Cara, Tips dan Trik Membeli Tiket Pesawat Promo Murah Secara Online

Gue akui kalau diri gue adalah seorang yang hobi jalan-jalan ke luar negri maupun domestik secara murah, meriah dan mewah. Jika di pikir-pikir dari sekian perjalanan gue yang masih sedikit ini, biaya paling mahal itu biasa nya di bagian TRANSPORTASI apalagi yang judul nya menggunakan transportasi udara a.k.a PESAWAT :dead:

Tapi bukan berarti gara-gara tiket pesawat yang harga nya tiap tahun harga nya makin naik lantas mengurungkan niat gue untuk jalan-jalan, alasan nya karena sekarang ini lagi cukup banyak maskapai penerbangan LCC ( Low Cost Carrier ) yang gencar-gencar nya menawarkan tiket pesawat promo yang harga nya murah di bandingkan dengan harga premium full services yang di tawarkan oleh maskapai tetangga nya.

Contoh Maskapai Low Cost Carrier

Untuk alasan kenapa LCC bisa memberikan tiket pesawat promo yang murah-murah, bisa di google sendiri yaaaa…. tapi sepengamatan gue umum nya ( Tidak Semua ) maskapai LCC itu dalam hal makanan dan bagasi, TIDAK GRATIS diberikan!

Nah Sekarang gue mau memberikan cara, tips dan trik yang jitu tapi butuh usaha lebih untuk berburu dan membeli tiket pesawat promo yang harga nya pasti murah sehingga gue dan kalian semua yang baca postingan ini bisa jalan-jalan murah, meriah dan mewah!  Mungkin kita bisa barengan jalan-jalan ke depan nya :shy:

:info:       :info:

Selayak nya berburu pada umum nya yang membutuhkan senjata, tentu saja untuk berburu tiket pesawat promo murah ini juga memerlukan senjata. Berikut hal-hal umum yang harus di siapkan :

1. Komputer dan Internet

Ini wajib hukum nya karena tiket pesawat promo itu hanya dapat di beli langsung secara online di website maskapai masing-masing. Penggunaan HP tidak direkomendasikan dengan alasan tidak semua website maskapai maksimal penggunaan nya ketika di buka di HP kecuali jika maskpai tersebut telah menyediakan aplikasi HP yang dapat di install dengan baik di HP konsumen.

2. Internet Banking dan Kartu Kredit

Biasa nya tiket pesawat promo itu stok nya masih berlimpah ketika di awal-awal pembukaan yang biasa nya jam 00.00 ( Pergantian hari ) dan pembayaran tiket nya ketika sudah di booking ada yang harus langsung di bayar di akhir booking, ada juga yang di tunggu hingga batas waktu pembayaran nya  maksimal 2 jam sejak di booking.

Untuk penerbangan domestik umumnya pembayaran masih dapat dilakukan menggunakan ATM tapi masalah nya adalah apakah kita mau ke ATM pada dini hari, kalau gue sih ogah haha… Nah alternatif nya adalah membayar menggunakan Internet Banking. Kita hanya perlu memilih menu opsi maskapai penerbangan nya, masukkan token dan pembayaran pun sukses dilakukan tanpa beranjak dari kursi komputer kita :cheer:

Menu Pembayaran Tiket pada Internet Banking KlikBCA

Untuk penerbangan ke luar negri biasa nya pembayaran hanya menerima melalui kartu kredit. Ada beberapa maskapai yang memang bisa membayar menggunakan Rupiah dan menggunakan Internet Banking tapi kebanyakan pembayaran menggunakan kurs luar negri sehingga jalan satu-satu nya menggunakan kartu kredit, cari aman ajahhhh….. Oh ya kartu kredit ini juga bisa jadi alternatif untuk penerbangan domestik jika kalian tidak mempunyai Internet Banking loh :info:

Pembayaran menggunakan kartu Kredit pada AirAsia

3. Email

Setelah kalian sukses melakukan pembayaran, kita pasti mendapatkan kode booking flight yang di kirimkan melalui email. Jadi yang bagian ini wajib banget hukum nya, banyak jasa email gratis di internet yang paling banyak di pakai tentu nya GMAIL dan YAHOOMAIL :good:

Softcopy Tiket beserta Kode Booking yang di terima melalui Email

:info:       :info:

Nah setelah menyiapkan ‘Senjata’ untuk berburu tiket pesawat promo murah di atas, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu di lakukan SEBELUM TIKET PESAWAT PROMO DIJUAL ke umum secara online. Sekedar info aja, tips dan trik yang akan gue share adalah pengalaman pribadi gue sendiri dan sejauh ini sukses-sukses saja buat menemukan tiket pesawat promo yang murahhhhh…..  :crot:

1. Tentukan Destinasi Kota yang ingin di Tuju

Karena rute tujuan penerbangan itu sangat banyak sekali, nah ambil contoh saja gue yang berdomisi di Jakarta ingin menuju ke Makassar untuk penerbangan domestik sedangkan untuk penerbangan internasional nya ambil contoh ke Seoul ( Korea Selatan ) supaya bisa ketemu SNSD haha…

* * * * *

2. Cari Info Maskapai Penerbangan LCC yang menuju Kota tersebut

Setelah menentukan destinasi Makassar ( Domestik ) dan Seoul ( Internasional ), mari cari info maskapai LCC mana saja yang beroperasi di Indonesia. Buat kalian yang belum tau maskapai LCC apa saja yang beroperasi di Indonesia , jangan khawatir karena akan gue share di sini :cheer:

Note : Klik pada nama maskapai penerbangan untuk menuju website nya
* Citilink ( Domestik )
* AirAsia ( Domestik dan Internasional )
* TigerAir Mandala ( Domestik dan Internasional )
* Cebu Pacific ( Internasional )
* Jetstar Asia ( Internasional )

Untuk menuju Makassar dari Jakarta pilihan yang dapat di gunakan antara lain Citilink atau AirAsia, sedangkan menuju Seoul dari Jakarta tidak ada penerbangan langsung melainkan harus transit terlebih dahulu dan maskapai yang dapat di gunakan antara AirAsia ( transit di Kuala Lumpur ) atau Cebu Pacific ( transit di Manila ).

Daftar maskapai penerbangan LCC lain nya di seluruh dunia, dapat di lihat di list Wikipedia ini.

* * * * *

3. Pelajari cara Booking Tiket di Website Maskapai Penerbangan tersebut

Sekarang coba di buka website maskapai penerbangan yang di pilih tadi. Lalu coba buat sebuah dummy kode booking dengan tujuan hanya untuk sekedar mempelajari cara booking di website tersebut. Umum nya yang perlu di pelajari adalah seperti pemilihan tanggal dan destinasi nya, cara melihat total harga tiket tersebut, apakah total harga tersebut sudah termasuk airport tax, apakah memerlukan account login untuk memesan tiket dan metode pembayaran yang di terima.

Sebagai contoh, gue coba bahas tentang website AirAsia terlebih dulu. Untuk menuju Seoul dari Jakarta menggunakan AirAsia di pastikan harus transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur ( Base nya AirAsia ). Keunggulan AirAsia adalah terdapat nya penerbangan FLY-THRU sehingga walaupun penerbangan kita di lakukan 2 kali dengan rute Jakarta – Kuala Lumpur – Incheon ( Seoul ), tetap hanya menggunakan 1 ( SATU ) KODE BOOKING. Keunggulan lain nya penerbangan FLY-THRU dapat di lihat pada link berikut -> LINK FLY-THRU.

AirAsia harga BELUM ALL-IN masih ada plus-plus nya

AirAsia harga SUDAH ALL-IN, bisa di hilangkan bagian bagasi

Pada kedua gambar di atas, dapat di analisa data-data sebagai berikut :

  • Untuk pemilihan destinasi dapat langsung di masukkan keberangkatan dari Jakarta dan tujuan menuju Seoul

  • Total harga pada gambar PERTAMA itu belum lah bersih karena biasa nya masih ada biaya lain-lain nya, ketika kita melanjutkan ke halaman berikut nya maka muncul halaman pada gambar KEDUA.

  • Untuk total harga pada gambar KEDUA itu sudah termasuk biaya lain-lain tapi belum termasuk Airport Tax di Jakarta 150.000 ribu ( per September 2013 ) yang dapat di bayarkan langsung di Bandara ketika Check-In sedangkan untuk Airport Tax di Kuala Lumpur tidak ada karena sudah termasuk pada harga tiket.

* * *

Contoh berikut nya, gue coba bahas Cebu Pacific. Sama dengan AirAsia, untuk menuju Seoul dari Jakarta menggunakan Cebu Pacific ini di pastikan harus transit dulu di Manila ( Base nya Cebu Pacific ). Hanya saja Cebu Pacific ini tidak terdapat fasilitas FLY-THRU sehingga mau tidak mau gue harus membeli dulu Jakarta – Manila ( 1 KODE BOOKING ), Manila – Incheon ( 1 KODE BOOKING ) sehingga apabila membeli bagasi juga di haruskan membayar 2 kali bagasi dengan 2 KODE BOOKING berbeda :crying:

Jakarta – Manila – Jakarta Harga BELUM ALL-IN, masih ada plus-plus nya

Jakarta – Manila – Jakarta harga SUDAH ALL-IN

Manila – Incheon ( Seoul ) harga SUDAH ALL-IN

Pada ketiga gambar di atas, dapat di analisa data-data sebagai berikut :

  • Untuk pemilihan destinasi harus membeli satu persatu, dalam contoh di atas di haruskan membeli Jakarta ke Manila dulu, baru di lanjutkan  membeli Manila ke Incheon sehingga mendapatkan 2 KODE BOOKING berbeda.

  • Total harga pada gambar PERTAMA itu belum lah bersih karena biasa nya masih ada biaya lain-lain nya, ketika kita melanjutkan ke halaman berikut nya maka muncul halaman pada gambar KEDUA.

  • Untuk total harga pada gambar KEDUA itu sudah termasuk biaya lain-lain tapi belum termasuk Airport Tax di Jakarta 150.000 ribu ( per September 2013 ) yang dapat di bayarkan langsung di Bandara ketika Check-In.

  • Untuk total harga pada gambar KETIGA itu sudah termasuk biaya lain-lain tapi belum termasuk Airport Tax di Manila 550 PHP *Peso* ( per September 2013 ) yang dapat di bayarkan langsung di Bandara ketika Check-In.

:info:

Pelajaran yang bisa di ambil adalah biasa nya maskapai penerbangan LCC itu memberikan promo besar-besaran berjudul “Free Seats”, “0 Peso All Destination” dan semacam nya itu hanya lah BASE FARE nya saja, masih belum termasuk Fuel Surcharge, Tax, Web Admin Fee, dan lain-lain nya. Maka nya jangan berharap dapat harga tiket nol ( 0 ) ya :ngakak:

* * * * *

4. Menentukan target Tanggal Berangkat dan Pulang

Ini termasuk poin penting dalam menentukan tersedia nya tiket pesawat promo atau tidak pada tanggal yang di pilih. Untuk maskapai penerbangan yang mempunyai penerbangan cukup banyak di Indonesia seperti AirAsia, TigerAir Mandala, Citilink di jamin TIDAK ADA tuh tiket pesawat promo pada tanggal-tanggal merah, hari kejepit ( Kalender Indonesia ) apalagi libur panjang seperti Lebaran, Natal & Tahun Baru.

Tapi ada pengecualian untuk libur Lebaran, karena sifat nya ini adalah libur Agama, maka nya maskapai penerbangan seperti Cebu Pacific yang basis nya di Filipina tidak menerapkan Blackout pada libur lebaran, jadi tiket pesawat promo pada lebaran pasti banyak bertebaran tuh, coba saja sendiri :cheer:

Selain itu biasa nya tiket promo di jual pada hari Senin – Kamis, tapi jangan lupa mengikuti ketentuan di atas ya. Lalu biasa nya tiket yang di beli semakin lama tanggal keberangkatan nya semakin murah harga nya. Sekarang sudah banyak orang membeli tiket pesawat 1 tahun sebelum keberangkatan termasuk gue haha.. Beli tiket pesawat dulu, nabung, terus foya-foya dah pas sampai di kota tujuan.

* * * * *

5. Menggunakan Dua atau Lebih Maskapai Penerbangan LCC berbeda

Sekarang juga sudah biasa traveller menggunakan maskapai penerbangan LCC dengan promo berbeda pulang untuk jalur berangkat dan pulang nya.

Sebagai contoh gue untuk menuju Incheon ( Seoul ) menggunakan rute Jakarta – Manila – Incheon ( Seoul ) dengan maskapai Cebu Pacific. Lalu untuk pulang nya menggunakan rute Busan – Kuala Lumpur menggunakan AirAsia dan Kuala Lumpur – Jakarta menggunakan AirAsia kembali atau alternatif TigerAir Mandala.

Tinggal pintar-pintar nya kita menentukan promo yang paling murah saja dan untuk maskapai berbeda ini pastikan jeda waktu ketika transit jangan terlalu dekat, dikhawatirkan tidak sempat untuk Check-In nanti nya.

* * * * *

6. Mencari info promo dimana-mana

Maskapai LCC itu tidak setiap hari nya memberikan promo gila-gilaan. Arti nya kita hanya berburu tiket promo tersebut di rentang tanggal dan waktu yang diberikan oleh maskapai penerbangan LCC.

Gue ambil contoh misal kan gue mau ke Korea pada bulan Oktober tahun 2014, berangkat menggunakan Cebu Pacific dan pulang menggunakan AirAsia.

Maka untuk mengetahui kapan promo tersebut mulai dijual, hal-hal yang perlu gue lakukan adalah :

1. Berlangganan Newsletter via Email, Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter

Pemberitahuan Promo via Email ( Subscribe Newsletter )

2. Mencari info apakah promo maskapai penerbangan nya berupa promo dadakan atau diberitahukan jauh-jauh hari sebelum nya

Sebelum promo mulai dijual ke umum, maskapai penerbangan LCC pasti memberi kabar terlebih dulu di website, facebook, twitter dan media sosial lain nya minimal 1 hari sebelum nya seperti AirAsia tetapi ada juga yang cuma 30 menit – 1 jam sebelum penjualan promo di mulai. Nah yang biasa nya memberitahu 30 menit – 1 jam sebelum penjualan itu biasa nya Cebu Pacific dengan promo nol – satu PESO nya.

3. Buka Facebook Fanpage nya dan lihat rentang waktu promo di jual

Pada facebook fanpage Cebu Pacific dan AirAsia tersedia info-info promo yang sudah terjual di tahun sebelum nya hingga sekarang. Dari timeline tersebut dapat di perkirakan kapan promo untuk Okt 2014 mulai di jual di tahun 2013.

Biasa nya AirAsia menawarkan promo semester 1 ( Jan – Juni ) tahun berikut nya di rentang Agustus – September dan semester 2 ( Juli – Des ) tahun berikut nya di rentang Okt – Nov. Untuk Cebu Pacific penjualan semester 1 tahun berikut nya di rentang Maret – Mei, semester 2 tahun berikut nya di rentang Agustus – September. Usahakan untuk membeli tiket di promo pembukaan pertama kali karena stok nya masih sangat melimpah :star:

4. Pantau Website Maskapai, Forum Traveller, Grup Facebook Traveller setiap hari

Setiap hari disini maksud nya adalah antara rentang Agus-Sept 2013 karena gue ingin membeli tiket keberangkatan Cebu Pacific untuk bulan Oktober 2014. Sedangkan untuk kepulangan nya menggunakan AirAsia antara Okt-Nov 2013. Terkadang via email untuk kasus Cebu pacific terlalu lama delay penerimaan nya, sehingga paling aman memang langsung mengecek website nya atau jika males bisa mengikuti forum traveller di Kaskus atau Grup facebook khusus traveller.

Banner Promo Cebu Pacific

Promo Cebu Pacific di info kan di Facebook

Promo Cebu Pacific di infokan di Kaskus

Inti nya dari ketiga gambar di atas, banyak orang di dunia online yang juga mengincar promo yang sama dan tidak pelit berbagi info tersebut ke dunia online. Tinggal rajin-rajin nya saja kita mengecek biar tidak ketinggalan beli untuk promo pembukaan tersebut.

* * * * *

Berikut nya gue mau berbagi tips dan trik ketika promo sudah jelas waktu dan tanggal nya, hal-hal berikut perlu di persiapkan MENJELANG PROMO DI JUAL :

1. Stand by di website maskapai tersebut antara 30 menit – 1 jam sebelum promo dibuka

Masuklah hingga sampai minimal ke halaman booking untuk mendapatkan session ( nomor antrian ) di website tersebut untuk menghindari waiting list akibat traffic yang overload.

* * *

2. Gunakan browser berbeda seperti Firefox dan Chrome untuk memudahkan reload halaman ketika terkena Waiting List atau Website Crash

* * *

3. Tembak langsung link maskapai tersebut ke halaman booking nya

Ambil contoh saja maskapai AirAsia yang mempunyai halaman booking di sini dan Citilink di sini. Maskapai lain coba cari tahu sendiri ya. Biasa nya dengan cara ini gue tidak pernah mendapat Waiting List ketika memilih-milih tanggal.

* * *

4. Biasa nya tiket promo itu di jual terbatas dalam 1 kali pemesanan, jadi harus di beli bertahap

Promo Cebu Pacific terbatas hingga 2 orang dalam 1x pembelian

Pada gambar di atas itu adalah hal umum terjadi ketika kita ingin membeli 5 tiket sekaligus dalam 1 kode booking. Sayang nya biasa maskapai penerbangan LCC membatasi jumlah pembelian, dalam contoh di atas ketika membeli 3 tiket ternyata langsung tertulis “Sold Out”, artinya batas pembelian maksimal cuma 2 tiket dalam 1 kode booking.

Untuk titipan sisa nya, berharap saja ketika sudah membeli 2 tiket tersebut, masih ada tiket promo yang tersisa agar dapat di beli untuk teman selanjut nya :evilsmirk:

 * * *

Semoga info yang panjang di atas berguna buat sobat-sobat sekalian dan silahkan mempraktekan nya.

Berikut lampiran harga termurah ke luar negri yang pernah gue temui :

Note : Harga per April 2014 ( Tidak termasuk Bagasi dan Meal )

Jakarta - Manila - Seoul - Busan - Kuala Lumpur - Jakarta = Rp 2.500.000 ( Cebu Pacific - AirAsia )
Jakarta - Manila - Osaka - Tokyo - Kuala Lumpur - Jakarta = Rp 2.800.000 ( Cebu Pacific - AirAsia )
Jakarta - Manila - Hongkong -  Shenzen - Kuala Lumpur - Jakarta = Rp 1.700.000 ( Cebu Pacific - AirAsia )
Jakarta - Manila - Taipei - Manila - Jakarta = Rp 1.500.000 ( Cebu Pacific )
Jakarta - Kuala Lumpur - Jakarta = Rp 360.000 ( AirAsia )
Jakarta - Bangkok - Jakarta = Rp 700.000 ( Lion Air )

Sharing harga dari Sis Melissa, thanks ;)

Jakarta - Singapura - Jakarta = Rp 300.000
Jakarta - Bali - Jakarta = Rp 225.000
Jakarta - Surabaya - Jakarta = Rp 90.000
Jakarta - Jogja - Jakarta = Rp 90.000
Jakarta - Phuket = Rp 160.000

Kalau ada yang pernah ketemu lebih murah yuk di share biar ada gambaran buat pemburu tiket murah haha..

Apabila ada pertanyaan bisa di tanyakan langsung melalui komen di bawah yaaaa :bye:

 

 

181 thoughts on “Cara, Tips dan Trik Membeli Tiket Pesawat Promo Murah Secara Online

  1. Fitri

    hallo mas,
    tgl 4 mei ini aku berangkat ke bangkok, udh beli tiket pergi tp belum beli untuk pulangnya. kira kira awal tahun ini airasia atau penerbangan lainnya bakal ngadain promo lg ga yaa?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Harus nya kamu beli tiket PP langsung tuh biar kaga kena charge kartu kredit yang lumayan harga nya. Biasa nya sih AirAsia suka kasih promo untuk penerbangan dekat-dekat ya 1-3 bulan keberangkatan. Jadi harus nya pasti ada sih, ditunggu aja.

      Reply
  2. phei_ik

    kak,, mau tanya dong. saya ada rencana mau ke seoul di bulan okt 2017. Kira kira untuk tiketnya harus saya beli kapan ya? cek beberapa kali di website air asia harga ppnya 4.8 jutaan itupun harus transit dlu.. mohon dibantu untuk infonya ya kak. :calm: makasi..

    Reply
    • Frenky Post author

      Promo AirAsia untuk tiket murah Oktober 2017 sudah dibuka dari bulan lalu, tapi sekarang2 ini lagi ga ada promo, jadi nunggu announcement promo free seat lagi ya nanti dari AirAsia. Kemarin2 saya cek Oktober 2017 Jakarta – Seoul ( PP ) bisa dapat harga sekitar 2.7jt an ( belum bagasi ), transit di Kuala Lumpur.

      Kalau engga mau transit, pilihan nya cuma naik Garuda, Korean Airlines sama Asiana Airlines

      Reply
        • Frenky Post author

          di web AirAsia.com langsung, tapi baru ada kalau promo nya dibuka, sekarang mah lagi ga ada promo besar2an, harga sgitu kaya nya susah di dapat.

          Reply
          • phei_ik

            yah.. :suram: oke deh kalo gitu kak. ntar saya coba cek2 terus deh ke website air asianya. makasi banyak ya buat infonya :good:

            Reply
      • Fina

        Kira kira salju pertama di korea itu bulan apa ya?pgn banget dapetin momen salju tp yg masih enak buat jalan jalan cuacanya … kalau desember januari kayanya dinginnya udah parah banget ya?

        Reply
        • Frenky Post author

          Kalau udah bersalju, ya arti nya suhu udara nya udah 0 derajat ya minimal atau minus. Desember akhir sih momen pas kalau mo main salju.

          Reply
  3. Nadia

    Hai, mas saya mau nanya, untuk jakarta-bangkok di januari-maret 2017 adakah promo. Utk termurah maskpai apa. Terima kasih

    Reply
  4. wandi

    Hello..
    Mau tanya mas, saya ada rencana ke korea selatan 10-25 maret 2017… Rencana nya saya berangkat naik Garuda penerbangan langsung CGK – ICN….. pulangnya saya naik Air Asia penerbangan dari ICN – MNL… minta sarannya mas, apakah nanti di imigrasi bandara incheon nya tidak masalah ?? karena saya tidak menunjukan tiket kembali ke indonesia, tapi ke manila???

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Tidak ada masalah ya. Kalau di tanya sama petugas AirAsia, bilang saja Negara Filipina Free Visa buat Paspor Indonesia, lalu habis itu mas wandi mau jalan2 di filipin dulu sebelum kembali ke Indonesia.

      Reply
  5. Sinta

    Mas frenky tolong ajarin donk/bantu buat cari tiket promo ke turki denger2 biasa’y lebih murah lwt KL…,,,berangkat’y antara bulan januari – maret 2017 tgl’y bebas pengen stay disana boleh lah lamaan dikit 3 mingguan atau min 2 minggu…thx sebelum’y☺

    Reply
    • Frenky Post author

      Bisa pake Qatar atau Etihad, mereka kalau lagi promo harga nya bisa dapat 4jtan PP ke Turki lewat KL. Cara cari tanggal nya? Cari pake skyscanner.com aja, tapi kalau mereka announce lagi ada promo ya, skarang sih rasa nya kaga ada deh

      Reply
  6. sita

    mas frenky mau nanya klo beli tiket promo airasia jkt-bkk-jkt itu masih byr apa aja ya?msh byr fuel surchage ga?makasih infonya..

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau maskapai AirAsia sih, harga yang tertera di awal ketika proses pemilihan harga, itu harga nya sudah bersih ( include base fare, tax, fuel sucharge – jika ada ). Sekarang rasa nya harga AirAsia PP Jkt – Bkk ( promo ) di kisaran 1.3jt an

      Reply
  7. Kevin

    hi mau tanya :)
    kalo cathay itu kira2 promonya bulan apa ya ?
    perasaan ngga pernah promo ya ? agak mahal terus heheh
    saya rencana cgk-cju (via hongkong) pp pakai cathay 6jt paling murah
    ada recommend lain ngga ?
    makasih sebelumnya

    Reply
    • Frenky Post author

      Wah kalau masalah promo Cathay, kurang paham juga sih, kaga pernah liat cathay promo big sale gitu sih.

      Cuma CGK – CJU 6jt sih ok ya harga nya, cuma emang udah rencana kah dari awal PP nya via CJU? apakah yakin cuma mau main di pulau Jeju aja? atau karena ngincer free Visa Jeju nya aja?

      Alternatif nya kalau mau ke Jeju, paling start dari Seoul / Busan, terus cari pesawat domestik ke Jeju, kaya nya bisa dapat 5jt an PP ( Pesawat LCC airasia + jejuair / busanair ), cuma ya resiko nya harus apply visa korea, dan harus hunting 4 tiket pesawat.

      Reply
  8. Annisa Christien

    Kak aku mau tanya kalo mau ke singapur kapan bulan untuk dapet tiket paling murah, soalnya saya masih belum terlalu mengerti cara mencari tiket yg murah. Terima kasih kak^^

    Reply
    • Frenky Post author

      cari tiket nya di hari biasa, lalu bukan di musim high season di singapura seperti tahun baru, imlek. Cek aja tanggal demi tanggal di situs traveloka, airpaz atau skyscanner.

      Reply
  9. weny

    Hi mas Frenky
    Sy dan keluarga rencananya mau liburan ke jogja tahun depan..brgkatnya dr makassar mas..bisa bantuin gak mas liatin tiket paling murah makassar-jogja-makassar sekitar bulan maret-mei 2017..many thanks ya mas frenky

    Reply
  10. Santini Dewi Putri

    Kak , kira2 kakak tau gak promo Air Asia keluarnya saat waktu kapan aja? hehehe I mean, mungkin pas bulan Maret karena sepi penumpang atau bulan apa gitu hehe
    Terima kasih kak :D

    Reply
  11. vina

    halo frengky..
    mau nanya2 niii tentang tiket:
    1.untuk promo ke jepang biasa pesawat apa dan kalau berangkatnya sekeluarga ber4 apakah mustahil dpt tiket promo?
    2.untuk ke bangkok/thailand kira sering promo pd bln apa ya..
    3.apa betul kalo kita sudah berkali2 masuk web misalnya airasia bisa jadi tambah mahal jadi harus clear/delete history/cookies gitu?
    4.kalo untuk ke hongkong atau china kira2 berapa ya pp paling murah?
    thank you.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      1. Kalau yang LCC jelas AirAsia, kalau Full Services si ANA lumayan juga sering promo. Kalau masih ber4 sih bisa aja dapat harga promo.

      2. Asal bukan datang pas Songkran ( bulan April ) sama hari libur anak sekolah ( Juni – Juli ) / Lebaran, harus nya selain bulan tersebut, banyak sih tiket promo ke bangkok

      3. Belum pernah coba, tapi harus nya tidak efek sih masuk berkali2 juga ya, soalnya pengecekan nya real time setiap ada request

      4. Kalau Hongkong sih bisa dapat sekitar 1.8jt ( Jakarta – Hongkong ) PP, kalau China sekitar 2,4jt ( Jakarta – Beijing ) PP, itu harga AirAsia ya, tiket Only, belum termasuk bagasi.

      Reply
      • vina

        thx ya replynya..
        masih rd gagal paham sama yg ini:
        Masuklah hingga sampai minimal ke halaman booking untuk mendapatkan session ( nomor antrian ) di website tersebut untuk menghindari waiting list akibat traffic yang overload.
        mksdnya no antrian apa ya? jadi kita hrs masuk 1/2 jam sblmnya sampe ke book tiket dengan tglnya sampe keluar total pembayran plus pajak dan bagasi apa gmn? tapi kalo uda sampe situ berarti ga dpt hrg promo donk?
        kalo pake skyscanner gimana? tiket promo free seat gitu kescan ga?
        pengen banget ke jepang ni.. kemarin liat skyscanner 4jt pp ke tokyo,murah apa normal ya itu?

        Reply
        • Frenky Post author

          “Masuklah hingga sampai minimal ke halaman booking untuk mendapatkan session ( nomor antrian ) di website tersebut untuk menghindari waiting list akibat traffic yang overload.” ini sih biasa kalau kasus nya AirAsia lagi open promo Free Seat, pasti suka dapat halaman “Waiting List”, jadi sebelum mulai open promo, lebih baik login dulu sebagai user di webpage nya AirAsia, terus buka halaman booking nya AirAsia ( https://booking.airasia.com/ ) biar terhindar dari halaman waiting list. Susah jelasin detail nya nih, kalau developer website pasti ngerti maksud nya :)

          Harga yang tertera di awal pencarian itu udah All-In ( base fare + surcharge + tax ), cuma ya tiket only kalau kasus AirAsia, kalau maskapai full airlines seperti ANA, Cathay sih udah include bagasi + meal.

          Gw belum pernah cek pake SkyScanner pas lagi ada promo gitu sih, tapi kalau yg real time bisa cek pake traveloka atau airpaz.

          4jt PP itu pake pesawat apa? kalau AirAsia tiket only sih mahal, kalau include bagasi cukup oke ya. Buat irit, lebih baik bagasi di pake sharing aja daripada 1 orang beli 1 bagasi, mahal soalnya harga bagasi ini.

          Reply
  12. Fiefie

    Haloo kak,, bolehh sharee info ga? Rencananya bulan April 2017 saya ada rencana mau ke Korea. Nah bingung juga nih,, mau cari tiket promonya…ada yang lagi free seats ga ya? Saya cek Air Asia , tapii destination ke Seoulnya kok ga ada :( :(… Mungkin kakak bisa bantu infoo tiket Promo utk tanggal 8-14 April. Thankyou ^^

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Fiefie,

      Kalau AirAsia tujuan Seoul sih engga bakal ketemu FreeSeat karena memang kaga ada promo FreeSeat nya dari AirAsia.

      Kamu start point nya dari mana ya? Kalau Jakarta pasti ada kok FlyThru ke Seoul. Harga promo Jakarta – Seoul PP sih sekitar 2.5jt an ya ( Tiket Only ).

      Sorry engga bisa bantu cek, coba cek langsung aja di web nya AirAsia ya :)

      Reply
  13. Al

    Halo kak,

    Mau nanyaaa. Kan pacar sy booking tiket Air asia, dari Kochi – KL – Jakarta terus memang kode bookingnya satu. Itu berarti fly thru ya? saya takut kl di KLnya ngurus bagasi ulang ini itu, transit cuma 3 jam. tolong balas ya kak, thank you

    Reply
    • Frenky Post author

      Yep benar, kalau 1 kode booking, bagasi nya langsung ambil saja di Jakarta nanti, di KL engga perlu urus ambil bagasi lagi.

      Reply
  14. arbi

    Kalo jalan jalan ke jepang sendiri tapi ga menguasai bahasa inggris dan jepang bagai mana tuh kak :v

    Reply
  15. aulia

    Mau nanya nih. Bisa kasi saran ga? Misalnya bookingnya hari ini , perginya tahun depan ke malaysia atau thailand. Pesawat yg murah apa ya :v sekalian harganya dong

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Aulia,

      Kalau destinasi Malaysia sama Thailand sih, paling murah dan nyaman maskapai AirAsia pasti nya ya. Tapi jangan beli sekarang juga, lagi engga buka promo FreeSeats AirAsia nya, harus nunggu dulu promo baru murah. Kalau lagi promo sih, ke Kuala Lumpur sekitar 500ribu PP, ke Bangkok sekitar 700ribu PP, dari Jakarta ya acuan nya.

      Reply
  16. nixon lay

    Saya mau tanya dong kl sy rencana mau pergi ke seoul bulan juli sekitar tgl 5 juli -10 juli pas waktu lebaran..ada tips and info gk utk dpt tiket murah…kebetulan sy tgl di sulawesi tenggara jd gk masalah start dari jkrt atau surabaya…tolong dibantu infonya dong…terus pembuatan visa utk korea gimana

    Reply
  17. Haris N

    Hallo ka, mau tanya nih. Kan skg airasia lg ada promo airporttax ya, cm daei kemaren saya cari kok harganya masih harga normal ya? Cgk-Hnd 2200k, tp saya lihat ada box promo code gitu sblm nentuin searchnya. Nah apa harus pake promo code itu buat dapetin harga murahbya? Kalo iya, cara nemuin promo codenya gimana ya? Hehe makasih ka

    Reply
  18. innas amalia

    hallo kak,infonya sangat membantu..
    saya mau tanya kak,apakah bisa pesen tiket pesawat cepu maupun air asia tanpa menggunakan kartu kredit,karena saya mau coba pesan tiket tujuan korea kalo bisa dalam waktu dekat. tapi status saya sekarang masih mahasiswi jadi ga mungkin ada kartu kredit walaupun maunya keberangkatan setelah wisuda sekitar tahun 2017an..mohon infonya,terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo Innas,

      Kalau Cebu mutlak harus kartu kredit. Kalau Air Asia bisa bayar menggunakan kurs IDR dan pembayaran dapat di selesaikan via KlikBca atau Indomaret, untuk pilihan pembayaran lain dapat di lihat di link ini http://www.airasia.com/id/id/book-with-us/payment-channels.page

      Syarat AirAsia dapat di bayar menggunakan Kurs IDR adalah harus beli rute keberangkatan nya di mulai dari Indonesia, sebagai contoh :
      1. Indonesia => Kuala Lumpur ( Bisa bayar menggunakan IDR )
      2. Indonesia => Korea ( Via Kuala Lumpur ) => Indonesia ( Bisa bayar menggunakan IDR )
      3. Korea ( Via Kuala Lumpur ) => Indonesia ( TIDAK BISA menggunakan IDR, jadi harus pakai kartu kredit )

      Reply
      • innas amalia

        kak maksud poin yang ke 3 diatas,artinya kalo mau pulang dari korea menuju indonesia harus pake kartu kredit.kalo kita sebelum pergi udah booking dari indonesia untuk pulang apakah masih sama penjelasannya yg diatas atau gimana?
        makasih kak,soalnya ga paham :)

        Reply
        • Frenky Post author

          Jadi kan kamu setiap beli tiket pada tiap transaksi pasti ada kode booking tuh.

          Kalau kamu beli nya tiket nya :
          1. Indonesia => Kuala Lumpur ( Bisa bayar menggunakan IDR )
          Total 1 kode Booking yang di dapat karena 1 kali transaksi

          2. Indonesia => Korea ( Via Kuala Lumpur ) => Indonesia ( Bisa bayar menggunakan IDR )
          Total 1 kode Booking yang di dapat karena 1 kali transaksi

          3.
          3.1 Indonesia => Korea ( Via Kuala Lumpur ) ( Bisa bayar menggunakan IDR )
          3.2 Korea ( Via Kuala Lumpur ) => Indonesia ( TIDAK BISA bayar menggunakan IDR, jadi harus pakai kartu kredit )
          Total 2 kode Booking yang di dapat karena 2 kali transaksi

          jadi menurut saya opsi Nomor 2 sangat cocok untuk kamu yang tidak punya kartu kredit, kekurangan nya hanya harus menggunakan bandara yang sama untuk pergi pulang dari Korea nya. Jadi kalau datang ke Bandara Incheon, pulang nya harus dari bandara Incheon juga.

          Reply
  19. tarita

    Hi frenky

    aku mau tanya tiket termurah bdg-perth atau jkt-perth untuk lebaran ini berapa yaa
    :cheer:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Tarita,

      Saya cek menggunakan http://www.skyscanner.co.id/

      Harga termurah nya sekitaran 8 – 10juta tergantung maskapai yang di gunakan. Kalau mau murah start point nya dari Denpasar skitar 6 juta an, tapi sayang lokasi Tarita di Jakarta / Bandung ya :(

      Reply
  20. Olivia Josephine

    Halo! Mgkn utk harga yg murah itu pas promo apa aja ya? Apa mgkn pake airasia big points? Jadinya dptmurah banget.. aeumur2 blm dpt yg murah banget. Smg thn ini bisa dpt.. hehe

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup tepat sekali, harga yang murah itu cuma berlaku pas promo aja dan tidak memerlukan big points pada case nya AirAsia, tapi kalau ada big points bisa lebih murah lagi :)

      Eh tapi sekarang berhubung dollar nya lagi di kisaran 12ribu jadi harga base fare nya juga langsung tinggi sih, jadi seperti nya harga-harga yang tercantum di blog saya udah tidak valid lagi :(

      Reply
  21. roshita

    hallo mas Frenky, thx utk info2 diatasnya.
    saya mau ke maroko bulan januari 2015, adakah info utk promo tiket pesawat yg murah: ) ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau di luar asia saya belum pernah coba hunting juga nih, tapi mungkin bisa di coba cek di skyscanner.com untuk cari promo tiket pesawat ke Maroko :)

      Reply
  22. Aya

    Mw nanya nih mas, kalau tiket promo itu pembayarannya pake kartu kredit aja yah bisanya. Kalau pake debit gitu bisa gak mas? :confused:

    Reply
    • Frenky Post author

      Untuk maskapai dan rute apa nih mba?

      Kalau misal nya AirAsia sebagai contoh bisa terima Debit ( BCA dan CIMB Niaga ) dengan aturan rute pergi nya di mulai dari Indonesia dengan tujuan kemana pun. Jika rute pergi nya dimulai dari luar Indonesia untuk menuju ke Indonesia hanya bisa kartu kredit :)

      Reply
  23. Icha khairunnisa

    Mas kalo rencana terbang dari denpasar dan palembang ke singapore/thailand untuk bulan januari 2015 enakan naik maskapai apa ya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo Mba,
      Kalau mau naik maskapai LCCT, naik AirAsia
      Kalau mau naik maskapai Full Services, naik Garuda Airlines

      Reply
  24. Erna Mustika

    hallo.. kak mw tanya nih emang apa aja sih persyaratauntuk beli tiket pesawat itu akah paspor harus dikasihkan ma agen tiketnya itu ya.. mksud ak apakah wktu beli tiket paspor diproses dlu bebrapa hari gtu.. mkasih b4 it :star:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai Erna, untuk beli tiket itu yang paling umum cukup cantumkan nama saja SESUAI dengan PASSPORT, jika nama nya hanya punya 1 suku kata, maka nama depan dan belakang nya di isi dengan nama yang sama.

      Selain itu cantumkan nomor handphone yang bisa di hubungi dan alamat email yang valid untuk pengiriman tiket nya. Untuk mencantumkan no passport hanya maskapai tertentu saja sih. Dan yang paling penting adalah tiket di bayar langsung ketika sudah di booking, atau ga booking nya hangus jika tidak di bayar ( umum nya ) maksimal hingga 2 jam :)

      Jadi kesimpulan nya ga ada tindakan peminjaman passport dsb, cukup isi data2 yang di perlukan di website nya langsung sesuai dgn identitas yg ada di passport lalu bayar.

      Reply
  25. arie yusman

    Hi fanky salam kenal, aku mau tanya promo airline paling murah untuk ke korea (2 dewasa 2 anak kecil di bawah 10 thn) kira kira brapa yah harganya dan di bulan apa thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Arie, kalau untuk sekarang seperti nya paling murah di kisaran 2.5 jt PP per orang ( belum termasuk bagasi ). Untuk bulan nya sih seperti nya asal bukan di libur tahun baru atau lebaran dan hunting nya di saat Air Asia big sale free seat bisa-bisa aja dapat harga segitu :)

      Reply
  26. febri

    mas Frenky bagus banget infonya ,aku blm pernah punya pengalaman dapat tiket promo ,kalo ke Amerika kira2 ada tiket promo nga ya kira2 bln apa …mksh ya

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau Amerika juga belum pernah hunting dan cari info nya mas secara budget nya belum ada :(

      Tapi kalau mau coba hunting tiket ke Amerika mungkin bisa coba maskapai Emirates, Etihad, Saudi Arabia, Turki Airlines, Qatar Airlines.

      Untuk musim nya mungkin musim panas termasuk low season ya ke Amerika :)

      Reply
    • Frenky Post author

      Hi, Nelly itu pakai AirAsia pake promo free seats ( base fare 0 rupiah ) di luar airport tax ya :)

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: