Hari 4 : One Day Trip Keliling Sun Moon Lake dari Taichung

Di hari ke empat ( 08 November 2017 ) ini gue memulai itinerary baru di kota Taichung setelah 3 hari jalan-jalan santai di kota Taipei. Untuk itinerary hari ini sih cuma main ke 1 tempat aja, yaitu Sun Moon Lake ( Danau Matahari Bulan ) yang akses nya mudah di jangkau dengan menggunakan Bus Nantou, tinggal siapkan duit cash saja ya untuk beli Sun Moon Lake Pass nya :keren:

Sun Moon Lake ini merupakan destinasi populer kalau berkunjung ke Taichung loh, biasa nya sih wisatawan memilih melakukan perjalanan satu hari ( One Day Trip ) pergi pulang dari Taipei ke Taichung ke Sun Moon Lake dengan cara naik kereta HSR dari Taipei ke Taichung, lalu dari stasiun HSR Taichung tinggal naik bus Nantou aja, untuk arah pulang nya juga tinggal pakai cara yang sama. Tapi kalau seandai nya anda ingin mengunjungi Cingjing Farm juga di hari berikut nya seperti yang gue lakukan, lebih baik bermalam 1 malam di Hotel di Taichung :info:

TIKET KERETA TAIPEI KE TAICHUNG, TOUR SUN MOON LAKE RECOMMENDED

Klook.com
Klook.com

* * * * *

Breakfast di Hotel VIP Taichung

Breakfast di Hotel VIP Taichung

Aktivitas hari ini di mulai dengan breakfast terlebih dahulu di Hotel VIP Taichung yang sangat recommended banget ( booking di sini ya VIP Hotel Taichung ) sekitar jam 09.00, lalu menikmati makanan di sini buat mengumpulkan tenaga sampai jam makan siang nanti. Secara jumlah variasi makanan breakfast VIP Hotel ini, cukup banyak dan enak-enak! Ada bubur juga bahkan susu kacang juga… Mantapppp gan…. :star:

Jadwal Bus Nantou Taichung ke Sun Moon Lake : http://www.ntbus.com.tw/en-sml.html

Harga Sun Moon Lake Pass : http://www.ntbus.com.tw/en-p-1.html

Taichung Gancheng Station - Tiket Combo Nantou Bus dan Sun Moon Lake

Taichung Gancheng Station – Tiket Combo Nantou Bus dan Sun Moon Lake

Setelah perut terisi dengan kenyang, jalan kaki menuju Taichung Gancheng Station yang letak nya dekat sekali dengan lokasi VIP Hotel Taichung, hanya perlu berjalan kaki kurang lebih sejauh 150 meter. Gue awal nya mencari lokasi tempat keberangkatan bus Nantou sempat kebingungan juga, padahal lokasi nya dekat banget dari VIP Hotel, cuma memang di dekat VIP Hotel ini kebetulan ada terminal Bus dan juga tempat bus parkir gitu, mana ada 2 tempat pula, yang mana dua-dua nya salah tempat, jadi makan tenaga sedikit deh gara-gara acara nyasar ini :crying:

Simpel nya untuk ke titik meeting point bus Nantou dari Taichung ke Sun Moon Lake ini, dari pintu keluar VIP Hotel, langsung belok kiri, terus jalan lurus aja kurang lebih 150 meter, terus cari plang kuning kaya gambar di atas, kalau di Google Maps cari titik point Nantou Bus Ticketing ya. Counter bus Nantou ini model nya kaya ruko gitu, dan tempat pemberhentian bus nya di pinggir jalan gitu, warna bus nya khas Kuning ( dominan ) sama Hijau. Gue waktu itu memilih membeli paketan tiket pergi pulang Taichung – Sun Moon Lake dan tiket keliling Sun Moon Lake yang seharga 720 NTD dengan jadwal keberangkatan jam 10.30, berangkat on time loh, jadi jangan sampai terlewat ya jam nya! :info:

Peta Sun Moon Lake ( Klik untuk Perbesar )

Peta Sun Moon Lake ( Klik untuk Perbesar )

* * * * *

SAMPAI DI SHUISHE VISITOR CENTER ( SUN MOON LAKE AREA )

Shuishe Pier ( Dermaga Shuishe )

Shuishe Pier ( Dermaga Shuishe )

Kapal Feri yang di gunakan, Kapal Speedboat Kuda Emas :))

Kapal Feri yang di gunakan, Kapal Speedboat Kuda Emas :))

Rute perjalanan yang di tempuh benar-benar sesuai dengan timetable dan sesuai estimasi, gue benar-benar sampai di titik point pemberhentian bus Sun Moon Lake ( Shuishe Visitor Center ) di jam 12.10, mantap on time banget! Awal-awal sampai di titik Shuishe Visitor Center ini gue pun bingung gitu dah harus kemana, terus ambil peta brosur gitu di dalam, baca-baca sekilas, akhir nya gue memutuskan berjalan kaki saja ke Shuishe Pier yang lokasi nya tidak jauh dari Shuishe Visitor Center ini.

Di Shuishe Pier ini, gue menyerahkan potongan tiket kapal ( sudah termasuk dalam paketan dengan tiket bus ) ke penjaga kapal dan kemudian tangan gue pun di berikan cap. Lalu gue menaiki kapal yang sudah menunggu di dermaga, tidak menunggu terlalu lama, perahu pun berangkat, isi penumpang nya tidak rame-rame amat, gue masih bisa dapat tempat duduk di dalam, karena cuaca terik banget di luar, jadi opsi duduk di dalam kapal memang lebih baik :peace:

SAMPAI DI XUANGUANG TEMPLE

Petunjuk Arah Xuanguang Temple, Toko Makanan Yang Ramai, Batu Besar Objek Foto Pengunjung

Petunjuk Arah Xuanguang Temple, Toko Makanan Yang Ramai, Batu Besar Objek Foto Pengunjung

Tujuan utama menaiki perahu ini sebenar nya adalah ke Ita Thao Pier untuk kemudian menuju Sun Moon Lake Ropeway Station, tetapi sebelum menuju tujuan utama, kapal ini transit dulu di pulau yang terdapat Xuanguang Temple di dalam nya. Di dalam pulau ini, gue hanya melihat ada beberapa toko makanan, dan salah satu nya ada yang berupa bangunan semi permanen gitu, dan cukup ramai oleh pengunjung, tapi gue kaga tau dia jualan apa hahaha… :peace:

Selain itu atraksi utama nya yang sudah pasti adalah Xuanguang Temple, menurut gue nothing special sih, paling yang menarik ada sebuah batu besar yang di jadikan objek foto oleh pengunjung lokal, sayang gue tidak mengerti arti tulisan di batu tersebut, yang pasti terdapat antrian buat yang mau berfoto di depan batu tersebut.

SAMPAI DI ITA THAO PIER

Ita Thao Pier Sun Moon Lake

Ita Thao Pier Sun Moon Lake

Karena tidak ada yang bisa di lihat-lihat lagi, di pulau Xuanguang Temple ini gue cuma menghabiskan waktu 15 menit saja, sehabis itu menuju ke dermaga untuk menaiki kapal kembali menuju tujuan utama yaitu Ita Thao Pier. Perjalanan ke Ita Thao Pier ini tidak memakan waktu lama, hanya butuh kurang lebih 15 menit saja, sangat dekat memang. Dari kejauhan, lokasi Ita Thao Pier ini lebih menjanjikan untuk berkeliling seperti nya :star:

Dan memang benar, sesampai nya di Ita Thao Pier, sudah terlihat deretan tempat jajan makanan dan minuman, looks nyummy dan mengoda perut dan mulut untuk mencoba aneka macam jajanan yang ada di depan mata tersebut, tapi begitu ingat duit yang di bawa terbatas, beli secukup nya aj dah :sigh:

Deretan Gang Tempat Jajan di Dekat Ita Thao Pier, Petunjuk Jalan menuju Sun Moon Lake Cable Car

Deretan Gang Tempat Jajan di Dekat Ita Thao Pier, Petunjuk Jalan menuju Sun Moon Lake Cable Car

Aneka Jajanan ( Sosis Babi, Kue Beras, Sate Tusuk, Bubble Milk Tea )

Aneka Jajanan ( Sosis Babi, Kue Beras, Sate Tusuk, Bubble Milk Tea )

Setelah berputar-putar keliling gang yang ada tempat jajanan nya, akhir nya gue membeli jajanan Bubble Milk Tea ( entah kenapa bawaan nya selalu pengen beli minuman ini ) 50 TWD, lalu sate daging ayam tusuk 50 TWD dan terakhir kue beras ber-topping 40 TWD, lumayan bisa buat perut kenyang sampai malam setidak nya. Setelah perut kenyang dan hati pun senang, perjalanan berlanjut kembali menuju Sun Moon Lake Ropeway Station, kira-kira jarak nya 1 KM ya guys :sweating:

Untuk menuju Sun Moon Lake Ropeway Station ini sebenar nya pasti melewati Ita Thao Lakeside Trail, atau simpel nya berjalan di samping Sun Moon Lake dan pastikan membawa bekal makanan ringan / minuman ya, lumayan juga jalan nya 1 KM. Jalan nya sih bagus dan nyaman, cuma lurus aja dan jalur menanjak / menurun nya cuma sesekali, kebetulan cuaca nya juga teduh saat itu, kiri kanan nya banyak pepohonan jadi bikin udara lebih segar.

Sun Moon Lake Ropeway Station dari Kejauhan, Perjalanan Menuju Sun Moon Lake Ropeway Station

Sun Moon Lake Ropeway Station dari Kejauhan, Perjalanan Menuju Sun Moon Lake Ropeway Station

Gerbang ( Tori ) Sun Moon Lake Ropeway Station

Gerbang ( Tori ) Sun Moon Lake Ropeway Station

Area depan Sun Moon Lake Ropeway Station di tandai dengan ada nya Tori ( Gerbang ) khas Jepang yang besar sekali. Tinggal ikuti petunjuk saja menuju ke lantai atas nya, bisa naik Lift kalau udah capek naik tangga lagi haha.. Untuk naik Cable Car Ropeway di station ini, tiket nya sudah termasuk dalam paketan ketika beli tiket bus Nantou. Buat yang punya spare banyak waktu santai, duduk-duduk santai di sekitaran Tori ini sih juga asyik banget, sambil melihat pemandangan Sun Moon Lake dan di terpa angin yang lama-kelamaan buat ngantuk hahaha…  :ngakak:

Gue sendiri karena waktu santai nya tidak banyak, akhir nya langsung memilih naik Cable Car saja, antrian nya tidak panjang, untuk tipe Cabin nya sendiri semua sama waktu jaman gue kesana ya, maksud nya tidak ada pilihan Cabin Transparant atau tidak lantai nya, saat itu pilihan nya tidak transparant semua. Tapi sejak awal Januari 2018, pilihan Cabin dengan Lantai Transparant sudah ada, untuk harga nya gue kaga paham deh sama atau tidak.

NAIK CABLE CAR MELIHAT INDAHNYA SUN MOON LAKE

Pemandangan Sun Moon Lake dari Cable Car

Pemandangan Sun Moon Lake dari Cable Car

Pemandangan Cable Car di atas Sun Moon Lake

Pemandangan Cable Car di atas Sun Moon Lake

View Sun Moon Lake dan Cable Car

View Sun Moon Lake dan Cable Car

Waktu itu karena kondisi nya sangat sepi sekali sehingga banyak Cabin Cable Car yang dalam posisi tidak ada penumpang, sehingga saat itu gue pun hanya naik Cable Car berdua saja dalam 1 Cabin. Seingat gue 1 Cabin ini bisa menampung maximal 6 orang saja, tapi semua kembali lagi di faktor berat badan nya sih, nanti ada petugas yang mengatur, mereka lebih paham pengaturan nya. Aktivitas naik Cable Car Sun Moon Lake ini wajib sih, durasi nya memang tidak lama, hanya sekitar 10 menit saja, jarak tempuh kurang lebih sekitar 1,85 Kilometer. Tapi pemandangan nya Sun Moon Lake dari atas ini memang bagus sih, apalagi cuaca memang mendukung banget saat itu, alias cerah banget.

Kalau di tanya aktivitas nya ngapain di dalam Cabin Cable Car, ya cuma bisa sebatas foto-foto aja, kalau buat yang takut ketinggian ya pasti cuma bisa berharap cepat sampai ke Station berikut nya, ngeri-ngeri sedap soalnya melihat ke bawah, jarak dari darat ke Cabin Cable Car nya lumayan bisa buat kepala pusing soalnya.

KEMBALI PULANG DARI FORMOSAN VILLAGE STATION

Formosan Village Station dari Cable Car, Suasana di Formosan Station, Pintu Masuk Formosan Village

Formosan Village Station dari Cable Car, Suasana di Formosan Station, Pintu Masuk Formosan Village

Narsis & Check-In dulu di dalam Cable Car Sun Moon Lake

Narsis & Check-In dulu di dalam Cable Car Sun Moon Lake

Sesampai nya di Formosan Station, di sini cuma ada tempat belanja oleh-oleh gitu dan 1 gerbang masuk menuju Formosan Aboriginal Culture Village, tapi sayang nya paketan tiket yang gue beli tidak include buat masuk ke dalam nya. Walau bisa beli tiket on the spot, entah kenapa gue merasa sayang untuk beli dan jam sudah menunjukkan jam 4 sore saat itu, jadi mendingan gue jalan-jalan muter aja di daerah tempat jual oleh-oleh walau pada akhir nya engga beli apa-apa sih hahaha :shy:

Karena tidak mau membuang waktu di sini, ya udah akhir nya naik Cable Car lagi buat balik ke Sun Moon Lake Ropeway Station, jangan lupa selfie ya di dalam Cable Car nya biar ada bukti udah pernah ke Sun Moon Lake :ngakak:

KEMBALI PULANG MENUJU PUSAT KOTA TAICHUNG – VIP HOTEL

Jadwal Bus Dari Sun Moon Lake ke Taichung Railway

Jadwal Bus Dari Sun Moon Lake ke Taichung Railway

Dari Sun Moon Lake Ropeway Station untuk kembali ke titik awal Shuishe Visitor Centre, tinggal pakai cara yang sama aja, jadi dari Sun Moon Lake Ropeway Station jalan kaki kembali ke Ita Thao Pier terus naik perahu kembali ke Shuishe Pier, jalan kaki dah ke Shuishe Visitor Centre. Sesampai nya di Shuishe Visitor Centre, gue melihat masih ada tiket bus keliling Sun Moon Lake yang bisa di pakai, ya udah akhir nya cari bus tersebut dan engga turun-turun dan dari titik start sampai akhir tujuan, hitung-hitung sekalian duduk santai perengangan kaki yang pegal terus sambil liat pemandangan sekitar.

Kurang lebih 1 jam perjalanan sih dari titik start Shuishe Visitor Centre sampai ke titik akhir ( gue lupa nama nya ), terus ternyata bus tersebut adalah kloter terakhir, dari titik akhir mulai jalan bus nya jam 18.00 sampai lagi di titik Shuishe Visitor Centre jam 18.45an. Gue sendiri untuk kembali ke VIP Hotel mengandalkan jam keberangkatan yang benar-benar terakhir Bus Nantou di jam 19.25, gambling juga sih seandai nya bus nya engga datang gimana, atau misal nya gue salah baca jadwal, biaya kembali ke VIP Hotel naik taxi pasti mahal banget :noooo:

Gue sempatkan di sisa waktu menuju jam 19.25, mampir dulu ke 7Eleven membeli makanan + minuman untuk mengisi perut yang benar-benar lapar sekali saat itu. Perut yang lapar tidak akan bisa membuat otak berpikir dengan cemerlang dan tidak bisa mengambil keputusan yang tepat #cieeeee. Sambil menunggu di depan spot halte bus browsing-browsing mediasosial, akhir nya bus Nantou nya datang di sekitar jam 19.15an, yeahhhh amannnn,, gue pun langsung bergegas masuk dan ternyata penumpang yang naik memang tidak banyak dan gue pun memilih tidur di sepanjang perjalanan pulang menuju VIP Hotel.

Makan malam hari itu akhir nya di tutup dengan makan paketan nasi instant di supermarket dekat hotel, sungguh perjalanan yang cukup melelahkan ke Sun Moon Lake karena area nya luas sekali, tapi sangat worth sih mampir ke Sun Moon Lake ini, buat yang suka bersepeda keliling, di sini juga ada tempat penyewaan sepeda, hati-hati aja jangan sampai hilang ya sepeda nya :info:

END


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: