JepangTravel ( Outside Indonesia )

Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang ( Updated 2023 )

Visa Jepang

Pengalaman membuat Visa Jepang ini merupakan pengalaman kedua gue dalam mengurus Visa di kedutaan langsung setelah Visa Korea Selatan ( Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan ) dan proses pembuatan Visa Jepang ini pun cukup mudah dan tidak susah, hanya butuh sedikit usaha saja :star:

Pada post ini, gue akan coba sharing cara membuat Visa Jepang dengan Passport Biasa ( Bukan E-Passport ) berdasarkan pengalaman pribadi untuk trip ke Jepang selama 10 hari :senang:

* * * * *

Catatan Perjalanan Selama di Jepang 10 Hari 6 Kota ( Klik Gambar di Bawah )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota
Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota

* * * * *

A. Waktu dan Tempat Pendaftaran dan Pengambilan Visa Jepang

  • Japan Visa Application Center di Kuningan City lantai 2 hanya menerima permohonan visa yang KTP nya Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung
  • Permohonan Visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing, acuan nya berdasarkan domisili yang tertera di KTP. Sebagai contoh misal tempat tinggal sementara di Jakarta karena untuk mencari nafkah, tetapi alamat pada KTP domisili nya di Jawa Timur, maka pengajuan Visa harus di lakukan di kantor konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, tidak bisa di JVAC di Jakarta.
  • Untuk melihat wilayah pembagian kantor konsulat Jepang di Indonesia sesuai wilayah di KTP dapat di cek : Wilayah Yurisdiksi Kantor Konsulat Jepang

JVACKonsular Jepang
Jam 09.00 – 17.00Pengajuan Permohonan Visa : 08.15 ~ 11.30
Pengambilan Passpor : 13.15 ~ 15.30
  • Hari Kerja :  Senin – Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Tanggal libur kedutaan bisa di cek pada link berikut : Hari Libur Kedutaan Jepang di Indonesia
  • Proses pembuatan visa : Minimal 4 (empat) hari kerja

B. Biaya Pembuatan Visa Jepang ( Per November-2022 )

  • Visa Single Entry : Rp 400.000
  • Visa Multiple Entry : Rp 800.000
  • Visa Transit : Rp 90.000
  • Tambahan Biaya VFS Global ( Jika Apply Visa di JVAC ) : Rp 182.000

C. Persyaratan Visa Jepang Turis ( Single Entry )

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa dan pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram) – Download Formulir Visa – QR Code (PDF)]
  • Foto kopi KTP
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  • Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang) – Download PDF Jadwal Perjalanan
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir. (Bila pemohon lebih dari satu)
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).
  • Semua dokumen harus di serahkan menggunakan kertas A4 ( tidak boleh menggunakan ukuran kertas lain )

* * * * *

Berikut detail penjelasan dokumen yang gue siapkan dulu ketika apply Visa Jepang :

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa. [download (PDF)] Untuk cara pengisian nya dapat mengacu pada gambar di bawah dan setiap pertanyaan yang tidak ada jawaban nya ditulis dengan “NONE”
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
  • Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram). Background yang di gunakan warna putih.
  • Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  • Surat Keterangan Bekerja. Surat Keterangan Kerja harus dalam Bahasa Inggris, mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Karena status gue adalah karyawan swasta, maka surat ini tinggal minta ke HRD
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang). Lampirkan E-Ticket yang anda punya.
  • Jadwal Perjalanan [ download (PDF)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang). Berikut contoh Itinerary yang gue lampirkan saat itu
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu). Di sini gue melampirkan Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir. Lampirkan fotokopi buku tabungan halaman depan yang berisi identitas dan mutasi rekening 3 bulan terakhir, kalau mau lebih lengkap lampirkan Surat Referensi Asli dari Bank.
  • Bukti pemesanan penginapan. Bisa melampirkan print out dari BOOKING[dot]COM sebagai bukti telah menyewa penginapan.

* * * * *

UPDATE NEWS DARI KEDUTAAN TERKAIT VISA JEPANG

15 Oktober 2020 - Klik Untuk Melihat Berita

Mulai tanggal 19 Oktober 2020, pelayanan aplikasi visa Jepang akan dilakukan kembali di Japan Visa Application Center (JVAC) di Kuningan, Jakarta.

1. Sehubungan dengan dibukanya kembali JVAC, layanan aplikasi visa akan dilaksanakan dengan prosedur seperti di bawah ini. Mohon diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan mengenai dokumen aplikasi visa dan lokasi pengajuan aplikasinya.

Aplikasi visa : Diajukan di JVAC (dengan sistem reservasi). Pada prinsipnya Kedutaan Besar Jepang di Indonesia tidak melayani aplikasi visa.

2. Untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19, pengajuan aplikasi visa di JVAC dilakukan dengan sistem reservasi. Mohon akses URL berikut untuk melakukan reservasi.

Situs untuk reservasi di JVAC: https://visa.vfsglobal.com/idn/id/jpn/book-an-appointment

3. Konsultasi mengenai visa atau reservasi melalui telepon dapat dilakukan dengan menghubungi alamat e-mail atau nomor telepon berikut.

Japan Visa Application Center (JVAC), Kuningan City 2nd floor Unit L2-09, Jakarta

01 Desember 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Terdapat update dari kedutaan Jepang terkait Visa Waiver ( Bebas Visa Jepang dengan E-Passport ), selengkap nya dapat di baca pengumuman nya di link berikut http://www.id.emb-japan.go.jp/info17_08_visawaiver.html

01 September 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Japan Visa Application Centre di Lantai 4 - Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan
Japan Visa Application Centre di Lantai 4 – Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan

Sesuai dengan berita di website kedutaan Jepang ( http://www.id.emb-japan.go.jp/news17_15.html ) maka per tanggal 15 September 2017 semua proses pengajuan Visa Jepang ( Visa Sticker ) untuk wilayah Yurisdiksi ( Wilayah Kerja )


Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung


akan di lakukan melalui “Japan Visa Application Centre” yang beralamat di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta Selatan

Catatan :

1. Biaya Logistik* yang akan dikenakan untuk Aplikasi Visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa E-Paspor di JVAC per paspor sebagai berikut :

  • Aplikasi Visa Rp 155.000
  • Registrasi Bebas Visa Rp 115.000
  • Setiap aplikan akan diminta untuk membayar biaya visa ditambah dengan biaya logistik ini.
  • Jadi biaya aplikasi Visa Jepang Single Entry per 15 September 2017 adalah 370 ribu + 155 ribu = 525 ribu

2. Pada dasarnya, mulai 15 September 2017 Kedutaan Besar Jepang tidak menerima lagi aplikasi pengajuan visa kecuali untuk pengajuan aplikasi visa sebagai berikut :

  • Registrasi Bebas Visa E-Paspor ( Boleh diajukan di Kedubes Jepang atau JVAC )
  • Visa Diplomatik dan Visa Dinas (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

3. Info selengkap nya, bisa di baca di link berikut ( http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/ )

Pengalaman Membuat Visa Jepang di Tahun 2015

Visa Jepang
Visa Jepang

Karena gue gagal mendapatkan E-Passport pada saat mencoba perpanjang Paspor di Maret 2015 lalu ( Perpanjang Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat ), akhir nya gue pun mengurus Visa Jepang dengan menggunakan Paspor Biasa 48 halaman dan menyiapkan syarat-syarat yang wajib di siapkan oleh Kedutaan Jepang.

Persyaratan mengurus Visa Jepang dapat di lihat langsung pada Website Kedutaan Jepang

Kemudian karena tujuan gue datang ke Jepang sebagai Turis yang ingin berwisata maka pilihan yang di gunakan adalah point nomor 4. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri

* * * * *

Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta
Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta

Karena semua dokumen untuk syarat Visa Jepang sudah siap dan domisili KTP gue di Jakarta, maka pada tanggal 12-Mei-2015 gue pun berangkat ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta yang beralamat di jalan M.H. Thamrin No. 24 lokasi nya persis sebelah Plaza Indonesia. Karena di Kedutaan Jepang tidak ada parkir mobil / motor untuk tamu, jadi gue pun parkir kendaraan di Plaza Indonesia, untuk motor bisa parkir di sekitaran Jalan Kebon Kacang. Jangan lupa sebelum datang ke Kedutaan Jepang, cek dulu apakah hari itu ada libur khusus Kedutaan karena ada event tertentu.

Pukul 10.00 gue sampai di depan Kedutaan Besar Jepang, pas masuk gerbang tuker identitas diri terlebih dulu di pos security. Lalu masuk ke ruang utama, ambil nomor antrian pada sebuah mesin. Di sini mesin antri nya ada 2, yang 1 untuk nomor antrian Visa Jepang umum dan yang 1 nomor antrian untuk Daftar Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

Begitu nomor antrian di panggil, gue pun menyerahkan dokumen yang telah di siapkan dan berurutan dari nomor 2-8. Dan tanpa di tanya apapun tentang kelengkapan dokumen, kemudian petugas menyerahkan selembar kertas bukti penyerahan dokumen untuk di isi nama, nomor passport dan nomor kontak yang dapat di hubungi. Dan akhir nya di berikan penjelasan Paspor dapat di ambil kembali pada tanggal 18-Mei-2015 ( 4 hari kerja ).

Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang
Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang

Pada tanggal 18-Mei-2015, dengan bantuan teman trip yang akan pergi ke Jepang bersama nanti, gue pun meminta tolong dia untuk di ambilkan Paspor kepunyaan gue karena faktor jam pengambilan dan tempat kerja gue yang cukup jauh dari lokasi Kedutaan Jepang.

Tanpa surat kuasa, hanya bermodalkan kertas yang di serahkan petugas Kedutaan Jepang, akhir nya Paspor gue sukses di ambil oleh teman trip gue dan di dalam nya sudah tertempel sticker Visa Jepang untuk ijin tinggal 15 hari dan masa berlaku 90 hari :cheer:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa Jepang

Q : Apakah wajib melampirkan bukti pemesanan penginapan untuk apply Visa Jepang ?

A : Sebenar nya tidak ada keharusan dari persyaratan yang terlampir, tapi untuk lebih menyakinkan kedutaan Jepang terutama untuk bagian dokumen perjalanan, jadi sangat di sarankan melampirkan bukti booking penginapan, bisa di pakai dari situs BOOKING[dot]COM atau AGODA memakai banner di bawah :

Booking.com

Booking.com

AGODA


Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa Jepang dapat di wakilkan ?

A :  Pada prinsipnya pengajuan permohonan visa dilakukan oleh Pemohon langsung di loket visa. Namun, pengajuan permohonan visa oleh grup atau perusahaan seperti tercantum di bawah ini bisa diwakilkan (oleh staf dari kantor tempat pemohon bekerja dan/atau keluarga):

  • Anak berusia di bawah 16 tahun, orang berusia lebih dari 60 tahun atau orang dengan keterbelakangan fisik,
  • Pemohon dengan paspor diplomat atau dinas dengan tujuan kunjungan dinas,
  • Pemohon yang mengajukan permohonan visa melalui biro perjalanan yang sudah disetujui oleh kantor Konsulat Jenderal Jepang.

Staf dari kantor pemohon bekerja dan/atau keluarga harus melampirkan :

  • Surat tugas dari kantor dan foto copy KTP messenger; atau
  • Foto copy bukti hubungan keluarga

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa Jepang untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika apply Visa Jepang ini, paspor gue benar-benar masih baru banget tanpa ada history travelling sama sekali, maka masalah paspor kosong ini tidak perlu di khawatirkan, yang penting dokumen lengkap!

Q : Saldo di tabungan bank bikin galau nih, kebetulan lagi banyak pengeluaran akhir-akhir ini, gimana tuh ?

A : Baik nya saldo di tabungan bank di jaga dulu selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa, menurut gue aman nya itu pakai rumus harian Rp 1.500.000 x ( Lama Tinggal ) = Saldo Tabungan yang mengendap

Q : Apa keuntungan apply Visa Jepang Biasa di bandingkan Visa Waiver Jepang dengan E-Passport?

A : Buat anda yang mau tinggal di Jepang lebih dari 15 hari, maka di haruskan masuk menggunakan Visa Jepang Biasa karena Visa Waiver Jepang durasi tinggal maksimal 15 hari per kedatangan. Selain itu Visa Jepang Biasa yang masih berlaku dapat di gunakan untuk masuk ke Taiwan tanpa perlu mendaftar Visa Taiwan ( hanya cukup registrasi online saja ) :info:

Q : Kalau kerja sebagai seller online shop / wiraswasta , gimana tuh Surat Keterangan Kerja buat syarat Visa Jepang nya ?

A : Bisa di contoh pembuatan nya seperti gambar di bawah! Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa
Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa

Q : Kalau orang tua / kakak kandung jadi penjamin biaya untuk pembuatan Visa Jepang ini, gimana tuh ?

A : Bisa di contoh pembuatan surat keterangan jaminan nya seperti gambar di bawah, pada contoh surat ini John Cena berperan sebagai penjamin ibu dan adik nya yang akan melakukan trip ke Jepang. Sebagai bukti keuangan dan penjamin trip ini, John Cena melampirkan mutasi rekening 3 bulan terakhir nya.

Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Buat Visa Jepang - Surat Jaminan Keluarga
Buat Visa Jepang – Surat Jaminan Keluarga

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam membuat Visa Jepang, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

835 Comments

  • Lagi gugling tips n tricks pengajuan visa keJepang lalu nyasar ke blog ini. Sangat informatif!
    Pengalaman pertama mau ke Jepang jadi agak deg-deg seerrr panik-panik dikit.
    Mau nanya, Bang… Kan saya PNS tapi lagi tugas belajar alias lagi jadi mahasiswa dulu untuk sementara, lebih baik saya bikin surat keterangan mahasiswa atau surat keterangan bekerja ya? Rekening yang dipake punya saya sendiri.
    Thank you buat tanggapannya, Bang

  • haloo kak
    mau nanya nih
    kalo saldo tabungan agak berantakan
    dan saat mau buat visa uang di saldo itu langsung dimasukin 15jt untk sminggu
    itu gimna ya kira2? aku mau pergi awal maret ini
    sampe skrg saldonya masi berantakan :( takut ditolak
    aku pergi bareng temen 5org :lonely: :lonely: :lonely:
    ada saran ga kak?

    • Kalau buat Visa Jepang, saldo 1 minggu, taruh 10juta ga masalah kok. Lebih baik sih cashflow nya lancar ya, di bandingkan taruh dana dadakan gitu.

  • Mas saya rencana mau honeymoon di jepang bulan juli 2017.
    nah untuk pengajuan nya enaknya bulan berapa ya ? karena aktif 90 hari setelah jadi dan kemarin rencananya mau buat bulan 2 supaya lebih aman.
    sama untuk rekening misalnya kita lampirin deposito memungkinkan ga ya? karena kalau dari rekening koran tabungan saya pasti ga bagus sih karena biasanya saya langsung masukin di tabungan mmng buat nabung.
    mohon sarannya ya mas.
    thx

    • Apply Mei pertengahan atau Juni awal aja ya. Saya sih ga rekomendasiin deposito ya, lebih baik cetak buku nya ketika uang nya belum di deposito-kan saja. Ketika sudah selesai proses cetak rekening koran nya, baru uang nya di deposito-kan lagi.

  • Kak mau tanya, kan misalnya td utuk kelengkapan persyaratan ada bukti booking hotel dan detail perjalanan, nah apa harus tunjukin tiket pesawat keluar masuk Jepang jg kah? Saya takutnya sudah beli tiket full tp ternyata Visa di tolak nah kan NYESEK tuh pasti. Kira2 solusi nya gimana ya? Buat jaga2 takutnya gitu. Apa ada tips soaln tiket pesawat atau gimana hehe
    Makasiiih :cheer:

    • Hi Putri,

      Di syarat nya sih tertulis harus menyerahkan “Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)”.

      Menurut saya sih, kalau Visa Jepang ga usah takut reject ya, yang penting melampirkan dokumen yang diminta. Sorry ga ada tips tentang dummy tiket pesawat gitu, saya juga selalu beli di awal sih tiket pesawat berhubung tiket promo ( terpaksa beli di awal ).

      • Wohooo gitu yaaa. Oke deh nanti dengan “PeDe” nya aku bakal lgsg beli tiket pp sblm ajuin Visa hihi mudah2an gak pake ditolak :hero: thanks Kakkk

  • Hi gan, boleh minta sarannya dong.. saya galau bin berat nih..
    saya udah planing april 2018 mau ke jepang (lama ya, karena waktu cuti yg terbatas dan daerah domisili saya yang jauh buat ngurus passpor, visa, dll, sekadar info, saya kerja dan domisili manowkari, papua barat)
    Jadi tahun 2017 ini saya planing buat ngurus passpor dan visa, pengennya sih buat e passpor, tapi krn e passpor hanya bisa dijkt dan cuti tahunan tahun ini cuma 6 hari (hari kerja), kemungkinan besar saya tidak bisa ngurus e passpor. Planing 2, saya mau buat passpor biasa (dikota saya juga bisa), tapi kalau pake passpor biasa, saya takut pas ngurus visa kemungkinan visa ditolak (karena (calon) passpor baru dan kosong melompong. Saya kerja di Perusahaan BUMN, saya rencana pengen backpackeran berdua sama adek, dan ini pertama kali kami ke luar negeri, kira2 apakah dengan passpor baru dan surat rekomendasi dari perusahaan, (calon) visa saya nanti bisa disetujui? Menurut pengalaman agan saja… Mohon pencerahan.
    *sekadar info, ada teman saya tahun ini kuliah di Jepang, apa bisa ditambah surat keterangan dari teman saya kalau saya ke sana juga akan mengunjunginya?
    Terima Kasih.

    • Hi,

      Waktu itu keadaan paspor saya juga kosong ( karena baru perpanjangan paspor ) dan lancar-lancar aja proses pengurusan visa jepang nya. Ikutin saja dokumen yang perlu di serahkan ke kedutaan sesuai di post ini, apalagi di tambah status nya kerja di BUMN, ini sih jaminan approve banget ya, nanti tinggal serahkan saja surat keterangan bekerja di BUMN nya.

      Tidak perlu menambahkan surat keterangan sponsor dari teman yang sedang berada di Jepang, hal ini terkadang malah bikin kedutaan mikir anda mau jadi imigran gelap karena ada kerabat / saudara yang menetap di Jepang.

  • Sore mau nanya..

    saya dan anak dari surabaya akan ke jepang bln april… kami ber 3 … satu lagi teman saya dari banjarmasin…
    saya dan teman satu perusahaan beda cabang..
    pertanyaannya :
    1. apakah masih diperlukan surat keterangan dari perusahaan ? kami berangkat dengan biaya sendiri bukan dari kantor
    2. apakah teman saya yang dari banjar perlu ke surabaya untuk pengurusan visanya ?… saya pernah ke jepang teman saya belum pernah sama sekali

    mohon info terima kasih banyak sebelumnya

    • Hi,

      1. Surat keterangan kerja ini optional, kalau sudah pernah ke Jepang, seharus nya tidak perlu lagi. Bagi yang belum pernah ke Jepang dan history cap travelling nya di paspor masi kosong atau cuma kisaran ke asia tenggara, lebih baik lampirkan ya, daripada di reject visa nya

      2. Bisa di wakilkan teman untuk pengajuan visa jepang ini, kalau di tolak, bilang aja teman nya tinggal jauh dari surabaya, mahal di ongkos

  • sore mas mau nanya, itu form itinerary yg ada kolom contact nya bisa didapat dimana ya? karena kalau yang download dari website embassy jepang ga ada kolom contact nya. makasih

  • Surat keterangan kerja itu wajib apa ngga ya? Soalnya takut lama ngurus di HRD kantor, tanggal pergi udah mepet

    • Sangat di anjurkan pakai surat keterangan kalau paspor ya masih kosong dengan history travelling.

      Tidak usah pakai surat keterangan kerja, kalau memang history travelling nya cukup banyak, apalagi kalau udah pernah ke Jepang sebelum nya.

      • Passport bukan passport baru sih…dan sudah beberapa kali ke Singapore dan Malaysia…ke Jepang belum pernah

  • kak mau tanya dongg

    sy mau ngajuin visa lusa, berangkat maret sm temen. bikin booking penginapan via booking.com, tp di bookingannya tertulis bookingan atas nama temen saya (krn akun nya atas nama dia) nanti apa ga masalah wktu sy ngajuin visa nya ya? krn sy menyertakan bookingan penginapan tp namanya bukan atas nama sy melainkan temen sy ?

  • Gan, kalau boleh tau, kenapa gagal mengurus e passport nya? Ane ada passport lama, dan rencana mau migrasi ke e passport untuk mempermudah pengajuan bebas visa ke jepang soalnya. Thanks

    • Waktu itu buku e-paspor nya ( Maret 2015 ) lagi habis stok di imigrasi Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, jadi nya perpanjang paspor nya pakai buku paspor biasa deh

  • Mas Frenky.. saya mau buat visa jepang.. sementara saya ibu rmh tangga, ada tabungan..
    apakah saya hrs buat izin dr suami dan surat kerja dr kantor suami seperti wkt saya buat visa korea ??

    • Hi,

      Kalau suami nya ikut, tidak perlu ya.

      Kalau suami nya tidak ikut, cukup buat surat izin aja + statement akan menanggung biaya semua perjalanan nya.

    • Kaya nya engga bisa deh, lebih baik serahkan juga surat keterangan aktif mahasiswa nya. Kalau bisa lampirkan surat itu beserta keterangan sedang aktif studi S1 nya, bisa dapat GRATIS bebas biaya Visa Jepang nya.

  • Hai Bang Frenky..
    Saya rencana ke jepang akhir april tahun depan mau nya sih pas musim semi sakura tp kok malah salah tanggal (harusnya akhir maret 2017 tp skg tiket sudah mahal).
    Nah kalau saya mengajak serta keluarga 3orang, untuk pengajuan visa nya bagaimana? Harus semua datang dihari pengajuan visa atau cukup saya saja? Dan kelengkapan yg harus keluarga saya siapkan itu sama seperti saya selaku pemohon atau tidak? (saya pegawaj BUMN sg surat ket kerja, suami wiraswasta, Ibu sbg IRT dan Ayah pegawai BUMN).
    Mohon info terimakasih

  • Hallo Frenky, sy Hanhan slm kenal ya.. Tlg tny dong klo misal saat apply visa jepang ad berkas yg dianggap brmslh (krg lgkp atau salah), apkh akn diksh ksmptn oleh dubes jepang untuk kt prbaiki lagi atau lgsg dianggap failed dn uang 330rb nya hangus? Trs bagi pendaftar visa jepang yg dianggap failed, bisa kmbali mengajukan lg kpn ya? Apkh ad batas minimal waktu tertentu? Thx..

    • Visa Jepang bayar 330ribu nya HANYA di bayarkan jika visa status nya approve. Kalau ada kurang lengkap biasa nya di telpon. Rasa nya 1-3bulan ya kemudian ya baru bisa apply ulang kembali.

  • Bang Frengky..
    Saya mao k jepang bln februari 2017. Paspor sya masih reguler (baru d perpanjang maret 2016). Apa saya perlu ganti epaspor ya? Supaya free dpt visanya? Ribet gk urus nya? Dan apa harus ada uang yg mengendap d tabungan? Dan brapa saldonya minim?

    Txz bang..

    • Ga perlu sampai ganti epasspor kalau baru perpanjang passpor. Gampang kok urus nya, ya ada perlu saldo mengendap tapi kaga perlu banyak2, 10-15juta juga udah cukup.

  • Bang tolong dijawab

    Untuk masalah buku rekening yg 3 bulan terakhir sya kan saldo Nya bner2 gak Ada dan alhmdlh Ada rejeki Nya skrg Ada uang nah untuk Pngajuan visa nya bermaslah gak bang

    • Kaya nya kalau dana kaget gitu malah kurang bagus ya buat pengajuan visa, kesan nya kaya cuma gara2 visa, saldo nya jadi bagus. Lebih bagus sih dana nya di pertahankan selama 2bulan ( setidak nya ) sebelum pengajuan visa nya.

  • Hai Bang Frengky Kebetulan saya mau pergi Sendiri ke Jepang dgn Biaya Sendiri… untuk Surat pengajuan visa bagian ” Partner’s profession/occupation (or that of parents, if applicant is a minor) apakah perlu di isi?

  • mau tanya bang, itu di postingan abang tertulis kok cuma dapat ijin tinggal 15 hari ya, sementara masa berlaku visa kan 90 hari.
    mohon penjelasannya bang

    • ya memang dari aturan Visa Jepang seperti itu. Masa berlaku Visa dan Ijin tinggal di bedakan. Masa berlaku Visa single entry di berikan 90 hari terhitung sejak Visa Jepang nya jadi. Ijin tinggal di berikan tergantung formulir aplikasi dan tiket Pesawat PP nya, kaya nya maksimal 30hari ijin tinggal untuk visa single entry Jepang.

  • Hi mau tanya foto visa tanpa latar itu mksdnya latar putih? kl latar merah/biru gt ga boleh ya? :)
    Ada rekomendasi ryokan enak&murah dkt kawaguchi lake? yg mgkn ada private onsen nya :)

    thankyou

  • Hii maaf saya mau tanya pembuatan visa dari tnggl 9 dan dokumen semua lengkap dan masalah pasport saya baru dan sampai sekarang saya mengajukan visa dari tnggl 9 sampai skrg di bilang masi pending mohon info’a kenapa yah padahal 3hri lg saya akan bersngkat ke jepang :( :suram:

    • Lebih baik telpon ke kedutaan aja, apa kabar status terakhir nya dan beritau kalau 3 hari lagi kamu mau berangkat. Hanya kedutaan yang tau soalnya status visa Jepang mu.

  • hey mas frenky saya mau menanyakan seputar informasi pembuatan visa, apakah saat pembuatan visa ada wawancara pribadi? terus untuk bukti rek perlu pake referensi ga? kalo rek koran aja cukup ga? oiia btw saya pertama kali kejepang dan saya berangkat sendirian paspor masih kosong ada kemungkinan di acc ga visanya terimakasihh saya berharap responnya πŸ˜‚

    • Hi,

      Tidak ada wawancara pribadi. Lebih baik di sertakan surat referensi bank nya terutama buat paspor masih kosong. Gw juga waktu itu ketika apply visa Jepang, kondisi paspor nya masih kosong, tapi tetap approve lancar jaya

  • Siang ka Frenky. Mau tanya nih, saya mau abisin 15 hari di Jepang. Nah, visa 15 hari itu terhitung pas masuk bandara di Jepangnya ya? Kalau saya nyampe bandara Kansai 17 Feb 2017 dan pulang 3 Maret 2017 (nyampe indo 4 maret) boleh ga? Maksudnya masih masuk itungan 15 hari gitu tdk? Menurut ka Frenky gimana? Mohon infonya. Terima kasih banyak.

    • Hi,

      iya 15 hari terhitung ketika cap stempel masuk ke Jepang nya. Kalau benar masuk tanggal 17 Feb dan keluar tanggal 3 Maret 17 sih tidak masalah. Tapi pastikan aja cap stempel imigrasi keluar nya harus masih di tanggal 3 Maret ya, kalau udah 4 Maret ya arti nya kamu telat keluar.

      Btw kalau pakai sticker visa Jepang, bisa2 aja dapat masa tinggal lebih dari 15 hari, itu tergantung ketika isi formulir sama tiket pesawat mu.

  • Mas Frengky, saya rencana mau ke jepang akhir Desember ini sekitar 10-12 hari. mau nanya untuk isian *Partner’s profession/occupation (or that of parents, if applicant is a minor): di isi apa?
    Saya sdh punya Visa japan krn aply bbrp bulan yang lalu pake epasport. kebetulan ini mau aply visa untuk anak saya (pasport biasa) yang masih SMA akhir (sdh punya KTP). apakah perlu kartu pelajar juga atau surat keterangan dari sekolah SMA tidak? dan 3 bulan Rekening tabungan adalah milik saya,selain kk. apakah perlu copy pasport saya juga berikut hal yg ada visa nya. Karena saya berangkat ber 2 ank saya. Copy surat nikah perlu juga kah? maaf yas frengky…banyak nanya nya. Terimaksih sblmnya.

    • Hi,

      *Partner’s profession/occupation (or that of parents, if applicant is a minor)* ini di isi dengan profesi pekerjaan orang tua nya.

      apakah perlu kartu pelajar juga atau surat keterangan dari sekolah SMA tidak? Lebih lampirkan surat keterangan dari sekolah berhubung orang tua nya tidak apply visa Jepang

      3 bulan Rekening tabungan adalah milik saya,selain kk. apakah perlu copy pasport saya juga berikut hal yg ada visa nya? Yup, lebih baik lampirkan aja Fotokopi Paspor bagian identitas sama sticker visa waiver Jepang nya, sertakan juga printout tiket pesawat yang ada nama orang tua nya.

      Copy surat nikah tidak perlu.

      Nanti di isian formulir, bagian “Remarks/Special circumstances, if any”, tulis saja “Parent will accompany and guarantee all expense this applicant, they will use Japan Visa Waiver ( E-Passport )”. Bukti keikutsertaan ya berdasarkan fotokopi dokumen orangtua nya.

      • Mas Frengky, maaf tambah lagi pertanyaan :
        Guarantor or reference in Japan(Please provide details of the guarantor or the person to be visited in Japan) ..dan
        Inviter in Japan(Please write ‘same as above’ if the inviting person and the guarantor are the same
        saya tak perlu isi, karena saya booking sendiri hotel selama di jepang atas biaya sendiri.
        Terimakasih sekali lagi untuk responnya.

  • sankyuuu~ atas inpony, bang :wow:
    mau tanya andaikan g punya kerjaan buat surat kerjanya begaiman kah? :lonely:
    ato bisa g d masukin? :sweating:
    sankyuuu~ :yeah:

    • Surat keterangan kerja tidak wajib di lampirkan sih sebenar nya buat visa Jepang terutama buat yang punya cap history travel nya bagus ( misal pernah ke eropa atau amerika ). Coba aja submit, tapi ya kalau misal nya di reject, harus terima kenyataan.

  • Haii mau tanya, adik saya mau ke jepang tp dia di luar kota. Apakah bisa saya yg domisili jakarta yg ke embassy utk apply visa utk adik saya?

  • Bang frengky mau tanya,

    terkait saldo tetap 1.500.000 x ( lama menetap di jepang).. itu brarti saldo selama 3 bulan teraakhir minimal segitu ya rata2 nya?

    Kalo mau sekalian ke korsel bs pake visa jepang juga? Atau bikin visa korsel lagi? Krn sepintas gw pernah baca blog lain menginfokan kal nke korsel bs pake visa jepang

    Thanks..

    • Hi,

      Itu bukan saldo minimal sih, cuma buat lebih ke jaga2 aja, tapi jangan di jadikan patokan pasti juga.

      Sejak 1 Mei 2016, peraturan masuk ke Korea menggunakan Visa Jepang sudah tidak berlaku lagi, dulu sih emang bisa sebelum 1 Mei 2016.

  • bagus ini panduannya bang frenky! :)
    saya mau nanya, “guarantor / reference in Japan” ini apakah wajib diisikan ya?
    trus hubungan si guarantor harus hubungan saudara atau gimana ya?

    thanks bang :) salam kenal

    • Tergantung antrian nya ya, pengalaman sih cuma 30menit antri nya sekitar, nyampe kedutaan jam10.30-an, terus di loket nya buat nyerahin aplikasi nya cuma 3menit-an.

  • tanya dong kak, kalau ingin urus visa jepang tp bukan karayawan, usaha sendiri. kalau lewat travel agent kok selalu diminta siup sama npwp. emang wajib ya? T^T

    • Pengalaman pribadi sih teman punya usaha onlen kaga pake siup npwp segala ya, tapi urus sendiri bukan pake travel agent. Visa nya approve2 aja tanpa masalah.

  • Halo Kak Frenky.
    Aku mau tanya, kalo utk visa internship pake visa apa ya? Dan biaya yg mengendap di tabungan kita harus berapa? Karena nanti di tempat internship juga digaji sih. Apakah harus melampirkan surat internship juga?
    Tnx before

  • Bang frengky, bosku pernah ke jepang sekitar awal tahun 2016, nah katanya ada tulisan expire 3 tahun di cap visanya. Kebetulan saya belum pernah ke luar negri jadi saya tidak paham. Apakah jika bulan depan ingin ke Jepang lagi, harus mengurus visa kembali?

    Kalau saya baca artikel abang, apakah visa itu tergantung dari jenis visa apa yang kita apply sebelumnya?

    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    • Kalau ada tulisan Expire 3 tahun, pasti tipe nya Multiple punya, coba liat ada kata2 “MULTIPLE” nya ga di visa nya. Jika sudah punya visa multiple sih bebas masuk ke Jepang berulang kali selama 3 tahun ( sesuai masa expire nya ).

  • Halo bang frenky. Mau Tanya donk. Aku punya temen tinggal dijepang. Nah aq dapet undangan dr dia untuk berkunjung dan seluruh akomodasi dia yg tanggung. Kalau mau bikin visa persyaratan rekening tabungan itu harus gimana?apa pake punya rekeningnyaa temenku?
    Thanks bang. .😊😊😊

  • Bang frangky, kalo mau apply visa ke jepang
    Harus uda ada rundown lengkap ya
    Mau kemana aja ? Dan uda harus bookg
    Tempat tinggal selama disana ?
    Thx bang

    • Rundown ny ga perlu lengkap2 banget, cukup draft kasar aja. Iy udah include booking penginapan disana, cari yang free cancelation aja kalau masih ragu-ragu.

  • Halo Frenky..
    Saya mau tanya dong, kalau saya udh beli tiket buat tanggal 10-22 November nih misalnya, ternyata ada kemungkinan perubahan tanggal, baiknya bagaimana ya pas pembuatan visa, bisa ngga ya di book tanggal 1-30 November aja gitu?

    Bingung banget nih soalnya belum keluar tanggal pastinya sementara waktu udah deket

    Thankyou sebelumnya

    • Hi,

      Visa Jepang itu akan memberikan masa tinggal kelipatan 15 sesuai dengan tiket masuk – keluar ke Jepang nya. Jadi tidak bisa kalau tiket nya 10-22 tapi di tulis 1-30 nov di formulir nya. Kalau di ajukan nya tgl 10-22 nov, pasti di kasih masa tinggal nya 15hari di visa Jepang nya.

  • Haloo kak, klo belom kerja (baru lulus kuliah), mending pake rekening sndiri apa rekening ortu ya?
    Rekening sndiri ada sih tp under 20jt untuk 11hari

    Klo sertain rekening ortu brrti plus bukti KK jg?

    Itu yg di fotokopy cm buku tabungan biasa aja ya? Bukannya buku tabungan ga ad namanya ya disetiap halamannya?

    Maap kebanyakan
    Makasi yaaaa :)

    • Mending rekening sendiri aja, sebenar nya Visa Jepang tidak perlu surat keterangan kerja sih, cuma waktu itu gw sertakan aja biar lebih pede gw nya.

      Yup, kalau pake rekening ortu, sertain KK juga.

      Recommended pake jasa bank cetakin rek tabungan 3bulan terakhir ny, tiap halaman ada nama nya sama periode nya.

  • kak frenky,
    mau nanya, untuk guarantor or reference in Japan itu kalau kita emang tujuannya holiday dan ngga ada keluarga disana diisi apa ya?
    terimakasihh

  • Permisi, saya mau tanya. Saya mau mengajukan visa korea tapi status saya baru lulus dan juga pekerjaan saya freelance saja, dokumen yang harus dilampirkan apa ya? Tq

  • Bangg frenk mau nanya saya punya temen orang jepang yg lagi keeja di indo dan rencana mau ke jepang tahun dpn dan tinggal dirumah dia selama 1 bulan , itu ambil visanya visa apa ya ? Sy baru prtama kali keluar negeri jdi mohon sarannya ya thx a lot ^^

    • Ambil visa turis kunjungan sementara ya, jangan coba pakai jaminan teman orang Jepang sana, jadi ribet yang ada malahan harus ngurus dokumen surat penjamin dsb nya ( kurang paham juga detail nya ).

  • Giaman soal Wifi bisa kasih info jelas ? apa bener bisa sewa wifi di Indo ? karena ada yg bilang
    kagak bisa di pakai di Japan ? kalo pernah pake bisa refrensiin apa namanya ? brp duit untuk yg
    kurang lebih 10 hari ?

    Btw transport nya kata temen mending naik bus dari pada shinkansen.. karena terlalu padek shin kansen

  • Hi Frenky, mau tanya.

    Di dalam daftar yang tertera dalam syarat mengurus visa ke jepang yang di cantumkan pada artikel ini, tidak disebutkan Surat Keterangan Bekerja. Namun kenapa pada saat persiapan dokumen sebelum datang ke kedutaan Jepang ada item Surat Keterangan Bekerja dalam bahasa inggris yang ikut dipersiapkan juga?

    Mohon informasinya. Terima kasih.

    • Saya ngikut pengalaman orang lain saja yang sudah2, dan juga karena paspor saya kondisi nya kosong, dan juga engga susah minta surat ket kerja ke HRD kantor, dan terakhir cari aman, jadi saya lampirkan saja deh.

  • Hi Frenky,
    Mau tanya donk, utk kolum current profession/ occupation and position , name and address of employer jika punya toko sendiri alias wiraswasta hrs tulis apa yh? Thx

  • hello Franky, mau nanya kalau kita ga ngelampirin alamat penginapan kita di Tokyo boleh ga? karena rencana gue kita nginep nya di Osaka. jadi maksud gue selama seharian di Tokyo itu gue ga nginep cuma jalan-jalan aja.

    • Engga masalah sih, tinggal tulis aja di lampiran jadwal itinerary nya ngapain di hari itu, kalau engga nginep ya tulis aja aktivitas ( garis besar nya ) di hari itu.

  • bg frenky saya mw berkunjung tmpat abg saya dan kakak saya..apa2 ja syarat2 nya bg.blh minta informasi nya bg.

      • hai mas frenky
        saya td ny mau ke jepang krn tmn sy mau kesn,sy berhrp kami bs sharingan hotel or app
        tp ternyt dia sdh siap dgn hotelny mau g mau sy hrs ikti dgn hotel yg sesuai dgn dia tinggal
        tp cost budget ny buat sy kemahalan
        sedgkn saya lbh prefer ny back packer
        ada usul g y mas kl sy mau bacpakeran aja sendr dgn ank sy yg 4thn
        sy brkt 12 januari 2017-21jan2017
        tp bs keliling jepang😁😁

  • bro fengky saya ad rencana ingin jalan2 taiwan,japan,rrc sekaligus..untuk visa yang paling efisien gmn?
    apakah apply visa jepang lalu visa transit taiwan lalu visa rrc gmn? mohon pencerahan soal efisiensi visa nya..soalnya klo ajukan 1 1 pusing jg…n saya tinggal nya di kalimantan barat.ajuka ke kedubes harus ke jakarta lagi..di jakarta gak ad sodara untuk nunggu proses visa..

    • Kalau mau ke Jepang, Taiwan, RRC, berarti cukup perlu buat Visa Jepang, sama RRC saja. Untuk masuk ke Taiwan nanti bisa pakai Visa Jepang YANG MASIH BERLAKU, registrasi dlu visa taiwan nya ya.

  • Bang franky,saya rencana mau solo backpacking ke jepang dg biaya semdiri,nah kalo masih mahasiswa gimana?surat keterangan masih kuliah aja cukup kan?sama print out rekening koran

  • bang frengky,
    mau nanya kalau isi tempat tinggal di jepangnya gmn y?
    di form permohonan visa.
    soalnya tinggal kan pindah pindah kota gtu
    thx bang

    • Tulis saja 2-3 penginapan, yang penting bukti booking penginapan nya di sertakan. Kalau penginapan nya lebih dari 5, buat aja itinerary boongan, jdi penginapan nya di buat cuma 2-3 penginapan. Cari penginapan yang free cancel.

Leave a Reply