Hari 3 : Pengalaman Keliling Tokyo Full Day ( Shibuya, Harajuku, Akihabara )

Pada hari ketiga di Jepang ( Sabtu, 27 Juni 2015 ) ini, fokus jalan-jalan gue benar-benar hanya di kota Tokyo, dan sedih nya juga hari ini merupakan hari terakhir di Tokyo, karena malam nya gue akan berpindah kota dari Tokyo menuju Kyoto menggunakan Bus Willer Express. Yang pasti jika gue berkesempatan lagi ke Jepang, maka gue akan prioritaskan untuk kembali datang ke kota Tokyo :star:

Alarm pagi yang gue setel sebelum nya di jam 07.30 sukses membangunkan gue dengan sempurna dari mimpi indah. Pagi itu keadaan fisik gue sangat segar, terima kasih atas ranjang nya yang nyaman ya Hostel “Khaosan Tokyo Laboratory”. Gue pikir saat itu gue udah bangun cukup pagi, ternyata teman gue lebih pagi lagi bangun nya, udah mandi pula waduh!!! Akhir nya buru-buru dah usaha melek-in mata terus mandi, karena sesuai rencana yang sudah di plan malam sebelum nya, jam 09.00 kita sudah check out untuk explore kota Tokyo.

Setelah selesai packing barang dan memastikan tidak ada yang barang tertinggal di kamar, kemudian kita lapor ke resepsionis “Khaosan Tokyo Laboratory’ untuk check out dan sekaligus meminta tolong titip tas koper hingga nanti malam. Walaupun di tiap station ( hampir ) ada loker penitipan tas ( berbayar ), tapi kalau ada yang gratis kenapa harus bayar ?!? hahaha….

Itinerary Keliling Tokyo ( Shibuya, Harajuku, Akihabara ) (27 Juni 2015) SelectShow

* * * * *

JALAN-JALAN ASYIK DI SHIBUYA ( TOKYO )

Information : SHIBUYA Japan Guide

Suasana Asakusa Pagi itu

Suasana Asakusa Pagi itu

Sarapan Sandwich Pagi itu, Family Mart dekat Hostel, Sushi "Cukup" Murah

Sarapan Sandwich Pagi itu, Family Mart dekat Hostel, Sushi “Cukup” Murah

Sebelum menuju Shibuya Station dari Asakusa Station, pagi itu gue hanya sarapan ringan berupa sandwich isi daging ham dan keju seharga 220 Yen, lumayan bisa buat kenyang sampai jam makan siang. Sempat mampir juga ke salah satu toko Sushi di Asakusa, harga nya sih murah, cuma karena masih pagi jadi gue kurang nafsu makan Sushi. Oh ya Suasana Asakusa saat itu cukup sepi, apa pengaruh hari Sabtu ya jadi belum mulai aktivitas nya?! Entahlah…. Tapi yang pasti jalanan Asakusa itu lebar untuk ukuran kota Jakarta, trotoar nya juga lebar, jadi asyik banget deh buat jalan kaki.

Tujuan pertama hari itu adalah menuju “Patung Hachiko” yang berada di pintu keluar Shibuya Station ( Hachiko Exit ). Untuk rencana keliling Tokyo hari ini, gue masih mengandalkan “Tokyo Subway Pass – 2 Days” yang di beli di hari sebelum nya, lumayan banget jadi irit ongkos gara-gara pakai Pass ini :yeah:

Patung Hachiko di Shibuya Station

Patung Hachiko di Shibuya Station

Pintu Exit Shibuya Station di depan Patung Hachiko

Pintu Exit Shibuya Station di depan Patung Hachiko

Sengaja gue memilih Patung Hachiko sebagai tujuan utama karena di titik ini gue sudah janjian dengan teman lain nya untuk gabung dalam rombongan, selain itu biar berasa kaya orang Jepang asli yang kata nya biasa janjian di Patung Hachiko ini sebagai tempat meeting point. Sepengamatan gue juga mengatakan memang Patung Hachiko ini paling cocok di jadikan meeting point, karena posisi nya persis di depan exit Stasiun Shibuya, dekat juga dengan Shibuya Crossing dan juga terletak di pusat kota Tokyo.

Nah sambil nunggu teman gue datang, pasti nya pengen foto-foto cantik dulu di Patung Hachiko, eh buset, buat foto di Patung Hachiko ini harus sabar antri ya, karena banyak turis-turis lain juga yang mau foto, terus juga engga bisa foto WeFie lama-lama di sini haha.. engga enakan sama yang antri :lonely:

WeFie Seru di Shibuya Crossing - Tokyo

WeFie Seru di Shibuya Crossing – Tokyo

Karena teman gue sudah bergabung dalam rombongan, sebelum jalan-jalan di area Shibuya ini, tidak lupa WeFie wajib dulu di Shibuya Crossing ( tempat nyebrang jalan ) yang suasana nya selalu ramai pake banget!!! Gue inget banget keseruan foto WeFie di Shibuya Crossing ini buat ngatur timing cepat-cepatan sama ngatur posisi kamera yang tepat dan akurat, sungguh penuh perjuangan tapi puas sih haha… ada beberapa orang juga kaya bingung gitu lihat kamera XIaomi Yi gue, mungkin karena masih belum terlalu populer di bandingkan GoPro kali ya :sigh:

Di area Shibuya ini banyak banget tempat shopping tapi sayang karena gue kurang tertarik banget buat belanja dan juga kurang familiar dengan nama toko tempat belanja yang menarik harga nya, jadi ujung-ujung nya mampir ke Uniqlo sama H&M di Shibuya karena kebetulan teman gue mau shopping kesana. Gue yang ikutan masuk ke dalam, yang awal nya tidak tertarik belanja pada akhir nya ( terpaksa ) beli juga baju, celana, kaos kaki gara-gara lihat harga nya yang menarik, model  dan yang pasti Brand nya :wow:

Banyak Orang Lalu Lalang dan Tempat Belanja di Shibuya - Tokyo

Banyak Orang Lalu Lalang dan Tempat Belanja di Shibuya – Tokyo

Uniqlo, BIC Camera, Etc ( Shopping Area at Shibuya )

Uniqlo, BIC Camera, Etc ( Shopping Area at Shibuya )

* * * * *

KULINER ICHIRAN RAMEN DI SHIBUYA

Ichiran Ramen Official Website : Ichiran Ramen Link

Selesai shopping di H&M dan Uniqlo, saat itu kondisi perut gue tiba-tiba ‘menjerit’ minta di isi karena memang sarapan pagi cuma roti sandwich di tambah mengeluarkan tenaga ‘cukup banyak’ untuk cuci mata di area Shibuya ini, jadi nya saat itu gue pengen cepetan cari restoran buat makan siang di Shibuya ini. Gue biasa nya tipikal masuk rumah makan yang ada di depan mata aja biar cepat dan praktis, tapi untung teman gue memberikan ide untuk makan “Ichiran Ramen” di Shibuya ini ( Thanks buat teman gue yang memberikan ide ) :cheer:

Setelah cek pake aplikasi google maps sebentaran dan ketemu lokasi nya yang ternyata tidak terlalu jauh dari posisi gue berdiri saat itu, akhir nya berangkatlah kita dengan berjalan kaki tentu nya… Nah di saat mau nyebrang di Zebra Cross gitu, eh engga sengaja ketemu rombongan “Cosplay Mario Bros dan Kawan-Kawan nya” lagi naik sepeda mobil, seperti nya mereka mau ke lokasi Harajuku Street yang lokasi nya memang tidak terlalu jauh dari Shibuya. Yang gue lucu ada Cosplay Donkey Kong nya, sampai bawa pisang dan di makan :ngakak:

Donkey Kong, Mario Bros, Luigi, Dkk

Donkey Kong, Mario Bros, Luigi, Dkk

Nah sesampai nya di depan pintu Ichiran Ramen di Shibuya, feeling gue langsung mengatakan memang Ramen nya pasti jaminan enak! Kenapa gue langsung berpikir gitu?! Soalnya antri nya ‘lumayan’ panjang saat itu, gue antri sekitar 30menit baru bisa masuk ke dalam, tapi jamin worth it banget antri buat makan di sini!

Acara makan di Ichiran Ramen juga merupakan pengalaman pertama gue memesan makan di “Vending Machine”, jadi di sini engga ada penjaga kasir nya. Cara memakai mesin nya juga mudah, masukkan duit nya dulu, terus pilih makanan yang mau di pesan, keluar deh kembalian nya sama tiket pesanan, saat itu gue hanya memesan Ramen Porsi Regular harga nya 790 Yen. Habis itu di kasih selembar kertas buat di isi detail pesanannya mulai dari kekuatan rasa nya, tekstur mie nya mau gimana, kekuatan pedas nya dan lain-lain nya.

Logo Ichiran Ramen, Mesin untuk Pesan Makanan, Check List Selera Makanan tiap orang

Logo Ichiran Ramen, Mesin untuk Pesan Makanan, Check List Selera Makanan tiap orang

Kemudian yang unik dari Ichiran Ramen ini adalah tempat makan nya yang berbentuk bilik-bilik, sehingga tempat nya engga cocok banget buat ‘kongkow’ lama-lama apalagi di tambah yang ngantri banyak haha.. Di tiap bilik ini cuma tersedia satu keran dan gelas nya buat air minum, tombol bel jika mau nambah dan sekat jendela yang bisa dibuka tutup buat memberikan orderan pelanggan.

Ketika acara makan Ramen nya dimulai, gue coba usaha terus konstan untuk makan Ramen sampai berbunyi “slurrpppp…..” buat membuktikan bahwa ramen nya enak, budaya orang Jepang seperti itu memang, terbukti orang sebelah kanan gue yang orang Jepang asli makan nya bunyi melulu :sweating:

Soal rasa, Ichiran Ramen ini taste nya kuat tapi engga bikin eneq, mie nya sendiri tidak ada rasa, jadi rasa nya benar-benar full dari kuah kaldu nya. Maka nya harus makan mie bersama kuah nya biar ada rasa di mulut. Habis selesai ritual makan siang, gue sempat kan selfie dulu lalu langsung keluar agar pelanggan berikut nya bisa masuk.

Ichiran Ramen dan Keran Air Minum

Ichiran Ramen dan Keran Air Minum

Suasana Bilik di Ichiran Ramen Shibuya

Suasana Bilik di Ichiran Ramen Shibuya

* * * * *

JALAN KAKI DARI SHIBUYA KE HARAJUKU

Peta dari Shibuya ke Harajuku ( Takeshita Street )

Peta dari Shibuya ke Harajuku ( Takeshita Street )

Sehabis perut kenyang dan hati pun senang, perjalanan di lanjutkan menuju Harajuku. Sebenar nya cara termudah buat ke Harajuku adalah menggunakan Kereta JR ke Harajuku Station, cuma karena posisi gue saat itu di Ichiran Ramen udah dekat ke Harajuku ( kurang lebih 1.5 km ), ya udah akhir nya tanpa pikir lama opsi jalan kaki langsung di pilih lah.

Seinget gue jalan kaki nya tidak terlalu melelahkan walaupun jalan nya agak menanjak keatas, faktor tidak ada polusi udara dan juga trotoar yang lebar mungkin faktor plus yang gue paling suka untuk jalan-jalan santai di Jepang. Setelah 15menit berjalan, tak terasa gue udah sampai di atas jembatan penyebrangan di sekitar “Yoyogi National Stadium”. Kebetulan ternyata saat itu suasana nya lagi rame banget karena sedang ada konser penyanyi Jepang “Yukari Tamura”, nah first impression gue lihat foto nya yang masih imut-imut banget di mobil, gue mikir ini pasti umur nya masih sekitar 20-25an, eh ternyata pas browsing internet umur nya dah 39 :kaget:

Yoyogi National Stadium

Yoyogi National Stadium

WeFie dulu di Jembatan Penyebrangan hahaha...

WeFie dulu di Jembatan Penyebrangan hahaha…

Gerbang Masuk ke Yoyogi Park

Gerbang Masuk ke Yoyogi Park

Tidak jauh dari Yoyogi National Stadium, gue menemukan pintu masuk ke Yoyogi Park dengan gerbang nya yang khas Jepang banget. Tapi karena keterbatasan waktu, gue tidak masuk ke dalam Yoyogi Park, jadi cuma foto di gerbang nya, habis itu lanjut lagi deh jalan kaki ke Takeshita Street di Harajuku Area yang lokasi nya udah dekat banget.

* * * * *

RAME PAKE BANGET DI TAKESHITA STREET ( HARAJUKU )

Information : HARAJUKU Japan Guide

Gerbang Takeshita Street, Lolita Cosplay, Fashion Shop

Gerbang Takeshita Street, Lolita Cosplay, Fashion Shop

Pertama kali melewati gerbang bertuliskan “Takeshita Street”, suasana ramai dan sumpek udah berasa banget! Entah karena efek hari Sabtu pas gue datang kesana atau memang setiap hari ramai begitu suasana nya :wait:

Tapi walaupun rame banget, jalan-jalan di sepanjang gang Takeshita asyik banget karena isi nya adalah tempat shopping, tempat makan dan juga ada beberapa yang memakai pakaian Cosplay, gue paling suka model cosplay ala Lolita gitu, gemesin hahaha… sepengamatan gue sih yang berpakaian Cosplay ngumpul nya bukan di Takeshita Street, tapi mereka ngumpul nya di sekitar Harajuku Station, alasan nya?! Tebak-tebakan gue sih karena area nya lebih luas dan terbuka.

Daiso ( 100 Yen Shop ) - Takeshita Street ( Harajuku )

Daiso ( 100 Yen Shop ) – Takeshita Street ( Harajuku )

Marion Crepes - Harajuku

Marion Crepes – Harajuku

Dari sekian tempat shopping yang ada banyak di sini, gue cuma tertarik untuk masuk ke “Daiso” ( Toko 100 Yen ), ya lumayan beli 10 macam barang cuma 1000 Yen. Oh ya selain itu di sini ada kuliner yang wajib di coba yaitu “Marion Crepes”, kalau liat variasi menu Crepes nya sih banyak banget dan menggiurkan asli, tapi sayang karena gue masih kenyang saat itu, jadi gue skip dulu deh… Next time kesini lagi baru cobain :sigh:

1 jam 30 menit gue habiskan untuk jalan-jalan santai di sepanjang gang Takeshita ini cuma buat lihat-lihat saja, ujung gang Takeshita ini engga panjang dari gerbang masuk hingga gerbang keluar, jadi engga ada salah nya buat kalian yang mau kesini, jalan sampai ujung terus balik lagi haha…

Keramaian Takeshita Street, Padat Merayap!

Keramaian Takeshita Street, Padat Merayap!

* * * * *

MAMPIR SEBENTAR KE SURGA OTAKU DI AKIHABARA

Information : AKIHABARA Japan Guide

JR Akihabara Station

JR Akihabara Station

Buat anda pecinta game dan segala hal tentang anime dan manga, maka Akihabara merupakan tempat yang terasa seperti Surga buat anda! Akses ke Akihabara juga sangat mudah, tinggal naik kereta JR turun di Akihabara Station. Bagi anda yang dari Harajuku, tinggal naik kereta JR dari Harajuku Station, tarif nya 170 Yen untuk sampai ke Akihabara Station.

Persis di depan JR Akihabara Station, gue langsung melihat keberadaan AKB48 Cafe dan Gundam Cafe yang terletak bersebelahan. Gue engga mampir karena faktor buru-buru dan juga kata nya sih harga makan minum di cafe itu ‘lumanyun”, tapi buat anda pecinta AKB48 sama Gundam ya mampir sekali seumur hidup boleh lah :evilsmirk:

AKB48 dan Gundam Cafe di Akihabara

AKB48 dan Gundam Cafe di Akihabara

WeFie Asik di Akihabara

WeFie Asik di Akihabara

Datang di Akihabara malam-malam menurut gue bikin tambah keren ngeliat gedung-gedung disana! Oh ya di Akihabara ini juga suara nya rame banget, entah suara musik, suara iklan bahkan suara game pachinko juga kedengeran, nyampur jadi satu dah meriah nya… Pokok nya emang keren banget Akihabara ini suasana nya :good:

Ending nya di Akihabara ini adalah akhir nya gue cuma menemani teman gue untuk mampir ke toko demi toko buat mencari colokan pipih karena teman gue lupa bawa colokan converter. Tapi gue sudah cukup puas sih buat sekedar sightseeing di Akihabara, mau beli DieCast kaga hobi juga, mau coba main Pachinko kaga ngarti juga hahaha…

Sega Akihabara Tokyo

Sega Akihabara Tokyo

Big Apple Pachinko di Akihabara

Big Apple Pachinko di Akihabara

* * * * *

CHECK-IN WILLER EXPRESS BUS S123 DI SHINJUKU SUMITOMO BUILDING

Booking Willer Bus : WILLER EXPRESS BUS Website

Setelah dari Akihabara maka perjalanan berikut nya adalah saat nya kembali ke Khaosan Tokyo Laboratory di Asakusa untuk mengambil tas dan koper yang sudah di titipkan sejak pagi. Sesampai nya di Khaosan Tokyo Laboratory, minta ijin buat numpang kamar mandi nya buat mandi sama cuci muka, eh di ijinkan, terima kasih banyak loh Khaosan Tokyo Laboratory! Nah setelah selesai ritual mandi buat teman gue yang cewe, kalau gue mah cuma cuci muka aja udah cukup, akhir nya langsung berangkat deh menuju “Shinjuku Sumitomo Building” via Tochomae Station exit A6.

Check In Counter Willer Express Bus di Shinjuku Sumitomo Building

Check In Counter Willer Express Bus di Shinjuku Sumitomo Building

Confirmation di Email dan Tiket setelah Check In

Confirmation di Email dan Tiket setelah Check In

Kemudian setelah sampai di Shinjuku Sumitomo Building, tinggal naik ke lantai 1F menggunakan lift, dan ketemu lah ruangan Check In berlogo Willer Express. Di sini gue hanya memperlihatkan nomor reservasi ( Willer Bus nomor S123 yang sudah gue pesan online sebelum nya ) yang ada di email ke petugas check in, dan kemudian gue di berikan selembar kertas kecil untuk di tunjukkan ke supir nanti nya ketika sudah waktu nya naik bus.

Pesan Online Willer Express Bus S123

Pesan Online Willer Express Bus S123

Untuk memesan bangku di Willer Express Bus ini sangat mudah proses nya :

  1. buka website nya ( WILLER EXPRESS BUS Website )
  2. Register dulu sebagai member baru
  3. Setelah itu login sebagai member, pilih keberangkatan ( Origin ) dan tujuan ( Destination )
  4. Pilih bus dengan jam, budget dan fasilitas sesuai keinginan anda, hukum ekonomi “Ada Harga Ada Rupa, Berlaku di Sini!”
  5. Kemudian bayar menggunakan kartu kredit
  6. Dapat nomor konfirmasi lewat email, selesai

Setelah resmi mendapatkan tiket setelah check-in saat nya cari makan untuk dinner hari itu, tapi karena waktu nya mepet, tinggal tersisa 20menit lagi sebelum boarding time, ya udah akhir nya cara cepat beli nasi kotak ( bento ) di supermarket di lantai bawah. Saat itu waktu menunjukkan sekitar jam 22.40, eh ternyata kebijakan discount bento sudah berlaku, lumayan dapat discount 20% dari 398 Yen jadi 318 Yen :cheer:

Minimarket di Shinjuku Sumitomo Building

Minimarket di Shinjuku Sumitomo Building

* * * * *

PERJALANAN TOKYO KE KYOTO DENGAN WILLER EXPRESS BUS S123

Gue tidak menyesal memilih Willer Express Bus nomor S123 sebagai transportasi dari Tokyo ke Kyoto. Dengan tiket seharga 6300 Yen dan lama perjalanan 7 jam 30 menit, kenyamanan yang di dapatkan benar-benar maksimal banget, bukti nya gue bisa tidur nyenyak!!! :yeah:

Tempat Duduk Willer Bus S123

Tempat Duduk Willer Bus S123

Di Bus nomor S123 ini ada colokan listrik di tiap kursi, nah gara-gara hal tersebut, gue di 1 jam awal sibuk banget dah nge-charge semua alat elektronik gue mulai dari HP, Kamera SLR, Kamera Xiaomi dan terakhir Power Bank yang gue tinggal tidur pada akhir nya. Selain itu yang gue benar-benar suka adalah tutup kepala nya, benar-benar membantu banget buat suasana jadi gelap gulita.

Tiap 1-2 jam sekali ( lupa persis nya ), bus akan berhenti selama 10-15menit di satu titik, gue hanya turun 1x di sekitar jam12.00 malam untuk makan nasi bento yang gue beli sebelum nya karena belum sempat di makan, habis itu udah engga turun lagi karena tidur lelap. Oh ya penumpang depan gue ( Orang Jepang ) juga sopan banget kalau mau mundurin kursi, ngomong “Sumimasen” dulu sambil ngeliat ke belakang haha… beda banget ama gue :shy:

Dan berakhir lah kisah perjalanan jalan-jalan full day di Tokyo ini, tunggu kelanjutan cerita selanjutnya gue yang sudah berada di Kyoto ya, cheers….

Perkiraan Biaya per Orang

No. Keterangan Biaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1. Sarapan Sandwich ( 220 Y ) + Air Minum ( 130 Y ) 350 Yen
2. Makan Siang di Ichiran Ramen 790 Yen
3. Tiket Willer Express Bus S123 Tokyo ke Kyoto 6.300 Yen
4. Makan Malam Nasi Bento 318 Yen
Total

( EXCLUDE BELANJA PRIBADI )

7.758 Yen = Rp 850.000

68 thoughts on “Hari 3 : Pengalaman Keliling Tokyo Full Day ( Shibuya, Harajuku, Akihabara )

  1. Maulana

    halo mas, pengen nanya, sorry klo pertnyaan basic,
    saya kan rencana mau ke jepang, nah mau pake willer bus juga, saya sudah pesan online, pembayaran pakai kartu kredit punya orang lain (saya gak punya kartu kredit), di payment method saya pilih credit card kemudian saya masukan nomer kartunya. setelah itu saya sudah dapat email konfirmasi serta kode bookingnya.
    Nah pertanyaan saya,
    itu tiket sudah terbayar belum ya?
    apa dengan cuma memasukkan nomer kartu kredit langsung bisa terpotong untuk biaya tsb?
    maklum saya baru pertama kali menggunakan kartu kredit untuk transaksi online.
    terima kasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau udah dapat email konfirmasi beserta kode booking, ya berarti sudah terbayar. Ada beberapa merchant kartu kredit yang menggunakan verifikasi PIN tambahan ( dikirimkan lewat SMS ), tapi ada juga yang ga pakai verifikasi PIN ini, salah satu nya si willer bus ini.

      Cek aja limit kartu kredit nya sudah terpotong atau belum, kalau sudah, ya arti nya benar sudah tercharge untuk transaksi willer bus tersebut.

      Reply
  2. Noviana

    Keren…jadi panduan saya utk ke jpn november ini.
    Oya di sekitar shinjuku sumitomo building ada tempat untuk penitipan koper ngga ?

    Reply
  3. Sarni

    Thx frenky blog nya. Jd panduan sy selama 10 hari d jpg sm satu buku dr traveller writer. Dr mulai cobain ichiran ramen yg endes sampe es krim matcha. Syg loh km ga ke kinkakuji temple, bgs bgt, adem hahhaha next visit lah ya ke sana. Thx you jg udh jwb dgn cpt email2 sy. Salam. Sarni

    Reply
  4. Agus Chandra

    Broo,
    tokyo metro sama gak dgn tokyo subway ticket?
    Yang cover tobu sky teree apa kira1

    Reply
  5. Christina Tina

    Barusan cek willer express buat di tgl 2 Mei tapi S123 udah ga ada ya? Adanya S 122 dan harganya yang paling murah di 9800 yen :crying:

    Reply
  6. francescosatria

    Heloow Bang Frenky, mau nanya2 sedikit, kalo mahasiswa belum kerja untuk pengurusan visanya gimana ya? Apakah perlu rekening dan kalo ada minimal berapa ya? Makasih bang

    Reply
    • Frenky Post author

      Sama aja untuk mahasiswa syarat nya. Paling beda nya cuma gratis biaya visa nya, tapi harus kasih bukti masih aktif mahasiswa S1. Rekening secukup nya aja, 1jt perhari ga masalah harus nya.

      Reply
      • Nia

        asik banget ceritanya…sy rencana Juli ke sekitaran Tokyo..kalau mau k kawaguchi / Fuji..pakai apa yg murmer ya?berhub sy ga pakai JR Pass
        ….

        Reply
  7. Musita

    Hi bro frengki

    Sy keluarga rencana ke jepang di juni 2017. Boleh nanya transportasi yg cocok utk 2 hari di kota tokyo pakai japan pass atau pasmo pass. Thanks infonya

    Reply
    • Frenky Post author

      Pakai Tokyo Subway Pass atau JR Tokunai Pass ya. Suica / Pasmo Card nya buat suplemen aja, in case pass yang di beli tidak support di jalur yang di gunakan.

      Reply
      • lilik

        bro Frenky..tks ya…tulisannya enak dibaca lgkp jg dg foto2nya. rencana klo Tuhan ijinkan tgl 6 juni ini kt sekelg brkt dr jkt ke jepang n plg tgl 14 dr osaka ke bdg.
        smpi detik ini sy blm punya info kecuali blog nya bro Frenky. kayaknya bakal ikutin itynnya bro Frenky nih. hihihi…
        oh ya utk sdra Musita kira2 brkt tgl berapa. brgkali bs barengan. no wa sy 08164202394. tx

        Reply
  8. Anna

    Halo selamat siang, terima kasih telah berbagi pengalamannya 😊
    Saya mau tanya, hotel yg ditempati di Kyoto itu apa ya? Dan bisa dijelaskan turun dari willerbus di stasiun mana dan perjalanan dari stasiun tsb ke hotel. Trims

    Reply
    • Frenky Post author

      engga, itu beli ticket satuan di mesin tiket. Kalau pake Pasmo harus nya lebih murah sedikit, mungkin lebih murah beda 10-20yen aja.

      Reply
  9. chella

    hai mas Franky , mau tanya dong , sehubungan tulisannya mas franky so detail abt tripbke jepang nya , aku boleh tanya :
    1 . utk keliling kota tokyo aja, enaknya transportasi yg simple nya pake apa yaa ? dan harus beli dimana ticket nya ? karna sy fikir beli jr pass tdk perlu , ataukah perlu beli suica ato apa ya kira2 aletrnatif lainnya ?

    2. menurut mas Franky , dr tokyo mau ke gala yuzawa 4 orang , lebih murah dan efisien naik apa ya ? ternyata tiket shinkansen utk 4 org PP lumayan mahal juga ya , jujur buta bgt mohon pemcerahannya mas lg kebingungan bgt nih mau pergi sendiri tanpa tour.. thank you

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      1. Kalau Tokyo area bisa pakai Tokyo Subway Pass aja 2/3 hari sama Pasmo / Suica card

      2. Kalau ke Gala Yuzawa saya tau nya cuma pakai JR Tokyo Wide Pass ya yang paling efisien dari segi biaya nya.

      Reply
  10. Yudha

    Hallo mas,

    mau tanya2. saya rencana 2 malam ke tokyo (2 jan – 5 jan 2017). kira – kira :
    – rute dari haneda ke tokyo central nya naik subway line apa? ada pass utk 2/3 hari tidak? harga brp?
    – apa aja yang bisa saya kunjungi disana?
    – penginapan baiknya di daerah mana?

    * note; saya minim budget karena perjalanan dadakan.
    thanks mas

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      1. Dari haneda cari rute ke stasiun subway terdekat aja. Ada Tokyo Subway pass 2/3 hari.

      2. Ya tergantung selera nya, ada temple, ada market, ada tempat shopping, ada museum atau cuma sekedar sightseeing aja

      3. Daerah Asakusa, Shinjuku, Shibuya

      Reply
    • Frenky Post author

      Kalau bus yg gw pake waktu itu ga ada toilet nya. Tapi ada juga bus yang ada toilet nya, tapi harga nya mahal. Setiap 2-3jam sekali selalu ada toilet break, rasa nya ga perlu nyari bus yang ber-toilet.

      Reply
  11. Luciana

    Hai Frenky, Salam kenal & mohon informasinya
    Saya akan ke jepang tgl 13-24 des 2016 dengan itinerary nya sbb:
    13 des : narita airport – nginap di shinjuku
    Keliling shibuya – harajuku- shinjuku &
    Aqua city
    14 des : disney sea
    15 des : Ginza- akihabara-asakusha
    16 des : Mt Fuji – Gotemba
    17 des : Gala Yuzawa (main ski)
    18 des : takayama – Shirakawago
    19 des : osaka – nginep di daerah namba
    Shinsaibashi – dotonburi
    20 des : Universal studio
    21 des : kyoto – keliling fushimi nari, arashiyama,
    Gion district
    22 des : 0saka castle – monumen memorial
    Gempa, kaiyukan aquarium osaka
    23 des : dr osaka balik ke Tokyo
    24 des : tokyo – narita airport
    Pertanyaannya :
    – Dii tokyo klo sy mau ke tsukiji market lbh baik tgl brp?
    – apakah itinerary nya sudah tepat ?
    Terima kasih

    Reply
  12. HEMAS S

    Jadi klo gue tarik kesimpulan jln2 ini slm di shibuya pakenya tokyo subway pass-2 days yg dibeli di hari sebelumnya (harga brpa dan beli dmn?) –>> klo blh tau ini dipake buat kmn aja?
    Trs knp hrs naik JR untuk ke akihabara? pk pasmocard itu ky kartu isi ulang yg bs di tap ky waktu di Korea?
    anw thx

    Reply
    • Frenky Post author

      Waktu itu sih beli 2 Days harga nya 1200 Yen di Bandara Haneda. Bisa di pakai di semua jalur subway dan toei line.

      Dari Harajuku stasiun terdekat nya ada nya JR Harajuku, jadi biar cepat, pakai JR deh, malas lagi cari stasiun subway waktu itu ( walau sebenar nya bisa aja ). Iya benar, Pasmocard itu kaya TMoney di korea.

      Reply
      • HEMAS S

        Ada kartu freepast yg bs smua dinaikin ky shinkansen itu, disini dijual 3,5 jt..apa klo beli itu bs dipakai disemua jr or subway? jd ke kyoto g perlu naik bus 7 jam btw

        Reply
        • Frenky Post author

          Pasti maksud nya JR Pass buat 7 hari harga nya kurang lebih 3.5jt. Kalau beli JR Pass itu HANYA BISA di pakai buat kereta jalur JR, di Jepang itu banyak jalur kereta dan paling banyak itu jalur JR.

          Bisa pakai Shinkansen tapi untuk kelas yang paling rendah ( tapi tetap aja nama nya Shinkansen jarak Tokyo ke Kyoto paling cuma 3-4jam walau kelas terendah ).

          Reply
  13. Meliana

    Haloooo. Mau tnya donng. Ak msih bingung bgt tntg transportasinya.
    Klo beli subway pass itu brrti tiap nemu yg stasiun Jr bayar terus ya skali jalannya? Subway engga ada dismua tmpt apa gmn? Mending beli subway atau JR pass ya?
    Pengen ke hokkaido juga sih klo bisa
    Bener2 ga ngerti transportasinya kyknya ruwet bener
    Klo Jr pass itu brrti bsa dpke kliling jepang full smpe hokkaido dll nya?
    hehe thnkyou ya

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau mau simple ya, beli aja JR Pass itu bisa di pakai buat semua jalur yang di operasikan oleh perusahaan JR. Setiap kota di Jepang pasti ada jalur kereta JR.

      Reply
  14. Lilik

    Thn depan kt sekelg klo Tuhan ijinkan mau ke jpg.
    Tiket sdh ditangan. Brkt Jkt – Tokyo n plgnya Osaka – Bdg.
    Postingannya sangat2 membantu. Tks
    Jd tiket bus mending beli di indo ya. Beli dmn n brp hari sblm keberangkatan belinya?
    Tks infonya.

    Reply
  15. Ranny

    Hi Bro Frenky,

    Seneng banget baca blognyaaa, lengkap selengkap2nyaaaa… Boleh minta masukannya? Berhubung saya bawa anak umur 8 thn, jadi memang untuk jalan2 terutama jalan kaki terbatas ya.. Huhuuhu.. Kami rencana ke jepang tgl 2 nov pagi sudah smp di haneda tokyo, lalu rencana ke osaka dan kyoto. Karena nanti pulangnya harus dr haneda tokyo tgl 12 nov pagi, jd tgl 11 nov sudah harus berada di tokyo (total 10hr full di jepang= 2-11nov). Untuk transportasi sebaiknya saya ngeteng aja atau mix JR pass 7hr (saya gunakan utk tokyo-osaka-tokyo). Jadi misalanya 3hr pertama di tokyo saya pake tokyo pass (recommend apa?) lalu selanjutnya pakai JR pass 7hr. Atau sebaliknya? Atau ada masukan lain? Karena sebenernya saya juga budget terbatas, JR pass mahal pulak kan, tapi ya krn bawa anak juga, jadi jalan2nya harus santai huhuhuhu.. Dan memang mau rasain naik shinkansen juga. Terima kasih ya

    Reply
    • Frenky Post author

      Kalau bawa anak kecil, rasa nya menggunakan Shinkansen untuk pindah kota antara Tokyo – Osaka – Tokyo merupakan pilihan terbaik.

      Untuk 3hari pertama menggunakan 3 Days Tokyo Subway Pass saja atau pakai JR Tokunai Pass atau ya tapping2 biasa saja menggunakan pasmo / suica card tanpa perlu beli Pass. Aktifkan JR Pass nya ketika akan pindah kota ke Osaka, tapi perlu di ingat Shinkansen yang bisa di gunakan hanya tipe terendah ya.

      Selanjutnya di 7 hari berikut nya tinggal menggunakan JR Pass saja deh untuk transportasi lokal dan pindah kota kembali dari Osaka ke Tokyo nya.

      Reply
      • Ranny

        Wah, mantap nih fast response, thanks so much ya.. Saya sekalian tanya yah, shinkansen tipe terendah maksudnya gmn ya? Apa pilihan jam-nya terbatas? Atau tidak bisa reserved seat? Dan ada shinkansen dr kyoto ke tokyo ga ya? Jadi biar gak bolak balik ke osaka dl utk ke tokyo-nya lagi. Kalau tidak ada, sepertinya mau experience naik bus osaka-kyoto, naik bis apa ya? Kalau tidak salah waktunya 30 menitan yah.

        Dan dgn JR Pass, perlu beli pass card lain lagi ga ya utk di osaka & kyoto, apakah JR Pass saja sudah cukup?

        Thanks Bro Frengky

        Reply
        • Frenky Post author

          jadi kereta Shinkansen itu ada tipe2 nya :

          1. Kodama (Normal, stops at all stations)
          2. Hikari & Sakura (Express, stops at main stations only)
          3. Nozomi & Mizuho (Super Express, stops at very large cities only)

          Nah kalau JR Pass, cuma bisa support tipe Shinkansen SELAIN Nozomi dan Mizuho ( The fastest train ), selengkap nya tentang JR Pass ( http://www.japanrailpass.net/en/about_jrp.html )

          Shinkansen Kyoto ke Tokyo jelas ada, start nya dari Kyoto Station, di Tokyo nya bisa turun di Tokyo Station.

          Osaka ke Kyoto naik kereta aja biasa, harga 500 Yen-an one way. Kalau Osaka sih tidak masalah full pakai JR Pass karena rute kereta JR nya banyak, kalau Kyoto sih rute kereta JR nya terbatas, jadi ada beberapa lokasi tempat wisata cuma bisa naik bus, ya paling bayar manual aja atau alternatif nya beli Kyoto Bus Pass 500 Yen / Day

          Reply
  16. Popy

    Hai Frenky…Mau nanya2 boleh yah…Saya rencana akan ke Tokyo di September 2016, kami ada 4 org, akan stay di Asakusa. Sebaiknya kartu kereta apa yg terbaik dan tentunya irit utk kami, mulai dari Haneda ke Asakusa, dan selama perjalanan di Tokyo 4 hari. Terima kasij sblmnya yah Frenk….

    Reply
  17. Rachel Julia

    Halo bg frenkey..
    ShinJuku sumitomo building itu sama dengan sumitomo mitsui banking corporation ya? Googling shinjuku sumitomo building ga nemu soalnya

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Rachel,

      Itu beda gedung. Kalau di google maps cari nya pakai keyword “Sumitomo Building” aja atau kalau pakai bahasa Jepang “新宿住友ビル, Japan, 〒160-0023 Tokyo, 新宿区Nishishinjuku, 2 Chome−6−1”

      Alternatif nya pas di google search, ketik “Shinjuku Sumitomo Building” terus entar cari tombol “Directions” aja buat otomatis di arahin ke google maps.

      Reply
  18. hilda

    btw pasmo card yg dibeli di hari ke2 dipakai buat apa? dari shinjuku ke akihabara pakai subway pass atau beli tiket jr lagi?

    Reply
    • Frenky Post author

      Buat bayar transportasi lain nya yang tidak di dukung oleh Pass yang di gunakan hari itu, misal nya beli Subway Pass tapi butuh naik JR, jadi bayar nya pake Pasmo Card, bisa juga beli tiket eceran kalau mau, tapi lebih praktis pake Pasmo Card.

      Waktu itu saya dari Harajuku ke Akihabara, Pake Pasmo Card sih, tapi bisa juga beli tiket eceran langsung di stasiun.

      Reply
  19. Agus

    Hi bang Frenky,numpang nanya nih,rencana ke Jepun w pengen ke Shirakawa-go,tateyama,arashimaya,fushimi inari shrine,shibuya-harajuku,universal & disney kira2 bisa kelar gk ya dalam 10 hari? Tiket kedatangan & kepulangan w dr Narita Tokyo sih.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Bang Agus,

      Bisa banget ya, tinggal efisiensi kan aja transport nya baik nya gimana. Kalau saya lihat sih perpindahan kota nya jarang ya, jadi lebih baik beli tiket eceran aja daripada beli JR Pass.

      Reply
      • Agus

        Kalau beli secara eceran bukannya lebih mahal ya? Karena rencananya Tokyo-Kyoto-Osaka-Tokyo. Kalau ke Tateyama & shirakawago bang Frenky tau cara kesananya?

        Reply
        • Frenky Post author

          Kalau misal nya beli tiket eceran pergi pulang Tokyo nya pake willer bus express, terus selama di Kyoto pake 1 Day Bus Pass, di Osaka bisa pake Osaka Amazing Pass atau Osaka Subway Pass, itu sih bisa lebih murah ya daripada beli JR Pass.

          Tateyama dan Shirakawago sih tau tempat nya, tapi untuk akses nya sorry belum bisa bantu, belum experience kesana soalnya, di googling aja ya di blog lain :peace:

          Reply
  20. Tommy

    Waaah.. ini blog pualing lengkap soal jalan2 sendiri ke jepang.. om Frenky, boleh minta no WA nya ga? Saya sama istri kebetulan mo honeymoon dr 03 Okt sd 11 Okt 2016 ke Jepang.. jadi kalo2 ada yg mo ditanya pas disana bisa WA langsung.. hahaha.. :star:

    Reply
      • Tommy

        Bro Frenkey, thanks buat ID Line nya, will add you soon. Btw, mo tanya aja, saya rencana spend 5hr di Tokyo, 03 Okt sd 08 Okt dgn sidetrip ke Hakone/Kawaguchiko, trus move to Kyoto dan Osaka sampai 11 Okt. Pertanyaannya, saya pakai JR Pass yg 7 days, kalo buat keliling2 Tokyo, Hakone, Kyoto dan Osaka bisa mencakup semua train line ga ya? Mohon saran dan masukannya..

        Reply
        • Frenky Post author

          Kalau JR Pass otomatis yang bisa di pakai HANYA jalur yang di operasikan oleh JR ( Japan Railways ), tapi setiap kota pasti ada kok jalur JR, engga mungkin engga ada.

          Kalau Tokyo, Osaka harus nya tidak ada masalah sih menggunakan jalur JR saja, tetap bisa keliling kota lancar. Kalau Kyoto rasa nya tetap butuh Kyoto Bus Pass ya, setau gw sih tempat wisata nya tidak semua bisa di akses pakai kereta JR. Kalau Hakone cuma bisa sampai sebatas Odawara Station saja, selebih nya tetap harus beli tiket bus buat keliling Hakone nya ( http://www.japan-guide.com/e/e5206.html ).

          Reply
  21. Giska

    Sumimasen, mau tanya lagi donk :shy: , kalo pembelian Willer Express langsung di Sumimoto Building nya bisa ga?

    Arigatou Gozaimass :yeah:

    Reply
    • Frenky Post author

      TIdak bisa membeli Tiket Bus Willer Express secara manual, semua harus melalui via website online nya dan pembayaran untuk foreigner seperti kita paling mudah menggunakan kartu kredit ya :info:

      Sangat disarankan sih beli langsung di Indonesia ya tiket bus nya, kalaupun Giska nanti coba beli langsung di kantor Willer Bus pasti di suruh beli sendiri juga ujung-ujung nya secara online di komputer yang tersedia di sana, malah lebih ribet yang ada, lagipula kalau perjalanan malam ( Night Willer Express Bus ) itu selalu cepat habis rute nya, jadi kalau beli di hari H keberangkatan sih sangat besar kemungkinan tidak dapat tiket nya :)

      Reply
  22. JIMMY

    halo mas frenk, tanggal 24 – 29 nov 2016 saya dan pasangan saya berniat ke Jepang melalui Tokyo dan kita berniat ke 3 kota (tokyo, kyoto, osaka). menurut mas frenk apakah lebih baik dari tokyo ke kyoto dulu baru ke osaka atau dari tokyo ke osaka baru ke kyoto? apakah dengan bus Willer itu adalah moda transportasi yang paling murah? mengingat budget kami terbatas. hehe thx

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Jimmy,

      Pulang lewat bandara Kansai ( Osaka ) kan ya? kalau pulang nya lewat bandara Tokyo lagi, lebih baik main di area Tokyo aja ya kalau cuma 5hari, sangat engga efektif waktu nya terus bikin cape juga.

      Kalau pulang lewat Osaka maka rute terbaik adalah Tokyo – Kyoto – Osaka ya, lalu transportasi Tokyo ke Kyoto nya dengan asumsi tidak masalah menginap semalam di perjalanan ( hemat biaya penginapan juga ) jadi opsi Night Willer Bus adalah yang paling murah biaya nya.

      Nanti dari Kyoto ke Osaka tinggal naik kereta aja, biaya sekitar 500 Yen, lama perjalanan cuma 30menitan.

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: