Korea SelatanTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan ( Updated 2023 )

Itinerary Korea

Annyeong haseyooooooo……… Berhubung selesai sudah misi gue menceritakan pengalaman selama 11 hari keliling 3 kota ( Seoul, Sokcho dan Busan ) di Korea Selatan, maka sekarang pada post ini gue mau sharing tips, itinerary, rincian harga dan info-info lain nya yang mungkin berguna buat kamu-kamu yang akan travelling ke Korea Selatan :star:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan ke Korea ( Seoul / Busan / Jeju )

Untuk dapat menuju Seoul / Jeju dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Korea Selatan terdapat 2 bandara Internasional yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Buat anda yang ingin ke Pulau Jeju, maka ada 3 maskapai domestik Korea Selatan yang dapat anda pilih, kisaran harga sekitar 1 juta rupiah Pulang Pergi, yaitu :

  1. JejuAir
  2. AirBusan
  3. EastarJet

* * * * *

Visa Korea

Visa Korea Selatan
Visa Korea Selatan

Untuk dapat masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan Passport WNI Sipil ( Sampul Hijau ), maka kita harus mempunyai Visa Korea Selatan. Sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Korea Selatan, wajib terlebih dahulu punya nama nya Paspor ya!

Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020. Sedangkan cara mendapatkan Visa Korea Selatan tidak mudah dan tidak susah, dapat di baca cara nya pada Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan.

* * * * *

4 Musim di Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea
Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Di Korea Selatan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Korea musim gugur lalu di bulan Oktober, suhu nya rata-rata di kisaran 15° untuk siang hari, 10° untuk malam hari. Untuk sekitaran suhu segitu, gue masih nyaman hanya menggunakan satu sweater saja, tapi salah nya adalah gue menggunakan sandal gunung yang akibat nya kaki gue “mati rasa” ketika berjalan di malam hari, kalau pakai sepatu sih nyaman :suram:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration tingkat akurasi nya 99% berdasarkan pengalaman pribadi selama travel di Korea. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana :relax:

* * * * *

Itinerary Korea

Itinerary Korea
Itinerary Korea

Selama 11 hari di Korea Selatan, gue berkesempatan mengelilingi 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan. Tadi nya mau ke Jeju juga, cuma karena pertimbangan biaya dan teman jalan gue cuma 1 orang doang ( cowok pula ), jadi gue tunda dulu ke Pulau Jeju nya, nunggu sama istri saja nanti :shy:

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, wisata kota Seoul itu dominan mengunjungi Palace ( Istana ) dan juga area tempat Shopping jumlah nya banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking dan pantai sehingga jika malam kota nya tidak terlalu ramai dibandingkan Seoul, sedangkan Busan karena kurang explore jadi gue masih belum bisa menarik kesimpulan :sweating:

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Korea 11 Hari 3 Kota

Money South Korea
Money South Korea

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 11 hari 3 kota di Korea Selatan berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Won = Rp 11,8 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Manila – Incheon

CebuPacificAir – Sharing Bagasi 20 Kg

Rp 1.150.000
2.Tiket Pesawat Pulang Busan – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Sharing Bagasi 25 Kg

Rp 1.650.000
3.Visa Korea SelatanRp 480.000
4.Penginapan 10 Malam di 3 Kota

4.1 Seoul – 7 Malam di Leo Guesthouse Hongdae = 140.000 Won

4.2 Sokcho – 1 Malam di Motel Rocustel = 19.600 Won

4.3 Busan – 2 Malam di Busan Hot Motel = 55.000 Won
214.600 Won = Rp 2.540.000
5.Transportasi lokal di 3 Kota

5.1 T-Money Card = 3.000 Won

5.2 Topup T-Money = 50.000 Won

5.3 Gapyeong Bus Tour = 5.000 Won

5.4 Bus Seoul – Sokcho = 17.300 Won

5.5 Bus Sokcho – Busan ( Night Deluxe ) = 46.000 Won

5.6 One Day Pass Busan @4.500 / hari = 9.000 Won ( 2 hari )

5.7 Transportasi di Kota Sokcho = 6.900 Won
137.200 Won = Rp 1.620.000
6.Biaya Makan, Jajan, Ngemil 11 hari180.400 Won = Rp 2.130.000
7.Tiket Masuk Tempat Wisata96.500 Won = Rp 1.140.000
8.Oleh-Oleh93.000 Won = Rp 1.100.000
Total Travel Korea 11 HariRp 11.800.000
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

Untuk makan, rata-rata sekali makan berat itu di kisaran 5.000 – 10.000 Won. Kalau jajan / cemilan di kisaran 1.000 – 5.000 Won, nah jika mau irit ya makan nasi kotak yang di kisaran 3.500 Won itu udah enak menu nya. Yang gue suka dari makanan Korea adalah BBQ nya entah ayam / sapi / babi pokok nya enak-enak deh bumbu nya, harga di kisaran 12.000 Won, terus untuk minum nya yang wajib coba adalah susu pisang nya, harga di kisaran 1.200 Won :senang:

Kalau tempat wisata di Korea yang wajib di kunjungi sudah pasti Everland Hari 7 : Everland Theme Park ) dan melakukan Jjimbilbang Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea ), di jamin pengalaman nya tidak bakal terlupakan :evilsmirk:

* * * * *

Transportasi Korea

TMoney dan Busan Pass
TMoney dan Busan Pass

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu yang nama nya T-Money, jadi nanti untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, oh ya T-Money juga bisa buat belanja di minimarket. Selama di Seoul, untuk transport lokal nya gue selalu menggunakan T-Money sebagai alat pembayaran, berbeda hal nya dengan di Sokcho, kartu T-Money tidak bisa dipakai buat bus di sana, hanya kartu CashBee yang bisa dipakai.

Nah khusus di Busan, gue menggunakan Busan Day Pass untuk efisiensi biaya, tempat wisata Busan jauh-jauh euy jadi kalau pakai T-Money cukup rugi dari segi hitungan biaya nya. Buat anda yang mau ke Busan dari Seoul atau sebalik nya, sangat di rekomendasikan menggunakan kereta KTX karena lebih nyaman dan cepat, dapat di cek langsung di website resmi nya di Korail Website.

* * * * *

Penginapan Korea

Klook

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 40.000 – 60.000 Wo tergantung lokasi nya, gue menggunakan website Trip.com / KLOOK sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Oh ya pengalaman trip di musim Autumn ( gugur ), gue sama sekali tidak menyalakan AC ketika tidur karena dingin banget kalau udah malam menjelang dini hari :silence:

* * * * *

Internet WIFI Korea

Di era serba internet seperti sekarang ini, tentu keberadaan WIFI sangat penting banget, terutama buat yang suka eksis di media social buat upload foto atau sekedar check in :ahaaah:

Kabar baik nya banyak Internet WIFI hotspot GRATIS yang bertebaran terutama di tempat wisata. Tapi bagi anda yang mau menyewa Pocket WIFI Korea atau membeli SIM Card Korea, bisa menggunakan jasa pada website berikut :

Klook.com

Alternatif Lain ( Trusted juga ) :

  1. SIM Card KT ( Mulai dari Rp 300.000 – UnLimited Data – Data Only – Pick up di Bandara Korea ) – By Trazy
  2. Pocket Wifi Olleh ( 60rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea – By Trazy )

* * * * *

Tour Korea Murah

Opsi memakai tour untuk menuju Nami Island, Petite France atau Garden Morning of Calm merupakan opsi terbaik buat anda yang memiliki keterbatasan waktu. Selain 3 tempat wisata di atas, ada juga beberapa tour lokal yang memudahkan anda untuk mengeksplor Korea Selatan lebih dalam lagi :good:

List penyedia jasa tour di Korea yang murah, recommended dan trusted pasti nya, bisa di cek di bawah :

Klook.com

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount )

Wisata travel ke Korea sangat lah mudah karena info nya banyak bertebaran di internet, tinggal rajin-rajin saja membaca dan buat jadwal acara sendiri sesuai minat anda masing-masing. Membeli tiket masuk tempat wisata secara online harga nya bisa lebih murah loh di bandingkan membeli secara on the spot.

Berikut list-list website discount dan kupon tempat wisata di Korea :

Klook.com

Berikut list-list informasi di Korea yang sekira nya berguna buat anda untuk menyusun itinerary ke Korea :

  1. Visit Korea ( Recommended buat cari semua info tentang Korea )
  2. Visit Seoul ( Semua tentang Seoul )
  3. Jadwal Bus tipe Express antar kota di Korea Selatan
  4. Yeha Bus Tour ( Bus Tour di Pulau Jeju )
  5. Jeju Bike ( Sewa Motor / Sepeda di Pulau Jeju )

* * * * *

Keliling Pulau Jeju ( Jeju Island )

Buat anda yang ingin sharing cost ikut tour dengan peserta lain, bisa memakai opsi list tour di bawah, karena jalan-jalan di Jeju itu lebih recommended memakai sharing tour di bandingkan jalan-jalan sendiri memakai transportasi umum.

Klook.com

Alternatif nya anda bisa mengikuti group tour atau sewa taksi seharian untuk keliling Jeju dengan price sebagai berikut :

  1. 1 Day Pass Tiket Bus Hop On & Hop Off untuk keliling Jeju Island Seharian ( Pakai Sepuas nya ) – 10,5 USD
  2. Jeju Island 1 Day Trip – Small Group Van Tour, 9 Jam – 67 USD
  3. Jeju Island 1 Day Bus Tour Package, 9 Jam – 68 USD
  4. Jeju Island 1 Day – Sewa Private Taxi atau Van, 9 Jam – Mulai dari 159 USD

* * * * *

Tutorial Naik Subway / Bus di Korea

Seoul Subway Map
Seoul Subway Map

Nah sekarang gue akan berbagi info seputar pengalaman menggunakan Subway di Seoul yang awal nya ( jujur ) gue lihat nya ribet banget dah, walau akhir nya juga tetap ribet kalau melihat peta langsung sihhh….

Maka sebagai solusi dari permasalahan di atas, maka nya gue pun menggunakan bantuan aplikasi Android bernama “Metroid HD : Korea Subway Info” ( Link Download ) untuk menentukan rute tujuan Subway selama di Korea Selatan ( Seoul dan Busan ).

Rute Subway Hapjeong Station - Gapyeong Station
Rute Subway Hapjeong Station – Gapyeong Station

Sebagai contoh gue akan menggunakan rute Hapjeong Station – Gapyeong Station ( Nami Island ), maka yang muncul di aplikasi adalah rute  Hapjeong – Wangsimni – Mangwoo – Gapyeong dengan total jarak 70.5 km, total stops 32 pemberhentian, dan Estimated Time Arrival ( ETA ) kurang lebih 120 menit.

Rute Subway Hapjeong - Wangsimni
Rute Subway Hapjeong – Wangsimni

Alternatif lain menggunakan aplikasi bernama “Naver Map”, ini aplikasi buatan asli dari Korea Selatan. Mudah penggunaan nya dan yang paling penting itu navigasi nya terdapat dalam bahasa Inggris!

Naver Map English

Setelah mendapat info tersebut maka yang gue lakukan adalah memastikan arah yang di tuju adalah benar karena subway di Korea Selatan adalah 2 arah. Untuk menentukan arah yang benar adalah dengan melihat stasiun berikut nya sudah cocok atau belum. Contoh dalam kasus dari Hapjeong gue harus menuju arah Wangsimni, maka arah stasiun pemberhentian berikut nya yang benar dari Hapjeong Station adalah ke Hongik University.

Gate Subway di Korea Selatan
Gate Subway di Korea Selatan

Penggunaan T-Money pada Subway dan bus di Korea pada dasar nya sama saja, mengharuskan kita tapping dua kali. Jika Subway Korea tapping nya ketika Masuk dan Keluar Gate, maka untuk bus tapping nya ketika masuk di pintu depan dan keluar di pintu tengah.

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Korea, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

668 Comments

  • tq infonya mas,

    saya berencana menginap free di suatu tempat ibadah, namun tidak menyediakan shower room,
    bisa info apakah di sana ada publis shower ?

    jika dari ICN SEOUL ke Ilsan , itu naik apa ya?

    tq you

    • Public Shower? wah maaf kaga ada info, tapi biasa di station-station besar terutama KORAIL itu ada kamar mandi nya, gratis juga.

      cara ke Ilsan City? maaf kaga ada info juga, belum pernah kesana juga soalnya

  • Maaf mas saya sepertinya berminat untuk ke korea tahun depan dan sepertinya untuk urusan harga lbh murah dari jepang (transport, makan, dll). Saya ingin tanya mas saya kan mahasiswa nanti pas mau apply visa bisa pake rekening ortu saja ya? Dan surat keterangan ortu itu kita buat sendiri atau disediakan kedutaan? Makasih

  • Selamat sore kak, saya mau bertanya, apabila saya berencana untuk ke Korea pada pertengahan November (14 Nov – 21 Nov 2016) apakah daunnya masih warna-warni atau saya khawatir semua sudah botak (sudah gugur)?

    • Kalau di tanggal segitu belum botak sih harus nya, pasti masih ada daun warna warni. Recommended kalau mau liat daun warna warni gitu main ke mountain aja yang terdekat.

      • makasih banyak kak!!

        Kak ada WA atau Line, saya mau bertanya2 ttg hal teknis lbh lanjut kalau boleh :)

  • Hi… mo nanya nih. Rencana nya saya & keluarga moo ke Korea awal Oktober ini. Dari tgl5 ampe 13. Kira2 awal Oktober itu uda 15an derajat gitu ya suhu nya? Bawa bayi sih. Jd lagi mastiin mo bawa baju lengan panjang saja ato perlu sweeter juga? Soalnya bayi nya dikit panas aja uda keringatan..

    • Hi Yuni,

      Ya kira-kira suhu udara nya 10 – 25 derajat deh ya, semakin malam semakin dingin. Lebih baik lengan panjang dan sweater ya, buat jaga-jaga. Kalau siang suhu udara nya engga dingin banget sih, mirip kaya di Puncak – Bogor gitu.

      • Thank you ya for the help.. brarti sweeter kudu hrs disiapin ya..
        Btw, kemarin itu exactly tgl brp ya ke Korea nya?
        Ntar awal Oktober ampe tgl12 rencana nya ke sana liburan.
        Uda bisa ngeliat daun warna warni ga ya ?

        • Kalau saya sih kesana nya dari tanggal 16 – 28 Okt 2014. Kalau masih awal oktober sih di Seoul kaya nya belum keliatan pohon nya berubah warna warni, kalau di kota Sokcho ( seperti nya ) baru terlihat pohon warna warni.

          Tapi tetap berharap aja di kota Seoul udah pada berubah warna warni daun nya :)

          • Ma kasih ya Frengky for the input…
            Since we’re travelling with a 6month old baby, menurut Frengky, sanggup ga kita ke Sokcho?
            And since we’re also travelling with elderly yg uda umur 67thn, sanggup ga kita menjelajahi Bukchon Hanok Village ?
            Itu jalanan nya yg di Bukchon mendaki terus2 an ya? Soalnya bkl dorong stroller jg.

            • Sokcho ada cable car nya, pasti bisa naik ke atas walau sama baby juga. Cuma kalau misal nya cable car nya lagi tutup karena suatu hal ya opsi naik tangga satu persatu sih sangat tidak di anjurkan ya dengan si baby.

              Bukchon Hanok Village itu seingat saya ada jalur nanjak, menurun sama mendatar juga. Harus nya sanggup sih, pelan-pelan aja jalan nya. Untuk stroller juga harus nya tidak masalah, jalanan nya mulus engga ada polisi tidur sama sekali ( seingat saya ya ).

              • Ooohh begitu…. kl naek cable car bs ga foto di depan patung yg jd icon Soeraksan ya? Lalu, bs one day trip ga ya dari Seoul? Alias ga inep.
                Luas ya Buckhon village ?
                Sebenarnya lebih sejalan nya gimana ya Frenkey ?Gyeongbokgung – Tosokchon – Gwanghwamun – Buckhon – Cheonggyecheon stream ? Atau Gyeongbokgung- Tosokchon – Buckhon – Gwanghwamun – Cheonggyecheon Stream ?

              • Bisa, patung icon seoraksan itu di pintu paling depan habis pintu gerbang masuk. Bisa aja kaga nginep, bosen sih lama-lama di Bukchon Hanok Village ( pengalaman pribadi ), gue sih waktu itu cuma foto di spot utama nya, udah pulang, habis cuma liat-liat rumah doang ya.

                Wah untuk masalah jalur sejalan nya, sorry engga bisa bantu kasih info, cek sendiri di google maps ya :peace:

                Soalnya jalur gw ngasal juga waktu itu, jadi kaga merhatiin jalur sejalan nya.

  • halooo kak frenkey :hi:
    aku mau ke korea nih beberapa hari lagi rencananya, makasih banget blognya sangat membantu aku banget, :good:
    jadi aku ngubek2 informasi dari sini wkwk semua dikupas secara tajam setajam silet wkwk
    mau nanya dongg kak untuk T-money nya harganya berapa ya? terus satu orang harus punya 1 gitu ya? ntar kalo uda pulang ke indo nih t-money nya bisa di uangkan kembali ga sih ?? atau hanya bisa dijadikan kenang2an dari korea? hehe

    makasihh kakk

    • Hi Tika,

      Harga T-Money card kisaran sekitar 3000 – 5000 Won tergantung model T-Money nya, yang bentuk gambar LINE lebih mahal. 1 orang harus punya 1 T-Money.

      Bisa di uangkan kembali, cara nya baca di sini ya http://english.visitkorea.or.kr/enu/TR/TR_EN_5_4.jsp tapi kalau gw sih lebih recommend simpen aja buat kenang2an, saldo nya di habisin buat belanja aja di minimarket. Ya siapa tau, mungkin tahun depan kamu balik lagi ke Korea? hahaha

  • Keren tulisannya.. thanks..
    Tapi mau tanya, kalau skrg saya tinggal di jepang berarti gak perlu apply visa dong ya?

    • Tetap harus apply Visa Korea kalau masih pemegang passpor Indonesia. Bisa apply Visa Korea nya di Jepang kalau punya permit tinggal di Jepang untuk long stay.

  • Saya mau nanya nih, saya dan boss saya mau ke Korsel.. boss saya yang membiayai semuanya, apa perlu saya juga melampirkan rek koran 3 bulan ? Dokumen apa aja yg dipersiapkan boss saya dengan mengajak saya, tq ya Frank…

    • Hi Monna,

      Saya kurang paham juga sih, tapi kalau lihat dari persyaratan di web kedutaan Korea, ada tertulis begini :

      ** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)

      Yang paling penting sih buat surat tertulis si bos mau biayain kamu ya, template surat nya saya juga engga paham

  • annyeong maz frenky…inpo dunk makanan yg halal buat muslim atau yg non pork buat makan d sana…trus street foodnya juga ad yg halal g…nginep d seoul yg bukan dorm enaknya d mana..yg bs bw anak kecil gitu…gumawo ya maz frengky

  • hii bang frenky.

    mau tanya dong. kan total keseluruhan biaya bang frenky selama di korea Rp 11.800.000 tuh.
    apa semua itu dituker ke money changer di indonesia bisa gak?

    thankyou

    • Maksud nya kamu mau tukar uang Rupiah Rp 11.800.000 nya ke Won di money changer di Indonesia kan ya?

      Jawaban nya tentu saja bisa.

      • betull sekali.

        lebih bagus begitu, atau langsung ditukerin semuanya atau ada cara yang lebih efektif lagi bang?

        • Kalau ini tergantung orang sih ya, kalau gw pribadi lebih suka tuker WON nya sejak awal dari Indonesia biar lebih gampang kontrol pengeluaran nya biar engga kalap belanja nya.

          Alternatif nya kalau kurang WON, bisa tarik di mesin ATM Bank Korea, kena charge per penarikan sekitar 25ribu rupiah, jadi tidak usah khawatir kekurangan WON

  • Halo Ka!
    Keren bangetttt blog nya awww>><<<

    Mau nanya dong ka, maaf ya kalo pertanyaan aku udah ada di pertanyaan sebelumnya, hehe^_^

    Kira kira uang rupiah yang harus ditukerin ke won berapa? nukerinnya mending di indonesia atau di korea?
    terus kalo mau sholat disana banyak mesjid ga? gimana kalo kita mau nanya makanan yang halal?
    terus kalo kesana mending sama travel atau sendiri?
    harga dari jakarta ke seoul sama dari jakarta kuala lumpur seoul murahan jakarta seoul kan?

    dah gitu aja, maaf kalo banyak tanya ka, hehehe
    Makasih banyak kaaaa

    • Hi Kiki,

      Ya tergantung kamu mau berapa hari di Korea. Asumsi aja sehari habis sekitar 75rb – 100rb Won terus tinggal di kali berapa lama tinggal nya.

      Mending nukerin di Indonesia kalau kamu sudah tau budget nya, kalau belum tau persis nya, bawa aja secukupnya di Indonesia, terus tarik via ATM di Korea kalau kekurangan Won.

      Masjid di Korea gw tau nya cuma di Itaewon, kalau lain nya engga paham ya. Gw cuma tau tanya ada babi nya atau engga, ngomong aja “Dwaeji Gogi?”

      Mending jalan sendiri, lebih dapat experience nyasar nya dan bebas mau kemana aja.

      Kalau masalah tiket pesawat umum nya yang direct ( Jakarta – Seoul ) pasti lebih mahal daripada yang pake acara transit, ya cuma tergantung juga kalau lagi ada promo ya bisa lebih murah yang direct.

  • haii kak frenky..

    postnya berguna banget nih buat aku.. hehe

    langsung tanya aja deh..
    aku masih bingung,, mendingan bawa uang saku brp ya bwt ke korea???
    oya blh bawa monopod ga ya?? soalnya waktu itu pernah ada berita ga blh bwa sembarang monopod.. hehe
    mending bawa kamus saku ga??

    segitu dulu aja deh… ntar klo ada yg bingung aku tanya lagi.. hehehe /maapkan kebanyakan tanya/

    • Hi Reika,

      Masalah uang saku ya tergantung gaya trip kamu ya, tapi asumsi aja sehari sih all-in kalau mau nyaman di range 75rb – 100rb Won Per Hari ya.

      Yang bermasalah itu kalau Monopod Bluetooth, kalau cuma Monopod biasa sih tidak ada larangan sama sekali.

      Kamus saku nya buat? Menurut gw sih engga guna ya, bahasa tubuh biasa nya lebih membantu sama peta digital di HP / Tablet kalau tujuan nya buat nanya jalan.

  • Halo mau nanya orang sana rata2 ngerti bahasa inggris gak yah? Rencana desember ini mau berangkat sendiri alias (backpacker) tanpa ikut tour cm bingung sm bahasanya

    • Kalau di daerah tourism, bisa di bilang penjual nya mengerti sih bahasa inggris simpel2 aja ya. Kalau mau nanya jalan, bisa coba tanya ke orang muda, umum nya bisa. Selebih nya bisa di bilang engga bisa sih, pake bahasa tubuh sangat berperan penting kalau nanya-nanya haha :)

    • halo vie, rencana aku dec ini mau ke seoul juga backpackeran dan cuma berdua sm temen kalau mau gabung ayuk biar lebih rame hehehe

  • Makasih ka infonya…. Trus saya mau nanya ka. Kalau atm bank indonesia yang bisa dipake di korea bank apa aja yah ka ? Lalu kalau guest house dll itu bayarnya pake Won atau us dollar ka ?
    :confused:

  • ka mau nanya boleh nggak ajarin buat intenary ke korea bingung?kalau boleh sih soalnya sama rencananya ke koreanya selama 10 hari.makasih :confused: :confused: :confused:

  • untuk explore lokasi wisata di Busan sebaiknya naik transportasi umum atau carter mobil? rencana di busan hari pertama sampai jam 12 siang, terus ke Seoul lusa siangnya

    • Pertanyaan nya terlalu umum tanpa info detail. Jadi gw cuma bisa suggest naik transportasi umum karena pengalaman pribadi gw seperti itu keadaan nya :)

  • Ka saya mau nanya……. Misalnya kita dari indonesia mau nukar uang di korea itu bagusnya di mana yah ka? Misalnya kita bawa rupiah ke korea, untuk penukaran yang lebih bagus dimana ka? Yang gak jatuh banget harga mata uangnya. :calm:

    • Kalau tuker rupiah di Korea kemungkinan nya cuma 2 :
      1. Susah cari Money Changer yang terima Rupiah
      2. Harga tuker nya jatuh banget, seperti nya bisa tembus 1 Won = Rp 15, padahal kalau tuker di Indonesia rate nya 1 Won = Rp 12

      Best option nya, tuker sebagian Rupiah ke Won nya di Money Changer di Indonesia, terus sebagian nya tarik via ATM Korea di Korea pake kartu Indonesia, itu rate nya lebih rendah mungkin bisa 1 Won = Rp 11, tapi per penarikan kena charge Rp 25.000 – Rp 35.000 gitu deh :)

  • hai kak mau tanya, kalo pengajuan visa bulan ini misalnya ditolak, bulan berikutnya boleh pengajuan lagi nggak? atau udah pasti ditolak lagi? thank you..

    • 3 bulan lagi setau gw baru bisa apply visa Korea lagi. Kalau apply lagi, kemungkinan besar di tolak sama petugas loket nya, soalnya di passport nya kan ada cap visa korea denied sama tanggal reject nya.

      • oh begitu.. trus kak mau nanya lagi, kalo misal data kita ada yg kurang, apa dihubungi pihak kedutaan untuk melengkapi? atau lgsg ditolak ya? soalnya gw di luar jkt, jd melalui travel agent. dan kalo paspor masih baru belum pernah ke mana mana apa jd penghalang?
        thank you once again.

        • Kalau misal nya ada kurang dokumen sih biasa nya di telpon ya, kasus gw waktu itu kurang SPT, di telpon langsung ama kedutaan.

          Kalau yang langsung di tolak itu biasa nya ya ada data yang kurang menyakinkan walau sebenar nya dokumen nya lengkap, dan sayang nya kalau di tolak kaga ada alasan nya juga.

          Kaga ada masalah paspor kosong, gw ada pembaca blog gw sekitar 5 orang berhasil engga ada masalah dengan Visa Korea walau passport nya masih mulus ( kosong ).

  • Hi ka frenky
    Boleh minta alamat emailnya ga ? Mau nanya lewat email aja soalnya kalo disini takut tenggelem hehe :peace:

  • Mau nanya nih. Surat izin ortu dan surat jaminan ortu bhs inggris/indo? Kalau boleh minta soft file surat izin ortu dan jaminan ortu dong. Hehehe. Thank u~

  • Hi Franky…thanks banget atas informasi backpack ke korselnya. Saya coba cek cebupacific kok ngga ditemukan rute jakarta-seoul transit manila ya? apa rute ini dibuka pas ada promo aja atau emang saya yang oneng? :evilsmirk:

    • Hi,

      Pilih rute nya multi city ya, Jakarta – Manila lalu Manila – Seoul.

      Web nya Cebu tidak seperti AirAsia, yang langsung pilih Jakarta – Seoul terus langsung di buatkan rute nya otomatis transit di Kuala Lumpur :)

      • owww pantesan, tapi itu nanti jadinya fly through ngga? atau malah jadi per sektor?
        Saya udah coba buka pake multi city tapi kalo ngga promo harga jakarta-manila lebih mahal dari manila-seoul..hahaha

        ohiya kalo di seoul itu ngga ada subway pass 1,2,3 days gitu kaya di Tokyo ya? jadi sistemnya tetep kudu beli kartu t-money dan sejenisnya trus top up?

        • Kalau Cebu Pacific engga ada feature Fly Thru ya, jadi dapat nya 2 kode booking entar. Cebu sih kalau engga promo 1 Peso, harga nya mahal, jadi tunggu aja ya sampe promo haha.. :)

          Ada sih Seoul City Pass, cuma gw kaga pake, harga transport di Korea engga mahal sih di bandingkan Jepang ya, jadi gw prefer pake TMoney aja, lebih praktis. Gw waktu itu cuma habis 30.000 Won buat 10harian.

          • iya ihh harganya sama aja boong. itu promo 1 peso biasanya kapan ya? di websitenya bilang coming soon. jadi kudu rajin2 ngecek webnya…

            owwh Seoul city pass ada. tapi emang rata2 pada pake tmoney ya. cuman bbrp juga punya masalah sama tmoney mereka yang katanya kadang ngadat tiba2 padahal saldo masih ada. jadi agak worry…

            • Tar tunggu AirAsia Philipines ada offer Free Seat, biasa nya si Cebu engga lama juga buka, soalnya saingan utama nya si AirAsia PH. Si Cebu kalau kasih promo juga dadakan ( tanpa announcement jauh2 hari kaya AirAsia ), jadi harus pantau terus Facebook nya.

              Wah kalau masalah Saldo ngadat gw engga pernah kejadian ya haha.. lancar jaya sih, TMoney praktis banget dah, buat blanja juga bisa :)

              • iya pingin ngrasain transit di kota lain jangan KL mulu, hehehe
                itu si AA PH ngga ada page khusus kaya AA Indonesia & Malaysia ya? udah coba buka pake ext dot ph kok ngga mau ya?

                kan horor juga kalo ngadat trus ngga ada petugas dan endingnya beli kartu baru lagi…rugi banget. kebanyakan cerita ngadatnya kalo abis dari luar Seoul..

  • slip gaji bisa dilampirkan tapi slip gaji bulan maret ke belakang kan
    gapapa tuh?? :dead:

    sayangnya kita berdua udah lulus kuliah dan yah kerjanya sekarang bantu usaha ortu (wiraswasta)
    jadi baiknya gimana yah?
    takut di reject :crying:

    maaf banyak nanya :desperate:

    • Kalau kondisi kakak adik nya begitu, udah paling aman sih bilang aja apa ada nya bantu usaha ortu ya, terus buat surat jaminan ortu nge biayain perjalanan travelling kamu. Nah yang di lampirkan rekening tabungan nya punya orang tua kamu deh sepaket buat kakak adik.

      Dulu gw punya teman juga bantu ortu sih, trus yang di lakukan dia seperti yang gw sebut di atas. Lancar jaya visa nya di approve. Kalau kasus kakak adik gini harus nya lebih gampang approve nya sih, pede aja hahaha :peace:

      • berarti bukti keuangan cukup ngelampirin rek koran punya ortu aja yah?
        rek koran adik sama gue gak perlu yah?
        perlu dilampir surat keterangan usaha nya gitu gak sih?
        macem kaya siup usaha bokap atau npwp nya? :confused:

        • Harus nya orang tua aja udah cukup sih, tapi kalau mau lampirkan punya pribadi sendiri, engga masalah juga.

          Kaga perlu sih lampirin surat keterangan usaha, kalau emang penjamin nya orang tua.

          Ya pastiin aja buat surat statement letter bahwa ortu nya jadi penjamin kalian b2 bakal balik lagi ke indo ya habis travelling ntar

  • Serruuu bgt deh cerita koreanya…alhamdulillah ijin kekorea dr suami ok,tinggal nunggu suami plg keindo(jalan2 keeropa gw gak diajak) rencana sih mau backpackeran disaana sama temen..tp takut ilang bahahhaa… Btw klo kekorea musim apa yg plg cocok buat kita org indo biar gak kaget jg nih badan hehe

    • Paling asyik ke Korea antara musim gugur sama musim semi, tapi kalau pengalaman pribadi sih musim gugur asyik ya dari segi suhu udara nya, terus bonus nya liat daun warna-warni :)

  • hai kak,
    makasih loh buat share nya, jadi dapet info penting sebelum berangkat ke Korea hehe
    aku dan adik aku rencana mau ke Korea akhir bulan September ini
    tapi aku masih bingung untuk pembuatan visa
    soalnya aku sama adik aku udah bukan mahasiswa lagi dan kita berdua punya usaha online shop baru berjalan
    itu untuk bukti keuangan buat dokumen pengajuan visa, gimana yah??
    kalo untuk saldo sih insyaAllah oke, tapi apa harus melampirkan tabungan yang aktif dipake?
    tolong dijawab ya kak, makasih heheh ^^

    • Hi Agnes,

      Kalau saldo tabungan pribadi ok sih berarti pake bukti keuangan pribadi saja, lalu buat surat keterangan kamu usaha online shop ya. Bukti keuangan nya surat referensi dan rekening koran 3 bulan terakhir, request langsung ke pihak Bank.

      • surat referensi dari bank itu harus dari bank awal buka yah?
        minimal saldo 15juta yah?
        oya, ini kan aku berdua sama adik, perlu surat jaminan dari orangtua juga kah?
        aaah iya, dan aku online shop hanya di BBM, apa perlu melampirkan link website? :crying:

        • kalau BCA iyah, kalau bank lain kurang paham deh :peace:

          Untuk minimal saldo kurang paham juga ya, dulu gw sama teman taruh saldo sekitar 25an ya.

          Sebaik nya buat juga surat jaminan ortu yang menyatakan kamu pasti balik ke indonesia habis travelling nanti, berhubung pergi nya kakak adik dan juga status kerjaan nya kurang menyakinkan ya.

          Kalau cuma ada BBM ya berarti lampirkan BBM saja, mau gimana lagi hahaha :)

          • nah itu dia :lonely:
            gue sih sebenernya baru resign dari tempat gue kerja bulan maret kemarin
            apa bisa ngelampirin surat keterangan kerja dari tempat gue kerja dulu itu? dan SPT juga kebetulan udah ada hahaha :sweating:
            masalah gak yaah kalo gue pake kantor dulu gitu?? :desperate:

            • Kalau memang bisa melampirkan surat keterangan kerja dari company sebelum nya, wah itu sih recommended banget ya, apalagi sudah ada SPT nya.

              Slip Gaji nya bisa di lampirkan juga engga? Visa Korea lebih ribet syarat nya memang.

              Btw kalau status adik nya masih kuliah / skolah, lebih baik kalian b2 pake surat jaminan orang tua aja, takut nya kalau kamu ketahuan boong nya, eh malah ke reject dua2 nya, repot dah urusan nya :crying:

  • hai ka , aku mau nanya.

    1. kira-kira pengisian saldo t-money untuk 7 hari (2 hari jeju + 1 hari nami + 4 hari seoul) berapa ya?
    2. untuk pergi 4 orang, sebaiknya dengan bus, subway, or taxi?

    thankyou for your help :)

    • Hi,

      1. 25ribu Won sudah cukup sih, kalau masih ada kelebihan nanti di pakai buat bayar belanja aja di minimarket

      2. Kalau di kota Seoul pake subway + bus ya, kalau di Jeju recommended sewa taksi harian ya secara 4orang juga, lebih efisien dari waktu dan tempat yang mau di kunjungi di Jeju.

      Di Jeju cuma ada transportasi Bus aja, kalau mau pake Bus harus prepare waktu yang tepat karena timetable bus nya tidak terlalu padat.

  • Kalo musim dingin di Korea Selatan cocok untuk liburan gak sih? Pengen banget melihat salju di Korsel.

      • Iya kayaknya menarik untuk orang Indonesia yang tidak pernah menyentuh salju. Oya, mau tanya lage nih, soal tarif subway di Korsel. Bisa gak kayak STP di Singapore yang free tap kemana aja.

        • Bisa pake T-Money Card atau Cash Bee Card buat tap Bus, Subway, Kereta, Belanja di minimarket seperti 7Eleven, GS, dll

  • Ka mau tanya, untuk buat t-money card kan 3000 won. Nah itu tuh harga pembuatan card nya terus kita simpen saldo untuk card itu atau 3000 won itu udah bisa naik bus sepuasnya ?

    • Waktu itu beli TMoney nya di minimarket GS 3000 Won, saldo kartu nya engga ada alias kosong. Jadi saldo TMoney nya baru terisi pas top up di mesin, dan itu bisa di pakai sampai saldo 0 ( kosong ).

      • Oke, dan kalo untuj backpacker ke korea mendingan jasa travel atau engga yaa ? Dan lebih hemat mana ?

        • Belum pernah pake jasa travel, lebih prefer jalan sendiri ya kalau saya mah, lebih bisa atur pengeluaran pribadi dan bebas mau nentuin sendiri destinasi nya mau kemana aja.

  • ka mau nanya dong, kalo pergi kesana harus ganti kartu operator ga ? kalo harus ganti gimana caranya ? trus kalo ga ganti apa kartu itu harus di setting dulu atau gimana ka ?? :confused:

    gomaptaaaaa ~

    • Kalau masih mau pake SIM Card Indonesia ya arti nya kena harga roaming dan itu harga nya mahal banget loh! kecuali daftar harga paketan kaya Telkomsel sama XL, itu kaya nya sekitar 400-500rb an buat 7hari pemakaian, kuota nya engga tau berapa.

      Kalau mau pake SIM Card Korea ya beli disana, prosedur nya kurang paham ya, coba buka aja link ini http://www.egsimcard.co.kr/eng/main/index.asp lalu di baca baik2 aturan main nya.

  • hai kak,

    thank you sharingnya,

    aq mau tnya, aku ada rencana mau ke korea sama tmn, yg jadi kendala adalah aq dan tmn ku kurang mahir bahasa inggris gimana ya kak kalau nanti disna, apakah bakal kesusahan banget ?

    thank you ya

  • haiii kakk
    mau tanya dong, ak insyallah ikut tur ke korea 27mei-2juni.. kalo boleh tau tanggal segitu dsn lg musim apa ya? ak searching2 juni awal sdh musim panas.. tp pas akhir mei apa sdh panas banget? thanks ^^

  • Hello Ka Frenky,

    Mau tanya donk sebelum ak ke korea pengen tau.
    Permasalahan wisata apa saja y klo di Korea? Misalnya apakah banyak pungutan liar, kemacetan, subway yang ribet jd bisa nyasar gt, atau laennya?

    Minta pencerahan nya ya..

    Makasih ^^

    • Hi Essie,

      Lebih ke arah penentuan subway aja sih bingung nya sama cari lokasi tempat wisata, sama harus kuat jalan kaki karena full memakai transportasi umum ( bus, subway ) terutama naik turun ke stasiun subway yang bertingkat-tingkat. Kalau misal nya kamu engga bisa makan babi, itu juga hal yang cukup merepotkan.

  • Hi Frank…
    Ulasanmu mengenai perjalanan ke korsel, sangat menatik dan bermanfaat.
    Saya ada rencana sept ke korea. Tlg infonya..
    1.kalo dr bandara ke hotel daerah myeong dong..hrs naik bus ato subway ya ?. Caranya gimana ?.
    2.untuk bisa ikut city tour free..gimana caranya ?. Apa ada haltenya ato gimana gitu.

    Saya 2x ke korea..tapi selalu pake jasa tour travel.. dan kali ini mau kesana tanpa tour.

    Thanks infonya. Gbu

  • Hi Frenkey,

    Seharian ubek-ubek blog kamu rasanya udah kayak lagi jalan2 ke Korea. Seruu! Hahaha

    Anwy, liat2 komen di atas kayanya banyak yg mau jalan taun ini tapi masih sendiri. Saya juga lagi cari teman jalan, niatnya di bulan September (jangan tanya kenapa ga pas Okt/Nov). Heuehe

    Kalo ada yg berminat atau udah punya tiket di bulan September, boleh kabar2in ya.

    Email saya di amazingly(dot)nauly(at)gmail.

    Thankyouu! ;)

    • Hi Nauliueo,

      Wah thanks sudah mau ubek2 coret2an gw, jadi senang hahaha :senang:

      Semoga dapat teman jalan ya, bisa di japri aja orang nya via komen di blog ini, nanti komen nya bakal notif ke email orang nya :)

  • kak minta tips lebih lanjut dong kalau mau liburan ke korea selatan gimana ??
    terus kakak kok sampai 1 tahun 3 bulan booking tiketnya itu visa udah jadi belom ??

    • Hi Fifi,

      Tips khusus kaga ada ya, siapin duit aja sama dokumen-dokumen buat pengurusan visa. Itu cuma beli tiket aja 1 tahun 3 bulan sebelum keberangkatan berhubung lagi ada promo tiket murah, kalau visa korea tetap apply sekitar 1 bulan 15 hari sebelum keberangkatan.

  • Annyeong Frenky, Thankyou bangeeettt Blog ini bener-bener ngebantu gue biar makin semangat nabung nya buat backpackeran ke korea sendirian taun depan. :good:

  • Hi, gan ^^

    Kebeneran tadi pagi ngobrol sama temen, kita berdua ada rencana backpacking ke Korea. Baru sebatas nyari info gimana sekalian nabung dan sambil nunggu kontrak kerja ane di Taiwan kelar juga. :calm:

    Cuma mau bilang, informasinya keren banget. Serasa dapet pencerahan nih. Apalagi bwt ane yang sama sekali blum pernah nyobain backpacking.

    Have fun di Taiwan nanti ya :bye:

    • Hi juga gan,

      Selamat berpetualang di Korea dan terima kasih buat kunjungan dan komentar nya :-)

      Semoga ane cepet bisa mampir ke taiwan juga.

    • Hi Merry, sorry sebelum nya hehehe, gue ngeliat komen lo rencana mau backpacker ke korea, boleh tau gak kapan? gue juga ada rencana dan gue gak punya partner #NGENAASSSS :suram:

      • Hi Andri Sinta,

        Ada rencana jalan ke Korea kah? Tahun ini atau tahun depan?

        Regards, ^^

        • Autumn tahun depan rencananya. cuma gue masih solo sih, belom ada temen. Lo sendiri ada rencana kapan? :cheer:

  • Hai Kak, thanks a lot udah nge review perjalanan kak, it helps a lot! btw aku lagi coba buat estimasi biaya nih.. ada satu yg aku masih buta bgt:: transport dari hotel di busan ke bandara Gmhae. kalau kakak naik apa dan berapa harganya? recommended gak sih kalau naik taxi? karena rencana aku mau ambil flight oagi biar bisa nyampe Jakarta malamnya.
    thanks ya kak :calm:

    • Hi,

      Waktu itu naik subway biasa ke Gimhae nya, bayar nya murah ( tapping pake tmoney ) karena cuma beda sekitar 3 station dari Gupo Station.

      Kalau kamu ber3-4 ya recommend naik taxi, tapi fyi aja subway di busan jam 05.00 udah aktif :-)

  • hii kak..

    blognya informatif banget..
    oh yaa aku mau tanya kalo dari Seoul Ke Busan bisa langsung kah? enaknya naik apa ya? dan kira-kira berapa lama waktunya?

    • Hi Eka,

      Bisa langsung seoul ke busan naik kereta ktx ya sekitar 2-3 jam perjalanan. Alternatif naik bus skitar 4-5 jam perjalanan dan biaya lebih murah di banding kereta cepat ktx.

  • Hi frenkk ..
    kalau traveling pake tour gaide gitu mahal ga ? kira2 kesana 7 hari itu kisaraan berapa ya .. badget aku soalnya sedikit hihiyy ..

  • hai, kak ^^ wah sangat bermanfaat sekali blog nya ..
    mau tanya, waktu apply visa .. kalau status nya udh bukan mahasiswa lagi, dan kerjanya punya usaha onlineshop, yg udh berjalan 2tahun.. kira2 buat surat keterangan kerjanya sprti apa ya ? apa hanya saya yg ketik saya jelasin ttg kerjaan dan saya tanda tangani saja ? juga perlu lampirkan surat izin ortu ?
    saya udah lama bgt nabung ke Seoul, tapi menciut lagi pas mau apply visa :(

    • Hi Silvi,

      Kalau kamu usaha online shop, ya lebih baik buat surat kedua nya. Satu surat keterangan kerja online shop kamu ( buat dan tanda tangan sendiri ) dan satu nya lagi surat ijin orang tua kamu dan jaminan dari orang tua kamu bahwa kamu pasti kembali lagi ke Indonesia sehabis travelling di Korea.

      Untuk rekening tabungan bisa pake punya kamu kalau saldo nya oke, ATAU pake tabungan orang tua kamu sebagai jaminan.

      • Utk rek tab punyaku kyanya saldo ckup memadai ka, apa mesti jg lampirin punya ortu? Soalnya klo rek mama saya, cuma uang keluar masuk aja, maklum ibu rumah tangga, takutnya klo 22nya sy lampirin, nnti kedubes malah lihatnya yg punya mama saya saja hehe

        Oh iya kak, kira2 klo kesana cewek sndiri gitu aman kah? Dan buat foto2 sndiri pakai tripod gt aman jg?
        Hihi maaf klo kebanyakan tanya nya ^^ :yeah:

        • Menurut gw sih tidak perlu dilampirkan ya kalau saldo tabungan kamu sendiri sudah cukup.

          Aman sendirian cewe solo travel kesana, tapi tetap harus waspada ya. Tripod sih aman tapi kaya nya repot, lebih recommend pake tongsis.

  • Hello Kak Frenky,

    Nice post nih Kak.

    Btw, boleh kasih masukan ngga, kira-kira kalau disana stay 7 hari, budget ideal ala-ala backpacker berapa ya? heheh ^^ terima kasih

    • Hallo Ranty,

      Dengan asumsi penginapan semalam 250ribu, transport 75ribu, makan ( 3x ) 150ribu, tiket tempat wisata 200ribu, ya sehari kira2 habis 750ribu ya ( udah jalan-jalan enak ), tinggal kali 7 aja deh. Kalau mau hemat ya bisa kurangin biaya makan sama tempat wisata cari yang gratisan aja, lumayan banyak tempat wisata yang gratisan cuma buat sightseeing :)

  • Hallo….
    Bang… Misal pas mau travelling ke korea itu menggunakan e-pasport visanya bisa jadi langsung sama e pasport atau harus buat visa sendiri lagi ya??

    dan minta softcopy surat keterangan kerja boleh?
    Kalo boleh lewat email ato gimana?? :confused:

    • Hi Dhiyah,

      Passport sama Visa itu dua hal berbeda ya, jadi Passport itu identitas kamu selama di luar negri, Visa itu permit ( izin ) buat kamu masuk ke dalam satu negara. Jadi otomatis kamu habis buat passport harus buat visa korea selatan lagi.

      Oke nanti saya kirim via email contoh surat keterangan kerja nya ya :)

  • Haii nominal tabungan saat pengajuan visa minimal belasan juta ya? Biasa saat pengajuan visa pakai tabungan ortu dan skr mau pergi sm teman2 backapack mau urus visa sendiri tp tabungan ngga ada saldonya smp belasan. pernah ke aussi dan eropa jd udah ada visa aussie dan schengen apakah menjamin visa lolos?

    • Hi Ira,

      Bagus nya taruh di belasan juta ya. History Visa Ausi sama Schengen sih membantu mempermudah ya, tapi engga jaminan juga lolos Visa Korea.

      Saran sih ikut cara yang sudah-sudah aja, apply visa nya memakai tabungan ortu aja kalau kamu belum bekerja status nya :)

  • Halloo….
    Asik bgt ya bisa jj ke korea pgn bgt prgi tp ya gt dana ny blom sampai ke sana.lom pernah di niatin nabung jug sih.hehe.
    Mau nnya ko beli tiketny 1’th 3’bln sblm kbrgktn.apa ga trllu lama ya..itu persiapannya untuk trip kesana segitu lamanya atau memang sengaja untuk dpt tiket lbh murah ko?
    N ko ad bekel bahasa korea ga ?jadi di sana gimana ngmgnya?

    • Hallo Erna,

      Time flies so fast, jadi 1 tahun 3 bulan engga berasa sih waktu itu dan itu cuma karena faktor tiket murah aja ya jadi beli jauh-jauh hari juga engga masalah. Kalau persiapan trip korea ini sih cuma 2 bulan ya, 2 minggu untuk siapin keperluan visa, terus sisa nya booking penginapan, tuker Won, susun itinerary mau kemana-mana aja.

      Engga bisa bahasa Korea sama sekali, cuma bisa ngomong anyeonghaseyo sama kamsahamida aja, bahasa ‘tubuh’ sama peta ( kertas atau digital ) sangat berperan penting kalau mau nanya.

  • Kak, mau tnyak kalau di korea hp dan kartu perdana gimana? Kalau mau ngabarin keluarga di indo atau pun mau update medsos gmna ka? Apa harus bergantung wifi hotel? Mohon di jwb kak. Makasih

    • Hi Dita,

      Kalau waktu itu sih saya cuma ngandelin free wifi di jalanan umum / tempat turis ya ( terkadang ada ), kalau engga dapat-dapat ya pakai free wifi di penginapan deh. Saya cuma sempat sebentar nyalain operator Indosat untuk keperluan kartu kredit, itu aja kena charge 15ribuan rasa nya buat 2 sms, jadi lebih baik mengandalkan free wifi aja ya.

Leave a Reply