JepangTravel ( Outside Indonesia )

Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang ( Updated 2023 )

Visa Jepang

Pengalaman membuat Visa Jepang ini merupakan pengalaman kedua gue dalam mengurus Visa di kedutaan langsung setelah Visa Korea Selatan ( Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan ) dan proses pembuatan Visa Jepang ini pun cukup mudah dan tidak susah, hanya butuh sedikit usaha saja :star:

Pada post ini, gue akan coba sharing cara membuat Visa Jepang dengan Passport Biasa ( Bukan E-Passport ) berdasarkan pengalaman pribadi untuk trip ke Jepang selama 10 hari :senang:

* * * * *

Catatan Perjalanan Selama di Jepang 10 Hari 6 Kota ( Klik Gambar di Bawah )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota
Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota

* * * * *

A. Waktu dan Tempat Pendaftaran dan Pengambilan Visa Jepang

  • Japan Visa Application Center di Kuningan City lantai 2 hanya menerima permohonan visa yang KTP nya Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung
  • Permohonan Visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing, acuan nya berdasarkan domisili yang tertera di KTP. Sebagai contoh misal tempat tinggal sementara di Jakarta karena untuk mencari nafkah, tetapi alamat pada KTP domisili nya di Jawa Timur, maka pengajuan Visa harus di lakukan di kantor konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, tidak bisa di JVAC di Jakarta.
  • Untuk melihat wilayah pembagian kantor konsulat Jepang di Indonesia sesuai wilayah di KTP dapat di cek : Wilayah Yurisdiksi Kantor Konsulat Jepang

JVACKonsular Jepang
Jam 09.00 – 17.00Pengajuan Permohonan Visa : 08.15 ~ 11.30
Pengambilan Passpor : 13.15 ~ 15.30
  • Hari Kerja :  Senin – Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Tanggal libur kedutaan bisa di cek pada link berikut : Hari Libur Kedutaan Jepang di Indonesia
  • Proses pembuatan visa : Minimal 4 (empat) hari kerja

B. Biaya Pembuatan Visa Jepang ( Per November-2022 )

  • Visa Single Entry : Rp 400.000
  • Visa Multiple Entry : Rp 800.000
  • Visa Transit : Rp 90.000
  • Tambahan Biaya VFS Global ( Jika Apply Visa di JVAC ) : Rp 182.000

C. Persyaratan Visa Jepang Turis ( Single Entry )

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa dan pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram) – Download Formulir Visa – QR Code (PDF)]
  • Foto kopi KTP
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  • Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang) – Download PDF Jadwal Perjalanan
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir. (Bila pemohon lebih dari satu)
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).
  • Semua dokumen harus di serahkan menggunakan kertas A4 ( tidak boleh menggunakan ukuran kertas lain )

* * * * *

Berikut detail penjelasan dokumen yang gue siapkan dulu ketika apply Visa Jepang :

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa. [download (PDF)] Untuk cara pengisian nya dapat mengacu pada gambar di bawah dan setiap pertanyaan yang tidak ada jawaban nya ditulis dengan “NONE”
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
  • Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram). Background yang di gunakan warna putih.
  • Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  • Surat Keterangan Bekerja. Surat Keterangan Kerja harus dalam Bahasa Inggris, mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Karena status gue adalah karyawan swasta, maka surat ini tinggal minta ke HRD
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang). Lampirkan E-Ticket yang anda punya.
  • Jadwal Perjalanan [ download (PDF)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang). Berikut contoh Itinerary yang gue lampirkan saat itu
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu). Di sini gue melampirkan Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir. Lampirkan fotokopi buku tabungan halaman depan yang berisi identitas dan mutasi rekening 3 bulan terakhir, kalau mau lebih lengkap lampirkan Surat Referensi Asli dari Bank.
  • Bukti pemesanan penginapan. Bisa melampirkan print out dari BOOKING[dot]COM sebagai bukti telah menyewa penginapan.

* * * * *

UPDATE NEWS DARI KEDUTAAN TERKAIT VISA JEPANG

15 Oktober 2020 - Klik Untuk Melihat Berita

Mulai tanggal 19 Oktober 2020, pelayanan aplikasi visa Jepang akan dilakukan kembali di Japan Visa Application Center (JVAC) di Kuningan, Jakarta.

1. Sehubungan dengan dibukanya kembali JVAC, layanan aplikasi visa akan dilaksanakan dengan prosedur seperti di bawah ini. Mohon diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan mengenai dokumen aplikasi visa dan lokasi pengajuan aplikasinya.

Aplikasi visa : Diajukan di JVAC (dengan sistem reservasi). Pada prinsipnya Kedutaan Besar Jepang di Indonesia tidak melayani aplikasi visa.

2. Untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19, pengajuan aplikasi visa di JVAC dilakukan dengan sistem reservasi. Mohon akses URL berikut untuk melakukan reservasi.

Situs untuk reservasi di JVAC: https://visa.vfsglobal.com/idn/id/jpn/book-an-appointment

3. Konsultasi mengenai visa atau reservasi melalui telepon dapat dilakukan dengan menghubungi alamat e-mail atau nomor telepon berikut.

Japan Visa Application Center (JVAC), Kuningan City 2nd floor Unit L2-09, Jakarta

01 Desember 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Terdapat update dari kedutaan Jepang terkait Visa Waiver ( Bebas Visa Jepang dengan E-Passport ), selengkap nya dapat di baca pengumuman nya di link berikut http://www.id.emb-japan.go.jp/info17_08_visawaiver.html

01 September 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Japan Visa Application Centre di Lantai 4 - Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan
Japan Visa Application Centre di Lantai 4 – Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan

Sesuai dengan berita di website kedutaan Jepang ( http://www.id.emb-japan.go.jp/news17_15.html ) maka per tanggal 15 September 2017 semua proses pengajuan Visa Jepang ( Visa Sticker ) untuk wilayah Yurisdiksi ( Wilayah Kerja )


Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung


akan di lakukan melalui “Japan Visa Application Centre” yang beralamat di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta Selatan

Catatan :

1. Biaya Logistik* yang akan dikenakan untuk Aplikasi Visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa E-Paspor di JVAC per paspor sebagai berikut :

  • Aplikasi Visa Rp 155.000
  • Registrasi Bebas Visa Rp 115.000
  • Setiap aplikan akan diminta untuk membayar biaya visa ditambah dengan biaya logistik ini.
  • Jadi biaya aplikasi Visa Jepang Single Entry per 15 September 2017 adalah 370 ribu + 155 ribu = 525 ribu

2. Pada dasarnya, mulai 15 September 2017 Kedutaan Besar Jepang tidak menerima lagi aplikasi pengajuan visa kecuali untuk pengajuan aplikasi visa sebagai berikut :

  • Registrasi Bebas Visa E-Paspor ( Boleh diajukan di Kedubes Jepang atau JVAC )
  • Visa Diplomatik dan Visa Dinas (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

3. Info selengkap nya, bisa di baca di link berikut ( http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/ )

Pengalaman Membuat Visa Jepang di Tahun 2015

Visa Jepang
Visa Jepang

Karena gue gagal mendapatkan E-Passport pada saat mencoba perpanjang Paspor di Maret 2015 lalu ( Perpanjang Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat ), akhir nya gue pun mengurus Visa Jepang dengan menggunakan Paspor Biasa 48 halaman dan menyiapkan syarat-syarat yang wajib di siapkan oleh Kedutaan Jepang.

Persyaratan mengurus Visa Jepang dapat di lihat langsung pada Website Kedutaan Jepang

Kemudian karena tujuan gue datang ke Jepang sebagai Turis yang ingin berwisata maka pilihan yang di gunakan adalah point nomor 4. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri

* * * * *

Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta
Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta

Karena semua dokumen untuk syarat Visa Jepang sudah siap dan domisili KTP gue di Jakarta, maka pada tanggal 12-Mei-2015 gue pun berangkat ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta yang beralamat di jalan M.H. Thamrin No. 24 lokasi nya persis sebelah Plaza Indonesia. Karena di Kedutaan Jepang tidak ada parkir mobil / motor untuk tamu, jadi gue pun parkir kendaraan di Plaza Indonesia, untuk motor bisa parkir di sekitaran Jalan Kebon Kacang. Jangan lupa sebelum datang ke Kedutaan Jepang, cek dulu apakah hari itu ada libur khusus Kedutaan karena ada event tertentu.

Pukul 10.00 gue sampai di depan Kedutaan Besar Jepang, pas masuk gerbang tuker identitas diri terlebih dulu di pos security. Lalu masuk ke ruang utama, ambil nomor antrian pada sebuah mesin. Di sini mesin antri nya ada 2, yang 1 untuk nomor antrian Visa Jepang umum dan yang 1 nomor antrian untuk Daftar Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

Begitu nomor antrian di panggil, gue pun menyerahkan dokumen yang telah di siapkan dan berurutan dari nomor 2-8. Dan tanpa di tanya apapun tentang kelengkapan dokumen, kemudian petugas menyerahkan selembar kertas bukti penyerahan dokumen untuk di isi nama, nomor passport dan nomor kontak yang dapat di hubungi. Dan akhir nya di berikan penjelasan Paspor dapat di ambil kembali pada tanggal 18-Mei-2015 ( 4 hari kerja ).

Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang
Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang

Pada tanggal 18-Mei-2015, dengan bantuan teman trip yang akan pergi ke Jepang bersama nanti, gue pun meminta tolong dia untuk di ambilkan Paspor kepunyaan gue karena faktor jam pengambilan dan tempat kerja gue yang cukup jauh dari lokasi Kedutaan Jepang.

Tanpa surat kuasa, hanya bermodalkan kertas yang di serahkan petugas Kedutaan Jepang, akhir nya Paspor gue sukses di ambil oleh teman trip gue dan di dalam nya sudah tertempel sticker Visa Jepang untuk ijin tinggal 15 hari dan masa berlaku 90 hari :cheer:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa Jepang

Q : Apakah wajib melampirkan bukti pemesanan penginapan untuk apply Visa Jepang ?

A : Sebenar nya tidak ada keharusan dari persyaratan yang terlampir, tapi untuk lebih menyakinkan kedutaan Jepang terutama untuk bagian dokumen perjalanan, jadi sangat di sarankan melampirkan bukti booking penginapan, bisa di pakai dari situs BOOKING[dot]COM atau AGODA memakai banner di bawah :

Booking.com

Booking.com

AGODA


Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa Jepang dapat di wakilkan ?

A :  Pada prinsipnya pengajuan permohonan visa dilakukan oleh Pemohon langsung di loket visa. Namun, pengajuan permohonan visa oleh grup atau perusahaan seperti tercantum di bawah ini bisa diwakilkan (oleh staf dari kantor tempat pemohon bekerja dan/atau keluarga):

  • Anak berusia di bawah 16 tahun, orang berusia lebih dari 60 tahun atau orang dengan keterbelakangan fisik,
  • Pemohon dengan paspor diplomat atau dinas dengan tujuan kunjungan dinas,
  • Pemohon yang mengajukan permohonan visa melalui biro perjalanan yang sudah disetujui oleh kantor Konsulat Jenderal Jepang.

Staf dari kantor pemohon bekerja dan/atau keluarga harus melampirkan :

  • Surat tugas dari kantor dan foto copy KTP messenger; atau
  • Foto copy bukti hubungan keluarga

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa Jepang untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika apply Visa Jepang ini, paspor gue benar-benar masih baru banget tanpa ada history travelling sama sekali, maka masalah paspor kosong ini tidak perlu di khawatirkan, yang penting dokumen lengkap!

Q : Saldo di tabungan bank bikin galau nih, kebetulan lagi banyak pengeluaran akhir-akhir ini, gimana tuh ?

A : Baik nya saldo di tabungan bank di jaga dulu selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa, menurut gue aman nya itu pakai rumus harian Rp 1.500.000 x ( Lama Tinggal ) = Saldo Tabungan yang mengendap

Q : Apa keuntungan apply Visa Jepang Biasa di bandingkan Visa Waiver Jepang dengan E-Passport?

A : Buat anda yang mau tinggal di Jepang lebih dari 15 hari, maka di haruskan masuk menggunakan Visa Jepang Biasa karena Visa Waiver Jepang durasi tinggal maksimal 15 hari per kedatangan. Selain itu Visa Jepang Biasa yang masih berlaku dapat di gunakan untuk masuk ke Taiwan tanpa perlu mendaftar Visa Taiwan ( hanya cukup registrasi online saja ) :info:

Q : Kalau kerja sebagai seller online shop / wiraswasta , gimana tuh Surat Keterangan Kerja buat syarat Visa Jepang nya ?

A : Bisa di contoh pembuatan nya seperti gambar di bawah! Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa
Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa

Q : Kalau orang tua / kakak kandung jadi penjamin biaya untuk pembuatan Visa Jepang ini, gimana tuh ?

A : Bisa di contoh pembuatan surat keterangan jaminan nya seperti gambar di bawah, pada contoh surat ini John Cena berperan sebagai penjamin ibu dan adik nya yang akan melakukan trip ke Jepang. Sebagai bukti keuangan dan penjamin trip ini, John Cena melampirkan mutasi rekening 3 bulan terakhir nya.

Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Buat Visa Jepang - Surat Jaminan Keluarga
Buat Visa Jepang – Surat Jaminan Keluarga

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam membuat Visa Jepang, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

835 Comments

  • Saya ada rencana jalan-jalan Jepang berdua dengan istri saya, saya sendiri kerja nya online Shop. Mohon petunjuk apa aj syarat yang harus siapkan? Untuk dapat bukti boking tiket pesawat dan hotel gimana y cara nya?

    • HI Iyan,

      Syarat nya yang tertulis di post ini, persiapkan aja point demi point. Untuk surat keterangan kerja, bisa di ganti dengan buat statement letter bahwa anda bekerja di online shop ( contoh juga terlampir di post ini ).

      Kalau masalah bukti booking tiket pesawat, ya berarti harus beli, alternatif nya minta ke travel agent buatkan dummy booking, tapi biasa kena charge ya. Untuk bukti booking hotel pakai http://www.booking.com saja, cari yang free cancelation ( di baca baik2 rule penginapan nya ) sebelum memutuskan book.

  • halo bang..

    saya mau nanya:

    1.saya mau ke jepang tanggal 4 juni ini tiket sudah pesan juga kira2 keburu ngga buat visa jepang nya?
    2.data di tiket saya semua udah benar,tapi kesalahan di bulan lahir saya,apa ntar di prmasalahin pas urus visa? apa harus di perbaiki dulu
    3.pas ke kedutaan nya cukup bawa fotokopian aja apa perlu yang asli?
    4.saya mau urus visa kunjungan keluarga,4-22 juni ngga kelamaan kan bang?

    makasih bang tolong di respon
    mohom

    • Hi Raja,

      1. Masih keburu, visa Jepang umum nya 5hari kerja sudah jadi. Tanggal 23 Mei paling lambat deh buat kamu urus ya, lebih cepat lebih baik.

      2. Tidak ada masalah dengan bulan lahir, itu urusan nya ke maskapai, yang penting nama di tiket nya sama dengan paspor.

      3. Cukup Fotokopian aja untuk dokumen pribadi, yang aseli itu seperti bukti rekening koran, surat ket kerja / sponsor / mahasiswa

      4. Umum nya sih Visa Jepang itu durasi nya 15 hari, kalau sampai 18 hari sih seperti nya kedutaan nanti bakal menyesuaikan lagi masa durasi tinggal visa nya. Coba untuk masalah ini tanya ke kedutaan Jepang di Indonesia langsung ya, sama atau engga prosedur nya.

  • hi kaka mau nanya :1.kalo tuk visa selain epaspor ribet gak ya? 2.berapa estimasi dana yg hrs ada direk untuk bepergian keluarga 4org?3.apakah rekening koran cukup rekening suami/istri?

    • Hi Indah,

      1. Engga ribet ya, asal dokumen nya yang di minta lengkap, kalaupun ada kurang, biasa nya nanti di minta via telpon untuk di bawa kekurangan dokumen nya.

      2. Asumsi aja 1 orang 10jt, jadi setidak nya ada 40juta dalam 1 rekening tabungan ya

      3. Pakai rekening koran salah satu aja ( suami / istri ) cukup kalau dana simpanan nya memang oke, terus bisa di buktikan hubungan keluarga nya dengan kartu keluarga

  • mas..saya mau nanya ..kan visa ijin tinggal nya 15 hari dan berlaku sampai 90 hari ( utuk passport biasa yg bukan visa waiver)
    Kalo saya nanti ngrus visa nya untuk liburan ketemu suami saya (Indonesian) yg kerja dsna kira2 lamanya sebulan, bisa pake visa single entry(visa liburan), kan 15 hari ijin tinggal na kalo lebih dari 15 hari tgl dsna gmn mas? Musti renew..?
    Terus utk planning traveling nya jg msti d bkin yah? baru pertama kali mo ke jepang nih..kaya na kli visa visitng family agak ribet ngrus nya jadi eke mo pke visa liburan dlu..

    • Hi Indah,

      Dulu pernah nanya ke kedutaan Jepang via Facebook sih, apply aja seperti biasa ntar durasi masa tinggal nya bisa di perpanjang ( maksimal jumlah hari yang di berikan tidak tau ) sesuai dengan tiket pergi dan pulang dari Jepang nya. Jadi maksud nya untuk kasus Indah ini ya berarti di kasih masa tinggal 30 hari. Coba aja telpon ke kedutaan Jepang untuk menyakinkan hal tersebut.

      Kalau visa wisata arti nya tetap buat itinerary ya, buat kasaran aja, engga usah detail-detail banget.

      • ok mas makasih yah info na membantu sekali :) jadi jumlah hari tinggal depend tiket kita jg yah (bisa sekitar sebulan) utk itinerary na jadi bkin sebulan mas? smga aj aplikasi nanti d terima..:) oh ya kalo transit ke korea (mo jalan2 dlu) berarti ngrus ke embassy korea beda lagi yah..
        terima kasih mas :)

        • Yup bikin sebulan, tapi engga usah detail-detail ya, cukup draft kasar aja. Kalau mau ke Korea harus buat Visa Korea tersendiri ya, tidak bisa pakai visa transit Korea menggunakan Visa Jepang lagi.

          • 1. mas frenky.. saya mau nanya lagi mas.. kalo misalnya kan saya udh punya passport yang elektronik, kan nanti ngrus visa ke dubes nya dpt yang visa waiver yah? itu syarat nya lebih simpel di banding yang passport biasa? 9ga perlus list liburan, buku tabungan , tiket n hotel) bener ga c mas? nah terus stay nya cuma maksimal 15 hari yah? ga bisa di extend ampe nambah 15 hari lagi (total stay 1 bulan) krn planning mau ktmu ama suami bulan july ini.. (ngrus visa brp hari mas? jadi kita beli tiket nya kapan yah? setelah dpt visa ato sebelum dpt visa na)
            2. oh ya mas, kalo misal nya kita nge booked tiket itu musti dari sebulan sblm trip yah biar murah? kalo bulan july kira2 mahal ga yah tiket na.. terus booked nya udh musti bayar gtu ga c? mas biasanya trip ke japan pke maskapai ap mas yang murah n nyaman :)?
            makasih yah:)

            • ada saran ga mas krn nanti planning saya stay 1 bulan sedangkan visa waiver nanti kan dpt na max cuma 15 hari.. :confused:

            • 1. Engga bisa pake visa jenis waiver, harus pake visa sticker jepang kalau mau masa tinggal lebih dari 15 hari. Persyaratan nya sesuai dengan yang ada di post ini lalu beli tiket nya harus sebelum apply visa nya. Lebih baik telpon ke kedutaan Jepang langsung buat pasti nya, kalau informasi dari saya mah pasti belum terbukti kebenaran nya, soalnya bukan pengalaman pribadi.

              2. Belum tentu juga sebulan sebelum trip lebih murah, bisa jadi malah lebih mahal. Kalau july pas libur lebaran SUDAH PASTI harga nya mahal bisa naik 2-3x lipat dari harga normal. Kalau booked via website maskapai ya langsung bayar. Saya biasa pakai AirAsia.

              • iyah mas makasih yah udh share :) jadi sebaiknya walaupun pake e-passport kalo mau lebih dari 15 hari , berarti apply nya sama sprti visa biasa yah mas..?

                bulan July emg rada mahal yah..udh ay searching tiket di air asia paling murah 7 jt an itu jg ad pake acara additional facility segala mcm gtu yah..

                huhuh.. padahal pgen bgt lebaran bareng suami bulan july ,, tpi kaya na mepet bgt wktu na..cuma bs bulan july .. :sigh:

  • Hi…..salam kenal
    Aku rencana brgkt musim panas thn ini tgl 13-20 agustus.
    Aku msh blank paspor krn bikin paspor emang cm buat ke jepang doang
    1. Aku rencana apply visa tgl 6 juni 2016. Waktunya ga kecepatan khan klo apply tgl segitu?
    2. Stay 7 hri dana 20an cukup nggak yach? Takut visa ditolak.
    3. Apakah ada masa berlaku surat keterangan kerja yg diajukan? Aku prnh baca surat keterangan kerja berlaku 10 hri sejak diterbitkan.
    4. Temanku yg trip bareng nama di ktp n paspor berbeda. Nama di paspor sama dgn nama di akta lahir. Apakah perlu membuat surat keterangan beda nama?
    Maaf yach pertanyaan sy byk krn niy pengalaman pertama sy ke LN. Dan sy horor banget takut visa di tolak coz tiket pesawat pp n hotel tuk 7 hri dah di booking semua.

    Arigatou :)

    • Hi Halija,

      1. Engga masalah, sudah pas waktu nya

      2. Cukup banget, tapi selain bukti keuangan, dokumen lain juga harus di lengkapi

      3. Rasa nya tidak ya, tapi biar menyakinkan anggap saja tanggal maksimal ( kadaluwarsa ) nya 2 minggu

      4. Tidak perlu ya, teman saya juga nama paspor nya beda KTP engga ada masalah, nama di paspor di tambah nama ayah nya.

      Good luck buat visa jepang nya.

  • Halo kak frenkey,
    Mau tanya nih kan skrg saya tinggal di filipina krna bkrja dsni, kira2 bsa gak ya apply visa turis di kedutaan jepang yg ada di filipina? Soalnya mahal juga kan kl harus plg ke Ind dl buat apply visa ke Jepang hehe
    Makasih kak

    • Hi Malika,

      Bisa apply visa jepang di filipin ASAL kamu punya izin visa long term stay ( kerja atau kuliah ) di filipin.

  • Hi kak Ferenky,
    Aku ad plan k Jepang klu gk akhr thn ini ya awal 2017. Aku ad bbrp pertanyaan ni kak:
    1. Passpor 24 halaman bisa apply visa jepang kan ya kak? Soalnya passporku masih valid s/d Juni 2018 .__.
    2. Slain liburan, aku ksna karena mau nengokin pacarku yg lg kerja di sna. Nah better tetep apply utk visa wisata or visa kunjungan kerabat?
    3. Apakah hrs attach bukti booking hotel? Kan skr ad couchsurfing gitu.

    Sankyu kak sblumnya

    • Hi Melz,

      1. Visa Jepang tidak ada masalah dengan paspor 24 halaman

      2. Better visa wisata, kalau kunjungan kerabat harus pake invitation ketter lagi

      3. Lebih baik tetap melampirkan ya buat menyakinkan kedutaan, walau ujung2nya tetap pakai couchsurfing

  • Kak Frenky, saya berencana ke Jepang. Apakah visa bisa dibuat jauh2 hari biar tenang? Saya brgkt rncana msh 4 bln lagi. Bgmn dg masa berlakunya? Apakh masa berlakunya menyesuaikan jdwal kepergian kita? Atau dihitung sejak visa dikeluarkan? Trims atas penjelasannya.

    • Hi Yudi,

      Masa berlaku visa Jepang itu 90 hari ya, jadi apply nya lebih baik ketika sudah H – 60 hari keberangkatan. Masa berlaku nya terhitung 90 hari sejak visa di keluarkan, tapi beda kan ya dengan masa berlaku visa dan masa tinggal, itu dua hal berbeda.

  • Hai, Kak Frenky,

    Mau tanya dong. Itu yang “Peraturan di Hapus per 1 Mei 2016” , maksudnya visa Jepang Biasa ngga bisa dipake masuk ke Korea Selatan? Saya berencana liburan dengan rute Indonesia-Jepang-Korea Selatan-Jepang di bulan November 2016.

    Terima kasih.

    • Hi Fahmi,

      Yup benar, per 1 Mei 2016, Visa Transit Korea Selatan menggunakan Visa Jepang tidak berlaku lagi jadi kalau mau pakai rute seperti yang kamu tulis harus apply 2 Visa, Visa Jepang dan Visa Korea Selatan.

      • Sorry Ka, salah ketik rutenya, maksudnya rute Indonesia-Jepang-Korea Selatan-Indonesia.

        Ke Korea Selatan nya ngga bisa pake visa Jepang?

        Terima kasih.

        • Per 1 Mei 2016, tidak berlaku lagi Visa Transit Korea menggunakan Visa Jepang, jadi kamu harus apply 2 Visa ( Visa Jepang dan Visa Korea Selatan ). Ini pengumuman langsung dari website kedutaan korea ya, karena banyak imigran gelap WNI di Korea :(

  • Halo, kak Frenky,

    Saya ada pertanyaan soal tiket PP. Itu kan kita nggak perlu beli tiket beneran, karena takut kalau nantinya visa ketolak, uang terbang, tiketnya jadi sia-sia. Kakak pesan tiket dimana ya?

    Dan soal jadwal perjalanan, ada rumor kalo staynya lama dan jadwalnya terlalu detail bisa ditolak visanya. Saya berencana untuk liburan disana selama 14 hari. Karena tiketnya juga jenisnya open booking ticket, apa jadwalnya harus asli? Misalnya saya tulis jadwal untuk 7 hari, padahal aslinya nanti mau 14 hari, apa bisa? Toh kalau dapat visa nantinya masa berlakunya tetap 15 hari, kan.

    Dan saya belum bekerja, tapi sudah lulus kuliah. Jadi belum punya surat keterangan kerja, dan kartu pelajar pun sudah expired :sigh: Apa akan jadi masalah kalau tidak menyertakan kedua dokumen tersebut?

    Terima kasih :beg:

    • Hi Anggia,

      Kalau masalah tiket seperti nya harus sudah issued ya, tapi saya kurang paham juga, waktu itu sih saya beli sudah di bayar soalnya karena faktor tiket promo beli langsung di web nya AirAsia langsung, tidak dapat di refund.

      Jadwal liburan nya mengacu ke tiket pesawat ya, kalau tiket pesawat nya jeda pergi dan pulang nya 14hari ya arti nya tulis itinerary nya 14 hari juga.

      Seperti nya masalah ya, terus yang bisa buktikan kamu balik ke Indonesia setelah travelling apa? atau engga kamu dapat duit darimana? kalau punya usaha online shop, buat surat statement aja kerja online shop, tapi fakta ya, kalau bohong2an ya hoki2an kalau itu :)

  • Siang Kak,

    Salam kenal ya kak,
    Mau minta contoh surat keterangan kerja berbahasa inggris bole kak?

    Makasihhhh

    Mayke :bye:

      • Pagi Frenky…

        Makasih bgt infonya lengkap… Rencana ke jpn msh akhir mei sih.. jd lg nyiap2in berkas2 yg diperluin. Btw kalo aku mau minta juga contoh surat keterangan kerja berbahasa inggris boleh?

        Makasih banyak Frenky

        Fifi

  • Halo mas bro, selamat malam

    saya mau tanya dong, kalo usaha online gitu kan kata mas melampirkan surat keterangan saja kalau kita owner nya. Nah, apa perlu kita melampirkan SIUP juga? padahal usaha online saya tidak memiliki SIUP.

    Terimakasih sebelumnya :)

    • Hi Novisa,

      Engga perlu ya melampirkan SIUP, tapi pastikan saja usaha online nya emang nyata dan dapat dibuktikan kebenaran nya, maka dari itu di cantumkan link-link tempat jualan nya, kalau punya website pribadi sih lebih baik lagi.

      Selain faktor itu, tinggal harap-harap cemas aja deh :)

  • hallo, selamat siang mas. Saya Ayu, mau tnya nih.. saya mau membuat visa jepang untuk kunjungan seminar publikasi ilmiah di jepang April ini,, menurut anda saya harus memilih menggunakan visa wisata apa bisnis ya? jikalau bisnis saya tidak memiliki invitation letter yang dikirim pihak jepang karena kesekretariatannya di Hongkong mas..
    apakah lebih baik visa wisata? lalu saya adalah mahasiswi dan belum bekerja apa surat keterangan bekerja dapat diubah menjadi surat keterangan belajar? terimakasih mas bantuan informasinya..

    • Hi Ayu,

      Kalau kasus nya tidak punya invitation letter, maka buat visa kunjungan aja ya, tidak ada masalah.

      Surat keterangan kerja boleh di ganti dengan surat keterangan aktif sebagai mahasiswi, dan apabila kamu sekarang status nya mahasiswi aktif S1 ( bukan D3 atau S2 ) maka kamu tidak perlu bayar visa jepang nya ( 330 ribu ). Pastikan aja di surat aktif mahasiswi kamu ( dalam bahasa inggris ) mencantumkan kamu itu masih aktif sebagai mahasiswi S1 ya.

      Syarat lain nya tapi tetap cantumkan ya seperti biasa seperti itinerary, bukti booking pesawat pergi pulang dan penginapan, rekening koran 3 bulan terakhir cukup fotokopi aja dari buku tabungan nya.

  • Hey bro/sis yg sudah email gw minta soft file surat keterangan online shop smua sdah gw replied & visa nya approved tuh. senang bs share info….oh iya surat itu jg gw pake utk apply visa schengen (eropa) no problema di approved jg. thanks ya frenky blog nya bs jd sharing info :)

    • Thank you juga sis udah mau sharing :)

      Nanti siapa tau kapan-kapan gw yang minta surat keterangan nya buat apply visa schengen *masih berangan-angan* :yeah:

      • bole aza…..gw senang bs sharing dgn bro/sis. gw doyan travelling klau mo tanya2 info negara2 bebas visa indonesia & info tempat2 wisata yg keren, murah meriah tp fun di eropa, amerika, amerika selatan ntar gw share ya. moga berguna buat bro/sis di blog ini yg pengen travelling tanpa ikut tour :relax: :relax:

  • Hai Ferenky,

    Thanks buat infonya yang sangat berguna. tapi ada beberapa yang mau saya tanya :
    1. Saya rencana mau buat visa dengan calon istri saya , apakah calon istri saya perlu ikut ke kedubes atau kalau saya saja yang datang untuk urus kami berdua bisa tidak?
    2. Saya bisa minta tolong dikirimkan contoh surat keterangan bekerja dalam bahasa inggris?
    3. Pada saat pengisian formulir, di kolom surname itu harusnya diisi nama belakang kita atau ditulis NONE saja? karena kalau saya lihat di beberapa blog berbeda beda cara pengisiannya.

    Thank you

    • Hi Ade,

      1. Karena masih calon istri, sebaik nya datang berdua ya, kalau sudah sah ( dibuktikan dengan Kartu Keluarga ) tidak ada masalah datang sendiri salah satu nya.
      2. Oke nanti saya kirimkan via email ya
      3. Kalau pengalaman pribadi sih ya, khusus buat Surname saya tetap kosongin aja karena nama saya hanya satu suku kata. Tapi untuk kolom-kolom lain nya, yang tidak ada isi nya saya tulis NONE.

  • Malam pak frenky saya mau tanya, utk pembuatan visa jepang haruskah menyertakan NPWP? Untuk saat ini saya bekerja sebagai karyawan tp saya blm memiliki NPWP. .karena tgl 15 oktober nanti saya akan menikah jdi terpikir utk NPWP saya akan digabung dgn suami karna stelah menikah saya akan keluar dr perusahaan yg skrg. .sdangkan jdwal saya ke jepang adalah tgl 29 oktober. .mohon pencerahannya. .trimakasih :)

    • Malam juga Bu Ria, di persyaratan nya di web kedutaan Jepang tidak ada kata-kata NPWP ya untuk Visa Turis jadi otomatis tidak perlu melampirkan NPWP. Segala hal tentang perpajakan tidak perlu di lampirkan.

  • Hai mas frenky saya kan berniat pergi ke jepang juni nanti. Boleh saya minta juga contoh surat keterangan kerja nya dalam bisa inggris. Kebetulan saya buka usaha OLSHOP jg. Thank ya. Please send by email. :info:

    • ok sudah di kirimkan via Email ya contoh sample nya, tinggal di sesuaikan saja + di tambahkan link jualan Online Shop tempat jualan kamu agar lebih menyakinkan :bye:

  • Hai, mau tanya dong… klo saya mau kasih surat referensi, tapi engga kerja kantoran, buka toko jualan online dan offline, itu gimana ya surat keterangan bekerjanya? Boleh minta kirimin contohnya ga? Soalnya rada bingung nih dan ga ada siup juga, minta tolong sarannya yaa… makasih

  • Hi Frenkey, bisa minta juga contoh surat keterangan bekerjanya lewat email? Oya, itu sama aja kan sama surat tugas kantor?
    Betewe domisili sama KTP saya alamatnya beda, tapi sama2 Surabaya… Mestinya ga ada masalah kan? Soalnya saya baru pindah rumah beberapa bulan ini, dan belum saatnya update KTP. Klopun ga boleh emangnya kedutaan bakal ngecek yah haha soalnya rumah saya yg sesuai KTP juga statusnya masih rumah kosong yg belum terjual. Trus rumah baru saya gak ada akses telkom, jd gak ada nomor telpon lokal buat dicantumkan di form pengajuan visa. Apakah bakal bermasalah?
    Thank u buat jawabannya yah

    • Hi Lid,

      Ok nanti saya kirimkan via email ya, surat tugas kantor beda format ya, kalau surat sponsor perusahaan ini format nya udah umum sih.

      Engga ada masalah, engga bakalan di cek hahah.. nomor telpon juga engga masalah deh engga di cantumkan, visa Jepang engga seribet itu minta macam-macam ya :)

  • hai kak Frenky,,

    mau tanya nih, kalo saya domisili di jogja..mau bikin visa buat ke jepang itu juga harus datang ke kantor jakarta ya?
    tq jawabannya

    • Hi Lely,

      Iya harus datang ke kantor kedutaan Jakarta langsung ya, atau engga bisa ditolak petugas formulir nya. Alternatif nya pake travel agent ya atau minta tolong keluarga yang ada hubungan dibuktikan dengan kartu keluarga.

  • senin 29 feb gw masukin berkas utk visa jepang & hari ini sdh di approved!!! gampang banget utk urus visa jepang & korea walau cuma punya usaha online shop kayak gw. lampirin semua berkas yg diminta trus buatin deh surat keterangan pemilik usaha online shop diatas kertas putih lgkp dgn logo online shop……visa korea gw seblumnya jg sma tuh di approved tanpa ada masalah so buat bro/sis yg punya usaha online shop don’t worry be happy……lengkapin aza dokumen yg diminta pasti deh visa nya approved. buat bro/sis yg pengen contoh surat keterangan online shop saya silahkan email ya ke Email Ke Sini :yeah: :yeah:

    • Makasih banget buat sharing testimonial buat Visa nya! Yuk Bro / Sis, terutama buat yang kerja Online Shop nih, boleh di ikuti saran si Mba Metha ini :good:

  • Hai Ferenky,

    Mau tanya kalo orang tua saya punya toko atau kios sendiri itu bikin surat keterangan punya toko nya gimana ya? Boleh minta surat keterangan nya seperti apa untuk referensi? Terima Kasih.

    • Hi Denny,

      Buat surat keterangan aja bahwa orang tua bro itu wiraswasta jualan apa gitu, header nya kasih nama toko, alamat, no telpon, terus di bagian bawah kasih tanda tangan sama cap toko ( kalau ada ). Kalau punya SIUP boleh di sertakan fotokopian nya.

      Sorry contoh surat wiraswasta nya engga ad bro, tapi teman gue yang online shop begitu ya, buat surat keterangan begitu mencantumkan link-link jualan nya ( website, FB, Twitter, Dll ), visa jepang nya di approve lancar jaya :)

  • Hai mau tanya,
    Apa memang harus melampirkan surat keterangan kerja? karena saya liat di syarat ga ada ya. Saya masih karyawan kontrak, apa tetap lampirkan surat keterangan kerja ya?
    Boleh minta copy surat keterangan kerja dlm bahasa inggrisnya? email sy: hananopia@gmail.com
    Terimakasih banyak

    • Hi Hana,

      Kalau misal nya paspor mu history travelling nya bagus, ada visa ausie, amerika, eropa dan lain-lain nya, syarat surat keterangan kerja tidak di perlukan lagi ya.

      Kalau kasus saya sih karena paspor saya benar-benar kosong akibat baru perpanjang paspor ya, jadi lebih aman untuk saya buat menyertakan surat keterangan kerja sebagai bukti bahwa saya pasti kembali ke Indonesia lagi.

      Kalau kamu bisa sertakan surat keterangan kerja, ya sertakan saja lebih baik, cuma buat pembuktian saja ke kedutaan kalau kamu itu pasti kembali lagi ke Indonesia :)

      Ok nanti saya kirim via email ya contoh surat dari HRD saya.

      • Saya sudah 3 kali ke jepang sebelumnya tapi waktu masih mahasiswa, dan pernah ke taiwan juga. Cuma sekarang baru kerja dan masih kontrak jadinya bingung apa memang harus melampirkan surat kerja krn statusnya masih kontrak^^;

        Emailnya sudah masuk, terimakasih banyak ya.

  • Hi..ms frenkey..klo sy domisili cirebon..buat visa jepang nya ttp di kedubes jpg yg di jkt kan mas..?.mksh

  • Dear Frenky,

    terimakasih untuk informasi di blognya yang sudah sangat membantu terutama untuk pengisian formulir pengajuan visa. Kebetulan minggu depan saya akan mengajukan permohonan visa untuk keberangkatan di bulan April. Tapi karena ini perjalanan traveling saya (secara mandiri) yang pertama, masih ada beberapa hal yang masih belum jelas.

    Rencananya saya akan pergi bersama dengan Adik saya, semua dokumen sudah lengkap dan setau saya pengajuan untuk kami berdua nanti cukup disatukan dalam satu map pengajuan saja. Tetapi tiba-tiba saja ada teman adik saya (3 orang) yang mendadak ingin ikut pergi ke jepang juga tapi masuk dari Korea (mereka seminggu sebelumnya ke Korea dulu lalu gabung dengan kami ke Jepang). Untuk pemesanan hostel di Jepang, semuanya saya satukan pemesanannya atas nama saya. Apakah pada saat pengajuan nanti kami berlima harus disatukan dalam satu map pengajuan? Ataukah teman adik saya bisa mengajukan sendiri di map pengajuan yang berbeda tp booking hostel atas nama orang lain(saya)? Saya agak khawatir apabila ada kekurangan di syarat pengajuan teman2 adik saya maka akan berpengaruh dengan pengajuan kami. Mohon pencerahannya dan terimakasih untuk bantuannya.

    • Hi Yoana,

      Kalau menurut saya, lebih baik setiap orang punya dokumen ( booking penginapan + pesawat ) masing-masing ya, walaupun punya hubungan kekeluargaan juga, karena seperti nya ketika proses arsip, dokumen visa itu kan di steples masing-masing per aplikasi visa ya.

      Untuk masalah penginapan yang di booking atas nama orang lain juga tidak ada masalah, saya seperti itu kasus nya di booking kan oleh teman saya dengan menggunakan nama dia.

      Jadi inti nya sih tiap orang punya map pengajuan sendiri ya, jangan di buat jadi 1 map. Eh tapi nanti ketika di serahkan ke petugas nya sih engga pakai map ya, langsung serahkan aja semua dokumen nya berurutan sesuai aturan, di cek sama petugas nya udah lengkap, terus di steples deh ama petugas nya.

  • sory bro nanya lagi,kan gw baru bikin e KTP eh ternyata d KTP baru salah bulan lahir dengan d passport.kira2 itu ga jdi masalh kan ya buat ajuin visa? tks :confused:

    • Ada fotokopian KTP lama ( bulan lahir nya benar ) yang masih berlaku engga sampai dengan hari H pengajuan Visa? Kalau ada dan masih valid masa aktif nya, pake itu aja kalau gw bilang sih ya.

      Tapi kalaupun engga ada, pakai E-KTP dengan salah bulan lahir jg engga masalah sih hrus nya, patokan identitas kamu pasti lebih ngikut ke passpor ya, KTP di sini lebih buat nentuin daerah domisili kedutaan Jepang di kota mana yg cocok dengan domisili di KTP kamu.

      Kalau KTP Jakarta misal nya ya berarti ajuin di kedutaan Jepang di Jakarta. KTP Jakarta engga boleh ajuin di kedutaan Jepang di Surabaya.

      • KTP lama uda ga valid si,oohh gtu ya E-KTP nya si JKT juga bro.moga aja ya ga jadi masalah krn d passport bulan nya 01 eh pas yang E-KTP 02 Hhehehe kan kalo urus lagi bakal ribet lagi.satu lagi nanya bro gw kan brangkat april awal kira2 urus visa sebulan sebelumnya ya?maaf ya nanya2.tks

        • Yup benar sis, urus aja di maret awal, atau pertengahan februari malah lebih baik, takut april high season karena lagi musim sakura, masa berlaku visa Jepang itu 90hari, masa tinggal nya cuma 15hari ( jika di form tulis lama tinggal nya <= 15 hari )

          • bro frenky itu form yg aku download di atas untuk itenerary n form pengajuan visa boleh di foto copy aja kan ya buat teman2 yang lain ku ngisi.tks ya

            • Kalau form aplikasi sih kalau hasil fotokopian nya bersih, engga ada masalah sih, udah itu nanti isi dengan tulis tangan aja masing-masing.

              Kalau itinerary kalau samaan semua, ya udah fotokopi aja engga masalah juga.

  • Halo! Salam kenal, saya Theresia. :peace:

    Sebenarnya sudah 2 kali ke Jepang dan akan ke sana lagi April 2016 ini. Tapi kasus kali ini spesial karena saya akan pergi dengan Mama saya yang sekarang posisinya adalah pengusaha (dengan jabatan Direktur).

    Saya mau tanya, apakah saat apply visa, Mama juga harus melampirkan surat sponsor dari perusahaan? Ataukah melampirkan SIUP dan NPWP saja cukup? SIUP dan NPWP yang mau diserahkan saat apply visa apakah harus dibawa dokumen aslinya juga?

    Thank you in advance ya~ :senang:

    • Halo! Salam kenal juga, saya Frenky :peace:

      Menurut saya tetap buat surat sponsor perusahaan ( asli ) dengan kop surat ( logo, alamat, no telp perusahaan ) yang menyatakan sebagai owner ( direktur ) ya.

      Terus kalau emang punya SIUP, boleh di lampirkan tuh fotokopian nya saja, nanti taruh di belakang surat sponsor.

      NPWP engga perlu. Dokumen asli tidak perlu dibawa, proses penyerahan dokumen nya nanti cepat banget ke petugas nya asal udah lengkap dan berurutan dokumen nya sesuai persyaratan.

      Itu aja udah jaminan approve sih visa nya.

  • bro, numpang tanya donk. pada wkt pengajuan visa jepangnya apakah diminta surat keterangan bekerja?
    saya bisa minta contoh surat keterangan bekerja mu yg dalam bahasa inggris?
    kalo misal yg mengajukan visa adalah wirausaha online yang tidak memiliki izin usaha seperti itu bgmn ya? apakah ada dokumen pengganti untuk surat keterangan bekerjanya?
    Sama apakah saya boleh melihat contoh itinery mu bro selama di jepang.

    Thanks bro bantuannya :peace:

    • Hi Bro,

      Gw langsung lampirkan sih bro surat keterangan kerja nya, oke nanti gw kirimkan via email ya.

      Kalau usaha online gitu engga ada masalah sih, teman perjalanan jepang gw waktu itu juga usaha online, dia buat surat pernyataan bahwa dia kerja usaha online, terus dia sebutin website jualan nya, omset nya juga, dan mulai usaha jualan online sejak kapan.

      Itinerary gw bisa di lihat di sini bro, sorry engga ada versi dokumen terpisah nya
      https://frenkeyblog.com/jalan-jalan-ke-jepang-10-hari-6-kota/

  • Haii.. saya mau ke Jepang tgl 15 Mei 2016 bareng teman2. dan yang mau saya tanyakan untuk masalah saldo di rekening kan harus 3bln. misalkan Bulan terakhir (Bulan 3) sebelum saya Aply saya Gendutin dan memang dana nya buat ke JPG itu bisa gak ya..?? soalnya rekening mutasi 2bln terakhir miriss habis holiday Tahun Baru plus sinciaa hahaha jadi saya rencananya mau aply Visa bulan Maret atau April. Mohon pencerahannya ya. Thankskiu :)

    • Hi Natalia,

      Lebih baik sih ya jangan buat rekening nya tiba-tiba ada ‘dana kaget’ begitu, misal dari saldo 1juta, tiba-tiba di bulan ketiga langsung 15jtan.

      Jika kondisi nya memungkinkan di buat bertahap penambahan dana nya, misal dari awal 10jt, lalu tinggal 5jt, terus di bulan ketiga ada 15jt, harus nya engga ada masalah sih.

      Jangan lupa buat sekalian surat referensi bank, di surat itu ( pengalaman Bank BCA ) ada keterangan kita nasabah aktif sejak tahun berapa, jadi lebih menyakinkan kedutaan tentang bukti keuangan kita :)

  • Mas, untuk apply visa apakah bisa ditempat domisili yang tidak sesuai dengan ktp. Saya domisili di Jakarta namun KTP luar Jawa. Terima Kasih

    • Hi Silvi,

      Engga akan bisa mba, pasti di tolak kedutaan nya. Lebih baik pakai travel agent saja kalau kasus nya sudah beda domisili seperti ini.

  • mat sore mas frengky,…. mau nanya ni, saya asal Manado-Sulawesi Utara, dan punya passport & telah berakhir tahun 2013 Januari. Kalau saya pengen buat e-passport, apakah passport yg lama dari Manado dibawah serta atau gimana ? dan kalau dalam pengfurusan visa ke jepang, apakah perlu melampirkan surat keterangan bekerja dari perusahaan atau gimana ? Kalau ada contoh surat pekerjaan dalam bahasa Inggris, minta tolong dikirimin ya mas ? ini alamat email aku : rudy_bitung@yahoo.com !!! makasih sebelumnya mas atas bantuannya diucapkan banyak terima kasih

    • Hi Mas Rudy,

      Fisik passpor lama nya harus di bawa serta karena akan di serahkan ke petugas imigrasi.

      Info selengkap nya tentang proses pergantian passpor bisa di baca disini ya https://frenkeyblog.com/perpanjang-paspor-di-imigrasi-jakarta-pusat/ , Pembuatan E-Passpor hanya bisa di daftarkan secara walk-in, jadi mas Rudy tidak bisa daftar online ya :info:

      Kalau misal nya mas Rudy mau daftar Visa Waiver dengan E-Passpor sih tidak perlu ya surat keterangan kerja, tapi kalau buat Visa Sticker Jepang dengan paspor biasa baru pakai surat keterangan kerja. Tapi nanti saya tetap kirimkan contoh nya deh via email, di cek saja ya.

  • Halo Frenky!

    Saya ada rencana mau ke Jepang agustus 2016 nanti, rencananya akan tinggal selama 30 hari. Pernah dengar tentang visa ditolak ga? soalnya saya jadi takut visa ditolak karena saya sudah bayar tiket pesawat februari ini. Ada tips supaya visa lancar mungkin ?

    Makasih Frengky!

    • Hi Adrian!

      Cerita tentang Visa Jepang di tolak lumayan sering baca dari berbagai forum :suram:

      Tips khusus tidak ada sih bro, cukup lengkapi dokumen selengkap2 nya saja, ikuti seperti yang jabarkan saja di post ini, terlebih bro mau rencana apply visa 30 hari, bukti keuangan nya harus kuat.

      FYI aja, umum nya masa tinggal Visa Single Entry itu 15 hari setau saya, kalau mau dapat 30 hari kelengkapan dokumen harus di perhatikan baik-baik ya :)

      Nanti kabari balik kalau sudah dapat Visa Jepang masa tinggal 30 hari nya ya bro :peace:

  • Halo Frenky

    Sya mau bertanya, untuk Juni kemaren gmn cuaca di Jepang ? kebetulan mau ke jepang juga 24 Juni 2016

    Sya rencananya mau ngajuin visa awal april nanti, semoga di approve. untuk bukti keuangan, apakah bisa hanya melampirkan fotocopy buku tabungan saja
    Sya liat di syaratnya tidak ada menyebutkan surat keterangan bekerja, sya saat ini karyawan swasta apakah sebaiknya saya buat surat keterangan bekerja ?
    atau mungkin ada format dalam bahasa inggrisnya gak? seandainya ada sya boleh minta lewat email ?
    Terima kasih sebelumnya

    • Hi Nonik!

      Cuaca nya dari 10hari cenderung mendung tiap hari sih, terus 3hari hujan, nah hujan nya itu tuh yang bikin greget dari pagi – malam engga selesai-selesai, jadi pastikan bawa payung ya dari Indonesia :info:

      Bisa aja sih melampirkan buku tabungan saja, itu saya lampirkan surat referensi bank karena keadaan nya saya bisa lampirkan, saya cari aman karena kondisi passport saya masih kosong karena baru di ganti.

      Untuk surat keterangan kerja, kalau bisa lampirkan, lebih baik lampirkan ya, cari aman saja, nanti saya kirim lewat email nya ya contoh dari kantor saya, di cek saja… :siul:

    • Hallo juga gan Lisna!

      Kalau naik motor, berarti tempat parkir paling dekat ke kedutaan Jepang di Gang Kebon Kacang.

      Kalau mau praktis sih parkir di parkiran liar pinggir jalan di sepanjang gang kebon kacang banyak parkir liar, kalau mau resmi parkir di gedung Thamrin City paling.

      Inti nya cari parkir nya gampang :peace:

  • kak visa jepang pembuatannya gak bisa diwakilkan sama teman atau sepupu kah kak?
    kalau kakak kandung boleh gak kak?

    • Hi Lusyana,

      Bisa di wakilkan, kalau keluarga harus ada pembuktian dokumen keluarga nya, Kartu Keluarga misal nya.

      Kalau teman, buat surat kuasa aja yang menyatakan Lusyana memberikan kuasa untuk apply Visa Jepang.

      Kalau pas pengambilan visa tidak perlu apa-apa lagi, selembar kertas yang di berikan petugas ketika submit visa udah cukup.

  • Mas saya mau nanya beberaoa hal :
    1. Kalo sy pegawai BUMN berangkt dg istri apa perlu buku rekening ? Klo perlu apa hrs 2 x saldonya.
    2. waktu ngurus visa apa hrs dua2nya dtg ke kedutaan apa cukup suami saja.
    3. Apa perlu melampirkan surat nikah

    Terima kasih ya

    • Hi Mas Jasmat,
      1. Sebenar nya di peraturan tertulis tidak perlu melampirkan buku rekening baik suami / istri jika “Pemohon adalah karyawan BUMN.”, tapi saya pernah baca ada yang sharing PNS pada akhir nya tetap di minta juga bukti keuangan ketika sudah sampai di kedutaan. Jadi saran saya lampirkan rekening koran 3 bulan terakhir saja daripada bolak balik, untuk saldo nya ya di atas 20jt seharus nya sudah cukup ya :)

      2. Tidak perlu kedua nya, cukup salah satu saja, yang penting lampirkan kartu keluarga sebagai bukti suami istri

      3. Tidak perlu lampirkan surat nikah jika di kartu keluarga anda sudah tercantum hubungan suami istri, jika belum ( misal baru menikah dan sedang di proses kartu keluarga nya ) maka di lampirkan surat nikah buat bukti hubungan suami istri

  • Mau tanyak ni bang..
    visa jepang bisa kita bawa sekaligus ke korea ..
    mis: itu bisa 15 hari ( 5 hari kejepang dan 5 hari ke korea)

    Terima kasih

  • Halo Frenky,

    mau nanya utk pengisian formulir visa jepang, disitu kan harus tulis nama dan alamat hotel selama di Jepang, apabila hotelnya lebih dari satu apakah semua nama hotel yang bakal tempat menginap itu ditulis semua?

    Thanks

    • Hi Veronika,

      Kalau pengalaman saya, untuk formulir visa jepang nya, hanya tulis 2 nama ( yang di Tokyo + Kyoto ) dari 4 penginapan yang saya booking, nulis nama penginapan nya lengkap, alamat nya secukup nya aja.

      Nanti pas di itinerary perjalanan, baru di tulis lengkap penginapan nya :bye:

  • Mas, mau tanya.. Kan visa visitor cuma buat stay 15hari,dan masa berlaku visa sampai 3bln,,Nah kalo mis.kan saya mau tinggal sampe 3bln bgmn mas… Mksh seblmnya…

    • Hi Mas Arikiko,

      Kalau Visa Visitor yang saya tau maksimal tinggal hanya 30 hari per kedatangan, durasi tinggal antara 15 hari atau 30 hari tergantung ketika isi formulir visa isi lama tinggal berapa hari.

      Kalau mau 90 hari ( 3 bulan ) tinggal di Jepang ( seperti nya ) harus pakai Visa Khusus ( http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_4.html ), untuk lebih jelas dan kepastian nya coba telpon ke kedutaan Jepang saya ya :)

  • Hai mau tanya, kalau saya apply pakai bukti rekening abang saya bisa gak ya? Karena kalau buku tabungan pribadi menyedihkan lah saldonya hahaha thank you!

    • Hi Icha,

      Pada keterangan bukti keuangan tertulis begini :

      Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
      Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya
      * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

      Jadi jawaban nya Bisa! Tapi harus melampirkan dokumen yang berkaitan hubungan keluarga dengan abang nya misal kartu keluarga dan KTP abang nya ( jika masih tinggal serumah ). Terus agar lebih menyakinkan buat juga surat keterangan dalam bahasa inggris bahwa abang nya yang akan membiayai biaya perjalanan Icha selama travelling di Jepang nanti :)

      • Nah kalau yang membiayai teman seperjalanan bagaimana? Kebetulan semua biaya akan ditanggung oleh teman saya.

        • Hi Shinta,

          Kalau menurut saya sih opsi di tanggung teman bukan opsi yang bagus ya, soalnya susah membuktikan bukti gimana kedutaan tau teman nya yang bakal bayarin seluruh biaya wisata nya.

          Lebih baik pakai rekening sendiri, isi saldo secukup nya aja ( pinjam teman atau keluarga dulu ), 10-15 juta udah cukup seharus nya, lalu lengkapi dokumen lain, ini lebih baik dan menyakinkan.

  • Hallo pa frenkey…mau nanya mslh biaya pembuatan visa jepang,bayar di awal atau saat pengambilan?..trs apabila d tolak apa biaya di kembalikan atau tidak sprt pmbuatan visa korsel pa..? Mksh

    • Hi Pak Fathurahman,

      Kalau Visa Jepang bayar nya HANYA saat pengambilan DAN status visa nya approved saja.

      Jadi kalau di tolak, tidak usah bayar.

  • Halo..kalau saya ingin pegi ke jepang atau korea tapi dengan orang tua saya yang tidak bekerja…nah untuk visanya apakah orang tua harus melampirkan buku tabungan juga?..atau bisa dengan tabungan saya saja? Thanks infonya.

    • Hi Radit,

      Orang tua tidak perlu melampirkan bukti keuangan. Lampirkan Kartu Keluarga yang menyatakan kalian 1 keluarga dan buat surat keterangan bahwa Radit yang akan menanggung biaya perjalanan orang tua nya.

  • Hallo. Mau tanya, ketika apply visa perlu melampirkan bukti booking hotel gak ya? Atau hanya booking tiket dan rekening koran saja sudah cukup? Karena kebetulan ada teman yg tinggal di Osaka, jadi selama di jepang stay di apartemennya. Saya menggunakan epassport tapi belum apply visa waiver jepang, masih cari2 info
    Thanks

    • Hi Noe,

      Sebenar nya di website kedutaan Jepang tidak tertulis perlu melampirkan, tapi karena di daftar itinerary ada keterangan “Place You Stay” jadi saya lampirkan booking penginapan agar lebih kuat keterangan dokumen nya.

      Kalau memakai E-Passport cukup registrasi tanpa perlu lampirkan dokumen apa-apa, tapi maksimal durasi tinggal nya 15 hari per kedatangan :)

      • Thank you infonya :)
        Btw, memangnya kalau registrasi e-passpor secara online, ketika dtg ke kanim sesuai harinya sudah pasti dapat nomor antrian ya??

        • Sayang nya untuk sekarang registrasi E-Passport tidak bisa di lakukan secara online, hanya bisa di lakukan secara Walk-In :(

          Untuk sekarang yang bisa online hanya passport biasa 48 hal, dan itu kalau sudah registrasi secara online pasti jamin dapat nomor antrian di kanim nya walaupun datang nya agak cukup siang :)

  • Hallogan, mau tanya nih, agannya nama aslinya mmg FERENKY ya (bukan Frenky)? Soalnya kan ini ane sm tmn2 mau pergi ke Korea dan mau apply visa, tapi temen ane ada yg nama paspornya beda sama identitas lain (yang 1nya ada tambahan marga JIE di belakang nama padahl di KTP Akte dll lain ga ada, dan yang 1 nya ada tambahan nama papa dibelakang, kebetulan namanya 1 kata aja “SILVIA” gitu, jadi dibelakangnya ditambahkan nama papa nya menjadi SILVIA WELLY ANGRA). SIapa tau agannya punya pengalaman mengurus visa dengan nama paspor yang berbeda, mohon pencerahannya ya gan trims arigato :) :cheer:

    • Hi agan dabeck,

      Kalau gue pribadi sih tidak ada masalah identitas, semua sama dari akte, ktp sama paspor :keren:

      Kalau kasus beda identitas karena menambahkan nama ayah di paspor, waktu itu teman seperjalanan gue juga mengalami nya, persis dengan kasus yang di ceritakan si agan :D

      Kesimpulan nya aman, tidak ada masalah, tidak ada hambatan, Visa Jepang nya tembus-tembus saja tuh, seharus nya Visa Korea juga tidak bermasalah, pastikan lampirkan fotokopi Kartu Keluarga nya :star:

Leave a Reply