Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea )

Ke Korea Selatan rasa nya tidak lengkap bila tidak merasakan pengalaman ke pemandian air panas umum, kalau di Jepang nama nya Onsen, nah kalau di Korea nama nya Jjimbilbang. Eitsss, tapi tempat Jjimjilbang di Korea itu tidak hanya menyediakan kolam pemandian air panas, karena di dalam tempat Jjimbilbang juga terdapat fasilitas lainnya seperti sauna, restoran, alat pijat, dan common room dimana orang-orang bisa bertemu dan ngobrol, pastinya setelah mengenakan baju tidur yang di sediakan oleh jjimjilbang tersebut.

Pada umum nya tarif Jjimbilbang di Korea berada di kisaran harga 8000 – 15.000 Won dan ada beberapa tempat yang menyediakan juga penginapan sehingga bagi anda yang mau irit, menginap semalam di tempat Jjimbilbang boleh menjadi alternatif, tapi siap-siap saja tidur rame-rame lalu beralaskan lantai kayu dan bantal kotak kayu yang sudah pasti keras.

Nah tapi ada hal yang membedakan banget budaya pemandian air panas di Indonesia sama di Korea ( Jjimbilbang ) yaitu kita harus benar-benar TELANJANG BULAT alias FULL NAKED selama melakukan ritual mandi air panas, pokok nya benar-benar engga boleh pakai apapun entah celana dalam, boxer atau sekedar handuk kecil buat nutupin area vital kita, kalau misal tetap nekat pakai pasti di jamin di ‘tegur’ orang sana atau minimal di lihatin dengan tatapan yang tajam deh. Alasan nya sih di anggap kalau Pakaian yang menempel di badan itu adalah satu sumber penularan penyakit kulit selain itu di anggap menyembunyikan penyakit jika memakai baju renang atau semacam nya yang menutupi anggota tubuh :sweating:

Di Korea sendiri tempat Jjimbilbang pasti ada di setiap kota, tapi karena kebetulan gue cuma mampir di 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan pada akhir nya gue memutuskan kota Busan lah sebagai kota yang cocok untuk melakukan pengalaman pertama kali nya sekaligus menjadi pengalaman paling wow deh selama trip Korea ini :)

Pengalaman gue mencari tempat Jjimbilbang di Busan juga lumayan banyak pilihan nya dan cukup membingungkan awal nya. Tapi pada akhir nya gue memutuskan memilih Shinsegae Spa Land sebagai tempat Jjimbilbang kali ini karena pertimbangan harga, fasilitas sauna yang di tawarkan serta berada tempat yang strategis yaitu di area Department Store Shinsegae yang merupakan Department Store terbesar di dunia!

* * * * *

Pintu Masuk ke Shinsegae Spa Land

Pintu Masuk ke Shinsegae Spa Land

Minggu, 26 Oktober 2014 jam 19.00 waktu yang tertera di handphone gue ketika itu. Demi mendapatkan diskon 5.000 Won jika datang ke Shinsegae Spa Land di atas jam 20.00, maka gue pun memutuskan berangkat jam 19.30 dari penginapan gue di Busan. Department Store Shinsegae dapat di tempuh dengan mudah menggunakan subway tujuan Centum City Station kemudian ambil Exit 10.

Begitu gue masuk, terlihat antrian kecil di depan meja resepsionis yang merangkap sebagai kasir, ternyata masih cukup ramai juga padahal jam sudah menunjukkan jam 20.15 ketika itu. Secara umum, tarif Jjimbilbang di Shinsegae Spa Land ini adalah 13.000 Won ( Weekdays ) / 15.000 ( Weekend ), dan berlaku juga harga diskon 8.000 Won ( Weekday ) / 10.000 ( Weekend ) apabila datang sebelum jam 09.00 atau setelah jam 20.00, karena alasan diskon ini lah maka gue bela-belain datang setelah jam 20.00 hahaha….

Di Shinsegae Spa Land ini terdapat aturan maksimal selama 4 jam untuk dapat menggunakan semua fasilitas Jjimbilbang, jadi tempat ini tidak menyediakan penginapan buat anda yang berniat bermalam disini. Selain itu ada aturan lain yaitu tidak boleh ada tato dan penyakit kulit menular bagi pengunjung yang akan melakukan Jjimbilbang.

Harga Jjimbilbang di Shinsegae Spa Land

Harga Jjimbilbang di Shinsegae Spa Land

Tempat Loker Sepatu di Shinsegae Spa Land

Tempat Loker Sepatu di Shinsegae Spa Land

Setelah melakukan pembayaran sebesar 20.000 Won untuk 2 orang, kasir kemudian memberikan kunci loker yang berupa karet gelang, waktu itu gue mendapatkan nomor loker 476. Berikut nya gue mengarah ke loker penyimpanan alas kaki yang arti nya selama di area Jjimbilbang kita bertelanjang kaki, tapi tenang lantai nya bersih banget. Lalu setelah melewati gerbang masuk ke area Jjimbilbang, ada petugas yang memberikan 1 pasang baju + celana warna coklat yang ukuran nya all size.

Tidak jauh dari tempat pemberian baju itu, terdapat dua arah ke kiri dan kanan yang bertuliskan masing-masing Woman and Man, jangan sampai salah masuk ya karena itu bakal jadi masalah yang besar banget! Nah setelah gue resmi memasuki area Woman secara sengaja Man, di sini berjejer loker sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang di bawa secara keseluruhan termasuk juga yang melekat di tubuh yang berarti di sini adalah titik mulai gue harus rela bertelanjang ria :shy:

Bon Pembayaran, Kunci Loker dan Baju Jjimbilbang

Bon Pembayaran, Kunci Loker dan Baju Jjimbilbang

Karena sudah tidak boleh foto-foto di area telanjang ini ( ya iya lah! ), maka foto-foto yang terlampir setelah ini adalah hasil google, bukan hasil jepret gue diam-diam, bisa di teriakin gue yang ada kalau nekat foto-foto hahaha….  Oke lanjut lagi, masih dalam keadaan ( semi ) telanjang dan masih di area loker penyimpanan barang, tiba-tiba gue melihat seorang bapak-bapak dalam keadaan telanjang yang sedang berjalan santai, asli habis momen pertama kali nya itu, buat gue langsung jadi bimbang lanjut-in atau engga acara Jjimbilbang ini :kaget:

Tapi karena ingat tujuan awal buat ngerasain langsung budaya mandi bareng dan juga ternyata teman gue sudah datang menghampiri ( juga ) dalam keadaan telanjang, ya sudah hajar dahhhh… Gue pun lanjut buka satu persatu pakaian yang melekat di badan hingga gue resmi….. telanjang! Dalam keadaan telanjang itu asli perasaan gue seketika jadi berubah campur aduk kaya permen nano-nano, tidak bisa di gambarkan dengan kata-kata, harus di coba sendiri!

Dengan perasaan campur aduk, gue pun berjalan malu-malu ( sambil nutupin area bawah dengan tangan ) dengan teman gue memandu di depan untuk menuju ke pintu area pemandian air panas. Dan akhir nya setelah sampai di dalam area pemandian air panas nya………

Shocked Jjimbilbang

Shocked Jjimbilbang

SHOCKED!!! itu lah perasaan yang gue rasakan pertama kali nya ketika melihat pemandangan lalu lalang para pria telanjang semua umur yang sedang berjalan dari satu kolam ke kolam lain nya dengan santai. Masih dalam keadaan shock dan bingung apa yang harus di lakukan ( seperti nya teman gue juga bingung ketika itu ), akhir nya karena pikiran gue juga saat itu hanya lah ingin secepat nya masuk ke dalam kolam buat ‘sembunyi’ karena malu, ya udah akhir nya kita pun langsung NEKAT MASUK ke kolam yang paling dekat. :sigh:

Tapi gara-gara ke-nekatan masuk ke kolam terdekat akibat bingung, ada dua kesalahan yang ternyata gue perbuat hiksss…. PERTAMA, ternyata kolam yang paling dekat itu SUHU air nya adalah yang paling panas dikisaran 45º C yang berakibat gue mengalami kepanasan seketika apalagi daerah antara pinggang dan paha ( pasti ngerti yang gue maksud ).

Tatapan Awkward

Tatapan Awkward

( Ketika Gue dan Teman Gue masuk ke kolam langsung seketika di lihat oleh semua orang yang ada di kolam )

Gue : Bro, kaya nya ada yang salah nih sama kita sampai di lihatin gini?!?

Teman Gue : …………………

Gue : ( Lihat kiri – kanan di sekitar kolam terus melihat area shower beserta ada shampo sabun terus mikir ) Ah iya, gue lupa kita harus mandi dulu sebelum masuk kolam, buset di lihatin gitu banget tatapan nya.

Gue dan Teman : ( Keluar dari kolam buru-buru sebelum di teriakin ) :ngakak:

KEDUA, Yup gue melupakan ritual harus bersih-bersih badan dulu yang tempat nya terletak di luar kolam dan persis di depan pintu masuk yang berakibat gue dan teman gue di LIHAT SAMA SEMUA ORANG di kolam itu dengan tatapan yang AWKWARD. Gue lupa ritual mandi bersih-bersih di awal, gara-gara kaget lihat semua orang telanjang dari pintu masuk hahahaha…. :peace:

* * * * *

Area Kolam Air Panas di Shinsegae Spa Land

Area Kolam Air Panas di Shinsegae Spa Land

Setelah melakukan ritual bersih-bersih, kali ini gue dan teman gue mengambil kolam yang agak jauhan sedikit dengan suhu di kisaran 30º C yang ternyata pas di badan gue saat itu. Nah ketika di kolam pertama ini lah gue mengamati cara mandi yang benar itu bagaimana dan setelah gue perhatikan maka gue simpulkan ( semoga benar ) jadi dari pintu masuk itu bersih-bersih diri dulu dengan sabun dan shampo yang sudah di sediakan di area shower, lalu masuk dulu dari air paling dingin sekitar 20º C, lalu sebelum masuk ke air yang panas, masuk dulu ke ruang Sauna untuk menghasilkan keringat, baru kolam yang air nya panas.

Di Shinsegae Spa Land ini total seingat gue ada 8 kolam dengan kolam paling dingin 20º C dan paling panas 45º C. Di tiap kolam terdapat sebuah layar yang menunjukkan suhu tiap kolam dan ada beberapa kolam yang memberikan petunjuk bahwa kolam tersebut misal nya untuk terapi kelancaran darah dsb. Ada beberapa kolam panas juga yang mempunyai tombol untuk memberikan tekanan air tinggi yang kuat di punggung, kaki atau dada kita, rasa nya itu rileks dan nyaman deh serasa di pijat.

Oh ya, ada lagi aturan tidak tertulis yaitu jika berpapasan jalan dengan orang lain, jangan sekali-kali memberikan tatapan langsung ke ‘area bawah’, tindakan itu terlarang banget! Nah tentang aturan itu, sebenar nya gue itu dari mulai loker penyimpanan barang sampai masuk kolam menghindari pandangan ke ‘area bawah’, geli banget rasa nya lihat ‘punya orang lain’.

Tapi semua berubah ketika teman gue tiba-tiba bertanya….

Teman Gue : Bro, punya lu udah sunat ya?

Gue : What?!?! Duh Bro, lu kenapa bahas ‘punya’ gue dahhhh….. :silence:

Teman Gue : ( Nyengir kuda ) ………………………………………..

Gara-gara pertanyaan itu, gue pun langsung gagal fokus ama niat awal gue, di situ kadang gue merasa sedih :wait:

 * * * * *

Pengalaman selama di kolam air panas di tempat Jjimbilbang saat itu benar-benar mirip seperti yang gue tonton di film drama Korea, hampir semua nya ada! Mulai dari semua umur dari muda sampai tua, semua bentuk perut mulai dari yang buncit sampai six pack, dan kebetulan saat itu juga ada orang bule nya. Aktivitas gosok menggosok punggung dengan handuk secara bergantian juga terlihat baik oleh sesama teman, kakak adik atau orangtua dengan anak nya. Tapi entah kenapa gue tidak melihat aktivitas makan telur rebus ya ketika itu :confused:

Pengalaman gue selama berendam di kolam air panas, suhu kolam yang paling nyaman di badan itu di kisaran 20º C untuk yang kolam dingin dan 35º C untuk yang kolam panas, karena hal itu gue cuma pindah-pindah 2 kolam saja sambil melakukan terapi pijat dengan menggunakan tekanan air tinggi di dalam kolam. Gue jarang berpindah kolam karena pengalaman feel awkward itu baru di rasakan selama jalan untuk pindah antar kolam selain itu juga gue tidak terlalu percaya diri dengan ukuran punya gue walau kalau dilihat-lihat sih sama aja ukuran nya sama orang Korea, beda cerita sama bule ya, eh ukuran di sini maksud nya UKURAN PERUT ya!!! :ngakak:

Nah sesekali gue coba merasakan ruang sauna yang berjumlah sebanyak 4 bilik yang suhu rendah nya mulai dari 60º C dan paling tinggi suhu nya 75º C, nah duduk didalam ruang sauna yang suhu nya paling panas itu berasa sedang di panggang deh, gue cuma tahan 2 menit-an, itu pun keringat udah ngucur deras banget dari badan!

Tiap 1 jam gue perhatikan seorang pencatat waktu masuk ke area kolam panas dan mengecek durasi kedatangan tiap pengunjung. Cara pengecekan juga cukup canggih karena hanya tinggal mengarahkan sebuah alat ke tempat pengunjung berada ( sensor pengunjung nya di kunci loker ) dan kemudian si pencatat waktu mencatatkan sesuatu di kertas. Dari durasi maksimal 4 jam, gue hanya sanggup 2 jam saja selama di kolam air panas ini karena faktor jam sudah malam dan selain itu karena keadaan gue saat itu lapar dan haus maksimal gara-gara mengeluarkan keringat terus!

Sebelum kembali ke loker penyimpanan barang, ritual bersih-bersih badan di area shower pun dilakukan kembali, tapi bagi yang engga mau showeran juga di sediakan tempat duduk plastik beserta gayung, jadi mandi sambil duduk gitu hahaha…. Di area shower ini shampo, sabun dan razor sudah di sediakan jadi tidak perlu repot membawa dari loker.

* * * * *

Interior Dalam Shinsegae Spa Land

Interior Dalam Shinsegae Spa Land

Shinsegae Spa Land Restaurant

Shinsegae Spa Land Restaurant

Ruang Pijat Mesin di Shinsegae Spa Land

Ruang Pijat Mesin di Shinsegae Spa Land

Setelah ritual mandi selesai, gue mengambil selembar handuk yang bahan nya lembut di dekat pintu keluar, kemudian kembali ke loker penyimpanan barang untuk memakai baju dan celana longgar coklat yang di berikan di awal. Lalu gue meng-explore singkat fasilitas yang terdapat di Jjimbilbang Shinsegae Spa Land ini, terlihat ada restoran, lalu tempat pijat, tempat berkumpul bersama dll, tapi sayang karena keterbatasan waktu gue cuma sekedar lihat-lihat saja.

Ya udah akhir nya gue balik lagi ke loker penyimpanan barang, lalu ganti baju dengan baju baru yang sudah di bawa sebelum nya kemudian ke ruang make up. Di ruang make up ( khusus pria ) ini tersedia lengkap ‘senjata’ nya mulai sisir yang di taruh di wadah pemanas khusus, foundation, mousturizer, gel rambut, parfum, dll. Gue yang norak akhir nya cobain satu-satu deh alhasil satu badan gue jadi wangi kembali. Tapi yang buat geli nya adalah karena ruang make up ini masih terdapat di dalam ruang ‘naked’, jadi ya gue sambil ngaca sesekali tidak sengaja melihat pengunjung lain yang masih dalam keadaan ‘naked’ yang berada di sekitar gue.

Dan setelah itu kembali ke meja recepsionis untuk mengembalikan kunci loker gelang nya dan di cek apakah ada biaya tambahan semisal nya beli makan di restaurant atau pijat therapi tambahan, dan karena tidak ada biaya tambahan apapun akhir nya berakhirlah sudah pengalaman ke tempat Jjimbilbang ini untuk pertama kali nya, gue tidak kapok dan pasti  akan kembali lagi untuk melakukan ritual Jjimbilbang di tempat lain :star:

Meja Recepsionis

Meja Recepsionis

57 thoughts on “Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea )

  1. Mutia

    Frenky!!! Malem2 bc blogmu bikin ketawa guling2 d kasur!! Bwahahahhaaahahahahahaa :ngakak:
    Seru bgt bacanya!! Sukses terus travelnya yaa!! :good:

    Reply
  2. Ita

    :hi: salam kenal
    Seru baca nya..taon dpn mau ksna dg 8 tmn SD cwe semua (udh dpt tiket) tq infonya .. jd mau nyobain ah..hehe…

    Reply
  3. handoko

    hi frenky, salam kenal, boleh minta review draft itinerary yang gw buat (rencana mau ke korea bulan maret 10 malem)? karena juga gw bikin draft mostly hasil baca-baca dari blog lu, cuman ada tambahan ke jeju dan pingin juga one day trip ke ulsan dan daegu (karena kayaknya di busan ga terlalu banyak yang bisa di-eksplor).

    Reply
  4. Jiyaa

    Wah lucu dan awkward bgt pengalamannya. Hmm jd ngebayangin sendiri betawa awkwardnya nyebur ke kolam sebelum shower :ngakak: alhasil jd perhatian dan tambah awkward lg lol.
    Btw kalo cewe juga sama ya? Harus totally naked??
    Gak pedeee

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup cewe juga harus total naked, inti nya kalau mau masuk ke area kolam harus totally naked deh. Kalau udah masuk kolam, pasti pede2 aja dah, pengalaman ke korea nya jamin tak akan terlupakan kalau dah nyobain jjimbilbang :ngakak:

      Reply
  5. ellya

    Pinter banget ceritanya… bikin ngakak gak berhenti nih.
    mudah2an bisa segera mencoba ritual Jjimbilbang juga.

    Reply
    • Frenky Post author

      Tengkyu2 buat waktu dan niat nya mau baca cerita pengalaman gue ini haha.. semoga cepat kesampaian nyobain Jjimbilbang juga

      Reply
  6. Ayi Poenya ♥

    Lucu banget mas ngebayanginny…mksh ya buat berbagi ceritany..jd tmbh pengen liburan kesana..

    Reply
  7. lely

    Hihihi,, sumpah ikutan geli bacanya.sambil bayangin gmn reaksinya. Lucu lucu banget. Tadinya mampir buat baca artikel yg lain eh penasaran pengen baca yg ini :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau nyobain langsung pasti tambah geli deh, tapi tetap seru pasti nya dan tak akan terlupakan! Cobain ya kapan-kapan kalau ada kesempatan dan kumpulin niat dulu pasti nya hahaha :)

      Reply
  8. secretarian

    klo makanan yg enak enak apa aja ya di seoul. trus klo harga baju baju celana &fashion² gitu berapa ya….btw klo misal uang 24.000 won ke rupiahin jadi berapa?

    Reply
    • Frenky Post author

      yang paling enak sih makanan BBQ nya. Wah kurang paham masalah harga fashion, waktu itu engga ada mampir ke toko2 baju nya.

      24.000 Won * 12 = 288ribu rupiah

      Reply
  9. jusniar

    travel blog plg keren dgn penulisannya yg kocak dan pastinya detail.maju terus bro,travel hard :cheer:

    Reply
  10. Nurlina senna

    pengen cari temen traveler juga, adakah mungkin yg berniat pengen ke korea juga diawal tahun depan ? jadi bsa go on together heheeehh#caritemen#makinramemakinasyiik.
    @Franky kira2 lokasi nami island sama jinhae sebrapa jauh ya ? perjalananya berapa jam ?

    Reply
    • jusniar

      kumpulin temen bareng yuk @nurlina,aku jg pecinta wisata sejati dan pastinya lg pengen explore korea selatan.apalagi setelah baca blognya frenkey ahhaahha

      Reply
      • Nurlina senna

        @jusniar hayokkk, minta id line or the others contact lo donk biar kita gampang bikin planningnya @jusniar , mungkin tmen2 lain yg kebetulan nyasar ke blog mas @Frenky n pgn join juga boleh, or maybe mas @Frenky nya pengn ksana lgi juga brg kita bakalan lebih mantap hehhehehe

        Reply
  11. Citra

    Bersyukur banget bisa nyasar ke blog kamu hahahah.. gegara niat ke korea udah di ubun2 sejak taun lalu.. Doain taun depan gak ada halangan hehehe :yeah:

    Baru tau klo harus bener-bener naked di jjimbilbang ..ya ampunn gak kebayang sumpah :confused:
    Btw, disana katanya gak pake translator ya, trus komunikasi sama org2 pake bahasa apa? Susah gak sih?

    Bisa minta id line nya gak buat ngeganggu nanya2 soal ke korea hahaha :shy:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Citra,

      Amin…amin…semoga lancar tanpa hambatan acara ke Korea nya :)

      Kalau beli tiket gitu pake bahasa tubuh sama bahasa inggris simpel dan to the point aja, misal 1 / 2 tickets.

      ID Line nya cek email ya, sudah dikirim kan….

      Reply
  12. Hari Qhuang

    Wah, ternyata mirip dengan onsen jepang ya! :keren:
    Waktu di Jepang gue cobain onsen dan pengalamannya mirip2 juga lah.
    Hanya saja agak risih karena pas gue masuk banyak anak di bawah umur, kan ga enak diliatin anak kecil gitu! LOL! :sweating:

    Reply
    • Frenky Post author

      sama persis sebenar nya sama onsen Jepang haha..

      Gw malah lebih risih sama orang dewasa ya, kalau anak kecil cuek aja, masih ‘gede’an punya gw soalnya :evilsmirk:

      Anyway thanks udah mampir dan komentar :bye:

      Reply
    • Frenky Post author

      Wah Running Man Mania ya! :ngakak:

      Berhubung gw bukan RM Mania, jadi thanks buat comment nya, baru tau ni tempat pernah buat tempat syuting hahaha

      Reply
  13. Peterus Manik

    Sumpah, gw ngakak baca ini blog….

    minggu depan gw mau ke korea, bos gw bilang harus ke sauna ini, nah setelah baca pengalaman lo secara detail, gak kebayang klo ksana sndirian. aneh gak sih, gak bolh pake celana dalam sama sekali ya? :confused:

    bro minta ID line please, gw k korea sendirian, butuh info ttg hotel murce disana

    Reply
  14. Nur Yunita

    Waw hahahhaa

    Berawal cm searching visa ke korea . Jd baca semuanya ttg korea
    Baca semua cerita kakak selama d korea sumpah ini review paling oke yg pernah d baca . Soalnya kbtln awal januari 2016 nnti nur mau ksana . Doain ya kak smoga d acc utk visanya . Kalo ga . Aduuuh gatau harus gmn . Kl ngikutin saran kakak yg visa pake transit itu . Kudu mau ribet . Sdgkn nur gbs krn ktrbatasan waktu krn kerja

    Kak . Kalo mau tny2 secara pribadi bs ga ? Via SNS gt hehe . Kalo boleh , minta dong IDnya huehe . Kl tar dsana ada apa2 yg kira2 bs dtnyain . Mau d tanyain hehe

    1 hal dr artikel ini sih pengen di tanya . Nur sm temen2 rencana mau k jjimbilbang tp krn kita sm2 tau kl mandi harus buka semua aurat . Jd urungin diri . Tp kira2 bs ga kl dtg k jjimbibang itu cm skdr makan telor rebus . Liat2 . Foto2 . Pake kursi pijat . Sauna (mgkn . Kl sauna harus telanjang jg ga ?) . Jd kita pengen ksana . Nikmatin fasilitasnya yg ga hrs telanjang . Itu bs ga ? Mksh balesannya :beg: :peace:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Nur Yunita,

      Seperti nya LINE ID saya sudah di add ya, jadi tanya via LINE aja ya kalau memang mau banyak nanya :)

      Kalau cuma menikmati fasilitas ( kecuali spa dan sauna nya ) nya sih boleh tidak telanjang, tapi kalau foto-foto seperti nya hanya boleh di area tertentu dimana tidak ada orang telanjang nya ( seperti kursi pijat ).

      Oh ya btw beda tempat spa beda aturan, jadi lebih baik di cek dulu ya daripada nanti di damprat ama orang sana ;)

      Reply
    • Frenky Post author

      Hi Fika,

      Tidak pakai travel, semua di urus sendiri :)

      Rasa nya seru karena bisa atur jadwal perjalanan yang gue suka aja dan banyak pengalaman seru seperti nyasar, ngobrol ama orang korea langsung, di omelin dll yang engga bakal terlupakan deh :yeah:

      Reply
  15. Deassy

    Thanks udah sharing pengalamannya
    berkat lo, ini jadi daftar ‘must try’ gw yang kecanduan banget sama drama-drama korea :wow:
    hahaha :cheer:
    lol

    Reply
  16. Vha Hyun ri

    haii Frenky.. salam kenal.. wahh sumpehh gua ngakak bgt wkt bca penglaman.a kak frenky.. hahaha :ngakak: dan jga takjup sama tempat2.a wahh keren.. tp rada ilfeel :suram: klo soal “nekad” kkkk
    oh iya kak, td sempat bca dikoment.a penah ketemu personil suju yah? :wow:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai salam kenal juga, thanks udah mau mampir dan baca cerita gw ya :cheer:

      Gw juga modal nekad juga waktu itu nyobain naked pertama kali nya :shy:

      Wah gw belum pernah ketemu personil suju tuh, engga hapal juga muka personil nya, tau nya personil SNSD gw mah :star:

      Reply
  17. Erlina Essen

    Hai Ko, tadi cari2 info tentang visa Korea malah nyasar ke post ini.
    Post ini asli bikin ngakak guling-guling.
    Gak bisa bayangin betapa canggungnya satu ruangan naked semua astaga.
    Kayaknya nggak pengen deh coba khusus yang satu ini *LOL* XD

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai Erlina,

      Harus di coba rasain langsung pengalaman yang bikin ngakak guling-guling ini loh, pasti bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan deh ahahah..

      Siapa tau ketemu personil SuJu lagi Jjimbilbang-an :evilsmirk:

      Reply
  18. Carla

    sipp i will, next year kayanya pengen explore korea sih, sekarang masih kumpulin info2 dan budget dulu hehehe

    boleh kan ya nanti tanya2 lagi?

    Reply
    • Frenky Post author

      Boleh banget dong Carla, tenang gw senang berbagi info jika memang gw tau jawaban nya hahaha…

      Reply
  19. Carla

    hi frenkey,
    setelah baca tentang bangkok, pattaya saya jadi explore blog km, dan tulisan km ini lucu banget loh.. bikin ketawa ngakak pagi2 hehehehe

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Carla,

      Thank you sudah mau berkunjung dan baca cerita nya ya hehe.. Jika Carla mampir ke Korea juga, cobain juga ya Jjimbilbang nya :evilsmirk:

      Reply
  20. gie oey

    Just found out your blog..
    Suka banget sama penceritaannya sama deskripsinya detail banget..
    Jadi pengen nyobain jjimjilbang nih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo Gie Oey,

      Ketemu dari mana blog gw? haha..

      Anyway thank buat pujian nya, nanti kalau balik travelling ke Korea lagi jangan lupa cobain JJimbilbang ya, Happy Travelling! :)

      Reply
    • Frenky Post author

      Wah Velys harus nya nyobain juga tuh Jjimbilbang waktu di Korea kemarin, apalagi pergi nya kan sendirian, jadi tenang2 aja “naked” engga ada yang kenal haha…

      Reply
  21. Paulus

    Hi Ko Frenky,

    Just found out about your travel blog today and totally loving it!
    I really love the detailed information that you have provided for each post. :good:

    Well, as for the jjimbilbang, it must be super awkward for us Indonesians and I can’t imagine the situation over there (lol!)

    Cheers,
    Paulus

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Paulus,

      Thanks udah mampir ya, blog lu juga mantap foto makanan nya bikin ngiler abis!

      Nanti kalau ada travelling ke negara yang ada mandi naked begini, jangan lupa cobain ya biar dapat sensasi ‘awkward’ nya :ngakak:

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: