Jarum RPM di Speedometer Vixion Naik Turun

Sebenar nya kejadian ini sudah sekitar 7 bulan yang lalu, tapi ga ada salah nya buat di share, siapa tau ada yang mengalami kejadian yang sama dengan motor Vixion nya. Jadi suatu ketika pas di malam hari perjalanan menuju rumah sepulang dari kantor, Vixion gue mengalami masalah dengan sistem kelistrikan nya karena tiba-tiba jarum RPM di speedometer Vixion gue selalu drop ke titik 0 setiap rem di pakai.

Lebih parah nya lagi ketika klakson modif Hella dan lampu tembak Vixion gue di nyalakan, motor seketika langsung mati :noooo:

Akhir nya setelah coba googling masalah yang gue alami, ternyata banyak juga para pemakai Vixion yang mengalami hal yang sama dan dugaan gue sementara untuk motor gue adalah aki yang tidak kuat ngangkat, kiprok yang aus, lampu belakang yang konslet dan sekring Vixion yang terkenal rentan rusak.

* * * * *

Akhirnya ketika weekend tiba, gue bawa lah motor gue ke bengkel resmi Yamaha untuk di cek. Setelah menceritakan masalah yang gue alami dan melihat klakson motor Vixion gue yang sudah di modif, si montir memberi saran suruh ganti aki karena menurut dia aki nya ga kuat ngangkat. Well, akhir nya gue pun ke toko Aki dan membeli aki Yuasa YT7C 12V, 6A, dan setelah di pasang ternyata masih naik turun RPM Vixion nya arghhhhhh….

Speedometer Vixion

Speedometer Vixion

Masih penasaran akhirnya motor Vixion gue bawa lagi ke bengkel resmi Yamaha berbeda. Kembali gue menceritakan masalah yang di alami motor gue dan si montir pun menduga-duga bahwa penyebab nya adalah bohlam lampu belakang.

Setelah coba di ganti dengan bohlam lampu yang baru, keliatan nya analisis si montir terlihat benar karena ketika dilakukan pengetesan dari mengerem, menyalakan lampu tembak dan menyalakan klakson hella, motor Vixion gue pun tidak mengalami masalah RPM naik turun atau sampai mati mesin. Tetapi ketika setelah selesai membayar tagihan di kasir dan mengecek kembali kondisi motor, ternyata RPM Vixion nya masih naik turun lagi, duh! :wait:

Kiprok Vixion, kecil tapi mahallll

Akhirnya motor gue di cek lagi oleh si montir, kelihatan si montir bingung juga masalah yang di hadapi motor Vixion gue. Si montir pun akhirnya konsultasi dengan si bos yang berada di sebelah nya yang sedang service motor Vixion juga. Si bos montir pun menganjurkan untuk mencoba mengganti kiprok nya. Mendengar kata kiprok, jujur gue agak malas, soalnya ni barang walau kecil bentuk nya tapi harga nya mahal boooo….

Sekedar info aja kiprok vixion ini di jual seharga 250 ribu rupiah :silence:    Setelah ganti kiprok ini juga model-model pas ganti bohlam lampu belakang, awal nya berjalan mulus tetapi setelah di ON/OFF stop kontak nya langsung tidak stabil lagi RPM nya dan kelistrikan motor Vixion gue, tambah pusing dah gue!

Sekring Vixion 20 Ampere

Tiba-tiba gue teringat akan hasil googling gue beberapa hari sebelumnya tentang sekring Vixion yang rentan cacat dalam artian tidak rusak sepenuh nya karena masih dapat menghantarkan arus listrik namun listrik yang di hantarkan tidak full sesuai ampere normal Vixion yaitu 20 Ampere. Awal si montir ragu buat coba ganti sekring nya, tetapi setelah gue bilang coba dulu ajah soalnya baca di internet juga banyak kasus serupa.

Akhirnya di buka lah rumah sekring motor Vixion gue dan sekring Vixion 20 Ampere baru seharga 5 ribu rupiah pun terpasang. Lalu setelah di semprot dengan 4WD di sekitar rumah sekring, motor Vixion gue pun di starter dan EUREKA, BERJALAN LANCAR DAN STABIL semua kelistrikan nya!!!

Tapi gue belum cukup puas karena baru percobaan pertama. Lalu gue coba terus mati nyalakan motor Vixion gue sampai 5 kali lalu nyalain klakson dan lampu tembak berkali-kali hingga akhirnya gue yakin banget ternyata salah nya cuma gara-gara di SEKRING Vixion 20 Ampere!

Karena kesalahan sudah di temukan dan untung nya juga bos bengkel nya baik akhirnya gue cukup membayar biaya sekring vixion 20 Ampere seharga 5 ribu rupiah dan biaya service sedangkan untuk bohlam dan kiprok gue balikin kembali karena tidak jadi di beli, fiuhhhh :sweating:

Dan hingga sekarang (memasuki 7 bulan), motor Vixion gue pun tidak pernah (dan jangan sampai) mengalami masalah kelistrikan lagi. So buat pembaca post ini dan mempunyai masalah yang sama dengan motor yang gue alami terutama untuk motor Vixion juga, tidak ada salah nya mengecek terlebih dulu sekring nya sebelum mengecek yang lain-lain.

Update Januari 2016

Rumah Sekring Vixion ( Image : http://blaaarr13.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-rumah-sekring-vixion.html )

Rumah Sekring Vixion ( Image : http://blaaarr13.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-rumah-sekring-vixion.html )

Penyakit RPM Speedometer di motor Vixion gue terjadi kembali setelah 3 tahun kejadian ganti sekring. Gue pun coba mengganti sekring Vixion yang lama ( 20 Ampere ) dengan sekring Vixion yang baru, namun hasil nya sama saja masih naik turun. Akhir nya coba ganti Rumah Sekring Vixion berwarna merah seharga Rp 25.000 di toko bengkel langganan. Gue sebelum nya udah coba nyari di 3 Bengkel Resmi Yamaha, cuma engga ada yang punya :wait:

Setelah ganti Rumah Sekring Vixion ini, Voila! Masalah RPM Speedometer Vixion Naik Turun pun tidak muncul kembali, semoga info tambahan ini bermanfaat buat anda yang mengalami hal yang sama :)

107 thoughts on “Jarum RPM di Speedometer Vixion Naik Turun

  1. eko

    Mantep masbro,,sangat membantu,, ane pnya vixi tahun 2011. Penyakitnya sama, rpm naik turun, tp blm ane obatin c, baru ganti aki doank , , , mudah2an nanti ganti sikring jd normal, , makasih banyak infonya maz broo

    Reply
  2. zigit

    Bang..itu vixion saya thn 2012 mesin nyala bagus..kalo lampu2 dihudupkan rmp juga gak kenapa2 tapi motor hidup kenapa jarum rpm diangka 3.5 standarnya lan 1.5
    Pas buat jarum mentok diangka 4 kalo ditambahin gasnya jarum rpm turun sampe angka 0 tp klo gas dikurangin naik lagi ke angka 4 ..tolong penjelasannya

    Reply
    • L G

      Klo pas di gas rpm ya turun…. cb cek apakah pada lubang vilter udara ada yg menghambat / menutupi…! Biasa ya klo naruh jas hujan itu yg paling sering terjadi.
      Saya sendiri pernah mengalami… !
      Smg bermanfaat !

      Reply
  3. Roni

    Sore gan…mau nanya ni dri artikel yg saya baca d atas mkn bermanfaat bgt….tapi kenapa dengan motor vixi ane beda ya gan.kemarin rpm naik turun ane bawa k bengkel resmi dia bilang katanya spul sama xiprok.ya mau g mau ane ganti gan.lumayan z habisnya…setelah saya ganti semua saya pikir sembuh tu penyakit karena g sembuh tu mekanik nyaranin u tuk ganti aki dn kabel sikring.tapi ttp sama aja gan.kira2 apanya ya gan.semua kelisteikan dh ane ganti li penyakitnya g sembuh2.mohon penjelasanya gan.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Roni,

      Udah di coba ganti sekring nya belum? 3 bulan yang lalu motor saya brebet lagi kelistrikan nya, ternyata sekring nya sudah tidak berfungsi normal walaupun masih bisa dipakai. Akhir nya saya beli sekring baru dan masalah selesai.

      Lalu 2 minggu yang lalu, kejadian brebet terulang lagi, tapi ternyata rumah sekring nya aja yang kotor atau sekring nya kendor, akhir nya saya semprot dengan 4WD rumah sekring dan pasang ulang sekring nya, masalah selesai.

      Saran saya coba di ganti sekring dan rumah sekring nya, mungkin permasalahan utama nya disana :)

      Reply
      • Roni

        Wktu pertama d tebak sama mekanik justru yg saya ganti malah rumah sikringnya kang frengky.masalah g berubah.mbrebet z g kang motornya…cuman pas saya berhenti d lampu merah nyalain sen kanan atau kiri rpm naik turun kang…..pokonya semua kelistrikan sudah saya ganti kang.memang tidak bareng.aki sama rumah sikring 1 bln yg lalu kang saya ganti.xiprok sama spul bru hari ini kang saya ganti…..coba nanti saya beli sikring baru kang gmna hasilnya….

        Reply
  4. Hendra

    Wah pencerahan bangets nih. Thanks bro. Tapi gw dh keburu ganti aki dan kiprok, motor sih jalan lancar tapi masih berasa agak brebet mesinnya. Kayanya sekringnya nih bener yang mestinya diganti.

    Reply
  5. Rafli Firdaus

    Iya mas motor old blade saya juga konslet 2 kali sekringnya waktu nge dc in lampu senja, yang bikin saya takut, semua indikatornya mati termasuk starter, kecuali headlamp . Saya bingung , pas saya bawa ke bengkel langganan ternyata sekringnya yang konslet.
    Thank’s mas atas infonya

    Reply
  6. iswi

    Artikel ini sungguh bermanfaat, saya baru ngalamin. Sempet dua minggu bingung.mekanik di tiga bengkel yg sy datangin bingung. Mulai dari bengkel resmi yamaha, sampe bengkel besar pinggir halan. Utg gajadi beli aki dll.cukup 5000 ganti sekring beres…

    Reply
  7. andri

    maaf nh mas mau sklian tnya” nh vixion ku ampere jg naik trun aku pkek aki GS 12V 7A, msh naik trun tuh gmn ya, klo skringny kn bwaan 20 ampere sma kyk gmbr d’ats aplg ya kra” mslhny.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo bro,

      Coba tes ganti sekring sama rumah sekring nya bro. Kalau ga bisa juga coba tes ganti kiprok nya. Harus di coba satu2 sih bro kalau masalah ampere naik turun begini :(

      Reply
  8. luthfi

    Slmt siang brader.
    Izin brtnya.
    Mslh vixion ane th 2010 sama sprti brader2 diatas : klo hidupin lampu mlm/jauh tegangan RPM ny gk stabil/naik trun trus terkadang lampu indikatorny yg wrna kuning idup tp gk lama kok.
    Barusan td ke Bengkel Resmi katany dsruh ganti kiprok tp tetep aj stlh ganti msih jg RPM ny naik trun klo diidupin lampu mlm ny.
    Kata yg servis hrus ganti sklian aki nya jg. (Sekring msih bgus kok).
    Kira2 knp y brader?
    Apa emg bner hrus ganti kiprok+aki??
    Mhon pencerahannya.
    Mksh brader.

    Reply
  9. hori

    thank’s bro infonya…..ni sama dg masalah vixi gua…..besok mo gua cba gnti skring…mudah2an berhasil…..:-)

    Reply
  10. capoenk

    dulu gw jg smpet ky gt
    pengecekan pertma cb gnt sikring
    kalo msh jg cb di cek spull’nya
    soalnya wkt itu mtr gw jg gt,lampu utama di nyalain mtr lngsng mati
    paz gw buka spull trnyata spull’a gosong
    otomatis pengisian balik ke aki gak ada

    Reply
  11. Yamaha Vixion Touring

    Ini kasusnya sama bener dengan vixion ane gan. Yang ane udah diganti sekring ternyata selang dua hari kumat lagi. Pas ane cek ternyata rumah sekring di Vixion ane yang udah mulai lobok, jadi sekring bergoyang.

    Reply
  12. Kodir

    mau tanya mas bro,
    motor saya vixion 2010
    ada masalah pada wktu ngidupin motor, kunci kontak on, tp injector ga langsung nyala, mus ti di pancing lampu dim atau lampu sein dlu, baru injectornya nyala, trus pas motor di start, kyk kekurangan daya gitu, tp kalo di diemin sebentar, baru mau idup motor(kondisi injector sudah nyala dan mati kembali) aki sudah sempat saya cas ulang mas bro. tp ttp seperti itu, mohon solusinya mas broo

    Reply
  13. risang19

    Sedikit pengalaman gw perkara kelistrikan.
    1. bener dengan tips di atas chek sikirngnya dulu
    2. penggunaann lampu,klakson yang agak gimna gitu mending pakai riley. pake yang merk bosch ato hella
    3. Biar aki awet dan kelistrika lancar, biasakan starter motor setelah lampu indikator di speedo mati
    5. jangan pake engkol kecuali urgent.

    Se pengalaman gw sich seperti itu. Tapi mohon masukkannya kalao ada yang salah.

    thanks udah share

    Reply
    • Frenky Post author

      Thanks untuk tips and trick nya bro, kebetulan yang di share ama bro udah gue lakuin setiap hari ;)

      Reply
  14. hotma

    sory neh bro, gw cba browsing trus ktemu postingan ini,,! mtor gw jg vixion, tahun 2013, persis masalahnya dengan motor vixion anda, cuma pengen crita aja, dulu gw kayanya dikerjain sama bengkel yamaha resmi, gnti aki, trus kya bgtu lagi, disuruh ganti kiprok, gw ganti jg, bgtu lagi, trus kata mereke gw harus gnti sepul,,! gw gak mau, krn gw udah sempet dongkol sama tuh bengkel,,! gw coba ke bengkel biasa, persis, cuma diotak atik sekringnya sama tuh montir, akhirnya bisa lagi, tp gak lama penyakitnya muncul lagi. gw cba bawa ke bengkel resmi yamaha lagi, gw minta gantri sekringnya, tp mereka malah bilang mahal, harus diganti sama rumah sekringnya, brengsek banget, pdhl dari postingan lau aja sekring cuma 5ribu,,!
    kalo boleh gw tahu, kira2 dimana ya bisa gw cari bengkel utk benerinnya dgn jujur,,!?
    thx ya bro,,! :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo bro, kalau gue sih waktu itu service nya di Bengkel Resmi Yamaha :)

      Reply
  15. ardiana

    maaf niech gan kaya’ nya kendala di motor kmu itu sama kaya’ motor aq gan tpie knapa spido meter dan klakson aq pancet meskipun udah di ganti sekring kasih solusinya donk gan pliese vixion thn 2012

    Reply
  16. rizky

    gw juga punya masalah yang sama kayak bro bucephalus. ketika kunci dalam posisi on, semua indikator gak nyala, tapi begitu di engkol baru nyala. kalo dalam posisi motor sedang jalan trus gw klakson, tiba2 kelistrikan langsung drop trus nyala lagi. terkesan kayak gak kuat listrik nya. aki baru gw ganti sekitar 1 tahun yang lalu, sebelum nya juga kena masalah yang sama, tp gw rasa wajar utk ganti aki karena itu motor udh 3thn dari baru blm pernah ganti aki. nah kok yg sekarang baru 1thn udh nongol lagi masalah yang sama.

    tahun lalu gw ganti aki + sekring 20A dan masalah teratasi. tp skrg gw coba ganti sekring nya masalah tetep berlanjut. masa iya harus ganti aki? padahal sebelum nya kuat 3 tahun tuh aki.

    motor gw ciri-ciri penyakit nya gini :
    1. kalo di klakson, kelistrikan langsung drop, tp langsung nyala lagi tuh motor
    2. kalo dalam posisi berhenti dan mesin menyala trus gw narik tuas rem, rpm langsung 0. itu dalam posisi lampu besar juga ikutan menyala.

    penanganan sejauh ini baru ganti sekring doang, sedangkan busi baru aja ganti bulan kemarin.

    aksesoris cuma pake klaskon keong doang yg memang udh gw pake sejak 4tahun yang lalu.

    mudah2an ada pencerahan buat ironwolf gw…kasian juga nih, dia lagi kena penyakit tp gw blm tau apa penyakit nya.

    Reply
  17. putra

    sori bro ane mau nnya langsung aja,

    ane punya motor vixion keluaran 2012 full injek, minggu2 ini motor saya gak mau nyala kalo distater, ane udah coba ngecas aki tp tetep ganyala lewat stater

    adakah solusi selain menganti aki motor ?
    makasih

    Reply
  18. bucephalus

    gw maw share permasalahan gw,mgkn ada yg bisa ngasih solusi… :info:

    mulanya gw ganti aki motor vixi tahun 2010 gw sekitar awal bulan november (sekitar sebulan lebih yg lalu), karena gw akan perjalanan jauh (PP +-350 km) :sweating: ….

    permasalahannya itu bermula hari minggu kemarin (tanggal 22 Des) pas gw liat lampu indikator kelistrikan gw kedip2,padahal selama ini g pernah bermasalah. :wait:

    masalah yg kedua, sudah seminggu ini klakson( standard) motor gw bunyinya kyk kehabisan aki … sebelumnya emg gag gw pake karena motor gw tinggalin keluar kota karena ada dinas selama 10 hari…. :suram:

    ketiga, jarum rpm nya sering ke arah 0 pas mesin motor dalam kondisi running dan terkadang g bisa di-elektric starter,mesti pake kick starter… :confused:

    tolong donk gan kasi solusi karena bsk gw mw ke bengkel resmi buat ngobatin penyakit vixi “bucephalus” ane…thanks a lot for your attention :good: :beg:

    Reply
  19. mesiano

    broooooooooooo gua senasipp anjirrr sampe sekarang gua msihh kaya gitu smpe ganti aki 2x guaaaa!!!!!masang powerbank aki dll demi kuda terbang gua maksimal lagiiiiiasuuuuuu….
    anjir dan sekarang br baca gua nihhh pengalamn lu brooo…
    thx beratt bsk gua ganti sekring’a brooooo moga2 betul brooooo…

    Reply
  20. Jeje We

    Salam knal dari saya. Mo ikut nimbrung curhat neh… bolehkan…??
    Saya punya masalah seperti dibawah ini, mungkin ada yang bisa ngasih pencerahan…
    Motor saya Yamaha V-ixion th 2010, baru2 ini lagi kena masalah yang belum ada solusinya, masalahnya distarter at diselah lancar2 aja hidup tuh mesin, tp sewaktu jalan apalagi pada langsam rendah kalo di tarik gas pelan2 malah seolah-olah mo mati dan jalannya njot-njotan ditambah dari knalpot kluar suara berisik batuk2 keras gitu. Saya sudah coba konsultasi ke Bengkel resmi Yamaha diwilayah tempat tinggal saya, setelah diperiksa ternyata katanya busi harus diganti, ya harga busi cuman 12rbuan, ya diganti aja. Ceritanya motor jalan normal, cuman tiga hari terulang lagi penyakitnya, saya coba paksain datang dan konsultasi lg ke Bengkel resmi Yamaha trs diperiksa secara komputerisasi dan hasilnya ternyata kabel body-nya katanya harus diganti karena udah pada rusak sebagian, yaudah walopun dikit mahal sktar 400rbuan lebih saya mo ganti dan ceritanya diganti plus busi baru lagi. Ini malah lebih parah lagi, cuman bisa jalan normal dua hari abis diganti kabel body-nya, ketiga harinya kumat lagi penyakitnya, yaudah saya bawa lagi ke Bengkel resmi Yamaha lagi. Ceritanya diperiksa, tangki bensin dibersihin ama mekaniknya yg udah biasa mengerjakannya, pada saat itu juga penyakitnya belum juga sembuh. Terus saya tanya ama mekaniknya, apa sih sebenarnya penyakit motor ini??? mekanik menjawab : kemungkinan besar Fuell Pomp-nya harus diganti yg harganya kisaran 600rbanlah. Sampai saat ini (saya baru pulang dari bengkel), saya belum memutuskan untuk itu karena takut penyakitnya bukan itu.
    Untuk itu saya mohon pencerahannya, dari gejala2 tersebut apa sebenarnya penyakit yang diderita motor Yamaha V-ixion saya itu??
    Sekali lagi mohon pencerahannya, karena motor itu berguna sekali bwt nunjang aktivitas kerja sehar2 saya. Sebelumnya saya sampaiakan terima kasih.
    Salam,

    Reply
  21. jacha

    BRO TOLONG BANTU MASALAH VIXI ANE BRO,,
    ane juga prnah bro mingu kmaren malem” ane lagi bawa vixi ane, eh tiba” vixi ane jalannya brebet,dan lampu depan ane kedap kedip kaya mau mati, dan gk lama mati mesin,,wduh saya dah bingung di situ saya mengira ada yg koslet saya starter gk bisa ane engkol” gk bisa jga ternyata mesin udah dingin baru bisa bro,,, keesokan paginya ane mengira pasti penyebabya aki ane hbis bro ternyata benarsaya pergi k tkang cas aki di cek aki saya hbislalu saya cas skitar 3 jam lalu vixi ane pun kmbali normal lngsung ane pergi ke bengkel resmi untuk menanyakan hal semalam yg terjadi stelah di cek mesin dan klistrikan, ataupun injeksi mekanik bilang gk ada masalah ya sudah saya sdah cukup legah :yeah: , eh ternyata sore ane make vixi ane ternyata kejadian smalam terulang kmbali :noooo: mtor ane brebet n lampu kedap kedip gk lama mesin pun mati dan ane lngsung prgi ke tkang cas aki ternyata bnar aki habis lagi kalo kata tkang aki, aki ane gk ada masalah ataupun bocor ya sdah saya plang dngan mndorong vixi ane,, intinya gini bro ko’ bisa aki vixi ane baru di cas pagi sorenya langsung habis lagi padahal kondisi aki normal(tidak bocor)
    TOLONG DONG BRO PENCERAHANNYA DAN APA PENYEBAB VIXI ANE BISA SEPERTI ITU

    Reply
  22. solih

    t.kasih bro infonya, kbetulan vixion gw juga menglami hal serupa dan belum ketahuan masalahnya. mungkin ane akan mencoba mengganti fuse 20A nya, semoga bisa normal lagi seperti vixion agan..

    tq..

    Reply
  23. adi

    wah trmkasih banyak infonya atas postingannya..sy jd sdikit tambah tahu celah kerusakan mtor vixion sy…kelistrikannya n masalahnya sama persis..

    wktu itu juga beberapa bengkel resmi sarankan sy ganti kiproknya..tapi ya bener tadi yg dibilang…250.000,- ntar sy coba ganti skeringnya dulu..mudah2an bs lancar lg..

    kalau motor sy ni nampaknya dah 2 kali ini ganti sekering??apa itu pengaruh dari kiprok yg sdh dk normal lg???atau emang karna sekeringnya yg rentan rusak??

    Thanks

    Reply
  24. virin

    bro kalau jarum rpm naik ke angka2 itu gmana?

    itu belum nyala mesin nya kalau nyala malah ke angka4

    kira2 apanya si??????

    Reply
    • Frenky Post author

      Banyak penyebab nya ni bro, harus di cek satu-satu. Coba tes ganti rumah sekring nya terus cek kabel-kabel bodi nya, sapa tau ada yang mengelupas jadi nya konslet :)

      Reply
  25. joko

    gue bru bli vixion bln 3 thn 13
    trhtng mch 6 bln pmakaian
    vixion gue warna puth.
    so yg bkn gue agk kecwa.
    1 blan pmakaian trdngr suara aneh tik tik tik d setiap lwat plisi tdr tau d st guncangan skok agk naik trun.
    gue bwa kdlr resmi.trnyta gak bs nemui it suara.
    2 bln kmudian sya rish dngr suara it.akrx sya bwa lg k dlr resmi trnyta gak ktmu jga.
    smpai skrng gue biarn.

    keluhan k 2.
    1 blan pmakaian d tengah tangki kiri sya timbul gelembung kcil2 muncul.
    so kta dler ymaha.ktax it stiker yg msngx krang pas.

    keluhan k 3
    blan in sklar lampu utma yg sblah kri.pnya gue leleh alias kobong. so kta dler ganti it hrgx 140an.
    brengan dgn it vixion gue kelistrkn gak bs nyla.
    akrx gue bwa d bengkel.

    gue kcwa dgn mtor gue.
    6 bln blm ad.bnyk keluhan yg bkn gue kcwa.gak seprti angan2 gue.bli mtor reyen 3 thn bhkn 5 thn mch ft.

    bagi penggmar vixion kch saran n solusi bt kuda besi gue

    Reply
  26. donimagie

    klo saya juga pernah, tp bukan sekringnya langsung, tapi kabel soket (merah satu set) untuk sekring.

    Reply
  27. Sugi

    sumpah, tu senasib sama sy….
    tapi saya sering gonta ganti sikring, hasilnya masih tetp aja…
    ya udah nanti sy coba ganti rumah sikringnya….

    Reply
  28. devrint

    vixion gue jg sering kayak gitu, soalnya vixion saya modif brubah2, pertama kali sekring saya rusak waktu saya makai fairing, dan lampunya di ubah pararel jadi dua arah, trus konsleting yang terjadi, gue bawa ke bengkel biasa dan ternyata sekringnya, dan semenjak itu gue sudah mulai tau kelistrikan vixion, trus sekarang fairing vixion saya saya lepas, kembali menjadi standar, tapi banyak ku ubah beban listriknya, lampu ubahan, klakson snell horn dan pakai toa motor, awalnya sih gak ada gejala, tapi lama2 jarum rpm waktu hidupin lampu naik turun, gue pikir aki sudah tekor, dan saya di sarankan ganti aki oleh mekanik yamaha, tapi berhubung budgetnya belum ada jadi belum di ubah, trus lama2 jadi nambah gila, hidupin klakson waktu lampu headlamp hidup malah mesin mati dan elektrik starter gak berfungsi, dari situlah gue inget kalau itu pasti dari sekring, dan ternyata benar, setelah gue ganti sekring dan walla, langsung benar seperti semula :good: dengan bermodalkan 2 ribu rupiah, dan harus gue akui bengkel biasa lebih pintar dari pada mekanik yamaha, mekanik yamaha sok tau, padahal seharusnya dia tau, malu2in aja, di suruh ganti ini itu padahal yg bermasalh hanya sekring

    Reply
  29. Dedy

    Mau tnya gan..vixi gua dh gnti aki..skring pun bru q ksh 20A..tpi ttep aj rpm naex trun aplge lo dah dbwa jauh..langsung ngedrop pas drem..wakt q cek kiprox’a pnas bgt..p tu krna kiprox’a ..mhon pnjelasan’a

    Reply
  30. aris one

    Pagi,,,
    Mo nanya gan,,,, motor gw kalav konci kontak nya d hidupin jarang langsung hidup ,, harus nungguin dulu, kenapa yah????

    Reply
    • devrint

      coba ganti sekring bro, gue juga kayak gitu juga, malah lebih parah, nggak bisa di starter,jadimaen engkol, kemarin, abis di ganti skringlangsung bener seperti semula

      Reply
  31. wong ndeso

    hooorreeeeee mksih gan,, :senang: :senang:
    gua kira abis buat demo grung blaaarrr (krna filter karbu ane kebuka plong alias dicopot) gua kira ancur deh kiprok itu,,,, :sigh:
    semoga aja deh cmn sekring kgak mrembet kmana2… :yeah:
    :hero:

    Reply
  32. zainudinz edy

    RPM ane suka turun naik, lampu pada mati klakson mati juga masbro . . Tapi itu kalo di pakai jarak jauh mas bro.. Apa mungkin it kiprok nya bro.. Kmren ane brangkt dari kbon jruk mw ke cikampek eh di bekasi malah mati . . .ada tuh d rmah tmen vixinya . . Hehe share

    Reply
  33. arie

    vixi saya juga perna mengalami seperti itu untung aja saya tahu penyebabx jadi ng sampai masuk bengkel..n bener yg jadi masalhx ada di sekring nya,karna dalm keadaan longgar di rumh sekring…,jadi kllo swktu2 ada kejadian seperti itu,cek aja l;angsung sekringx
    :relax:

    Reply
  34. eminem

    klo vixion ane itu penunjuk bensin nya gak stabil gan
    siang garis nunjukin full, tar sore garisnya nunjuk ke arah bensin EMPTY terus. tp tar gw matiin 10 menit, lalu gw nyalain lagi eh garisnya nunjukin bensin cm terisi setengah (pdhl masih full), gimana ya solusinya?
    :suram:

    Reply
  35. Widianto

    :)) ternyata senasib gan sama piksen ane.. udah ganti kiprok dan sebangsanya~ terus ane coba” ganti sikring eh normal lagi.. ada benernya gan upgrade accu.. saran bro bro club motor pake accu motobatt.. ane sih udah beli seharga 260k motobatt MTZ6S.. blm ane coba coz si gs masih bisa dipake blm soak” amat.. nah ada yg ngasih saran juga coba klaksonnya sih kasih sikring 30Ampere yg kabelnya menuju kutup negatif (-) accu.. alhasil suara klakson kapal (mode pompa) nyaring lampu indikator N nggak pudar.. itu pengalaman ane gan sama si piksen item ane..

    Reply
    • Frenky Post author

      ternyata banyak juga yang senasib ya, ga nyangka :D

      yang masalah klakson, gue coba dulu ya, sapa tau berhasil pake cara bro kebetulan piksen gue item juga soalnya :)

      Reply
      • Widianto

        seeep gan.. itu yg ngasih tau orang yamaha.. eh iya gan itu ke kutub positif (+) bukan negatif (-) maap salah ngasih inpo :lonely:

        Reply
  36. dimas

    hadeh scorpio z gwa ada masalah kek lu juga sob setelah gwa ganti lampu depan gwa make lampu HID 8000k.. hadeh udah ganti aki gs astra masih aja kumat tu kelistrik’annya.. gimana ya

    Reply
    • Frenky Post author

      Pakai relay sob, terus daya aki nya di perbesar, cek kabel body yg udh mulai mengelupas mgkin takut ada hantar listrik nya kurang bgus. Kalau masih ga kuat juga, pakai aki nya 2 deh, waktu itu gw pernah baca tutorial nya coba google aja ya :D

      Reply
    • Frenky Post author

      Klakson horn saya untung nya kuat, pakai relay soalnya sob. Tapi kalau nyala bersamaan dengan lampu besar, pasti kedip lampu besar nya, mungkin karena daya klakson horn besar skali :D

      Reply
  37. jordhi

    wahhh. vixion gue juga gini, sekarang malah mati total ga bisa ON :suram:
    ampe ane tinggal di kampus tuh vixion, bingung ke bengkelnya gmn :lonely: :suram:

    Reply
    • Frenky Post author

      Sewa mobil bak aja, terus bawa ke bengkel dah haha..
      semoga cepat sembuh penyakit vixion nya gan :D

      Reply
  38. andi

    kalo udah ganti sekring masih suka drop coba beli rumah sekringnya,murah ko cuma 20rbu doang,bisa dipasang sendiri.

    Reply
    • Frenky Post author

      ok bro thanks info nya! Buat jaga2 kalau bermasalah lagi ni kelistrikan motor vixi gw :D

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *