JepangTravel ( Outside Indonesia )

Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang ( Updated 2023 )

Visa Jepang

Pengalaman membuat Visa Jepang ini merupakan pengalaman kedua gue dalam mengurus Visa di kedutaan langsung setelah Visa Korea Selatan ( Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan ) dan proses pembuatan Visa Jepang ini pun cukup mudah dan tidak susah, hanya butuh sedikit usaha saja :star:

Pada post ini, gue akan coba sharing cara membuat Visa Jepang dengan Passport Biasa ( Bukan E-Passport ) berdasarkan pengalaman pribadi untuk trip ke Jepang selama 10 hari :senang:

* * * * *

Catatan Perjalanan Selama di Jepang 10 Hari 6 Kota ( Klik Gambar di Bawah )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota
Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota

* * * * *

A. Waktu dan Tempat Pendaftaran dan Pengambilan Visa Jepang

  • Japan Visa Application Center di Kuningan City lantai 2 hanya menerima permohonan visa yang KTP nya Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung
  • Permohonan Visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing, acuan nya berdasarkan domisili yang tertera di KTP. Sebagai contoh misal tempat tinggal sementara di Jakarta karena untuk mencari nafkah, tetapi alamat pada KTP domisili nya di Jawa Timur, maka pengajuan Visa harus di lakukan di kantor konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, tidak bisa di JVAC di Jakarta.
  • Untuk melihat wilayah pembagian kantor konsulat Jepang di Indonesia sesuai wilayah di KTP dapat di cek : Wilayah Yurisdiksi Kantor Konsulat Jepang

JVACKonsular Jepang
Jam 09.00 – 17.00Pengajuan Permohonan Visa : 08.15 ~ 11.30
Pengambilan Passpor : 13.15 ~ 15.30
  • Hari Kerja :  Senin – Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Tanggal libur kedutaan bisa di cek pada link berikut : Hari Libur Kedutaan Jepang di Indonesia
  • Proses pembuatan visa : Minimal 4 (empat) hari kerja

B. Biaya Pembuatan Visa Jepang ( Per November-2022 )

  • Visa Single Entry : Rp 400.000
  • Visa Multiple Entry : Rp 800.000
  • Visa Transit : Rp 90.000
  • Tambahan Biaya VFS Global ( Jika Apply Visa di JVAC ) : Rp 182.000

C. Persyaratan Visa Jepang Turis ( Single Entry )

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa dan pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram) – Download Formulir Visa – QR Code (PDF)]
  • Foto kopi KTP
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  • Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang) – Download PDF Jadwal Perjalanan
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir. (Bila pemohon lebih dari satu)
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).
  • Semua dokumen harus di serahkan menggunakan kertas A4 ( tidak boleh menggunakan ukuran kertas lain )

* * * * *

Berikut detail penjelasan dokumen yang gue siapkan dulu ketika apply Visa Jepang :

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa. [download (PDF)] Untuk cara pengisian nya dapat mengacu pada gambar di bawah dan setiap pertanyaan yang tidak ada jawaban nya ditulis dengan “NONE”
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
  • Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram). Background yang di gunakan warna putih.
  • Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  • Surat Keterangan Bekerja. Surat Keterangan Kerja harus dalam Bahasa Inggris, mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Karena status gue adalah karyawan swasta, maka surat ini tinggal minta ke HRD
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang). Lampirkan E-Ticket yang anda punya.
  • Jadwal Perjalanan [ download (PDF)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang). Berikut contoh Itinerary yang gue lampirkan saat itu
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu). Di sini gue melampirkan Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir. Lampirkan fotokopi buku tabungan halaman depan yang berisi identitas dan mutasi rekening 3 bulan terakhir, kalau mau lebih lengkap lampirkan Surat Referensi Asli dari Bank.
  • Bukti pemesanan penginapan. Bisa melampirkan print out dari BOOKING[dot]COM sebagai bukti telah menyewa penginapan.

* * * * *

UPDATE NEWS DARI KEDUTAAN TERKAIT VISA JEPANG

15 Oktober 2020 - Klik Untuk Melihat Berita

Mulai tanggal 19 Oktober 2020, pelayanan aplikasi visa Jepang akan dilakukan kembali di Japan Visa Application Center (JVAC) di Kuningan, Jakarta.

1. Sehubungan dengan dibukanya kembali JVAC, layanan aplikasi visa akan dilaksanakan dengan prosedur seperti di bawah ini. Mohon diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan mengenai dokumen aplikasi visa dan lokasi pengajuan aplikasinya.

Aplikasi visa : Diajukan di JVAC (dengan sistem reservasi). Pada prinsipnya Kedutaan Besar Jepang di Indonesia tidak melayani aplikasi visa.

2. Untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19, pengajuan aplikasi visa di JVAC dilakukan dengan sistem reservasi. Mohon akses URL berikut untuk melakukan reservasi.

Situs untuk reservasi di JVAC: https://visa.vfsglobal.com/idn/id/jpn/book-an-appointment

3. Konsultasi mengenai visa atau reservasi melalui telepon dapat dilakukan dengan menghubungi alamat e-mail atau nomor telepon berikut.

Japan Visa Application Center (JVAC), Kuningan City 2nd floor Unit L2-09, Jakarta

01 Desember 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Terdapat update dari kedutaan Jepang terkait Visa Waiver ( Bebas Visa Jepang dengan E-Passport ), selengkap nya dapat di baca pengumuman nya di link berikut http://www.id.emb-japan.go.jp/info17_08_visawaiver.html

01 September 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Japan Visa Application Centre di Lantai 4 - Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan
Japan Visa Application Centre di Lantai 4 – Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan

Sesuai dengan berita di website kedutaan Jepang ( http://www.id.emb-japan.go.jp/news17_15.html ) maka per tanggal 15 September 2017 semua proses pengajuan Visa Jepang ( Visa Sticker ) untuk wilayah Yurisdiksi ( Wilayah Kerja )


Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung


akan di lakukan melalui “Japan Visa Application Centre” yang beralamat di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta Selatan

Catatan :

1. Biaya Logistik* yang akan dikenakan untuk Aplikasi Visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa E-Paspor di JVAC per paspor sebagai berikut :

  • Aplikasi Visa Rp 155.000
  • Registrasi Bebas Visa Rp 115.000
  • Setiap aplikan akan diminta untuk membayar biaya visa ditambah dengan biaya logistik ini.
  • Jadi biaya aplikasi Visa Jepang Single Entry per 15 September 2017 adalah 370 ribu + 155 ribu = 525 ribu

2. Pada dasarnya, mulai 15 September 2017 Kedutaan Besar Jepang tidak menerima lagi aplikasi pengajuan visa kecuali untuk pengajuan aplikasi visa sebagai berikut :

  • Registrasi Bebas Visa E-Paspor ( Boleh diajukan di Kedubes Jepang atau JVAC )
  • Visa Diplomatik dan Visa Dinas (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

3. Info selengkap nya, bisa di baca di link berikut ( http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/ )

Pengalaman Membuat Visa Jepang di Tahun 2015

Visa Jepang
Visa Jepang

Karena gue gagal mendapatkan E-Passport pada saat mencoba perpanjang Paspor di Maret 2015 lalu ( Perpanjang Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat ), akhir nya gue pun mengurus Visa Jepang dengan menggunakan Paspor Biasa 48 halaman dan menyiapkan syarat-syarat yang wajib di siapkan oleh Kedutaan Jepang.

Persyaratan mengurus Visa Jepang dapat di lihat langsung pada Website Kedutaan Jepang

Kemudian karena tujuan gue datang ke Jepang sebagai Turis yang ingin berwisata maka pilihan yang di gunakan adalah point nomor 4. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri

* * * * *

Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta
Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta

Karena semua dokumen untuk syarat Visa Jepang sudah siap dan domisili KTP gue di Jakarta, maka pada tanggal 12-Mei-2015 gue pun berangkat ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta yang beralamat di jalan M.H. Thamrin No. 24 lokasi nya persis sebelah Plaza Indonesia. Karena di Kedutaan Jepang tidak ada parkir mobil / motor untuk tamu, jadi gue pun parkir kendaraan di Plaza Indonesia, untuk motor bisa parkir di sekitaran Jalan Kebon Kacang. Jangan lupa sebelum datang ke Kedutaan Jepang, cek dulu apakah hari itu ada libur khusus Kedutaan karena ada event tertentu.

Pukul 10.00 gue sampai di depan Kedutaan Besar Jepang, pas masuk gerbang tuker identitas diri terlebih dulu di pos security. Lalu masuk ke ruang utama, ambil nomor antrian pada sebuah mesin. Di sini mesin antri nya ada 2, yang 1 untuk nomor antrian Visa Jepang umum dan yang 1 nomor antrian untuk Daftar Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

Begitu nomor antrian di panggil, gue pun menyerahkan dokumen yang telah di siapkan dan berurutan dari nomor 2-8. Dan tanpa di tanya apapun tentang kelengkapan dokumen, kemudian petugas menyerahkan selembar kertas bukti penyerahan dokumen untuk di isi nama, nomor passport dan nomor kontak yang dapat di hubungi. Dan akhir nya di berikan penjelasan Paspor dapat di ambil kembali pada tanggal 18-Mei-2015 ( 4 hari kerja ).

Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang
Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang

Pada tanggal 18-Mei-2015, dengan bantuan teman trip yang akan pergi ke Jepang bersama nanti, gue pun meminta tolong dia untuk di ambilkan Paspor kepunyaan gue karena faktor jam pengambilan dan tempat kerja gue yang cukup jauh dari lokasi Kedutaan Jepang.

Tanpa surat kuasa, hanya bermodalkan kertas yang di serahkan petugas Kedutaan Jepang, akhir nya Paspor gue sukses di ambil oleh teman trip gue dan di dalam nya sudah tertempel sticker Visa Jepang untuk ijin tinggal 15 hari dan masa berlaku 90 hari :cheer:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa Jepang

Q : Apakah wajib melampirkan bukti pemesanan penginapan untuk apply Visa Jepang ?

A : Sebenar nya tidak ada keharusan dari persyaratan yang terlampir, tapi untuk lebih menyakinkan kedutaan Jepang terutama untuk bagian dokumen perjalanan, jadi sangat di sarankan melampirkan bukti booking penginapan, bisa di pakai dari situs BOOKING[dot]COM atau AGODA memakai banner di bawah :

Booking.com

Booking.com

AGODA


Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa Jepang dapat di wakilkan ?

A :  Pada prinsipnya pengajuan permohonan visa dilakukan oleh Pemohon langsung di loket visa. Namun, pengajuan permohonan visa oleh grup atau perusahaan seperti tercantum di bawah ini bisa diwakilkan (oleh staf dari kantor tempat pemohon bekerja dan/atau keluarga):

  • Anak berusia di bawah 16 tahun, orang berusia lebih dari 60 tahun atau orang dengan keterbelakangan fisik,
  • Pemohon dengan paspor diplomat atau dinas dengan tujuan kunjungan dinas,
  • Pemohon yang mengajukan permohonan visa melalui biro perjalanan yang sudah disetujui oleh kantor Konsulat Jenderal Jepang.

Staf dari kantor pemohon bekerja dan/atau keluarga harus melampirkan :

  • Surat tugas dari kantor dan foto copy KTP messenger; atau
  • Foto copy bukti hubungan keluarga

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa Jepang untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika apply Visa Jepang ini, paspor gue benar-benar masih baru banget tanpa ada history travelling sama sekali, maka masalah paspor kosong ini tidak perlu di khawatirkan, yang penting dokumen lengkap!

Q : Saldo di tabungan bank bikin galau nih, kebetulan lagi banyak pengeluaran akhir-akhir ini, gimana tuh ?

A : Baik nya saldo di tabungan bank di jaga dulu selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa, menurut gue aman nya itu pakai rumus harian Rp 1.500.000 x ( Lama Tinggal ) = Saldo Tabungan yang mengendap

Q : Apa keuntungan apply Visa Jepang Biasa di bandingkan Visa Waiver Jepang dengan E-Passport?

A : Buat anda yang mau tinggal di Jepang lebih dari 15 hari, maka di haruskan masuk menggunakan Visa Jepang Biasa karena Visa Waiver Jepang durasi tinggal maksimal 15 hari per kedatangan. Selain itu Visa Jepang Biasa yang masih berlaku dapat di gunakan untuk masuk ke Taiwan tanpa perlu mendaftar Visa Taiwan ( hanya cukup registrasi online saja ) :info:

Q : Kalau kerja sebagai seller online shop / wiraswasta , gimana tuh Surat Keterangan Kerja buat syarat Visa Jepang nya ?

A : Bisa di contoh pembuatan nya seperti gambar di bawah! Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa
Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa

Q : Kalau orang tua / kakak kandung jadi penjamin biaya untuk pembuatan Visa Jepang ini, gimana tuh ?

A : Bisa di contoh pembuatan surat keterangan jaminan nya seperti gambar di bawah, pada contoh surat ini John Cena berperan sebagai penjamin ibu dan adik nya yang akan melakukan trip ke Jepang. Sebagai bukti keuangan dan penjamin trip ini, John Cena melampirkan mutasi rekening 3 bulan terakhir nya.

Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Buat Visa Jepang - Surat Jaminan Keluarga
Buat Visa Jepang – Surat Jaminan Keluarga

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam membuat Visa Jepang, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

835 Comments

  • Hai, salam kenal yaa.

    Mau bertanya, kalau mau liburan apa perlu surat keterangan dari tempat bekerja juga?
    Terima kasih.

    Salam,

      • Hooo.

        Mau nanya lagi.
        Guarantee harus diisi ya? Kalau nggak ada yang kenal gimana?
        Thanks again.

        Oh iya 1 lg. Di NZ itinerary ada column contact itu contact kami ato hotelnya ato tujuan kita?

  • Haii salam kenal.
    1.Sy mau nanya neh, kebetulan 10 April ntar mau ke Jepang.
    Suami sy berangkat dr New Zealand krn kebetulan dia lg kuliah d sana, jd kami mesti urus visa masing2 dan rekening masing2 ya?
    2.untuk pengisian nama krn nama saya cm “Zamzam” itu diisi di bagian Surname ato Given?
    3.sy saat ini sudah berhenti kerja, tabungan sudah ada di atas 25jt sejak des tp g ada uang masuk sejak Feb ampe Mar g ada masalah ya?
    Thanks for reply :)

    • Hi,
      1. Pakai rekening suami boleh
      2. di bagian Given name nya tulis “Zamzam”, surname nya kosongin saja
      3. Ga ada masalah kalau ibu RT. Tapi pakai rekening suami aja juga gpp.

  • Halo,

    Thanks untuk sharing infonya!

    Saya ada rencana stay dijepang selama satu bulan.
    Ada persyaratan khusus ga ya dalam mengurus visanya? Apakah ada kemungkinan ngga tembus aplikasinua?

    Makasih atas bantuannya :)

    • Kaya nya syarat nya sama aja ya, tapi untuk pasti nya coba telpon ke kedubes Jepang, umum nya Visa Turis di kasih 15hari saja soalnya. Kalau lebih dari 15 hari, kurang paham juga di kasih otomatis atau tidak untuk first timer datang ke Jepang.

  • Sangat membantu sekali!
    Oh iya saya ada pertanyaan, saat ini saya masih mahasiswa, apakah perlu melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa juga? Atau tidak apa-apa hanya Kartu Tanda Mahasiswa? Terimakasih.

    • kalau mau dapat bebas biaya visa jepang ( hanya buat mahasiswa S1 ), di lampirkan ya surat keterangan aktif mahasiswa nya. Lumayan 330rb.

  • Salam kenal mas Frengky..sy Winda..
    Rencana 3 mei 2017 sy mau ke jepang bersama suami n 2 anak sy
    Sy baca di salah satu syarat…kalau bekerja di perusahaan yg bernaung dlm Bursa Saham Indonesia tdk perlu melampirkan data keuangan sebagaimana poin 8.
    Jadi sy ga perlu lampirkan buku tabungan dunk yaa…surat rekomendasi kantor yang menyatakan sy pegawai tetap di perusahaan A dimana perusahaan A adalah perusahaan yang bernaung dlm Bursa Saham Indonesia, dan sy sdh bekerja selama 9 th dengan menyertakan juga nama n no paspor suami n 2 anak sy, harusnya cukup ya mas?

  • Hi Kak,

    Mau tanya, kalau saya booking penginapan menggunakan Airbnb selama stay di Jepang 1 minggu untuk liburan, apakah tidak ada masalah saat pengajuan visa? apakah akan diapprove?

    Thank you.

  • Misi mas mau tanya. Untuk upgrade dari passport biasa ke epassport apakah harus menunggu passpor biasanya expired dulu? Atau bisa langsung di upgrade? Saya ada rencana ke jepang ditahun 2018 dan passport biasa saya baru expired di tahun 2019.

    • Bisa langsung upgrade sih, eh tapi untuk yang masalah ini tergantung kantor imigrasi juga, soalnya kadang kantor imigrasi A boleh, kantor imigrasi B ga boleh, untung2an. Tapi dari beberapa yang pernah udah share di forum facebook, bisa2 aja ganti epasspor padahal masa expired nya masih cukup lama.

  • bro mau tanya, ini kan saya mau ke jepang berempat sekeluarga sama kakak saya, 2 masih kuliah 2 nya kerja. nah kalo misalnya saya sebagai adik posisinya yang paling muda, masih kuliah, bisa ngga ya bikin visa ngewakilin kakak saya yang 3 lainnya itu? trus buku tabungan yang diprint itu cukup kakak saya 1 orang aja atau harus semuanya ya? makasih bro sebelumnya, maaf baru pertama kali mau keluar negeri hehehe

    • Hai,

      Bisa di wakilkan submit nya kalau masih 1 keluarga, dibuktikan dengan Kartu Keluarga. Untuk rekening buku tabungan harus nya cukup 1 aja sih, yang sponsorin, tapi coba telpon ke kedutaan baik nya gimana ya, soalnya saya sendiri ga experience juga.

  • Terima Kasih buat web yg banyak info ini, bro, saya rencana ingin ke Japan, liat Sakura, sekalian Theme Park. Boleh tanya2 bro Frenkey ? :)
    Rencana saya spt ini, 4/5 hari di Tokyo, Disneyland dan DisneySea, lalu explore Tokyo dan Mt.Fuji (pulang hari). Lalu ke Kyoto, explore Kyoto dan bullet train ke Osaka. Universal Studio – Osaka. Lalu pulang via Osaka. Yang ingin saya tanya, atau mungkin ada usulan dari bro, 1.Gimana arrange tour sehari ke Mt.Fuji lalu balik Tokyo, 2. lalu ke Kyoto, baiknya naik apa? 3. Apa ticket transportasi yg baiknya saya beli? 4. Untuk internet, baiknya beli paket apa ya?
    Ada saran mungkin dari bro? Terima Kasih ya, sebelumnya.
    Best regards, Rian.

  • bro mau tny kalo misal mau berangkat ortu dan anak. nah kl mau urus visa jepang nya apakah boleh anaknya saja yg ke kedutaan utk urus visa jepangnya bro? atau harus kepala keluarga(dalam hal ini ayah atau ibu)?

    thx bantuannya

    • Mas.. mau nnya kalo ga pake surat kerja bisa ga ya??
      Soal nya kmrin bru selesai wisuda jd blom kerja ..
      Mau refreshing ksana..bisa ga mas??
      Tlong d bls y mas.

      • Bisa aja ga pakai surat keterangan kerja, karena pada dasar nya surat keterangan kerja ini cuma memperkuat kondisi anda bahwa anda itu tidak akan jadi imigran gelap di Jepang dan pasti akan kembali ke Indonesia sehabis travelling di Jepang nanti.

  • om..saya rencana ke jepang tgl 6 juli 2017
    apa bisa saya buat paspor dr skrg? kecepetn gk ya?
    saya pergi bersama keluarga saya, apakah saat pengajuan istri dan anak2 saya perlu ikut ke kedubes?
    saya bekerja di BUMN, apak tdk perlu rekening koran 3 bulan terakhir?

    mungkin segitu dlu om,,,

    tks

    • Buat paspor? kalau itu mah ya wajib punya sebelum bisa keluar negri, bisa dibuat kapan aja.

      Kalau buat Visa Jepang nya, pertengahan Mei aja ya. Buat sekarang kaga bisa, karena Visa Jepang hanya berlaku 90hari.

      Engga perlu ikut ke kedubes, cukup kepala keluarga aja.

      Kalau di syarat nya sih tertulis “Pemohon maupun anggota keluarga (suami/istri dan anak) tidak perlu melampirkan bukti keuangan (tercantum pada nomor 8)”, jadi seharus nya tidak perlu melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir ya. Tapi wajib diberikan bukti ke kedutaan kalau anda karyawan BUMN, surat keterangan kerja paling recommended.

      • hehe..sorry maksudnya pembuatan visa om..bukan paspor..salah ketik…oh ya om, utk formulir permohonan visa apa cukup dtulis tangan saja? utk pengajuan visa tidak ada form on line kan ya?

        oh ya satu lagi..utk formulir permohonan visa yg kt download itu cukup ditulis tangan aja? klo iya tinta warna apa?

        • iya tulis tangan aja, waktu itu gw juga tulis manual pakai huruf cetak ya. Yang ga ada jawaban nya di tulis -NONE-

          Pengajuan visa Jepang tidak bisa online, untuk penulisan formulir pakai tinta warna hitam ya.

  • Permisi mas, mau nanya dong. Kalo misal surat rekomendasi (surat keterangan bekerja di sini) itu saya buat atas rekomendasi orangtua bukan dari perusahaan boleh gak ya? Kebetulan saya mau bikin visa wisata dengan biaya sendiri jadi gak ada sangkut pautnya sama tempat kerja (atas saran dari atasan juga). Dan di web kedubes juga gak menerangkan dengan jelas perihal syarat ini.

    Terima kasih

    • Hi,

      Surat keterangan kerja di sini itu cuma menyatakan bahwa anda memang benar bekerja di perusahaan tersebut, jadi anda itu tidak berpotensi sebagai imigran gelap sesampai nya di Jepang. Kalau umur anda masuk kategori umur produktif pekerja, lebih baik lampirkan surat keterangan kerja ini ya, walau memang syarat nya tidak tertulis tapi daripada di tolak Visa Jepang nya.

      • oh begitu yaa… nah ini ada satu lagi mas. Klo misal saya rencana bikin lewat travel agen, tapi di sana dia mematok minimum saldo. Sedangkan saya baca di mana-mana gak ada minimum saldo yang penting hitungan saldo kita cukup untuk akomodasi selama di sana.
        Nah klo menurut masnya, mending saya tetep bikin lewat travel agen itu dengan saldo yg menurut kita uda cukup ini atau langsung ke kedubes? cuma kendalanya saya ada di daerah mas, dan klo ke kedubes itu perlu biaya lagi..

        terima kasih.

        • Ya kalau menurut saya sih tetap pake travel agent ya, tapi pakai travel agent lain nya.

          Biasa nya masalah saldo ini jadi syarat umum dari travel agent karena mereka mau memastikan visa client nya approve.

          Kalau di kota nya tidak ada kantor konjen Jepang, udah paling benar pakai travel agent, jangan lupa perhatikan domisili KTP nya ya.

  • Hai Bang Frenky,

    Sebelumnya gue udah baca tentang blog ini, dan karena blog ini gue dengan mudah mempersiapkan dokumen2 yang diminta oleh Kedutaan Jepang. Tapi maaf sebelumnya, Mau Tanya apa cuma gue yang ngurus visa Japan di Medan (karena KTP nya SUMATERA BARAT) dan melalui Agent T* Tr**** di Padang, syaratnya beda dengan yang Kedutaan Jepang minta?
    Contoh:
    – Bukti/print out semua hotel mulai dari datang sampe meninggalkan Jepang (pdhl di syarat ga diminta, hanya minta dokumen perjalanan selama di Jepang)
    – Surat sponsor dari Perusahaan (padahal pilih nya visa dengan biaya sendiri)
    – Akte nikah, Kartu Keluarga (padahal perginya ga sama suami)

    NB: sebelomnya karena kurang teliti, gue udah terbang dari Padang-Jakarta buat ngurusin visa Jepang di Jakarta.
    Tiba giliran gue, petugas kedutaannya ngomong “Maaf bu. karena KTP ibu Sumatera Barat, ngurusnya harus di Medan yah, Karena ada wilayahnya masing2…” (bapaknya ga ada bilang harus melengkapi yg tadi gue sebutkan diatas, yang artinya sudah lengkap). Dan ga mungkin gue terbang lagi ke Medan cuma buat ngurusin ini lagi.

    Makasih sebelumnya Bang! Berguna banget blog nya!!

    • Hi,

      KTP SumBar kalau berdasarkan website kedutaan jepang, memang harus mengurus Visa Jepang nya di Medan ya.

      – Bukti/print out semua hotel mulai dari datang sampe meninggalkan Jepang (pdhl di syarat ga diminta, hanya minta dokumen perjalanan selama di Jepang)
      > Yang ini benar perlu di lampirkan untuk mendukung itinerary yang di buat

      – Surat sponsor dari Perusahaan (padahal pilih nya visa dengan biaya sendiri)
      > Yang ini juga benar di lampirkan ya kalau pekerja kantoran, apalagi dengan biaya sendiri, tidak tertulis memang di persyaratan nya, cuma sangat disarankan lampirkan

      – Akte nikah, Kartu Keluarga (padahal perginya ga sama suami)
      > Yang ini cukup kasih fotocopyan kartu keluarga ya, gw juga pergi sendiri ( tanpa ada keluarga ikut ), juga tetap lampirkan sih

  • mas mau tanya,
    1. Untuk pengisian nama di formulir Visa itu kan ada bagian first name, last name, other name, misalnya namanya di KTP itu Anto Budiman, pengisian di 3 bagian itu gimana ya?
    2. Ada rekomendasi travel agen yg bisa ngurusin visa buat konsulat jepang selain di jakpus ga mas? kyk yg di medan, surabaya,
    3. Saya berencana menginap di Tokyo dan Osaka pas kesana nanti, jadi ada 2 hotel, dibagian isian hotel dan alamat hotel di jepang di form visanya itu jadi diisi semua hotel yg ditinggali atau 1 aja?

    • Hi,

      1. First Name nya – Anto, Last Name nya – Budiman. Other Name kosongkan saja.
      2. Maaf ga ada rekomendasi travel agent
      3. isi saja semua nya, nama hotel nya per kota, untuk alamat nya, seperlu nya aja ya.

      • Mau tanya lagi mas, kalo isian “Issuing Authority” itu diisi gmn ya?
        searching di Internet beda-beda pendapatnya ada yg bilang cukup “Immigration Office” aja, ada yg bilang misal bikinnya di denpasar jadi “Kantor Imigrasi Denpasar”, yang bener gmn ya?

        Terima Kasih sebelumnya

  • Mas frenky syarat dr travel agent melampirkan siup tdp dan npwp lalu surat ijin dari suami. Banyak amat ya sedangkan di web aslinya ga ada syarat spt itu?

    • karena travel agent ingin menjamin visa Jepang anda jaminan approve, jadi persyaratan nya di minta lengkap. Kalau usaha nya wiraswasta dan suami nya ga ikut, surat ijin suami aja cukup yang menyatakan akan membiayai perjalanan anda.

  • mau nanya, untuk fotonya tidak boleh ada editan sama sekali? kalau foto ijazah latarnya diedit jadi putih boleh ga ya?

  • Ko mau tanya, kan disuruh lampirin surat keterangan kerja, tau ga? apa orang kedutaan jepang sampe telpun ke perusahaan tempat kita kerja untuk check atau tdk? Thanks

    • itu ga wajib sebenar nya lampirin surat keterangan kerja. Kalau menurut gue sih kaga sampai di telpon ya, aplikan nya kan banyak banget. Paling kalau di perlukan ngecek cuma sebatas googling aja perusahaan exist atau engga.

  • Halo Mas Frenky, ingin tanya tadi abis baca2 komen, “Kalau kamu lampirkan surat keterangan masih aktif sebagai mahasiswa S1 dari universitas, nanti kamu bisa dapat gratis visa jepang sebagai turis nya.” untuk surat keterangan aktif kuliah ini apakah harus pakai Bahasa Inggris, atau bisa pakai Bahasa Indonesia untuk dilampirkan saat apply visa?Terimakasih

  • Halo Mas Frenky. Saya ingin bertanya, untuk pengurusan visa Jepang rencananya saya ingin mengurus bersama-sama dengan teman saya, kalau seperti itu nanti apakah akan ditanyakan hubungan saya dengan teman-teman saya bagaimana? (kalau mengurus bersama keluarga kan ada kartu keluarga yang menunjukkan kalau kita pergi bersama anggota keluarga, tapi kalau pergi bersama teman-teman?). Sama halnya untuk bookingan hotel apabila tidak booking untuk 1 orang (karena tidak berangkat sendiri), apakah akan ditanyakan juga dengan siapa saja saya menginap?
    Terimakasih

  • Halo Gan,

    Mau tanya, gue kan mau ke jepang bareng istri. Nah pas ngajuin visa, rekening korannya harus per individu atau cuma pake rekening istri gue aja bisa? soalnya yang saldonya meyakinkan adanya di rekening istri haha

    Thanks

  • hai kak,saya dapat info semua aplikasi pengajuan visa ga boleh di staples nah kalau rek tabungan dan tiket ada sampai berlembar-lembar gt terutama rek tabungan perlu di staples atau kasi klip yah??
    thanks

    • saya sih waktu itu kasih klip doang ya, ga di staples sama sekali. Saya malah baru tau kalau misal nya ada aturan ga boleh di staples haha..

  • Kak aku mau tanya, aku mau jalan2 ke jepang dan aku gak ada guarantor disana krn aku bener2 travelling sendiri, kira2 untuk ngisi visa di kolom guarantornya gimana ya ka? Mohon jawabannya. Terimakasih 😃

  • Saya mau tanya.. paspor saya berlaku sampai 2 September 2017, rencana keberangkatan tanggal 21 Maret 2017. Apakah saya harus perpanjang paspor dulu yaa?

    • ini sih paling masalah nya di imigrasi aja nanti nya, lebih baik perpanjang paspor dulu sebelum apply visa jepang nya. Walau sebenar nya juga gue yakin ga ada masalah sih, paling cuma di reminder aja tentang masa berlaku paspor nya.

      • Kalo tdk perpanjang paspor dlu gak mslh ya? Atau ada kemungkinan dibandara nnt tidak diijinkan berangkat ?

        • Kalau cuma beda tipis dari 6bulan, ya paling di reminder aja paspor nya sudah habis masa berlaku nya dalam 6 bulan ke depan.

          Ya kemungkinan sih ada ya, antara kaga di kasih boarding sama petugas maskapai atau kaga di kasih masuk sama imigrasi Jepang.

          Cuma kalau 6bulan kurang dikit, ga masalah harus nya. Kalau misal nya sisa masa berlaku paspor tinggal 1-4 bulan, nah ini baru jangan coba2 nekat.

  • Hi mas senin besok saya mau submitt utk visa Jepang sekekuarga sekitar 8 orang. Masing2 perlu lampiran surat keterangan bekerja atau gimna ya? Masih bingung krn bru pertama kali.

  • Hallo, Mas Prengky. Mau tanya soal saldo tabungan (3 bulan terakhir). Itu kira2 berapa ya? 10-15 juta kudu tertera di buku rekening?
    Misalnya pny budget 25jt nih, Uang itu udah dibayar buat tiket (PP), misalnya 10jt. Nah, utk akomodasi plus makan selama disana masih ada sisa dr uang tsb. Sisa uang itu ditaruh di rekening jadi masih 20jt, apa itu boleh ditunjukkan saat urus visa? ( Semoga ngerti maksud saya, hehehe…. )

    • Itu nominal 10-15 juta udah besar sih, santai aja, waktu itu gw apply Visa Jepang cuma belasan juta doang. Yang penting tiket pesawat, bukti booking penginapan, itinerary sama kerjaan nya menyakinkan kalau kamu pasti balik ke Indonesia habis travel ke Jepang.

  • hi Mas Frenky,

    saya udah dapat tiket dan booking airbnb utk keberangkatan 22 April 2017. Apa sebaiknya dari sekarang sudah bisa mengajukan visa ya? Atau terlalu cepat? Rada degdegan juga nih kalau udah pegang tiket dan bookingan tapi visa belum di tangan. hehehe

    Makasih mas!

  • Hallo gan,

    Mau nanya, kalau kayak orang daerah kerja di jakarta gitu apakah perlu surat domisili? karena kalau di lihat di website kedutaan jepang, daerah saya masuk yuridiksi jakarta.

    kalau tabungan model nya e-statement dan tidak punya tabungan fisik gimana ya? semisal kayak CIMB niaga kan sekarang model nya rekening ponsel.

    mengenai surat keterangan kerja itu sebaik bentuk nya penjamin atau surat keterangan kerja bahwa kita adalah karyawan dari perusahaan tersebut?

    tambahan untuk pertanyaan ke 2. apakah surat referensi dari bank wajib di sertakan?

    thank you

    • Hi,

      Ga perlu surat keterangan domisili, acuan nya tempat tinggal di KTP ya.

      Surat referensi bank tidak wajib, untuk rekening tabungan cetak lewat internet sih boleh2 saja, tapi harus ada header nya itu benar rekening tabungan anda. Kalau engga ada header nya, bisa jadi di reject petugas nya pas pemeriksaan dokumen di loket.

      Surat keterangan kerja itu isi nya benar kerja di perusahaan tersebut dan akan travelling tanggal sekian – sekian dan akan di biayai oleh si karyawan tersebut sendiri.

  • Halo mas frengky salam kenal, saya pernah baca ada namanya visa trànsit, yg dimaksud dgn visa transit apa kah pada saat pesawat yg kita tumpangi transit dl di suatu negara sblum mncapai negara tujuan kita. Tks mas

    • iya benar penjelasan nya. Visa Transit harus di pakai misal nya jika harus pindah bandara atau pindah Gate yang menharuskan melewati imigrasi atau dengan kata lain jika Visa Transit Jepang, arti nya harus masuk negara Jepang terlebih dulu.

  • Selamat malam, saya mau nanya jika saya mau mengajukan visa ke jepang utk okt ini tetapi saya sudah lulus kuliah & sedang tidak bekerja itu bagaimana ya masalah persyaratannya? Dan teman saya pekerja kantoran, apakah tinggal mengikuti persyaratan diatas? Terimakasih sebelumnya.

    • Hi,

      Ikuti saja persyaratan yang terlampir di post ini ya, sebagai pengganti surat keterangan kerja nya bisa buat surat statement sendiri kalau anda baru lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan, biaya untuk travelling ke Jepang akan di tanggung oleh diri sendiri.

      Teman nya yang pekerja kantoran cukup ikuti saja persyaratan di post ini.

  • Thanks infonya sobat
    saya prnaah kenshusei 15tahun lalu, dan saya ingin ke jepang lagi. Dengan visa tour lalu senyap untuk bekerja. Beri tips dong agar berjalan lancar mulai dr pengajuan visa, wawancara di imigrasi bandara jepang agar gak curiga serta meyakinkan.

    • Hi,

      Untuk pengajuan visa, tinggal ikuti saja persyaratan yang terlampir di post ini ya. Ketika sudah sampai di imigrasi Jepang sih, biasa aja gaya nya dan pakaian nya pakai ala-ala turis gitu, saya sih dulu biasa dan lancar2 aja pas di imigrasi Jepang.

  • Selamat siang mas mau tanya, saya mahasiswa. Apa benar saya harus lampirkan Surat Tanda Aktif Pelajar dari univ saya? Dan apa benar kalau saya lampirkan Surat Tanda Aktif Pelajar, visa saya jadi bebas bayaran atau gratis? Kalau benar, apa saya ya yang perlu saya cantumkan di Surat Tanda Aktif Pelajar? Terimakasih

    • Hi,

      Kalau kamu lampirkan surat keterangan masih aktif sebagai mahasiswa S1 dari universitas, nanti kamu bisa dapat gratis visa jepang sebagai turis nya.

      Syarat utama, harus mencantumkan keterangan aktif kuliah S1 nya, karena selain title tersebut, harus tetap bayar.

  • Trimakasih banyak bro Frenkey…saya jadi lbh tahu untuk semua syarat yang dibutuh kan…krn dpm waktu dekat ini mau ke Jepang

  • Hay..
    Saya pengen tanya, saya akan mengikuti student summit di jepang apakah masih harus membuat jadwal perjalanan? Karena jadwal sudah terlampir di LoA

    • Ga perlu ya lampirkan jadwal perjalanan, syarat visa student dengan turis berbeda pasti nya. Silahkan cek langsung ke website kedutaan Jepang untuk visa student.

  • infonya e passpor bebas visa kalo ke jepang..
    itu gimana si maksutnya? kok ada yg bilang juga masih perlu visa, cuma bebas biaya visa nya..
    mohon pencerahannya gan

    • Hi,

      Untuk masuk Jepang bagi pemegang paspor Indonesia, masih harus tetap punya yang nama nya Visa ya. Hanya saja kalau E-Passpor cukup registrasi E-Passpor nya ke kedutaan Jepang terdekat untuk di berikan sticker Visa Waiver. Persyaratan registrasi Visa Waiver Jepang ini hanya perlu menyerahkan formulir registrasi dan E-Passpor nya.

  • Hi mas Frenky,
    Pembuatan visa ini bisa diwakili ga yah? Saya domisili d ambon dn kami sekeluarga (6 orang; usia diatas 60thn 2 org, usia anak d bwh 15 thn 2 org dn usia 40an 2 org) ingin liburan ke jepang. Apa bsa pembuatan visanya diwakili k anggota kel yg umurnya 40an?
    Atau apakah bisa mengurus visa dr travel agent gitu? Repot juga kl hrus bolak balik jawa cuman buat ngurus visa. Thanks infonya mas

    • Hi,

      Bisa banget ya di wakili oleh satu orang. Bisa juga mengurus lewat travel agent, ini lebih di rekomendasikan ya biar ga ribet ngurus nya. Kalau KTP domisili Ambon mengurus visa jepang nya HARUS di Kantor Konsuler Jepang di Makassar ya.

      Jangan urus di Jawa, pasti di tolak, karena KTP nya domisili di ambon.

  • Hallo mas-san! Wah senang sekali baca artikel nya sangat membantu. Saya mau ajuin beberapa pertanyaan kalau tidak keberatan apa boleh saya minta alamat e-mail nya? Supaya lebih notice saja Mas terimakasih!

  • Bang saya mau tanya, saya travelling kesana ada rencana naik bus malam antar kota, jadi ada beberapa malam yang tidak require penginapan, tapi saya sudah sempet booking penginapan full setiap hari dari kedatangan sampai kepulangan, namun baru hari ini saya rubah penginapan saya (mengurangi jumlah malam aja, tanpa ganti penginapan).

    Baiknya apa saya buat itinerary dengan memasukan rute bus malam saya, dengan menyertakan bookingan baru saya (dengan pengurangan jumlah malam), atau saya buat itinerary tanpa memasukan rute bus malam saya dengan disertai bookingan baru saya (dengan pengurangan jumlah malam)?

    Bakal diperiksa ngga ya bang kevalidan bookingan saya kalo saya attach bookingan lama saya? Takut ngga diapprove nih kalo jumlah malam yg di book nya sesuai dengan jumlah hari menetap disana. Terima kasih banyak bang.

    ngga sesuai* dengan jumlah hari menetap disana

    • Taruh aja itinerary kalau bakal tidur di bus malam, tapi ga usah sertakan bukti nya, misal melampirkan bukti konfirmasi willer bus, ga perlu itu.

      Ya bookingan nya pasti dicek ya, cuma ga nyampe di telpon juga penginapan nya buat beneran di booking atau engga, semua nya mengacu ke lampiran dokumen yang di sertakan aja, ya inti nya sertakan aja dokumen yang menyakinkan ya, kamu coba aja review sendiri, dokumen nya menyakinkan atau engga.

  • Kalo saya kan usaha di brand sebagai co founder untuk masalah rekening bisa menggunakan rekening dagang ? Kebetualn saya ber2 bersama temen saya dibrand tsb akan brangkat ke jepang trims, dan depostit ? Yg di maksud mengendap atau hayang rekening koran ?

    • Hi,

      Harus nya bisa-bisa aja sih, paling tinggal serahkan bukti lain kalau memang co-founder dari brand tersebut, misal kartu nama atau identitas lain nya.

      Rekening koran itu maksud nya tabungan di bank, lampiran itu aja sudah cukup untuk apply visa jepang

  • Permisi numpang nanya.. Aku abis apply visa, katanya jadinya kamis.. Kalau aku ambil jumat(besoknya) apakah boleh?? Thx before

  • hi mas..
    mau nanya..

    kalo pas mau buat visa , kita ajukan itinerary 6 hari, tapi kenyataan nya kita Travelling 8 hari,,
    apa boleh kayak gitu? hhehe :D

    • Ga masalah sih, minimal masa tinggal Visa Jepang pasti di kasih 15hari. Cuma masa tinggal nya itu seharus nya sih mengacu ke tiket pesawat dari masuk hingga keluar jepang.

  • Saya rencana mau ke jepang sekitar 8 bulan lagi nih, tapi saya mahasiswa, dan saya rencana kejepang bareng temen” kuliah, gtu visa nya gmna?

  • Mas, mas, mau tanya. Pengambilan visa oleh teman apa saja yang diperlukan? Saya tinggal di luar kota, susah menyempatkan waktu untuk ke jakarta lagi hanya untuk ambil paspor. Terima kasih!

    • Hi, tidak perlu tambah dokumen apa2 kalau cuma pengambilan aja, cukup kasih lembaran kertas bukti konfirmasi penerimaan paspor dari kedutaan jepang ketika submit dokumen utk visa jepang nya.

  • mas terima kasih tulisannya, informatif dan sangat membantu.
    saya mau tanya, saya dan kakak saya akan pergi ke jepang dan kebetulan saya yang akan pergi ke jakarta mengurus visanya. biaya perjalanan akan ditanggung oleh kakak saya yang kerja di bumn, dan dia adalah pemegang paspor elektronik.
    pertanyaanya;
    1. apa perlu saya mencantumkan rekening koran kakak saya? kalau perlu, apakah ada dokumen lain yang harus saya cantumkan mengenai biaya perjalanan?
    2. untuk kakak saya yang pemegang e paspor, apa perlu mencantumkan rekening koran?
    3. kakak saya ktp beralamatkan di jawa barat, apa bisa mengurus visa e paspornya di surabaya?

    terima kasih banyak

    • Hi,

      1. Lebih baik di cantumkan untuk sebagai bukti penjamin anda, disarankan buat surat statement bahwa kakak anda sebagai penjamin ya, soalnya pengurusan visa jepang paspor biasa dengan epasspor berbeda cara nya

      2. Tidak perlu, registrasi visa waiver jepang untuk EPasspor hanya perlu selembar formulir saja

      3. Kalau buat registasi visa waiver jepang dengan epasspor bisa di lakukan di kedutaan jepang mana saja tanpa melihat asal KTP

  • Hi bro,

    Tanya dong, pas ngajuin berkas itu,kita di suruh tandatangan semacam persyaratan, kl kita ga boleh protes kl ga di approve,trus gakl di tolak baru bisa ngajuin 6 bulan lg

  • halo mas frenky, saya kan mau apply visa bareng sama suami saya (dia jadi penjamin), kalo gt saya harus lampirin syarat keterangan kerja juga tdk ya? trus dokumen yang kyk formulir permohonan visa, Jadwal Perjalanan dll mesti lampirin dari saya dan suami atau cukup dari suami saya aja ya?
    makasih sebelumnya

    • Hi,

      Menurut saya sih tidak perlu ya istri nya melampirkan surat keterangan kerja, lagipula apply nya bareng suami ya, otomatis dia jadi penjamin.

      Untuk jadwal perjalanan itinerary, booking penginapan dan tiket pesawat nya sebenar nya cukup suami aja sih ( coba telpon ke kedutaan Jepang biar pasti ). kalau mau cari aman istri nya print aja juga sekalian.

  • Hai mas frenky,,
    Nama saya Intan.. Mu numpang tanya,, klo dokumen syarat bikin visa nya ada aturan kertasnya harus A4 semua, atau F4 semua ga mas??
    Tengkyu buat info nya..

    • Rasa nya ga ada aturan kertas nya deh, tapi waktu itu saya sih pakai nya kertas A4 semua buat dokumen2 nya mulai dari print sampai fotokopian nya.

  • Bang Frenky saya mau tanya bulan depan saya mau liburan ke Jepang bersama keluarga bos saya.Saya adalah maid di Malaysia tapi saya takut akan direject permohonan visa saya karena saya hanya seorang maid.Apa maid boleh liburan ke Jepang bang?

    • Tentu saja boleh, tapi kalau masalah maid gini, berarti keluarga bos nya harus jadi penjamin kamu ya. Dan sangat disarankan, nanti apply visa nya barengan dengan keluarga bos mu.

      Untuk masalah persyaratan apply visa nya, mungkin agak berbeda sedikit ya antara menjamin diri sendiri dengan di jamin orang lain.

Leave a Reply