Jarum RPM di Speedometer Vixion Naik Turun

Sebenar nya kejadian ini sudah sekitar 7 bulan yang lalu, tapi ga ada salah nya buat di share, siapa tau ada yang mengalami kejadian yang sama dengan motor Vixion nya. Jadi suatu ketika pas di malam hari perjalanan menuju rumah sepulang dari kantor, Vixion gue mengalami masalah dengan sistem kelistrikan nya karena tiba-tiba jarum RPM di speedometer Vixion gue selalu drop ke titik 0 setiap rem di pakai.

Lebih parah nya lagi ketika klakson modif Hella dan lampu tembak Vixion gue di nyalakan, motor seketika langsung mati :noooo:

Akhir nya setelah coba googling masalah yang gue alami, ternyata banyak juga para pemakai Vixion yang mengalami hal yang sama dan dugaan gue sementara untuk motor gue adalah aki yang tidak kuat ngangkat, kiprok yang aus, lampu belakang yang konslet dan sekring Vixion yang terkenal rentan rusak.

* * * * *

Akhirnya ketika weekend tiba, gue bawa lah motor gue ke bengkel resmi Yamaha untuk di cek. Setelah menceritakan masalah yang gue alami dan melihat klakson motor Vixion gue yang sudah di modif, si montir memberi saran suruh ganti aki karena menurut dia aki nya ga kuat ngangkat. Well, akhir nya gue pun ke toko Aki dan membeli aki Yuasa YT7C 12V, 6A, dan setelah di pasang ternyata masih naik turun RPM Vixion nya arghhhhhh….

Speedometer Vixion

Speedometer Vixion

Masih penasaran akhirnya motor Vixion gue bawa lagi ke bengkel resmi Yamaha berbeda. Kembali gue menceritakan masalah yang di alami motor gue dan si montir pun menduga-duga bahwa penyebab nya adalah bohlam lampu belakang.

Setelah coba di ganti dengan bohlam lampu yang baru, keliatan nya analisis si montir terlihat benar karena ketika dilakukan pengetesan dari mengerem, menyalakan lampu tembak dan menyalakan klakson hella, motor Vixion gue pun tidak mengalami masalah RPM naik turun atau sampai mati mesin. Tetapi ketika setelah selesai membayar tagihan di kasir dan mengecek kembali kondisi motor, ternyata RPM Vixion nya masih naik turun lagi, duh! :wait:

Kiprok Vixion, kecil tapi mahallll

Akhirnya motor gue di cek lagi oleh si montir, kelihatan si montir bingung juga masalah yang di hadapi motor Vixion gue. Si montir pun akhirnya konsultasi dengan si bos yang berada di sebelah nya yang sedang service motor Vixion juga. Si bos montir pun menganjurkan untuk mencoba mengganti kiprok nya. Mendengar kata kiprok, jujur gue agak malas, soalnya ni barang walau kecil bentuk nya tapi harga nya mahal boooo….

Sekedar info aja kiprok vixion ini di jual seharga 250 ribu rupiah :silence:    Setelah ganti kiprok ini juga model-model pas ganti bohlam lampu belakang, awal nya berjalan mulus tetapi setelah di ON/OFF stop kontak nya langsung tidak stabil lagi RPM nya dan kelistrikan motor Vixion gue, tambah pusing dah gue!

Sekring Vixion 20 Ampere

Tiba-tiba gue teringat akan hasil googling gue beberapa hari sebelumnya tentang sekring Vixion yang rentan cacat dalam artian tidak rusak sepenuh nya karena masih dapat menghantarkan arus listrik namun listrik yang di hantarkan tidak full sesuai ampere normal Vixion yaitu 20 Ampere. Awal si montir ragu buat coba ganti sekring nya, tetapi setelah gue bilang coba dulu ajah soalnya baca di internet juga banyak kasus serupa.

Akhirnya di buka lah rumah sekring motor Vixion gue dan sekring Vixion 20 Ampere baru seharga 5 ribu rupiah pun terpasang. Lalu setelah di semprot dengan 4WD di sekitar rumah sekring, motor Vixion gue pun di starter dan EUREKA, BERJALAN LANCAR DAN STABIL semua kelistrikan nya!!!

Tapi gue belum cukup puas karena baru percobaan pertama. Lalu gue coba terus mati nyalakan motor Vixion gue sampai 5 kali lalu nyalain klakson dan lampu tembak berkali-kali hingga akhirnya gue yakin banget ternyata salah nya cuma gara-gara di SEKRING Vixion 20 Ampere!

Karena kesalahan sudah di temukan dan untung nya juga bos bengkel nya baik akhirnya gue cukup membayar biaya sekring vixion 20 Ampere seharga 5 ribu rupiah dan biaya service sedangkan untuk bohlam dan kiprok gue balikin kembali karena tidak jadi di beli, fiuhhhh :sweating:

Dan hingga sekarang (memasuki 7 bulan), motor Vixion gue pun tidak pernah (dan jangan sampai) mengalami masalah kelistrikan lagi. So buat pembaca post ini dan mempunyai masalah yang sama dengan motor yang gue alami terutama untuk motor Vixion juga, tidak ada salah nya mengecek terlebih dulu sekring nya sebelum mengecek yang lain-lain.

Update Januari 2016

Rumah Sekring Vixion ( Image : http://blaaarr13.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-rumah-sekring-vixion.html )

Rumah Sekring Vixion ( Image : http://blaaarr13.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-rumah-sekring-vixion.html )

Penyakit RPM Speedometer di motor Vixion gue terjadi kembali setelah 3 tahun kejadian ganti sekring. Gue pun coba mengganti sekring Vixion yang lama ( 20 Ampere ) dengan sekring Vixion yang baru, namun hasil nya sama saja masih naik turun. Akhir nya coba ganti Rumah Sekring Vixion berwarna merah seharga Rp 25.000 di toko bengkel langganan. Gue sebelum nya udah coba nyari di 3 Bengkel Resmi Yamaha, cuma engga ada yang punya :wait:

Setelah ganti Rumah Sekring Vixion ini, Voila! Masalah RPM Speedometer Vixion Naik Turun pun tidak muncul kembali, semoga info tambahan ini bermanfaat buat anda yang mengalami hal yang sama :)

83 thoughts on “Jarum RPM di Speedometer Vixion Naik Turun

  1. sokie ikos

    motor vixion ane…….klo baru di pke itu rpm ny normal tpi stelah berjalan 3 km kalo kopling di tengkep rpm turun ke nol…dan si lampu depan ny juga ikut redup…..gmna gan cara mengatasi nya

    Reply
  2. juaini

    Numpang tanya gan. Knpa ya motor vixion saya habis jalan sekitar 5 kg jdi brebet.
    Mulanya RPM nya turun ke nol, hbis tu lampu mulai redup dan lampu injeksi menyala terus klo kita jln trus jadi brebet.
    Mohon solusinya dan.. :ill:

    Reply
  3. saputra

    Assalamualaikum bang,, sedikit curhat ane juga sama keluhan si vixi sama persib kaya di cerita ini 😫 tapi setelah membaca dan memahami post di atas alhamdulillah setidak nya sedikit terang 😁 tapi ini bang keluhan nya pas ketika kunci kontak ane “on” mau menyalakan motor eh jarum speedometer yg sebelah kanan itu / rpm gamau naik bang kira kira kenapa yah??? 😫 :suram:

    Reply
  4. Irfan

    Vixie ane ude 6 taun gan, baru ngalamin kek gini di bulan ini..
    kebetulan juga Aki abis, pas ganti Aki dan sekring normal tuh gan, tapi hari ini (tgl 30 Juni 2016) ane lagi asik jalan ke kantor tiba2 “Tiwas Mendadak” sebanyak 3 kali..
    mesin mati dengan interval 7 detik di stater kembali langsung menyala..
    cuma gak enak jg lah klo di bawa jalan jauh…
    baca blog Juragan jadi mau ganti Rumah Sekring dulu neeh, abis itu ane laporan deh heheheh
    sukses blognya juragan..

    Reply
  5. adhe

    Klo lampu led indikator hidup aja dan rpm turun lampu ikutan redup ketika rem belakang itu knp yah gan

    Tlong infonya :confused:

    Reply
    • Frenky Post author

      Kemungkinan lampu belakang nya ada konslet atau kabel2 yang di sekitar lampu belakang. Coba ganti aja lampu belakang nya.

      Reply
  6. tiox

    Hampir semua penyakit kelistrikan vixion begitu, tapi jika kelustrikan normal semua indikator normal dan pada saat di gas rpm tiba2 turun sendiri….coba cek… pada bagian lubang filter udara , ada atau tidak barang spt jas hujan dll yg menutupi lubang tersebut untuk penyakit yg satu ini memang beda dan cukup mudah untuk mengobati ya… tapi jika kita tidak tau… psti bingung
    Saran saya jangan naruh jas hujan di bawah jok… kecuali benar2 jas tersebut tidak akan menutupi lubang filter udara.
    Semoga bermanfaat
    Tks !

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *