BaliTravel ( Indonesia )

Pulau Menjangan – Spot Snorkeling dan Diving Eksotis di Bali Barat

Keindahan Underwater Spot Menjangan

Bagi anda pecinta snorkeling dan diving dan tinggal atau sedang berlibur di Bali, maka mampirlah satu hari full ke Pulau Menjangan – Bali Barat untuk menikmati keindahan bawah laut nya. Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak di 5 mil barat laut Pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat.

Peta Lokasi Menjangan ( Ujung Kiri Atas )

Gue sendiri berkesempatan melihat keindahan Pulau Menjangan ini dalam rangkaian Trip Pulau Menjangan – Kawah Ijen – TN Baluran pada 30 Mei – 1 Juni 2014 yang lalu. Selain keindahan bawah laut nya, sunset dan pemandangan malam hari nya di Pulau Menjangan juga sangat indah, waktu itu gue melihat banyak sekali butiran bintang di langit.

* * * * *

Perjalanan ke Pulau Menjangan ini di mulai dari Jakarta tepat nya Stasiun Jakarta Kota pada tanggal 30 Mei 2014. Dengan menaiki kereta ekonomi AC Gaya Baru Malam tujuan Stasiun Gubeng dan waktu tempuh perjalanan sekitar 13 jam ( sampai pukul 03.00 ) akhir nya gue pun sampai di Surabaya lagi setelah terakhir ke sini ketika Trip Bromo – Madakaripura. Di parkiran Stasiun Gubeng, mobil ELF 18 seat sudah menunggu rombongan kami dan akhir nya perjalanan pun di mulai.

Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi

Mobil pun langsung mengarah cepat ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi karena lokasi yang di tuju mengharuskan kita untuk menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk menggunakan kapal feri. Lama menyebrang antara Pelabuhan Ketapang – Pelabuhan Gilimanuk dan sebalik nya sekitar 1 jam saja. Di Pelabuhan Gilimanuk, jangan lupa siapkan uang pungli liar ke Dishub dan Polisi yang berjaga disana walaupun surat kendaraan anda lengkap agar di biarkan lewat dengan lancar (*hadehhhh*).

Dari Pelabuhan Gilimanuk, perjalanan lalu di arahkan menuju Banyuwedang dengan tujuan akhir Dermaga Banyuwedang sebagai titik start naik kapal kecil menuju Pulau Menjangan.

Dermaga Banyuwedang, Start Point menuju Menjangan

* * * * *

Ketika rombongan gue baru sampai di Dermaga Banyuwedang sekitar jam 2 siang, gue melihat rombongan bule-bule yang ‘setengah telanjang’ dan kelihatan basah, yang dapat di simpulkan baru saja selesai mengarungi Pulau Menjangan, ternyata Pulau Menjangan sudah terkenal sampai ke kalangan bule, ayo wisatawan lokal jangan mau kalah explore negara sendiri  :hero:

Di Dermaga Banyuwedang ini persiapkan peralatan snorkeling atau diving anda, untuk yang mau membeli cemilan atau minuman juga tersedia toko kecil-kecilan disini. Buat anda yang membawa kamera dan barang bawaan lain nya yang tidak boleh terkena air, pastikan di taruh di atas jaring-jaring yang menggantung di atas kapal karena ombak nya lumayan kencang dan siap-siaplah berbasah-basahan di atas kapal :ngakak:

Perjalanan menuju Spot Snorkeling di Menjangan
Salah satu spot Snorkeling di sekitar Menjangan
Pulau Menjangan dari Kejauhan

Sayang karena keterbatasan waktu yang ada, rombongan gue cuma dapat melakukan snorkeling selama 2 jam saja, karena faktor sampai di Dermaga Banyuwedang nya kesiangan juga sih. Tapi selama 2 jam itu, ya gue sudah merasa cukup puas keindahan bawah laut karena gue sendiri orang nya tidak terlalu kuat lama-lama berada dalam air, bawaan nya mual yang ada :(

Hal lain yang perlu di perhatikan di sini adalah arus ombak nya yang lumayan kencang sehingga membuat tanpa sadar kita terhempas dan menjauh dari kapal selain itu ada beberapa terumbu karang yang tajam dan letak nya dekat sekali dengan kaki kita, waktu itu kebetulan ada teman dari rombongan gue yang kaki nya berdarah akibat karang tajam.

Keindahan Underwater Spot Menjangan
Ikan Nemo di Menjangan
Underwater Menjangan

* * * * *

Sekitar pukul 17.00, kapal gue pun akhir nya berbalik arah untuk menuju Dermaga Banyuwedang kembali. Angin sore menjelang magrib saat itu sangat kencang sekali dan kebetulan baju gue juga basah sehingga gue pun merasakan dingin yang pake banget dah! Untung semua itu terbayar dengan sunset yang indah seakan ‘menyapa’ gue untuk agar tetap kuat menahan dingin kala itu :hero:

Hello Sunset!

Sunset di sekitar Dermaga Banyuwedang

Ketika sudah sampai kembali di Dermaga Banyuwedang, langit sudah gelap dan suram nya ternyata di sini sangat minim sekali penerangan. Untuk bersih-bersih diri, bagi yang laki-laki sudah di sediakan pancuran terbuka dan asik nya air nya hangat gitu langsung dari alam, jadi langsung segar deh pasti sehabis mandi.

Sebelum berangkat menuju destinasi berikut nya yaitu Kawah Ijen, gue sempatkan dulu melihat keindahan bintang yang bercahaya banyak sekali di langit malam kala itu dan akhir nya pukul 20.00 WITA mobil gue pun berangkat, bye Menjangan! :bye:

We Are Born to Be Free!

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

1 Comment

• hi ii agan2 yg mo nyoba snorkeling ke pulau menjangan bali,ni ada contac personya; 0852 3883 9596,/snorkelingwithkadek@gmail.com