Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan

Pengalaman membuat Visa Korea Selatan yang awal nya bikin repot karena harus ngurus dokumen-dokumen yang di perlukan dan harus buat history keuangan yang bagus di rekening tabungan akhir nya berbuah manis juga dan akhir nya gue pun resmi mendapatkan ijin masuk sebagai turis ke negara Korea Selatan nanti bertepatan dengan musim gugur 2014 nanti.

Visa Korea Selatan

Visa Korea Selatan

* * * * *

Nah pada post ini gue akan sharing cara membuat Visa Korea Selatan sebagai turis dan beberapa tips yang mungkin berguna buat anda yang akan berencana membuat Visa Korea Selatan sebagai Turis :)

Pertama buka situs kedutaan Korea Selatan untuk Indonesia pada link berikut Website Kedutaan Korea Selatan

Lalu siapkan dokumen persyaratan sesuai dengan link berikut ( Link Persyaratan Dokumen ) dan Pilih Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-2)

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan :
    • Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank

** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)
** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen

 * * * * *

A. Pendaftaran dan Pengambilan Visa ( Update Per 01-Januari-2017 )

  • Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00~11.30
  • Pengambilan Visa : 13.30~16.30
  • Lama Proses Pembuatan Visa : Minimal 4 Hari Kerja, dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen ( Proses bisa lebih dari 4 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan)
  • Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam

B.Biaya Pembuatan Visa ( Update Per 01-Januari-2017 )

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 520.000,-   Rp. 560.000,-  Rp. 544.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 720.000,-   Rp. 780.000,-  Rp. 816.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.170.000,-   Rp. 1.260.000,-  Rp. 1.224.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 910.000,-   Rp. 980.000,-  Rp. 952.000,-
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

 * * * * *

Dari Persyaratan yang di lampirkan di website kedutaan, gue tidak menyiapkan semua dokumen yang ada karena faktor memang tidak punya atau tidak bisa mendapatkan dokumen nya.

Berikut persyaratan utama yang gue persiapkan berdasarkan pengalaman membuat Visa Korea Selatan yang lalu :

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto). Formulir dapat di download langsung di halaman persyaratan dokumen pada website kedutaan, untuk foto gunakan ukuran ( 3.5 x 4.5 ) dengan background putih
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan. Lengkapi dengan Akta Kelahiran, biasa nya di minta kedutaan menurut info yang lain
  • Surat Keterangan Kerja. Surat Keterangan Kerja harus dalam Bahasa Inggris, mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Karena status gue adalah karyawan swasta, maka surat ini tinggal minta ke HRD
  • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank. Kebetulan gue memakai Bank BCA sebagai tabungan, tinggal sampaikan saja ke CS minta Surat Referensi Bank untuk keperluan Visa dalam Bahasa Inggris dan mencantumkan rekening saldo terakhir, waktu gue request per-September 2014 biaya di Bank BCA untuk surat Referensi Bank nya Rp. 50.000 dan biaya rekening koran 3 bulan terakhir nya juga Rp. 50.000. Sekedar info untuk kedua surat ini pada bank BCA mengharuskan request ke tempat pembukaan rekening anda
  • Slip Gaji 3 bulan terakhir
  • SPT PPH-21 ( Form 1721-A1 ) tahun 2013. Dokumen ini pada awal nya tidak gue sertakan pada awal kedutaan, tapi pada akhir nya gue lampirkan juga ketika kedutaan menelpon ke HP untuk segera mengirimkan SPT PPH-21 ke kedutaan sebagai dokumen pelengkap :silence:

 * * * * *

Lalu dokumen tambahan sebagai pelengkap untuk mendukung dokumen utama :

  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi KTP
  • Bukti Tiket Pesawat PP

* * * * *

Peta Kedutaan Korea Selatan

Peta Kedutaan Korea Selatan

Akhir nya pada tanggal 04-September-2014, gue pun menuju TKP Kedutaan Besar Korea Selatan yang beralamat di Jl. Jendral Gatot Subroto Kav 57, lokasi nya tepat di samping RS Medistra. Sangat disarankan membaca pengumuman ( Link Pengumuman ) terlebih dulu di website Kedutaan Korea Selatan untuk mengecek jika ada hari libur pada kedutaan karena ada event tertentu.

Pukul 10.00 pagi, gue sampai di Kedutaan Besar Korea Selatan, lalu mengambil nomor antrian manual ke seorang penjaga polisi, dan begitu melihat nomor antrian ternyata masih ada 20 orang lagi :(

Loket Visa Korea Selatan

Loket Visa Korea Selatan

Satu jam berlalu akhir nya di panggil juga nomor antrian gue, dan dilayani dengan ramah oleh petugas sekaligus meng-ikhlaskan uang Rp. 480.000 melayang untuk ditukarkan dengan selembar kertas.

Tanda Terima Visa Korea Selatan

Tanda Terima Visa Korea Selatan

* * * * *

Untuk mengecek status Visa Korea Selatan anda, tidak perlu repot-repot menelpon ke kedutaan setiap hari, cukup periksa status nya di link berikut ( Link Cek Status Visa Korea Selatan ).Pertama kali anda membuka link yang di maksud, bahasa default yang di berikan dalam huruf Hangul, oleh karena itu pilih dulu pilihan Bahasa Inggris di menu kanan atas.

Pilih Bahasa Inggris ( Lihat Panah Biru ), Klik Untuk Perbesar

Pilih Bahasa Inggris ( Lihat Panah Biru ), Klik Untuk Perbesar

Pada pilihan “Type of Applications” pilih “Diplomatic Office”, pada pilihan “Select” pilih “Passport No.” lalu masukkan Nomor Passport, Nama lalu Tanggal Lahir dan terakhir tekan Search. Yang perlu di perhatikan adalah ketika input kolom Nama, bagi anda yang mempunyai nama lebih dari 1 kata, maka nama paling belakang di input dulu lalu di ikuti nama depan dan nama tengah ( jika ada ). Contoh nama “GUE GANTENG TERNYATA”, maka cara penginputan nya adalah “TERNYATA GUE GANTENG” :peace:

Apabila aplikasi Visa Korea Selatan anda masih di proses maka status nya adalah “Application Received”, lalu berubah menjadi “Approved” ketika passport anda sudah resmi mendapatkan Visa.

Lalu bagaimana status nya kalau ( amit-amit ) di tolak Visa Korea Selatan nya atau “Denied”? Coba pakai Visa Transit aja, postingan nya dapat di baca di Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

Status Visa Korea Selatan Masih di Proses, Klik Untuk Perbesar

Status Visa Korea Selatan Masih di Proses, Klik Untuk Perbesar

Status Visa Korea Selatan Approved, Klik Untuk Perbesar

Status Visa Korea Selatan Approved, Klik Untuk Perbesar

* * * * *

Dan tibalah hari nya pada tanggal 15-September-2014, gue cek status masih berada di Application Received dan sekitar pukul 17.30 tiba-tiba gue mendapat telpon dari Kedutaan Korea Selatan untuk mengirimkan lembaran SPT PPH-21. Dari awal memang gue sengaja tidak melampirkan SPT PPH-21 ( form 1721-A1 ) tahun 2013 karena alasan punya teman gue tidak ketemu dokumen nya, tapi untung nya pada akhir nya ketemu juga fotocopy-an nya :sigh:

Keesokan hari nya tanggal 16-September-2014 gue pun mengirimkan lampiran SPT PPH-21 ke Kedutaan langsung, sedangkan teman gue melalui fax setelah gue bertanya dulu apakah dapat mengirimkan lampiran nya via fax, yang untung nya ternyata di jawab bisa oleh pihak kedutaan.

Tanggal 18-September-2014 siang gue cek kembali status via website dan sudah berubah menjadi Approved, cek kembali via telpon ke kedutaan dan benar memang ada nya Visa Korea Selatan gue sudah jadi dan siap di ambil di rentang waktu pukul 14.00 – 16.00

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa Korea Selatan

Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa Korea Selatan dapat di wakilkan ?

A : Bisa banget, karena itu jika anda yang berada di luar Jakarta, sangat di sarankan menggunakan jasa travel agent, harga nya tentu lebih mahal ( karena ada biaya jasa ) tergantung kebijakan dari masing-masing travel agent

 

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa Korea Selatan untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

 

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Hasil baca-baca pengalaman orang lain, passport kosong juga banyak yang tembus asal persyaratan yang di minta lengkap sehingga dapat memberikan keyakinan ke kedutaan bahwa anda akan balik ke Indonesia, tapi alangkah baik nya sudah ada cap passport minimal ASEAN, pada kasus gue sih baru ada cap Malaysia sama Thailand :(

 

Q : Saldo di tabungan bank bikin galau nih, kebetulan lagi banyak pengeluaran akhir-akhir ini, gimana tuh ?

A : Baik nya saldo di tabungan bank di jaga dulu selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa, menurut gue aman nya itu pakai rumus harian Rp 1.500.000 x ( Lama Tinggal ) = Saldo Tabungan yang mengendap

 

Q : Tiket Pesawat, Booking Penginapan sama Itinerary Perjalanan perlu di lampirkan ga sih ?

A : Sebenar nya tidak perlu di lampirkan karena pada persyaratan utama di website kedutaan Korea Selatan memang tidak ada. Tapi buat anda yang kebetulan sudah punya tiket pesawat karena faktor tiket promo ( harus beli jauh-jauh hari di awal ), boleh lah di lampirkan. Sedangkan untuk penginapan jika memang mau melampirkan, pakai saja bukti konfirmasi dulu di www.booking.com

Gue sendiri waktu itu hanya melampirkan tiket pesawat ( karena sudah beli tiket promo ), sedangkan booking penginapan sama itinerary tidak di lampirkan.



Booking.com

Q : Kalau kerja sebagai seller online shop / wiraswasta , gimana tuh Surat Keterangan Kerja buat syarat Visa Korea Selatan nya ?

A : Bisa di contoh pembuatan nya seperti gambar di bawah! Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa Korea Selatan

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa Korea Selatan

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue membuat Visa Korea Selatan, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

642 thoughts on “Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan

  1. IntanWidya

    Mas sy mau tanya agak banyak gpp ya?
    1. Yang mengenai SPT nya itu yang kita dapat dari kantor masing-masing kah? Bkn yang kita isi kl saat laporan di pajaknya itu kan?
    2. Slip Gaji 3 Bulan Terakhir itu gaji dari 1bln yang terbaru saja kan? Dan apa itu diwajibkan?

    Maaf ya Mas sebelumnya bnyak pertanyaan yang diulang sm sy. Terima Kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      1. Kalau dari kantor biasa nya setiap tahun dapat form 1721-A1 sebagai total pajak yang harus di bayarkan oleh kamu sebagai karyawan, nah kasi ke kedutaan Korea form tersebut ya

      2. Yang slip gaji bukan hal wajib, kalau mau lampirkan cukup 1 bulan aj yang paling terakhir

      Reply
  2. Vendy

    Bro yg dimaksud dgn spt pph21= form 1721- a1 kan.?yang dikasih oleh kantor ya? Bukan surat pemberitahuan tahunan pajak kita yg ada daftar hutang,piutang,list harta.dll ya. Tq in advance

    Reply
  3. Essy

    Halo, bermanfaat sekali infonya.
    Ada beberapa yang saya masih bingung mengenai visa korea ini.
    1. Saya sekarang bekerja di 2 tempat. Perusahaan swasta yang gajinya tetap perbulan (sumber tabungan utama) dan sebagai dosen honorer (gaji persemester). Untuk referensi tempat bekerja lebih baik saya cantumkan salah satu atau keduanya ??
    2. Mengenai rekening koran. Uang masuk tiap bulan stabil dan jumlah saldo juga mencukupi, tapi transaksi uang keluar perbulan bisa dikatakan jarang. Tiap bulan paling cuma sekali dua kali penarikan uang, karena rekening itu memang saya buat khusus tabungan. Apakah tidak masalah rekening koran yang jumlah transaksinya jarang seperti itu ??
    3. Lokasi saya di luar jakarta dan rencana akan menggunakan travel agent untuk apply visanya. Apakah terkenal atau tidaknya travel agent menentukan diapply atau tidaknya visa ??
    4. Terakhir, saya akan ke korea ber 8 orang, apakah kalau apply visa bersamaan kemungkinan approvenya jadi lebih besar ??

    Itu tadi pertanyaan saya mengenai visa korea yang masih kurang jelas. Mungkin bisa membantu, maaf kalo pertanyaannya kebanyakan. Makasi sebelumya, salam Backpacker ^^ :peace:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      1. satu tabungan aja cukup, pilih saldo terbesar
      2. Engga ada masalah menggunakan rekening yang hanya di gunakan sebagai tabungan
      3. Engga ngaruh untuk travel agent nya, tapi kalau yang punya nama gede, umum nya syarat nya lebih lengkap lagi, karena mereka mau jamin customer nya dapat visa korea
      4. Yup, ini menambah nilai plus untuk tingkat approval visa korea nya.

      Reply
  4. Miauw luan

    Pagi,Frenky…..ni sy mau tny sdkit info….. msl tgl 30 feb ini sy berangkat ke korsel,apa skrg apply visa nya lwt travel msh keburu? Seblm nya sdh prnh pergi kesana tp ikut tour n pihak tour yg urus,skrg pribadi sndiri pergi nya. Srt2 sdh lengkap atas nm sy pribadi. Tq jg atas info2 yg sdh di berikan di blog atas.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Kalau dengan asumsi 4 hari kerja selesai, seharus nya bisa dapat ya visa korea nya, asalkan persyaratan nya terpenuhi semua. Menurut saya apply sendiri lebih cepat proses nya di bandingkan lewat tour travel, jika kondisi nya memungkinkan ya untuk apply sendiri.

      Reply
    • Frenky Post author

      bukti keuangan nya cukup lampirkan rekening koran 3 bulan terakhir, surat referensi bank sama SPT aja untuk Visa Korea Selatan

      Reply
  5. lyla

    hi, mau tanya dong… saya mau pergi sekeluarga, suami & saya dua-duanya bekerja tapi tiap bulan selalu dikirim ke rekening saya. apakah sebaiknya suami diberikan surat referensi dari saya sebagai istri? terima kasih.

    Reply
    • Frenky Post author

      menurut saya sih tidak perlu buat surat referensi ya, cukup lampirkan aja lampirkan kedua rekening suami + istri, itu udah menyakinkan sih.

      Reply
  6. davina

    kak saya mau nanya nih. kan saya br perpanjang paspor jd paspor kosong skrng kondisinya. nah tp d paspor sblmnya saya ada cap d bbrp negara d asia itu perlu d fotocopy jg ga ya utk ngajuin visa ke korea?

    Reply
  7. Tyara

    Halo kak mau tanya, minggu depan kan aku mau ngajuin visa, cuma masih bingung dengan persyaratannya, karena aku baru aja lulus kuliah dan blm bekerja, rencananya nanti aku akan ngelampirin SKL dan rekening koran tabunganku serta referensi bank, untuk lebih meyakinkan aku jg pake surat sponsor ortu dan rekening koran tabungannya jg, tp masalahnya disini mamaku adalah ibu rumah tangga dan pastinya gak punya SPT SIUP slip gaji dll, nah kalo kaya gitu kira2 gimana ya kak? :(

    Reply
    • Frenky Post author

      Buat surat statement kalau ortu biayain dan profesi nya ibu RT jadi kaga ada SPT. Sorry cuma bisa kasih saran itu, kaga ada pengalaman pribadi soalnya.

      Reply
  8. inayasha

    hola bang…
    mau nanya..saya dg sepupu saya kan mau ke korea febuari ini lwt paket tour. sodara saya dan saya ga pnya tuh SPT pph.. gmn ya??kerjaan kita Make up in di wedding2 gt.. jadi gmn ya apakah klo udh ikut paket wisata lwt tour travel masih butuh SPT gt ya?? bingung nih.. takut visa ditolak karena g ada SPT. mana sudah DP ke travel nya. harga paket tournya juga lumayan banyak.

    Reply
    • Frenky Post author

      Visa Korea sih pada dasar nya sekarang mewajibkan punya tuh SPT sebagai syarat utama nya. Kalau ga punya, mungkin bisa bikin surat pernyataan dalam bahasa inggris kalau ga pny SPT dengan alasan nya. Contoh format surat nya saya tidak punya, cari info sendiri ya kalau itu atau tanya tour travel.

      Reply
  9. adriel

    Bang Frenkey, mau tanya dong emang harus ada surat sponsor ya buat mahasiswa yg mau liburan ke korea? Lalu, apakah surat sponsor bisa berlaku buat banyak orang? Thanks before bang..

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup, surat keterangan mahasiswa aktif dan surat sponsor keuangan dari orang tua. Tidak berlaku buat banyak orang, 1 orang ya 1 surat sponsor.

      Reply
  10. Yudhitya

    Hi mau tanya, lampiran SPT PPH-21 itu bukti potongnya aja kah? Karena formulirnya kan sudah di serahkan ke kantor pajak. Terimakasih

    Reply
  11. Vina

    Halo , nanti februari mau ke korea tpi masih bingung mw buat visanya . Aku lulus sma tahun 2016 , tapi masuk kuliah tahun 2017 . Jdi kerja dulu setahun baru kuliah . Krjanya kerja toko sama online shop . Trus msh belum ngerti pajak dll . Untuk spt pph itu pke punya ortu apa pny sndri ? Thanks kak 😊

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Kalau kasus nya begini, lebih baik pakai jaminan ortu ya, SPT nya juga memakai punya ortu, itu lebih baik. Sekarang SPT entah kenapa jadi persyaratan utama ya, dulu sih kaga.

      Reply
  12. simplisilvi

    halo kak frenky, mau tanya mengenai saldo tab 3 bulan terakhir. itu memang harus dr bulan awal misal (agt-sept-okt) nah harus dr agustus kah saldo minimal nya 20juta.?
    kalo dr agustus saya saldo baru awal-awal aja, nah sampai akhir okt baru terkumpul di tab 20jutaan.. apakah bisa?
    atau memang harus dr bulan pertama sudah ada 20juta?
    untuk arus nya sih lancar, ga tiba2 besar..
    mohon infonya ya ka

    Reply
    • Frenky Post author

      Ga perlu statis dari agus sih start nya 20juta, dulu gw juga bertahap2 masukkin nya. Ga masalah jika baru akhir okt terkumpul 20jt an, yang penting menanjak dan arus nya lancar ( ga tiba2 besar ).

      Reply
  13. Moondust

    Sangat bermanfaat sekali artikelnya kak, saya ingin bertanya kak, bulan januari nanti saya akan ke korea bersama adik saya, rencananya kami akan menggunakan rekening orang tua kami sebagai sponsor tapi masalahnya, orang tua kami adalah wiraswasta khususnya kontraktor, jadi dana di rek korannya tidak menentu, kadang2 sampai ratusan juta, tapi kadang2 juga ratusan ribu, naik turun gitu kak. Apa itu mempengaruhi pembuatan visanya kak? Atau perlukah saya minta penjamin dari keluarga saja? Terimakasih kak

    Reply
    • Frenky Post author

      Cetak rekening koran nya ketika bagus aja saldo nya. Boleh juga minta penjamin dari saudara kandung lain nya ( di dalam satu kartu keluarga ) misal nya kakak kandung.

      Reply
  14. Nami

    Kak mau nanya nih. Saya mau berangkat k korea 2 mggu lagi, saya kan skr belum kerja kak, jd nggak punya dokumen2 seperti diatas itu, bikin surat pernyataan gmna ya kak? Apa harus menyertakan slip gaji orang tua? Soalnya saya ke korea dibiayai oleh korea tourism organisation karena menang kompetisi. Kira2 bisa lolos nggak yah kak soalnya saldo cuma segitu2 aja dan belum pernah ke luar negeri juga. Mohon info kak. Makasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau menang kompetisi dari KTO, berarti sponsor nya ya KTO, minta aja surat sponsor ke KTO, bilang buat pengurusan visa, harus nya di bantu sih ya.

      Reply
  15. intan

    Hai, mau nanya dong, surat pernyataan yang dibuat sendiri itu nantinya mesti pakai materai atau cuma tandatangan saja ? terimakasih.

    Reply
  16. she"

    Hai mas, webnya informatif banget.
    Saya mau nanya, saya mau apply visa korea, kerjaan saya PNS. Di semua dokumen (SPT, NPWP, karpeg, dll) namanya cuma 2 kata tapi di paspor ditambah nama ayah jadinya 3 kata. Kira2 bakal jadi masalah ga ya? Cuma kan d KK sma akte ad keterangan nama ayah, cma saya was2 juga.
    Mohon pencerahannya mas, sapa tahu pernah denger pengalaman serupa. Makasih sebelumnya

    Reply
  17. Sindi Eka P.

    Hai kak.
    Aku rencana 2017 mau ke korea buat summer school. Summer schoolnya 2 minggu kak brrti pake visa apa ya? Aku msh kuliah tpi aku udah kerja di bums lebih tepatnya di cv. Nah itu brrti pake SPT sama pake surat dr kampus yg ngadain summer ka?

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau summer school sih cocok nya pake Visa Kebudayaan, Rapat, Seminar, Pameran, Pertandingan Olahraga, Kegiatan Keagamaan, dan Event (C-3-1)

      Untuk masalah dokumen, coba tanya pihak kampus mu ya, mereka harus nya lebih paham, soalnya yang gw tau cuma visa turis

      Reply
  18. ade siti f

    mau tanya, sy akan melakukan traveling ke korsel yg sponsori oleh perusahaan tempat sy bekerja tgl 10 november 2016 dengan menggunakan jasa travel agent.info dari agent visa sy blm bisa diajukan karena paspor baru perpanjangan sy msh kosong sedangkan paspor lama hilang. jadi kemungkinan besar visa ditolak.apakah benar seperti itu?? mengingat semua dokumen sudah sy lengkapi .terimakasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Berdasarkan pengalaman teman saya, lebih dari 1 orang, paspor kosong tidak ada masalah juga, apply sendiri tanpa melalui jasa travel. Tenang saja, asal persyaratan lengkap, percaya diri saja visa korea nya di approve.

      Reply
  19. Ira

    Halo mas, mau tanya. Waktu isi application visanya kan ada tanggal masuknya kapan ya. Kalo masuk ke koreanya gak sesuai dengan tanggal yg kita cantumin disana bermasalah gak ya? Makasih sebelumnya.

    Reply
    • Frenky Post author

      Ga masalah ya karena visa Korea Selatan tidak perlu melampirkan bukti booking pesawat, penginapan, itinerary ketika apply visa nya.

      Reply
      • Ira

        Makasih seblumnya sudah dijawab mas. Jadi gak masalah ya mas? Gak akan di cek juga kan ya kapan kita masuknya.. Hehee oh iya, mau tanya 1 lagi ya mas. Utk foto itu hanya 3,5×4,5 yg ditempel di form aja atau gimana ya? Baca juga ada yg bilang foto 2 uk 4×6. Agak bingung jadinya.

        Reply
        • Frenky Post author

          Untuk foto sih waktu itu gw tempel ya di formulir nya, ga ada masalah sih pakai 4×6 juga, itu foto nya juga kaga di cetak ke Visa, cuma buat di tempel aja di formulir nya.

          Reply
          • Ira

            Halo mas, cuma mau update aja minggu kemarin aku urus visa dan hari senin kemarin visa ku di approved dan udah diambil.. Makasih udah bantu lewat jawabanh-jawabannya. Sekalian mau share pengalaman. Aku mahasiswa, dan kesana liburan pakai uang sendiri. Aku nyerahin rek tabungaku dan surat referensi bank yg notabene tabunganku gak banyak..cuma dibawah 10juta tanpa nyertain booking flight, hotel dan itin. Tapi aku nyertain spt+slip gaji ibuku yg pns, surat ket dari kampus itupun pake bahasa indonesia, akta lahir, kk, copy ktp aku&ibu. Cuma mau berbagi mungkin ada yg mahasiswa dan punya kasus yg sama kayak aku dan ketakutan duluan… Kalo menurutku sih yg penting tujuan kita jelas dan syarat utamanya dipenuhin. Hehe.. Maaf ya mas kalau sekiranya nyampah

            Reply
      • Indra

        Oke gan…
        Total bikin nya brp hari gan? Yg ane liat dr tgl 4 sept – 18 sept udh 14 hari yah total?

        Skrg wajib lampirin SPT sama rekening koran 3 bulan yah gan? Surat referensi bank wajib ga gan?

        Reply
        • Frenky Post author

          Pasti dikasi 90 hari kalau visa nya approve. Lebih baik lampirkan ya SPT, Rek koran 3 bulan sama surat ref Bank, buat kepercayaan diri aja daripada di reject

          Reply
  20. Indra

    Bang frenki, saya pernah mohon visa korea bln 9 kmrn ini thn 2016 tapi ditolak. Saya ragu apa mgkn krn kk saya sendiri soalnya udh pisah dari ortu. Yg mau saya tanyakan apakah pengajuan kedua saya bisakah saya di approval dgn data trsbut atau hrs saya rubah masuk kk ortu lg

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Rasa nya tidak ada masalah dengan KK deh walau sendiri juga, surat keterangan kerja nya udah lampirkan belum? lalu history rekening tabungan nya oke juga tidak? kedua hal ini yang paling pengaruh sih ke masalah approval visa korea

      Reply
  21. shinta

    Hi frenky. Sy rencana dlm Bulan Nov ini mw traveling ke korea via travel agen group tour, pekerJan IRT, dlm pengajuan visa apakah traveling via travel agen tdk menjamin visa bs approved, mengingat ada penJamin dr perusahaan travel agen yg mengurus pemberangkatan kita yg notabene sdh srg memberangkatkan Org ke negara trsbt? (Menjamin kita tdk bkl kabur jd imigran glp :)) Mhn info. Thanks sebelumnya

    Reply
    • Frenky Post author

      Tidak menjamin ya, tapi ya bisa di bilang chance di reject nya lebih kecil di bandingkan apply sendiri. Percaya diri aja kalau dokumen yang di submit sudah lengkap.

      Reply
  22. sh09

    malem Ka, mau nanya nie, sekarang kan korea mewajibkan SPT (PPH-21) dan Bukti Keuangan 3 bulan Terakhir.
    Apabila saya tidak punya SPT (karena penghasilan di bawah PTKP dan tdk ada NPWP), apakah bisa menggunakan Form 1721-A1? :suram:

    Saya berangkat dengan orang tua. dan rekening saya hanya ada di bank saya bekerja. apakah itu akan di anggap valid? atau saya bisa minta sponsor ortu? thanks.

    Reply
    • Frenky Post author

      Justru setau gue yang di maksud melampirkan SPT itu maksud nya adalah form 1721-A1, waktu itu gue juga cuma kasih form ini waktu di minta kasih bukti SPT oleh pihak kedutaan Korea.

      Reply
      • wulan

        sore ka mau tanya
        kalo hanya melampirkan SPT dan rek 3 bulan terakhir tanpa ref dari bank bisa gak ya?
        Terima kasih

        Reply
        • Frenky Post author

          Bisa aja kalau memang history paspor mu bagus ( banyak cap travel keluar negri ). Kalau cuma sedikit apalagi kosong, lebih baik lampirkan ya, daripada di reject.

          Reply
  23. Thia

    Kak Frenky, mau tanya. Saya pernah bikin visa Korea tahun 2014 dan approved tapi waktu itu saya gagal berangkat karena kerjaan hikssss.. :( Nah, sekarang saya rencana mau berangkat Desember ini, dan sudah mau mengajukan visa lagi. Persyaratan sudah yakin lengkap kak, si visa yang sudah tertempel di passport saya tapi gajadi berangkat itu kira-kira akan mempengaruhi ga ya kak? Agak waswas. :”)
    Makasih banyak Kak Frenky. :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Wah pertanyaan ini no information juga nih, tapi menurut gue sih kaga ada masalah sama sekali ya, toh kamu kan tidak melanggar apa2 juga.

      Kecuali kamu dulu melanggar masa tinggal ketika sudah masuk ke korea, itu pasti baru besar kemungkinan di reject.

      Reply
  24. putri

    Mau tanya, apakah benar kalau rekening bank yang terpenting adalah saldo akhir? jadi selama 3 bulan ini rekening koran saya hanay berkisaran 2 juta, tapi di saldo akhir saya masukan 30 juta. apa bisa begitu?

    Reply
    • Frenky Post author

      Tidak juga ya, lebih baik di taruh bertahap dalam 3 bulan terakhir, jangan di taruh dadakan dalam jumlah besar, terkesan dana tersebut hanya untuk keperluan visa saja. Kalau ada cashflow stabil setiap bulan antara pemasukan dan pengeluaran, itu lebih bagus.

      Reply
  25. era

    hai kak frenky,

    mau tanya, saya mau apply visa korea, tapi kalo misal saya pengangguran tapi untuk biaya hidup disana ditanggung kakak tertua saya (bukan orang tua), apakah brati surat pernyatannya nanti menunjukkan bahwa kakak saya yg menanggung biaya hidup saya?
    trus pake rekening koran kakak saya?
    makasih sebelumnyaa.. :)

    Reply
  26. Citra

    Hi mas Frenky,

    saya kebetulan baru resign jd statusnya kan belum bekerja dan rencana pakai rekening ibu saya. Mau memastikan aja berarti saya perlu rekening Koran orang tua & referensi dari bank (b. inggris), surat pernyataan ortu akan membiayai saya di Korea sampe pulang lg ke Indonesia. Betul begitu mas? Dan surat pernyataannya itu bisa kita bikin sendiri kah? thanks sebelumnya mas :)

    Reply
  27. diah

    Mas kalo ke koreanya mau mengunjungi suami yg lagi tugas di sana,bikin visanya gimana? Harus ada undangan dari suami yah?suami saya ngak tahu cara buat undangannya,mungkin ada yg tahu tolong shar dong….makasih yah mas…..

    Reply
    • Frenky Post author

      Coba buka website kedutaan korea, pilih visa jenis kunjungan keluarga. Surat undangan nya coba googling aja, harus nya ada contoh sample nya.

      Reply
  28. Lita

    Hi kak frenky.. saya rencana bln november mau ke korea krn pacar saya org korea. Dia suruh saya datang kesana. Posisi saya sedang tdk bekerja skrg.. semua biaya mau di tanggung sama dia.. itu bikin visa nya gmn ??

    Reply
    • Frenky Post author

      Ini sih apply visa tourist biasa, cuma masalah nya kalau penjamin nya orang Korea sana asli status nya masih pacar, itu ribet yang ada dan kemungkinan reject nya malah lebih besar.

      Di tambah posisi nya tidak bekerja lagi hmm… sorry tidak ada ide, tapi prinsip nya sih ini apply visa tourist biasa aja.

      Reply
  29. mety

    halo kak , mau tanya. saya kerja online shop. kalo ini di bagian pekerjaan, pilih self employed atau apa ya? masih bingung masuk mana.. thanks berat kak

    Reply
  30. Rahmi Wardani

    kak saya fresh graduated, in sya allah kekorea bulan januari pertengahan. kan harus melampirkan rekening koran orang tua & surat keterangan dari orang tua bahwasanya orang tua siap membiayai itu pakai bahasa inggris atau bahasa indonesia? thankyou.

    Reply
  31. Mel

    Kalau blm ada SPT tapi pembuatan visanya dari kantor karena ada training di korea dr perusahaan bakal disertai juga invitation dr perusahaan di korea dan semua transport dan accomodation ditanggung kira2 bakal lolos gak yah? Minus di SPT doang karena memang baru punya npwp dan baru kerja.

    Reply
    • Frenky Post author

      kalau tujuan nya urusan kantor, rasa nya ini apply visa nya bukan jenis visa turis. Lebih tepat nya apply Visa Kebudayaan, Rapat, Seminar, Pameran, Pertandingan Olahraga, Kegiatan Keagamaan, dan Event (C-3-1). Harus nya pasti lolos sih kalau di urus oleh pihak kantor, soalnya penjamin nya kan si kantor.

      Reply
  32. Monicha Rianty

    Halo kak.. Kalo untuk pengajuan online, kalo penghasilan dari jualan online, kira2 bakalan approved ga ya? Apa cukup pake Surat sama rekening korannya? Makasih :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Banyak kok yang usaha online tetap approve, ya asal emang bisa dibuktikan aja. Ya cukup pakai surat sama rekening koran, selebih nya hanya bisa pasrah.

      Reply
  33. Patricia

    Kak saya mau bikin visa korea..klo saya sudah melapirkan rekening koran apa perlu melapirkan slip gaji juga? apa surat keterangan kerjanya harus pake bahasa Inggris?

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau bisa lampirkan, ya lampirkan saja, lebih lengkap lebih baik terutama SPT21, kalau bisa lampirkan diawal lebih baik lagi. Untuk surat ket kerja bagus nya pakai bahasa inggris sih, itu minta ke HRD harus nya udah ada template nya.

      Reply
  34. Nana

    Kak frenky, saya mau tanya. Akhir Oktober ini saya akan ke korea. dan rabu minggu depan sdh mulai ke kedubes. Saya masih fresh graduate dr kuliah. Selain bukti keuangan ortu, surat keterangan pelajar/mahasiswa tidak diperlukan lagi kan?

    Sebelumnya terima kasih…

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Tidak di perlukan lagi kalau sudah lulus. Bisa di bantu dengan tambahan aja surat keterangan ortu akan membiayai seluruh perjalanan travel kamu terus memastikan kamu akan balik lagi ke Indonesia sehabis travelling ke korea, terus tanda tangan orang tua.

      Reply
  35. Jean

    Haii kak aku mau tanya. Saya mahasiswa aktif rencana ke korea nov nnt dan mau ajuin visa minggu depan.
    Saya sudah ada surat ket mahasiswa aktif dari kampus. Dan bukti keuangan saya memakai sponsor ortu saya
    Kira” kalau bukti keuangannya hanya referensi bank, rek koran 3 bulan dan pbb

    Sudah termasuk lengkap blm bukti keuangannya?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Jean,

      Udah cukup sih, sebenar nya PBB kaga perlu, surat ref bank sama rek koran 3 bulan udah cukup, tapi no problem kalau mau di kasih juga PBB nya.

      Reply
  36. lani

    Thanks kak frenky. Postingannya bermanfaat pol. Wktu kakak di tlpn sma dubes korea, mreka ngomongnya pake bhasa indo apa bing kak?

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: