Others StoryOtomotif

Kelebihan dan Kekurangan memakai Box Motor

Tak terasa sudah setahun lebih motor gue sudah menggunakan box motor besar berukuran 42L. Di awal-awal pemakaian memang agak susah untuk membiasakan diri membawa motor yang memakai box, tetapi untung nya sekarang sudah terbiasa dan tidak ada masalah hingga sekarang. Dari pengalaman tersebut, gue ingin menyimpulkan tentang kelebihan dan kekurangan memakai box motor.

 * * * * *

KELEBIHAN

Dapat membawa banyak barang. Untuk hal ini sangat berhubungan dengan ukuran box motor yang di pilih. Sebagai contoh, ukuran box motor gue yang berukuran 42L bisa menampung 1 helm full face, jas hujan, sarung tangan, rantai dan sandal secara bersamaan. Sengaja gue tidak memilih ukuran box yang terlalu kecil dan terlalu besar karena faktor kenyamanan.

Meminimalkan kerugian ketika di tabrak dari Belakang atau Samping. Untuk hal ini gue sendiri punya pengalaman pernah di tabrak dari belakang karena rem mendadak yang dilakukan kendaraan depan gue, otomatis gue pun ngerem mendadak dan sebagai akibat nya motor gue pun di tabrak dari belakang. Tetapi untung nya karena memakai box motor maka yang di tabrak hanya lah box motor, buat gue tidak masalah karena cuma lecet-lecet aja box motor tersebut di bandingkan pecah lampu belakang atau spakbor belakang.

Apabila jatuh, motor masih mendapat penyangga dari box motor. Untuk hal ini gue sendiri belum pernah mengalami dan jangan sampai mengalami deh, tapi kalau menurut gue hal itu bisa terjadi karena lebar box motor seukuran dengan lebar motor.

Menambah gaya pada motor. Untuk hal ini mungkin tergantung dari model box, bracket dan aksesoris yang di pakai untuk menunjang gaya pada motor. Gue pernah melihat motor yang memakai wing rack dan box yang sudah di modif lampu nya menjadi tambah keren motor nya :good:

Memberikan senderan pada penumpang. Menurut teman-teman gue yang pernah nebeng bareng gue, mereka menyatakan nyaman karena bisa bersender pada box motor gue :ngakak:

Mengurangi niat perampok yang mau mencuri motor dengan box. Masalah ini berhubungan dengan susah nya untuk orang pertama kali yang membawa motor memakai box apalagi yang mau mengebut di jamin susah bos! Kalau misal kan gue di rampok, pasti nya gue kejar terus gue dorong aja box nya, dijamin pasti jatuh dah yang ngerampok motor gue :evilsmirk:

KEKURANGAN

Menyalip di tengah kemacetan menjadi susah. Menurut gue ini adalah kendala utama memakai box motor. Awal-awal pemakaian memakai box motor, gue sendiri pernah menabrak mobil ketika menyalip karena salah mengukur jarak, untung nya sekarang sudah tidak masalah lagi karena sudah terbiasa. Saran gue ketika menyalip adalah mengambil jarak lebih panjang dari biasa, gunakan kaca spion untuk melihat kondisi belakang dan jangan terburu-buru ketika menyalip.

Keseimbangan motor terganggu ketika ada angin kencang. Di musim hujan ini ketika ada angin kencang lewat, pasti motor gue menjadi goyang entah ke kiri atau ke kanan tergantung dari arah angin. Solusi nya ketika ada angin kencang lewat, gue memilih melambatkan motor atau menepi terlebih dahulu, daripada tidak stabil ketika berkendara.

Box motor mudah lecet akibat di serempet. Untuk masalah ini memang sudah tidak bisa di hindarkan lagi apalagi di tengah kemacetan. Gue sendiri lebih memilih mengikhlaskan nya ketika di serempet daripada marah-marah dengan pengendara yang menyerempet, pengalaman sih yang nyerempet biasa nya langsung kalem berkendara nya sehabis nyerempet box motor gue, padahal gue biasa-biasa ajah :ngakak:

Penumpang susah naik ke motor akibat terhalang kaki nya. Yang ini secara tidak langsung juga menjadi masalah bagi orang yang mau numpang motor gue, terutama yang orang nya tinggi. Gue sendiri terpaksa harus memajukan badan gue sangat maju ketika penumpang mau naik agar kaki nya dapat mudah naik.

Pada beberapa tempat lebih susah untuk parkir motor karena keterbatasan tempat. Yang ini pernah di alami ketika gue harus bertemu tempat parkir yang terbatas ruangnya sehingga harus berputar-putar agak lama di tempat parkir untuk mencari space parkir motor yang lebih luas.

* * * * *

Sementara ini cuma itu saja hal-hal yang menurut gue adalah kelebihan dan kekurangan memakai box motor. Mungkin ada yang mau menambahkan? Ditunggu comment nya :beg:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

6 Comments

  • Cbr 150 r thailand sy pake box belakang knapa klo lari 30an ke atas skarang stang motornya jd goyang ya klo kita pegang stangnya santai kaya kasus tank sleper.. sementara klo box dan bracketnya di leppas, stangnya goyang klo lari diatas 100 jk lepas tangan atau santai pegang stang motornya.. punya masukan gak bang?

  • Gw beli box dr thn 2014, shad sh40. Ga besar ga kecil. Pas sm body gw dan motor NvL gw. Bracket beli yg bagus, waktu itu beli kucay lampung biar bs digeser2, tp ternyata gabisa buat senderan rider. Itupun kala itu ternyata ga begitu pas, jd pas barang nyampe, hrs gw modif lg jok dan bracketnya. Ga nyesel beli box, karna ngebantu bgt. Emang buat doi naik aga susah, tp kalo udah diatas katanya sih mantap, bisa nyenderan lepas lelah.. Malah dia yg ketagihan. Secara naiknya cuma brp detik dibanding duduk dimotornya bisa berjam2.

  • Bang, share pengalaman dong, pakai side box motor terasa gedek gak kalo dipake jalan 80km ke atas

    • Waduh bang sayang nya motor saya pakai nya Top Box aja nih, kalau pengalaman Top Box sih kalau di bawa 80 km atas jika angin samping nya kencang bisa ikut goyang keseimbangan motor, tapi kalau side box seharusnya tidak masalah cuma mungkin buat nyalip nya agak lebih susah aja kali ya.

Leave a Reply