OthersOthers Story

Cabut Gigi Bungsu, Siapa Takut?

Pada post kali ini gue mau menceritakan pengalaman gue mencabut gigi bungsu tepat nya gigi bungsu atas. Kalau dulu gue pernah melakukan yang nama nya OPERASI gigi bungsu bawah pada post berikut Pengalaman Operasi Gigi Bungsu maka sekarang gue mau menceritakan proses CABUT gigi bungsu atas.

Kenapa gue namain yang satu nama nya OPERASI dan yang satu nama nya CABUT padahal sama-sama gigi bungsu juga korban nya? Menurut kacamata gue sebagai orang awam, proses OPERASI di sini lebih memakan waktu yang lama dan alat yang banyak untuk proses mengambil 1 gigi bungsu nya sedangkan proses CABUT disini cuma memakan waktu 5 menit dan hanya menggunakan alat suntik bius dan tang gigi buat mengambil 1 gigi bungsu nya.

Dari sisi harga gimana tuh? tentu saja lebih murah CABUT gigi bungsu, jauh banget harga nya di bandingkan OPERASI gigi bungsu :ngakak:

* * * * *

Oke cukup basa basi nya, jadi cerita cabut gini bungsu ini berawal dari ketidaknyamanan gue akibat makanan suka nyangkut pada gigi bungsu atas. Nyangkut disini dalam artian sisa-sisa makanan itu nempel di antara sela-sela gigi, udah itu susah banget buat ngelepas nya pake lidah maka nya terpaksa baru bisa bersihin sisa makanan nya pas sikat gigi.

Nah setiap nyangkut di gigi bungsu atas itu lah gw pengen banget rasa nya menghilangkan gigi bungsu atas gue biar ga ada lagi tuh istilah nyangkut-nyangkut an.

Tapi setiap teringat biaya, semangat gue buat cabut gigi bungsu ini langsung hilang, soalnya lumayan juga biaya nya buat cabut 2 gigi bungsu atas gue di tambah sebenarnya gigi bungsu atas ini normal-normal aja pertumbuhan nya :lonely:

Beruntung di Januari 2013 ini gue dapat info kantor gue bisa bantu reimburse biaya operasi gigi bungsu ini, maka dari itu gue pun tanpa ragu langsung berkunjung ke tempat praktek dokter gigi gue yang dulu operasi gigi bungsu bawah gue di sebuah rumah sakit di Jakarta Barat.

Awal nya ni dokter cantik ga inget ama gue karena udah 2 tahun yang lalu ketemu dia sih, tapi pas gue bilang kalau gue adalah korban LEPAS RAHANG waktu operasi gigi bungsu bawah waktu itu, dia pun langsung inget dan tersenyum, senang nya perasaan gue haha..

Oh ya pada kunjungan pertama ini gue hanya di berikan resep antibiotik dan perjanjian jadwal cabut gigi bungsu yang akan dilakukan minggu depan.

Satu minggu berlalu dan tibalah hari cabut gigi bungsu ini, jujur saja gue ga ada rasa takut sama sekali karena pengalaman yang sebelum nya yang bikin RAHANG gue lapas aja gue berani masa yang ini gue takut, ya tapi gue ga mau lagi kedua kali nya mengalami RAHANG LEPAS lagi :dead:

Tang Gigi

Setelah menunggu 2 pasien yang berobat akhirnya tibalah giliran gue, setelah memberikan foto rontgen gigi, gue langsung duduk tertidur di kursi dokter gigi. Gue melihat dokter membuka jarum suntik, sempet ngeri juga karena jujur aja sebenarnya bagian yang lumayan terasa sakit itu cuma pas di suntik obat bius nya ke gusi, sisa nya mah udah ga terasa karena sudah di bius gusi nya. Tapi proses suntik nya cuma 15 detik an koq jadi santai aja, kan jarum nya tajam kalau tumpul tuh baru berabe haha..

Habis di suntik itu nunggu sebentaran, sekitar 3 menitan dah udah itu dokter ngambil tang gigi, jepit terus tarik dah gigi bungsu atas nya. Gue awal nya kaga nyangka banget proses cabut gigi bungsu atas ini cuma makan waktu 5 menit per gigi nya, 2 gigi berarti cuma 10 menitan, jauh banget waktu operasi gigi bungsu bawah gue waktu itu yang makan waktu 1 setengah jam an behhhhh….

* * * * *

Udah itu beda nya lagi CABUT gigi bungsu ini kaga pake jahit-jahitan beda sama OPERASI gigi bungsu bawah gue dan kaga perlu makan obat-obatan lagi haha, asik banget dah. Dan asik nya lagi bisa di bilang sehabis cabut gigi bungsu atas ini gue kaga mengalami yang namanya kesulitan makan, karena kaga berasa sama sekali bukaan gigi nya pas makan dan juga proses penyembuhan nya jauh lebih cepat.

So buat kalian yang mau cabut gigi bungsu kaga perlu takut lagi ya, karena proses nya cepatttt banget, tapi mungkin yang bikin takut itu biaya nya kali ya haha, ya kalau masalah itu coba lah menabung atau ga berobat ke poliklinik atau puskesmas gitu jadi biaya nya lebih murah di bandingkan ke rumah sakit. Terima kasih sudah mau membaca pengalaman cabut gigi bungsu ini teman-teman, semoga bermanfaat :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

32 Comments

    • Hai Junita,

      Mungkin lebih tepat nya yg saya alami waktu itu nama nya “pergeseran sendi rahang” gara-gara kelamaan membuka mulut secara maksimal secara tidak sadar karena faktor tegang :)

      Tidak kepikiran sama sekali untuk sampai nuntut sih, karena memang sejak kejadian itu saya baru tahu ternyata pergerakan sendi rahang saya terbatas, jadi ya di jaga deh jangan sampai dibuka maximal lagi mulut nya ( contoh tertawa lebar ).

  • Apakah ada perubahan bentuk wajah dan rahang setelah operasi rahang bawah bro? Soalnya yg di operasi hanya sebelah..

    • Hai sis tidak ada perubahan sama sekali dengan bentuk wajah ( pengalaman pribadi ), yang ada perubahan ‘perasaan’ aja, dari yang sebelum nya was2 gigi bungsu berontak, sekarang jadi tenang :)

  • mas bro,
    mau tanya, sebelum cabut gigi bungsu yg bawah kalo lagi kumat(sakit) kayak ada demam gitu gak? ane punya gigi bungsu tumbuhnya miring jd nabrak gigi depannya, susunan gigi juga jd brantakan.
    kalo operasi biusnya lokal apa total?

    • Hallo masbro,

      Untuk kasus gue, sakit sampai demam untung nya tidak terjadi, tapi pernah baca beberapa kasus orang ada yang sampai demam gitu :suram:

      Untuk kasus gue cuma bius lokal karena walaupun cabut 2 gigi bungsu atas ( suntik lokal 2 kali ), tapi tidak memakan waktu yang lama. Kalau masbro ada cabut 3-4 gigi bungus sekaligus, nah itu sudah pasti bius total.

  • salam kenal mr. F
    ada reecomendasi di bdg utk cabut ga?
    ini lagi sakit gigi bungsu nya berarti g boleh dicabut dlu ya?? *mengganggu bgt*

    emm…
    harga di bdg berapa y?
    emang ampe 1 jt/gigi gtu??
    tx…

    • Wah sayang nya karena tinggal di Jakarta, jadi nya ga tau sama sekali dokter gigi di Bandung deh.

      Iya ni ga bakal boleh di cabut sampai sakit nya sembuh, berobat dulu aja ke dokter gigi, paling di kasi antibiotik atau obat penyembuh sakit nya sementara.

      Harga tergantung dokter + tempat nya ya, lebih baik keluar uang lebih asal yakin aman dan nyaman aja di hati :peace:

  • Mlm om mw tnya klw tahapan cbut gigi bungsu bwh tuh apa aja dn wktunya brp lama?? Trus shbs cbutt klw jhtnnya g dbuka gmn?? thxs..

    • Hi adit, kalau pengalaman saya sih waktu itu kontrol dulu lalu di beri obat-obatan antibiotik, kemudian seminggu kemudian saya operasi dan di jahit gusi nya. Lalu 2-3minggu kemudian saya kontrol lagi sekalian buka jahitan nya.

      Kalau tidak dibuka, jadi ga nyaman bro di mulut ada benang-benang gitu dan mungkin akan ada efek negatif nya (tapi saya ga tau apa) :)

    • Seharus nya tidak merubah struktur wajah, bukti nya saya sendiri, wajah nya biasa-biasa saja tuh :yeah:

      Gigi bolong tergantung udah sampai akar atau belum, sebisa mungkin jangan di cabut, di coba tambal terlebih dulu, soalnya sayang loh kalau sampai cabut gigi yang berakibat ompong.

  • mau tanya.. kalo gigi bungsunya uda keluar separoh bisa dicabut apa harus operasi ya?
    soalnya saya pasang behel, nah gigi bawah saya mau dimundurin, pas dimundurin, gigi bungsunya kan kedorong mundur jg, alhasil gusinya jd bngkak.. :(
    padahal numbuhnya bagus.. tp karna gak cukup lahan alhasil sprti itu

    kalo biaya operasi gigi bungsu kira” kena berapa?

    thanks.

    • Kalau lihat kasus nya sih kemungkinan besar harus operasi, apalagi letak nya di bagian bawah pojok.

      Tergantung tempat ( rumah sakit / puskesmas atau yg lain ) dan posisi gigi, apalagi miring sekali tentu harga nya berbeda dengan yg lurus.

      Waktu itu saya operasi gigi bungsu yang bawah 1.5 juta per gigi belum termasuk obat minum.

  • tips supaya pas operasi kagak tegang gimana bro?
    Soalnya ane paling anti sama yang gituan,penakut :p

    • Tutup mata aja selama operasi biar ga bisa lihat alat2 operasi nya, itu faktor utama yang bikin tegang gue rasa.

      Sama pilih dokter gigi nya yang cantik, biar pikiran bro bawaan nya tenang selama operasi :yeah:

    • Sebenar nya dari dokter nya ga bilang ada pantangan apa2 sih bro

      Tapi buat jaga-jaga saja, itu bukaan gigi bungsu nya di hindari yang dingin-dingin sama panas-panas, ntar nyut2an lagi :suram:

  • salam mas Frenk…
    kalo cabut gigi geraham bungsu pas sakitya lagi kambu, kata dokter gigi mas frenk boleh ga ya? saya hampir tiap hari gigi grhm bungsu sering kambuh nyut2.. kalo gigiya tdk tertutup gusi perlu di jahit tidak stlah di cabut. tks atas jwbnya.

    • Hi, kalau gusi gigi nya sedang bengkak, sudah pasti dokter nya tidak mungkin di cabut atau operasi gigi nya.

      Bila seperti itu, pengalaman saya di berikan obat minum dulu untuk menghilangkan nyeri dan bengkak nya, baru siap di operasi.

      Pengalaman saya, klo bungsu bawah pasti di jahit karena pendarahan nya cukup besar, sedangkan kalau bungsu atas tidak perlu di jahit.

      • cabut gigi di jogja muahaaaaal… satu gigi bungsu atas tarif bisa sampai satu juta..belum obat, administrasi , sm parkir :sigh:

        • mungkin kasus mu gigi bungsu atas nya miring dan sebagai nya kali ya hehe.. soalnya jogja kan harusnya lebih murah biaya nya dari jakarta :)

  • hi, sebelum cabut gigi bungsu atas hrs rontgen dulu y ??? biaya rontgen berapa, dan kalo boleh tau total semua biayanya jd brp??? biar bisa nabung dulu gitu…hehe

    • Hai, saya kurang tau juga wajib atau ga, cuma saran dari saya konsultasi dulu dengan dokter gigi kepercayaan anda, lalu ikuti instruksi nya saja, tapi seharusnya perlu rontgen mulut karena dokter jadi bisa melihat struktur gigi anda :D

      Untuk biaya rontgen dulu di tahun 2010 100 ribu rupiah, kalau biaya cabut per gigi bungsu atas nya @300ribu, jadi total 700ribu deh, udah harga bersih karena ga perlu pakai obat2an lagi (dalam kasus saya).

      Semoga membantu ya, jangan takut ke dokter gigi ya :)

  • cabut giginya dimana? dan berapa biayanya?
    saya juga rencananya mau cabut dua gigi bungsu geraham atas, sebenarnya sih tumbuhnya normal, cuma agak sedikit miring keluar.

    • di RS Sumber Waras, Jakarta Barat. Per gigi nya 300 ribu.

      Kalau di rasa sudah menggangu, langsung dicabut aja tanpa ragu, soalnya gigi bungsu itu memang gigi ‘tak terpakai’ pada umum nya :)

Leave a Reply