Korea SelatanTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan ( Updated 2023 )

Itinerary Korea

Annyeong haseyooooooo……… Berhubung selesai sudah misi gue menceritakan pengalaman selama 11 hari keliling 3 kota ( Seoul, Sokcho dan Busan ) di Korea Selatan, maka sekarang pada post ini gue mau sharing tips, itinerary, rincian harga dan info-info lain nya yang mungkin berguna buat kamu-kamu yang akan travelling ke Korea Selatan :star:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan ke Korea ( Seoul / Busan / Jeju )

Untuk dapat menuju Seoul / Jeju dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Korea Selatan terdapat 2 bandara Internasional yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Buat anda yang ingin ke Pulau Jeju, maka ada 3 maskapai domestik Korea Selatan yang dapat anda pilih, kisaran harga sekitar 1 juta rupiah Pulang Pergi, yaitu :

  1. JejuAir
  2. AirBusan
  3. EastarJet

* * * * *

Visa Korea

Visa Korea Selatan
Visa Korea Selatan

Untuk dapat masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan Passport WNI Sipil ( Sampul Hijau ), maka kita harus mempunyai Visa Korea Selatan. Sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Korea Selatan, wajib terlebih dahulu punya nama nya Paspor ya!

Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020. Sedangkan cara mendapatkan Visa Korea Selatan tidak mudah dan tidak susah, dapat di baca cara nya pada Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan.

* * * * *

4 Musim di Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea
Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Di Korea Selatan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Korea musim gugur lalu di bulan Oktober, suhu nya rata-rata di kisaran 15° untuk siang hari, 10° untuk malam hari. Untuk sekitaran suhu segitu, gue masih nyaman hanya menggunakan satu sweater saja, tapi salah nya adalah gue menggunakan sandal gunung yang akibat nya kaki gue “mati rasa” ketika berjalan di malam hari, kalau pakai sepatu sih nyaman :suram:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration tingkat akurasi nya 99% berdasarkan pengalaman pribadi selama travel di Korea. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana :relax:

* * * * *

Itinerary Korea

Itinerary Korea
Itinerary Korea

Selama 11 hari di Korea Selatan, gue berkesempatan mengelilingi 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan. Tadi nya mau ke Jeju juga, cuma karena pertimbangan biaya dan teman jalan gue cuma 1 orang doang ( cowok pula ), jadi gue tunda dulu ke Pulau Jeju nya, nunggu sama istri saja nanti :shy:

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, wisata kota Seoul itu dominan mengunjungi Palace ( Istana ) dan juga area tempat Shopping jumlah nya banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking dan pantai sehingga jika malam kota nya tidak terlalu ramai dibandingkan Seoul, sedangkan Busan karena kurang explore jadi gue masih belum bisa menarik kesimpulan :sweating:

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Korea 11 Hari 3 Kota

Money South Korea
Money South Korea

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 11 hari 3 kota di Korea Selatan berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Won = Rp 11,8 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Manila – Incheon

CebuPacificAir – Sharing Bagasi 20 Kg

Rp 1.150.000
2.Tiket Pesawat Pulang Busan – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Sharing Bagasi 25 Kg

Rp 1.650.000
3.Visa Korea SelatanRp 480.000
4.Penginapan 10 Malam di 3 Kota

4.1 Seoul – 7 Malam di Leo Guesthouse Hongdae = 140.000 Won

4.2 Sokcho – 1 Malam di Motel Rocustel = 19.600 Won

4.3 Busan – 2 Malam di Busan Hot Motel = 55.000 Won
214.600 Won = Rp 2.540.000
5.Transportasi lokal di 3 Kota

5.1 T-Money Card = 3.000 Won

5.2 Topup T-Money = 50.000 Won

5.3 Gapyeong Bus Tour = 5.000 Won

5.4 Bus Seoul – Sokcho = 17.300 Won

5.5 Bus Sokcho – Busan ( Night Deluxe ) = 46.000 Won

5.6 One Day Pass Busan @4.500 / hari = 9.000 Won ( 2 hari )

5.7 Transportasi di Kota Sokcho = 6.900 Won
137.200 Won = Rp 1.620.000
6.Biaya Makan, Jajan, Ngemil 11 hari180.400 Won = Rp 2.130.000
7.Tiket Masuk Tempat Wisata96.500 Won = Rp 1.140.000
8.Oleh-Oleh93.000 Won = Rp 1.100.000
Total Travel Korea 11 HariRp 11.800.000
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

Untuk makan, rata-rata sekali makan berat itu di kisaran 5.000 – 10.000 Won. Kalau jajan / cemilan di kisaran 1.000 – 5.000 Won, nah jika mau irit ya makan nasi kotak yang di kisaran 3.500 Won itu udah enak menu nya. Yang gue suka dari makanan Korea adalah BBQ nya entah ayam / sapi / babi pokok nya enak-enak deh bumbu nya, harga di kisaran 12.000 Won, terus untuk minum nya yang wajib coba adalah susu pisang nya, harga di kisaran 1.200 Won :senang:

Kalau tempat wisata di Korea yang wajib di kunjungi sudah pasti Everland Hari 7 : Everland Theme Park ) dan melakukan Jjimbilbang Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea ), di jamin pengalaman nya tidak bakal terlupakan :evilsmirk:

* * * * *

Transportasi Korea

TMoney dan Busan Pass
TMoney dan Busan Pass

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu yang nama nya T-Money, jadi nanti untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, oh ya T-Money juga bisa buat belanja di minimarket. Selama di Seoul, untuk transport lokal nya gue selalu menggunakan T-Money sebagai alat pembayaran, berbeda hal nya dengan di Sokcho, kartu T-Money tidak bisa dipakai buat bus di sana, hanya kartu CashBee yang bisa dipakai.

Nah khusus di Busan, gue menggunakan Busan Day Pass untuk efisiensi biaya, tempat wisata Busan jauh-jauh euy jadi kalau pakai T-Money cukup rugi dari segi hitungan biaya nya. Buat anda yang mau ke Busan dari Seoul atau sebalik nya, sangat di rekomendasikan menggunakan kereta KTX karena lebih nyaman dan cepat, dapat di cek langsung di website resmi nya di Korail Website.

* * * * *

Penginapan Korea

Klook

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 40.000 – 60.000 Wo tergantung lokasi nya, gue menggunakan website Trip.com / KLOOK sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Oh ya pengalaman trip di musim Autumn ( gugur ), gue sama sekali tidak menyalakan AC ketika tidur karena dingin banget kalau udah malam menjelang dini hari :silence:

* * * * *

Internet WIFI Korea

Di era serba internet seperti sekarang ini, tentu keberadaan WIFI sangat penting banget, terutama buat yang suka eksis di media social buat upload foto atau sekedar check in :ahaaah:

Kabar baik nya banyak Internet WIFI hotspot GRATIS yang bertebaran terutama di tempat wisata. Tapi bagi anda yang mau menyewa Pocket WIFI Korea atau membeli SIM Card Korea, bisa menggunakan jasa pada website berikut :

Klook.com

Alternatif Lain ( Trusted juga ) :

  1. SIM Card KT ( Mulai dari Rp 300.000 – UnLimited Data – Data Only – Pick up di Bandara Korea ) – By Trazy
  2. Pocket Wifi Olleh ( 60rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea – By Trazy )

* * * * *

Tour Korea Murah

Opsi memakai tour untuk menuju Nami Island, Petite France atau Garden Morning of Calm merupakan opsi terbaik buat anda yang memiliki keterbatasan waktu. Selain 3 tempat wisata di atas, ada juga beberapa tour lokal yang memudahkan anda untuk mengeksplor Korea Selatan lebih dalam lagi :good:

List penyedia jasa tour di Korea yang murah, recommended dan trusted pasti nya, bisa di cek di bawah :

Klook.com

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount )

Wisata travel ke Korea sangat lah mudah karena info nya banyak bertebaran di internet, tinggal rajin-rajin saja membaca dan buat jadwal acara sendiri sesuai minat anda masing-masing. Membeli tiket masuk tempat wisata secara online harga nya bisa lebih murah loh di bandingkan membeli secara on the spot.

Berikut list-list website discount dan kupon tempat wisata di Korea :

Klook.com

Berikut list-list informasi di Korea yang sekira nya berguna buat anda untuk menyusun itinerary ke Korea :

  1. Visit Korea ( Recommended buat cari semua info tentang Korea )
  2. Visit Seoul ( Semua tentang Seoul )
  3. Jadwal Bus tipe Express antar kota di Korea Selatan
  4. Yeha Bus Tour ( Bus Tour di Pulau Jeju )
  5. Jeju Bike ( Sewa Motor / Sepeda di Pulau Jeju )

* * * * *

Keliling Pulau Jeju ( Jeju Island )

Buat anda yang ingin sharing cost ikut tour dengan peserta lain, bisa memakai opsi list tour di bawah, karena jalan-jalan di Jeju itu lebih recommended memakai sharing tour di bandingkan jalan-jalan sendiri memakai transportasi umum.

Klook.com

Alternatif nya anda bisa mengikuti group tour atau sewa taksi seharian untuk keliling Jeju dengan price sebagai berikut :

  1. 1 Day Pass Tiket Bus Hop On & Hop Off untuk keliling Jeju Island Seharian ( Pakai Sepuas nya ) – 10,5 USD
  2. Jeju Island 1 Day Trip – Small Group Van Tour, 9 Jam – 67 USD
  3. Jeju Island 1 Day Bus Tour Package, 9 Jam – 68 USD
  4. Jeju Island 1 Day – Sewa Private Taxi atau Van, 9 Jam – Mulai dari 159 USD

* * * * *

Tutorial Naik Subway / Bus di Korea

Seoul Subway Map
Seoul Subway Map

Nah sekarang gue akan berbagi info seputar pengalaman menggunakan Subway di Seoul yang awal nya ( jujur ) gue lihat nya ribet banget dah, walau akhir nya juga tetap ribet kalau melihat peta langsung sihhh….

Maka sebagai solusi dari permasalahan di atas, maka nya gue pun menggunakan bantuan aplikasi Android bernama “Metroid HD : Korea Subway Info” ( Link Download ) untuk menentukan rute tujuan Subway selama di Korea Selatan ( Seoul dan Busan ).

Rute Subway Hapjeong Station - Gapyeong Station
Rute Subway Hapjeong Station – Gapyeong Station

Sebagai contoh gue akan menggunakan rute Hapjeong Station – Gapyeong Station ( Nami Island ), maka yang muncul di aplikasi adalah rute  Hapjeong – Wangsimni – Mangwoo – Gapyeong dengan total jarak 70.5 km, total stops 32 pemberhentian, dan Estimated Time Arrival ( ETA ) kurang lebih 120 menit.

Rute Subway Hapjeong - Wangsimni
Rute Subway Hapjeong – Wangsimni

Alternatif lain menggunakan aplikasi bernama “Naver Map”, ini aplikasi buatan asli dari Korea Selatan. Mudah penggunaan nya dan yang paling penting itu navigasi nya terdapat dalam bahasa Inggris!

Naver Map English

Setelah mendapat info tersebut maka yang gue lakukan adalah memastikan arah yang di tuju adalah benar karena subway di Korea Selatan adalah 2 arah. Untuk menentukan arah yang benar adalah dengan melihat stasiun berikut nya sudah cocok atau belum. Contoh dalam kasus dari Hapjeong gue harus menuju arah Wangsimni, maka arah stasiun pemberhentian berikut nya yang benar dari Hapjeong Station adalah ke Hongik University.

Gate Subway di Korea Selatan
Gate Subway di Korea Selatan

Penggunaan T-Money pada Subway dan bus di Korea pada dasar nya sama saja, mengharuskan kita tapping dua kali. Jika Subway Korea tapping nya ketika Masuk dan Keluar Gate, maka untuk bus tapping nya ketika masuk di pintu depan dan keluar di pintu tengah.

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Korea, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

668 Comments

  • hai kak, mau nanya dong soal penukaran uang. apa lebih baik narik duit di atm sana aja apa tuker dari awal ya? soalnya nanya di money changer ratenya mahal bgt, 1 wonnya dihargai Rp.15.
    mohon pencerahannya, kak.
    thank you :D

    • 1 Won Rp 15? mahal amat? di money changer dekat kantor gw di daerah ITC Kuningan cuma Rp 12.25 haha

      Kalau gitu solusi nya narik langsung di ATM sana aja, bisa dapat rate di bawah MC, mungkin di kisaran 11.9 – 12.1 tergantung Bank nya. Dan jangan lupa ada biaya administrasi Rp 25.000 – 35.000 Per Penarikan. Tapi kamu tetap harus bawa cash Won, ya at least sekitar 130.000 Won ya buat jaga-jaga selama belum ketemu mesin ATM di Korea nya.

      • makanya kak :noooo: kalo menurut pengalaman kak frenky, rate yg paling stabil bank apa ya? trus yg paling mudah digunakan mastercards, visa, atau cirrus? Thank you kaaaakkk..

  • Gw sukaaaaa bgt sm blog nya…. Lengkaaap bgt dan enaak bacanya.. gw ada rencana maw ke seoul maret or april tp masih cari temen jalan krna temen kantor diajakin ga ada yg interest ke korea.. maw nanya emailnya boleh ga kak? Ada byk yg maw di tanyain nich hehehhe.. thnks before ya

  • Hai…
    Saya rencana dng tmn kantor mau backpacker ke korea seoul dan pulau jeju tahun depan.. saya baca blog nya bagus unt referensi juga.. 😊
    Dari segi biaya … lebih irit manakah tour pake jasa trevel.. atau backpaker sendirian??

    Makasih😊

    • Jelas lebih murah dengan urus sendiri ya karena kan kita tidak perlu bayar biaya tour dan uang tip. Cuma ya kalau urus sendiri arti nya harus well prepared dan siap-siap nyasar aja, tapi tetap di bawa enjoy aja.

  • kak kalau budget 1 bulan sekitar 15 juta cukup gak? atau rencananya sih aku mau berencana tinggal disana dan ngelanjutin sekolah disana gimana ya cara pengurusannya mungkin aja kakak bisa jawab . apa kalau ingin tinggal disana harus ngajuin visa juga?

    • sbulan 15juta? mana cukup, sewa penginapan nya aja udah berapa. Wah sorry, kalau masa visa long term stay saya engga ada info ya, tapi ya tetap harus ada visa buat masuk korea. Beda jenis visa turis sama visa long term stay.

  • hai ^^
    setelah baca baca blog ini, mau tanya 1 hal, harga tiket di everland itu untuk harga terusan atau hanya harga masuknya saja ya?

    terima kasih

      • kayaknya 1 pertanyaan nggak cukup, maaf ya kalau banyak tanya2 >.< taun depan mau kesana, tapi nggak punya ide itinerary sama sekali..

        – untuk tiket ke 4 palace, ketika beli langsung yang paketan, itu harus digunakan dalam 1 hari atau bisa digunakan untuk hari yang berbeda? misal hari ini 2 palace, besoknya 2 palace, bisa?
        – jarak dari 1 lokasi wisata ke lokasi wisata lain di Seoul itu relatif dekat atau jauh2 ya?
        – untuk T money, kira2 isi berapa ya untuk keliling Seoul dalam 7 hari?

        terima kasiiiih banyak atas jawabannya nanti :wow:

        • Hi,

          – Tiket 4 palace berlaku selama 30hari sejak tanggal pembelian, untuk masalah 1 hari mau berapa palace, itu bebas
          – Ada beberapa yang dekat satu sama lain kaya Palace2, ada juga yang jauh jarak nya, ya tergantung tempat nya
          – Asumsi aja sehari 7.500 Won di Kali 7 berarti sekitar 50 – 55ribu Won

  • Hallo ka..
    seneng bisa baca blog nya..hihi

    mau tanya2 boleh ya ka..hihi
    insyallah saya akan wisata ke sana pertengahan bulan depan.
    kondisi saat ini saya baru resign sehingga tdk punya surat ket kerja.
    saya jadi was-was apply visa nya hihihi..
    mohon sarannya ya ka..dokumen alternatif dan apa aja yg harus saya persiapkan. (apakah sama dengan balasan comment diatas, menggunakan rekening ortu dan buat surat pernyataan ortu ?)

    waiting for ur reply..
    thanks alot ka :)

    • Hi Dini,

      ya jawaban nya sama sih haha.. no choice, kecuali kamu bisa ada bukti lain yang menyakinkan kedutaan kalau kamu akan balik lagi ke Indonesia

  • Hi kak! Salam kenal, mau numpang nyari temen buat ke Korea bareng hehe, untuk tahun depan.. Soalnya kita cuma ber2, kalau ada yg minat bisa email: fajriatull@gmail.com atau line: fajriatullaili. Makasih bnyk ka :D

  • Hy kak ! 😊 .info nya sangat bermanfaat.
    Saya mau bertanya :
    1. Apa rekening ortu itu wajib untuk direkomendasikan, trus apa uang yg ada dlm rekening org tuanya bakalan kebawa gak yah ?
    2. Apa itu surat pernyataan orang tua ?
    3. Apa kita diperbolehkan jalan2 selain tmpt wisata yg sudah ditentukan sama visa tour ? Misalnya jln2 k tempat tinggalnya temen gitu .
    4. Apa hanya visa saja yg mesti diurusi kalau mau ke korea. ?
    5. Saya masih mahasiswa , jadi belum tahu harus bagaimana . Apa ada trik2 khusus gitu supaya gak ribet ke koreanya .?
    6. Lupa, satu lagi. Kalau visa tour itu bakalan nemenin / ngebantuin kita sampe tour kita selesai gak ?
    Terima kasih .😄

    • Hi,

      1. Kalau status nya masih mahasiswa aktif, yup lampiran rekening orang tua harus di berikan. Uang nya mah kaga perlu, kedutaan cuma mau tau uang ortu kamu cukup atau tidak buat membiayai perjalanan wisata kamu

      2. Surat statement ortu menyatakan sanggup membiayai perjalanan kamu

      3. Sorry, saya engga paham visa tour maksud kamu apa ya

      4. Iya pertama urus visa korea dulu, kalau udah dapat, bisa di urus tiket pesawat, penginapan dll nya

      5. Lampirkan surat keterangan mahasiswa aktif sangat membantu proses approval visa kamu

      6. Ini maksud nya memakai jasa tour travel bukan ya? kalau iya, biasa nya sudah di urus semua nya, peserta tinggal terima jadi aja

  • Malam..
    Panggil kaka sja deh biar enak..
    Saya akhir september ini akan terbang ke korea dan baru akan ajukan visa awal september.. kira2 aman kan ya??
    Terima kasih

  • hi kak, aku mau tanya banyak nih..
    aku udah beli tiket buat bualn agustus nanti, kalo aku buat visa awal september ini gimna?
    2. klo ntr visa udah jadi trus ambilnya diwakili tmn bisakah?cz aku domisili diluar jakarta
    3. jalan2 sendiri di korea aman ga?cz aku ke korea sendiri, takut nyasar dan aku ga jago bahasa Korea.orang sana pada bisa ngomong English kan? heheh..

    makasih….

    • 1. Beli tiket buat bulan agus 2017 kan maksud nya? Berarti buat visa korea nya paling cepat pertengahan Mei 2017, yang terbaik sih buat nya di pertengahan juni 2017.

      2. Iya bisa di wakili teman

      3. Aman, kalau acara nyasar pasti ada nama nya juga jalan2 mandiri, cuma ya di minimalkan aja sebisa mungkin dengan cari info detail rute2 arah nya. Yang bisa ngomong bahasa inggris cukup oke biasa ny yg muda2 ya, kalau orang tua jangan sekali2 di tanyain bahasa inggris, nanti di omelin yang ada :ngakak:

    • Foto kamar hostel nya ada tapi di post lain, yang tentang review hostel. Kondisi kamar nya ya bersih, air untuk WC engga semua ada, jadi ada yang pakai tissue ada yang punya semprotan air.

  • Aq Desember 2017 mw k Korea mw ktemu musim salju :yeah:

    Tp aq lg pusing dibahasa
    Ga ngerti bhasa Korea halusx
    Wkkwkwkwkkwk

    • Des 2017? wah masih lama sekali. Engga perlu pusing, gw aja kaga bisa bahasa Korea sama sekali, lancar-lancar aja travelling nya disana :)

  • Hi kak.
    Aku mau tanya dong, kalau buat pemula mau ke korea bareng temen2 tanpa pake tour kira2 baklan ribet gak yah kak, takut nya disana bingung.
    Makasih kak.

  • gue seneng banget blog lo!
    jelas rinci dan enakk diikutin haha lol
    pas gue ke jepang gue ikutin yang ada di blog lo, dan itu sangat amat membantu xD
    next bakal gue ikutin lagi nih keknyaa..
    keep posting yahh!!

    • wow tengkyu2 pujian nya ahahaha..

      engga nyangka juga post blog nya bisa membantu traveller, di tunggu saja cerita selanjut nya ya, udah lama kaga jalan2 sih jadi nya udah jarang banget nge-post lagi :-(

  • udaah approve ternyata, kak 😍
    tadi siang udah ditelpon kedutaannya
    dan kata orang kedutaannya udah selesai proses visa punya aku sama adik aku 😍
    ya ampuuun BAHAGIA !!
    jadi ke KOREA
    :yeah: :cheer:

  • hehehe iyaa makasih banyak loh yaa
    iyaa, waktu itu ditanya sama kedutaan nya masalah SPT
    kan aku pake jaminan orangtua, jadi yang ditanya SPT orangtua
    tapi karna orangtua aku udah pensiun 4 taun lalu, ya aku jawab gitu aja
    dan besok nya aku cek udah approve
    :yeah:
    naah itu, nama adik aku di search not found terus
    padahal nama adik aku cuma 2 suku kata
    harusnya mah lebih gampang kan yaah
    kalo pake nomer kwitansi yang dikasih pas bahar visa itu bisa?

    • Wah oke tengkyu info nya :)

      Kalau pakai nomor kwitansi kaga bisa deh setau gue, dlu gue udah coba berkali-kali berbagai macam inputan. Coba double check lagi inputan nya atau jangan2 dokumen nya belum di proses kedutaan lagi ( amit2 sih yang ini ), telpon kedutaan aja buat pastiin dokumen adik nya udah benar di proses.

  • kak frenkey,
    ya ampuuun gue lagi bahagia bangeet, barusan status aplikasi gue dan APPROVED !! :yeah:
    gue mau makasih banget buat kakak soalnya karna blog kakak ini bantu gue dan juga kakak bantu jawab pertanyaan gue seputar visa.
    dan ternyata sesuai dengan apa yg kakak bilang kalo ditanyain spt ya jawab seadanya aja dan sukses ternyata spt ga dipermasalahkan
    makaaasih banyaak :cheer:

    tapi mau nanya lagi nih hehe
    kan aku ngajuin aplikasi visa sama adik aku yah
    dan data kami pun jadi satu
    terus dapet nomer aplikasi atau kwitansi pembayarannya juga jadi satu
    nah pas ngecek di status visa itu, nama aku doang yg ada tapi nama adik aku not found
    apa itu adik aku jadi satu sama aku yah?

    • wow wow wow CONGRATZ! Senang bisa membantu walau hanya sekedar informasi saja haha.. jadi pada akhir nya dokumen SPT kamu di tanya kedutaan ya? terus jawab nya apa? buat sharing pengalaman nya ke reader gw yang lain haha..

      Untuk nama adik kamu pasti bisa di cek online juga kok, untuk aturan input nama nya ( kalau lebih dari 1 suku kata ) harus memperhatikan aturan yang ada, coba cek di sini https://frenkeyblog.com/cara-tips-dan-pengalaman-membuat-visa-korea-selatan/ jangan lupa double check lagi nomor passpor adik dan tanggal lahir adik kamu.

  • ka frenky mau nanya dong, klo ikut tour dengan biaya 16 juta selama 10 hari ke tiga tempat, seoul, busan dan jeju include tiket PP, Visa, insurance, hostel, breakfast, biaya transportasi, biaya masuk wisata, itu termasuk murah atau mahal?

    • Hi Yunice,

      Harga nya termasuk oke ya ( tidak murah, tidak mahal ) kalau udah all in kecuali makan ( malam + ngemil ) + belanja ( pasti nya ). For your info tiket tempat wisata di Korea murah sih bahkan banyak juga gratis.

  • ka frenky, aku masih nabung buat terbang ke korea…rencana tahun 2020 bareng temen aku 2 orang, but kita takut ga ngerti mau kaya gimana disananya..nah ka frenky udh pernah tuh kalau jadi guide bisa ga???heuheu kalau pake backpacker korea pasti mahal……….please !!!!! :ahaaah:

    • masih 4 tahun yang akan datang?! haha,, ya udah entar tanya lagi aja ya 4 tahun lagi.

      Kalau sekarang sih jawaban nya bisa aja kalau di bayarin mah tiket pesawat nya, sisa nya gue tanggung sendiri deh :ngakak:

      Tapi sebenar nya sih engga perlu bingung, rute transport subway nya dah super duper bagus banget, tinggal tentuin aja mau kemana2 nya.

  • Kak mau nanya dong :
    1. Kalo penginapan perbulan disana ada ga? sekitaran berapa ya?
    2. Dari bandara ke penginapannya kkak naik apa?
    3. Pas disana kk megang uang full cash atau gimana?

    Thanks hehe

  • kakkkk mau tanya dong, its kinda stupid question hahahaa untuk Visit Korea Committee ( Voucher Discount )-nya di print warna atau boleh prin-an b&w, kak? waktu itu ada pake Voucher Disc ga?????
    thank you kak

  • mau tanya pesen tiket pesawatnya dimana ya? bisa murah gituu.. saya sama temen temen mau ke korea dengan budget minim banget hehe

  • Hai mas,,rencana aq mau jalan ama 6 orang temen ke korea di tgl 11-17 okt ini,,itenary pasti sih ke mount sorak n nami,,palingan keliling seputar kota korea aja krn penginapan jg daerah jung,,,nah waktu segitu klo kita mau ke jeju kekejar gak ya waktunya,,trs penginepan di jeju klo gak booking dulu bisa gak,,thx ya

    • kalau Jeju, at least 3hari udah cukup sih, ya jadi kira-kira aja waktu nya cukup atau engga. Bisa aja on the spot, ya tapi kalau engga dapat ya nasib.

      By the way saya sendiri belum pernah ke Jeju sih, jadi kurang paham juga detail travel ke Jeju.

  • Gan…mau ikutan nanya dong
    Kalau untuk perokok gimana, semisal kita bawa rokok dari indonesia ada maksimal nya gak ?

    Thanks

    • Sorry kurang paham ya kalau masalah maksimal jumlah batang rokok gini. Tapi kalau bawa 10 kotak rokok harus nya tidak masalah sih.

  • Hi kak Frenkey!😁

    Aku mau tanya soal pengalamannya booking tiket tempat wisata/atraksi lewat klook…waktu itu kak frenk lewat situs klook atau klook app di smartphone ya book nya?? Klook trusted ga sihh? Tergiur bgt sama harga2 yg ditawarkan, lebih muraah bgt😅 Btw aku ga rencana ke jeju…tp mau pake klook buat beli tiket HK disneyland+meal vouchernya hehehe

    • Hi Nisa,

      Wah gue tidak pernah nyewa di Klook hahaha… tapi review nya bagus kok apalagi kamu mau buat HK Disneyland kan, itu trusted bgt, Klook ini based nya di HK kantor nya. Book lewat web atau app nya sama aja sih, trust me it works.

  • Hai, mau nanya nih soal kendala” disana.

    1) saat lu beli tiket tempat wisata, beli makanan, dan pesen sesuatu itu dominan pake bahasa tubuh ato lu belajar sedikit bahasa korea agar mempermudah lu?

    2) disana selain pilihan guests house dan motel sebagai pilihan buat neken budget, ada homestay gak sih? Dan kalo ada, bisa kena biaya brp kira”?

    3) kalo kehabisan won, kartu kredit visa ato master card gitu bisa dipake gak disana?

    4) misalkan won habis dan uang rupiah juga gak pegang saat itu, sialnya lagi kartu kredit gak bisa dipake. Kartu debet gitu bisa gak dipake disana? (Maklum pertama kali mau keluar)

    Thankyou.

    • Hi,
      1. Langsung to the point aja bilang mau beli berapa terus kasih duit nya. Kalau di daerah turis, penjual nya bisa ngomong bahasa inggris seputar harga. Gue cuma bisa bilang anyeong, gamsahamida sama gomawo.

      2. Kaya nya kaga ad istilah homestay ya disana. Kalau mau murah banget ya sewa tipe kamar dorm aja itu tidur rame2 jadi nya, harga per malam nya bisa dapat 100-150rban

      3. Bisa banget pake kartu kredit baik EDC atau ATM. Alternatif nya tarik won aja di ATM langsung, kena charge sekitar 25-35rb rupiah tergantung bank yang di gunakan.

      4. Kartu debet engga bisa dipakai di mesin EDC pasti nya, tapi kalau di pakai tarik Won di ATM bisa.

  • hy ka,aku mau nanya klo pergi ke korea trus pake yg tour,biayanya berapa? trus transportasi nya yg mna ?? trus ka itu tmpat wisata nya di tentuin/bisa request ??
    Makasih..

    • Biaya nya? ya variasi tergantung berapa jumlah hari tour nya dan fasilitas yang di dapat tapi rata-rata sih kisaran 7-10jt ( all in ) buat sekitar 7hari. Kalau pakai tour, tempat wisata sudah di tentukan, jadi peserta nya tinggal ngikut aja.

  • tapi gapapa tuh kalo jawab pensiunan dan gak ada SPT?
    oya, kedubes bakal nanyain gak sih aktivitas rekening nya kaya pemasukan dan pengeluarannya gitu?

    • ya kalau emang engga ada SPT mau gimana lagi? daripada bohong mending bilang aja engga ada terus tanya kedutaan ada solusi lain engga?

      Harus nya engga bakal nanya begituan ya, terlalu spend time cek satu2 aktivitas rekening setiap aplikan, paling cuma di liat sekilas flow masuk keluar uang nya di tabungan nya sama saldo akhir nya.

  • tapi SPT engga wajib dilampirin kan yah?
    soalnya liat review beberapa orang bilang nanti bakalan diminta SPT nya sama pihak kedubes
    agak was was juga soalnya kan ortu udah pensiun 😔
    kk punya contoh surat pernyataan nya gak?
    apa aja yang perlu dijelaskan di surat pernyataan itu sih??

  • hi kak,
    mau nanya nih, kan bulan september ini aku mah go to korea sama adik aku berdua aja tanpa travel
    nah untuk apply visa nya, private visa atau wisata kluarga yah?
    soalnya kan aku dan adik aku pastinya pake bukti keuangan ortu karna kita berdua belum kerja
    oya, untuk SPT itu wajib gak sih?
    terus kalo bukti keuangannya pake surat PBB aja, perlu bukti rek koran juga gak?
    surat PBB nya bukan nama ortu sendiri tapi nama ortu nya ortu, itu gapapa?
    maaf banyak nanya hehe

    • Apply visa jenis wisata aja, engga ada istilah private atau keluarga.

      Kalau misal nya kamu berdua status nya belum kerja, berarti engga perlu kasih SPT.

      Surat PBB engga perlu, cukup kasih rekening Koran dan surat referensi Bank Tabungan orang tua nya. Terus buat surat pernyataan aja bahwa orang tua akan membiayai seluruh perjalanan kalian berdua sebagai anak terus paraf deh.

  • hai kak, aku ada rencana buat ke korea bulan febuari nnti, menurut kakak dengan suhu disana outfit yg gimana ya yg cocok, karena aku takutnya saltum gitu, setelah browsing2 ttg suhu dan segala macem, aku takutnya bawa coat yg tebel eh ternyata ga sedingin itu pdhl udh bawa berat berat eehe, eh pas bawa yang coat biasa aja ternyata dingin banget… jd takut saltum gitu nnti kan harus minimalkan bawaan ya.. yang ga penting kalo bisa jgn dibawa hehe, btw makasih kak blognya! ngebantu banget karena aku bakalan 11 harian jg hehehehe

    ohiya kak aku lupa tanya, itu yang masalah visa. kan aku masih mahasiswi nih, rekening koran kan pemasukan sm pengeluarannya rada ga lancar gt, nnti itu yg dipakai apakah rekening koran orang tua atau rekening koran atas nama yg bersangkutan? terima kasih kak

    • Kalau bulan Februari sih udah jelas ini masih masuk winter ya, suhu nya di kisaran 0 – 10 derajat kira2 bahkan bisa minus di hari tertentu. Jadi pasti nya bawa jaket sama sepatu tebal ya.

      Kalau mahasiswi pakai rekening koran orang tua aja dan jangan lupa lampiran surat keterangan masih mahasiswi aktif dari kampus nya.

  • Nyimak ini tdi.
    Ini diurus sendiri apa diurusin agen kak.
    Trus untuk mengakali rekening koran 3 bulan itu gmana.
    Bukannya ada batasan 20jtaan ya.
    Terima kasih

    • Buat sendiri Visa nya, engga perlu sampai 20juta. Taruh 10juta juga tidak masalah kalau dokumen dan rencana lama tinggal nya di Korea nya tidak terlalu lama.

  • Pak emg susah ya bwt msk k bandara inceon, kan saya ada rencana bln desember tour k korea sekalian ketemu temen yg kerja disana, trs kata tmn saya katanya sekarang masuk korea susah??

    • Kalau udah punya Visa Korea seharus nya tidak ada masalah lagi di bandara Incheon nya, dan juga jangan bawa barang2 terlarang.

  • Hi Kak,
    Rencananya Oktober ini aku sama temen2 mau ke Korea.
    Aku mau tanya, gimana cara pakai fasilitas WiFi disana ya?
    Harus daftarin HP kita dulu ga ya?
    Atau kalau mau beli paket internet, ada rekomendasi paket internet yang murah kah?
    Thanks, kak :)

    • Engga perlu daftarin HP, langsung aja connect WIFI nya biasa, cari hotspot, terus pilih yang tidak berpassword.

      Kalau mau beli paket internet, saya cuma tau beli EG Sim Card aja, coba cek link nya di dalam artikel post ini ya untuk detail harga dan cara beli nya.

    • Kalau paket tour biasa nya hanya visa yang tidak termasuk dalam biaya tour, tapi bisa di bantu oleh pihak tour untuk di uruskan. Nambah biaya pengurusan lagi tapi pasti nya.

  • Hy bro..

    saya mw traveling ke korea tp backpacker sm adik, kira2 klu budget 20 juta cukup untuk 2 org tidak?

    nah rencana kan tidak pake tour nih, klu di Indonesia kan bisa kita pake google maps, nah untuk tau jalur kemana pake apa? secara tidak tau bahasa klu nyasar gmn secara English msih blum lancar

    trus transportasi tidak ada sewa motor yah hehe hrus pke transportasi umum? klu salah kereta gmn hehe
    apalagi peswat ke jeju island,

    missal nih hotel di seoul,, ke tmpat wisata jauh2 tdk?

    hal apa saja yang tidak boleh (dilarang) dilakukan disna? yang mnurt kita sederhana tapi dsna hal yang dilarang

    • Hi bro,

      20jt untuk 2orang, cukup sih, ya kira2 buat 7-10hari.

      Karena tempat wisata di korea itu dekat dengan stasiun subway jadi acuan nya cukup tau stasiun subway saja, tinggal install aplikasi korea subway.

      Sewa motor? kalau di jeju sih oke aja. Tapi kalau selain itu jelas naik transportasi umum ( subway sama bus ) merupakan pilihan terbaik.

      Ya tergantung hotel nya dekat tempat wisata apa dong, engga semua tempat wisata dekat hanya di 1 hotel kan?

      Jangan ngeludah dan buang sampah sembarangan, budayakan antri, jangan jorok, jangan berisik dan makan di subway.

  • hallo kk terimakasih info diatas.
    kak , aku mahasiswa aktif semester 3 , rencananya mau ke korea selatan bulan januari 2017 karena libur , disana lebih kurang 3 hari untuk audisi MC.
    lokasi di Hapjeong-dong, Distrik Mapo-gu
    Kota Seoul .
    pertanyaan aku nih :
    -apa saja keperluan yang harus diurus di Indonesia?kartu apa yang harus dibawa?
    -berapa budget keseluruhannya ? ( termasuk tiket PP & hotel )
    -Apa yang harus diurus setibanya dikorea?
    terima kasih kak , maaf annoying , saya serahkan kepada kk yg berpengalaman ^___^
    email saya 0997slv@gmail.com

    • Hi Tary,

      1. Yang pasti kamu harus punya Visa Korea ya, untuk persyaratan dokumen nya coba baca post tentang mengurus visa korea selatan untuk mahasiswa, di baca saja komen nya pasti ada jawaban nya, soalnya pertanyaan ini berulang-ulang

      2. Budget keseluruhan? anggap saja biaya hidup disana 500rb – 1jt / hari tergantung gaya hidup nya, tiket PP LCC sekitar 3.5jt, Full Services sekitar 6jt an.

      3. Yang harus di urus? Tidak ada ya, cukup siapkan uang Won terus mental nya harus percaya diri ya.

  • Selamat pagi. Saya mau nanya Kira2 4 hari jalan2 ke kota seoul dan nami island cukup tidak?trus penginapannya bisa 1 kamar 4 org ngak yak hehehe, br budget nya lebih murah. Terimakasih

    • Cukup ya 4 hari kalau cuma Seoul + Nami Island.

      1 Kamar 4 Orang kaya nya bisa coba pakai Hotel ya atau kamar tipe Dorm kalau mau lebih hemat.

  • ka, ko bisa si dapet promo pesawat sampe segitu murahnya. btw, cara dapetin promo yg lebih rinci gimana?

  • sore kk.. aku di riau.. rencana mau kekoreanya lewat KL..krn riau n malaysia deketan.. kiea2 budget 15jutaan cukup gk yaa tuk semuanya..dr tiket makan pnginapan jajan dll.. mksh..

  • Halo kak!

    Aku masih mahasiswa dan pengen jalan-jalan ke korea bareng temenku berdua g pake tour. Kira2 kalau apply visa nya bakal perlu di siapin apa aja yah?
    N T Cash nya itu cara dapatnya gimana yah kak?

    Terimakasih sebelumnya :)

  • Halooo pak frenkey.. mau tanya nih
    Hari 1 ke gyeongbokgung palace, namsangol hanok village, myeongdong.
    Hari 2 ke nami island, nseoul tower, namdaemun.
    Hari 1 dan 2 sy start jam 7pagi. Kira2 habis brp jam masing2 hari?? Sdh termasuk nyasar, makan dll.

    • Hi,

      1. jam5-6 sore harus nya udah selesai sih, dengan asumsi 1 tempat habis waktu sekitar 1 – 2 jam

      2. yang ini sekitar jam 6 sore harus nya sudah selesai

      Tapi itu cuma estimasi kasar, susah predict waktu gini, soalnya tergantung situasi kondisi di hari H nya.

  • Ka aku mau nanya kira2 budget 3jt buat 7hari diseoul buat makan+jalan2+shoppinh cukup ga yaaa?makasih:)

    • itu biaya sudah termasuk penginapan + transportasi juga?

      kalau termasuk, engga bakal cukup. Kalau tidak termasuk, mungkin cukup mungkin tidak, tergantung gaya jalan-jalan kamu deh ya.

  • Kalau yg blum punya krja trus mau ngajuin visa itu kira2 lolos ga yah? Soalnya bru fresh graduate tp mau jlan2 ke korsel winter ini.

    • Bisa-bisa aja, tapi harus ada penjamin ke kedutaan kalau kamu pasti balik lagi ke Indonesia habis travel ke Korea.

      Umum nya sih kalau case kamu ya pake rekening ortu + surat pernyataan ortu ( dalam bahasa inggris ). Jangan tanya gue tapi contoh surat pernyataan nya ya, coba googling aja, atau coba buat sendiri aja kira-kira.

  • Bagus juga ya… jadi kepengen nih,, hehehe. Mas mau tanya disitu mas pake bahasa apa ya ? kalo pake bahasa kita, orang sono ngerti kaga ya ?

    • pakai Bahasa Inggris dan tanya ke anak-anak muda. Bahasa kita maksud nya bahasa Indonesia? Jelas tidak mengerti dong mereka.

  • Hello bro Frenkey,

    Gw mau apply visa dan ada bagian harus melampirkan fotokopi SIUP tempat bekerja. Gw uda tanya ke HRD, mereka bilang ga bisa keluarin dokumen tersebut untuk keperluan pribadi. WTH! Mereka cuma bisa kasih surat keterangan kerja aja.

    Kira-kira ini bakal jadi masalah ga bro? Thanks before!

    • emang bener sih SIUP engga bakal di kasi buat keperluan pribadi, itu wajar. Engga masalah cukup surat keterangan kerja aja, itu sudah cukup banget + bukti SPT tahunan dari kantor biar tambah yakin.

Leave a Reply