Korea SelatanTravel ( Outside Indonesia )

Review Hostel Murah di Seoul – Leo Guesthouse Hongdae

Before "Cocoon Stay Hapjeong Station" - After "Leo Guesthouse Hongdae"

Leo Guesthouse Hongdae – Seoul

Price Range : 13.500 Won – 70.000 Won / Night
Booking Link : http://www.booking.com/hotel/kr/leo-hongdae.html?aid=1193836

Bila anda mencari hostel murah dan private untuk 2 orang di Seoul, tidak ada salah nya anda mencoba Hostel Leo Guesthouse Hongdae ( dulu nama nya Cocoon Stay Hapjeong Station ) yang berada di area populer Hongdae. Gue sendiri pernah menginap di Hostel Leo Guesthouse Hongdae ini selama 7 hari di Seoul dan karena itu maka sekarang gue akan melakukan review terhadap hostel ini :)

Before "Cocoon Stay Hapjeong Station" - After "Leo Guesthouse Hongdae"
Before “Cocoon Stay Hapjeong Station” – After “Leo Guesthouse Hongdae”

Gue adalah salah satu tipikal orang yang tidak mau menyewa penginapan mahal-mahal yang hanya di gunakan untuk tidur di tambah numpang mandi dan hal itu memang terbukti selama di Seoul, gue selalu keluar dari hostel sekitaran jam 10 pagi dan kembali ke penginapan di sekitaran jam 12 malam. Berikut nya adalah gue sebenar nya tidak masalah menyewa kamar tipe dorm ( Note : tidur bersama traveller lain ), tapi dengan pertimbangan takut engga enak pasang alarm tidur karena gue dan teman gue susah untuk bangun ( tanpa alarm tidur ) akhir nya ya sudah gue dengan teman gue sepakat mencari kamar privat tipe double.

Berikut nya adalah masalah lokasi yang strategis juga menjadi pertimbangan agar kemana-mana nya mudah, lebih baik lagi kalau suasana sekitar penginapan nya tenang, jangan sampai engga bisa tidur gara-gara sekitar penginapan nya berisik karena berada di pusat keramaian bukan? :yawn:

Bukti Pemesanan Hostel Leo Guesthouse Hongdae
Bukti Pemesanan Hostel Leo Guesthouse Hongdae

Nah menggunakan jasa pencarian penginapan www.booking.com akhir nya gue pun memutuskan untuk membooking penginapan Leo Guesthouse Hongdae ini selama 7 malam untuk tipe “Kamar Double dengan Kamar Mandi Bersama” dengan harga per malam nya 40.000 Won, jangan ragu untuk membooking lewat situs ini karena ada kebijakan Free Cancel dan pembayaran di lakukan full di penginapan ketika anda datang di hari-H nya langsung.

Pertama kali mencari lokasi hostel ini susah-susah gampang walaupun sudah di berikan peta softcopy nya. Nah gara-gara mencari hostel ini untuk pertama kali nya, gue sampai di antar polisi setempat dengan menggunakan mobil ( baca pengalaman nya di Hari 1 : Manila – Seoul ( Manila American Cemetery, Ninoy Aquino Airport, Incheon Airport ), padahal lokasi nya dekat banget dengan kantor polisi nya hahaha… Nah sekarang gue akan memberikan arah detail nya biar anda yang mau ke sini engga kesulitan mencari hostel ini untuk pertama kali nya.

Peta Leo Guesthouse Hongdae
Peta Leo Guesthouse Hongdae
Petunjuk Arah ke Leo Guesthouse Hongdae
Petunjuk Arah ke Leo Guesthouse Hongdae

Jadi anda pertama harus ke Subway Hapjeong Station ( Beda 1 titik Subway dengan Hongik University Station ) terlebih dulu lalu keluar di pintu Exit 2. Lalu ketika benar-benar sudah keluar di pintu Exit 2 menggunakan eskalator maka anda akan menemukan halte bus Hapjeong. Lalu anda putar arah membelakangi pintu masuk Exit 2 Hapjeong Station ini, berjalan lurus dan tidak lama akan menemukan gang di sebelah kanan. Jalan lurus saja di gang ini maka akan menemukan rumah makan Mapo Dumpling di sebelah kiri ( Poin 1 ), lalu jalan lurus ke depan lagi anda akan menemukan gedung Mecenatpolis di sebelah kiri ( Poin 2 ), dan tidak jauh dari situ akan terlihat bangunan Poin 3.  Persis di gedung Poin 3 ini terdapat persimpangan kiri dan kanan, ambil jalur kanan kemudian jalan lurus kembali dan menemui perempatan. Di perempatan ini masih jalan lurus dan tidak lama kemudian anda akan menemukan tanda lokasi Hostel Leo Guesthouse ( Poin 4 ) di sebelah kanan.

Kamar Double Leo Guesthouse
Kamar Double Leo Guesthouse
Bathroom Leo Guesthouse Hongdae
Bathroom Leo Guesthouse Hongdae

Untuk Kamar Double yang gue pesan cukup memuaskan dari segi kenyamanan dan kebersihan nya. Di dalam kamar yang ukuran nya tidak terlalu luas ini terdapat fasilitas standard AC ( yang tidak di nyalakan sama sekali akibat suhu udara musim gugur yang dingin ) dan TV cable siaran lokal. Masalah kecil yang gue alami adalah ukuran ranjang nya kurang luas untuk rebahan dengan teman gue, sehingga akhir nya teman gue pun memutuskan tidur di bawah dengan bed cover dan gue pun akhir nya menguasai satu ranjang full, untung nya kita berdua tipikal orang gampang tidur jadi hal ini bukan masalah yang besar hahaha….

Untuk kamar mandi yang sekaligus merangkap toilet nya juga bersih, terdapat fasilitas air panas dan dingin, sabun shampoo gratis dan handuk yang bahan nya lembut. Di tiap lantai terdapat 1 kamar mandi jadi kejadian kamar mandi penuh seharus nya tidak terjadi. Masalah kecil nya adalah di sini tidak ada fasilitas untuk semprot sehabis BAB, maklum gue orang Indonesia sudah terbiasa cebok dengan air habis BAB, bukan cuma modal gosok pakai tissue doang hahaha…

Ruang Tengah - Leo Guesthouse Hongdae
Ruang Tengah – Leo Guesthouse Hongdae
TV, PS4, Komputer - Dapur - Toaster - Dispenser
TV, PS4, Komputer – Dapur – Toaster – Dispenser
Kecepatan Internet di Leo Guesthouse
Kecepatan Internet di Leo Guesthouse

Berikut nya review untuk ruang tengah yang menempel dengan dapur juga fasilitas nya oke punya loh, seperti yang terlihat di gambar ada meja besar dengan permainan set meja bola,  televisi, Playstation 4, komputer. Di dapur ada kulkas, toaster, blender, microwave, kompor listrik, dispenser dan penggorengan buat anda yang mau memasak sesuatu, semua nya di lakukan self service ya. Masalah kecil buat gue adalah paling hanya komputer yang tidak ada card reader, kebetulan waktu itu gue ada keperluan mendesak untuk melakukan copy foto dari kamera ke dropbox karena memory card gue sudah akan full, untung nya ada traveller lain yang membawa card reader usb dan gue pun meminjam nya, fiuhhh….

Di Leo Guesthouse ini yang paling gue suka adalah sarapan gratis nya walau sederhana sih pilihan nya cuma roti, selai strawberry sama telur dan itu semua self service ya, terserah anda mau makan seberapa banyak, yang penting masih di jam sarapan ( gue lupa range jam nya ). Lumayan dengan sarapan gratis ala kadar nya ini bisa menghemat sekitar 3000 – 5000 Won per hari nya. Lalu ada hal unik tentang staff penjaga hostel ini yang berjumlah dua orang pria. Unik nya adalah penampilan nya mereka berdua benar-benar berbeda, yang satu nya terlihat garang dan satu nya terlihat culun, tapi kedua nya sangat membantu jika ada keluhan atau masalah. Terakhir mengenai kecepatan Wifi di hostel ini, speed nya benar-benar wow banget dah, gue melakukan upload sebesar 10 gb ke google drive dapat di selesaikan kurang dari 2 jam :wow:

Demikian review singkat dari gue tentang Leo Guesthouse ini, untuk detail harga dan fasilitas lain nya dapat langsung di lihat pada link berikut www.booking.com :) Selamat berlibur!

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

52 Comments

  • Pengen ke koreaaaaa… Eksplore ke semua tempat … Tapi kalo pertama ke LN ada rasa Takut2 gimana gitu . ngarepnya pegi rame2 jadi kalo nyasar.. Nyasar rame2 :info:

  • Mas mau nanya harga sewa guesthouse, per kepala permalam, atau permalam sj tp bs byk org.

  • Hi bro.Frenky. Terimakasih atas pengalaman perjalanannya,
    yang saya telah baca. Tapi Koment diatas saya lihat tahun 2015.
    Bgm situasinya kalau saya pergi ke Korea bulan Mei 2018 (tahun depan).
    Apakah harga Hostel double nya masih sama. Kalau cek harga dan booking
    hostel tersebut dimana? TKs.

  • hi, kalo mau pesen kamar di booking.com waktu yg tepat kapan ya?? soalnya aku baca komen kamu itu biar update datanya itu 3 bulan sebelum ya?? aku pergi ke koreanya desember sih.. tp takut dapet mahal klo udah2deket2 tanggal dan ga banyak pilihannya lg. makasiii

    • Ya kalau gw sih booking penginapan 1-2 bulan atau pas bikin visa, kalau desember mah nanti aja sekitar september-an.

  • haloo frenkey, mau ty ini kamar nya bs kunci dr dlm ga ya ?
    soalnya saya psen kamar 2 single bed gt yg ga ad wc d dlm. thankyouuu

  • :ngakak:

    Lucu…seru and informatif bgt
    Jadi aman ya kl backpacker walau bw anak 8 thn
    Abis kl pk travel bakalan gak berangkat2 krn mahal. Dan gak bs santai ya.
    Di sn org2 nya friendly face ga utk ditanya?

    • Yup2, Aman bawa anak2 disana.

      Friendly sih ya di tanya, tapi lebih baik tanya ke anak muda ya, lebih bisa menjawab dalam bahasa inggris.

      Umum nya sih kalau engga bisa bahasa inggris ya mereka angkat tangan sambil kasih tanda mereka engga bisa ngomong terus langsung pergi.

  • Mas mau tanya lagi, ketika apply visa, RK bank saya sebenernya bagus (melebihi 10juta) tapi nilai saldo saya pernah menyentuh 14rb hahaha, karna saya main saham jd di banknya pernah nyentuh segitu. Bahaya ga yah mas? Saya bingung bgt apalagi itu termasuk ke dalam 3 bulan menuju tgl apply visa, ya walaupun dokumen keuangan ga cuma RK aja sih.. Thanks mas frenky!

    • Sangat no recommended kalau saldo nya naik turun terlalu jauh, misal dari >10jt, tiba2 jadi 10rb, terus nambah lagi jadi >10jt.

      Lebih baik di jaga arus cash flow nya 3bulan terakhir ya, jangan tanya saya seperti apa detail nya, kira2 sendiri saja :)

  • Hai mas frenky, saya rencana ke seoul 6 okt 2016, pingin nginep di leo juga karna review mas frenky, mau tanya ttg kamar mandi, apakah closet dan shower nya berada dlm 1 ruang kamar mandi? Atau terpisah? Dan kira2 brp menit ya dr hapjeong st ke leo? Soalnya bawa emak saya nih ehhehehe thanks!

    • Hi Ina,

      Yap benar gabung dalam 1 ruangan, closet dan shower nya. Kira-kira 5-10menit jalan kaki buat ke hapjeong station.

  • Oh ya,,,, klu dari bandara ke hostelnya naik apa,,,, membingungkan gak klu kita mau ke tempat wisatanya,,, naik subway at lainnya,,, thx infonya

    • Tinggal naik airport railway aja mba dari Incheon Airport ke Hapjeong Station ( via Hongik University Station ).

      Dari hostel ini ke Hapjeong Station nya sih mudah ya dan tidak membingungkan, selanjutnya tinggal tergantung mba aja mau ke station mana :keren:

  • Susah banget dapet room ditempat kalo lewat online… :desperate:
    apa karena dia free cancelation yah… jadi ada yang main booking setahun…. :ngamuk:
    btw ane mau book Twin Room With Shared Bathroom

  • Seru banget bacanya… anw di korea trotoarnya friendly buat stroler tdk? Krn rute jln kaki nya cukup bnyk terutama palace2 itu… thxs

  • kok saya liat di Booking.com harganya sekarang mahal ya untuk 5 malam saja kena harganya 6 jutaan :wtf:
    tidak semurah yg waktu Bro pergi ke korea wktu itu..

  • Frenky…. itu dipeta ada gambar YGE building. Itu dekat situ ato bagaimana?
    GUe cuma tau alamat nya. Daerah Mapo-gu gitu.
    Ato mereka termasuk fans nya yah? :confused:

    Jadi pengen nginap disitu. :wow:

    a VIP. :bye:

    • Iya dekat pakai banget YGE Building sama hostel ini sama-sama di sekitar Hapjeong Station.

      Mapo-Gu itu nama area di sekitar Hapjeong sampai Hongdae gitu deh

      Salam non-VIP :bye:

  • hai mau tanya dong kalau di leo guesthouse ini ada fasilitas heaternya ga diruangan (pemanas ruangan) ? Thanks yaa..

    • Hi Pramesti,

      Seharus nya sih ada tapi baru tersedia ketika musim winter seperti nya, soal nya waktu itusaya di musim gugur masih terkendali sih suhu ruangan kamar nya.

      Untuk lebih pasti nya contact langsung saja via LINE : leoguesthouse

  • Kak hal tersulit trav ke Korea adlah mencari lokasi penginapan, scra nanya org pda gk ngerti. tulisan arah kriting2 smua, WiFi gk selalu free . Tapi gegara tulisan ni detail bgt, terselamatkanlah diriku dr pencarian tak berujung ni Hostel, thx a lot kak. Soft copy dr penginapan gak akan pernah ckup utk nemuin arah. Tu toko dumpling the best bgt dah, selalu sedia 24 jam. Enak bin murah..

    • Hi Amelia,

      Wah asik, senang nya post gue bisa membantu dalam menemukan hostel yang memang agak tersembunyi ini hahaha…

      Iya toko dumpling nya memang enak bin murah, maka nya tiap hari selama di Seoul gue makan di sana melulu :ngakak:

      Oh ya kalau ada testimonial mengenai hostel ini, boleh di sharing juga di komen sini ya :)

    • Hi Dea,

      Lokasi hostel nya itu di di area perumahan, jadi di sekitar nya hanya rumah tinggal biasa aja.

      Kalau mau ke tempat wisata / belanja paling dekat area hongik university, itu lokasi nya beda 1 station aja dengan Hapjeong Station atau bisa jalan kaki sekitar 15-20menitan :)

  • Buahahah, website kakak ni kocak banget, seru juga! Terima kasih untuk banyak informasi yang di-share disini. Gomawo ;) :senang: :cheer:

    • Hi Wiwid, terima kasih pujian nya dan sudah mampir ya ;)

      Jangan lupa main lagi ya ke blog ini, masih ada beberapa post lagi tentang perjalanan saya ke Korea :bye:

Leave a Reply