Sulawesi SelatanTravel ( Indonesia )

Pantai Bira dan Bara di Bulukumba, Pasir Putih nya Sehalus Bedak

Penginapan Pinggir Pantai Tanjung BIra

Kelelahan mengendarai motor selama 6 jam menuju Tanjung Bira, Bulukumba terbayar sudah ketika saya sudah sampai disana. Sunset yang indah, suasana yang tenang, pasir putih nya yang sehalus bedak merupakan keindahan yang di tawarkan oleh Pantai Bira dan Bara yang terdapat di Tanjung Bira, Bulukumba ini. Untuk memasuki area kawasan Tanjung Bira ini, setiap pengunjung di haruskan membayar 10 ribu rupiah dan cukup di bayarkan sekali saja apabila sewaktu-waktu mau keluar area untuk mencari makan :D

Pantai Bira

Pertama kali menginjakkan ke Pantai Bira ini, rasa nya itu seperti sedang menginjak bedak karena halus banget pasir putih nya! Ketika saya datang ke Pantai Bira kebetulan hari itu adalah hari sabtu sehingga suasana lumayan ramai oleh wisatawan lokal apalagi di tambah saat itu ada rombongan touring dari motor suzuki Inazuma. Tapi hal tersebut tidak menghalangi saya untuk menikmati keindahan pantai ini karena sunset nya cantik benerrrrr….. :wow:

Sunset Pantai Bira
Saya dan Sunset Pantai Bira :-)

Suasana malam di Pantai Bira ini juga tidak kalah ciamik walau penerangan nya hanya mengandalkan dari lampu-lampu warung rokok dan mie yang berada di pinggir Pantai Bira. Angin malam yang berhembus kencang sambil melihat bintang-bintang di langit menambah suasana romantis Pantai Bira ini. Apabila anda ingin makan malam dengan suasana romantis di restoran pinggir pantai, disini ada sebuah restoran yang menarik karena berbentuk kapal Phinisi. Selain sebagai restoran, tempat ini sepertinya juga menyediakan penginapan, coba di cek sendiri ya jika anda bermain kemari hehehe…

Restoran di Kapal Phinisi

Kecantikan Pantai Bira sesungguhnya terlihat ketika matahari bersinar begitu terang nya karena warna air di Pantai Bira terlihat bergradasi perpaduan antara biru muda dan tua. Terlihat banyak kapal-kapal yang menunggu penumpang untuk di antarkan menuju Pulau Liukang dan Kambing yang letak nya tidak jauh dari Tanjung Bira. Apabila anda suka bermain Banana Boat, disini juga tersedia loh, tapi untuk biaya nya saya kurang tahu :D  Di pinggir Pantai Bira ini terdapat tebing-tebing tinggi yang di atas nya banyak berdiri penginapan dan rumah makan, pasti nya sungguh nyaman apabila tinggal persis di pinggir Pantai yang cantik begini ya :D

Gradasi Warna di Pantai Bira
Tebing Tinggi di Tanjung Bira
Penginapan Pinggir Pantai Tanjung Bira

Pantai Bara

Kalau di Pantai Bira itu agak lumayan ramai oleh pengunjung, lain lagi dengan Pantai Tetangga nya yang bernama Pantai Bara ini. Di Pantai Bara ini benar-benar serasa Pantai Pribadi alias milik sendiri karena TIDAK ada pengunjung sama sekali kesini. Alasan nya? Kalau tebak-tebakan saya sih karena akses nya yang agak lumayan jauh bila berjalan kaki bahkan saya yang naik motor saja masih terasa agak jauh selain itu agak sulit karena akses jalan nya memasuki hutan liar begitu dan jalanan nya penuh bebatuan. Selain itu untuk menuju Pantai Bara ini harus melewati tempat ‘ehem-ehem’ yang letak nya agak menjurus ke tengah hutan dan berada persis di belakang Pantai Bira. Jadi jangan heran nanti bila ketemu wanita berdandan menor di tengah perjalanan ya, yang pasti itu bukan hantu, anggap saja ‘bidadari’ :ngakak:

Jalan Bebatuan menuju Pantai Bara

Perbedaan lain nya, di Pantai Bara ini juga terdapat deretan pohon kelapa yang berbaris rapi, yang di Pantai Bira saya rasa sudah di babat habis untuk di bangun warung rokok & mie di pinggir Pantai Bira. Sepengamatan saya di Pantai Bara ini juga terdapat penginapan yang letak nya persis sekali di pinggir Pantai Bara ini selain itu Pantai Bara ini juga bersih loh, mungkin ada petugas kebersihan nya, tapi entah lah….

Deretan Pohon Kelapa di Pantai Bara
Penginapan di Pantai Bara
Menjelang Sunset di Pantai Bara

Yang pasti di Pantai Bara ini saya sangat menikmati keindahan dan keheningan yang di berikan, tak lupa saya juga mengabadikan foto-foto bertema romantis bersama teman seperjalanan saya kemari :shy:

Saya & Sunset Pantai Bara
Pantai Bara in Love :-)

:info:    :info:

Gimana Keren kan Pantai Bira dan Bara di Tanjung Bira, Bulukumba ini? Buruan datang ke sini dan rasakan keindahan pantai ini dengan nuansa romantis nya, jangan lupa bawa pasangan nya ya! :D

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

35 Comments

  • Tanjung bira, pasir putih memng the best… sayaa tinggalnya tdak jauh dri daerah bira..n paling seru mnghabiskan waktu santaii d sana apalgi mnjelng sunset… pas bangett buat nyantaii guys..

  • terima kasih atas kedatangannya ke daerah tercinta kami..

    di BULUKUMBA sangat banyak pantai cantik nan perawan belum terjamah.. dan banyak spot wisata lain selain pantai misal wisata sejarah dan adatbudaya nih ada beberapa yg saya sebutkan :
    1. pantai Mandalaria (keren abis… dan sangat putih pasirnya dan tempatnya sangat penuh dengan histori penyelamatan irian barat) disekitar sini ada goa air tawar dan goa kuburan prasejarah.
    2. pantai lemo lemo
    3. pantai kaluku
    4. pantai samboang
    5. tanjung apparalang
    dan masih banyak keindahan pantai yang belum saya sebutkan… semua pantai diatas tdk terlalu jauh dari pantai tanjung bira… dan kalau punya motor atau sepeda lebih seru lg untuk mengelilinya.. tp siapkan waktu 2 – 3 hari yah biar nikmatnya maknyosssss…

    untuk selain pantai ada kampung suku KAJANG DALAM yg anti moderinisasi dan sudah ada di kawsan tersebut skitar 2000-2500 thn yang lalu… budaya nya sangat unik
    ada juga makam, mesjid dan permandian raja tiro dan dato ri tiro dmana termasuk penyebar agama islam pertama di SUL-SEL..

    sekali lagi terima kasih telah memperkenalkan daerah kami.

    • Brooo…bisa tinggalin no hp ga,mana tau bisa jadi tour guide klw pas ke sana,,apa lg pas moment habis lebaran bgni#fastrespon,thx

    • Kalau bro tipikal cari penginapan yang budget low cost, cari sekitaran daerah Pantai Bira aja, banyak penginapan backpacker disana.

      Untuk makan ada didalam area Tanjung Bira nya, ada juga yang di luar, selera bro aja mau pilih yang mana, untuk harga mirip-mirip, ga ada tembak harga :)

  • Wow Bro.. Dalam waktu deket gw bawa rombongan 36 orang ke Makasar. Mampir semalem di Tanjung Bira. Need Saran Bro.. Mending nginep di Tanjung Bira apa di deket Pantai Bara ? Ada rekomendasi tempat nginep ? Thank U

    • Hallo bro,
      Kalau saran sih mending di dekat Pantai Bira nya aja, soalnya kalau ke Pantai Bara akses nya agak privat gitu, takut nya malah susah kalau misal nya mau cari makan malam, tapi kalau memang suka suasana privat gitu, mending di dekat Pantai Bara nginep nya.

      Mungkin bisa cobain Amatoa Resort ( http://www.amatoaresort.com/ ) kalau mau dekat Pantai Bira, kalau mau di Pantai Bara bisa cobain Bara Beach Bungalow ( http://www.bara-beach.com/ )

  • Nice info bro. Gw jadi pingin kesini haha. Nah, gw skrg sedang di Bau-Bau dan ada penerbangan ke Selayar. Kalau menurut lo mending ke Makassar – Bulukumba atau Selayar – Bulukumba?
    Sekalian nanya, kalau di Maros cukup sehari kah atau butuh 2 hari? Makasih banyak infonya, rencananya bakal ke Toraja juga sekalian bulan depan hehe

    • Mending selayar – bulukumba sekalian biar lebih sip dan maknyos.

      Sehari cukup buat keliling Maros ( Bantimurung, Leang-Leang, Ramang-Ramang ) tapi dari pagi hingga sore ya ;)

    • Yoi bro, tapi kalau nginap nya di sekitar Pantai Bira, jangan pulang terlalu malam dari Pantai Bara nya, serem juga lewatin area gelap-gelap di sekitar hutan nya :suram:

  • bro, gila bikin ngiler aja liat foto2 ente ke tj Bira kmrn. Gw sudah pengen ke sana dr thn 2011, blm kesampaian aja sampe skrg. Moga2 thn 2014 bisa kesana

    • Iya seriusan dong naik motor, kebetulan teman di Makassar ada motor nganggur hehe..

      Wah asik banget mau ke Takabone, kemarin belum kesampaian, smoga next time bisa kesana deh, enjoy liburan nya bro ;)

    • yoi, emang keren pantai nya, jangan lupa ajak2 gw kalau mau kesini ya, kali aj bisa barengan :P

    • Ada masuk ke dalam, tempat nya emang oke + romantis :D

      Tapi sayang waktu itu ga bisa tes makan + harga karena sudah di booking 1 restoran oleh suatu perusahaan :(

      Tapi kalau situ mau ngajak makan kesana ga nolak loh hahaha…

Leave a Reply