Memperbaiki Laptop Ketumpahan Air dengan Beras

Siapa yang pernah mengalami laptop nya kemasukan air? Entah karena ketumpahan air minum ( kejadian yang sering terjadi ), atau kena hujan deras lalu merembes masuk ke dalam tas laptop, atau paling ekstrem rumah nya kemasukan banjir dan tidak sempat menyelamatkan laptop. Jika laptop sampai kemasukan air pasti probabilitas laptop tersebut tidak bisa menyala sangat besar! Dan kalau laptop tidak mau menyala, pasti bawaan nya pusing bingung harus ngapain apalagi kalau data-data di dalam nya sangat penting, misal nya laptop kantor! :busy:

TRAGEDI LAPTOP KETUMPAHAN AIR

Laptop Ketumpahan Air ( Sumber Photo : https://vimvoxlab.com/ )

Laptop Ketumpahan Air ( Sumber Photo : https://vimvoxlab.com/ )

Gue sendiri baru minggu kemarin mengalami hal ini, kejadian nya sepele banget sebenar nya tapi bisa buat gue gelisah selama 3 hari gara-gara laptop gue mendadak galau gitu. Jadi TKP nya itu dirumah gue di siang hari yang panas, laptop pribadi gue yang posisi nya sedang mati tapi monitor nya terbuka ke atas sehingga area keyboard nya terbuka lebar, gue taruh seperti biasa di atas meja multifungsi, karena dirumah ini gue tidak punya meja khusus buat taruh laptop gitu.

Karena meja multifungsi, jadi sudah biasa di atas meja ini pasti ada tumpukan gelas bekas minum dan kebetulan saat itu gue yang habis minum tapi tidak sampai habis, menaruh gelas yang masih sisa air kurang lebih 150 ml di sebelah laptop. Lalu tiba-tiba istri gue yang kebetulan sedang lewat, entah gimana proses nya, menyenggol gelas bekas minum gue dan seketika malapetaka yang gue tidak harapkan pun terjadi! Air dalam gelas tersebut jatuh tepat di atas laptop gue yang terbuka lebar, waduh! Karena kebetulan kejadian nya tepat depan mata gue, akhir nya gue pun langsung menyelamatkan laptop dengan membalikkan laptop sehingga posisi monitor menghadap ke bawah dan mengeringkan keyboard dengan tissue.

Lalu karena gue yakin banget ada air masuk ke dalam mesin laptop gue, jadi gue memutuskan tidak mau mencoba menyalakan laptop dan memilih menaruh laptop dengan posisi terbalik di sofa dengan harapan air nya tidak masuk lebih dalam ke area motherboard dan sekitar nya yang pasti nya sensitif dengan air. Kalau di tanya kenapa gue tidak membuka baterai laptop, maka jawaban nya baterai laptop gue tipe tanam di dalam dan gue tidak berani buka casing laptop kecuali keadaan nya memang benar-benar terpaksa :desperate:

PERCOBAAN PERTAMA MENYALAKAN LAPTOP SETELAH KETUMPAHAN AIR

Setelah di taruh dengan posisi terbalik laptop nya kurang lebih 4 jam lama nya, akhir nya gue memutuskan mencoba menyalakan kembali laptop gue dengan mengandalkan tenaga baterai, dan hasil nyaaaaaa jeng jeng jeng……. LAPTOP NYA TIDAK MENYALA!!! Gue pun mencoba menekan tombol power sebanyak 3x dan hasil nya masih sama, laptop tidak ada tanda-tanda kehidupan :crying:

Setelah sadar laptop gue keadaan nya mati total karena tidak menyala, gue pun menenangkan diri terlebih dahulu, mencari cara apa yang harus gue lakukan untuk menyelamatkan laptop gue tanpa harus membawa ke tempat service! Sebenar nya gue tau kalau laptop gue bisa di selamatkan dengan mengeringkan nya di beras, tapi permasalahan nya adalah kalau mau keringkan secara efektif gue harus buka casing laptop, lepaskan baterai dan rendam isi dalam laptop ( seperti motherboard, harddisk, dan komponen lain nya ), dan seketika gue pun berpikir gue harus nekat buka casing laptop gue sendirian :hero:

CARI TUTORIAL MEMBUKA CASING LAPTOP

Karena gue butuh tutorial yang jelas banget yang bisa gue contoh, karena itu gue langsung berpikir mencari tutorial cara buka casing laptop di Youtube, dan memang sangat mudah di temukan tutorial nya, thank you yang udah mau share tutorial yang bermanfaat seperti ini! Akhir nya bermodalkan 1 obeng kecil, buka sekrup satu persatu yang ada di casing laptop gue lakukan, sampai akhir nya terbuka semua sekrup yang ada. Gue coba pisahkan casing bawah dengan casing atas laptop dan voilaaaa terbuka dengan lancar, gue bisa melihat isi mesin laptop gue dengan jelas.

RENDAM SATU BADAN LAPTOP DAN BATERAI DI BERAS

Lalu gue mencoba melepaskan baterai tanam dari laptop yang ternyata proses nya mudah, hanya perlu mencabut socket nya saja. Di titik hanya sekedar berhasil membuka casing laptop bagian bawah, gue memutuskan tidak mencoba sekrup motherboard, harddisk dan lain nya karena gue malah takut engga bisa pasang kembali, cukup rumit sih untuk pemula yang modal nekat kaya gue. Ya udah akhir nya gue rendam lah satu badan laptop di dalam satu wadah berisi banyak beras, gue memastikan benar-benar semua komponen laptop gue tertutup oleh beras, kemudian baterai yang gue lepas juga gue rendam dalam beras. Kondisi laptop terendam beras  ini gue tinggalkan sampai keesokan hari nya, atau minimal 12 jam gitu deh.

Laptop nya lagi mandi beras dulu ya...

Laptop nya lagi mandi beras dulu ya…

Baterai Laptop juga di rendam dalam beras ya...

Baterai Laptop juga di rendam dalam beras ya…

MENCOBA MENYALAKAN LAPTOP KEMBALI SETELAH DI RENDAM BERAS

Keesokan hari nya, setelah kurang lebih sudah 15 jam terendam beras, gue pun mmbersihkan laptop dari beras yang masuk ke sela-sela dengan cara kocok-kocok laptop nya. Lalu mencoba memasang kembali baterai tanam nya dan memasang kembali casing bawah laptop nya, untuk sekrup nya sengaja belum gue pasang kembali in case laptop nya perlu di buka lagi. Untuk percobaan menyalakan laptop ini, gue memilih menggunakan baterai laptop saja sebagai sumber listrik.

Dengan penuh harapan tinggi laptop menyala dengan normal, gue pun mencoba melakukan percobaan pertama menekan tombol power laptop dengan gemetaran, dan hasilnyaaa…. jeng jeng jengg….. Tombol Power di keyboard menyala! Lalu terdengar suara mesin menyala kembali, tapi layar laptop masih blank total. :confused:

Gue menunggu sekitar 3 menit, sebelum memutuskan mematikan laptop secara paksa kembali dengan menekan tombol power agak lama. Kemudian percobaan kedua menyalakan laptop kembali, tunggu sejenakkkk dan layar laptop gue menampilkan logo merk laptop gue yang arti nya laptop gue berhasil booting! Yeahhhh….. :sweating:

Ending nya laptop gue berhasil login secara sempurna ke sistem operasi Windows. Terus gue langsung buru-buru cek tombol keyboard nya apakah berjalan dengan sempurna semua, dan untung nya baik-baik saja semua tombol keyboard nya :wow:

TIPS JIKA LAPTOP KETUMPAHAN / KEMASUKAN AIR

Dari pengalaman berharga laptop gue yang ketumpahan air hingga tidak bisa menyala, gue bisa simpulkan beberapa tips yang berguna buat anda jika mengalami kejadian sama seperti yang gue alami :

  1. Cabut segera colokan listrik yang menyambung ke laptop dan apabila memungkinkan cabut baterai di laptop ( apabila bukan baterai tanam )
  2. Jangan mencoba menyalakan laptop jika belum di lakukan pengeringan isi dalam laptop karena sangat berpotensi menyebabkan konslet yang malah membuat laptop rusak permanen
  3. Mencoba membuka casing laptop, tutorial nya bisa mencari di Youtube
  4. Rendam laptop di beras setidak nya 12jam jika ketumpahan air nya tidak banyak. Tapi kalau sampai 1 laptop kerendam air, lebih baik rendam dalam beras setidak nya 3 hari lama nya
  5. Pastikan tidak ada beras yang tertinggal di dalam mesin laptop terutama nya di area bergerak seperti dalam area kipas atau dalam harddisk karena berbahaya bisa menyebabkan kipas rusak dsb nya
  6. Ketika melakukan percobaan menyalakan kembali laptop, pakai tenaga baterai ya
  7. Berdoa kepada Tuhan YME laptop menyala kembali dengan sempurna dan tidak ada kerusakan cacat di fungsi-fungsi lain nya misal nya tombol keyboard nya jadi ngaco

4 thoughts on “Memperbaiki Laptop Ketumpahan Air dengan Beras

  1. Sintia Astarina

    Dulu kantor laptop sempet ketumpahan air minum yang ditaruh di meja. Beberapa tuts keyboard mati, bisa jadi gara-gara ketumpahan air itu. Udah takut aja disuruh ganti. Haha. Harusnya bisa coba juga nih cara ini. Aku pikir cuma works di HP yang kecemplung doang, buat laptop juga bisa, toh. Makasih infonya :D

    Reply
  2. Nasirullah Sitam

    Aku pernah dulu kehujanan lebat sampai masuk air. Untung tidak masalah, padahal sudah takut ahhahahahah. Aku ingat dulu kujemur selama seharian, dan hari esoknya baru berani menghidupkan.

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: