Sulawesi SelatanTravel ( Indonesia )

Penginapan Murah di Toraja ( Wisma Maria 1 )

Wisma Maria 1 - Rantepao, Toraja

Toraja – 21 Maret 2013

Menginap 1 malam di Toraja memang sudah menjadi agenda saya karena berbagai pertimbangan seperti lama perjalanan ke Toraja, tempat wisata di Toraja yang akan di kunjungi dan tidak terlalu di kejar waktu untuk kembali ke Makassar secepatnya. Oleh karena itu sebelum ke Toraja, saya pun browsing-browsing di internet untuk mencari informasi seputar nama dan letak penginapan murah di Toraja terutama di daerah Rantepao.

Total 3 nama penginapan murah di Toraja daerah Rantepao berhasil saya dapatkan, pertama adalah Wisma Maria 1, kedua Pondok Pelangi dan ketiga Wisma Monika. Ketiga penginapan ini berdekatan satu sama lain jadi mudah buat saya untuk mencari kamar di setiap penginapan ini.

Setelah menempuh lama perjalanan sekitar 8 jam dari pool bus Litha di Makassar, tiba juga akhirnya saya di Pasar Rantepao sebagai tempat pemberhentian akhir. Dengan kondisi muka setengah ngantuk dan masih didalam bus, saya melihat di luar bus sudah banyak tukang ojek dan bentor yang menunggu calon penumpang. Saya pun turun dari bus dan langsung di sambut layak nya seorang aktor.

“Mau kemana mas?  Where want to go? Japan? Korean?” kata-kata itu berulang-ulang kali saya dengar dan ga menyangka juga di anggap sebagai turis Jepang atau Korea haha..

Pada awal nya saya mau berjalan kaki saja menuju Wisma Maria 1 yang kata nya dekat sekali dari Pasar Rantepao ini. Tapi ketika melihat percabangan yang mengelilingi monumen berbentuk rumah tongkonan di Pasar Rantepao ini, seketika saya jadi pusing mau berjalan ke arah mana dan beban berat tas di punggung juga membuat saya tidak berani mencoba-coba arah.

Monumen Tongkonan di Pasar Rantepao, Toraja

Saya pun bertanya ke satu tukang ojek yang daritadi menyebut kata “Japan” ke arah saya.

Saya : “Mas, kalau mau ke Wisma Maria 1 ke arah mana ya?”

Ojek : “Udah sini saya anterin, 2 ribu ajah”

Jujur baru pertama kali naik ojek 2 ribu ajah, berarti lokasi nya pasti dekat banget neh…

Saya : “Ya udah deh. tancap mas!’

Di tengah perjalanan ni tukang ojek masih ga percaya saya orang indonesia, dia masih mengira saya orang Jepang! Di tengah perjalanan bercanda-canda ngomong pakai bahasa Jepang gitu dah, gokil banget ni tukang ojek haha..

Pas mau bayar, ni ojek bales terima kasih nya pake kata “Arigatou”! Sempat ketawa juga dengarnya, ni tukang ojek nya mungkin pecinta Anime, JKT48 sama JA* kali yak :ngakak:

Wisma Maria 1 – Rantepao, Toraja

Singkatnya untuk menuju Wisma Maria 1 ini jika dari Pasar Rantepao, tinggal mencari Monumen Tongkonan yang merupakan pusat percabangan. Kemudian ambil ke arah kantor Polisi yang berada dekat Monumen Tongkonan ini. Setelah itu tinggal lurus hingga melewati “Indra Toraja Hotel” dan belok kekiri. Jalan lurus saja hingga menemui Wisma Maria 1 yang terletak disebelah kiri, persisi di depan gereja yang berlambang huruf “A” besar.

Karena saya datang bukan di hari High Season, masih cukup banyak kamar di Wisma Maria 1. Untuk rate nya sendiri antara 100 ribu hingga 150 ribu, tarif yang terjangkau untuk backpacker! Saya sendiri menyewa kamar tipe Single room dengan rate 100 ribu + pajak 10 % sehingga total menjadi 110 ribu rupiah. Fasilitas yang di dapat minim memang, hanya kamar mandi dalam dengan air dingin tapi ga masalah juga karena saya cuma numpang tidur.

Kamar tipe Single Room
Kamar Mandi Dalam – Wisma Maria 1

Oh ya karena udara di Toraja ini sudah dingin jadi tidak diperlukan lagi yang nama nya kipas angin apalagi AC, mungkin air hangat buat mandi aja yang perlu cuma ga terlalu dingin banget air nya dibandingkan Dataran Tinggi Dieng. Di Wisma Maria 1 ini saya mendapat breakfast roti, selai, telor mata sapi dan minuman teh manis hangat (bisa di pilih untuk minuman).

Wisma Maria 1 ini sepertinya sudah populer di kalangan bule backpacker, terbukti waktu breakfast disitu orang indonesia nya tidak ada sama sekali kecuali saya. Bagi anda yang mau menyewa motor untuk berjalan-jalan di Toraja, di Wisma Maria 1 ini juga tersedia loh jasa rental motor.

So apalagi anda datang ke Toraja dan menginginkan tempat penginapan yang murah, Wisma Maria 1 ini dapat di jadikan pilihan!

We Are Born to Be Free!

 

 

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

30 Comments

  • Salam, saya Diaz mau nanya…
    Harga kamar untuk 1 hari 1 malam di Wisma Maria 1 berapa…?
    Trima kasih seblumnya…

  • Selamat pagi…
    Sy mau tanya masih ada 2 kamar ga tuk hari ini di Wisma Maria 1, sy rencana nya tuk 2 malam..

  • Bro, saya rencana mau berkunjung ke toraja ntuk merayakan natal disanna, rencana check in 23 dec.2017 ,untuk 3 malam, kira2 di tanggal itu masih bisa dpt kamar? dan dlm kmr apa ada tv nya? Dan harga nya brpa,

    Thanks,, Resa

  • baca artikel ini jadi bikin semangat travelling ke toraja :senang:
    Salam kenal, mas frenky. saya berencana jalan jalan ke toraja liburan singkat agustus ini, kira kira pas lagi rame nggak?
    berhubung nggak bisa naik motor :lonely: kalau sewa sama tukang ojek nya sekalian berapaan ya? :sweating:
    makasih banyak infonya.

    • Hi Siwi,

      Saya kurang tau kondisi rame atau engga nya karena domisili saya di Jakarta :shy: tapi seperti nya jika tidak ada perayaan rambu solo, toraja tidak terlalu ramai kondisi nya.

      Seperti nya kisaran 100 – 150rb / hari nya ( *bukan pengalaman pribadi* ). :peace:

  • Hii,salama sang torayaan
    Walau saya lahir tdak di toraja tpi saya asli putra toraja!!senang skali baca komen tentang kesan akan toraja!!salam kenal buat kanda frengky ,see u next time !!!pin bbm saya 25dc0f9a(WA 082292159871) hub.kalau dtang ke toraja lagii

    • Salam kenal juga masbro, thanks udah mampir, nanti kalau ada main ke Toraja lagi, pasti saya hubungi :)

  • hay kak..
    Oya..sy berencana tgl 9 akn menginap ke wisma ini, brapaan ya hrgx lw untk kmr 2 org?

    • Hi Endah,

      Kalau waktu itu sih tarif permalam nya total 110 ribu, kamar nya sesuai yg di gambar ;)

  • kalau buat dua orang harga kamar yang biasa berapa?? dan kalau yang ada air hangat nya berapa?

    kalau ke toraja yang wajib di kunjungi ap biar ada kesan pulang dari toraja?

    mohon infonya

    :confused:

  • Thanks banget om atas ulasannya sangat bermanfaat sekali, ane skrg otw ke rantepao n dsh booking kamar di wisma maria, skrg tuk airpanas kamarnya 220rb n tuk air dingin 110rb, sewa motor 60rb,…. sukses selalu om,, klo da yg anak toraja disini,, boleh donk ajak2 ane ngupi2 hehe

    • Wow, lagi di Rantepao ya…

      Thanks info nya ya masbro, semoga perjalanan nya lancar dan menyenangkan selama disana :bye:

  • saya berencana tgl 12 desember ini mau ke makasar…… dan ini perjalanan saya yang pertama kali ke makasar dan seorang diri…. kelihatannya menarik perjalanannya….. bisa tolong di info tempat makan dan tempat wisata yang bisa saya kunjungi??? makasi

    • Hi via, untuk wisata kuliner di makasar yang pasti harus mencoba makan coto makassar. Untuk tempat wisata, bisa mencoba ke Toraja, Tanjung Bira, Pantai Losari, Pulau Samalona, Trans Studio Makassar, itu aja yang cuma saya tahu, semoga membantu :bye:

  • Menarik nih cerita-cerita di Toraja nya hehe, btw kalo bulan November kesana kira-kira lagi rame gak ya? Takutnya kehabisan penginapan. Rencana sih mau nginap di Wisam Maria 1 ini juga, mungkin ada no telp nya? thanks a lot :D

    • Thank you udah mampir bro ;)

      November harus nya biasa aja, bulan Desember apalagi dekat dengan Natal pasti baru rame banget Toraja soalnya pada pulang kampung orang-orang Toraja nya dan ada pesta adat gitu.

      No telpon Wisma Maria 1 – 0423-21165

  • salam. saya fitri dari banjarmasin, kalimantan selatan.

    berapaan sih sewa motornya?

    bulan depan mau jalan2 ke makasar juga ah, kalo dapet tiket murah tapi hihi

    :cheer:

    • Salam juga dari Jekardah :)

      Beda2 sih harga nya, mgkin tergantung nego juga mau pakai berapa hari tapi range nya antara 50 – 60 ribu belum termasuk bensin ya :)

      Semoga jadi ke Makassar nya ya :cheer:

  • hi..
    Kalo tukang ojeknya bisa bilang kamu kayak orang Jepang, berarti face nya mirip orang2 Jepang ya? kalo saya liat juga mungkin bisa bilang orang Jepang..

    saya orang Toraja, dan terakhir pulang kampung taun 2002, udah lama skali gak pulang kampung.
    kalo ke Toraja bisa main ke kampung ku, tempatnya juga gak jauh dari rantepao, naik ojek 15.000.
    BTw, itu ojeknya murah skali 2000, kalo saya kasih aja 5000, biar cukup buat bensin 1liter :)

    have a nice day!

    • Thx loh pujian nya :D

      Iya nanti kalau saya mau ke Toraja lagi nanti di kabarin via blog kamu deh :info:

Leave a Reply