Others StoryOtomotif

Jarum RPM di Speedometer Vixion Naik Turun

Speedometer Vixion

Sebenar nya kejadian ini sudah sekitar 7 bulan yang lalu, tapi ga ada salah nya buat di share, siapa tau ada yang mengalami kejadian yang sama dengan motor Vixion nya. Jadi suatu ketika pas di malam hari perjalanan menuju rumah sepulang dari kantor, Vixion gue mengalami masalah dengan sistem kelistrikan nya karena tiba-tiba jarum RPM di speedometer Vixion gue selalu drop ke titik 0 setiap rem di pakai.

Lebih parah nya lagi ketika klakson modif Hella dan lampu tembak Vixion gue di nyalakan, motor seketika langsung mati :noooo:

Akhir nya setelah coba googling masalah yang gue alami, ternyata banyak juga para pemakai Vixion yang mengalami hal yang sama dan dugaan gue sementara untuk motor gue adalah aki yang tidak kuat ngangkat, kiprok yang aus, lampu belakang yang konslet dan sekring Vixion yang terkenal rentan rusak.

* * * * *

Akhirnya ketika weekend tiba, gue bawa lah motor gue ke bengkel resmi Yamaha untuk di cek. Setelah menceritakan masalah yang gue alami dan melihat klakson motor Vixion gue yang sudah di modif, si montir memberi saran suruh ganti aki karena menurut dia aki nya ga kuat ngangkat. Well, akhir nya gue pun ke toko Aki dan membeli aki Yuasa YT7C 12V, 6A, dan setelah di pasang ternyata masih naik turun RPM Vixion nya arghhhhhh….

Speedometer Vixion
Speedometer Vixion

Masih penasaran akhirnya motor Vixion gue bawa lagi ke bengkel resmi Yamaha berbeda. Kembali gue menceritakan masalah yang di alami motor gue dan si montir pun menduga-duga bahwa penyebab nya adalah bohlam lampu belakang.

Setelah coba di ganti dengan bohlam lampu yang baru, keliatan nya analisis si montir terlihat benar karena ketika dilakukan pengetesan dari mengerem, menyalakan lampu tembak dan menyalakan klakson hella, motor Vixion gue pun tidak mengalami masalah RPM naik turun atau sampai mati mesin. Tetapi ketika setelah selesai membayar tagihan di kasir dan mengecek kembali kondisi motor, ternyata RPM Vixion nya masih naik turun lagi, duh! :wait:

Kiprok Vixion, kecil tapi mahallll

Akhirnya motor gue di cek lagi oleh si montir, kelihatan si montir bingung juga masalah yang di hadapi motor Vixion gue. Si montir pun akhirnya konsultasi dengan si bos yang berada di sebelah nya yang sedang service motor Vixion juga. Si bos montir pun menganjurkan untuk mencoba mengganti kiprok nya. Mendengar kata kiprok, jujur gue agak malas, soalnya ni barang walau kecil bentuk nya tapi harga nya mahal boooo….

Sekedar info aja kiprok vixion ini di jual seharga 250 ribu rupiah :silence:    Setelah ganti kiprok ini juga model-model pas ganti bohlam lampu belakang, awal nya berjalan mulus tetapi setelah di ON/OFF stop kontak nya langsung tidak stabil lagi RPM nya dan kelistrikan motor Vixion gue, tambah pusing dah gue!

Sekring Vixion 20 Ampere

Tiba-tiba gue teringat akan hasil googling gue beberapa hari sebelumnya tentang sekring Vixion yang rentan cacat dalam artian tidak rusak sepenuh nya karena masih dapat menghantarkan arus listrik namun listrik yang di hantarkan tidak full sesuai ampere normal Vixion yaitu 20 Ampere. Awal si montir ragu buat coba ganti sekring nya, tetapi setelah gue bilang coba dulu ajah soalnya baca di internet juga banyak kasus serupa.

Akhirnya di buka lah rumah sekring motor Vixion gue dan sekring Vixion 20 Ampere baru seharga 5 ribu rupiah pun terpasang. Lalu setelah di semprot dengan 4WD di sekitar rumah sekring, motor Vixion gue pun di starter dan EUREKA, BERJALAN LANCAR DAN STABIL semua kelistrikan nya!!!

Tapi gue belum cukup puas karena baru percobaan pertama. Lalu gue coba terus mati nyalakan motor Vixion gue sampai 5 kali lalu nyalain klakson dan lampu tembak berkali-kali hingga akhirnya gue yakin banget ternyata salah nya cuma gara-gara di SEKRING Vixion 20 Ampere!

Karena kesalahan sudah di temukan dan untung nya juga bos bengkel nya baik akhirnya gue cukup membayar biaya sekring vixion 20 Ampere seharga 5 ribu rupiah dan biaya service sedangkan untuk bohlam dan kiprok gue balikin kembali karena tidak jadi di beli, fiuhhhh :sweating:

Dan hingga sekarang (memasuki 7 bulan), motor Vixion gue pun tidak pernah (dan jangan sampai) mengalami masalah kelistrikan lagi. So buat pembaca post ini dan mempunyai masalah yang sama dengan motor yang gue alami terutama untuk motor Vixion juga, tidak ada salah nya mengecek terlebih dulu sekring nya sebelum mengecek yang lain-lain.

Update Januari 2016

Rumah Sekring Vixion ( Image : http://blaaarr13.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-rumah-sekring-vixion.html )
Rumah Sekring Vixion ( Image : http://blaaarr13.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-rumah-sekring-vixion.html )

Penyakit RPM Speedometer di motor Vixion gue terjadi kembali setelah 3 tahun kejadian ganti sekring. Gue pun coba mengganti sekring Vixion yang lama ( 20 Ampere ) dengan sekring Vixion yang baru, namun hasil nya sama saja masih naik turun. Akhir nya coba ganti Rumah Sekring Vixion berwarna merah seharga Rp 25.000 di toko bengkel langganan. Gue sebelum nya udah coba nyari di 3 Bengkel Resmi Yamaha, cuma engga ada yang punya :wait:

Setelah ganti Rumah Sekring Vixion ini, Voila! Masalah RPM Speedometer Vixion Naik Turun pun tidak muncul kembali, semoga info tambahan ini bermanfaat buat anda yang mengalami hal yang sama :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

107 Comments

  • Motor saya vixion 2011 lampu semua normal tapi skitar rpm 2000/2500 brebet .
    Kalau rpm 3000 keatas gak brebet.
    Mohon solusinya

  • Persis seperti yang saya alami…motor vixion saya ketika direm,lampu redup,mesin brebet,RPM ada di titik 0….untung saya baca tulisan dari agan ini.
    Langsung saya beli online 1 set rumah sekring….alhasil motor vixion saya kembali sehat.
    Terima kasih gan info’y bermanfaat sekali….

  • Gimana ini bang mohon pencerahannya dong viksion 2012 ane bang kok mesin brebet , rpm mati , lampu redup , di gas mesin mau mati kayak kehabisan bensin gitu bang mesin panas banget bang kipas hidup padahal baru jalan 3-5 KM , mesin cepet panas juga bang pencerahannya bang tolong,. Ini yang harus ane ganti apanya bang ?? Apakah kiprok nya? Apakah sekring nya? Apakah rumah sekring nya apakah akinya bang?? Mohon. Pencerahannya bang 🙏🙏🙏 mohon bantuannya bang pemula soalnya bang ,.

  • Saat ini ane sedang mengalami hal tersebut sy sdh ganti sekring namun masih naik turun jarum rpm,akan saya coba ganti bolam lampu belakang semoga berhasil

    • punya saya kebetulan jg kmaren kena kiproknya pak…dengan indikasi voltase ngedrop sampe 7 volt otomatis stater g bisa klakson pelan banget.sen redup dan rpm tiba” mati sama sekali g gerak padahal itu di saat saya kendarai disertai mesin brebet brebet…akhirnya ke BERES dianjurin ganti kiprok (saya iya in karena memang indikasi saya kena kiproknya jg,) karna aki baru sebulan…terus di cek lagi katanya spull nya udah lemah..saya samperin saya tanya dahulu sudah dibersikan belum soket spull sama lain lainnya…terus jg suruh di liatin bisa indikasi rusak tu gmn…..akhirnya ganti spull sama kiprok nya….disuruh ganti baterai tp saya g mau…saya suruh coba cas dulu…..
      -kondisi motor sebelum kejadian pernah di pakai dalam kondisi aki drop dan selalu menggunakan kick stater – +1 tahun
      -rpm saat mesin nyala stand by 0 rpm (normalnya setahu saya 1 di rpm meter) sudah ganti baterai masih sama(saya pikir ini karna baterainya

      setelah ganti baterai dan kiprok jadi normal gan

  • Ane jg alamin Vixion ane jarumnya naik turun pas berhenti mau isi bensin binggung langsung ane tlp mekanik langganan katanya akinya cek klo kurang air akinya tambahin air aki..setelah dirumah ane kuras dlu pake air panas trs ane isi air aki baru allhamdulillah stabil sampai sekarang

  • Persissss sama perssiisss yg saya alamin, ternyata cuma sekering..duhhh..makasih sekali informasinya

  • Lampu redup, kalau lampu, atau injak rem, ritingrpm nya turun ketitik o, tlong dong solusinya gimana

  • Sory bro motor ane mengalami yang sama sampai sekarang. Sudah diganti rumah sikring nya satu bahkan masih belum sembuh.. haduuuh

  • maaf ikutan nanya,ada yg pernah ngalamin vix jadul2009 jarum rpm mati n diem di angka 4000? sharing dong trims bro!

  • Mas vixion gue saat kontak of rpmnya gk mau turun ..teerus naik ke angka 5 gmn cara mngatasiiny gan…
    Mohon infonya

  • menurut pengalaman ku,,,klo vixon mrebet dan lampu redup tu bysanya daya di aki tekor,,,karena kiprok yg sdh berumur (bisa jd aus or rusak)trs ada 1 lagi yang tidak bs disangka sangka,,,problem bs datang dari dalam tangki vixon,,,karena AIR,,,mgkin dalam tangki vixon trdapat air hsil dari akumulasi embun,air hujan yg masuk sedikit2,,,or pd saat mencuci motor,,,,saran kuras tangki vixion stiap 6 bulan sekali,,,sebab klo air masuk dalam semprotan injeksi bs dipastikan mesin langsung mati,,,,itu pengalamanku,,,

  • Ane baru2 ini ngalamin waktu pakai projie HID, ane abaikan rpm turun naik jika righting n rem nyala… kbtulan malam kjadiannya, ane ngebut selap selip jalan (mksdnya ngejar motorspot lain biar ga ktinggalan) jarak 35 Km, sudah hampir 35 km tiba2 engine indikator nyala n mesin mati.. jadi malu sama yg sdh d selip… d coba hidup n brebet2 mati… trnyata ane coba mati in lampu Projie kembali normal mesinnya, begitulh pdhl kalau dbwa jln santae gak smpe bgtu critanya.. sdh d coba ganti sikring, lama klamaan kmbali trun naik, yg blm ane coba ganti rumahan sikring sama kiprok .. tp pnglaman ane prnh sblm ganti aki baru, ane gak pake aki hidupin alias pke engkol trnyta bisa, n brgkt smpe pulg krja… itu tandanya kiprok aman donk ya…. mohon pencerahannya

  • Py vixtion 2011..tiap ganti sekring penyakitnya sembuh cuman gak bertahan lama..sepedo naik turun lg pas lampu rem di injek..klakson jg..opo ne iki massss…mohon solusi…sblm trims…

  • Permisi gan mo tanya nih motor gue vixion 2010 jarum rpm mati gan yang lainya ngga ada masalah.
    Itu penyebabnya kr2 apa ya gan.mohon di bls troma kasih.

  • kalo gitu problem mtr vixion rata2 sama ye,,mtr ane jg lagi bermasalah neh spedometer nya, malah kmarin lampu indikator nye menyala semua.. tp itu ud beres sih . thans gan info nye ,ane mo coba neh mudah2an mtr ane cepet waras..he

  • Klo ane pernah ngalamin itu semua dri mulai spidmeter naik turun, lmpu redup, lmpu indikator nyala 10 x ,semuanya utu trjadi saat mtor dibawa sejauh 5 km, dan yg rusaknya itu ,aki ,kiprok sama spulll,
    Klo rpm naik turun yg gue alami saat lagi ngerem, gue gmti aja lmpu blakang sama sikring nya dan hasilnya okee

  • Cerita agan persis yg saya alami GAn, padahal juga saya baru 2 hari lalu ganti aki, gara2 aki yg lama drop, lah skrng masalahnya jarum rpmnya gak mau naik, klo lampu depan ikut dinyalakan. Mungkin masalah sekring atau kiproknya ya gan.

  • motor vixion ane…….klo baru di pke itu rpm ny normal tpi stelah berjalan 3 km kalo kopling di tengkep rpm turun ke nol…dan si lampu depan ny juga ikut redup…..gmna gan cara mengatasi nya

  • Numpang tanya gan. Knpa ya motor vixion saya habis jalan sekitar 5 kg jdi brebet.
    Mulanya RPM nya turun ke nol, hbis tu lampu mulai redup dan lampu injeksi menyala terus klo kita jln trus jadi brebet.
    Mohon solusinya dan.. :ill:

  • Assalamualaikum bang,, sedikit curhat ane juga sama keluhan si vixi sama persib kaya di cerita ini 😫 tapi setelah membaca dan memahami post di atas alhamdulillah setidak nya sedikit terang 😁 tapi ini bang keluhan nya pas ketika kunci kontak ane “on” mau menyalakan motor eh jarum speedometer yg sebelah kanan itu / rpm gamau naik bang kira kira kenapa yah??? 😫 :suram:

  • Vixie ane ude 6 taun gan, baru ngalamin kek gini di bulan ini..
    kebetulan juga Aki abis, pas ganti Aki dan sekring normal tuh gan, tapi hari ini (tgl 30 Juni 2016) ane lagi asik jalan ke kantor tiba2 “Tiwas Mendadak” sebanyak 3 kali..
    mesin mati dengan interval 7 detik di stater kembali langsung menyala..
    cuma gak enak jg lah klo di bawa jalan jauh…
    baca blog Juragan jadi mau ganti Rumah Sekring dulu neeh, abis itu ane laporan deh heheheh
    sukses blognya juragan..

  • Klo lampu led indikator hidup aja dan rpm turun lampu ikutan redup ketika rem belakang itu knp yah gan

    Tlong infonya :confused:

    • Kemungkinan lampu belakang nya ada konslet atau kabel2 yang di sekitar lampu belakang. Coba ganti aja lampu belakang nya.

  • Hampir semua penyakit kelistrikan vixion begitu, tapi jika kelustrikan normal semua indikator normal dan pada saat di gas rpm tiba2 turun sendiri….coba cek… pada bagian lubang filter udara , ada atau tidak barang spt jas hujan dll yg menutupi lubang tersebut untuk penyakit yg satu ini memang beda dan cukup mudah untuk mengobati ya… tapi jika kita tidak tau… psti bingung
    Saran saya jangan naruh jas hujan di bawah jok… kecuali benar2 jas tersebut tidak akan menutupi lubang filter udara.
    Semoga bermanfaat
    Tks !

Leave a Reply