Perjalanan Makassar ke Tana Toraja

Menuju Tana Toraja sudah menjadi agenda utama saya ketika datang ke Sulawesi Selatan ini. “Racun” dari buku-buku travel, artikel di blog atau forum yang membahas Tana Toraja membuat saya terpincut untuk menghampiri nya dan syukur nya keinginan itu sudah tercapai! Walau hanya pergi sendirian ke Tana Toraja, tetapi ternyata selama di sana tetap seru dan saya mendapat pengalaman-pengalaman lain yang berkesan, kesimpulan sementara seru juga ternyata solo travel! hahaha :D

Untuk menuju Tana Toraja dari Makassar dapat di tempuh dengan jalur Darat dan jalur Udara. Jalur darat umum nya memakan waktu sekitar 8 – 9 jam perjalanan dan dapat menggunakan bus atau mobil pribadi. Sedangkan jalur udara hanya memakan waktu  45 menit saja tapi dari sisi harga pasti nya lebih mahal mungkin sekitar 4x harga bus. Saya sendiri karena solo backpacker, otomatis menggunakan jasa bus dan bus yang beruntung yang saya gunakan adalah bus Litha bertarif 100 ribu dengan jam keberangkatan pukul 9 malam.

Sehabis berkelana dari Maros, saya pun segera menuju ke Makassar menggunakan pete-pete. Saya awal nya mengira jarak Maros menuju Pasar Sentral di Makassar bisa di tempuh 1 jam saja, ternyata ke “sotoy” an saya tidak seperti diharapkan. MACET nya Makassar yang persis banget kaya di Jakarta dan jarak Maros – Pasar Sentral, Makassar yang jauh membuat saya 3 jam kemudian baru sampai di Pasar Sentral, Makassar.

Ngomong-ngomong kenapa saya harus ke Pasar Sentral segala ya? Padahal kan pool bus Litha ada di Jl. Urip Sumoharjo yang letak nya jauh sebelum Pasar Sentral. Jadi gini, kebetulan saya mendapat kenalan orang asli Makassar yang sudah baik hati mau membantu membelikan tiket bus Litha sehari sebelum nya dan domisilinya disekitar Pasar Sentral, begitu… Tetapi waktu sampai dirumah nya, saya juga numpang mandi sih berhubung lengket banget badan :sweating:

Singkatnya saya pun akhirnya diantar menggunakan motor sampai ke pool bus Litha di Makassar karena keterbatasan waktu yang ada. Sekilas melihat pool nya cukup luas dan terlihat 5 bus berukuran besar sedang berbaris rapi. Masuk kedalam terlihat banyak calon penumpang yang sedang duduk dan saya pun mencari-cari keterangan tentang bus menuju Toraja. Setelah menemukan bus yang dimaksud, sekilas bus nya terlihat nyaman karena jarak antar seat yang lebar dan pasti nya mudah untuk tidur nyenyak :senang:

Bus Litha menuju Toraja

Dan Ternyata memang benar dugaan saya, begitu masuk bus Litha jurusan Toraja ini suasana nyaman sudah terasa. Pertama karena jarak antar seat yang lebar, kedua karena pada kursi terdapat fasilitas penyanggah kaki dan ketiga di sediakan selimut, pas banget buat saya yang tidak tahan dingin! :ill:

Jarak Seat yang Luas

Penyanggah Kaki di Kursi Bus Litha

Perjalanan menuju Toraja ini saya duduk bersama seorang ibu asli Toraja yang tinggal di Rantepao. Kami mengobrol singkat seputar Jakarta, Toraja dan anak-anak si ibu yang sudah berkeluarga, padahal ngarep di kenalin gitu kalau masih ada anak gadis haha.. Tak terasa 1 jam perjalanan berlalu dan saya pun sudah mulai tertidur lelap, tapi saya ingat bus berhenti 2x sekitar pukul 11 malam dan 2 pagi tapi saya tidak tahu lokasi persis nya dimana berhubung gelap dan baru pertama kali ke Toraja.

Tetapi yang pasti bus sampai di Pasar Rantepao pukul 05.00 pagi dan di turunkan persis di depan perwakilan bus Litha di Pasar Rantepao ini. Buat anda yang susah bangun, tidak perlu khawatir! Karena pasti di bangunkan oleh si kenek seperti saya contohnya yang di bangunkan sampai dengan 3 bahasa ( toraja, indonesia dan bahasa inggris ) :ngakak:

Interior Seat Bus Litha

So buat anda yang solo travel dan mau ke Toraja, gunakan saja transportasi bus ini, selain nyaman tentu saja bisa menghemat ongkos tidur semalam di penginapan. Tidur di bus ini ga kalah nyaman dengan tidur di penginapan karena suspensi bus nya empuk banget padahal belum pake “Air Suspension” loh, gimana yang pake “Air Suspension”, coba sendiri dah!

24 thoughts on “Perjalanan Makassar ke Tana Toraja

  1. Magdalena

    Mas bisa kasih masukan untuk penginapan n daerah tujuan wisata di tana toraja beserta harga nya?

    Reply
  2. ulie

    halloo mas,salam kenal,,minggu don Aku ma suami akan liburan ke makasar dan pastinya aku uda arrange utk rent car slama perjalanan darat dr makasar ke toraja,,pertanyaan aku adalah,,selama 8/9 jam di tempuh darat dr makasar ke toraja,apakah ada tempat wisata yang bisa dikunjungi dan apakah ada fasilitas hotelnya?apakah Aku boleh tau tempat yang hrs kami kunjungi sebelum sampai toraja(yang sejalan)??trimakasih atas bantuannya

    Reply
  3. ernie rahma

    Klo dr jw tngh..apa hrus ke jkt dlu untuk naik bis ke makasar..soalny saya pengin brkunjung ke tana toraja,,tp ga tau rutenya.. :ngakak:

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau dari jawa tengah, cari penerbangan domestik aja ke makasar, mungkin bisa dari Jogja atau dari Surabaya.

      Dari Makasar tinggal cari rute bus aja deh ke Tana Toraja.

      Reply
  4. chilunk

    Hay gan,,jarak tempuh mks toraja itu sekitar brp jam dan melewati kabupaten apa saja….rencananya seh mau naik motor.

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup harus di coba masbro solo travelling, biar dapat pengalaman baru :)

      Tana Toraja juga tempat yang menyenangkan :cheer:

      Reply
  5. jokole

    kalo jln darat dari makasar ke tana toraja disiang hari bgm nyaman gk/kondisi jln aspanya (by spd motor)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hai mas, seingat saya sih jalan nya ga terlalu mulus banget ya ( masih ada beberapa lubang ) terus jalan nya meliuk-liuk karena Toraja berada di dataran tinggi :)

      Reply
  6. Dade Yasin

    Saya 20 thn yl ke toraja. Jadi pengen lagi ke sana….insya Allaoh minggu depa ada kesempatan ke sana. Trims atas infonya ada pesawat dari makassart ke toraja…

    Reply
    • Frenky Post author

      Senang bermanfaat untuk anda, semoga perjalanan ke Toraja nya lancar2 aja ya mas :)

      Reply
  7. marti

    salam kenal mas bro.
    selain bus litha dari makasar ke toraja apakah ada bis lain?
    bila seandainya melakukan penerbangan dari makasar ke tana toraja berapaan ya tarifnya mas dan maskapai apa dari makasar ke torajanya. :yeah: rencana tgl 13 maret ke makasar dan pengen solo travel ke toraja. thanks infonya.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hallo masbro, yang gue tau selain itu ada bus Bintang Prima :)

      Untuk penerbangan kisaran sekitar 500 ribu an skali penerbangan, untuk maskapai nya belum cari info nih bro :(

      Paling praktis dan teruji cocok untuk backpacker dan solo travel, pakai transportasi bus dah paling maknyos lah bro :good:

      Reply
  8. Booonchu

    Mas mau nanya, kalo dari Toraja balik ke Makassarnya naik bis ini adanya jam brp aja ya?
    terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi sis, kalau detil-detil jam nya kurang info ni, tapi kalau gue sendiri waktu itu ambil jam pulang dari Rantepao (Toraja) ke Makassar nya jam 8 malam.

      Dapat info dari web sebelah, jam paling pagi nya jam 07.30 pagi terus keberangkatan kedua jam 09.00 dan seterus nya.

      Untuk detil nya coba telp ke sini aja langsung ke perwakilan Bus Litha di Toraja :)
      Alamat Jl Pahlawan, Rantepao Phone +62 423 21204

      Reply
  9. chocky

    hola bro… salam kenal sebelumnya. :)
    nanya dong, itu bisnya paling malem jam berapa ya? rencana sama temen mau ke Toraja, tp kami ke Makassar-nya bakal malem banget. penerbangan dr Jakarta jam 10 malem.. jadi biar bisa langsung cabut gitu. *ogah rugi waktu* hahaha…

    trims!

    Reply
    • Frenky Post author

      Yo bro, lam kenal juga ;)

      Seinget gue paling malam itu bus nya jam 10 malam bro.

      Tapi bus nya ada yang berangkat pagi – siang gitu nyampe nya sore, tapi gue kaga tau jam-jam nya, coba telp langsung aja ke perwakilan bus nya ya :)

      Jalan Urip Sumoharjo km 7, Makassar
      Telepon : 0411-442263

      Reply
  10. hermawan yo

    cool.. jd termotivasi untuk solo traveling jg niy, kebetulan jg sdg tertarik untuk traveling k Makassar & Toraja. Thx sharing nya brow. Salam

    Reply
    • Frenky Post author

      yoi bro, harus di coba biar dapet pengalaman nya, smoga lancar ya solo travelling nya :D

      Reply
  11. Firsta

    Hi, Thank you buat sharingnya. Pas banget nih lagi cari bis untuk ke Toraja. Cuma lebih prefer berangkat subuh, supaya bisa liat pemandangan :)
    Happy Travel!

    Reply
    • Frenky Post author

      Berarti kita berebeda, kalau saya lebih prefer pergi malam buat menghemat biaya penginapan :)
      Happy Travel juga!

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: