Jawa BaratTravel ( Indonesia )

Rekreasi di Taman Wisata Matahari, Puncak Bogor

Berawal dari keinginan menghabiskan akhir pekan di daerah Puncak bersama teman-teman sambil bermain, saya pun langsung teringat akan Taman Wisata Matahari. Saya langsung teringat tempat ini karena sudah beberapa kali saya melewati Taman Wisata Matahari ini dengan logo khas nya yang biasa terlihat di mall atau departemen store namun tidak pernah kesampaian untuk masuk.

Untuk mencapai tempat ini tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan waktu 3 – 4 jam dari Jakarta, letak nya tidak jauh dari Cimory. Jam buka nya sendiri untuk hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 dengan harga tiket Rp 6.000 sedangkan untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional 07.30 – 17.00 dengan harga tiket Rp 15.000, cukup terjangkau biaya nya untuk rekreasi akhir pekan :)

Pada tanggal 2 Februari 2013, akhirnya saya berkunjung ke tempat ini. Perjalanan dimulai dari Cipanas dan menempuh waktu kurang lebih 1 jam lama nya untuk sampai ke Taman Wisata Matahari ini. Di pintu masuk gerbang, jumlah pengunjung langsung di hitung di dalam mobil dan di kenakan biaya Rp 15.000 per orang dan mendapatkan 1 lembar tiket terusan. Tiket terusan ini sudah termasuk beberapa permainan dan diskon seperti yang tertera pada gambar, untuk yang sudah terpakai adalah perahu dayung :)

Tiket Terusan Taman Wisata Matahari

Setelah menemukan tempat parkir mobil yang letaknya agak jauh dari pintu gerbang, kami pun bersiap-siap memulai petualangan di tempat ini. Di Taman Wisata Matahari ini di sediakan secara gratis kendaraan mobil yang berbentuk binatang sehingga kita tidak perlu berjalan jauh-jauh dari satu permainan ke permainan lain, tapi bagi anda yang mau berjalan kaki juga tetap nyaman karena area nya yang asri oleh pepohonan.

Kendaraan Gratis di Taman Wisata Matahari

Saya dan teman-teman berinisiatif menggunakan permainan-permainan yang terdapat di tiket terusan terlebih dahulu, kalau menurut saya pribadi permainan perahu dayung (gambar kiri atas) yang paling menarik di antara tiket terusan.

Permainan Tiket Terusan Taman Wisata Matahari

Selanjutnya saya dan teman-teman mencoba permainan di luar tiket terusan yang kelihatan nya menarik. Pembelian tiket nya sendiri dapat di beli langsung di tempat dengan harga bervariasi antara 10.000 – 25.000 / permainan. Kami akhirnya mencoba Rumah Hantu 10 ribu, Theater 4D 10 ribu dan Soar Rafting 25 ribu dari sekian banyak permainan lain nya, yang wajib coba tentu saja rafting karena menguji adrenalin, untuk Theater 4D nya sangat tidak recommended :suram:

Permainan Taman Wisata Matahari di Luar Tiket Terusan

Selesai puas bermain, kami pun berkunjung ke pusat oleh-oleh yang terdapat di dalam area Wisata Taman Matahari ini. Ada penjual pakaian, cinderamata dan tentu saja makanan yang penampilan nya mengundang lidah untuk sekedar mencicipi nya.

Permainan lain dan Pusat oleh-oleh di Taman Wisata Matahari

Akhir nya pukul 17.00 kami pulang dengan perasaan senang dan tidak lupa mampir terlebih dahulu ke restoran Cimory yang terletak tidak jauh dari Taman Wisata Matahari ini. Tempat rekreasi ini sangat recommended buat keluarga yang ingin sekedar berekreasi bersama anak-anak nya, selain itu tempat nya yang sejuk juga menambah nilai plus tersendiri tempat ini, jangan lupa berkunjung kemari ya jika ke Puncak, salam traveller!

We Are Born to Be Free!

 

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

40 Comments

  • Ka in kkb saya kan dapet tiket nyaaa gratis main wahana yg ada di twm, nah tiketnya smcm buku gtuuu tp d dlm nya trdpt ktranganbegini hanya yg beruntung saja keterangan nya isinya begitu, nah kalo masuk nya bayar gaa??

  • Hayy Mass Kan Aku Dari Dalam tmw nih ( Taman Wisata Matahati ) Mwenuju Ke Tempat Susu Cimori Arah jalan Ny Gmna Mas dan apakah jauh ??? please Jawab

    • Kalau dari arah Pintu Tol Ciawi, rute nya itu ketemu Cimory Riverside dulu baru Taman Wisata Matahari baru ketemu Cimory Toko Susu nya. Lokasi nya berdekatan satu sama lain sekitar 2 – 5 KM.

    • Hai, parkiran nya tidak gratis, untuk harga parkiran bus kecil 15 ribu, besar 30 ribu.

      Untuk harga tiket terusan saya sudah tidak tau nih harga nya masih sama atau tidak :)

  • malam mas, maaf mengganggu, mau tanya setiap wahana antriannya panjang nggak ? trus kalau saya sudah mencoba semua wahana, masih sempat ngga untuk berenang,,,,,,??? :) thx info nya.

    • Hi Sarah, waktu saya pergi kesana sih setiap wahana hampir tidak ada antrian, jadi beli tiket, terus langsung masuk, entah karena saat itu cuaca sehabis hujan atau ada faktor lain nya, tapi yang pasti waktu itu saya kesana di hari Minggu dan siang hari sekitar jam 2an.

      Kalau misal mau berenang lagi, berarti datang nya harus dari pagi jam 8-9pagi, jadi nanti berenang nya bisa di lakukan di siang hari deh sampai tutup :)

    • Hi Dinna, sebenar nya bukan gratis juga karena itu kan tiket terusan nya di beli di awal ketika mau masuk Taman Matahari nya.

      Jadi kalau sudah beli tiket terusan, yang di maksud Dinna itu sudah termasuk dalam paket permainan. (tidak perlu bayar extra lagi)

    • Kalau dari petunjuk di website nya dan di loket sana sih tertulis tutup jam 5

      Tapi mungkin jika lebih dari jam itu bisa-bisa aja kalau cuma untuk sekedar duduk-duduk di taman nya soalnya kalau wahana permainan nya sih sudah pasti tutup.

      Daripada nongkrong di sana, mending nongkrong di warung makanan di pinggiran daerah puncak mas, lebih mantap view nya :good:

  • Mohon dong informasi tentang wahana rumah hantunya. Itu kita masuk ke wahana rumah hantu dengan jalan kaki atau naik kereta kecil?

    Makasih sebelumnya.. :)

    • Hi, untuk rumah hantu itu di dalam nya kita berjalan kaki biasa. Rumah hantu nya ada 2 versi satu pocong (seperti di gambar) dan ada satu lagi (tidak ada di gambar).

      Di coba saja kedua nya jika memang excited dengan kaget2an haha..

      Semoga membantu ya :)

      • Waaww,,, kereennn… Tambah menantang nih wahananya kalo jalan kaki.. ;)

        Oiya, satu pertanyaan lagi dong, itu di dalam hantunya orang yang menyamar atau boneka yang bisa bergerak..?

        Makasih ya responnya.. :)

        • Orang asli itu yang di dalam nya, tapi kalau anda beruntung mungkin siapa tau bisa lihat ‘hantu’ asli :cheer:

          Sayang cuma kurang panjang jalur rumah hantu nya, dicoba saja deh, teman nya yang punya penyakit jantung-an jangan diajak masuk ya :D

  • Kalo dari arah jakarta, gimana ya rutenya ke taman matahari dengan mobil pribadi (via tol ciawi). Dan apakah pentunjuk jalan nya jelas ???

    Thanks

    • Jika dari arah Jakarta via tol Ciawi cukup mengikuti jalur saja menuju Taman Safari Indonesia.

      Letak Taman Matahari terletak di sebelah kiri jika dari arah Jakarta, lokasi nya tidak jauh dari Restoran Cimory Riverside yang terletak di sebelah kanan. Petunjuk jalan seingat saya tidak ada, tapi logo Taman Matahari sangat jelas jika sudah dekat karena begitu besar logo dan area nya :)

  • @ TAMAN MATAHARI BOGOR,,,,WITH FAMILY :relax:

    MANTABBB….. :good:

    Ternyata Aset wisata di Bogor sangat menarik dan tidak kalh dengan daerah lainnnn,,,,,

    I LOVE BOGOR

    HARGA TIKET MASUK 15.000
    PARKIR MOBIL PRIBADI 5000….

    • Wah maaf, saya tidak tahu juga tentang info tiket masuk tempat wisata ini ketika lebaran naik atau tidak :(

    • Kalau untuk kesana cari bus tujuan Cisarua (Puncak) saja, tapi untuk detil nya saya kurang tahu karena saya naik transportasi pribadi :)

  • keren artikelnya, boleh juga klo kita join bareng
    buat yang perlu info – info tentang kegiatan outbound, employee gathering, family gathering, kegiatan study tour atau apapun itu bisa buka blog akra-organizer.blogspot.com

  • TANYA DUNK..DIDALAM TIKET TERUSAN ADA TIKET WAHANA WATERPARK ITU BEDA YA DNG HARGA TIKET SUNSHINE BAY WATERPARK NYA..TOLONG INFONYA,TKS

    • Sama aja itu waterpark dengan sunshine bay waterpark, apabila membeli tiket terusan dapat diskon 30% untuk weekdays dan 20% untuk weekend :)

    • 35 ribu di agustus tahun 2012, sepertinya untuk sekarang masih sama atau paling mahal 50 ribu, smoga membantu :D

  • tolong dong kepada pengurus TAMAN MATAHARI untuk memperbaiki tempat shalatnya ( mushola ) agar menjadi lebih baik dan lebih bersih

    • Waduh saya bukan pengurus Taman Matahari ni masbro haha.. tapi emang sih waktu itu sempat liat tempat mushola nya kurang terawat dan fasilitas WC nya juga, semoga pengurus Taman Matahari baca postingan ini :D

    • Hasil dari googling juga ni, klo bus nya berukuran (kecil – 3/4) kena nya 15ribu, kalau besar 30 ribu :D

    • harusnya masih sama 15 ribu rupiah, karena saya kesana juga belum lama ini, tepat nya per tanggal 2 feb 2013

Leave a Reply