JepangTravel ( Outside Indonesia )

Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang ( Updated 2023 )

Visa Jepang

Pengalaman membuat Visa Jepang ini merupakan pengalaman kedua gue dalam mengurus Visa di kedutaan langsung setelah Visa Korea Selatan ( Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan ) dan proses pembuatan Visa Jepang ini pun cukup mudah dan tidak susah, hanya butuh sedikit usaha saja :star:

Pada post ini, gue akan coba sharing cara membuat Visa Jepang dengan Passport Biasa ( Bukan E-Passport ) berdasarkan pengalaman pribadi untuk trip ke Jepang selama 10 hari :senang:

* * * * *

Catatan Perjalanan Selama di Jepang 10 Hari 6 Kota ( Klik Gambar di Bawah )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota
Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota

* * * * *

A. Waktu dan Tempat Pendaftaran dan Pengambilan Visa Jepang

  • Japan Visa Application Center di Kuningan City lantai 2 hanya menerima permohonan visa yang KTP nya Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung
  • Permohonan Visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing, acuan nya berdasarkan domisili yang tertera di KTP. Sebagai contoh misal tempat tinggal sementara di Jakarta karena untuk mencari nafkah, tetapi alamat pada KTP domisili nya di Jawa Timur, maka pengajuan Visa harus di lakukan di kantor konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, tidak bisa di JVAC di Jakarta.
  • Untuk melihat wilayah pembagian kantor konsulat Jepang di Indonesia sesuai wilayah di KTP dapat di cek : Wilayah Yurisdiksi Kantor Konsulat Jepang

JVACKonsular Jepang
Jam 09.00 – 17.00Pengajuan Permohonan Visa : 08.15 ~ 11.30
Pengambilan Passpor : 13.15 ~ 15.30
  • Hari Kerja :  Senin – Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Tanggal libur kedutaan bisa di cek pada link berikut : Hari Libur Kedutaan Jepang di Indonesia
  • Proses pembuatan visa : Minimal 4 (empat) hari kerja

B. Biaya Pembuatan Visa Jepang ( Per November-2022 )

  • Visa Single Entry : Rp 400.000
  • Visa Multiple Entry : Rp 800.000
  • Visa Transit : Rp 90.000
  • Tambahan Biaya VFS Global ( Jika Apply Visa di JVAC ) : Rp 182.000

C. Persyaratan Visa Jepang Turis ( Single Entry )

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa dan pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram) – Download Formulir Visa – QR Code (PDF)]
  • Foto kopi KTP
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  • Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang) – Download PDF Jadwal Perjalanan
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir. (Bila pemohon lebih dari satu)
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).
  • Semua dokumen harus di serahkan menggunakan kertas A4 ( tidak boleh menggunakan ukuran kertas lain )

* * * * *

Berikut detail penjelasan dokumen yang gue siapkan dulu ketika apply Visa Jepang :

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa. [download (PDF)] Untuk cara pengisian nya dapat mengacu pada gambar di bawah dan setiap pertanyaan yang tidak ada jawaban nya ditulis dengan “NONE”
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
  • Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram). Background yang di gunakan warna putih.
  • Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  • Surat Keterangan Bekerja. Surat Keterangan Kerja harus dalam Bahasa Inggris, mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Karena status gue adalah karyawan swasta, maka surat ini tinggal minta ke HRD
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang). Lampirkan E-Ticket yang anda punya.
  • Jadwal Perjalanan [ download (PDF)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang). Berikut contoh Itinerary yang gue lampirkan saat itu
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu). Di sini gue melampirkan Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir. Lampirkan fotokopi buku tabungan halaman depan yang berisi identitas dan mutasi rekening 3 bulan terakhir, kalau mau lebih lengkap lampirkan Surat Referensi Asli dari Bank.
  • Bukti pemesanan penginapan. Bisa melampirkan print out dari BOOKING[dot]COM sebagai bukti telah menyewa penginapan.

* * * * *

UPDATE NEWS DARI KEDUTAAN TERKAIT VISA JEPANG

15 Oktober 2020 - Klik Untuk Melihat Berita

Mulai tanggal 19 Oktober 2020, pelayanan aplikasi visa Jepang akan dilakukan kembali di Japan Visa Application Center (JVAC) di Kuningan, Jakarta.

1. Sehubungan dengan dibukanya kembali JVAC, layanan aplikasi visa akan dilaksanakan dengan prosedur seperti di bawah ini. Mohon diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan mengenai dokumen aplikasi visa dan lokasi pengajuan aplikasinya.

Aplikasi visa : Diajukan di JVAC (dengan sistem reservasi). Pada prinsipnya Kedutaan Besar Jepang di Indonesia tidak melayani aplikasi visa.

2. Untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19, pengajuan aplikasi visa di JVAC dilakukan dengan sistem reservasi. Mohon akses URL berikut untuk melakukan reservasi.

Situs untuk reservasi di JVAC: https://visa.vfsglobal.com/idn/id/jpn/book-an-appointment

3. Konsultasi mengenai visa atau reservasi melalui telepon dapat dilakukan dengan menghubungi alamat e-mail atau nomor telepon berikut.

Japan Visa Application Center (JVAC), Kuningan City 2nd floor Unit L2-09, Jakarta

01 Desember 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Terdapat update dari kedutaan Jepang terkait Visa Waiver ( Bebas Visa Jepang dengan E-Passport ), selengkap nya dapat di baca pengumuman nya di link berikut http://www.id.emb-japan.go.jp/info17_08_visawaiver.html

01 September 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Japan Visa Application Centre di Lantai 4 - Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan
Japan Visa Application Centre di Lantai 4 – Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan

Sesuai dengan berita di website kedutaan Jepang ( http://www.id.emb-japan.go.jp/news17_15.html ) maka per tanggal 15 September 2017 semua proses pengajuan Visa Jepang ( Visa Sticker ) untuk wilayah Yurisdiksi ( Wilayah Kerja )


Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung


akan di lakukan melalui “Japan Visa Application Centre” yang beralamat di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta Selatan

Catatan :

1. Biaya Logistik* yang akan dikenakan untuk Aplikasi Visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa E-Paspor di JVAC per paspor sebagai berikut :

  • Aplikasi Visa Rp 155.000
  • Registrasi Bebas Visa Rp 115.000
  • Setiap aplikan akan diminta untuk membayar biaya visa ditambah dengan biaya logistik ini.
  • Jadi biaya aplikasi Visa Jepang Single Entry per 15 September 2017 adalah 370 ribu + 155 ribu = 525 ribu

2. Pada dasarnya, mulai 15 September 2017 Kedutaan Besar Jepang tidak menerima lagi aplikasi pengajuan visa kecuali untuk pengajuan aplikasi visa sebagai berikut :

  • Registrasi Bebas Visa E-Paspor ( Boleh diajukan di Kedubes Jepang atau JVAC )
  • Visa Diplomatik dan Visa Dinas (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

3. Info selengkap nya, bisa di baca di link berikut ( http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/ )

Pengalaman Membuat Visa Jepang di Tahun 2015

Visa Jepang
Visa Jepang

Karena gue gagal mendapatkan E-Passport pada saat mencoba perpanjang Paspor di Maret 2015 lalu ( Perpanjang Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat ), akhir nya gue pun mengurus Visa Jepang dengan menggunakan Paspor Biasa 48 halaman dan menyiapkan syarat-syarat yang wajib di siapkan oleh Kedutaan Jepang.

Persyaratan mengurus Visa Jepang dapat di lihat langsung pada Website Kedutaan Jepang

Kemudian karena tujuan gue datang ke Jepang sebagai Turis yang ingin berwisata maka pilihan yang di gunakan adalah point nomor 4. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri

* * * * *

Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta
Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta

Karena semua dokumen untuk syarat Visa Jepang sudah siap dan domisili KTP gue di Jakarta, maka pada tanggal 12-Mei-2015 gue pun berangkat ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta yang beralamat di jalan M.H. Thamrin No. 24 lokasi nya persis sebelah Plaza Indonesia. Karena di Kedutaan Jepang tidak ada parkir mobil / motor untuk tamu, jadi gue pun parkir kendaraan di Plaza Indonesia, untuk motor bisa parkir di sekitaran Jalan Kebon Kacang. Jangan lupa sebelum datang ke Kedutaan Jepang, cek dulu apakah hari itu ada libur khusus Kedutaan karena ada event tertentu.

Pukul 10.00 gue sampai di depan Kedutaan Besar Jepang, pas masuk gerbang tuker identitas diri terlebih dulu di pos security. Lalu masuk ke ruang utama, ambil nomor antrian pada sebuah mesin. Di sini mesin antri nya ada 2, yang 1 untuk nomor antrian Visa Jepang umum dan yang 1 nomor antrian untuk Daftar Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

Begitu nomor antrian di panggil, gue pun menyerahkan dokumen yang telah di siapkan dan berurutan dari nomor 2-8. Dan tanpa di tanya apapun tentang kelengkapan dokumen, kemudian petugas menyerahkan selembar kertas bukti penyerahan dokumen untuk di isi nama, nomor passport dan nomor kontak yang dapat di hubungi. Dan akhir nya di berikan penjelasan Paspor dapat di ambil kembali pada tanggal 18-Mei-2015 ( 4 hari kerja ).

Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang
Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang

Pada tanggal 18-Mei-2015, dengan bantuan teman trip yang akan pergi ke Jepang bersama nanti, gue pun meminta tolong dia untuk di ambilkan Paspor kepunyaan gue karena faktor jam pengambilan dan tempat kerja gue yang cukup jauh dari lokasi Kedutaan Jepang.

Tanpa surat kuasa, hanya bermodalkan kertas yang di serahkan petugas Kedutaan Jepang, akhir nya Paspor gue sukses di ambil oleh teman trip gue dan di dalam nya sudah tertempel sticker Visa Jepang untuk ijin tinggal 15 hari dan masa berlaku 90 hari :cheer:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa Jepang

Q : Apakah wajib melampirkan bukti pemesanan penginapan untuk apply Visa Jepang ?

A : Sebenar nya tidak ada keharusan dari persyaratan yang terlampir, tapi untuk lebih menyakinkan kedutaan Jepang terutama untuk bagian dokumen perjalanan, jadi sangat di sarankan melampirkan bukti booking penginapan, bisa di pakai dari situs BOOKING[dot]COM atau AGODA memakai banner di bawah :

Booking.com

Booking.com

AGODA


Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa Jepang dapat di wakilkan ?

A :  Pada prinsipnya pengajuan permohonan visa dilakukan oleh Pemohon langsung di loket visa. Namun, pengajuan permohonan visa oleh grup atau perusahaan seperti tercantum di bawah ini bisa diwakilkan (oleh staf dari kantor tempat pemohon bekerja dan/atau keluarga):

  • Anak berusia di bawah 16 tahun, orang berusia lebih dari 60 tahun atau orang dengan keterbelakangan fisik,
  • Pemohon dengan paspor diplomat atau dinas dengan tujuan kunjungan dinas,
  • Pemohon yang mengajukan permohonan visa melalui biro perjalanan yang sudah disetujui oleh kantor Konsulat Jenderal Jepang.

Staf dari kantor pemohon bekerja dan/atau keluarga harus melampirkan :

  • Surat tugas dari kantor dan foto copy KTP messenger; atau
  • Foto copy bukti hubungan keluarga

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa Jepang untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika apply Visa Jepang ini, paspor gue benar-benar masih baru banget tanpa ada history travelling sama sekali, maka masalah paspor kosong ini tidak perlu di khawatirkan, yang penting dokumen lengkap!

Q : Saldo di tabungan bank bikin galau nih, kebetulan lagi banyak pengeluaran akhir-akhir ini, gimana tuh ?

A : Baik nya saldo di tabungan bank di jaga dulu selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa, menurut gue aman nya itu pakai rumus harian Rp 1.500.000 x ( Lama Tinggal ) = Saldo Tabungan yang mengendap

Q : Apa keuntungan apply Visa Jepang Biasa di bandingkan Visa Waiver Jepang dengan E-Passport?

A : Buat anda yang mau tinggal di Jepang lebih dari 15 hari, maka di haruskan masuk menggunakan Visa Jepang Biasa karena Visa Waiver Jepang durasi tinggal maksimal 15 hari per kedatangan. Selain itu Visa Jepang Biasa yang masih berlaku dapat di gunakan untuk masuk ke Taiwan tanpa perlu mendaftar Visa Taiwan ( hanya cukup registrasi online saja ) :info:

Q : Kalau kerja sebagai seller online shop / wiraswasta , gimana tuh Surat Keterangan Kerja buat syarat Visa Jepang nya ?

A : Bisa di contoh pembuatan nya seperti gambar di bawah! Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa
Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa

Q : Kalau orang tua / kakak kandung jadi penjamin biaya untuk pembuatan Visa Jepang ini, gimana tuh ?

A : Bisa di contoh pembuatan surat keterangan jaminan nya seperti gambar di bawah, pada contoh surat ini John Cena berperan sebagai penjamin ibu dan adik nya yang akan melakukan trip ke Jepang. Sebagai bukti keuangan dan penjamin trip ini, John Cena melampirkan mutasi rekening 3 bulan terakhir nya.

Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Buat Visa Jepang - Surat Jaminan Keluarga
Buat Visa Jepang – Surat Jaminan Keluarga

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam membuat Visa Jepang, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

835 Comments

  • Bang nanya dong, kalau misalkan mengisi form “Rencana Perjalanan” berbeda dengan yang sebenernya bagaimana ya? misalkan rencana perjalanan ke Kyoto cuma 1 hari, tapi nyatanya sampai 2 hari, masalah tidak ya?

    pertanyaan ke dua
    Pesawat saya saat ke Jepang harus Transit dahulu di Kuala Lumpur-Malaysia, apakah saya butuh visa di Kuala Lumpur-Malaysia?

    Pertanyaan ke tiga nih bang…hehehe
    Saya estimasi berangkat ke Jepang awal April 2017, jika saya membuat Visa sekitar pertengahan bulan Februari aman tidak ya?

    Lanjut pertanyaan ke empat bang.
    Kan harus fotocopy tabungan 3 bulan terahir, contoh saya beragkat bulan April 2017, saya melampirkan fotocopy tabungan saya yang bulan Februari 2017. Tapi di bulan Maret 2017 tabungan saya berkurang setengah lebih, nah yang saya berikan ke petugas apakah boleh fotocopy tabungan saya yang bulan Februari 2017 saja? ada masalah tidak ya kalau begitu?

    • Hi,
      1. Engga masalah, rencana perjalanan mah cuma buat keperluan visa aja, kalau udah approve visa nya, ya suka-suka kamu mau kemana aja selama di Jepang

      2. Engga butuh, di bandara KLIA ada langsung belokan ke gate keberangkatan ( tanpa perlu imigrasi lagi )

      3. Aman di feb 2017, masa berlaku visa Jepang 90hari, durasi tinggal menyesuaikan sesuai itinerary kamu

      4. Cukup lampirkan 3 bulan terakhir terhitung ketika apply visa, jadi kalau apply visa feb 2017, lampirkan nya des2016, jan-feb2017.

        • Di persyaratan kan udah tertulis “Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).”

          Kalau kamu mau coba lampirin 1 bulan, ya di coba aja, Do with your own risk :peace:

  • Kak Frenky,
    Salam kenal
    Aku Chintya , Baru mau masuk perkuliahan july tahun depan ,
    Tujuan ke jepang menjenguk teman saya / diundang ke sana untuk bermain .
    Terus bagaimana saja persiapannya?
    Apakah harus menghubungi orang tua ?

    Terima kasih atas bantuannya

    • Hi Chintya,

      Lebih baik kamu apply visa turis saja ya, persiapan nya urus visa Jepang nya dlu ya pasti nya. Cara buat visa Jepang nya ikutin instruksi di dalam post ini.

  • Bang frengky mau nanya dong. Misalnya kita urus visa jepang dgn bantuan teman yg ada di jepang itu bagaimana yaa buat suratnya. Terus ane masih mahasiswa dan kebetulan mengelola olshop juga,menurut abang surat keterangannya lebih prefer status mahasiswa apa owner olshop. Dan 1 lagi bang,ane ga pede nih pas ngurus visa jd buat ngakalin tiketnya pake fake tiket gitu karena takut visa ga di approve dan tiket udh kebeli lalu ga bisa refund. Mohon pencerahannya bang?

    • Hi Reza,

      Jelas prefer pake surat mahasiswa kemana-mana, ini jauh lebih menyakinkan. Kalau kamu masih mahasiswa S1 aktif, itu biaya Visa Jepang nya GRATIS, ASAL pastikan lampirkan surat keterangan mahasiswa aktif dan bertuliskan keterangan S1 nya.

      Pake dummy tiket juga ga masalah sih.

      • Terus bang,saldo di tabungan kritis nih. Bisa ga kalo diakalin saldo tabungan kita pas apply itu hanya cukup utk cover living cost selama 3hari tp realitanya kita stay di jepang sampe 7hari? Jadi pas apply kita cuma bilang 3 hari stay tp kenyataannya kita stay 7hari

        • wah jelas tidak bisa ya, malah yg ada visa kamu di reject loh nipu2 gitu.

          Bukti lama kamu stay di Jepang kan lagian di identifikasi dari tiket pesawat masuk – keluar Jepang sama jadwal itinerary dan bukti booking penginapan.

          Btw engga usah takut dengan saldo kecil ( asal masih masuk akal saja ), kamu status mahasiswa aktif juga, chance visa jepang di approve nya besar.

  • Halo bang mau nanya kalau surat keterangan kerja apakah cukup pake bhs indo saja?
    trus untuk fotokopi buku tabungan karna tidak sempat minta ke bank, saya pakai mutasi rekening dari internet banking. kira2 lolos gak yaa?

    • Seharus nya tidak masalah memakai bahasa indonesia.

      Mutasi internet banking? hmm… pernah baca sih ada yang tetap approve juga memakai bukti transaksi ini, tapi saya sendiri tidak menganjurkan ya, kecuali history travelling nya di passpor udah banyak, itu sih aman. Kalau masi kosong, lebih baik jangan.

  • Mau nanya bang frenky kl surat keterangan kerja wajib bahasa inggris ya? Dan pada saat pengajuan visa harus ada reservasi booking hotelnya juga atau booking tiket pesawatnya saja bang?

  • Hi, saya baru aja mau apply visa jepang tapi rencana mau apply visa menggunakan e-passport. Saya rencana cuma mau stay cuma 4-5 hari aja. Apa saya cuma harus menyiapakan formulir aja atau menurut mas ada dokumen lain yg saya harus siapkan? Apa saya harus booking dummy ticket?

  • hello mas frenky, mau tanya…pas apply visa diminta unt nunjukin dokumen asli g? soalx ktp asliku lg dibuat ngurus yg lain…trims

  • hai bang frenky, sy sdh pernh kejepang 15hari pake e-paspor di bulan agustus kemarin. tapi ini mau ngurus visa kunjungan keluarga kebetulan suami kerja disana baru 7bulan, klo kunjungan keluarga itu durasi stay dijepang berapa lama sih?sy dengar 90hari ya?

    • Dulu sih pernah dengar ada teman punya saudara nya tinggal di Jepang selama 6 bulan, rasa nya memakai visa kunjungan keluarga, tapi buat pasti nya lebih baik telpon ke kedutaan Jepang langsung ya.

  • Bang Frenkey, sya mau ke Jepang tapi lupa buat Surat Keterangan Kerja, history travelling ada beberapa. Btw bermasalah gak yah kalau sya gak lampirin surat kerja nya? Thanks

    • Tidak wajib, tapi lebih baik di lampirkan.

      Kalau history visa / cap travelling nya di paspor nya sudah banyak, engga usah pakai surat ket kerja juga tidak apa2.

      Kalau paspor nya kosong, lebih baik lampirkan daripada di reject visa nya.

  • bang frengky, kalau saya pegawai bumn, tapi nggak melampirkan surat keterangan kerja karna ngurusnya rada ribet. maksud nya mau melampirkan buku tabungan saja … ga masalah kan bang?

    • Sebenar nya visa jepang kaga mewajibkan melampirkan surat keterangan kerja sih. Harus engga masalah kalau pegawai BUMN, kasih bukti lain aja yang menyatakan memang benar pegawai BUMN seperti fotokopi kartu pegawai.

  • Hai Bang Frengki…
    Saya solo backpacker dan rencananya saya mau ke jepang Bulan Februari. Saya mau menanyakan soal cara mengisi formulir visa pada kolom Guarantor In Japan dan Inviter In Japan… karenan kebetulan saya pergi sendiri, jadi bingung. Apakah tidak apa apa kalo di isi None? (Saya memilih visa wisata dengan biaya sendiri)

  • Kaaa mau nanya deh kalo buat yg mahasiswa gimana ka bukti keuangannya? Kalo di tanggung sama orang tua itu harus ngasih bukti apa ka ?

  • Halo bro
    Mau tanya, urutan surat keterangan kerja pada posisi brp dlm penyusunan berkas tsb ? Bukti penginapan urutan ke berapa juga? Krn dlm syarat berkas tdk tercantum surat ket kerja dan bukti penginapan. Klo ajukan visa utk sendiri saja apakah tetap perlu menyertakan kartu keluarga ?
    Terima Kasih

    • surat ket kerja – urutan no 4
      bukti penginapan – urutan no 6 setelah itinerary

      Kartu keluarga tidak wajib kalau pengajuan hanya sendiri jadi tidak di lampirkan juga tidak masalah.

  • Halo mas Frenkei
    Saya mau menanyakan klo mengajukan permohonan untuk calon istri hubungannya apa ya dan dokumen apa yg mesti dilampirkan untuk menunjukkan nya, soalnya kami baru akan menikah satu minggu sebelum keberangkatan, terima kasih

    • Hi Putra,

      Kalau kasus nya baru calon istri, ya apply seperti biasa saja, tidak ada beda nya kok apply antara sudah status istri atau baru calon istri, kedua nya gampang dapat visa nya.

  • Halo Bro,
    Mau nanya, jadikan di tiket pesawat dan booking hotel yang sudah saya urus tercantum 1 nama temen saya, yg notabene tidak ada hubungan kekeluargaan. Nah apakah saya harus melampirkan bukti hubungan dengan yg bersangkutan dalam pengurusan visa? Sememntara kita visanya ngurus masing-masing.
    Terimakasih

    • kaga ada masalah, waktu itu tiket pesawat + booking hotel gue juga di lakukan teman perjalanan gue jadi otomatis ada nama teman gue dalam bukti booking nya

  • Hi kak! Mau nanya nih aku kan mahasiswa di Korea Selatan, rencananya bulan Februari 2017 mau ke Jepang.
    Terus mau bikin visanya sekalian pas pulang kampung ke Jakarta dari Korea.
    Kan butuh surat mahasiswa & kartu mahasiswa. Pake surat mahasiswanya pake Inggris bisa kan?
    Jadi rencananya ke Jakarta-buat visa Jepang – Seoul – Jepang – Seoul (balik kuliah)
    Mendingan kasih bukti bookingan tiket Seoul – Jepang – Seoul atau sekalian dari Jakarta ya kak?
    Thank you😊

    • Boleh banget pakai Bahasa Inggris. Kalau gue sih kasih tiket bookingan dari Jakarta ya. Tapi pasti approve sih kalau status nya mahasiswa aktif gini.

      Oh ya kalau kamu masih ber status mahasiswa S1 aktif yang di buktikan di surat keterangan mahasiswa aktif nya, ntar bisa dapat biaya free visa Jepang nya tuh.

      • Okedeh bakal dimasukin bookingan tiket dari Jakarta.

        Kalo kuliah S1 nya bukan di Indonesia bisa dapet gratis kak? Soalnya aku baca2 katanya cuma bisa bagi mahasiswa S1 yg kuliah di Indonesia dan bbrp negara ASEAN.
        Anyway makasih infonya kak😊

  • Halo, tanya dong untuk rekening koran saldo yang dilihat adalah saldo yang terakhir kali ada di rekening kan ya? Berpengaruh gak ya kalo saldonya naik turun di bulan2 sebelumnya? Hehe maklum…

    • Menurut saya sih yang di lihat justru flownya ya, lebih menyakinkan kalau pemasukan tiap bulan stabil lebih besar di banding pengeluaran nya. Jadi bukan saldo akhir nya yang mutlak jadi penentu, saldo kecil juga engga masalah kalau flow nya stabil tiap bulan.

  • Halo mas .. mau nanya klo , saya ada rencana kejpan dan untuk prta a x nya .. apa hrus ksih semua copy kemna kita jlan dan boking hotel nya ya…?
    Krn rencana kan saya mau nginep di rmah temen selama di japan apa ga bisa…
    Apa copy tiket plang oergi aja ga ckup? Sblum e mkasig

    • Hi Zenna,

      Iya benar harus kasih semua copy nya, saran sih kamu lebih baik buat dummy booking penginapan aja di http://www.booking.com ( cari yang free cancelation ) dan itinerary nya buat bohong2an dlu aja tapi masuk akal.

      Tidak cukup hanya bukti booking tiket pesawat pergi pulang saja apalagi ini first time kamu ke Jepang, kalau sering sih tidak masalah.

  • Malam bang, saya rendy rencana saya mau kejepang untuk honeymoon bulan oktober akhir,
    Saya sempat lihat itinerary abang hari pertama sempat tidur di haneda ya?apakah itu diperkenankan oleh dubes jepang?apakah bakal jadi penimbang di approve atau tidaknya visa itu? Terima kasih

    • Tidak ada masalah itinerary tidur di bandara, lagipula memang flight nya sampai malam ( di tiket pesawat terlampir jadwal terbang nya ).

  • Hi bang frenky..
    Oktober ni gw mw jalan ke jepang dengan istri..
    Semua dokumen sudah siap kecuali surat keterangan kerja..
    Surat keterangan kerja wajib dilampirkan ya?
    Masing2 orang atau cukup gw aja?
    Klo yg ttd atasan gw, sdah ckup kan ya?
    Agak ribet kalo minta yang beginian ke sdm kantor.. 😅
    Mohon sarannya ya..
    Terimakasih..

    • Kalau Visa Jepang sih sebenar nya surat keterangan kerja tidak wajib di lampirkan ya, tapi kalau misal history paspor nya masih sedikit / tidak ada sama sekali cap travelling nya lebih baik di lampirkan saja ya.

      Tanda tangan atasan cukup kok, yang penting mah ada kop surat kantor, terus keterangan data kamu nya posisi, nama, nomor passpor terus paraf deh atasan nya, selesai.

  • hallo kak mau nanya nih..
    aku rencana mau pergi ke jepang bulan november ini.. perginya berempat sama saudara suami dan temen..
    itu pas pengajuan visa nyah harus datang semua ya kak kami berempat??atau bisa diwakilkan satu orang saja??
    makasi

    • Hi,

      kalau yang masih satu keluarga sih bisa di wakilkan, tapi kalau yang teman kurang paham deh, coba aja telpon kedutaan langsung ya

  • Hi bang frenky, salam kenal ya.. Saya tuh punya mimpi pingin banget ke jepang, rencananya pingin merealisasikannya taun ini, nah untuk rekening koran bisa bank apa aja ya kan, gak harus spesifik dgn salah satu bank aja

      • Hi bang frenky..
        10 November ini saya ada rencana ke Jepang dengan teman
        Kalau apply di tanggal 2 November kira-kira masih aman gak?
        Kalau Saya kasih rekening tabungan dari tanggal 10 Agustus bisa gak ya?
        Terimakasih

        • Dengan asumsi benar-benar pas 4hari kerja jadi ya, sangat mepet ya dengan tanggal 10 November, saya sih tidak rekomendasikan. Better apply tanggal 31oktober saja.

          Masalah rekening tabungan, tidak ada masalah.

  • Halo ko frenky, mw nanya maksudnya saldo tabungan Rp. 1.500.000 x lama tinggal maksudnya apa ya..? per hari kah? trims ko

    • Itu maksud nya saldo tabungan yang mengendap buat apply visa jepang ya, tidak harus sih, itu cuma sekedar saran saja.

      Tapi Visa Jepang mudah di dapat sih, jadi engga usah terlalu khawatir dengan saldo tabungan mengendap ini.

  • Permisi, mau tanya, saya sekeluarga mau apply visa jepang. Di surat sponsor, yang tanda tangan itu ayah saya (owner perusahaan) tapi dia juga ikut pergi gpp?
    terus harus ada surat siup tidak?
    kalau mmg bisa apakah sudah benar kalimat penutupnya kalau kalimatnya seperti ini “i will be responsible for all expenses during trip and i well guarantee that we will return to Indonesia after the trip end”

    terimakasih sebelumnya, kak.

    • Iya ga apa2 kalau emang papa nya owner perusahaan. SIUP seperti nya tidak perlu ya.

      Kalimat penutup nya buat aja seperti ini “i will be responsible for all expenses my family during trip and i guarantee that we will return to Indonesia after the trip end”

  • Hi gan frenky,

    Di website nya tertera :

    “Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat pengajuan aplikasi Permohonan Multiple VISA :
    Menyampaikan keinginan untuk mendapatkan Multiple Visa dengan menuliskan“REQUEST MULTIPLE VISA“ pada formulir aplikasi.”

    Ini maksud nya di tulis di bagian mana nya yah? sedangkan form aplikasi kan kita ketik baru kemudian di print out. Tks

    • Saya kurang paham juga sih tulis di mana ( karena saya engga pernah apply multiple ), tapi menurut saya sih tulis di point “Intended length of stay in Japan”

      Jangan lupa baca point ini juga “Bila aplikan ingin mengajukan permohonan visa untuk kunjungan berkali-kali (Multiple Visa), maka harus melampirkan surat penjelasan alasan keperluan kunjungan berkali-kali ke Jepang”

      terus form aplikasi nya tulis tangan aja daripada ketik dulu baru di print.

  • permisi bang frenk
    saya mau nanya soal cara membuat visa dong
    1. apakah kita harus ngisi make bahasa inggris seperti di contoh ? apa bahasa indo aja gpp ?
    2. untuk pertanyaan ” purpose visiting japan” jika kita mau liburan disana, kita isinya “holiday”/”sightseeing”/”wisata” aja gpp ?
    3. kalau pertanyaan yang tidak terjawab seperti “guarantor in japan” apa semua pertanyaanya diisi “none” saja (name,address,date of birth dll) ?
    4. saya kan masih mahasiswa, untuk seluruh kolom current occupation lebih baik diisinya bagaimana ? atau “none”
    5. lebih baik diketik atau ditulis tangan ketika mengisi form tersebut ?
    6. untuk pengisian jadwal perjalanan, kontak selama di jepang make nomor dari indo gpp ? atau ada cara lain?
    7. saya berencana make couchsurfing disana, untuk bukti pemesanan penginapan apa lebih baik saya buat dummy lewat booking.com aja ?

    makasih bang frenk, maaf agak banyak nanya nya :beg:

    • Hi,

      1. Pake bahasa inggris aja, kan simpel juga bahasa inggris nya
      2. Isi “Holiday” aja
      3. iya isi “None”
      4. isi aja “Student”
      5. Tulis tangan
      6. Ya coba aja, harus nya ga apa2 sih
      7. Ya buat dummy booking aja, gw dulu juga gitu

        • Dear Michael,
          – Kalau kamu masih mahasiswa lampirkan kartu mahasiswa kamu dan surat pernyataan masih kuliah maka kamu akan mendapatkan visa Jepang tanpa biaya (Free). Karena anak yg masih kuliah terutama ambil S-1 untuk pengurusan visanya Free biaya.
          – Untuk point (6) kontak selama di Jepang kamu tulis nomer telp hotel yang di Jepangnya.

          • -jadi 2 2 nya bang roy? gak usah kartu tanda mahasiswa atau surat pernyataan masih kuliah ?
            -untuk nomor yang di jepang kalau semisalnya saya make nomor yang dari indo disana gpp bang roy ?

            makasih sebelumnya bang roy

      • oh iya bang frenk,
        jika saya ngelampirkan bukti keuangan orang tua saya, apa cukup melampirkan KK saja ?
        atau akta kelahiran saya & ortu juga harus dilampirkan ?

        • Kartu keluarga saja udah cukup sih, kalau status mahasiswa aktif, tenang saja, pasti jaminan approve nya 99%, asal sertakan surat mahasiswa aktif saja dari kampus.

  • Hallo mas Frenky
    Saya mau tanya nih.
    Passport saya mati nya bulan mei tgl 7 2017. Sedangkan saya ke jepang nya bulan nov tgl 8 2016,
    Apakah harus gnti passport baru?
    Thanks ya

    • Kalau pas proses apply visa nya sih tidak ada masalah, karena kan pasti apply nya jauh-jauh hari ya ( at least 2-3 bulan sblum 8 nov 2016 ).

      Paling masalah nya nanti pas di imigrasi di hari H keberangkatan, cuma harus nya aman sih karena cuma beda 1 hari dan juga visa Jepang sudah di passport.

  • mo tanya gan..klo mo ngurus visa kekedutaan jepang,datang lngsung kesana atau telpon kedutaan dulu utk mendaftar..terima kasih

    • langsung aja datang ke kedutaan nya beserta persyaratan yang di butuhkan, harus lengkap ya dokumen yang di serahkan kalau engga ( ada kemungkinan ) aplikasi nya di tolak, di suruh lengkapi dulu

  • Halo ko frenkey, kalo bukti rekening nya itu berupa deposito, bukan tabungan, bisa gak ko? Makasih..
    Oya, untuk jd backpacker wisata, apa perlu surat sponsor? Sy tidak punya sponsor sama sekali.. makasih

    • Mungkin bisa ya, kurang paham juga kalau masalah deposito gini sih, coba tanya ke kedutaan Jepang langsung aja ya.

      Engga perlu surat sponsor kalau dana nya dari tabungan pribadi.

  • Halo Frenky..
    Saya berencana k jepang oktober tahun ini..
    Yg mau saya tny klo saya pakai rekening koran suami ( Saya aja yg pergi k jepang, suami ga ikut ) itu prosedurnya gimana yah?

    Terus, yg mksdnya saldo tabungan mengendap dg rumus 1,500,000 x lama tinggal itu, apa selama 3 bln harus segitu trs saldonya, atau harus ada pemasukan juga?

    Trs, kalo misalny d rekening uangnya cuma 1 juta, trs sy tambahin 20jt misalnya dan sy endapin mpe 3 bln k dpn tanpa ada pemasukan n pengeluaran, gpp ato apa2?
    :cheer:
    Thank You!

    • Note : Bukan pengalaman pribadi ya

      Cukup cetak aja rekening koran a/n suami nya, terus buat surat pernyataan aja paling kalau suami yang akan biayain Dhea selama trip ke Jepang nanti

      Lebih bagus ada cash flow nya sih ya, jangan mengendap segitu-gitu aja dana nya.

      Tapi Visa Jepang engga minta macam-macam sih, jadi santai aja masalah dana tabungan nya, 20jt sih udah lebih dari cukup ya.

  • Halo mas frengky ,
    Postingan blognya sangat membantu saya untuk pengurusan visa ke jepang . Ada sedikit hal yang pengen saya tanyakan . Saya mempunyai ktp domisili dari daerah surabaya tetapi paspor saya di issued / dibuat di jakarta selatan . Apakah saya tetap mengurus visa jepang saya ke jakarta atau saya harus mengurus visa saya di surabaya mas ?

    Terus minta saran aja , mendingan apakah saya mengurus epasport dulu di jakarta untuk mendapatkan visa waiver ke jepang atau saya mengurus visa ke jepang dengan biasa aja ?

    *karena waktu saya gag banyak di kampung halaman dan jarak saya 4 jam dari surabaya ( kedutaan besar jepang ) tepatnya saya di daerah tulungagung jawa timur .

    • Hi Ejja,

      Acuan mengurus Visa Jepang yang sticker ( bukan dengan E-Passport ) itu mengacu ke domisili di KTP nya bukan dari tempat pembuatan passport, berarti kalau domisili KTP nya di surabaya harus membuat Visa Jepang nya di Surabaya juga, tidak bisa di Jakarta pasti di tolak.

      Kalau itu tergantung keadaan passport nya si mas ya, saya sih prefer mengurus dengan keadaan passpor yang di punya aj sekarang, mengurus visa sticker Jepang juga tidak ribet, kalau misal nya masalah waktu, bisa di gunakan opsi apply lewat travel agent di Jakarta.

      • Sama satu lagi nih mas
        Klo seumpama buku tabungannya pake buku tabungan nyokap , apakah saya harus pake surat surat lain yang membuktikan hubungan saya dengan ibu saya atau dengan kartu keluarga saja ?

  • hi Kak Frenky, saya mau tanya… saya berencana liburan ke jepang bersama istri tanpa tour. Paspor lama saya akan habis dan saya akan membuat epaspor saja biar dpt visa waiver. yg saya kuatirkan, kalo epaspor saya baru, kan masih kosong… alias blm ada data kalo pernah ke LN, apakah aman di imigrasi jepang nanti? saya takut dideportasi… hahaha… mohon sarannya kak

    • Hi Welly,

      Engga ada masalah masuk Jepang dengan visa waiver dan epassport baru jadi, di bawa saja bukti-bukti yang mendukung kalau kamu emang cuma mau travelling ke Jepang seperti hardcopy tiket pulang dari Jepang, bukti booking penginapan dan sejumlah uang Yen yang cukup untuk biaya hidup selama travelling di Jepang.

  • salam kenal mas frenky…tertarik sekali baca artikel d atas…mohon info untuk visa transit korea selatan mas…tentux kita jalan2 dlu ke jepang,,,dan gmn untuk bs transit d korea??jdi g usah urus visa korea..tq berat buat infox

    • Hi Feronica,

      Kebijakan bebas visa transit Korea dengan menggunakan Visa Jepang sudah tidak berlaku sejak 1 Mei 2016, jadi harus tetap di urus ya Visa Korea nya.

  • Hallo Frenky, mau tanya:
    1. Pas fotonya berwarna dgn background putih ya?
    2. Kalau saya pensiunan sedangkan yg masih kerja istri saya, pakai R/K Tabungan istri saya bisa ya?
    3. Istri saya kerja krn penugasan kantor di Singapore, tapi nanti kami bertiga (dgn anak saya) mau berangkat dr sana, apa berlaku diterima bookingan tiket SNG-TOKYO pp? & bisa tembus kesana/
    4. Terus bisa tidak booking tiket TENTATIF (misalnya nanti book lewat Traveloka), hal ini krn sy mau urus visa jauh hari sebelumnya jadikalau2 visa ditolak kita tidak rugi. Mohon kiat alternatifnya ya.

    Thks a lot Frenky.

    • Hi,

      1. Iya, background foto nya warna putih

      2. Bisa saja, cukup pakai rekening salah satu saja ( suami / istri )

      3. Engga ada masalah, yang penting tiket masuk keluar Jepang nya tersedia. Cuma ya nanti ( kemungkinan ) di tanya sama petugas kedutaan kenapa tiket ke Indonesia nya tidak ada.

      4. Kalau yang ini kurang paham deh, tapi visa Jepang mudah sih tembus nya, jadi tidak usah khawatir di reject.

  • bang frenkey mau tau dong,klo pengurusan visanya 2 atau 3 bulan sblm kberangkatan itu gimana?boleh ga?
    atau baiknya sperti apa bang?

    #mohon penjelasannya..

  • Informasi aja , kl ngurus visa mending 7 hari kerja sebelum keberangkatan dan pastikan data sudah sesuai panduan , untuk eks jepang baik kenshuusei , careworker , nurse bahkan ilegal sekalipun bisa masuk jepang selama mempunyai undangan visa dan surat penjaminan dari orang jepang , draft ada di web kedutaan , mudah kok

  • Numpang nanya mas..sy renc mo k jpg lg bkrja d prshaan t4 sy bkrja dl. Tp sy blm th hrs pke visa apa, mohon penjelasanya.trims.

    • Kalau Visa Bekerja di Jepang maaf tidak ada informasi ya, tapi buat referensi bisa cek link kedutaan Jepang langsung http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_4.html

      Yang saya tau sih kalau mau buat visa kerja begini biasa nya di uruskan oleh si perusahaan Jepang langsung terutama untuk bagian “Certificate of Eligibility”, nah dari pihak si penerima kerja tinggal tunggu instruksi aja dari perusahaan suruh kirim dokumen apa-apa saja. Kalau sudah jadi dokumen itu, sudah deh tinggal apply visa kerja ke kedutaan Jepang di Indonesia.

  • Terimakasih abangnda Frenkey…
    buat pembelajaran saya,krn adik perempuan saya menikah dng orng jepang,rencananya tgl 21 july nanti orangtua diundang mereka selama 3 bln..jadi saya cari-cari tahu mengenai pembuatan visa utk keberangkatan orangtua saya.

    • Hi Kak Eka,

      Sama-sama, senang artikel nya bermanfaat untuk anda, semoga pengurusan visa ke Jepang nya lancar jaya dan enjoy travelling ke Jepang nya.

  • Met malam kak frenky..

    Mau nanya ni..

    Saya rencana mau berangkat ke jepang tanggal 03 juli, dan sudah beli tiket pp. Tapi saya belum buat visa karena masih bingung karena baru pertama ke jepang. persyaratan untuk ke jepang sudah saya siapkan,tapi saya takut ada yg salah.
    Yang sdh saya Fotocopy ktp,kk,rekening tabungan, surat sponsor itu sudah lengkap atau belum ya kak….?
    Dan satu lagi kak,saya waktu foto saat pembuatan passpor pakai contact lens,saya lupa lepas,itu nanti bermasalah atau tidak ya kak…?. Atau saya ganti lagi passpor’y kak…?
    Terimakasih..

    • Hi Elly,

      Fotokopi Tiket Pesawat, Itinerary perjalanan selama di Jepang, bukti bookingan penginapan juga perlu di lampirkan.

      Engga masalah dengan foto, Visa Jepang mudah di dapat asal dokumen nya lengkap.

  • Huft. Baru aja selesai booked tiket Ke jepang PP. Dan baca artikel ini. Rencananya mau pk visa nya melalui e-passport trnyata visa tinggalnya ga blh lebih dr 15hari ya. Sdgkan sy 16hari disana :|

    Btw. Kamu ga dpt e-passport. Mmgnya agak ribet utk dpt e pass ya?

    Salam kenal,
    Weda
    :)

    • Sebenar nya mau ganti passpor ke epasspor, cuma waktu itu stok nya lagi kosong, jadi nya terpaksa perpanjang lagi pake passpor biasa.

      Engga ribet sih dapat EPassport, sama aja prosedur nya kaya perpanjang passpor biasa, cuma beda biaya nya, 2x lipat beda nya.

  • Hiii…

    Mas mau tanya…di tulisannya di mention kalau ke mau ke korsel or taiwan tidak perlu apply visa lagi, cukup pakai visa jpn saja.

    Kebetulan sy mau ke jpn dgn rute cgk-tpe-jpn-tpe-cgk, saya bisa apply visa tpe online lsng kah?

    Krn connecting flight nya tdk bagus cgk-tpe-jpn vv saya hrs stay di twn utk terbang hari berikutnya (baik saat pergi atau pulang)
    Fyi, sy ke tpe dulu krn memang kondiasi tiketnya seperti itu -_-

    Nah pertanyaannya, kalau sy apply visa jpn single tp mau apply twn multiple yg visa online, bisa gak ya?

    Atau sy mesti apply visa taiwan yg biasa juga? Tp kan jd double cost utk visa ya :(

    Makasih sebelumnya.

    • Hi Vivi,

      Yang saya tau kalau mau masuk Taiwan multiple berarti Visa Jepang nya harus multiple Entry juga, tetapi kaya nya kalau kasus pesawat nya kaya kamu bisa cek link ini http://www.boca.gov.tw/ct.asp?xItem=6464&ctNode=868&mp=2 di situ tertulis :

      ** A single-entry visa becomes invalid once it has already been used. However, a used single-entry visa might be acceptable for the purpose of immigration inspection to enter Taiwan, if it meets the following conditions:
      1. On the same continuing journey, the visa holder uses it to enter the visa issuing country prior to his/her arrival in Taiwan; and
      2. The visa holder will arrive in Taiwan before its expiration date.

      Jadi seperti nya bisa ya kalau kasus kamu mengikuti rule nomor 1, tapi buat pasti nya lebih baik coba telpon kedutaan Taiwan di Jakarta ya.

  • hayy Kak frenky.

    maaf sblumnya jika da salah kata…. maklum belum pernah k LN pa lg mslh visa.
    1.data di paspor dan visa saya kok gak sama,pa gak berbahaya nanti jika di bandara imirgrasi jepang..??
    2.visa saya d terbitkan dari tgl 28 april dan berakhir tgl 28 juni… tp belum da kepastian kpan berangkatnya..?? ini jika brngkt udh mepet tgl pa gak bermasalah nantinya..??
    harap maklum belum pernah k Luar negeri.

    • Hi,

      1. Bagian apa yang tidak sama? dan kenapa tidak sama nya kira2?

      2. Loh kok bisa belum ada tiket pergi ke Jepang nya? tidak ada masalah sih pergi mepet-mepet juga, yang penting harus sudah masuk Jepang sebelum tanggal 28 Juni, dan masa durasi tinggal di Jepang nya mengikuti ketentuan duration of stay di keterangan visa nya.

      • 1. bagian yg tidak sama ada di tanggal lahir…. berbahaya atau tidak nanti jika di jepang..??

        2. masalah tiket kurang begitu memahami masalahnya cuman mengikuti orang bukan pribadi yang ngurus…tentang visa pun saya baru pertama kali punya itu pun semntra cuman fotocopy… takutnya cuman di manfaatin oknum yang gak bertanggung jawab kak.. uang udah masuk 75%.

        maaf kalau sedikit curhat. :lonely:

        • 1. Masalah ini kurang paham juga, tapi lebih baik di ganti aja sticker visa nya, proses perubahan nya cepet kalau memang cuma masalah salah informasi

          2. Saya kurang paham visa nya kok fotokopi, tapi prinsip nya kalau udah punya visa Jepang, engga masalah mau masuk mepet2 di hari terakhir masa habis visa nya, yang penting jangan kelewatan aja tanggal nya

  • Hai kak,

    mau tanya dong, rencananya kan antara agustus atau september ini ada rencana ke jepang.
    terus udah mau mulai ngurus visa, nah tapi ktp saya satu2nya yang wilayah yurisdiksinya di luar yang lain. kira – kira bisakah kalau diurus berbarengan dengan majority ?

    Thanks.

    • Engga bakal bisa, pasti di tolak pas di loket pemberian dokume, di cek nya per aplikan soalnya. Pake travel agent aja kalau kasus nya kaya kamu.

  • misi bang frenk
    untuk rekening koran, lebih baik pakai milik kita sendiri (diisi mendadak) atau make rekening ortu aja ya ?
    soalnya saya pernah nanya ke dosen kalo masih kuliah, lebih baik make rekening ortu aja.
    thanks

      • mau nanya lagi bang frenk
        kalau misalnya saya baru beli tiket dari KL ke jepang PP, tapi belum beli tiket ke KL pp ke indo
        terus mengajukan bukti tiket tsb
        bisa ditolak gk visanya bang frenk ?
        makasihh bang frenk

        • Kalau di liat dari persyaratan nya sih tertulis nya “Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)”, jadi harus nya sah-sah aja ya walau tiket nya cuma sebatas sampai Kuala Lumpur.

          Tapi bukan pengalaman pribadi sih, di coba saja, Good Luck hahaha :)

  • Om, ane ada undangan study dr rekanan kantor di Jepang. Nah kalo ngurus visanya 7 hari sebelom brkt kira2 bakal diterima kagak ya?

    • Biasa pengurusan visa Jepang 5hari kerja sih, kalau memang sudah ada surat undangan dan dokumen lain nya lengkap, seperti nya bisa ya tepat waktu jadi nya.

  • Hi kak,mau tanya nih.. Sy kan mau pergi dgn suami,anak,mami n mertua (5org).. Jd utk rek tabungannya pakai brp rek? N brp dana yg harus disiapkan di dalam rek kita? Jg masalahnya kak,dananya slama 3bln ni ga pernah ada banyak,jd kalo seandainya sy siapkan saat mau ajukan visa masalah ga? Tq ya kak

    • Hi,

      1 rekening aja cukup sih, tapi harus bisa dibuktikan hubungan keluarga nya misal lewat kartu keluarga. Kalau di tanya berapa buat 1 keluarga besar gini kurang paham juga ya, mungkin bisa siapkan puluhan juta ya dalam 1 tabungan, sekitar 40juta setidak nya.

      Kalau masalah dana mengendap, kurang paham juga ngaruh atau tidak ke approval ya, di coba saja, visa jepang mudah approval nya kok :)

  • Hi bang frenky!
    Mau tanya kalo direkening cuma ada 5jt an Dan rencana disana cuma 4 hari.gimana? Kira2 visanya bisa tembus ga?
    Dan kalo freelance surat perhomohonannya gimana ?
    Dimohon sarannya bang. Thank in advance.

Leave a Reply