OthersOthers Story

Cara Pilih dan Ganti Kursi AirAsia Secara Gratis

Konfigurasi Kursi AirAsia ( Atas : A320 - Bawah : A330 )

Bisa di bilang gue adalah AirAsia mania karena penerbangan Internasional yang udah gue lakukan selama ini selalu menggunakan AirAsia hahaha…. Gue baru sekali doang buat rute Internasional memakai maskapai selain AirAsia buat rute Jakarta – Manila, kebetulan waktu itu gue memakai maskapai Cebu Pacific Air.

Nah pada post ini gue mau berbagi tips and trik bagaimana cara mengganti atau merubah kursi AirAsia ketika proses Web Check In secara GRATIS. Kalau misal nya anda tidak membeli opsi untuk memilih kursi AirAsia ( berbayar ), maka otomatis nomor kursi ( seat ) akan di pilihkan otomatis oleh sistem AirAsia dan terkadang dapat nomor kursi ( seat ) nya di posisi tidak asyik. Menurut gue ya nomor kursi yang tidak asyik posisi nya itu kalau dapat di tengah-tengah, contoh Row B,E pada A320 atau Row B,F,J pada A330 :wait:

Konfigurasi Kursi AirAsia ( Atas : A320 - Bawah : A330 )
Konfigurasi Kursi AirAsia ( Atas : A320 – Bawah : A330 )

* * * * *

[box style=”4″]

Buat anda yang ingin menghubungkan kode booking AirAsia yang di beli dari Online Travel Agent seperti Traveloka, Tiket[dot]com, PegiPegi dan website OTA lain nya ke member akun AirAsia untuk keperluan :

  1. Beli bagasi AirAsia tambahan
  2. Beli kursi AirAsia dengan posisi pilihan di dalam pesawat
  3. Beli makanan online di penerbangan AirAsia
  4. Mengisi nomor akun AirAsia Big buat dapatin Big Point

Bisa baca tutorial nya di link berikut :

AirAsia – Cara Beli Bagasi Tambahan, PreOrder Meal, Kursi Pilihan ( KLIK LINK BERIKUT )

[/box]

* * * * *

1. Lakukan proses Web Check In seperti biasa di website AirAsia.com langsung sampai proses mendapatkan nomor kursi ( seat ) dari sistem AirAsia. Pada gambar mendapatkan nomor kursi 22A dan 31B.

Web Check In AirAsia
Web Check In AirAsia

[hr style=”double”]

2. Jika nomor yang di dapatkan tidak suka / cocok, maka proses Web Check In nya jangan di lanjutkan.

Masuk ke Manage My Booking > Modify > Tambahan > Pilih / Ubah Tempat Duduk

Pilih Menu "Pilih / Ubah Tempat Duduk"
Pilih Menu “Pilih / Ubah Tempat Duduk”

[hr style=”double”]

3. Pada rute yang ingin di hapus nomor kursi ( seat ) nya, pilih tombol Pindahan, setelah itu nomor kursi ( seat ) nya akan kosong, lakukan konfirmasi saja, tidak akan kena biaya

Pilih "Pindahan" pada nomor kursi 31B
Pilih “Pindahan” pada nomor kursi 31B
Nomor Kursi 31B sudah kosong kembali
Nomor Kursi 31B sudah kosong kembali

[hr style=”double”]

4. Setelah nomor kursi ( seat ) nya kosong, lakukan Web Check In ulang lagi untuk mendapatkan nomor kursi ( seat ) baru. Jika masih kurang sreg, lakukan ulang point nomor 2 kembali. Yang perlu diperhatikan adalah kasih waktu jeda ( 2 jam hingga 1 hari ) untuk melakukan proses Web Check In ulang nya, karena jika terlalu berdekatan waktu nya, maka kemungkinan besar akan mendapatkan nomor kursi ( seat ) yang sama dari proses Web Check In Sebelum nya.

Karena proses mendapatkan nomor kursi ( seat ) ini bergantung dari orang lain juga yang melakukan proses Check In di pesawat yang sama

Web Check In AirAsia Ulang dan mendapat Nomor 22A dan 40H
Web Check In AirAsia Ulang dan mendapat Nomor 22A dan 40H

* * * * *

Alternatif lain kalau mau mendapatkan row yang sesuai dengan harapan adalah ngomong langsung ke petugas Check In di loket haha.. tapi itu pun belum tentu di kasih, kecuali kursi yang di minta memang kosong dan muka yang anda pasang ketika meminta sangat memelas sekali :peace:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

86 Comments

  • hai mas, skrg udh ga bs kali ya? aku klik pindahan, tapi utk keluar dr halaman tsb pilihan tab batal atau lanjutkan.. klu lanjutkan dia akan otomatis kembalikan ke situ… klu batal ya kembali ke situ.. hahaha binun

  • Ty donk… pergi ber 7, 1 kode booking Klo tdk milih seat bisa dpt sebaris ga ya bro?
    Beli nya via travel mau web chek in hrs lapor dulu ya ke cs AA?
    Pertama pake AA soalnya 😊

  • Kak, kalau uda check in online, terus itu mau masukan ke bagasi nya, berapa jam sebelum keberangkatan ya batas nya?

  • Selamaa seminggu ini nyoba cara yang begini. Dari 4 penerbangan, susah nukar untuk yang pakai a330. Karena sabar, akhirnya bisa dapat kursi asik juga. Trims tips nya mas.👍👍

  • Kemarin sempat naik airasia indonesia pesawatnya pakai a320 (kalo ga salah) cek-in via app airasia..
    Karna baru pakai app airasia saya ga tau kalo cek-in via app no bangkunya dikasih random..
    Tapi untungn dapet deket jendela dan hot seat pula :star:

  • Berapa lama sblm tgl keberangkatan bisa web check in nya ? Kalau misal beli tiket airasia dr traveloka tp mau pilih kursi yg berbayar bisa gk ?

  • Hallo kak mau tanya nih, kalo misal seat sebelah kosong terus kita tempatin boleh ga? Saya sama temen saya duduk sebelahan sih tapi gaada yg dapet jatah deket jendela, mau pilih kursi tapi harus ada kartu kredit, gimana ya kak?

  • Halo kak mau tanya,

    saya sudah melakukan web checkin dan mendapat kursi random di 51A, kakak saya di 51C.
    Penerbangan saya KUL-ICN apakah seat itu posisi yang bagus ?
    karena saya lihat di gambarnya itu merupakan seat paling belakang dan seat antara 51A & 51C itu terdapat ruang kosong yang entah itu lorong atau apa. Saya baru pertama menggunakan air asia untuk perjalanan jauh.

    mohon masukkannya.

    • Posisi sangat bagus itu, bisa duduk nyender ke belakang sampai maksimal, duduk sebelahan juga karena 51B engga ada. Sebelah kanan 51C itu lorong jalan.

      • Oo itu posisi bagus ya brati kak, meskipun dipaling belakang bisa disenderin ke belakang ya kursinya ? Khawatirnya itu nanti mentok ke tembok kursinya jd gabisa di senderin.

  • btw klo maskapai lain (citi ato lion), misal saya beli tiket pake satu kode booking utk 3 org, kira2 bisa langsung dapat duduk satu baris ga ya?

  • mas kok saya gak bisa jadi member ya? kalo mau ganti seat itu harus punya member kan? terimakasih

      • Sy udah jadi member truss masuk ke my booking tp ga ada pilihan selanjutnya,, katanya harus kita yang booking baru bisa di modify.. Apakah memang spt itu?

  • Kak mau kasi testimoni, soalnya aku bener2 happy malem ini berhasil dapet kursi satu deret sama adik2. (28A,B,C). Aku traveling bertiga dan walaupun satu kode booking, sistem airsia ngasi nya tetep random donk diawal coba booking karena sistemnya harus mengisi kursi2 yg kosongnya nyempil satu-satu gitu. Di awal aku dapet 11D, adik aku 21D, dan adik aku satu lagi juga mencar entah kemana sampe lupa haha.. Trus aku coba tutorial yang kakak kasi, dan intinya harus tetep kepo in seat yang kosong lewat modify booking, jadi jangan buru2 check in ulang. Nah pas aku kepoin ada kemungkinan bisa satu deret, coba check in dengan dibantu doa dan berhasil! Thanks a lot!

  • Gk berhasil kak… setelah di hapus di konfirmasi langsung balik lagi dia ke foto tahap pertama itu
    Hiksss…sedih sekali

  • Oia kak.. Stu lg mau nanya donk.. Klo misalkan boarding pass buat pulangnya.. Bisa di print trus di kiosk bandara keberangkatan gak ya?

      • Kak sy ada mobile check in tp dikirimin barvode aja yg hrs sy scan di kiosk AA,jd sy bs check in sekalian sm bagasi nya?mengingat sy hamil 16weeks

  • halo kak..jd aku sudah mobile check in dan barcodenya jg udh di email…tp nomor kursinya ga dikasi tau..lgsung selesai gt ajapas udh ngisi data n dpt email barcode..klo web check in kn bisa diiat tuh nomor n letak kursinya..trs gmn ya caranya kalo aq mw liat no n letak kursinya… msk kke web jg udh tp gatau caranya….thanks

    • Beli aja di website AirAsia langsung, kalau belum ada account nya, minta di hubungkan, coba contact customer airasia lewat twitter, live chat atau email.

  • Kak mau nanya kalo saya mau berangkat ber 18- nah kita ini gg mesen semua d app air asia, ada dr traveloka, dll. Itu semua sama tapi maskapainya air asia, semua bisa pake web check in kan supaya diduknya gg mencar2 gtu?
    Dan satu lagi kalo udh web check in, buat naruh bagasi kita brrti ke konter air asia lagi ya antri? Atau gimana ya kak? Thank u sebelumnyaa :)

    • yep bisa pakai web check in, tapi kalau beda kode booking ya harus pasrah duduk nya mencar2 ya, walau jarak web check in nya berdekatan.

      Iya benar, walau udah web check in, taruh bagasi di konter nya tetap antri seperti biasa.

  • Mau tanya kalo satu kode bookingan seat nya pasti sebelahan ga sech kalo air asia? SoaLnya anakku masih pada kecil 3 sama 5tahun jadi ga mungkin mau kalo seatnya jauhan. Apalagi yg 3th bisa nangis 2 tuh pisah sama mamahnya 😂

    • Kalau satu kode booking, pengalaman pribadi sih engga pernah terpisah ya, selalu duduk sebelahan, kalau beli ber3 dalam satu kode booking, ya udah 1 baris deh itu.

  • Halo Fren, mau nanya nich kalo kita beli tiket air asia lewat traveloka, harus web chek in jg y, trus kode bookingnya pakai yang di email ke kita y.br pertama kali pakai air asia soalnya. Thanks sebelumnya.

  • Halo bro frenkey..ni saya da coba 9 kali dalam waktu 3 hari..penerbangan saya connecting flight, yg kno-kul coba pertama da bs ganti, tp yg kul-kix kog g ganti2 y..apa saya hrs coba lg? Penerbangan saya sabtu ni..ni saya sama istri di random seat duduk terpisah dpn blkg, pengenny duduk bersebelahan..

    • Penerbangan sabtu ini? wah mepet banget, kemungkinan penumpang nya udah pada web-check-in, ya memang harus di coba terus, tapi jangan buru2, kasih jeda 12jam sekali gitu. Kalau masalah duduk bersebelahan, lebi baik minta tolong baik2 aja langsung on the spot di pesawat.

      • Pertama kt dpt 29a sama 30a, skrg 30a da terisi org laen jadiny 29a sama 24f..jadi makin jauh..bole minta pindah y di pswt? Soalny saya liat masih lmyn banyak seat yg belum terisi yg memungkinkan w sama istri duduk bersama..klo kt diem2 pindah sndr bole g?tp kt ad pesan makanan nanti diantar ke kursi yg dicheck in pula

  • thanks infonya sangat bermanfaat, dan masih bisa sampai sekarang. untuk flight berangkat saya beruntung langsung dapet window. buat pulangnya ini udah nyoba ke-6 kalinya masih ga dapet2 window seat, besok coba2 lagi deh mumpung masih H-10 :’)

  • gan mau nanya, kalo misalnya beli tiketnya di travel, pas mau ngubah kursi di manage booking gak bisa, kan gak order via akun. jadinya gmna biar bisa laksanain trik ini, mohon infonya, thanks

    • Harus di sambungin dulu account nya ke account AirAsia, buat dulu account AirAsia di website nya terus telpon CS nya AirAsia untuk sambungin kode booking ke account nya

      • halo kakk..kakk maaf bisa lebih jelas mksdnya gmn?
        jd aku bilang ke travel aku juga dong minta accountnya? abis itu baru telpon cs airasia?? atau gimana kak?? makasihhh kak

  • mau tanya, itu untuk menu ganti kursi secara gratis kita harus log in as a member di web Air Asia yah?
    soalnya saya beli ticketnya via web lain.
    kira-kira klo kita log in as a member bisa gak yah untuk ganti kursi?
    penerbangan KUL-CGK besok dapat duduk di 23B… bisa mati gaya…

  • Hi bro, gw dah coba praktekkin, utk flight ke Busan mulanya dapat 12C di quite zone, krn pengen jendela, coba praktekkin cara kamu, taunya dapat 35G dan 12C langsung keisi :wait: Udah 2hari nyobain melulu ga mau ketukar lagi tuh. Flight yg 1 lagi juga samaaaaaaaa :desperate: Intinya cuma bisa 2x deh, nyesellllllll 12C nya lewat, padahal itu deretan harga 69RM lhoooooooo :dead:

    • Hi,

      Gw belum lama ini terbang pakai AirAsia dan coba pakai trik ini, masih bisa ganti kursi kok sampe seterus nya, ya tapi modal sabar sih. Good ending nya gw berhasil dapat bangku nomor 51A setelah 3x mencoba ganti kursi, percobaan nya H-11 sampai H-9 sebelum terbang.

  • Maaf Gan, mohon info jika sudah cek in online dan sudah tinggal print boarding pass apa masih bias dirubah seatnya, soalnya penerbangannya masih seminggu lagi

    Terima kasih

    • manage my booking ada di tiket (via email) yang kita terima dr air asia…. Tapi aku juga ga jadi nyobain, karena rombongan jadi menurutku agak ribet mindahan beberapa seat (blm dicoba udah bilang ribet he he)…. Pasrah terima kursi apa adanya.

  • Gan, kalo tmn gw ga jd ikut pergi.. Trus dia udh web check-in.. Bisa gak gw duduk di seatnya dia? Masalah gak yah? Atau bilang dulu aja?

    • harus lapor dulu ke petugas counter AirAsia nya kalau teman nya ga jadi berangkat, kalau engga nanti teman anda di cariin terus, bisa ngefek ke jadwal keberangkatan juga takut nya.

  • Hi Frenkey,

    Gue udah nyoba tips yg lo tulis. Dan memang benar bisa pindah kursinya dengan catatan random spt yg lo bilang. Cuman mau nambahin aja, pas mau pindahan itu kita harus pastikan tahapannya sampe itinerary tiket (revisi) dikirim ke email kita. karna pas awal2 gue ngga sampe tahap konfirmasi itu dan nomer kursi lama masih muncul aja.

    Dan satu lagi usahakan check-in 14 days prior arrival langsung ya jangan mepet2, biar kemungkinan kita dapetin kursi yg kita mau lebih besar. :evilsmirk:

    • thank you so much buat testi nya ya sis!

      Tadi sempat pesimis masih bisa, baca komen2 yang udah coba di post ini haha.. Enjoy Holiday nya bersama AirAsia dengan duduk di sebelah jendela :ngakak:

  • Nice info nih, tapi sayang banget kayaknya udah gabisa diterapin. Barusan nyoba, pas pilih removed kursi, nomernya gak ilang ilang. Kayaknya mereka udah tau leaknya dimana jadi buru-buru dibenerin tuh website haha.

    • Wah gitu ya, sayang sekali ya haha.. berarti harus terima nasib dapat kursi sesuai yang di tentukan oleh sistem kursi Airasia :(

  • Hi Frenkey,
    kalo minta di counter kudu punya bagasi kan ya? kalo engga suka disuruh self check in. Dan apesnya walopun gue sama temen satu kode booking, gue selalu dapet yang tengah! kesel deh asli, pingin coba tapi blm waktunya check in, masih lama. hahaha

    Ada yg nyoba dan berhasil ngga?

    • Hi,

      Kebetulan belum pernah naik AirAsia tanpa bagasi, jadi kaga paham deh haha.. kl sama2 teman mah, minta tuker aja minta di jendela, sogok sama 1 bungkus permen hahaha!

      Entar maret 17 gw kabarin lagi masih bisa atau engga nya, sekarang belum ada kode booking buat tester

      • temennya mau di jendela juga susah..wakakaka

        pernah dulu gegara dapet ditengah mulu pingin check-in sendiri2 aja padahal mah satu kode booking, hahaha saking keselnya.

        tar gue coba awal jan. semoga masih bisa ^^

  • Wah baru tau bisa free, selama ini beberapa kali pernah pake Air Asia sih tapi pernah kecewa karena schedule penerbangan kita direschedule sepihak oleh maskapai dan bahkan direschedule menjadi penerbangan di hari berikutnya

  • kak, mau nanya dong, itu seatnya fix mereka yg assign dan ga bs kita pilih sendiri secara gratis ya? kalo misalnya pergi jauh dan duduk pisah sama temen mana enak… gmn ya kak? :confused:

    • Yup, tidak bisa pilih sendiri kalau GRATIS, kalau bayar, baru bisa pilih. Kalau kamu sama teman satu kode booking, pasti duduk sebelahan kok. Kalau kamu beda kode booking, nah ini kemungkinan besar terpisah. Solusi nya? Coba web check in barengan aja ( dalam waktu bersamaan ), kalau tidak sebelahan, pakai cara yang ada di post ini.

Leave a Reply