Jawa BaratTravel ( Indonesia )

Kawah Putih, Situ Patenggang, Tangkuban Perahu – Wisata Alam di Bandung

Pemandangan Kawah Putih - Ciwidey

Liburan singkat ke wisata alam di Bandung Utara ( Lembang ) dan Bandung Selatan ( Ciwidey ) sebenar nya sudah beberapa kali gue lakukan sejak SMA dulu dan memang yang paling di ingat hanyalah Kawah Putih, Situ Pattengang dan Tangkuban Perahu sedari dulu. Pada tanggal 30 November – 1 Desember 2013 yang lalu, gue dkk dalam rombongan kecil pun kembali pergi kesana dalam rangka melepas penat akibat kerjaan dan sekalian coba-coba kuliner di sana :star:

Berangkat dari Jakarta menggunakan mobil pribadi, gue yang bertindak sebagai supir mulai masuk Tol Tanjung Duren pukul 07.00 dengan tarif 7000 rupiah dan karena akan langsung menuju Kawah Putih maka gue pun memutuskan untuk keluar di Tol Kopo sekitar pukul 09.30 dengan tarif 48500 rupiah. Keluar dari Tol Kopo langsung belok kanan menuju Soreang dan macet pun sudah mulai menghadang dari sini. Dari titik ini untuk mencapai Ciwidey lalu Kawah Putih tinggal lurus saja, kira-kira 2 jam perjalanan jika macet.

Kawah Putih, Ciwidey

Pemandangan Kawah Putih – Ciwidey

Perjalanan menuju Kawah Putih saat itu cukup menyenangkan karena tidak terlalu macet, apalagi sudah di sekitar Ciwidey, udara sudah mulai terasa dingin yang buat perasaan jadi senang. Dan akhir nya sekitar pukul 12.00, gue dkk pun sampai di sini setelah mampir dulu di sebuah warung makan untuk makan pagi + siang sekaligus.

Untuk Harga Tiket Kawah Putih ( Per 30 November 2013 ) :

  • Tiket Masuk Rp 15.000 / orang
  • Ontang-Anting Rp 13.000 / orang  ( Angkot Khusus untuk ke Kawah )
  • Parkir Motor Rp 6000
  • Parkir Mobil Rp 6000
  • Membawa Mobil Pribadi ke Kawah Rp 150.000
  • Pre-Wedding Rp 500.000
Ontang Anting di Kawah Putih – Ciwidey

Gue dkk lebih memilih naik Ontang-Anting karena selain faktor biaya, juga karena faktor ingin merasakan sensasi off-road secara tidak langsung soalnya sopir nya bawa mobil nya kencengggg bener, alasan nya biar kuat nanjak. Begitu sampai di Kawah nya, bau belerang sudah mulai menyengat di hidung, bagi yang tidak tahan, bisa membeli langsung disana karena penjual masker bertebaran.

Ramai Pengunjung di Kawah Putih
Narsisssss Mode ON

Saat itu kondisi pengunjung ramai karena faktor weekend dan cuaca nya cerah sekali, gue dkk pun langsung foto-foto menuntaskan dahaga kenarsisan kami HAHAHA…

Situ Patenggang – Ciwidey

Situ Patenggang – Ciwidey

Destinasi berikut nya setelah dari Kawah Putih adalah menuju Situ Patenggang yang letak nya sekitar 5 km dari Kawah Putih.

Untuk Harga Tiket Situ Patenggang ( Per 30 November 2013 ) :

  • Tiket Masuk Rp 6000 / orang
  • Parkir Mobil Rp 12000
Lokasi Batu Cinta dari Kejauhan

Maskot yang terkenal di sini adalah Batu Cinta yang terletak di tengah-tengah Situ Patenggang ini. Untuk mencapai Batu Cinta ini, alternatif pertama adalah menyewa kapal yang tarif per orang sekitar 30 – 50 ribu / orang (tergantung nego), alternatif kedua adalah berenang sendiri kalau kuat :ngakak:

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu – Bandung

Tangkuban Perahu ini lokasi nya jauh dari Kawah Putih dan Situ Patenggang karena berada di Bandung Utara atau tepat nya dari Lembang lurus terus saja. Berbeda dengan Kawah Putih, di Tangkuban Perahu ini membawa mobil pribadi hingga ke Kawah tidak di kenakan biaya tambahan.

Untuk Harga Tiket Tangkuban Perahu ( Per 1 Desember 2013 ) :

  • Tiket Masuk Rp 13000 / orang
  • Parkir Mobil Rp 10000
Keramaian di Tangkuban Perahu

Bagi anda yang suka berbelanja entah untuk koleksi atau oleh-oleh, di sini banyak sekali penjual aksesoris yang lucu-lucu dan makanan ringan yang cocok di jadikan oleh-oleh. Duduk-duduk sambil beristirahat sejenak di Tangkuban Perahu merupakan pilihan tepat untuk melepaskan penat dan lelah.

Salam Perpisahan dari Tangkuban Perahu

Itu saja pengalaman singkat trip gue ke wisata alam di Bandung, semoga berguna buat anda yang membaca!

We Are Born to Be Free!

 

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

2 Comments

  • Halo mas, mau nanya ada gak transportasi umum yg sampe ke situ patenggang & tangkuban perahu.
    jd kita student backpacker yg pgn explore bandung dgn modal nekat nih..
    tolong dibantu mas..
    thankyouu :peace:

Leave a Reply