TaiwanTravel ( Outside Indonesia )

Hari 6 : Keliling Taipei ( Maokong Gondola, Tamsui Old Street, Ximending )

Tamsui Old Street - Terlihat Banyak Bangunan Apartemen yang sudah cukup berumur

Di Hari ke 6 ini gue sudah kembali ke kota Taipei lagi dan merencanakan jalan-jalan santai aja, karena di 3 hari terakhir di kota Taichung, aktivitas jalan kaki yang di lakukan dari keliling Sun Moon Lake dan keliling Cingjing Farm lumayan buat pegal kaki juga. Aktivitas hari ini garis besar nya cuma main ke Maokong Mountain menggunakan Maokong Gondola dengan Lantai Cabin nya Transparan :)  kemudian menikmati sunset di Tamsui Old Street sekaligus icip-icip kuliner di sana dan di tutup dengan muter-muter tanpa arah di area Ximending Shopping Street yang kebetulan dekat juga dengan tempat penginapan gue.

MENUJU MAOKONG STATION

Arah Menuju Maokong Gondola
Maokong Gondola di lihat tidak jauh dari exit Taipei Zoo Station

Sampai dengan hari ke 6 di Taiwan, gue selalu mendapatkan cuaca pagi hari yang terik, beruntung juga trip kali sampai dengan hari ke 6 ini tidak mengalami jalan-jalan kehujanan! Sebelum berangkat ke stasiun MRT Ximen, gue menyantap sarapan pagi semangkuk nasi babi kecap di dekat penginapan. Lalu jalan kaki ke MRT Ximen dan mencari arah MRT Taipei Zoo. Kondisi penumpang nya tidak sepi-sepi amat saat itu, yang menarik nya adalah ketika ganti line kereta menuju Taipei Zoo, masinis nya tidak ada di dalam kereta! :kaget:

Masinis nya mengontrol gitu dari jarak jauh, ada banyak kamera di dalam kereta, utama nya di daerah pusat kendali kereta.Sampai di MRT Taipei Zoo, keluar di exit 2 untuk menuju Maokong Gondola. Jalan kaki sebentaran dari exit 2, udah kelihatan gedung Maokong Gondola nya. Untuk membeli tiket Gondola ke Maokong Mountaini ini ada 3 cara tersedia :

1. Beli tiket nya langsung di Vending Machine
  2. Bayar pakai EasyCard
  3. Beli Online dan Redeem, ini bisa dapat harga termurah! Beli Online tiket Maokong Gondola bisa di Link ini ( Klik Di Sini )

Klook.com

Kalau udah melakukan salah satu cara di atas dan mendapatkan tiket fisik nya, ya udah tinggal masuk dan antri untuk masuk ke gondola nya deh. Tipe Gondola nya ada yang lantai nya transparan dan ada juga yang tidak, harga sama aja! Cuma yang transparan lebih jarang aja cabin nya. Selain itu jumlah penumpang maksimum dalam 1 cabin berbeda antara yang transparan dan tidak, yang transparan maksimum 5 orang, sedangkan yang biasa antara 6 – 8 orang.

Jenis Gondola ke Maokong Mountain, Kapasitas Tiap Jenis Gondola, Titik Stop Gondola menuju Maokong Mountain
Pemandangan dari Gondola Maokong
Tujuan Akhir Gondola ke Maokong Station

Trip naik gondola ke atas ini, gue bersama 3 turis wanita asal Jepang ( 1 grup ) yang sudah cukup berumur tetapi mahir berbahasa Inggris! Karena setau gue orang Jepang kebanyakan tidak bisa berbahasa Inggris, gue pun kepo kenapa bisa lancar bicara berbahasa inggris, mereka bercerita jika dulu sekolah di Amerika tetapi sekarang sih udah tinggal di Jepang lagi dan mereka ber3 suka trip bareng mancanegara, mantap ya :wow:

Dari titik paling bawah Gondola sampai menuju titik akhir Maokong Station kurang lebih 25 menit lama nya dengan 2x pemberhentian. Sesampai nya gue di titik Maokong Station, akhir nya coba jalan-jalan keliling saja tanpa arah hahaha… ngikutin orang-orang paling rame jalan ke arah mana, ya udah gue ikutin aja dah.

KELILING SEKITAR MAOKONG MOUNTAIN

Jalan Kaki Santai melihat suasana Sekitar Maokong Mountain
Pemandangan Sekitar Maokong Mountain

Sebenar nya gue main ke Maokong Mountain ini pun tidak tau ada spot menarik apa di sini, jadi gue cuma random aja ke sini berdasarkan informasi tempat recommended yang bisa di kunjungi di Taipei dan mungkin karena efek mau naik gondola lagi, tapi yang lantai nya transparan :star:

Sepengamatan gue di sini sih, tempat ini cocok buat yang mau melihat view hijau-hijau gitu terus melihat kota Taipei dari ketinggian. Di sini ada beberapa tempat makan yang sepi dan tempat makan yang rame banget ( tapi gue engga tau jualan menu makanan apa ), cafe dan street food gitu. Jadi inti nya sih ke Maokong Mountain ini seperti wisata kuliner di atas bukit hijau :ngakak:

Aneka Jenis Jajanan yang di temukan di Maokong Mountain
Petunjuk Antrian Maokong Tour Bus

Buat keliling area Maokong Mountain ini harus jalan kaki ya guys, cuaca saat itu untung nya terik sih tapi tidak terlalu panas menyengat. Gue yang menemukan toko jual es krim akhir nya memutuskan beli es krim Matcha aja seharga 80 TWD, sama buat isi perut sekalian beli juga Takoyaki ala-ala seharga 100 TWD, isi 3 pcs Takoyaki Gurita. Karena bingung mau ngapain lagi di Maokong Mountain, akhir nya gue memutuskan balik aja ke bawah lagi naik Gondola.

Di dekat gerbang menuju Maokong Station, engga sengaja ketemu Maokong Tour Bus yang GRATIS buat yang bayar nya pakai EasyCard pas beli tiket Maokong Gondola. Ya akhir nya gue naik lah ke bus nya dan melakukan tapping EasyCard dan benar biaya nya 0. Singkat nya sih Maokong Tour Bus ini keliling-keliling area sekitar Maokong Mountain yang mana kalau jalan kaki itu bakal buat cape fisik banget. Kalau di tanya apakah view sekitar Maokong Mountain ini bagus? Menurut gue biasa aja, gue tidak teriak wow hahaha.. yang ada ngantuk di dalam bus karena adem bus nya dan lumayan buat melepas lelah di kaki. :shy:

KEMBALI MENUJU TAIPEI ZOO STATION

Pemandangan Kota Taipei dari dalam Cabin Maokong Gondola
Cabin Transparant Maokong Gondola ( Bonus Selfie Muka gue yg tidak jelas hahaha... )

Selesai tour gratis dengan bus Maokong, langsung jalan kaki ke Maokong Station untuk turun kembali naik Gondola. Jika ketika naik gue bersama turis Jepang, kali ini turun nya naik satu Cabin bersama dua turis pria, tapi gue engga ada ngobrol sama mereka sama sekali, gue sibuk foto-foto aja sama lihat pemandangan kota Taipei dari ketinggian. Turun dari gondola, tujuan berikut nya adalah menuju Tamsui Old Street.

Dan begitu gue melihat peta MRT Taipei, gue baru sadar ternyata lokasi Taipei Zoo MRT Station ke Tamsui MRT Station terletak ujung ke ujung, Taipei Zoo terletak di ujung kanan bawah ( Brown Line ), sedangkan Tamsui terletak di ujung kiri atas ( Red Line ). Lama perjalanan nya sendiri kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam 30 menit, tapi kabar baik nya gue naik MRT bukan di jam berangkat / pulang kerja sih, jadi kondisi penumpang MRT nya tidak terlalu ramai sehingga gue bisa duduk santai di dalam MRT bahkan nyaris tertidur lelap karena nyaman banget naik MRT di Taiwan :yawn:

JALAN-JALAN SANTAI DI TAMSUI OLD STREET

Tamsui Old Street - Terlihat Banyak Bangunan Apartemen yang sudah cukup berumur
Tamsui Old Street – Terlihat Banyak Bangunan Apartemen yang sudah cukup berumur
Tamsui Old Street - Banyak Aneka Jajanan yang di jual baik di kaki lima maupun di dalam Gedung
Tamsui Old Street – Banyak Aneka Jajanan yang di jual baik di kaki lima maupun di dalam Gedung
View Pinggir Laut di Tamsui

Waktu menunjukkan jam 16.30 saat gue sampai di Tamsui dan kesan pertama gue melihat Tamsui ini seperti perpaduan kota tua bernuansa modern dan terletak di pinggiran laut ( seaside ) gitu, mirip kaya suasana di Ancol! :relax:

Di tempat ini terlihat banyak orang ( kebanyakan lokal Taiwan ) yang datang ke tempat ini, memang cozy banget tempat nya buat duduk santai-santai sambil ngeliat pemandangan pinggir laut dan ngeliatin orang mancing di Tamsui. Di sini juga tersedia beberapa tempat duduk yang terbuat dari semen gitu, atau kalau mau praktis duduk di hamparan rumput aja, tapi duduk di sini baru nyaman kalau cuaca nya kering ya, kalau baru hujan sih pasti engga ada yang bakal mau duduk :ngakak:

Anyway, walau sebenar nya di daerah sekitar depan apartemen ada beberapa etalase penjual makanan, gue memilih jalan kaki santai aja di sepanjang pinggir laut di Tamsui ini, suasana nya benar-benar mirip berasa di Ancol dah! Beda nya masuk ke Ancol ada tiket masuk nya, di sini gratis! :peace:

Menikmati Suasana Sunset di Tamsui
Mencari Nafkah dengan Bermusik di Pinggiran Laut Tamsui
Selfie dulu guys! Background : Seaside Sunset View Tamsui

Di sini juga terlihat ada beberapa pencari nafkah yang menjual jasa membawakan alunan lagu yang merdu ( singkat nya : sebut saja pengamen ). Tetapi pengamen di sini sangat berdedikasi sih, kebetulan saat itu gue melihat 3 pengamen di 3 titik berbeda yang agak berjauhan, kesemua nya memainkan alat musik yang enak di dengar. Sunset di kejauhan membuat suasana terasa romantis di sini buat yang datang nya berpasangan, kalau yang datang nya sendirian ya udah nikmati sendiri aja dengan foto gaya ala-ala :shy:

Atau kalau misal nya pede tingkat tinggi, coba kenalan aja sama ABG Taiwan di sana, sepengamatan gue sih banyak ABG di sana foto-foto gitu, tapi gue kaga yakin apakah mereka orang lokal Taiwan atau turis luar Taiwan juga, muka nya asia Chinese semua sih hahahha…

WISATA KULINER DI TAMSUI STREET FOOD AREA

Banyak Banget Jajanan yang bisa di temukan di Tamsui Old Street
Keramaian Night Market di Tamsui Old Street Area

Di Tamsui Old Street ini juga terdapat aneka jajanan yang banyak sekaleeee jenis nya. Selain itu penjual aksesori, fashion seperti tas, baju juga ada, pokok nya siapin uang aja yang banyak biar lapar mata nya bisa tersalurkan dengan belanja! Anyway, karena tempat nya ramai sekali oleh pengunjung dan juga ada beberapa spot yang sempit, jadi siap-siap aja merasakan hawa yang panas dan pengap ya! Di Tamsui Old Street ini gue membeli 1 gelas Bubble Milk Tea ( lagi-lagi ) di toko bernama “Hello Kitty” harga nya 50 TWD, dan Cheese Chicken Ham 70 TWD, harga jajanan nya rata-rata di range 50 – 200 di Taiwan ini.

Gue sendiri memilih tidak lama-lama di area tempat belanja Tamsui ini karena selain sudah mulai capek kaki, gue pengen jalan-jalan santai di Ximending Street aja, karena dekat dengan penginapan gue selama di Taipei. Ketika gue sampai di Tamsui Station, baru sadar ternyata saat itu gue sedang berada di jam rush hour pulang kantoran, jadi nya efek nya rame banget isi penumpang nya, tapi untung nya sih klo di jam rush hour jeda kedatangan tiap MRT nya jadi lebih cepat, misal 1 MRT datang tiap 10menit, di jam rush hour jadi 5menit, jadi kenyamanan penumpang masih terjaga juga.

WISATA KULINER DI XIMENDING SHOPPING STREET

Ximen Walker Street - Tempat Jual Aneka Jajanan, Cuci Mata sambil Jalan Kaki :)
Ximen Walker Street – Tempat Jual Aneka Jajanan, Cuci Mata sambil Jalan Kaki :)
Contoh Aneka Jajanan yang bisa di temukan di Ximending Shopping Street
Salah Satu Sudut Keramaian di Ximending Shopping Area

Di Ximending Shopping Street ini sih tempat nya lebih modern dan ramai oleh cahaya neon dari tiap toko. Selain itu juga ada beberapa outlet yang jualan makanan yang sudah terdapat di luar Taiwan, contoh HotStar, Shihlin, dan pasti nya fast food chain seperti KFC juga ada di sini, btw ini gue pertama kali nya liat counter KFC di Taiwan hahaha…

Di Ximending Street ini gue cuma beli makanan penutup buat dinner hari itu sih, 1 ayam boneless bumbu Thai ( harga 100 TWD ), merk nya gue kaga tau apa karena gue cuma melihat yang beli banyak! Sehabis itu jalan-jalan keliling aja liat kiri kanan ada apaan aja di Ximending ini, dan engga sengaja ketemu lokasi Modern Toilet Cafe ( yang pada akhir nya gue kunjungi ke esokan hari nya ).

Dan berakhir lah cerita perjalanan gue di Taipei hari ini, masih sisa 1 hari yang bisa di ceritakan, di tunggu ya post berikut nya :bye:

Antrian HotStar Ximending yang terletak di bawah KFC! Tulisan HotStar nya tidak terlihat karena terlalu silau buat di foto :)) - Ayam Boneless Bumbu Thai
Antrian HotStar Ximending yang terletak di bawah KFC! Tulisan HotStar nya tidak terlihat karena terlalu silau buat di foto :)) – Ayam Boneless Bumbu Thai
Modern Toilet Cafe Ximending Street

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

4 Comments

• Tep kalau aku gak bakal naik gondolanya ahhahahah. Apalagi yang transparan. Naik lift yang dindingnya transparan saja kudu beradaptasi lama, apalagi lantainya yang transparan ahahhahahah.

Itu tempat sunset bagus buat motret aktivitas pengunjung kala sore, mas.

• Nangis banget itu liat aneka jajanan banyak bangeettt!! Hahaha. Tapi emang kebanyakan yang digoreng yaa. Kalo gitu wajib sedia air putih yang banyak :D

• iya jajanan street food gitu biasa nya minyak2 gitu kan ya, terus kadang2 udah hitam pula hahaha.. tapi ya sudah lah tutup mata aja, belum tentu ada kesempatan balik lagi ke tempat ini soalnya hahaha