Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan ( Updated 2020 )

Annyeong haseyooooooo……… Berhubung selesai sudah misi gue menceritakan pengalaman selama 11 hari keliling 3 kota ( Seoul, Sokcho dan Busan ) di Korea Selatan, maka sekarang pada post ini gue mau sharing tips, itinerary, rincian harga dan info-info lain nya yang mungkin berguna buat kamu-kamu yang akan travelling ke Korea Selatan :star:

* * * * *

Penerbangan Korea

Untuk dapat mencapai Korea Selatan dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website SkyScanner. Di Korea Selatan terdapat 2 bandara Internasional yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Korea Selatan, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Berikut list maskapai yang gue rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta :

1. Jenis LCC – harga promo kisaran 2.5 – 3 juta rupiah Pulang Pergi

  • AirAsia ( transit di Kuala Lumpur ), tujuan Seoul dan Busan
  • CebuPacificAir ( Transit di Manila ), tujuan Seoul dan Busan

2. Jenis Full Services, harga kisaran 500 – 700 USD pulang pergi

Buat anda yang ingin ke Pulau Jeju, maka ada 3 maskapai domestik Korea Selatan yang dapat anda pilih, kisaran harga sekitar 1 juta rupiah Pulang Pergi, yaitu :

  1. JejuAir
  2. AirBusan
  3. EastarJet

Untuk mendapatkan tiket promo jenis LCC, bisa dibaca tips dan trik nya pada post berikut Cara, Tips dan Trik Membeli Tiket Pesawat Promo Murah Secara Online

* * * * *

Visa Korea

Visa Korea Selatan

Visa Korea Selatan

Untuk dapat masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan Passport WNI Sipil ( Sampul Hijau ), maka kita harus mempunyai Visa Korea Selatan. Sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Korea Selatan, wajib terlebih dahulu punya nama nya Paspor ya!

Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020. Sedangkan cara mendapatkan Visa Korea Selatan tidak mudah dan tidak susah, dapat di baca cara nya pada Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan.

* * * * *

4 Musim di Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Spring, Summer, Autumn, Winter in Korea

Di Korea Selatan itu ada 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Berdasarkan pengalaman gue ke Korea musim gugur lalu di bulan Oktober, suhu nya rata-rata di kisaran 15° untuk siang hari, 10° untuk malam hari. Untuk sekitaran suhu segitu, gue masih nyaman hanya menggunakan satu sweater saja, tapi salah nya adalah gue menggunakan sandal gunung yang akibat nya kaki gue “mati rasa” ketika berjalan di malam hari, kalau pakai sepatu sih nyaman :suram:

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, gue menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration tingkat akurasi nya 99% berdasarkan pengalaman pribadi selama travel di Korea. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana :relax:

* * * * *

Itinerary Korea

Itinerary Korea

Itinerary Korea

Selama 11 hari di Korea Selatan, gue berkesempatan mengelilingi 3 kota yaitu Seoul, Sokcho dan Busan. Tadi nya mau ke Jeju juga, cuma karena pertimbangan biaya dan teman jalan gue cuma 1 orang doang ( cowok pula ), jadi gue tunda dulu ke Pulau Jeju nya, nunggu sama istri saja nanti :shy:

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, wisata kota Seoul itu dominan mengunjungi Palace ( Istana ) dan juga area tempat Shopping jumlah nya banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking dan pantai sehingga jika malam kota nya tidak terlalu ramai dibandingkan Seoul, sedangkan Busan karena kurang explore jadi gue masih belum bisa menarik kesimpulan :sweating:

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya dengan click link pada masing-masing hari :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Korea 11 Hari 3 Kota

Money South Korea

Money South Korea

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 11 hari 3 kota di Korea Selatan berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No. Keterangan Biaya

( 1 Won = Rp 11,8 )

1. Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Manila – Incheon

CebuPacificAir – Sharing Bagasi 20 Kg

Rp 1.150.000
2. Tiket Pesawat Pulang Busan – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Sharing Bagasi 25 Kg

Rp 1.650.000
3. Visa Korea Selatan Rp 480.000
4. Penginapan 10 Malam di 3 Kota

4.1 Seoul – 7 Malam di Leo Guesthouse Hongdae = 140.000 Won

4.2 Sokcho – 1 Malam di Motel Rocustel = 19.600 Won

4.3 Busan – 2 Malam di Busan Hot Motel = 55.000 Won

214.600 Won = Rp 2.540.000
5. Transportasi lokal di 3 Kota

5.1 T-Money Card = 3.000 Won

5.2 Topup T-Money = 50.000 Won

5.3 Gapyeong Bus Tour = 5.000 Won

5.4 Bus Seoul – Sokcho = 17.300 Won

5.5 Bus Sokcho – Busan ( Night Deluxe ) = 46.000 Won

5.6 One Day Pass Busan @4.500 / hari = 9.000 Won ( 2 hari )

5.7 Transportasi di Kota Sokcho = 6.900 Won

137.200 Won = Rp 1.620.000
6. Biaya Makan, Jajan, Ngemil 11 hari 180.400 Won = Rp 2.130.000
7. Tiket Masuk Tempat Wisata 96.500 Won = Rp 1.140.000
8. Oleh-Oleh 93.000 Won = Rp 1.100.000
Total Travel Korea 11 Hari
Rp 11.800.000
BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

BBQ Ayam, Stik BBQ, Nasi Kotak, Susu Pisang

Untuk makan, rata-rata sekali makan berat itu di kisaran 5.000 – 10.000 Won. Kalau jajan / cemilan di kisaran 1.000 – 5.000 Won, nah jika mau irit ya makan nasi kotak yang di kisaran 3.500 Won itu udah enak menu nya. Yang gue suka dari makanan Korea adalah BBQ nya entah ayam / sapi / babi pokok nya enak-enak deh bumbu nya, harga di kisaran 12.000 Won, terus untuk minum nya yang wajib coba adalah susu pisang nya, harga di kisaran 1.200 Won :senang:

Kalau tempat wisata di Korea yang wajib di kunjungi sudah pasti Everland Hari 7 : Everland Theme Park ) dan melakukan Jjimbilbang Pengalaman Awkward Mencoba Jjimbilbang ( Sauna ala Korea ), di jamin pengalaman nya tidak bakal terlupakan :evilsmirk:

* * * * *

Transportasi Korea

TMoney dan Busan Pass

TMoney dan Busan Pass

Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu yang nama nya T-Money, jadi nanti untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, oh ya T-Money juga bisa buat belanja di minimarket. Selama di Seoul, untuk transport lokal nya gue selalu menggunakan T-Money sebagai alat pembayaran, berbeda hal nya dengan di Sokcho, kartu T-Money tidak bisa dipakai buat bus di sana, hanya kartu CashBee yang bisa dipakai.

Nah khusus di Busan, gue menggunakan Busan Day Pass untuk efisiensi biaya, tempat wisata Busan jauh-jauh euy jadi kalau pakai T-Money cukup rugi dari segi hitungan biaya nya. Buat anda yang mau ke Busan dari Seoul atau sebalik nya, sangat di rekomendasikan menggunakan kereta KTX karena lebih nyaman dan cepat, dapat di cek langsung di website resmi nya di Korail Website.

Klook.com

* * * * *

Penginapan Korea



Booking.com

Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 15.000 – 25.000 Won tergantung lokasi nya, gue menggunakan website BOOKING[dot]COM sebagai sarana tempat booking penginapan disana, bayar nya full cash langsung di hari H nya tiba di penginapan. Oh ya pengalaman trip di musim Autumn ( gugur ), gue sama sekali tidak menyalakan AC ketika tidur karena dingin banget kalau udah malam menjelang dini hari :silence:

Berikut list penginapan di Seoul, Sokcho dan Busan yang recommended untuk di jadikan tempat tinggal sementara ( Klik pada link untuk detail penginapan nya ) :

SEOUL

  1. UWA Guesthouse ( Mulai dari Rp 180.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  2. Leo Guesthouse Hongdae ( Mulai dari Rp 600.000 / malam, tipe Kamar Double untuk 2 orang )
  3. Kimchee Hongdae Guesthouse ( Mulai dari Rp 150.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  4. Patio 59 Hongdae ( Mulai dari Rp 500.000 / malam – tipe Kamar Twin untuk 2 orang, Mulai dari Rp 650.000 – tipe Kamar Triple untuk 3 orang, Mulai dari Rp 750.000 / malam – tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )
  5. Hi Jun Guesthouse Hongdae ( Mulai dari Rp 450.000 / malam, tipe Kamar Twin untuk 2 orang dan Mulai dari Rp 1.000.000 / malam, tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )

SOKCHO

  1. Rocustel Motel ( Mulai dari Rp 450.000 / malam, tipe Kamar Double untuk 2 orang )
  2. The House Hostel ( Mulai dari Rp 250.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  3. Egg House Sokcho Guesthouse ( Mulai dari Rp 230.000 / malam, tipe Kamar Dorm )

BUSAN

  1. 24 Guesthouse Haeundae Premier ( Mulai dari Rp 220.000 / malam, tipe Kamar Dorm )
  2. Busan Sukbak Dot Com Guesthouse ( Mulai dari Rp 180.000 / malam tipe kamar Dorm dan Mulai dari Rp 730.000 / malam tipe Kamar Quadruple untuk 4 orang )

Review penginapan yang gue gunakan selama jalan-jalan di Korea Selatan :

Apabila anda travelling dengan jumlah peserta lebih dari 4, boleh di perhitungan menyewa apartemen dengan website AirBnb tapi kekurangan nya adalah harus bayar di muka secara online dan pembayaran menggunakan kartu kredit, daftar dengan link di bawah untuk mendapatkan travel credit hingga 41 US$ secara cuma-cuma

AirBnB Invitation Banner

Klik Banner untuk Mendapatkan Travel Credit Gratis!

* * * * *

Internet WIFI Korea

Di era serba internet seperti sekarang ini, tentu keberadaan WIFI sangat penting banget, terutama buat yang suka eksis di media social buat upload foto atau sekedar check in :ahaaah:

Kabar baik nya banyak Internet WIFI hotspot GRATIS yang bertebaran terutama di tempat wisata. Tapi bagi anda yang mau menyewa Pocket WIFI Korea atau membeli SIM Card Korea, bisa menggunakan jasa pada website berikut :

Klook.com

Alternatif Lain ( Trusted juga ) :

  1. SIM Card KT ( Mulai dari Rp 300.000 – UnLimited Data – Data Only – Pick up di Bandara Korea ) – By Trazy
  2. Pocket Wifi Olleh ( 60rb-an / Hari – Pick up di Bandara Korea – By Trazy )

* * * * *

Tour Korea Murah 2020

Opsi memakai tour untuk menuju Nami Island, Petite France atau Garden Morning of Calm merupakan opsi terbaik buat anda yang memiliki keterbatasan waktu. Selain 3 tempat wisata di atas, ada juga beberapa tour lokal yang memudahkan anda untuk mengeksplor Korea Selatan lebih dalam lagi :good:

List penyedia jasa tour di Korea yang murah, recommended dan trusted pasti nya, bisa di cek di bawah :

Klook.com

* * * * *

Info Lain ( Voucher Discount )

Wisata travel ke Korea sangat lah mudah karena info nya banyak bertebaran di internet, tinggal rajin-rajin saja membaca dan buat jadwal acara sendiri sesuai minat anda masing-masing. Membeli tiket masuk tempat wisata secara online harga nya bisa lebih murah loh di bandingkan membeli secara on the spot.

Berikut list-list website discount dan kupon tempat wisata di Korea :

Klook.com

Klook.com

NOTE : Semua voucher discount di atas membutuhkan Kartu Kredit untuk membeli nya. Tidak punya kartu kredit tapi ingin tetap beli? Coba contact gue di email contact@frenkeyblog.com atau LINE @nee8630u ( Pakai @ ya ), nanti gue bisa bantu belikan ( gue tidak ambil fee++ ), tapi pasti nya transfer dulu uang rupiah nya ya~~

 

Berikut list-list informasi di Korea yang sekira nya berguna buat anda untuk menyusun itinerary ke Korea :

  1. Visit Korea ( Recommended buat cari semua info tentang Korea )
  2. Visit Seoul ( Semua tentang Seoul )
  3. Jadwal Bus tipe Express antar kota di Korea Selatan
  4. Yeha Bus Tour ( Bus Tour di Pulau Jeju )
  5. Jeju Bike ( Sewa Motor / Sepeda di Pulau Jeju )

* * * * *

Keliling Pulau Jeju ( Jeju Island )

Jeju Taxi Driver Contact

Jeju Taxi Driver Contact

Per April 2016, rate harga sewa Taxi di pulau Jeju untuk durasi 8 jam dengan tipe mobil sedan ( 4 orang maksimal ) sekitar 130.000 Won dan mobil van ( 9 orang maksimal ) sekitar 180.000 Won, untuk detail nya coba contact langsung kartu nama di atas.

Note : Gue hanya sharing cerita orang yang mengatakan kedua driver jeju taxi di atas recommended, bukan pengalaman pribadi ya :peace:

Buat anda yang ingin sharing cost ikut tour dengan peserta lain, bisa memakai opsi list tour di bawah, karena jalan-jalan di Jeju itu lebih recommended memakai sharing tour di bandingkan jalan-jalan sendiri memakai transportasi umum.

Klook.com

Alternatif nya anda bisa mengikuti group tour atau sewa taksi seharian untuk keliling Jeju dengan price sebagai berikut :

  1. 1 Day Pass Tiket Bus Hop On & Hop Off untuk keliling Jeju Island Seharian ( Pakai Sepuas nya ) – 10,5 USD
  2. Jeju Island 1 Day Trip – Small Group Van Tour, 9 Jam – 67 USD
  3. Jeju Island 1 Day Bus Tour Package, 9 Jam – 68 USD
  4. Jeju Island 1 Day – Sewa Private Taxi atau Van, 9 Jam – Mulai dari 159 USD

* * * * *

Tutorial Naik Subway / Bus di Korea

Seoul Subway Map

Seoul Subway Map

Nah sekarang gue akan berbagi info seputar pengalaman menggunakan Subway di Seoul yang awal nya ( jujur ) gue lihat nya ribet banget dah, walau akhir nya juga tetap ribet kalau melihat peta langsung sihhh….

Maka sebagai solusi dari permasalahan di atas, maka nya gue pun menggunakan bantuan aplikasi Android bernama “Metroid HD : Korea Subway Info” ( Link Download ) untuk menentukan rute tujuan Subway selama di Korea Selatan ( Seoul dan Busan ).

Rute Subway Hapjeong Station - Gapyeong Station

Rute Subway Hapjeong Station – Gapyeong Station

Sebagai contoh gue akan menggunakan rute Hapjeong Station – Gapyeong Station ( Nami Island ), maka yang muncul di aplikasi adalah rute  Hapjeong – Wangsimni – Mangwoo – Gapyeong dengan total jarak 70.5 km, total stops 32 pemberhentian, dan Estimated Time Arrival ( ETA ) kurang lebih 120 menit.

Rute Subway Hapjeong - Wangsimni

Rute Subway Hapjeong – Wangsimni

Alternatif lain menggunakan aplikasi bernama “Naver Map”, ini aplikasi buatan asli dari Korea Selatan. Mudah penggunaan nya dan yang paling penting itu navigasi nya terdapat dalam bahasa Inggris!

Naver Map English

Setelah mendapat info tersebut maka yang gue lakukan adalah memastikan arah yang di tuju adalah benar karena subway di Korea Selatan adalah 2 arah. Untuk menentukan arah yang benar adalah dengan melihat stasiun berikut nya sudah cocok atau belum. Contoh dalam kasus dari Hapjeong gue harus menuju arah Wangsimni, maka arah stasiun pemberhentian berikut nya yang benar dari Hapjeong Station adalah ke Hongik University.

Gate Subway di Korea Selatan

Gate Subway di Korea Selatan

Penggunaan T-Money pada Subway dan bus di Korea pada dasar nya sama saja, mengharuskan kita tapping dua kali. Jika Subway Korea tapping nya ketika Masuk dan Keluar Gate, maka untuk bus tapping nya ketika masuk di pintu depan dan keluar di pintu tengah.

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Korea, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab :senang:

Share this post

668 Replies to “Pengalaman Travelling Keliling Korea Selatan ( Updated 2020 )”

  1. michelia says:

    kak mau nanya dong. leo guesthouest nya itu aman gak buat perempuan?

    1. Frenky says:

      Aman sangat kok, waktu itu banyak cewek solo traveller juga nginep di kamar dorm khusus cewe, tidak ada masalah kok :)

  2. Tasyaatep says:

    Mas, mau tanya kalo beli tiket promo air asia biasanya bulan berapa? Soalnya tadi liat harganya yg paling murah 1,9 an. Soalnya katanya ada promo beli sekarang berangkat tahun depan. Terima kasih

    1. Frenky says:

      Promo FreeSeats nya AirAsia, waktu nya tidak bisa di prediksi ya, sering pantau aja timeline facebook nya AirAsia, terakhir promo FreeSeat nya bulan Januari 2016 ya, Jika ada promo besar seperti promo FreeSeat pasti di kasih tau 4 hari sebelum nya.

  3. ranidesti says:

    Kalo boleh tau, itu berangkatnya awal atau pertengahan oktober ya?? Terus kalo utk peak season musim gugur itu sekitar kapan?? Tq..

    1. Frenky says:

      Berangkat nya pertengahan oktober, tanggal 16 Oktober tepat nya. Kalau musim gugur rasa nya engga ada peak season deh, cuma kalau mau daun2 berubah warna seluruh nya, datang di awal / november, itu udah bagus warna pohon nya.

  4. eka says:

    hai, mau tanya kira” pengeluaran yang di jelaskan di atas dengan simpanan uang/ deposit berjumlah brp rupiah ya ? totalnya keseluruhan. makasih

    1. Frenky says:

      Waktu itu sih saya apply nya dengan nominal belasan juta ya sekitar 15 – 20jt.

  5. Widia says:

    Bagus bagus makasi k

  6. yanty says:

    haloo…saya ada rencana awal mei ini mo ke korea…cek goggle katanya musim semi tp suhu nya 10-17 celcius berarti msh dingiin ..ada tips biar ttp nyaman ga selama disana..tq

    1. Frenky says:

      Bawa lip balm, untuk jaket sih cukup 1 lapis aja yang windproof, pake sarung tangan, sepatu sama kaus kaki aja cukup sih. Pengalaman waktu autumn di sekitar 15 derajat nyaman-nyaman aja walau cuma pakai 1 sweater tipis, yang penting jalan terus sama jangan pakai sandal aja.

  7. ming says:

    hai ko..mau tanya kata nya kalau ke korea perlu taruh deposit yaa ?
    itu berapa rupiah ?
    pembayaran nya kesiapa kah ?

    1. Frenky says:

      Bukan deposit tapi lebih tepat nya adalah saldo tabungan pribadi jumlah nya harus menyakinkan ya kisaran belasan juta ya minimal kalau mau merasa aman.

      Detail nya baca di sini ya https://frenkeyblog.com/cara-tips-dan-pengalaman-membuat-visa-korea-selatan/

  8. Atika says:

    Ko mau nnya mksd.a srt ketrngan klo kita bakal kmbali lg ke indo itu isi surat.a kya apa ya terus minta srt itu dmna ?

    1. Frenky says:

      Contoh surat keterangan kerja nya nya bisa di baca di post ini ya https://frenkeyblog.com/cara-tips-dan-pengalaman-membuat-visa-korea-selatan/ , buat surat nya sendiri kalau wiraswasta / online shop, kalau karyawan kantoran tinggal minta ke HRD aja :)

  9. Chell says:

    Hallo, waktu ke korea, misalnya jam tangan sama sepatu kw bisa lewat airport gak?

    1. Frenky says:

      Hallo,

      Engga ada masalah ya, kaga ada pengecekan sama sekali barang-barang KW begitu, yang penting duit Won sama Passport nya jangan sampai KW aja :peace:

  10. R ningrum says:

    Halooo.. Itu pesan tiketnya berapa bulan sebelum keberangkatan ya kalo boleh tau? Nyaman nggak diperjalanan dengan harga segitu?

    1. Frenky says:

      Hallo,

      Yang trip Korea ini waktu itu saya beli tiket nya di Juli 2013 ya, berangkat nya Oktober 2014, jadi sekitar 1 tahun 3 bulan sebelum berangkat. Nyaman-nyaman aja sih pesawat nya, cuma tempat duduk nya agak sempit terus harus transit dan engga ada free makanan ya ( harus beli terpisah ).

      1. Ira says:

        Ok, trims sarannya :)

  11. Elvan Oktarikhi Syafutra says:

    Terima kasih kak tulisannya sangat berkesan, bulan depan rencana saya ke Korsel ada kegiatan pertukaran budaya. Boleh kah nanti saya minta kontak line atau semacamnya yg bisa dihubungi kak? terima kasih sebelumnya kak, Salam :bye:

    1. Frenky says:

      Bisa email aja ke Contact@FrenkeyBlog.com ya kalau mau tanya-tanya :bye:

      1. Elvan Oktarikhi Syafutra says:

        Oke kak makasih banyak sebelumnya :yeah:

  12. marlina says:

    hallo salam kenal ..
    bermanfaat bgt blognya :) mau tanya dong boleh yaa ?
    aku rencana mau ke seoul musim dingin tahun depan , boleh minta info tempat penginapan yg murah disana :confused: , rencana disana 10 hari !
    thank you

    1. Frenky says:

      Hi Marlina,

      Engga boleh tanya! HAHAHA :peace:

      Udah coba cek di http://www.booking.com belum? Soalnya saya engga tau nih Marlina pergi berapa orang dan ukuran murah nya seberapa ya, cuma yang pasti sih kalau di Seoul asyik nya nginep di daerah Hongdae, Dongdaemun, Myeongdong :)

      1. Subiyakto says:

        Selamat sore mas, sory mau tanya lagi saya sudah dapet visa ke korea, berangkat tanggal 4 april bulan depan mau tanya mas
        1. Kalo mau ke jeju beli tiket pesawatnya gimana yg mudah ya dan gak mahal
        2. Oleh2 atau tempat yg rekomended buat belanja
        3. Biaya harian standarnya kurang lebih berapa ya mas
        Makasih maaf terlalu banyak tanya

        1. Frenky says:

          Hi,

          1. Bisa cek langsung di website pencarian maskapai di http://www.skyscanner.co.id/, rute nya dari Seoul ( Gimpo ) ke Jeju atau Busan ke Jeju. Atau kalau mau cek tiket nya bisa googling web maskapai Jeju Air, Busan Air sama Eastar Jet. Bayar nya pakai kartu kredit ya.

          2. Kalau belanja recommended di Myeongdong, Namdaemun Market, Dongdaemun Market sama Insadong di Seoul

          3. Biaya harian sih kalau penginapan model hostel sekitar 300ribuan ya, sekali makan berat 50ribuan tinggal kali 3 aja, ya buat jalan-jalan asik sih anggap aja sehari di range 75ribu Won ya.

  13. Mita says:

    Hi Frenky..
    Nanya lg nih..km wktu itu tuker won di mana,money changer indonesia ato korea ? Aku naik asiana flight malam nyampe korea pagi jam 5 am,kira2 ada money changer buka gak ya di incheon airport, soalnya abis itu kt lsg ke sokcho/seoraksan.

    1. Frenky says:

      Hi Mita,

      Waktu itu saya bawa full won dari Indonesia ya, jadi di Korea benar-benar engga ada acara tuker Won / tarik ATM.

      Kalau masalah money changer kurang paham juga nih jam buka nya, cuma menurut saya best option nya kalau mau nuker rupiah ke won, lebih baik tarik ATM ya disana, rate nya lebih bagus bahkan di bandingkan tuker rupiah ke won di money changer di Indonesia ya.

      Tapi kalau tarik ATM harus dalam rate besar ya, biar engga terlalu rugi kena charge 25-50ribu rupiah ( tergantung bank penerbit ATM ) setiap penarikan.

  14. Jennifer says:

    Hi, salam kenal :) Blog kamu berguna bgt buat solo traveller :)
    Mau tanya nih, menurutmu lebih gampang untuk pergi (tanpa jasa travel/tour) ke Jepang atau Korea ya?
    Bagaimana untuk biaya nya di Jepang dan di Korea?
    Makasih :)

    1. Frenky says:

      Hi Jennifer,

      Lebih gampang Jepang asal kamu ada sewa internet ya buat pakai aplikasi Google Maps sebagai petunjuk transportasi.

      Untuk biaya nya lebih mahal Jepang dengan asumsi kamu engga menetap di satu kota, biaya transportasi Jepang jauh lebih mahal di banding Korea, tapi asal kamu pintar milih Pass Transportasi yang cocok, biaya transportasi selama di Jepang bisa di minimalkan :)

      1. Jennifer says:

        Hi Frenkey, thank you for the prompt reply :)
        Bagaimana dengan bahasa?
        Menurutmu lebih berkesan negara mana , Jepang ato Korea?
        Kalo biaya hidup, makan, belanja mahal mana?

        1. Frenky says:

          Untuk bahasa kalau emang kepepet nanya, bisa pake bahasa inggris tanya ke orang muda ya, pasti di bantu kalau memang orang nya tidak dalam keadaan buru-buru saat itu.

          Kedua nya berkesan ya, cuma Jepang pengen bikin balik lagi karena masih ada beberapa kota yang belum sempat di kunjungi. Kalau Korea cuma tinggal penasaran sama Jeju nya aja, tapi engga terlalu bikin pengen balik sih.

          Biaya hidup makan sama penginapan sama aja, belanja kosmetik murahan di Korea, belanja baju murahan di Jepang, belanja snack variasi nya banyak di Jepang, kesimpulan nya lebih bikin ‘lapar mata’ di Jepang ya :)

  15. nana says:

    Kak frenky boleh tanya ya?
    Tiket pesawat itu maksutnya gimana ya bisa dijelasin nggak? Harga tiket nya juga per perjalanan dibawah 2 jt?
    Kan aku dari surabaya, enaknya ke jkt dulu atau dr sby – inchn?
    Kalo guesthouse nya aman nggak kak? Soalnya aku rencana berangkat 3 orang cewek semua ke sana. Hihihi :peace:

    1. Frenky says:

      Hi Nana,

      Di jelasin bagaimana maksud nya tentang tiket pesawat?

      Itu rute pergi nya Jakarta – Manila ( Transit ) – Incheon menggunakan maskapai CebuPacificAir, rute pulang nya Busan – Kuala Lumpur ( Transit ) – Jakarta menggunakan maskapai AirAsia.

      Kalau kamu di Surabaya langsung berangkat aja dari Surabaya – Kuala Lumpur ( Transit ) – Incheon kalau mau menggunakan AirAsia.

      Guesthouse mah aman, kaga bakal ada yang ganggu kamu deh, btw di sini masalah aman nya bukan di lihat dari tipe penginapan ( Guesthouse, Hostel, Hotel, Apartemen ) nya ya, tapi dilihat dari kondisi negara keseluruhan nya, kesimpulan nya Korea Selatan mah aman buat turis bahkan buat cewe solo traveller sekalipun :)

  16. Riana says:

    Hai Frenky mau tanya.
    1. Dari trip kamu di Korea kira2 cocok ga ya buat dilakukan saat Winter?
    2. Di Korsel, oleh2 apa yg worth untuk dibeli ya?
    3. Tempat berburu oleh2 apalagi yg dekat dari Leo selain Myeongdong?
    4. Apa alasan kamu milih menginap di daerah Hongdae dan di Leo Guesthouse? Apa ada opsi penginapan lain yg berupa motel misalnya di daerah Hongdae?

    Sorry nih banyak tanya. Seneng banget baca blog kamu. Jadi bisa napak tilas perjalanan kamu nih di Korea hehehe

    1. Frenky says:

      Hi Riana,
      1. Cocok-cocok saja ya, tapi palingan kalau ke Mt Seorak itu jalan nya lincin, dan juga kalau winter bisa coba ke Jisan Ski sama ke Garden Morning Calm buat liat winter festival nya.

      2. Yang paling worth adalah segala macam kosmetik ya, terutama merk Etude dan The Face Shop, harga nya murah. Kalau gw sih waktu itu bawa oleh2 nya susu sama soju haha..

      3. Engga dekat sih dari Hongae ( Leo Guesthouse ), tapi kalau mau hunting oleh2 bisa coba ke Namdaemun Market sama Insadong, bisa nemu kerajinan tangan ala korea gitu, atau oleh2 simpel seperti sendok, sumpit khas korea.

      4. Alasan nya karena waktu itu nemu private room ( 2 orang ) paling bagus semalam ( 40.000 Won ) via booking.com di Leo Guesthouse dan juga rating review ( kebersihan, kenyamanan, free breakfast ) di sini, jadi nya langsung mantap. Dlu sempet kepikiran mau ke Kimchee Guesthouse, cuma harga private room ( 2 orang ) nya lebih mahal, jadi batal deh.

      Senang juga anda mau mampir dan komentar di blog gw haha… :bye:

  17. desi says:

    hallo mas frenky
    nanya boleh ya

    sy rencn mau jln2 k korea tahun depan tapi masih bingung mau ikut travel atau ga…soalx g punya teman, sarannya gmn mas?….klo hotel, mesti di booking dr indonesia atau bisa sehari sebelum menginap?
    kemudian…byr airport tax ga mas? soalx dr rincian budget mas ga ada. oiya yg saya lht klo di travel gtu airport tax smp 2.5 jt…

    1. Frenky says:

      Hi Desi,

      Kalau saya pribadi sih tetap coba jalan sendiri ya, modal nekat aja kesana tapi persiapan dulu semua informasi tentang transportasi, penginapan, makanan dan biaya ya dari internet. Kalaupun mau ikut travel, saran saya lebih baik ikut travel yang sifat nya open trip gitu, secara biaya lebih murah dibandingkan travel agent yang udah punya nama besar ya.

      Kalau penginapan gitu lebih baik booking secara online ya dari Indonesia, nanti pembayaran lunas nya langsung di hari H nya ketika datang. Airport tax itu udah termasuk dalam harga tiket jadi tidak perlu bayar lagi airport tax di bandara.

      Itu mungkin yang mba lihat harga tiket ya, bukan airport tax, engga mungkin airport tax sampai 2.5jt :wtf:

    2. Hafshah R says:

      Hai desi mau ga ke korea nya bareng aku? Aku juga ga ada temen ke koreanya huhuㅠㅠ . Ada id line ga?

  18. Juliana says:

    Ko frengky. Mau tanya donk. Waktu dsnaa pake sewa wifi ga? susah ga si akses internet nya?
    Thx :beg:

    1. Frenky says:

      Hi Juliana,

      Benar-benar engga pake acara sewa wifi / beli sim card ya, cuma mengandalkan free wifi di jalanan sama di hostel aja. Untuk free wifi nya sendiri kalau di tempat wisata hampir semua nya ada ya, tinggal rajin-rajin cari aja wifi tidak ber-password.

      Alternatif nya kalau mau full online terus gadget nya, beli EG Sim Card aja :peace:

  19. kikis says:

    mau tanya dong rencanya aku desember ini mau ke korea,,ini pertama kalinya aku pergi keluar negri dan sendiri..nanti pass di bandara gak akan di tanya macem macem kan yah ? soalnya aku kurang bisa bahasa inggris dan korea,,aku takut soalnya tapi aku nyoba untuk liburan soalnya aku gak pernh liburan sekalinya pergi aku sendiri jdi takut… ada tips lagi gak ? soalnya aku takut bangett..aku mikirin pass jalan sendirinya dari indonesia terus di bandara takut di tanya ini itu :confused: aku ketakutan dari sekarang

    1. Frenky says:

      Hi Kikis,

      Pas di bandara seharus nya tidak akan di tanya apa-apa sih oleh petugas imigrasi Korea, prosedur normal nya hanya scan sidik jari dan foto wajah.

      Tetap tenang aja dan bawa aja uang cash Won sama softcopy bukti bookingan penginapan jadi sewaktu-waktu kalau kena random check di tanya ( jarang terjadi tapi bisa saja kena ya ), sudah siap dengan jawaban nya.

  20. tria says:

    hai hai..mungkin disini ada yang mau backpacker ke korea barengan??berangkat kira” antara juli-september (masih belom fix)..bisa wa aku yaa 087852826960..
    soalnya kayaknya bakal bosen aja kalo sendiri..hehe

    1. Frenky says:

      aku mau, tapi di bayarin tiket PP nya, sisa nya gue tanggung sendiri dahhhh hahaha.. :peace:

      Goodluck ya buat dapat teman nya, tapi lebih baik cari teman nya di sini aja http://www.backpackerindonesia.com/trip/mancanegara lebih mudah dapat teman jalan nya hehehe

      1. tria says:

        tiket PP nya naik odong” aja ya..biar hemat..wkwkw
        :peace:

        oh ya, boleh minta itin pas kamu buat visa ga??biar gampang approve nya..xixixi..email di triiapratiwi@gmail.com yaa..

        btw thanks info buat cari travelmate nya..

        1. Frenky says:

          wah gw tidak melampirkan itinerary buat pengajuan visa korea ya karena memang persyaratan nya tidak ada, di lampirkan juga pasti di tolak sama petugas nya :)

          1. tria says:

            oh ga pake yaa..kirain sama kayak jepang..
            okee deh..thanks yaa

  21. fandi rama says:

    mas frenky mau nanya nih ,

    apa saldo wajib harus ada & sampe belesan juta ?

    maklum mahasiswa duit saldo nya ga nyampe segitu hahahaha
    :sigh:

    thankyou

    1. Frenky says:

      Engga perlu Fandi kalau mahasiswa ya, yang penting sertakan saja surat keterangan sebagai mahasiswa aktif dari kampus ( dalam bahasa inggris ).

      Tapi nanti yang di sertakan rekening koran orang tua Fandi ya, gue pernah baca mahasiswa juga cuma 4 hari ke Korea, saldo cuma 6juta, di approve juga visa nya, jadi nanti total lama travelling di sana sama saldo rekening koran nya di sesuaikan juga ya :good:

      1. fandi rama says:

        6juta itu uang bersih disaldo atau termasuk buat jalan2nya ?
        koran apa mas ? hehehehe

        1. Frenky says:

          itu 6jt maksud nya saldo ketika apply visa korea ya, kalau kenyataan di lapangan nya sih kaya nya bisa lebih ya, tergantung harga tiket pesawat PP nya dulu berapa :)

          Tapi saran gw sih kalau mau seminggu disana, at least taruh 10jt ya biar agak lebih pedean dikit apply visa korea nya :ngakak:

          1. fandi rama says:

            oh begitu , oke makasih bgt mas sangat bermanfaat informasinya .
            ditunggu pengalaman2 selanjutnya :good:

  22. putri says:

    Hai frenky. Mau nanya rencananya aku mau backpacker ke korea sama temenku, dan kita ber3 ini blm pernah keluar negeri sebelumnya. Kira2 di approve gak ya visanya? :confused: terus untuk masalah minimal soldo buat ngajuin visa ke koreanya itu 15juta include budget kita buat kesana, apa blm termasuk budget kita? :sigh:

    1. Frenky says:

      Hi Putri,

      Masalah belum pernah keluar negri sblum nya itu tidak ada masalah kok, banyak fakta teman saya lancar jaya di approve bisa nya walau pertama kali nya keluar negri langsung ke korea.

      Untuk masalah budget disesuaikan dengan lama tinggal ya dan dokumen kuat ( surat keterangan kerja / surat mahasiswa aktif ) yang menyatakan bahwa Putri itu pasti kembali ke Indonesia setelah jadwal travelling di Korea nya selesai :info:

  23. Subiyakto says:

    Malam mas, maaf mau tanya lagi, kalo mau beli semacam sovenir dan oleh2 yg rekomended mana ya? Oiya apa beli elktronik atau kamera disana rekomended, terima kasih infonya

    1. Frenky says:

      Kalau souvenir dan oleh2 khas korea, paling recommended ke “Namdaemun Market” sama “Insadong Market”.

      Kalau masalah elektronik / kamera lebih murah di Korea ya karena kan engga kena bea cukai, kalau mau hunting, coba cek aja ke “Yongsan Electronics Market”, merk samsung paling dominan ya kalau di Korea :evilsmirk:

  24. Alfian says:

    Mas frenky, mau tanya, bagaimana dgn kartu cashbee apakah bisa digunakan di seoul? Apakah di mini market bandara incheon ada juga dijual cashbee? Lbh baik beli cashbee atau T-money?mengingat di sokcho hanya bisa cashbee. Terimakasih infonya

    1. Frenky says:

      Secara fungsi bisa di pakai juga CashBee untuk subway dan bus di Seoul, tapi untuk belanja gitu di minimarket ( seperti nya ) belum bisa ya.

      Ada jual CashBee di Bandara Incheon ya. Kalau misal nya mas bisa dapat stok CashBee Card di airport Incheon ya lebih baik beli itu daripada TMoney, tapi kalau cuma pada akhir nya beli T-Money, untuk selama di Sokcho transportasi bus nya gunakan cash saja, karena tarif bus nya flat baik dekat maupun jauh jarak nya.

      Kalau saya googling sih penggunaan CashBee lebih baik untuk di luar Seoul ya, cuma detail beda nya apa antara T-Money dengan CashBee untuk di kota Seoul, saya kurang tau persis juga :peace:

  25. kevin says:

    pengen kesana tapi yg ditakutin itu visanya bisa ditolak. gk ada tmen jalan lagi aduuhhhh.. permasalahannya cuma di visa karna saya tinggal di bali jd pake jasa travel agen dan cap negara dipaspor cuma singapura malaysia aja apa kemungkinan ditolak yaa :confused:

    1. Frenky says:

      Tenang bro, gw juga waktu apply visa cuma ada cap thailand sama malaysia, sebenar nya yakin approve aja kalau dokumen yang di submit sudah sesuai syarat yang di butuhkan :good:

  26. putra says:

    Mas frengky, apa Tempat yg paling menarik selama prrjalanan di korea?
    Dan berapa biayany?
    Kebetulan saya belajar di korea dan baru 3 bulan. Jadi belum kemana mana. Apalagi masih musim dingin

    1. Frenky says:

      Yang menarik kalau di Seoul, ada Namsan Seoul Tower ( Gratis ), Nami Island ( 8000 Won ), Everland ( 37000 Won ).

      Tapi yang paling berkesan nyobain Jjimbilbang nya, cobain aja bro, apalagi musim dingin pas banget tuh :evilsmirk:

      1. Subiyakto says:

        Malam mas mau tanya, berapa ya untuk reverensi besaran tabungan yg mengendap/ minimal berapa? Terima kasih

        1. Frenky says:

          Tergantung berapa lama tinggal nya sih ya mas, kalau saya sih pengalaman tulis 10hari lama tinggal nya, besaran tabungan nya saya taruh sekitar 15-20jt

          1. Subiyakto says:

            Makasih mas franky, saya sekarang mengajukan visa dengan rencana berangkat awal april, maaf sekarang desas desusnya agak ketat, dan bilangnya minimalnya 40 juta, thanks mas ya

            1. Subiyakto says:

              Saya 7 hari 6 malam mas, thanks diskusinya dan pencerahnya

            2. Frenky says:

              Tapi faktor utama nya bukan tabungan sih ya mas, kalau cuma 7 hari, taruh belasan ( sekitar 15jt ) itu udah cukup sih.

              Yang penting itu dokumen surat keterangan kerja bahwa pekerjaan mas itu menyakinkan akan buat mas kembali ke Indonesia ya. Kalau mas karyawan kantor dan punya SPT, dokumen itu boleh di lampirkan karena lebih menyakinkan kedutaan tentang status kerja mas :)

    2. wawan says:

      Nanya lg bro, hehehe..
      1. Kl transfer subway itu msh di dlm stasiun yg sama / keluar stasiun?
      2. Penggunaan T money kl ke nami naik subway lanjut ITX bgmn? Itx beli tiket ya? Ngetap t money wkt keluar di yongsan/ gabyeon?
      Tks bro

      1. Frenky says:

        Ok santai bro :keren:
        1. Masih dalam satu stasiun, biasa nya hanya beda lantai aja, atau engga beda sisi keberangkatan aja.

        2. Langsung tapping aja T-Money nya biasa, engga perlu beli tiket ketengan ke loket gitu. Tapi lupa bro berapa kali tapping persis nya, seingat gw sih 4x ya, 2x tap masuk, 2x tap keluar.

  27. iqbal says:

    hai mas frenki!! saya pengen ke korea tapi umur masih 15 :wait: :dead: pengen main2 ksna…… kalo boleh tanya mas umurnya brp? :confused:

    1. Frenky says:

      Di tunggu sabar aja ya iqbal, semua pasti ada jalan dan waktu nya.

      Saya ke Korea nya juga nunggu sehabis saya mulai bekerja ya, dah itu rajin nabung deh ( niat2in ) hehe..

      Umur saya di antara 20-30 tahun, di tebak saja ya :ngakak:

      1. iqbal says:

        :wait: :wait: :wait: semoga aja saya bisa berangkat di umur 20, umur 18 saya udh lulus smk.. tabungan saya juga udah ada.. 5 tahun lagi…………… :yawn:

  28. nisa says:

    mas frengky,boleh nanyaa hihihi
    rencananyaa autumn ini sya sma tmen sya mau k korea,mau nanyaa klo k nami island naik subway ny ribet gak sih ???????
    kemungkinann lost in korea mngkin gak hehehehe
    makasih sebelumnya mas

    1. Frenky says:

      Hi Nisa,

      Engga ribet, tinggal cari tujuan subway + kereta ke Gapyeong Station aja, terus sampai di Gapyeong Station tinggal cari bus tujuan ke dermaga Nami, udah itu lanjut naik fery deh :)

      Cerita selengkap nya buat ke Nami Island :info:
      https://frenkeyblog.com/seoul-nami-island-banpo-bridge-rainbow-fountain/

  29. Ita says:

    Mau nanya donk. Dari airport Incheon ke pusat kota Seoul naik apa yang murah ? Kalau taxi kisaran berapa ? Kalau ke Everland Theme Park biaya masuk tiketnya berapa dan kesana pakai transportasi apa ? Terima kasih

    1. Frenky says:

      Paling enak sih naik airport railway ya ( kereta ) dari Incheon ke Seoul, kalau mau paling murah naik bus.

      Kalau taxi bisa tembus sekitar 100rb Won ( 1 juta rupiah ).

      Kalau tentang Everland, baca di sini ya informasi nya
      https://frenkeyblog.com/everland-theme-park/

  30. wawan says:

    Maaf, nanya borongan boleh ya.. renc nya autum th ini sy mau ke korea dg klg:
    1 T money bisa dipake bersama-sama / hanya untuk 1 orang?
    2. Kl wtk nya ga cukup pilih: gyeongbokgung / changdeokgung?
    3. Transfer jalur subway ga sulit ya? Apakah ada petunjuk dlm bhs inggrisnya?
    tks bnyk sblm nya..

    1. Frenky says:

      Hi Wawan,

      feel free kalau mau tanya borongan :peace:

      1. Engga bisa mas, 1 TMoney hanya untuk 1 orang penggunaan nya jika buat subway dan bus ya, kalau buat belanja di minimarket gitu bebas-bebas aja mau pake T-Money punya siapa.

      2. Saya lebih recommend ke Gyeongbokgung Palace sih, jangan lupa lihat atraksi pergantian penjaga nya dan mampir ke National Folk Museum nya

      3. Untuk transfer subway nya mudah, tersedia dalam bahasa inggris baik lewat speaker maupun layar LED di dalam kereta nya

  31. wahyu says:

    owh,, kurang lebih 11juta ya. ibu saya pingin ke korea jd sy bsa ajak traveling kasian klau cuma nonton drama di rumah aja.. :suram: oh ya mksih kak frenky buat infonya hehe :good:

    1. Frenky says:

      Tergantung juga sih ya wahyu gaya travelling nya gimana dan juga jumlah hari nya haha..

      Bisa aja habis 6juta seminggu ( all include ) kalau cuma sekedar sightseeing dan tidak kalap belanja :)

      Ayo tetap semangat buat ajak ibu nya ke Korea :good:

  32. wahyu says:

    hallo, kak frenky berapa dana yg sudah dihabiskan untuk traveling di korea? saya mau traveling rencananya sama ortu saya. from bali.

    1. Frenky says:

      Hi Wahyu,

      Detail biaya nya sudah di jabarkan di section “Biaya Keliling Korea 11 Hari 3 Kota” ya :)

  33. fika says:

    ini kan author nya sendiri” travelling nya gk pake tour travel waktu ke korsel sama temen yg udah pernah kesana atau gmn?

    1. Frenky says:

      Hi Fika,

      Ini trip Korea Selatan murni jalan-jalan sendiri tanpa bantuan tour travel atau teman korea yang udah pernah kesana, cuma modal internet, susun itinerary sendiri, terus jalankan deh hehe…

      Tidak usah takut jalan mandiri ke Korea, transportasi nya sudah sangat jelas, tinggal tentukan aja mau kemana-mana nya :senang:

  34. Charlie says:

    Halo, saya mei ini ada mau ke korea ini baru pertama kali nya, ada masukan enak nya kemana aja yah? Ooh iya sim card di korea ada berapa jenis yah ? Dan paketan internet nya seperti apa yah ?

    1. Frenky says:

      Hi Charlie,

      Bisa di ikuti itinerary saya ya, di dalam post ini sudah tertulis lengkap :)

      Tapi umum nya first time pasti ke Palace, Everland Theme Park, Seoul Tower, Tempat Shopping ( Myeongdong, Hongdae ).

      SIM Card nya sama aja seperti Handphone Indonesia, bisa di cek di sini ya paketan http://www.egsimcard.co.kr/eng/buy-eg-sim-card/online/buy-egsimcard.asp ( recommended ).

  35. Dewi M says:

    Halloo saya rencana ke korea februari ini dan lagi cari2 itinerary dan nemu blog ini hehe
    Saya mau tanya waktu itu tukar uang won dimana ya?
    Katanya kalu di hana bank ratenya lebih rendah ?
    Trims

    1. Frenky says:

      Hallo juga Dewi,

      Pas banget nemu blog ini :good:

      Saya waktu itu nitip teman nuker di money changer di pasar baru, cuma detail nya engga tau, saya engga compare sih masalah rate waktu itu, soalny beda tipis ( sekitar 0.1 – 0.2 ) antar money changer.

      Kalau masalah Hana Bank saya engga tau juga rate nya lebih rendah atau engga nih…

      Yang saya tau yang pasti rendah rate nya itu kalau tarik via ATM di Korea langsung tapi kena charge tiap tarikan sekitar 25ribu rupiah ( beda bank beda charge nya ).

  36. sye says:

    Haiii :hi:

    Ak baca crtny sangat menarik, seru kali bs ngerasain tinggal d negeri org. :star:

    cuma untuk pergi sendiri ga berani. Tmn2 uda pada sering so uda ga mao lg d ajak k sana. :crying: :desperate:

    Ada ga ya grup yg ngadain jalan2 k korea tp yg bs d percaya, misal KTO sendiri ngadain ga ya???

    Kalo ga ada ya palingan ntar ikud travel aja, krn bhs inggris ak bego apalg bhs korea. Wakaka… :ngakak:

    Tp kalo ada info bole dunk kbr2in, thx b4 :peace:

    1. Frenky says:

      Hi sis Sye,

      Mungkin jangan pergi sendiri kali ya, kalau mau perjalanan mandiri, minimal ber-2 biar ada teman jalan setidak nya…

      Kalau mau cari teman jalan keluar negri gitu, opsi dibawah bisa di coba :
      1. http://www.backpackerindonesia.com/trip/mancanegara ( Tinggal cari thread yang ke Korea dan hubungi orang nya langsung, cari yang sifat nya cari teman saja, jadi senang susah ditanggung bersama )

      2. http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006398383/kumpulan-jadwal-travelling-outbound-2014/ ( sama seperti poin nomor 1, hubungi orang nya langsung, sifat nya cuma cari teman saja )

      3. https://www.facebook.com/ClaudiaKaunangFanpage/?fref=ts ( yang ini sih engga usah di ragukan lagi, terpercaya banget dan murah, cuma harus rajin-rajin mantau kapan jadwal trip Korea nya keluar )

      4. Ajak saya sini, tapi bayarin tiket PP nya HAHAHA… :yeah:

      Happy Travelling, semoga cepat kesampaian jalan-jalan ke Korea nya :bye:

  37. David says:

    Hi Frenky,
    Saya sekeluarga berencana ke Korsel 5-6 malam. Anak2 (delapan dan sembilan tahun) rencana ke Everland dua hari/malam dan ibu suka lihat pemandangan/bunga2 cantik. Boleh minta saran sebaiknya ke mana saja dan ke mana dulu?

    Thanks in advance.

    1. Frenky says:

      Hi David,

      Jika melihat dari jumlah anggota yang di bawa, mungkin asyik nya wisata santai aja kali ya.

      Kalau main ke Seoul, yang wajib di kunjungi.
      1. Everland ( seharian )
      2. Nami Island lanjut ke Garden Morning of Calm berhubung ibu nya suka pemandangan
      3. Gyeongbokgung Palace, Namsan Seoul Tower, Shopping di Myeongdong
      4. Lotte World ( seharian ) cocok buat anak-anak
      5. Tempat Shopping lain nya bisa main ke Namdaemun, Dongdaemun, Itaewon

      1. David says:

        Thanks Frenk! Sangat membantu saya re: info tempat wajib dan penyusunan jadwal :)

  38. Akp says:

    Hi! Mau nanya dong kalo dari incheon ke seoul itu jarak tempuhnya berapa lama ya? Terus untuk ke gangnam kaya ke JYP atau SM agency gitu jauh ga ya? Terimakasih :-) nice blog!

    1. Frenky says:

      Hi AKP,

      Incheon ke Seoul ( Hongik University Station – Area Hongdae ) itu kurang lebih 1 jam perjalanan ya menggunakan Airport Railways ( Kereta ).

      Lalu kalau mau ke gedung JYP atau SM yang di area Gangnam itu dengan acuan mulai dari Hongik University Station kurang lebih 1 jam-an naik subway. Kalau mau coba cek waktu gitu lewat google maps aja, sangat membantu dan akurat :bye:

  39. Adila says:

    Anyeong^^
    Cara buat T-momey gmna ya?

    1. Frenky says:

      Anyeong Adila,

      Paling gampang beli di area bandara saja ketika pertama datang ke Korea, entah bandara Incheon atau Gimhae ( Busan ), T-Money bisa di beli di minimarket ( GS25. 7Eleven ) di bandara.

      Waktu itu saya beli T-Money di minimarket GS25 ( 3000 Won ) di bandara Incheon, satu lantai dengan terminal kedatangan, sekedar info saja T-Money yang di beli tidak ada isi nya, jadi perlu di top-up dulu dan itu bukan di lakukan di minimarket ya, top up nya bisa di lakukan sendiri di mesin nanti sebelum naik kereta bandara untuk ke pusat kota Seoul.

  40. Mutiara says:

    Hai frenky, saya mau tanya, rencananya bulan agustus tahun depan saya mau pergi ke korea, tapi kalau misalnya nama di paspor saya sama di akte kelahiran saya beda gimana ya? masalah ga ya kira-kira?? jadi waktu saya buat paspor kemarin awalnya untuk umrah dan nama saya yang 2 suku kata jadi 3 suku kata pakai nama belakang ortu saya (karena visa arab mengharuskan nama 3 suku kata). nah kalo begitu gimana yaa untuk pengurusan visa korea?apa harus diurus/diubah lagi soal nama paspor di kantor imigrasi?mohon infonya yaa kalau paham soal masalah ini… thank you

    1. Frenky says:

      Hi Mutiara,

      Tidak ada masalah sama sekali terkait beda nama ini, acuan nya ke passport saja, teman saya ada juga kejadian beda nama paspor ( 2 suku kata ) dengan KTP ( 1 satu kata ) tapi tetap approved visa nya dan tidak ada hambatan :)

      Untuk akta kelahiran juga tidak perlu di lampirkan tidak apa-apa, cukup kartu keluarga saja.

  41. Christina says:

    Hai frenky. Bole bagi itenerary nya selama di korea ndak? Ke winatachristina@ymail.com kamsahamnida

    1. Frenky says:

      Hi Christina,

      Maaf saya tidak punya catatan rapi itinerary nya dalam bentuk dokumen :(

      Itinerary nya bisa di baca langsung di blog aja ya, tinggal di klik aja link nya masing-masing per hari :info:

  42. y says:

    안녕하세요..
    mau tanya kalau misal mau liburan sendiri ke korea yang utama apa ya harus disiapkan?
    saya cewe soalnya, pertama kali juga niat pergi2 sendiri keluar. kayak english gitu harus paham banget ya(?) kalau bahasa inggris kita ga terlalu lancar (terhitung biasa aja), trus ada dana, ada kenalan juga di korea (temen chat,yg udh cukup lama kenal tp blm pernah ketemu), paspor ada (tp masih harus urus visa) dan niat pergi sendiri..menurut kamu gimana? soalnya yang ditakutin kalo udah nyasar..trus utk tanya2 ke org jg kan ada rasa takit.. kalo di indo,beberapa kali pergi sendiri trus ketemu temen di tempat/kota tujuan gitu sih biasa aja..tapi kalo negara org kan gatau ya..jadi mau tanya, apa ada saran? thank u

    1. Frenky says:

      안녕하십니까

      Yang perlu di siapkan pertama adalah dana, rancangan itinerary tujuan kamu mau pergi kemana-mana dan cara kesana nya bagaimana dan yang terpenting internet buat jaga-jaga kalau nyasar, bisa pakai aplikasi google maps kalau nyasar.

      Bahasa Inggris cukup paham seperlu nya saja, hampir tidak terpakai di Korea karena pada umum nya orang Korea tidak bisa bicara bahasa Inggris juga.

      Kalau misal nya first timer ke Luar Negri, menurut saya lebih baik pergi b2 sama teman yang udah pengalaman, atau kalau misal nya masih mau pergi sendiri, coba jalan-jalan yang dekat dulu aja seperti ke Singapore buat pelajari cara pakai public transport nya khusus nya Subway karena di Korea itu transportasi utama kemana-mana nya Subway jadi penting buat tau cara pemakaian dan penentuan rute subway nya agar tidak nyasar.

  43. Tri says:

    Mas Frenky,

    Mau sedikit koreksi nih, bandara Busan namanya Gimhae kalau Gimpo adanya di Seoul,, hehehe…

    Ngomong2 overall tempat oleh2 khas Korea yang paling murah dimana mas? :confused:

    1. Frenky says:

      Hi Tri,

      Thank you buat koreksi nya, seperti nya lagi ngantuk waktu itu saya :peace:

      Namdaemun sama Dongdaemun Market bisa di jadikan pilihan tempat belanja oleh2 yang murah :)

  44. du says:

    halooo…
    wahhh barusan singgah di web frenkey.
    Kereeennn..

    Btw, boleh bagi2 tips buat hunting tiket murah? Bisa dapet harga segitu bargain bangetsss :D

    1. Frenky says:

      Hahaha terima kasih pujian nya :yeah:

      Kalau Cebu Pacific Air sekarang udah engga murah lagi, dulu sebelum tahun 2014 harga nya murah banget.

      Kalau AirAsia harus hunting di awal pembukaan promo, cari info promo nya di web fanpage facebook nya aja. Oh ya selalu beli tiket promo ini di rentang jam 12 malam – 2 pagi karena kursi promo dan pilihan tanggal nya masih banyak :keren:

  45. Egiaaa says:

    Hai, mau tanya.. itu pergi sendiri atau gabung sama tour travel gitu ya? Ada plan ke sana, tp masih ragu mau jalan sendiri atau join tour travel nih..

    1. Frenky says:

      Hi Egia,

      Pergi sendiri semua yang saya ceritakan di sini. Lebih baik di urus sendiri di bandingkan via travel agar lebih dapat pengalaman jalan-jalan nya dan lebih bisa explore tempat-tempat yang lebih menarik.

      Yang paling penting bisa ngerasain transportasi umum lokal, kalau pakai tour travel pasti naik full transportasi bus :wait:

  46. Prisca Ce says:

    Wduhhh mahal juga yaa,, ada gak masanya ke korea pas murah?. kayak ke Cina itu murah kalau pas imlek.??

    1. Frenky says:

      Kalau masalah murah atau tidak nya tergantung style perjalanan tiap orang sih, bukan masalah musim haha..

      Kalau saya kebetulan emang agak lebih bebas mengeluarkan biaya lebih yang penting rasa penasaran nya hilang dan rasa puas yang di dapat habis liburan :)

  47. Basten says:

    Btw untuk bus di korea pada tapping 2 kali, orang koreanya juga pada tapping pas turun walau emang nol sih harga tap kedua.

    1. Frenky says:

      Nice info hyungnim, baru tau ternyata tap kedua kena tarif nya nol :D

  48. jessica says:

    haloo..
    untuk tmoney pas d seoul kira2 habisin berapa ya?

    1. Frenky says:

      Hi Jessica,

      Patokan nya susah nih karena semua tergantung tempat wisata yang kamu kunjungi dan rute transportasi kamu bagaimana. Tapi kalau berdasarkan pengalaman pribadi, saya habis 35.000 Won buat 7hari di Seoul.

      Sekedar info saja kalau bus di Seoul menerapkan tarif flat dekat / jauh sekali naik sekitar 1.300 won dan subway menerapkan tarif minimum sekitaran 1.200 won per 5 stasiun ( CMIIW ) jadi kalau misal kamu pakai subway cuma buat 2 stasiun tetap kena 1.200 won. Jadi harus di atur rute transport nya agar searah biar biaya nya efisien :)

  49. Siti Sarah says:

    emg author pernah ke jjimbilbang? O.O

    1. Frenky says:

      Pernah dong walau baru sekali, pengalaman nya sudah saya share di https://frenkeyblog.com/pengalaman-sauna-korea-jjimbilbang-di-shinsegae-spa-land-busan/

      Rasa nya cetar membahana :ngakak:

  50. Basten says:

    Tau aja si hyungnim gw mau berkelana ke negeri gingseng :yeah: :cheer: :ngakak:

    1. Frenky says:

      Yey,,, tinggal sebulan lagi ke Korea nya, semoga have fun perjalanan nya :cheer:

      Jangan lupa nyobain Jjimbilbang nya hahahahaha….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: 
 
scroll to top