Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan

Pengalaman membuat Visa Korea Selatan yang awal nya bikin repot karena harus ngurus dokumen-dokumen yang di perlukan dan harus buat history keuangan yang bagus di rekening tabungan akhir nya berbuah manis juga dan akhir nya gue pun resmi mendapatkan ijin masuk sebagai turis ke negara Korea Selatan nanti bertepatan dengan musim gugur 2014 nanti.

Visa Korea Selatan

Visa Korea Selatan

* * * * *

Nah pada post ini gue akan sharing cara membuat Visa Korea Selatan sebagai turis dan beberapa tips yang mungkin berguna buat anda yang akan berencana membuat Visa Korea Selatan sebagai Turis :)

Pertama buka situs kedutaan Korea Selatan untuk Indonesia pada link berikut Website Kedutaan Korea Selatan

Lalu siapkan dokumen persyaratan sesuai dengan link berikut ( Link Persyaratan Dokumen ) dan Pilih Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-2)

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan :
    • Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank

** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)
** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen

 * * * * *

A. Pendaftaran dan Pengambilan Visa ( Update Per 01-Januari-2017 )

  • Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00~11.30
  • Pengambilan Visa : 13.30~16.30
  • Lama Proses Pembuatan Visa : Minimal 4 Hari Kerja, dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen ( Proses bisa lebih dari 4 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan)
  • Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam

B.Biaya Pembuatan Visa ( Update Per 01-Januari-2017 )

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 520.000,-   Rp. 560.000,-  Rp. 544.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 720.000,-   Rp. 780.000,-  Rp. 816.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.170.000,-   Rp. 1.260.000,-  Rp. 1.224.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 910.000,-   Rp. 980.000,-  Rp. 952.000,-
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

 * * * * *

Dari Persyaratan yang di lampirkan di website kedutaan, gue tidak menyiapkan semua dokumen yang ada karena faktor memang tidak punya atau tidak bisa mendapatkan dokumen nya.

Berikut persyaratan utama yang gue persiapkan berdasarkan pengalaman membuat Visa Korea Selatan yang lalu :

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto). Formulir dapat di download langsung di halaman persyaratan dokumen pada website kedutaan, untuk foto gunakan ukuran ( 3.5 x 4.5 ) dengan background putih
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan. Lengkapi dengan Akta Kelahiran, biasa nya di minta kedutaan menurut info yang lain
  • Surat Keterangan Kerja. Surat Keterangan Kerja harus dalam Bahasa Inggris, mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Karena status gue adalah karyawan swasta, maka surat ini tinggal minta ke HRD
  • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank. Kebetulan gue memakai Bank BCA sebagai tabungan, tinggal sampaikan saja ke CS minta Surat Referensi Bank untuk keperluan Visa dalam Bahasa Inggris dan mencantumkan rekening saldo terakhir, waktu gue request per-September 2014 biaya di Bank BCA untuk surat Referensi Bank nya Rp. 50.000 dan biaya rekening koran 3 bulan terakhir nya juga Rp. 50.000. Sekedar info untuk kedua surat ini pada bank BCA mengharuskan request ke tempat pembukaan rekening anda
  • Slip Gaji 3 bulan terakhir
  • SPT PPH-21 ( Form 1721-A1 ) tahun 2013. Dokumen ini pada awal nya tidak gue sertakan pada awal kedutaan, tapi pada akhir nya gue lampirkan juga ketika kedutaan menelpon ke HP untuk segera mengirimkan SPT PPH-21 ke kedutaan sebagai dokumen pelengkap :silence:

 * * * * *

Lalu dokumen tambahan sebagai pelengkap untuk mendukung dokumen utama :

  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi KTP
  • Bukti Tiket Pesawat PP

* * * * *

Peta Kedutaan Korea Selatan

Peta Kedutaan Korea Selatan

Akhir nya pada tanggal 04-September-2014, gue pun menuju TKP Kedutaan Besar Korea Selatan yang beralamat di Jl. Jendral Gatot Subroto Kav 57, lokasi nya tepat di samping RS Medistra. Sangat disarankan membaca pengumuman ( Link Pengumuman ) terlebih dulu di website Kedutaan Korea Selatan untuk mengecek jika ada hari libur pada kedutaan karena ada event tertentu.

Pukul 10.00 pagi, gue sampai di Kedutaan Besar Korea Selatan, lalu mengambil nomor antrian manual ke seorang penjaga polisi, dan begitu melihat nomor antrian ternyata masih ada 20 orang lagi :(

Loket Visa Korea Selatan

Loket Visa Korea Selatan

Satu jam berlalu akhir nya di panggil juga nomor antrian gue, dan dilayani dengan ramah oleh petugas sekaligus meng-ikhlaskan uang Rp. 480.000 melayang untuk ditukarkan dengan selembar kertas.

Tanda Terima Visa Korea Selatan

Tanda Terima Visa Korea Selatan

* * * * *

Untuk mengecek status Visa Korea Selatan anda, tidak perlu repot-repot menelpon ke kedutaan setiap hari, cukup periksa status nya di link berikut ( Link Cek Status Visa Korea Selatan ).Pertama kali anda membuka link yang di maksud, bahasa default yang di berikan dalam huruf Hangul, oleh karena itu pilih dulu pilihan Bahasa Inggris di menu kanan atas.

Pilih Bahasa Inggris ( Lihat Panah Biru ), Klik Untuk Perbesar

Pilih Bahasa Inggris ( Lihat Panah Biru ), Klik Untuk Perbesar

Pada pilihan “Type of Applications” pilih “Diplomatic Office”, pada pilihan “Select” pilih “Passport No.” lalu masukkan Nomor Passport, Nama lalu Tanggal Lahir dan terakhir tekan Search. Yang perlu di perhatikan adalah ketika input kolom Nama, bagi anda yang mempunyai nama lebih dari 1 kata, maka nama paling belakang di input dulu lalu di ikuti nama depan dan nama tengah ( jika ada ). Contoh nama “GUE GANTENG TERNYATA”, maka cara penginputan nya adalah “TERNYATA GUE GANTENG” :peace:

Apabila aplikasi Visa Korea Selatan anda masih di proses maka status nya adalah “Application Received”, lalu berubah menjadi “Approved” ketika passport anda sudah resmi mendapatkan Visa.

Lalu bagaimana status nya kalau ( amit-amit ) di tolak Visa Korea Selatan nya atau “Denied”? Coba pakai Visa Transit aja, postingan nya dapat di baca di Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

Status Visa Korea Selatan Masih di Proses, Klik Untuk Perbesar

Status Visa Korea Selatan Masih di Proses, Klik Untuk Perbesar

Status Visa Korea Selatan Approved, Klik Untuk Perbesar

Status Visa Korea Selatan Approved, Klik Untuk Perbesar

* * * * *

Dan tibalah hari nya pada tanggal 15-September-2014, gue cek status masih berada di Application Received dan sekitar pukul 17.30 tiba-tiba gue mendapat telpon dari Kedutaan Korea Selatan untuk mengirimkan lembaran SPT PPH-21. Dari awal memang gue sengaja tidak melampirkan SPT PPH-21 ( form 1721-A1 ) tahun 2013 karena alasan punya teman gue tidak ketemu dokumen nya, tapi untung nya pada akhir nya ketemu juga fotocopy-an nya :sigh:

Keesokan hari nya tanggal 16-September-2014 gue pun mengirimkan lampiran SPT PPH-21 ke Kedutaan langsung, sedangkan teman gue melalui fax setelah gue bertanya dulu apakah dapat mengirimkan lampiran nya via fax, yang untung nya ternyata di jawab bisa oleh pihak kedutaan.

Tanggal 18-September-2014 siang gue cek kembali status via website dan sudah berubah menjadi Approved, cek kembali via telpon ke kedutaan dan benar memang ada nya Visa Korea Selatan gue sudah jadi dan siap di ambil di rentang waktu pukul 14.00 – 16.00

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa Korea Selatan

Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa Korea Selatan dapat di wakilkan ?

A : Bisa banget, karena itu jika anda yang berada di luar Jakarta, sangat di sarankan menggunakan jasa travel agent, harga nya tentu lebih mahal ( karena ada biaya jasa ) tergantung kebijakan dari masing-masing travel agent

 

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa Korea Selatan untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

 

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Hasil baca-baca pengalaman orang lain, passport kosong juga banyak yang tembus asal persyaratan yang di minta lengkap sehingga dapat memberikan keyakinan ke kedutaan bahwa anda akan balik ke Indonesia, tapi alangkah baik nya sudah ada cap passport minimal ASEAN, pada kasus gue sih baru ada cap Malaysia sama Thailand :(

 

Q : Saldo di tabungan bank bikin galau nih, kebetulan lagi banyak pengeluaran akhir-akhir ini, gimana tuh ?

A : Baik nya saldo di tabungan bank di jaga dulu selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa, menurut gue aman nya itu pakai rumus harian Rp 1.500.000 x ( Lama Tinggal ) = Saldo Tabungan yang mengendap

 

Q : Tiket Pesawat, Booking Penginapan sama Itinerary Perjalanan perlu di lampirkan ga sih ?

A : Sebenar nya tidak perlu di lampirkan karena pada persyaratan utama di website kedutaan Korea Selatan memang tidak ada. Tapi buat anda yang kebetulan sudah punya tiket pesawat karena faktor tiket promo ( harus beli jauh-jauh hari di awal ), boleh lah di lampirkan. Sedangkan untuk penginapan jika memang mau melampirkan, pakai saja bukti konfirmasi dulu di www.booking.com

Gue sendiri waktu itu hanya melampirkan tiket pesawat ( karena sudah beli tiket promo ), sedangkan booking penginapan sama itinerary tidak di lampirkan.



Booking.com

Q : Kalau kerja sebagai seller online shop / wiraswasta , gimana tuh Surat Keterangan Kerja buat syarat Visa Korea Selatan nya ?

A : Bisa di contoh pembuatan nya seperti gambar di bawah! Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa Korea Selatan

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa Korea Selatan

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue membuat Visa Korea Selatan, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

700 thoughts on “Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan

  1. lisa

    hi frenky sy planing mau ke korea tgl 23 agust. mendadak di ajak sdr. tetapi sy soon planing ke jepang tgl 29-8 agust. kira2 sy kalau buat tgl 9 agust visanya untuk perjalanan tgl 23 masih ok ga y? masih memungkinkan kah?

    Reply
  2. MauKeKorea

    Pak Frenky, mau nanya, kalau mau buat visa untuk pertama kali ke Korea untuk tourism (tapi sebelumnya sudah pernah ke SG, Aussie dan Malaysia), apakah memang hanya dibatasi permintaan 30 hari saja? Saya ke dw*daya tour mereka menolak untuk menguruskan visa karena menurut mereka kalau baru pertama kali, hanya bisa minta 30 hari, sedangkan saya berencana di korea 2 bulan. Mohon pencerahan..

    Reply
    • Frenky Post author

      Dulu sih engga ada ya pembatasan 30 hari, jadi visa korea nya selalu di kasih lama tinggal 90 hari otomatis, tapi untuk Visa Korea 2017 ini sudah ada point masa tinggal jadi 30hari aja / kedatangan. Lebih baik sih telpon ke kedubes Korea deh, gimana mau apply visa korea 2 bulan, beda nya apa syarat dengan 30 hari, saya juga engga paham soalnya :-)

      Reply
      • WantToGoToKorea

        Terima kasih responnya cepat sekali, dari sumber lain saya dapatkan keterangan berikut:
        – Single Entry Visa untuk sekali masuk saja, berlaku selama 3 bulan dan masa tinggal 90 hari
        – Double Entry Visa untuk 2 kali masuk, berlaku selama 6 bulan dan masa tinggal 30 hari
        – Multiple Entry Visa untuk berkali-kali masuk, berlaku selama 5 tahun dan masa tinggal 30 hari
        pada saat apply melalui travel agent, apakah perlu mengutarakan bahwa saya meminta single entry visa saja, atau otomatis pasti dibuatkan yang single entry?

        Reply
        • Frenky Post author

          Harus di kasih tau mau apply Visa jenis apa pasti nya, itu visa yang Single Entry udah ga valid lagi info nya, dulu memang iya benar masa tinggal otomatis 90 hari, sekarang sih cuma di kasih 30 hari secara otomatis, kecuali request lebih tentu dengan persyaratan berbeda.

          Reply
  3. Anissa

    Hallo kak, mau tanya nih. Rencana akhir oktober mau ke korea bareng teman teman, dapat kabar klo mau visanya di approve harus punya tabungan min 30jt. Benarkah kak?
    Makasih

    Reply
    • Frenky Post author

      jelas tidak benar, gw apply cuma modal belasan juta aja juga approve, yang penting itu ikutin syarat yang disuruh aja, terutama bagian SPT deh.

      Reply
  4. ajiakbarr

    Gan maap mw nanya, saya belum beli tiket, tp mw buat visa skarang”, rencana brangkat agustus nnti.
    itu di form visa misal kita isi tanggal (Intended Date of Entry) masih planning mungkin beda ma tiket, problem ga yh

    terus saya jg solo travelling, approve ga yh ^^

    Reply
    • Frenky Post author

      dari ketentuan visa korea, memang ga perlu pakai tiket pesawat. Solo travelling seperti nya lebih susah sih, tapi kalau persyaratan nya lengkap, harus nya aman2 aja apalagi kalau pnya history trip sebelum2nya.

      Reply
  5. Lionnys

    Halo Mas Frenky, terima kasih sudah memberikan tips-tips pengurusan visa. Berguna sekali😊 tapi aku ada pertanyaan begini,

    Februari besok aku ke Korea dengan tanteku di mana perusahaan milik beliau yg menjadi sponsor perjalananku. Nah, statusku masih mahasiswa. Kira-kira masih perlu fotocopy buku tabungan orangtuaku tidak ya untuk pelampiran berkas? Karena untuk perjalanan semuanya ditanggung tanteku. Terima kasih.

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga perlu sih, cukup pakai sponsor si tante nya aj udah cukup karena dia sebagai penjamin dana anda selama trip.

      Reply
  6. Intan Widyaningrum

    Siang mas frenkey… aku mau nanya nih.. kan saya sama teman saya rencana bsk (10 july 2017) mau ada apply Visa, nah itu dokumen disatukan atau pisah ya? lalu biayanya jd satu juga? Makasih mas…

    Reply
    • Frenky Post author

      dokumen nya per orang / aplikan ya. Tapi nanti pas penyerahan dokumen nya sama2 aja, biaya nya juga sama2 aja, dokumen nya aja yang di bedakan.

      Reply
      • Intan Widyaningrum

        iya.. formnya kita masing2.. owh jd nanti penyerahannya sama2 aja ya mas, jd kita dptnya 1 tanda terima doang kan ya… Oh iya.. pada saat penyerahan pakai amplop coklat bertali atau hanya map L biasa?

        Reply
        • Frenky Post author

          iya benar dapat 1 tanda terima, mereka engga ambil amplop nya jadi bebas mau pakai amplop apa aja, dokumen nya di satuin pakai paper clip aja.

          Reply
  7. mela

    Halo bro Frenkey, untuk surat rekomendasi kerja, jika saya pemilik online shop, apakah harus melampirkan SIUP dan NPWP?

    Reply
    • Frenky Post author

      SIUP, NPWP sih engga perlu, yang penting itu SPT. Kalau engga punya, buat surat kenapa ga punya SPT, maaf gw kaga pnya contoh nya tapi, mgkin bisa cari di blog lain.

      Reply
  8. Win

    Saya masih mahasiswa tapi kalau mau pkai rekening sendiri tanpa jaminan orang tua bisa gak? Terimakasih

    Reply
  9. SURYANTO

    mas, mau nanya. teman saya awalnya ikut akan tetapi setelah saya ngasih contoh itinerary nya teman saya yang sudah pernah ke korea selatan (punya cwe), malah undur diri gak jadi. apa beda ya perjalanan nya untuk laki-laki dan perempuan? oh iya satu lagi, apakah ada kontak atau forum untuk kelompok backpacker, karena saya udah bingung nyari teman kesana. terima kasih mas

    Reply
  10. tysha

    halo kak, mau nanya nih. saya mau berangkat ke korea bulan november akhir setelah wisuda kampus saya. kalau kita baru wisuda gitu, untuk surat keterangan mahasiswa itu masih perlu dilampirkan ga? karna otomatis saya posisinya ga kerja juga, jd ga ada surat dari kantor gitu hehe

    Reply
    • Frenky Post author

      Engga usah lampirkan ya karena memang status nya bukan mahasiswa aktif lagi kan ya, tapi berhubung belum kerja juga, jadi bikin surat jaminan ortu aja ya.

      Reply
  11. Siti Zulaeha

    mas frenky sy rencana mau berangkat ke korsel sekitar bulan september thn ini bertiga dgn suami dan anak sy usia 2,5 th, mau tanya kira2 perhitungan biaya utk apply visa yg ditulis di formulir brp rupiah utk bs lolos?dan lg musim apa pas September itu? terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      tulis aja per orang 1 – 1.5juta / hari di kali lama tinggal. September itu peralihan musim panas ke musim gugur, cuaca nya tapi masi dominan panas kalau masih september awal.

      Reply
      • Siti Zulaeha

        hoo gt, akhir september aja ya kalau gt. ok nanti sy tanya lagi ya mas. terima kasih :)

        Reply
    • Frenky Post author

      Engga bisa deh, karena kan nomor paspor nya juga udah beda, kecuali ada visa sticker sebelum nya, ya itu boleh di lampirkan.

      Reply
  12. Dina

    Kalo yg baru kerja 3bln terus baru punya rekening bank itu gmn ka? Kira-kira bkal ditolak ga yah permohonan visanya?

    Reply
  13. yosua

    halo kak, mau nanya nih. kalo saya pergi ke korea satu family, bukti keuangan ayah saya seperti focop SPT, surat rekomendasi bank, dll itu yg dilampirkan cukup 1 aja berlaku untuk istri dan anak2 atau harus difotocopi berkali-kali sesuai jumlah anggota keluarga yang akan berangkat? makasih sebelumnya :D

    Reply
    • Frenky Post author

      ( Bukan pengalaman pribadi ya ), tapi setau gw cukup 1 aja bukti keuangan nya, cukup buat aplikasi penjamin semua biaya nya, dalam hal ini si ayah.

      Tapi buat pasti nya, lebih baik telpon kedutaan Korea ya, siapa tau harus lampirkan per orang nya, kalau Visa Jepang sih cukup penjamin aja soalnya.

      Reply
      • yosua

        makasih kak jawabannya..
        oh ya sama mau nanya lagi satu kak..
        surat sponsor dari ortu untuk anak dan surat sponsor suami untuk istri harus dibuatin satu-satu atau boleh dalam satu surat diisi langsung :

        saya : ………………………………………

        mensponsori :

        nama istri : ………………………………….
        anak 1 : ……………………………….
        anak 2 : …………………………….

        makasih sebelumnya :good:

        Reply
        • Frenky Post author

          untuk yang ini coba telpon ke petugas kedutaan korea deh, tapi kaya nya sih boleh cukup satu surat aja, asal taruh dokumen nya sama2.

          Reply
  14. Cindy

    Halo kak, aku masih pelajar dan blm punya ktp, kalo bikin visa nya gmn ya? Dan ini first time aku ke luar negeri..

    Reply
  15. kenzo

    Hy franky mw tnya nihh gw skrg ga tinggal sama ortu tapi tinggal sama tante apa pke surat sponsor punya tante thanks

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: