanya nih kalau mau ke jepang, recomend ga klo nginepnya lewat airbnb atau ada situs yang lebih murah. :yeah: .

Leave a Reply