Cara, Tips dan Trik Membeli Tiket Pesawat Promo Murah Secara Online

Gue akui kalau diri gue adalah seorang yang hobi jalan-jalan ke luar negri maupun domestik secara murah, meriah dan mewah. Jika di pikir-pikir dari sekian perjalanan gue yang masih sedikit ini, biaya paling mahal itu biasa nya di bagian TRANSPORTASI apalagi yang judul nya menggunakan transportasi udara a.k.a PESAWAT :dead:

Tapi bukan berarti gara-gara tiket pesawat yang harga nya tiap tahun harga nya makin naik lantas mengurungkan niat gue untuk jalan-jalan, alasan nya karena sekarang ini lagi cukup banyak maskapai penerbangan LCC ( Low Cost Carrier ) yang gencar-gencar nya menawarkan tiket pesawat promo yang harga nya murah di bandingkan dengan harga premium full services yang di tawarkan oleh maskapai tetangga nya.

Contoh Maskapai Low Cost Carrier

Untuk alasan kenapa LCC bisa memberikan tiket pesawat promo yang murah-murah, bisa di google sendiri yaaaa…. tapi sepengamatan gue umum nya ( Tidak Semua ) maskapai LCC itu dalam hal makanan dan bagasi, TIDAK GRATIS diberikan!

Nah Sekarang gue mau memberikan cara, tips dan trik yang jitu tapi butuh usaha lebih untuk berburu dan membeli tiket pesawat promo yang harga nya pasti murah sehingga gue dan kalian semua yang baca postingan ini bisa jalan-jalan murah, meriah dan mewah!  Mungkin kita bisa barengan jalan-jalan ke depan nya :shy:

:info:       :info:

Selayak nya berburu pada umum nya yang membutuhkan senjata, tentu saja untuk berburu tiket pesawat promo murah ini juga memerlukan senjata. Berikut hal-hal umum yang harus di siapkan :

1. Komputer dan Internet

Ini wajib hukum nya karena tiket pesawat promo itu hanya dapat di beli langsung secara online di website maskapai masing-masing. Penggunaan HP tidak direkomendasikan dengan alasan tidak semua website maskapai maksimal penggunaan nya ketika di buka di HP kecuali jika maskpai tersebut telah menyediakan aplikasi HP yang dapat di install dengan baik di HP konsumen.

2. Internet Banking dan Kartu Kredit

Biasa nya tiket pesawat promo itu stok nya masih berlimpah ketika di awal-awal pembukaan yang biasa nya jam 00.00 ( Pergantian hari ) dan pembayaran tiket nya ketika sudah di booking ada yang harus langsung di bayar di akhir booking, ada juga yang di tunggu hingga batas waktu pembayaran nya  maksimal 2 jam sejak di booking.

Untuk penerbangan domestik umumnya pembayaran masih dapat dilakukan menggunakan ATM tapi masalah nya adalah apakah kita mau ke ATM pada dini hari, kalau gue sih ogah haha… Nah alternatif nya adalah membayar menggunakan Internet Banking. Kita hanya perlu memilih menu opsi maskapai penerbangan nya, masukkan token dan pembayaran pun sukses dilakukan tanpa beranjak dari kursi komputer kita :cheer:

Menu Pembayaran Tiket pada Internet Banking KlikBCA

Untuk penerbangan ke luar negri biasa nya pembayaran hanya menerima melalui kartu kredit. Ada beberapa maskapai yang memang bisa membayar menggunakan Rupiah dan menggunakan Internet Banking tapi kebanyakan pembayaran menggunakan kurs luar negri sehingga jalan satu-satu nya menggunakan kartu kredit, cari aman ajahhhh….. Oh ya kartu kredit ini juga bisa jadi alternatif untuk penerbangan domestik jika kalian tidak mempunyai Internet Banking loh :info:

Pembayaran menggunakan kartu Kredit pada AirAsia

3. Email

Setelah kalian sukses melakukan pembayaran, kita pasti mendapatkan kode booking flight yang di kirimkan melalui email. Jadi yang bagian ini wajib banget hukum nya, banyak jasa email gratis di internet yang paling banyak di pakai tentu nya GMAIL dan YAHOOMAIL :good:

Softcopy Tiket beserta Kode Booking yang di terima melalui Email

:info:       :info:

Nah setelah menyiapkan ‘Senjata’ untuk berburu tiket pesawat promo murah di atas, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu di lakukan SEBELUM TIKET PESAWAT PROMO DIJUAL ke umum secara online. Sekedar info aja, tips dan trik yang akan gue share adalah pengalaman pribadi gue sendiri dan sejauh ini sukses-sukses saja buat menemukan tiket pesawat promo yang murahhhhh…..  :crot:

1. Tentukan Destinasi Kota yang ingin di Tuju

Karena rute tujuan penerbangan itu sangat banyak sekali, nah ambil contoh saja gue yang berdomisi di Jakarta ingin menuju ke Makassar untuk penerbangan domestik sedangkan untuk penerbangan internasional nya ambil contoh ke Seoul ( Korea Selatan ) supaya bisa ketemu SNSD haha…

* * * * *

2. Cari Info Maskapai Penerbangan LCC yang menuju Kota tersebut

Setelah menentukan destinasi Makassar ( Domestik ) dan Seoul ( Internasional ), mari cari info maskapai LCC mana saja yang beroperasi di Indonesia. Buat kalian yang belum tau maskapai LCC apa saja yang beroperasi di Indonesia , jangan khawatir karena akan gue share di sini :cheer:

Note : Klik pada nama maskapai penerbangan untuk menuju website nya
* Citilink ( Domestik )
* AirAsia ( Domestik dan Internasional )
* TigerAir Mandala ( Domestik dan Internasional )
* Cebu Pacific ( Internasional )
* Jetstar Asia ( Internasional )

Untuk menuju Makassar dari Jakarta pilihan yang dapat di gunakan antara lain Citilink atau AirAsia, sedangkan menuju Seoul dari Jakarta tidak ada penerbangan langsung melainkan harus transit terlebih dahulu dan maskapai yang dapat di gunakan antara AirAsia ( transit di Kuala Lumpur ) atau Cebu Pacific ( transit di Manila ).

Daftar maskapai penerbangan LCC lain nya di seluruh dunia, dapat di lihat di list Wikipedia ini.

* * * * *

3. Pelajari cara Booking Tiket di Website Maskapai Penerbangan tersebut

Sekarang coba di buka website maskapai penerbangan yang di pilih tadi. Lalu coba buat sebuah dummy kode booking dengan tujuan hanya untuk sekedar mempelajari cara booking di website tersebut. Umum nya yang perlu di pelajari adalah seperti pemilihan tanggal dan destinasi nya, cara melihat total harga tiket tersebut, apakah total harga tersebut sudah termasuk airport tax, apakah memerlukan account login untuk memesan tiket dan metode pembayaran yang di terima.

Sebagai contoh, gue coba bahas tentang website AirAsia terlebih dulu. Untuk menuju Seoul dari Jakarta menggunakan AirAsia di pastikan harus transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur ( Base nya AirAsia ). Keunggulan AirAsia adalah terdapat nya penerbangan FLY-THRU sehingga walaupun penerbangan kita di lakukan 2 kali dengan rute Jakarta – Kuala Lumpur – Incheon ( Seoul ), tetap hanya menggunakan 1 ( SATU ) KODE BOOKING. Keunggulan lain nya penerbangan FLY-THRU dapat di lihat pada link berikut -> LINK FLY-THRU.

AirAsia harga BELUM ALL-IN masih ada plus-plus nya

AirAsia harga SUDAH ALL-IN, bisa di hilangkan bagian bagasi

Pada kedua gambar di atas, dapat di analisa data-data sebagai berikut :

  • Untuk pemilihan destinasi dapat langsung di masukkan keberangkatan dari Jakarta dan tujuan menuju Seoul

  • Total harga pada gambar PERTAMA itu belum lah bersih karena biasa nya masih ada biaya lain-lain nya, ketika kita melanjutkan ke halaman berikut nya maka muncul halaman pada gambar KEDUA.

  • Untuk total harga pada gambar KEDUA itu sudah termasuk biaya lain-lain tapi belum termasuk Airport Tax di Jakarta 150.000 ribu ( per September 2013 ) yang dapat di bayarkan langsung di Bandara ketika Check-In sedangkan untuk Airport Tax di Kuala Lumpur tidak ada karena sudah termasuk pada harga tiket.

* * *

Contoh berikut nya, gue coba bahas Cebu Pacific. Sama dengan AirAsia, untuk menuju Seoul dari Jakarta menggunakan Cebu Pacific ini di pastikan harus transit dulu di Manila ( Base nya Cebu Pacific ). Hanya saja Cebu Pacific ini tidak terdapat fasilitas FLY-THRU sehingga mau tidak mau gue harus membeli dulu Jakarta – Manila ( 1 KODE BOOKING ), Manila – Incheon ( 1 KODE BOOKING ) sehingga apabila membeli bagasi juga di haruskan membayar 2 kali bagasi dengan 2 KODE BOOKING berbeda :crying:

Jakarta – Manila – Jakarta Harga BELUM ALL-IN, masih ada plus-plus nya

Jakarta – Manila – Jakarta harga SUDAH ALL-IN

Manila – Incheon ( Seoul ) harga SUDAH ALL-IN

Pada ketiga gambar di atas, dapat di analisa data-data sebagai berikut :

  • Untuk pemilihan destinasi harus membeli satu persatu, dalam contoh di atas di haruskan membeli Jakarta ke Manila dulu, baru di lanjutkan  membeli Manila ke Incheon sehingga mendapatkan 2 KODE BOOKING berbeda.

  • Total harga pada gambar PERTAMA itu belum lah bersih karena biasa nya masih ada biaya lain-lain nya, ketika kita melanjutkan ke halaman berikut nya maka muncul halaman pada gambar KEDUA.

  • Untuk total harga pada gambar KEDUA itu sudah termasuk biaya lain-lain tapi belum termasuk Airport Tax di Jakarta 150.000 ribu ( per September 2013 ) yang dapat di bayarkan langsung di Bandara ketika Check-In.

  • Untuk total harga pada gambar KETIGA itu sudah termasuk biaya lain-lain tapi belum termasuk Airport Tax di Manila 550 PHP *Peso* ( per September 2013 ) yang dapat di bayarkan langsung di Bandara ketika Check-In.

:info:

Pelajaran yang bisa di ambil adalah biasa nya maskapai penerbangan LCC itu memberikan promo besar-besaran berjudul “Free Seats”, “0 Peso All Destination” dan semacam nya itu hanya lah BASE FARE nya saja, masih belum termasuk Fuel Surcharge, Tax, Web Admin Fee, dan lain-lain nya. Maka nya jangan berharap dapat harga tiket nol ( 0 ) ya :ngakak:

* * * * *

4. Menentukan target Tanggal Berangkat dan Pulang

Ini termasuk poin penting dalam menentukan tersedia nya tiket pesawat promo atau tidak pada tanggal yang di pilih. Untuk maskapai penerbangan yang mempunyai penerbangan cukup banyak di Indonesia seperti AirAsia, TigerAir Mandala, Citilink di jamin TIDAK ADA tuh tiket pesawat promo pada tanggal-tanggal merah, hari kejepit ( Kalender Indonesia ) apalagi libur panjang seperti Lebaran, Natal & Tahun Baru.

Tapi ada pengecualian untuk libur Lebaran, karena sifat nya ini adalah libur Agama, maka nya maskapai penerbangan seperti Cebu Pacific yang basis nya di Filipina tidak menerapkan Blackout pada libur lebaran, jadi tiket pesawat promo pada lebaran pasti banyak bertebaran tuh, coba saja sendiri :cheer:

Selain itu biasa nya tiket promo di jual pada hari Senin – Kamis, tapi jangan lupa mengikuti ketentuan di atas ya. Lalu biasa nya tiket yang di beli semakin lama tanggal keberangkatan nya semakin murah harga nya. Sekarang sudah banyak orang membeli tiket pesawat 1 tahun sebelum keberangkatan termasuk gue haha.. Beli tiket pesawat dulu, nabung, terus foya-foya dah pas sampai di kota tujuan.

* * * * *

5. Menggunakan Dua atau Lebih Maskapai Penerbangan LCC berbeda

Sekarang juga sudah biasa traveller menggunakan maskapai penerbangan LCC dengan promo berbeda pulang untuk jalur berangkat dan pulang nya.

Sebagai contoh gue untuk menuju Incheon ( Seoul ) menggunakan rute Jakarta – Manila – Incheon ( Seoul ) dengan maskapai Cebu Pacific. Lalu untuk pulang nya menggunakan rute Busan – Kuala Lumpur menggunakan AirAsia dan Kuala Lumpur – Jakarta menggunakan AirAsia kembali atau alternatif TigerAir Mandala.

Tinggal pintar-pintar nya kita menentukan promo yang paling murah saja dan untuk maskapai berbeda ini pastikan jeda waktu ketika transit jangan terlalu dekat, dikhawatirkan tidak sempat untuk Check-In nanti nya.

* * * * *

6. Mencari info promo dimana-mana

Maskapai LCC itu tidak setiap hari nya memberikan promo gila-gilaan. Arti nya kita hanya berburu tiket promo tersebut di rentang tanggal dan waktu yang diberikan oleh maskapai penerbangan LCC.

Gue ambil contoh misal kan gue mau ke Korea pada bulan Oktober tahun 2014, berangkat menggunakan Cebu Pacific dan pulang menggunakan AirAsia.

Maka untuk mengetahui kapan promo tersebut mulai dijual, hal-hal yang perlu gue lakukan adalah :

1. Berlangganan Newsletter via Email, Like Facebook Fanpage dan Follow Twitter

Pemberitahuan Promo via Email ( Subscribe Newsletter )

2. Mencari info apakah promo maskapai penerbangan nya berupa promo dadakan atau diberitahukan jauh-jauh hari sebelum nya

Sebelum promo mulai dijual ke umum, maskapai penerbangan LCC pasti memberi kabar terlebih dulu di website, facebook, twitter dan media sosial lain nya minimal 1 hari sebelum nya seperti AirAsia tetapi ada juga yang cuma 30 menit – 1 jam sebelum penjualan promo di mulai. Nah yang biasa nya memberitahu 30 menit – 1 jam sebelum penjualan itu biasa nya Cebu Pacific dengan promo nol – satu PESO nya.

3. Buka Facebook Fanpage nya dan lihat rentang waktu promo di jual

Pada facebook fanpage Cebu Pacific dan AirAsia tersedia info-info promo yang sudah terjual di tahun sebelum nya hingga sekarang. Dari timeline tersebut dapat di perkirakan kapan promo untuk Okt 2014 mulai di jual di tahun 2013.

Biasa nya AirAsia menawarkan promo semester 1 ( Jan – Juni ) tahun berikut nya di rentang Agustus – September dan semester 2 ( Juli – Des ) tahun berikut nya di rentang Okt – Nov. Untuk Cebu Pacific penjualan semester 1 tahun berikut nya di rentang Maret – Mei, semester 2 tahun berikut nya di rentang Agustus – September. Usahakan untuk membeli tiket di promo pembukaan pertama kali karena stok nya masih sangat melimpah :star:

4. Pantau Website Maskapai, Forum Traveller, Grup Facebook Traveller setiap hari

Setiap hari disini maksud nya adalah antara rentang Agus-Sept 2013 karena gue ingin membeli tiket keberangkatan Cebu Pacific untuk bulan Oktober 2014. Sedangkan untuk kepulangan nya menggunakan AirAsia antara Okt-Nov 2013. Terkadang via email untuk kasus Cebu pacific terlalu lama delay penerimaan nya, sehingga paling aman memang langsung mengecek website nya atau jika males bisa mengikuti forum traveller di Kaskus atau Grup facebook khusus traveller.

Banner Promo Cebu Pacific

Promo Cebu Pacific di info kan di Facebook

Promo Cebu Pacific di infokan di Kaskus

Inti nya dari ketiga gambar di atas, banyak orang di dunia online yang juga mengincar promo yang sama dan tidak pelit berbagi info tersebut ke dunia online. Tinggal rajin-rajin nya saja kita mengecek biar tidak ketinggalan beli untuk promo pembukaan tersebut.

* * * * *

Berikut nya gue mau berbagi tips dan trik ketika promo sudah jelas waktu dan tanggal nya, hal-hal berikut perlu di persiapkan MENJELANG PROMO DI JUAL :

1. Stand by di website maskapai tersebut antara 30 menit – 1 jam sebelum promo dibuka

Masuklah hingga sampai minimal ke halaman booking untuk mendapatkan session ( nomor antrian ) di website tersebut untuk menghindari waiting list akibat traffic yang overload.

* * *

2. Gunakan browser berbeda seperti Firefox dan Chrome untuk memudahkan reload halaman ketika terkena Waiting List atau Website Crash

* * *

3. Tembak langsung link maskapai tersebut ke halaman booking nya

Ambil contoh saja maskapai AirAsia yang mempunyai halaman booking di sini dan Citilink di sini. Maskapai lain coba cari tahu sendiri ya. Biasa nya dengan cara ini gue tidak pernah mendapat Waiting List ketika memilih-milih tanggal.

* * *

4. Biasa nya tiket promo itu di jual terbatas dalam 1 kali pemesanan, jadi harus di beli bertahap

Promo Cebu Pacific terbatas hingga 2 orang dalam 1x pembelian

Pada gambar di atas itu adalah hal umum terjadi ketika kita ingin membeli 5 tiket sekaligus dalam 1 kode booking. Sayang nya biasa maskapai penerbangan LCC membatasi jumlah pembelian, dalam contoh di atas ketika membeli 3 tiket ternyata langsung tertulis “Sold Out”, artinya batas pembelian maksimal cuma 2 tiket dalam 1 kode booking.

Untuk titipan sisa nya, berharap saja ketika sudah membeli 2 tiket tersebut, masih ada tiket promo yang tersisa agar dapat di beli untuk teman selanjut nya :evilsmirk:

 * * *

Semoga info yang panjang di atas berguna buat sobat-sobat sekalian dan silahkan mempraktekan nya.

Berikut lampiran harga termurah ke luar negri yang pernah gue temui :

Note : Harga per April 2014 ( Tidak termasuk Bagasi dan Meal )

Jakarta - Manila - Seoul - Busan - Kuala Lumpur - Jakarta = Rp 2.500.000 ( Cebu Pacific - AirAsia )
Jakarta - Manila - Osaka - Tokyo - Kuala Lumpur - Jakarta = Rp 2.800.000 ( Cebu Pacific - AirAsia )
Jakarta - Manila - Hongkong -  Shenzen - Kuala Lumpur - Jakarta = Rp 1.700.000 ( Cebu Pacific - AirAsia )
Jakarta - Manila - Taipei - Manila - Jakarta = Rp 1.500.000 ( Cebu Pacific )
Jakarta - Kuala Lumpur - Jakarta = Rp 360.000 ( AirAsia )
Jakarta - Bangkok - Jakarta = Rp 700.000 ( Lion Air )

Sharing harga dari Sis Melissa, thanks ;)

Jakarta - Singapura - Jakarta = Rp 300.000
Jakarta - Bali - Jakarta = Rp 225.000
Jakarta - Surabaya - Jakarta = Rp 90.000
Jakarta - Jogja - Jakarta = Rp 90.000
Jakarta - Phuket = Rp 160.000

Kalau ada yang pernah ketemu lebih murah yuk di share biar ada gambaran buat pemburu tiket murah haha..

Apabila ada pertanyaan bisa di tanyakan langsung melalui komen di bawah yaaaa :bye:

 

 

207 thoughts on “Cara, Tips dan Trik Membeli Tiket Pesawat Promo Murah Secara Online

  1. Shirley

    Halo.. saya shirley.. mau tanya seputar tiket cebu..
    Contoh jika mau ke korea pp.
    Saya cek jkt-manila pp fuel surchargenya saja 118 usd
    Lalu manila-incheon pp fuel surchargenya saja 6452 php.. secara total kl dirupiahkan kl mau ke korea pp keluar biaya 3,2 jutaa untuk fuel surchargenya saja.
    Jadi meskipun dpt promo yg 0 atau 1 peso tetep yg 3,2 juta itu hrs keluar.. betul gitu ya?
    Pls advice, sy mau coba cebu, biasanya selalu airasia.
    Sy pernah dpt airasia sby-incheon pp 2,9 juta..
    Thx yaaa.. :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Shirley,

      Seperti nya harga fuel surcharge untuk Cebu maupun AirAsia sudah berbeda di bandingkan tahun 2013 dulu, khusus nya buat Cebu naik nya lumayan tajam :kaget:

      Yup memang benar walau harga base fare nya 0 peso tapi tetap harus membayar tax dan fuel surcharge nya yang ujung-ujung nya harga nya jadi sekitar 2.5 – 3 jt an ( PP ).

      FYI dulu saya beli tiket kepergian untuk ke Seoul dari Jakarta ( One Way ) untuk Oktober 2014 di bulan Agustus 2013 hanya kena harga 1 juta rupiah include bagasi ( dolar 9600 ).

      Tetapi untuk harga sekarang saya cek AirAsia maupun Cebu berada di kisaran 2.7 – 3jt an ( PP ) karena harga fuel surcharge nya naik dan faktor dolar 12 ribu juga berpengaruh banyak.

      Kalau menurut saya jika Shirley tidak ada tujuan mau sekedar melihat Manila, lebih baik memilih maskapai AirAsia karena waktu transit nya di Manila tujuan Seoul / Busan itu lama banget.

      Saya sendiri beli tiket ke Seoul memakai Cebu karena dari awal mau lihat kota Manila terus saran saya beli nya nanti saja tunggu harga dolar nya kembali di kisaran 10 – 11 ribu ( berharap saja ) :ngakak:

      Reply
      • shirley

        wahh.. berarti kalau untuk cebu ga ada harapan ya.. T.T
        saya origin surabaya, kalau cebu harus nambah lagi tiker sby-jkt pp..
        Jadi cuma sama airasia aja ini harapannya..

        kalau cebu saya cuma berharap pas ada promo free fuel surcharge
        itu kalau cebu promo free fuel surcharge setaun sekali ada ga ya?
        yang tahun ini sudah ada kah? :D

        Thx infonya..

        Reply
        • Frenky Post author

          Wah kalau domisili di Surabaya, sudah paling tepat pilihan nya AirAsia deh sis :)

          Sepengetahuan saya sih Cebu ga pernah ada promo Free Fuel Surcharge, apalagi sekarang harga minyak lagi naik begini, jadi nya ga mungkin ga ada deh.

          Tapi kalau Free Other Taxes, dulu di tahun 2013 saya beli tiket bebas kena charge itu loh, maka nya harga jadi murah, tapi di tahun 2014 ini saya cek-cek selalu kena charge Other Taxed, jadi harga nya jadi tinggi deh :suram:

          Reply
    • Olivia Josephine

      Hi shirley! Ak seneng liat2 artikel backpack tp mau nyari temen aja. Siapa tau tertarik backpack bareng :-) mgkn bisa hunting tiket dan ngurus itinerary bareng. Email oliviaw36@gmail.com.

      Reply
      • Frenky Post author

        Kalau mau pergi backpack bareng keluar negri ( Asia ) ajak2 saya juga dong haha..

        Siapa tau ntar bisa narsis-an bareng haha,,

        Reply
  2. SUGAMAMIRZA

    misi gans..
    mohon pencerahammya,
    kok ane belom pernah nemu promo cebuair yang pajak dan embel2 nya bisa 0 kayak gitu yaa…
    itu biasanya promo yang apa ??
    mohon petunjuknya dongg..
    Makasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo gans,

      Kalau promo Cebu Air yang pajak dan embel2 nya semua harga nya 0, ane juga belum pernah nemu nih gan dan seperti nya memang tidak ada harga seperti itu :sigh:

      Tapi kalau promo harga dasar ( basic fare nya ) 0 peso, ane sering ketemuu gan klo memang lagi ada promo 0 peso.

      Ngomong-ngomong sekarang Cebu ( https://www.cebupacificair.com/Pages/default.aspx ) sedang ada promo 1 peso tuh untuk keberangkatan dari FIlipina periode 1 Jan – 31 Mar 2015.

      Ane tes rute Manila – Incheon tanggal 10 Feb 2015 dapat harga 2.746 Peso ( All In ), harga base fare nya cuma 1 peso, silahkan di cek :)

      Reply
      • SUGAMAMIRZA

        Ohh.. lha ane liat di capturan web nya yg agan posting tu ada yg embel2 nya 0..
        cebu promo tiap hari emang murah, tapi taxes and fees nya kagak masuk akal.. :crying: :suram:
        so, menurut ane tetp murah AA gan :beg:

        Reply
        • Frenky Post author

          Iya taxes ama fees nya mahal banget emang cebu untuk sekarang.

          Tapi dulu waktu di tahun 2012 – 2013, Cebu Air jauh lebih murah dari AirAsia loh, saya dapat tiket Jakarta – Manila – Incheon include bagasi ( 1 juta rupiah ), dulu tax sama fee nya ga semahal tahun 2014 ini :wait:

          Reply
  3. Ikrom

    Mas Frenky yang baik hati tanya donk
    Saya mau plan ke Fiipin nih, kira2 Cebu sama Air Asia biasae promo bulan apa ya? Maklum newbie nih :calm: :calm:
    Matur Nuwun :good:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo Mas Ikrom,

      Kalau promo sih bisa di bilang AirAsia sama Cebu selalu promo setiap saat.

      Tapi kalau untuk promo pembukaan yang pertama kali nya, misal nya Mas Ikrom mau pergi di antara bulan Jan – Mei 2015 ( Semester 1 di tahun 2015 ) maka siap-siap aja antara bulan Maret – Mei 2014 karena biasa nya kedua maskapai itu buka promo pertama kali nya berbarengan.

      Sedangkan untuk Juni – Des 2015 ( Semester 2 ), biasa nya di buka di antara bulan Sept – Nov 2014.

      Kalau mau ke Filipin saya sarankan memakai Cebu saja keberangkatan dari Jakarta atau Denpasar, karena penerbangan nya direct :)

      Reply
  4. iraagashii

    Mas nanya donk :cheer:
    Biasanya kalo kita kena biaya bagasi gitu harus bayar kisaran berapa? Terus kalo gak mau kena biaya bagasi, maksimal berat barang bawaan kita berapa KG?
    Thanksbefore :senang:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo mas,

      Kalau masalah biaya bagasi itu tergantung jarak rute yang di tempuh dan kebijakan masing-masing maskapai, misal nya untuk Air Asia bagasi harga 20 kg untuk rute seoul – kuala lumpur sama kuala lumpur – jakarta itu berbeda, pengalaman saya sendiri rute seoul – kuala lumpur di kisaran harga 300 ribuan, sedangkan kuala lumpur – jakarta di kisaran harga 150 ribuan.

      Untuk maksimal barang bawaan yang saya tau untuk AirAsia maksimal 7 kg dan Tiger Mandala 10 kg, perlu di ukur juga ukuran bawaan nya, untuk detil ukuran nya silahkan googling sendiri ya mas ;)

      Saran saya kalau memang di rasa bawaan nya berlebih dari yang di syaratkan, lebih baik beli bagasi nya secara online di bandingkan harus membeli langsung ketika check-in akibat berat / ukuran nya berlebih karena harga nya sangat jauh-jauh berbeda antara beli online dan on the spot :info:

      Reply
  5. melissa

    hai frenky salam kenal yah.. ini blog nya bagus banget loh, jelas light dan fun pembawaan nya :good:

    btw thanks ya saya baru tau cebu dari blog ini :peace:
    lalu sekarang – 2 mei cebu nya lg sale 1 peso itu.. tp slow banget web nya..

    trus saya mau share harga termurah 3 tahun terakhir sebagai sesama hunter :star:
    JKT – SINGAPORE – JKT = RP 300.000
    JKT – BALI – JKT = RP 225.000
    JKT – SURABAYA – JKT = RP 90.000 (BAGASI ONLY)
    JKT – JOGJA – JKT = RP 90.000
    JKT – KUALA LUMPUR = RP 110.000
    KL – SG = RP 170.000
    JKT – PHUKET = RP 160.000
    PHUKET – BANGKOK = RP 225.000
    BANGKOK – JKT = RP 350.000

    :wow:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi sis, thank you banget loh pujian nya :shy:

      Iya nih sekarang si maskapai Cebu sedang promo 1 peso memperingati hari buruh dunia, biasa hunting-hunting di website itu jam 12 malam – 2 pagi masih lancar jaya ;)

      Kalau ada rencana jalan-jalan mau keluar negri, boleh tuh ajak-ajak gue, siapa tau bisa hunting bareng juga tiket nya hahaha

      Thanks sis buat sharing harga nya, gue masukkin list nya ke blog gue ya :D

      Reply
      • melissa

        Muahaha okee :good:

        Kemarin ini sempet cari2 untuk jepang, lumayan juga sekitar 3,2 juta PP tapi gak jadi beli :suram: kayaknya lebih sreg menanti airasia yg free ticket hohoho

        Boleh2 ajak2 backpackeran hihi pengen ke Hanoi :cheer:
        Nih gw follow twitter yaa hehe

        Wah thankss ya sampe dishare juga hohoho :shy:

        Reply
  6. riza

    Hallo mas, mo tanya cara dapetin “Promotion Code” nya Cebu Pacific gmn ya? setiap kali mo booking via web nya saya blm pernah dpt tuh harga promonya. Thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo,

      Untuk pembelian tiket promo Cebu Pacific tidak perlu menggunakan Promotion Code, langsung di cek saja tanggal nya satu persatu dan yang perlu di perhatikan adalah mencari nya hanya saat terdapat banner promo di website nya ;)

      Reply
  7. Cindy

    Sy mau beli tiket Cebu pake kartu kredit, sdh coba brulang kali tp gak brhasil, pdhal sdh smpai tahap pmbayaran dan gak ada masalah sama sekali dgn kartu kreditnya…
    plissss… tolong… sy bingung gak tau apa sebabnya…

    Sdh coba bli utk 2 org dulu rute Jkt Manila Kinabalu, tetep gak brhasil… :dead:
    tolong mas…

    Reply
  8. kimryuu

    Permisi mas mw nnya mw brgkt ke korea bulan juni nanti nah ada promo tikwt air asia gitu di webnya tapi kok pas dicek cek gk bisa gitu yaa :(dan hrus ada intrnet bangking yaa gk bsa lwt atm gitu mw bookinh tiketny?

    Reply
    • Frenky Post author

      Ga bisa gitu gimana sis? kurang jelas info nya :(

      Kalau mau beli tiket ke luar negri, pembayaran nya harus memakai kartu kredit sis :info:

      Reply
  9. yepi wisudasari sasmika

    Rencana aq mau pergi dri medan – bangkok.. berangkat rencana tgl 17 sore sampai tgl 21.. gimana cara cari tiket murah trus dpt free bagasi yaa mas ?? Saran dong

    Reply
    • Frenky Post author

      Itu pergi nya di bulan April kah? Ragu saya kalau bro / sis bisa dapat tiket promo berhubung itu kan lagi long weekend day.

      Saya juga ga tau gimana cara dapat free bagasi ya, kalau ga mau beli bagasi ya bawa hand carry aja seukuran kabin dan berat nya tidak lebih dari yang di syaratkan oleh masing-masing maskapai ;)

      Reply
    • Frenky Post author

      Duh saya galau juga reply nya mba, soalnya untuk sekarang baik Cebu maupun Air Asia lagi tidak melakukan promo :(

      Reply
  10. mesz

    aduh mau pesan AA tapi harga bagasinya lebih mahal dr tiket. :crying: ada solusi? mas? kesannya jd gak murah jg

    Reply
    • Frenky Post author

      Yang masalah ini solusi nya ya berarti ga usah beli bagasi tapi pastikan bawaan tidak lebih dari 7 kg haha ;)

      Reply
  11. Wulan

    halo, salam kenal ya,, aku bingung bingittttt… gini lho, aku kan pengen kekorea pake AA LCC nah, pertama aku mau tiket booking langsung korea gtu lho dr jakarta-Seoul dan sebaliknya tapi aku coba2 biaya tiket PP jkt-seoul&seoul-jkt kq mahal jd 4juta sih, kan promo’y 500ribu atau 1 juta doank, susah nih dapatnya?? gimana solusinya
    ada lagi, penerbangan intrnasional bayar tiket via internet banking ya? klo gak punya gimana? bisa gigit jari mass.. -__- makasih ya n jawab ya ^^

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo Wulan,

      Belum lama ini saya hunting tiket Jakarta – Seoul di promo Air Asia yang Free Seat dapat sekitar 2.6jt an Pulang Pergi tanpa Bagasi. Solusi nya cari tanggal di low season sama hunting nya kalau ada promo saja ;)

      Bayar nya pakai Kartu Kredit mba, jadi masukkin Nomor Kartu Kredit terus PIN nya lalu data-data lain nya untuk verifikasi kebenaran data nya. Kalau Internet Banking seperti KlikBCA untuk Maskapai Air Asia hanya untuk penerbangan domestik dan penerbangan Internasional yang start awal nya dari Negara Indonesia, contoh Jakarta – Seoul, kalau beli nya Seoul – Jakarta saja harus pakai Kartu Kredit.

      Reply
  12. nuryatiningsih

    salam kenal..
    mas mw tanya.. cara beli tiket.. jakarta-malysia-kolkatta? (pergi)
    kolkatta-malaysia-jakarta(pulang)
    jangka 1 bulan.. sy masih bingung.. rencananya oktober bisa berangkat.. dan sekarang masih berburu tiket promo :confused:
    :confused: :noooo:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo mba,

      Bingung di mana nya nih? Saya jadi bingung juga jawab nya haha…

      Kalau mau ke Kolkatta menggunakan AirAsia beli tiket nya harus 2 kode booking tuh, rute nya begini :
      Jakarta – Kuala Lumpur ( 1 kode Booking )
      Kuala Lumpur – Kolkatta ( 1 kode Booking )

      Tapi sayang untuk sekarang AirAsia ga ada promo ke sana :(

      Reply
    • Frenky Post author

      Kalau dari Makassar ke Singapur paling murah ( mungkin ) rute nya begini :

      Makassar – Kuala Lumpur – Singapura
      Makassar – Jakarta – Singapura

      Sepertinya tidak ada maskapai yang punya rute direct ( tanpa transit ) Makassar – Singapura

      Reply
  13. kun akbar

    gan, bisa tolong liatin g di AA ada promo free tiket ato tiket murah. dari jakarta ke jogja (PP).
    keberangkatan tahun 2014, bulannya antara sept s/d des 2014.
    anu buka langsung di situs AA pusing nyarinya @_@
    bisa tolong bantu ngga.
    trims sebelumnya

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo mas, untuk sekarang ketika komen ini di buat, AirAsia sedang tidak buka promo antara sept – des 2014, cuma buka tiket murah sampai 31 Juli 2014.

      Reply
  14. rizky

    mas, salamkenal namaku rizky mau bertanya maksud promo airasia itu gmn seh? saya ndak ngerti sama jadwal beli dan jawal terbang, semua all in 130rb, jadwal belinya februari sampai maret tgl 2 jawal terbang oktober 2014 sampe 2015 pas qw check in cari penerbangan bulan oktober kugh harganya ga sesuai, sya ndak paham masalah inik, tolong pencerahannya gan, trims

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo mas, maksud nya promo AirAsia itu harga yang tercantum All In hanya mencakup untuk Base Fare, Fuel Surcharge dan Pajak Bandara ( jika langsung termasuk dalam tiket ), harga tidak termasuk Bagasi dan Meal.

      Untuk tanggal promo itu ga setiap hari ada mas, hanya tersedia di tanggalan tertentu aja yang biasa nya sih bukan hari kejepit karena tanggal merah atau low season tepat nya.

      Kemarin saya pengalaman baru beli tiket Kuala Lumpur – Jakarta ( 28 Okt 2014 ) seharga Rp 261.000, harga nya memang benar apa ada nya jika tanggal yang di pilih sesuai.

      Reply
  15. Nhelya

    Wahhh..artikel yg berguna bget,tapi mas mau nanya,aku masih bgung ni,air asia ada buka promo u feb ini dgan batas waktu pembelian 4 maret,berangkat dri maret-mei 2014,aku gak tau gmna cara.a untuk pembeliann,cntoh aku dri medan-thailand,di prmo 130rb(blum pjk+sama lain*)
    Tp kalo reg bisa 2jt ke ats :{..
    Aku rencana ada 2 tjuan ke india dan thailand tpi brgkat mei ini,mas tau gak tiket* promo,mhon bntuan mas,aku udah setiap hri lototin website.a dan cri tau yg lain gak dapet,dapet nya di atas 2jt,email saya ,nelya.naa.Lya@gmail.com,Mªkªsiiii°” mass..

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo sis, sorry for late reply.

      Kesulitan nya dimana nya mba? apakah bingung cara beli langsung di website nya atau bingung karena promo nya ga nemu2 di website AirAsia nya?

      Reply
  16. gunadi

    Salam kenal Mas.. kalau tahun ini maskapai penerbangan mana yang ada promo ke Hongkong ? ngeceknya kemana ?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo mas gunadi,
      Untuk ke hongkong dari Jakarta yang saya tahu ada :
      1. AirAsia – Jakarta -> Kuala Lumpur -> Hongkong
      2. Cebu Pacific Air – Jakarta -> Manila -> Hongkong
      3. Tiger Air -> Jakarta -> Singapura -> Hongkong

      Reply
    • Frenky Post author

      Hello bro/sis, iya nih udah pasti berangkat karena sudah beli tiket nya.

      Berangkat nya : Jakarta – Manila – Incheon ( Maskapai Cebu Pacific Air )
      Pulang nya : Busan – Kuala Lumpur – Jakarta ( Maskapai Air Asia )

      Reply
      • Xane

        yang Oktober itu kena berapa kak/mas? Mau berangkat juga tapi masih bingung musim. haha.

        Yang Cebu kok mahal-mahal kalau dicek.

        Reply
        • Frenky Post author

          2.5jt PP termasuk bagasi, kalau Pergi nya aja pake cebu 1 juta, tapi waktu itu beli kurs dolar AS nya masih 9600.

          Kalau mau beli Cebu nunggu promo 0 peso atau 1 peso, kalau ga promo, mahal memang :(

          Reply
          • Xane

            2,5juta? Net? Udah fuel juga? Kok murah mas~~~~

            Ohh ya jauh sekarang udah 12.500. aku sejauh ini dapetnya 3,5 itu masih hitungan mahal ya?
            Book di Cebu agak lama loadingnya. Tapi kalau di Air Asia harganya sedetik aja bisa berubah.
            Visa Koreanya itu deposit minimal berapa ya?

            Reply
            • Frenky Post author

              2.5jt Nett ( All In ), nanti tinggal bayar pajak bandara aja di bandara untuk yang belum include ke tiket.

              Kalau lihat kurs sekarang sih, harga 3.5 jt worthed deh kalau All In.

              Visa korea untuk deposit nya asumsikan aja per-hari stay di sana di kali Rp 500.000 :)

              Reply
  17. icha

    hai mas frenky..rencana mau liburan ke HK sm anak2 nih..bole minta saran gak biar dpt tiket promo??mengingat yg mas frenky tulis kalo tiket promo biasa dibatasi pembelian utk 2seat aja…

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai mba icha, kalau kasus nya begitu di beli nya bertahap saja.

      Jadi tentukan tanggalan nya dulu terus di beli semaksimal mungkin yang bisa di beli ketika promo tiket ini dibuka, misal nya ketika pilih beli 3 tiket masih ada, begitu pilih 4 langsung tidak tersedia, berarti di beli dulu aja 3 tiket. Ketika udah melakukan pembayaran, di coba lagi aja beli di tanggal yang sama untuk tanggal tersebut, siapa tau masih tersedia promo nya.

      Kalau tidak ada, berarti hanya bisa pasrah menunggu promo berikut nya ( tapi belum jaminan tersedia ya ), jadi dikira-kira saja harga nya worthed atau tidak kalau memang tidak dapat promo lagi untuk pembelian tiket berikut nya :)

      Reply
    • Frenky Post author

      Hi dini,

      Untuk ke Korea Selatan dari Jakarta, sejauh ini yang gue tau yang sering promo dan murah, cuma 2 maskapai LCC berikut.
      1. Cebu Pacific -> Jakarta – Manila – Incheon atau Busan
      2. Air Asia -> Jakarta – Kuala Lumpur – Incheon atau Busan

      Reply
  18. ratna

    kak frengky.. seneng deh bisa baca postingan kakak.. ka aq mau tanya nie, aq bulan maret ingin jlan2 ke malaysia, pengenya cari tiket yg promo gt.. kira2 maskapai apa yah kak untuk promonya.,. krn rencana sya disana hanya 1 minggu saja… :bye: sya tggu saranya kak.. trims

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau bulan Maret mau ke Malaysia, sangat gue rekomendasikan naik AirAsia berhubung base maskapai tersebut di sana.

      Jika anda jeli dan beruntung memilih tanggal dan mendapatkan promo nya, untuk harga PP Jkt – Kuala Lumpur sekitar 350 – 450 ribuan.

      Reply
  19. Occa

    minta saran donk kak,aq kmarin dapat promo ke bkk untuk tgl 4 ags 2014, bbrp hari setelah lebaran ya kan…eehhh tau tau maskapainya membatalkan jadwal penerbangan ke bkk via sub… :angry:
    padahal aq udah beli tiket pulang nya,yg bakal hangus bagai abu kalo dibatalin…plus hotel2 nya jg udah q bayar smua… :dead:
    nah aq cari lagi utk tgl segitu utk skarang udah mahal banget…ada sih yg promo via singapore,tp tetep aja plus plus nya jadi muahaalll…. :crying:
    nah kan airlines skrg suka bikin promo utk penerbangan 3bln kedepan…kira2 utk tanggal2 segitu bisa dapet harga murah lg gak ya?
    ato pesen aja skrg krn bisa tambah mahal?
    galau banget ini kak… :suram:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai Occa, sepertinya gue tau ni maskapai mana yang menutup sementara jalur sub – bkk :(

      Saran dari saya coba pakai maskapai Cebu Airlines, tapi kamu harus ke Jakarta dulu nih, rute nya Jakarta – Manila – Bangkok (pilih option multicity pada website nya), kebetulan jadwal nya juga memungkinkan tuh, tinggal tunggu promo 1 peso nya aja :)

      Alternatif lain ya berarti kamu harus nunggu promo AirAsia menjelang 3 bulan keberangkatan, tapi untung-untungan juga yang ini, ya kalau memang harga nya mahal direct Surabaya – Bangkok, coba rute Surabaya – Kuala Lumpur – Bangkok aja, siapa tau lebih murah :)

      Reply
      • occa

        hahahhaha….ga usah mention nama maskapai nya, erosi jiwa akuhhh :desperate: btw makasih saran nya ya kak…ini mw coba peruntungan promo AA, kayaknya tgl 10 feb ntr ada promo tiket 0 nya…
        oia…pengen skali2 nuoba naik cebu donk, promo nya tiap kapan ya kak?
        makasih…
        :calm:

        Reply
        • Frenky Post author

          Yang 10 feb dapat bocoran dari grup di Facebook itu promo AA nya cuma diskon 20% ke semua rute sampai dengan 18 mei 2014 saja :(

          Promo cebu tidak bisa di tebak nih, tapi dari pengalaman yang sudah-sudah sih biasa di hari Selasa sama Jumat dan penjualan promo free seat nya cuma selama 2 hari saja.

          Reply
  20. ayu

    tips nya bagus2… pas w mau ke bangkok jg baca tips dr sini…. hmmmm jadi nya dapet pencerahan deh apa2 jah yang bisa dkunjungin… tqyu yua….. :yeah: :wow: :calm:

    Reply
    • Frenky Post author

      Makasih mba ayu pujian nya hahaha… senang rasa nya sharing tips dari saya berguna untuk anda :)

      Reply
  21. robi

    hai semuanya, saya pernah mengalami hal seperti ini, ketika saya cek harga melalui website resmi penerbangan harga promo masih tercantum, sehubungan gak punya kartu kredit ane langsung tlp ke call center nya, setelah ane sebutkan tanggal dan rutenya si operator bilang bahwa harga promo sudah tidak ada, padahal ane cek masih ada, itu kenapa yah, apa memang ada perbedaan antara harga yang di website dengan harga kantor mereka ? :good:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai bro, untuk kasus bro itu tergantung maskapai nya ya, ada yang hanya melayani penjualan promo melalui website ada juga yang bisa di beli melalui call center.

      Tapi umum nya sih melalui website nya langsung ya, dari sisi konsumen juga pasti lebih nyaman memakai website ( *pendapat pribadi* )

      Reply
      • robi

        ohh jadi tidak terpaku dengan harga yang di tampilkan di website yah,,, kecuali beli langsung melalui website itu sendiri,,,tq bro

        Reply
  22. fika

    mas aki ada planing ke korea kira2 september atau oktober. gimana yaa caranyaa dapet tiket promo gtu? need your kind advice.. thank you

    Reply
    • Frenky Post author

      Cara nya ikutin langkah-langkah yang di sebutkan di artikel ini sis, di baca pelan-pelan terus praktekin aj hehehe…

      Reply
  23. putra

    mau nanya, kalau saya membeli tiket cebu jkt-manila untuk teman saya dengan menggunakan cc, apakah akan ada pemeriksaan cc kepada teman saya pada waktu check in di bandara?thx

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi masbro, tidak ada pemeriksaan cc di bandara, yang penting nama tiket sama passport harus sama.

      Reply
  24. firda

    kak,,saya rencana nya akhir desember mau backpackeran ke korea..
    kira-kira flight apa yang ngadain promo utk akhr tahun..
    kan kalo akhir tahun gitu pst harga tiketnya melambung banget kan kak..
    tolong sarannya ya kak..
    terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo Firda,
      Kalau berharap nya menjelang natal / tahun baru kecil ya kemungkinan dapat, apalagi antara natal ke tahun baru, bisa di katakan sangat tidak mungkin dapat.

      Untuk maskapai, gue sarankan mencoba ke cebupacificair.com atau Air Asia, kemarin gue dapat harga Jakarta – Manila – Incheon ( Cebu Pacific ) 1 juta dan Busan – Kuala Lumpur – Jakarta ( AirAsia ) 1.5 juta.

      Tapi berhubung sekarang harga dolar di kisaran 12 ribu, cukup susah mendapat harga yang sama nih :(

      Reply
  25. bella aprilyana

    kak mohon sarannya yaa.. lg bingung nih, rencana backpakeran akhir tahun ini atau awal tahun depan, berdua sm sepupu.. saya rencana mau beli tiket sekarang” ini, apa pun maskapainya ga masalah.. pokoknya nyari yg promo, tapi seppu saya bilang, kata dia mending carinya pas akhir tahun aja, katanya bisa banting harga, jujur sy ngerasa takut kalo ga prepare tiket dari sekarang.. saya juga sering nyari di bbrpa maskapai, banyak kok yg lagi promo, tergantug kita pinter” nyari.. boleh sarannya ga kak, apa lebih baik ngikutin saran sepupu saya atau sy prepare dari sekarang untuk beli tiket? saya sm sepupu saya sama” newbie dalam hal backpakeran.. jadi mohon sarannya yaa,
    makasih :D

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Bella, karena tidak di sebutkan tujuan negara nya mau kemana jadi saya cuma bisa kasih saran secara umum aja ni.

      Saran nya sih kalau negara yang di tuju memakai visa, maka beli tiket nya pastikan 6 bulan sebelum kepergian sudah di beli karena kan harus di persiapkan booking penginapan, transportasi dll sesuai aturan negara masing-masing.

      Kalau negara yang di tuju BEBAS visa, pastikan antara 2-3 bulan sebelum kepergian sudah dapat tiket, kecuali kamu tipe traveller dadakan, jadi bisa pergi kapan saja :)

      Untuk masalah harga tiket, memang ada beberapa maskapai banting harga murah banget, tapi jarang banget, kalau saya sih asal base fare nya 0 rupiah, langsung sikat saja, masalah pajak hanya bisa pasrah saja, oh ya perlu di perhatikan juga harga dolar nya ya, sekarang kan lagi tinggi banget tuh :lonely:

      Reply
  26. bjmtoday

    halo.. terkadang masing-masing maskapai mempunyai sistem berbeda untuk menentukan tiket murah jadi pesan tiket lebih awal bukan jaminan mendapatkan harga tiket termurah

    contohnya rute BDJ-SUB untuk maskapai Lion Air dengan harga mulai dari 203rb (Kelas X) hanya disediakan 7 seat, begitu 7 seat ini habis dibooking ya anda harus membeli tiket lebih mahal sekitar 252rb (kelas V) dan begitu seterusnya sampai harga paling mahal.. walaupun 252rb masih terhitung harga murah, dalam kasus ini anda beruntung jika anda memesan tiket jauh-jauh hari dan mendapat harga termurah yaitu 203rb

    beda lagi dengan citilink, kalau anda memesan jauh hari (1-2 bulan sebelum keberangkatan) anda akan mendapatkan harga termurah 400rb untuk rute BDJ-SUB, namun coba cek lagi sekitar H-5 sebelum waktu keberangkatan dan anda akan menemukan harga yang lebih murah lagi yaitu 290rb

    btw, ini saya membahas tiket murah loh ya bukan tiket promo dengan harga murah, harap dibedakan :)

    keep sharing min dan happy flying ya buat yang sudah dapet tiket promo :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi bro, thanks untuk tambahan tips dan trik nya. Memang yang bro katakan benar, biasanya maskapai obral harga juga jika semakin dekat hari H dan masih banyak kursi kosong.

      Tapi hal ini tidak selalu terjadi dan hunting tiket murah model begini lebih cocok buat yang suka pergi dadakan haha..

      Reply
  27. frans

    Mas mau tanya, saya kan ada rencana ke korea antara bulan agustus – oktober.. bagusnya bulan apa ya yang promo tiketnya bagus..

    nah saya ada kendala nih di visa..saya tinggal d bandung,, kalau pembuatan dan pengambilannya bisa di wakilkan ga ya?

    terus kalau pake printout booking tiket n hotel yang blm saya bayar (masih booking) sebagai lampiran syarat pembuatan, apa pengaruh ga ya diterima atau engga visanya..thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi bro Frans,
      Sebenar nya masalah promo tiket ini ga ada ada acuan tergantung bulan sih, tapi kalau gue jadi bro sih pilih di antara Sept Akhir – Oktober buat merasakan musim gugur disana dan kebetulan gue sendiri sudah dapat tiket nya Pulang Pergi Oktober’14 harga sekitar 2.6 jt PP ( Cebu Pacific – Air Asia ) sharing bagasi :)

      Untuk visa bisa di wakilkan, kalau mau lewat travel agent juga bisa banget, yang penting dokumen dan persyaratan nya lengkap dan yang penting lampiran catatan duit di rekening bro juga menjanjikan.

      Masalah tiket dan hotel yang baru sekedar booking saja, walau belum pernah praktek langsung tapi gue sering baca di forum yang melakukan hal tersebut dan bisa tembus-tembus saja visa nya.

      Reply
  28. diena

    halo, thank you buat infonya. kemaren ada promo cebu tapi diitung2 ko ga dapet ya harga segitu? ujung2nya 2jt buat pergi doang T^T (kurang lihai kayanya nyarinya)
    kalau ke jepang sekitar bulan oktober gitu termasuk high season ya?soalnya harga tiketnya ko ya mahal..ada sih airasia perginya doang ke osaka 1,9++ tapi dari jepang ke jakartanya mahal banget..ada rekomendasi? kira2 bakal ada promo lagi ga ya?

    terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo, mungkin promo nya bukan yang “0 Peso” atau efek harga rupiah semakin terpuruk yang buat harga di atas udah ga valid seperti nya, soalnya itu harga waktu dolar US masih sekitar 9600 dan promo “0 Peso”.

      Sepertinya bukan high season, yang dari Jepang – ( Kuala Lumpur / Manila ) – Jakarta mahal mungkin karena faktor airport tax Jepang udah include pada harga tiket.

      Tunggu promo free seat nya AirAsia atau promo “0 peso” nya Cebu Pacific, itu dah paling murah kalau mau ke Jepang, sekedar info aja untuk Oktober’14, promo free seat nya AA udah jalan 2 kali sedangkan Cebu Pacific udah sekitar 3-4 kali ( di buka pertama kali dari Agustus’13 ), alternatif lain kalau mau bagusan pake Fly Scoot itu base nya di Singapura, itu juga sering promo ke Jepang :)

      Reply
  29. Arwin

    Bro.. mau nanya.. apakah kalau penerbangan ke filipina menggunakan tiger airlines sudah termasuk airport tax baik dari jakarta – filipina maupun dari filipina – jakarta..
    Mohon infonya bro..
    Thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Arwin, setau gue untuk maskapai Tiger itu tidak ada direct flight Jakarta – Filipina, ada nya Jakarta – Singapura – Filipina dan jika kasus nya seperti itu maka yang bayar airport tax nya cukup di Jakarta aja.

      Jika mau ke filipina, maka gue sarankan memakai Cebu Pacific Air aja, kalau connecting flight memakai maskapai ini bisa bebas airport tax ketika di Manila nya, contoh Jakarta – Manila – Incheon.

      Reply
  30. Phaphy

    Saya ingin dpt promo tiket murah ke bali dari surabaya untuk 2 org pake air asia.
    tgl 19 april 14. Langkah apa yg hrs sy lakukan. Tolong infonya..
    Makasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau di lihat dari kalender, tanggal 19 April’14 itu hari kejepit liburan ya dan hari sabtu juga, jadi bisa di katakan hampir mustahil mendapat tiket promo.

      Barusan saya cek harga tiket, yang paling murah itu memakai Wings Air sekitar 280 ribu. Untuk detil harga nya coba cek langsung di sini saja http://www.tiket.com/pesawat

      Reply
      • Phaphy

        Terima kasih atas infonya.
        Kalo gitu saya percepat tgl 1 maret pagi.
        Tlg infonya kalo ada tiket promo.
        Skali lg makasih byk….!

        Reply
  31. rosa

    halooo
    mau nanya nih, saya ada beli tiket sg-jkt buat tanggal 7 April di nusatrip pake maskapai tiger. harganya 402ribu. nah itu udah termasuk airport tax belum sih?

    Reply
  32. ~ara~

    wah makasih infonya :)
    tapi saya masih bingung.. soalnya baru mau pertama kali nih :P

    ada rencana buat ke korea bulan desember taun ini,
    tapi AA atau cebu belom ada promo buat ke korea ya??

    ada line/whatsapp? pengen tanya2 lebih detail pliss :((

    kirim wa/line id nya ke email saya ya summerdream112@gmail.com

    thanks :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi sis,

      Untuk AirAsia dan Cebu promo hingga Desember 2014 udah di buka promo nya sis dari 2 bulan yang lalu.

      Sudah dikirim via email ya id LINE nya ;)

      Reply
  33. asri

    Halo..
    rencana mau ke singapore tgl 6-9okt…
    pusing bgt cari2 tiket promo ke sana apalagi bawa 1 infant…
    rekomen maskapai apa ya?

    tadi nemu dari air asia tikep promo ke singaporenya 99k… infant 150k.. total2 pp 1.9jt include bagasi 20kg..
    kira2 murah ga tuh?
    Tp galau ni mending booking itu atau nunggu promo free seat nya aa..
    biasanya aa suka ada promo free seat kan..

    Oya kalo pas mau booking kan mesti masukin no paspor..
    baby nya blm jadi nih paspornya brarti blm bisa booking ya?
    Tiket promonya cm smp hari ini nih dari tiger…
    ; (

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo kalau tujuan nya ke Singapura, maka di rekomendasiin antara Tiger, AirAsia atau Jetstar.

      Itu 1.9 jt inc bagasi 20 kg buat berapa orang? kalau 3 orang, di ambil saja, tapi kalau 2 orang di tahan dulu untuk tiket pulang nya. AirAsia promo freeseat lagi pasti ada, mungkin sekitar bulan maret atau juni ya ;)

      Untuk Tiger kebetulan belum pengalaman beli tiket nya secara langsung, tapi habis googling bisa-bisa aja nanti di rubah sendiri untuk nomor passport nya via manage booking sesudah login di website nya langsung, jadi di beli saja dulu nanti di rubah lagi no passport nya jika sudah dapat infant nya.

      Reply
  34. Faris Nusantara

    Wah .. Mantap..
    Bang mau tanya saran.. Saya udah dapet tiket ke spore mei 2014 bsok.. 99k by tigerair..
    Nah trus ini masih bingung nyari tiket pulangnya ke jakarta..
    Enaknya gimana ya?..
    Apa segera beli tiket trmurah yg ada skrng atau nunggu
    Promo lg .. Krn masih 5 bulan lg..
    Tapi emang bakal ada ya bang ?.. Kan semakin mendekati waktu berangkatnya..hehehe.. Gimana menurut bang frenky ..?

    Oiya saya bbrapa kali dapat newsletter dr airasia.. Lgsung saya cek n caricari yg farebase kok ga nemu2 ya.. Adanya yg harga reguler yg belum pas di kantong.. Hehehe..
    Mohon petunjuk .. :beg:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Faris, sepengamatan gue sih biasa nya emang lebih susah ketemu tiket balik yang benar-benar murah banget ( basefare 0 ).

      Untuk harga tiket nya Singapura – Jakarta rasa-rasa nya di kisaran 350 – 450 ribuan kali ya soalnya harga tiket sudah termasuk pajak bandara Changi yang mahal dan harga dolar US atau Singapura kan lagi tinggi banget ni :crying:

      Jadi kalau misal nya udah nemu di kisaran harga 350 ribu-an langsung beli aja deh, tunggu sampai maksimal h-2 bulan aja ya bro tapi nya :good:

      Reply
  35. feliceA

    halo bang ada twitter gak? kalau lagi ada promo2 gitu ngetwit dong hehe.. jadi tinggal mantau timeline-nya abang aja. hehe.. thaaankkss

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi sis, twitter sih ada, cuma jarang banget nge-tweet haha..

      Terus biasa ngincer-ngincer promo gitu kalau emang ada keperluan mau beli tiket jauh-jauh hari aja. Kalau mau kabarin via WhatsApp atau Line aja deh, biar cepat dan praktis :bye:

      Reply
  36. Ratna

    Air Asia kayaknya 2 bulan ini gak ada promo CGK-SIN ataupun CGK-KUL ya?kebanyakan malah Tiger Mandala yg ada promo.

    Reply
    • Frenky Post author

      Iya sis, setuju banget nih, akhir-akhir ini yang promo nya sering dan menggiurkan datang dari maskapai Tiger Mandala :star:

      Reply
    • Frenky Post author

      Bergantung jenis promo nya bro, tapi biasa nya sih kepergian berkisar antara 1 – 3 bulan tuh biasa nya banyak promo, tinggal pintar-pintar saja cari maskapai dan tanggalan yang paling maknyus harga nya :ngakak:

      Reply
  37. razkya dyah

    agan mau nanya. kalo mau ke malaysia tanggal 23okt’13 yang sekiranya dari surabaya – kuala lumpur – surabaya harga sama kayak yg di post jkt-kl-jkt 500rb gimana cara ngedapetin dan trik biar lgsg dapet hehe

    Reply
    • Frenky Post author

      Untuk dapatin harga segitu detil rincian biaya yang pernah gue coba langsung ya,

      Jakarta – Kuala Lumpur – Jakarta
      Pergi : 99 ribu rupiah
      Pulang : 250 ribu rupiah ( udah termasuk Pajak Bandara LCCT )

      Yang pasti tanggalan nya harus di luar tanggal merah / libur dan biasanya di antara Selasa – Kamis :star:

      Reply
  38. rini

    kadang bingung jg ma pelanggan maunya tiket murah tapi pesannya pas mau berangkat.ohya gimana ya cara cepat dapat tiket murah mesti cek satu2 tanggalnya mana termurah ribet kan

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Rini, biasa nya sih saya selalu menyiapkan 3 tanggalan berbeda sebagai start awal untuk beli tiket nya.

      Menjelang promo nya sudah di mulai, saya sudah standby terlebih dulu di website nya 30menit lebih awal.

      Sudah itu geser satu-satu deh hingga dapat harga termurah :cheer:

      Reply
  39. Nabila

    Segitu ya murah sih bagasi paling pas pulangnya aja,biar ngirit haha udh ngga dpt lg tiket harga segitu :( nunggu promo AA berikutnya aja deh :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup PP, tapi harga yang di maksud tidak termasuk bagasi haha…

      Ya kalau nambah bagasi nambah duit lagi sekitar 200 – 300ribu an :)

      Reply
  40. cucu winiarti

    tgl 10 februari rencana mo ke singapura melalui nusa trip dg pesawat lion air biayanya berdua Rp 700.000, tgl 12 singapura penang pake tiger berdua Rp 784,000 dan tanggal 16 nya kuala lumpur jakarta pake lion air berdua biayanya 1.233.000 total biaya berdua Rp. 2.717.000 menurutmu apakah udah cukup murah soalnya waktu saya buka airasia cukup mahal untuk tanggal tersebut mohon sharingnya makasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi cucu,

      Kalau menurut saya harga nya cukup wajar mengingat sepertinya butuh bagasi di sepanjang perjalanan nya ya :)

      Tapi jika tidak perlu bagasi mungkin bisa di coba maskapai ini :
      Jakarta – Singapore menggunakan Jetstar ( http://www.jetstar.com/id/id/home ) – 200 ribu

      Selebih nya sudah oke, mengingat tidak semua penerbangan nya memakai harga promo dan sudah include bagasi.

      Jika harga promo asumsi saya :
      Jakarta – Singapore 100 ribu ( Air Asia )
      Singapore – Penang 350 ribu ( Tiger -> mengikuti harga anda )
      Kuala Lumpur – Jakarta 300 ribu ( Air Asia )
      Total sekitar : 750 ribu ( TANPA BAGASI )

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: