JepangTravel ( Outside Indonesia )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota ( Updated 2023 )

Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang

Haiiii pembaca setia blog gue ( kaya ada aja ) yang ganteng dan cantik, kalau kalian tidak sengaja mampir ke post ini untuk mencari info seputar Anime, AKB48, Gundam maka anda 101% di jamin tidak akan menemukan info tersebut! Karena pada post ini gue mau sharing catatan perjalanan gue jalan-jalan keliling Jepang selama 10 hari dan 6 kota yaitu Tokyo, Kyoto, Osaka, Nara, Kobe, Himeji :keren:

Selain itu ada info seputar penerbangan, visa, itinerary, biaya, internet wifi, biaya dan informasi lain nya yang akan berguna buat kamu yang ingin ke Jepang :cheer:

* * * * *

* * * * *

Penerbangan Ke Jepang ( Tokyo / Osaka )

Untuk dapat menuju Jepang dari Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan yang dapat di gunakan, dapat di cek melalui website Trip.com ( Klik Di Sini ) – harga di jamin termurah!

Di Jepang terdapat banyak bandara Internasional, namun yang biasa nya di jadikan tempat kedatangan yaitu Bandara Internasional Haneda yang terletak di kota Tokyo, Bandara Internasional Kansai yang terletak di kota Osaka, dan Bandara Internasional Chitose yang terletak di kota Sapporo.

Untuk penerbangan dari Jakarta ke Jepang, bagi anda yang low budget bisa menggunakan maskapai berjenis LCC ( Low Cost Carriers ) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo karena kalau tidak promo, harga nya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services :info:

Berikut maskapai yang gue rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta :

1. AirAsia – transit di Kuala Lumpur ( LCC ) – harga promo kisaran 2.5 – 3.5 juta rupiah Pulang Pergi

2. Garuda Indonesia ( Full Services ) harga kisaran 5.5 – 7 juta rupiah pulang pergi

* * * * *

Visa Jepang

Visa Jepang
Visa Jepang

Untuk dapat masuk ke Jepang dengan menggunakan Passport WNI Sipil, maka kita harus mempunyai Visa Jepang. Cara mendapatkan Visa Jepang, dapat di baca cara nya pada Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang. Tapi sebelum mempersiapkan persyaratan Visa Jepang, pastikan anda terlebih dahulu punya Paspor ya! Cara membuat / memperpanjang Paspor dapat di lihat cara nya di sini Cara Membuat / Memperpanjang Paspor 2020.

Per 1 Desember 2014, kabar gembira khusus buat pemegang E-Passport Indonesia karena pemerintah Jepang memberikan Bebas Visa Jepang ( Visa Waiver ) dengan cara hanya cukup mendaftarkan E-Passport nya di Kantor Kedutaan Jepang, detail nya dapat di baca pada Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

* * * * *

4 Musim di Jepang

Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang
Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin di Jepang

Di Jepang terdapat 4 musim yaitu Musim Semi ( Maret – Mei ), Panas ( Juni – Agustus ), Gugur ( September – November ) dan Dingin ( Desember – Februari ). Setiap musim di Jepang mempunya keunikan masing-masing yang tidak boleh anda lewatkan :yeah:

Pada Musim Semi ( Spring ), wisata piknik sambil melihat bunga Sakura yang bermekaran tentu menjadi tujuan utama pada musim ini. Permasalahan utama nya adalah timing bunga Sakura mekar di tiap kota Jepang itu berbeda, sehingga anda perlu jeli memilih hari dan bulan yang tepat. Untuk prediksi bunga Sakura mekar di tiap kota Jepang dapat di cek pada link berikut, Japan-Guide Cherry Blossom Forecast.

Pada Musim Panas ( Summer ), akan banyak festival kembang api atau dalam bahasa Jepang disebut dengan “Hanabi Taikai”. Untuk melihat jadwal festival kembang api tersebut dapat di cek pada link berikut, Japan-Guide Hanabi Taikai.

Pada Musim Gugur ( Autumn ), mata anda akan di manjakan dengan pemandangan daun-daun berguguran dan berwarna kemerahan hingga ke orange-an!

Pada Musim Dingin ( WInter ), saat nya waktu untuk bermain salju dan ski!

Dari keempat musim di atas, yang paling saya suka adalah musim Gugur, alasan nya karena udara nya masih cukup bersahabat dan pemandangan daun-daun kemerah-merahan itu sangat menyegarkan mata :wow:

Oh ya jangan lupa juga untuk selalu mengecek prakiraan cuaca hari itu dan besok ketika travelling ke Jepang, gue bisa katakan tingkat akurasi nya 95% berkaca pengalaman travelling gue ke Jepang kemarin di musim Panas, jadi kalau di katakan besok hujan ya arti nya hujan, jadi pastikan bawa payung atau engga gigit jari dah gara-gara kehujanan di jalanan :wait:

Anda bisa menggunakan link berikut untuk mengecek prakiraan cuaca di Jepang, Japan Weather Forecast.

* * * * *

Itinerary Keliling Jepang

Itinerary Liburan Ke Jepang
Itinerary Liburan Ke Jepang

Jepang terlalu luas jika hanya di explore hanya selama 10 hari karena terlalu banyak tempat yang harus di kunjungi. Jika ada kesempatan pergi ke Jepang lagi, gue pengen banget explore kota Tokyo dan pulau Hokkaido di utara Jepang.

Berikut cerita perjalanan gue selama 11 hari, dapat di lihat detail nya pada masing-masing hari ( Link akan di update jika Post nya sudah jadi ) :senang:

* * * * *

Biaya Keliling Jepang 10 hari 6 kota

Japan Money
Japan Money

Karena detail pengeluaran perhari nya sudah di jelaskan di tiap post per hari nya, maka di sini gue akan menjelaskan total pengeluaran trip keliling 10 hari 6 kota di Jepang berdasarkan pengalaman pribadi. FYI, ini bukan biaya backpacker ya, lebih tepat nya flashpacker :hero:

No.KeteranganBiaya

( 1 Yen = Rp 110 )

1.Tiket Pesawat Pergi Jakarta – Kuala Lumpur – Tokyo ( Haneda )

AirAsia – Sharing Bagasi 20 Kg
Rp 1.680.000
2.Tiket Pesawat Pulang Osaka ( Kansai ) – Kuala Lumpur – Jakarta

AirAsia – Bagasi 25 Kg and Meal
Rp 1.630.000
3.Visa Jepang Single EntryRp 330.000
4.Penginapan 7 Malam di 3 Kota

4.1 Tokyo – 1 Malam di Khaosan Tokyo Laboratory ( Private Room 3 orang ) = 3.400 Yen

4.2 Kyoto – 2 Malam di Backpackers Hostel K’s House ( Private Room 4 orang ) = 5.200 Yen

4.3 Osaka – 2 Malam di Backpackers Hotel Toyo ( Private Room 1 orang ) = 4.000 Yen

4.4 Osaka – 2 Malam di Hotel Shin Imamiya ( Private Capsule Room 1 orang ) = 3.900 Yen
16.500 Yen = Rp 1.815.000
5.Transportasi lokal di 6 Kota

5.1 2 Day Pass Tokyo Subway = 1.200 Yen

5.2 Airport Haneda ke Sengakuji Station = 410 Yen

5.3 Pasmo Card dan Top Up = 4.000 Yen

5.4 Tiket Bus Shinjuku Station ke Kawaguchi Station ( One Way @1.750 Yen ) = 3.500 Yen

5.5 Sight Seeing bus di sekitar Kawaguchi Lake = 1.200 Yen

5.6 Willer Bus Tokyo ke Kyoto Bus S123 = 6.300 Yen

5.7 2 pcs – 1 Day Pass Kyoto Bus ( @500 Yen ) = 1.000 Yen

5.8 3 Day Kansai Thru Pass = 5.200 Yen

5.9 2 pcs – 1 Day Pass Osaka Subway ( @800 Yen ) = 1.600 Yen
24.410 Yen = Rp 2.685.000
6.Biaya Makan, Jajan, Ngemil 10 hari14.250 Yen = Rp 1.567.500
7.Tiket Masuk Tempat Wisata8.429 Yen = Rp 926.000
8.Sharing Sewa Pocket Egg WIFI di Jakarta

( 7 gb = Rp 1.110.000 )
Rp 330.000
Total Pengeluaran Jepang 10 Hari

( Exclude Belanja dan Oleh-Oleh )
Rp 10.963.500

Pengeluaran terbesar gue untuk trip Jepang ini adalah belanja fashion dan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat. Banyak harga fashion murah di bawah 1000 Yen dengan kualitas H&M dan Uniqlo yang tentu buat gue ‘lapar mata’ saat itu terus kalap deh belanja nya :noooo:

Untuk oleh-oleh Tokyo Banana gue kebetulan membeli di Bandara Kansai harga nya 1.429 Yen untuk isi 12 dan 953 Yen untuk isi 8, sedangkan Kitkat plastik besar ( seperti pada gambar ) rata-rata di kisaran 280 Yen / bungkus.

Kalap Belanja di H&M dan Uniqlo Jepang
Kalap Belanja di H&M dan Uniqlo Jepang
Oleh-oleh Tokyo Banana, Kitkat, Chocobi
Oleh-oleh Tokyo Banana, Kitkat, Chocobi

* * * * *

Penginapan Jepang

BOOKING.COM ( Klik banner di bawah )

Booking.com

Klook ( Klik banner di bawah )

Klook.com

Trip.com ( Klik banner di bawah )


Harga rata-rata penginapan sekelas hostel untuk level nyaman dan murah di kisaran 5.000 – 7.000 Yen tergantung kota dan lokasi nya. Tokyo, menurut gue adalah kota paling mahal menurut untuk biaya penginapan semalam nya. Gue merekomendasikan menggunakan Trip.com / KLOOK sebagai sarana tempat booking penginapan disana.

* * * * *

Voucher Discount

Tujuan wisata turis ke Tokyo / Osaka pasti menuju Universal Studio Japan atau Disneyland Tokyo. Kabar baik nya bisa beli beli tiket atraksi ini secara online loh, bisa di klik di link di bawah ya :

Klook.com

* * * * *

Internet Jepang

Internet merupakan hal penting banget buat gue selama trip ke Jepang, selain buat eksis di social media, internet di sini sangat berguna banget buat menunjukkan jalan, rute subway, kereta, bus dan juga tempat wisata yang akan gue kunjungi. Karena jumlah total peserta trip ke Jepang ini ada 4 orang, jadi nya opsi menyewa Pocket Wifi dari Indonesia merupakan pilihan terbaik buat kelompok gue.

Alternatif nya buat yang mau melakukan membeli SIM Card Jepang / menyewa Portable WIFI secara online tetapi melakukan pick up barang nya di bandara Jepang, bisa mencoba link di bawah :

Klook.com

* * * * *

Aplikasi Petunjuk Arah – Google Maps

Tampilan Google Maps Jepang
Tampilan Google Maps Jepang

Buat anda yang ingin mengandalkan Free Wifi selama berwisata ke Jepang, gue sarankan berpikir 10x karena itu bukan lah pilihan yang menguntungkan. Lebih baik keluar uang lebih untuk mendapatkan fasilitas internet di Jepang karena hal tersebut dapat membantu anda dalam mencari petunjuk arah “How to Get There” ke tempat yang anda ingin tuju.

Pada trip Jepang ini, gue hanya mengandalkan pocket WIFI Internet dan aplikasi “Google Maps”, hasil nya? Engga ada tuh acara nyasar :keren:

Oh ya asik nya di aplikasi “Google Maps” ini adalah gue bisa mengetahui line kereta yang di gunakan adalah line JR atau bukan, karena tidak semua pass mengcover JR sehingga harus di butuhkan alternatif line lain yang tidak memerlukan line JR, untung nya dengan aplikasi “Google Maps”, semua masalah tersebut dapat di selesaikan dengan mudah. Yang paling penting adalah petunjuk nama stasiun yang diberikan semua dalam BAHASA INGGRIS, kalau dalam kanji mah bisa bohwat dah! :dead:

* * * * *

Transportasi Jepang

Tokyo Subway, Kyoto Bus, Kansai Pass, Osaka Subway
Tokyo Subway, Kyoto Bus, Kansai Pass, Osaka Subway

Di Jepang ada banyak sekali jenis Pass yang sangat berguna untuk menghemat pengeluaran transportasi kamu buat yang suka berpindah-pindah lokasi menggunakan Subway / Kereta. FYI harga tiket satuan Subway / Kereta itu mahal, jadi lebih baik gunakan Pass.

Alternatif nya buat jenis transportasi yang tidak tercover oleh Pass, bisa membayar menggunakan Pasmo Card untuk segala jenis transportasi ( Subway, Kereta, Bus ) yang penggunaan nya hanya tinggal Top Up dan Tapping, tidak perlu repot membeli tiket satuan terus menerus.

Yang mau beli Subway Pass, Transfer Kereta / Bus dari Bandara ke Pusat Kota, bisa cek link di bawah ya :

Klook.com

Untuk menentukan Pass yang cocok untuk acara travelling ke Jepang adalah harus membuat itinerary acara mau kemana aja selama di Jepang, dari rundown itinerary tersebut baru bisa di tentukan jenis Pass mana yang meng-cover rute yang dipakai. Berikut macam-macam pass di Jepang yang sekira nya berguna buat anda beli :

  1. Japan Rail Pass
  2. Macam-Macam Pass yang berguna untuk keliling di Tokyo
  3. JR East Pass
  4. JR Tokyo Wide Pass
  5. Tokyo Subway Pass + Airport Return Haneda or Narita
  6. Kyoto Bus dan Subway Pass
  7. Osaka Amazing Pass ( Buat Keliling di Kota Osaka Seharian )
  8. Kansai Thru Pass ( Berguna untuk keliling di Kansai Area seperti Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, Himeji, Wakayama, dll )
  9. Hankyu Touris Pass ( Keliling Osaka, Kyoto, Kobe – Hanya Valid di semua jalur Hankyu )
  10. Willer Express Bus Pass ( Buat Pecinta Bus Jepang untuk Perjalanan Jarak Jauh )

JR Pass itu sendiri macam-macam nya banyak, khusus JR Pass sendiri hanya bisa di beli di negara asal ( tidak bisa di beli di Jepang langsung ), selain itu bisa di beli di Jepang langsung, untuk yang mau membeli secara online, bisa mencoba link di bawah ( jamin trusted! ) :

Klook.com

* * * * *

Colokan Listrik di Jepang

Colokan Listrik Jepang
Colokan Listrik Jepang

Jangan lupa bawa converter listrik ini sejak dari Indonesia kalau berwisata ke Jepang atau anda akan kerepotan untuk urusan charge gadget anda. Beli di Jepang langsung juga engga recommended ya, pengalaman gue hunting converter listrik ini di Akihabara Tokyo untuk teman gue yang lupa bawa, gue harus sampai cari kira-kira 7 toko baru dapat toko elektronik yang jual converter listrik ini :sweating:

* * * * *

Info Lain

Berikut list-list website yang sekira nya berguna buat anda untuk referensi ke Jepang :

  1. Japan Guide ( Semua tentang Jepang ada di sini )
  2. Hyperdia ( Untuk Menghitung Biaya Transportasi )
  3. Japan Rail ( JR ) Pass Calculator ( Untuk Membandingkan Biaya Perjalanan Antara JR Pass dengan Non JR Pass )

* * * * *

QUESTION ???

Jika ada pertanyaan lain seputar travelling ke Jepang, jangan ragu untuk di tanyakan ya via komentar, siapa tau gue bisa jawab  :senang:

NOTE : JANGAN minta tolong gue untuk buat / menyusun itinerary ya karena gue sendiri juga tidak ahli dalam urusan itinerary~ dan jangan tanya tentang tempat wisata / kuliner yang recommended di Jepang! :peace:

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

407 Comments

  • Menarik dan sangat membantu sekali sharing dari Frenkey.
    Saya ada beberapa pertanyaan :
    1. Apakah dengan Willer Express dari Tokyo ke Kyoto selama kurang lebih 8 jam itu cukup nyaman untuk anak balita?
    2. Apakah Sim Card bisa dibeli dengan mudah di Haneda?

    Terima kasih

    • Hi Wira,

      1. Seperti nya tidak nyaman ya dan juga kalau balita nya rewel bisa ganggu kenyamanan penumpang lain yg mayoritas orang jepang, lebih recommend shinkansen.

      2. Kata orang ada yang jual, cuma saya sendiri engga nemu toko nya ( karena engga nyari juga ). Yang saya tau di BIC camera di pusat kota tokyo ada jual.

  • Seru bgt,januari mo ke jepang,pgn cobain muim dingin disana…terutama di osaka. Makanya nungguin post hari ke 8 sampai 10 ini. Manaaa

    • Hi Aira,

      Ditunggu saja ya postingan nya, orang nya sedang mengumpulkan semangat buat nulis haha.. thanks udah mampir dan komentar :-)

  • keren blognya sungguh jadi mau cepet2 ke jepang akhir agustus
    kalo menurut bang frenk kalo liburan disana 7 hari enak ketempat mana aja

  • Halo frankey…

    Sori mo nanya nih… Kalo di jepang pakai bahasa inggris mereka ngerti gak yah..?
    Katanya orang jepang susah, gabisa ngomong bahasa inggris ya? Bingung kalau tanpa tour susah bicaranya..

    Minta solusinya yah
    Thanks frankey

    • Hi Jeannie,

      Hampir tidak bisa ya semua nya, tapi mereka pasti tetap berusaha bantu sebisanya entah bahasa tubuh atau dianter langsung ke tempat nya ( jika dekat ).

      Solusi nya sebelum nanya, kasih liat peta atau gambar tempat nya via hp, terus tunjuk2 aja deh haha..

  • Hi Frenkey,

    Numpang nanya, kira2 hotel di Jepang itu strict banget ga yah soal additional person in the hotel room? Misalnya gw book twin sharing room, tapi 3 org tidur didalemnya. Menurut pengalamanmu, kira2 bakal disuruh book 2 kamar instead ga?

    Thanks!

    • Hi Cindy,

      Engga masalah, visa jepang engga lihat sedetail itu juga, waktu itu di booking kamar punya gw juga tulis nya cuma buat 1 person ( sebenar nya salah cetak harus nya 3 orang ), tapi engga ada masalah.

      • Hi Frenkey,

        Thank you ya uda bales. Mau nanya lagi dong tentang JR train di Jepang kalo boleh. Membingungkan banget yah :confused: Kalo boleh tau, gimana cara tau train schedule (first train and last train) untuk smua JR train yah? Soalnya takut ketinggalan kereta trus malah harus naik taxi. Kan mahal :crying:

  • Damn…that kaiyukan is so awesome……

    Will be there on august….

    Btw kalo akhir august hawanya ga panas2 banget kan ya?

    Cmiiw

    Atau tetep nuansa summer??

  • hi ko Frenky salam kenal :hi:
    suka bgt sama penjelasannya yang lengkap dan jelas soal travelling ke Jepang di blog ini
    jadi semangat buat nabung & bisa travelling ke Jepang
    semoga sukses dan suatu saat bisa share pengalaman travelling lagi di negara yang lainnya :peace:

    • Hi Marina,

      Thank you juga buat pujian nya dan doa nya, sukses juga buat kamu agar cepat tercapai harapan nya buat travelling ke Jepang, Semangat! :senang:

  • Hi frenkey, saya yuni. Aku pertama kali nih ke jepang .so, totally ngeblank. Tgl 14-23juni ini saya berangkat sama mama (umur ampir 70 ) via bandara haneda. Pesawat sampe tgl kirakira jam 9/ 10 malam, selama 10 hari aku rencana ke shinjuku , kawaguchi, mt fuji, iga, osaka, nara, kobe himeji, kyoto n terakhir tokyo . Nah, aku nih low bujet, yg penting murah meriah n nyaman. Sesuai yg final itin yg aku ksh, tlg rekomen hotel yg murah , kl boleh ni, bantuin aku susun dari day 1 sampe day 10 musti tinggal di mana n naik apa .makasih banyak ya

    • Hi Yuni,

      Sorry nih bukan nya engga mau bantu, tapi kalau masalah penginapan coba pilih sendiri ya di http://www.booking.com sesuai selera + budget lalu juga masalah itinerary coba mengacu ke http://www.japan-guide.com/ aja soalnya selera orang beda-beda, saya sharing di sini cuma secara general aja soal nya.

      Mungkin kalau udah bawa orang tua yang sudah berumur, wisata nya bisa lebih santai aja, engga usah terburu-buru pindah dan engga perlu mengunjungi banyak tempat.

  • hi frenkey,
    salam kenal :hi: lengkap yah blog nya, mulai dari persiapan smpe pengeluaran ada semua, detail hehe..
    mau tanya sewa pocket wifi tu mandatory bgt ga sih? so far pengalaman k korea, taiwan, ga pernah sewa pocket wifi, biasanya ngandelin wifi aja (klo ga ad wifi yah ga bs eksis aj jadinya).. :keren: n biasanya itinerary dah g bikin se-detail mungkin biar ga perlu tny2 orang (klo nyasar bgt baru deh tny org) haha… trus ad donlot map offline juga.. nah klo di jepang ini, perlu bgt wifi bwt cek jadwal kereta? atau gmn?
    maklum nih mau irit super irit karena mau trip k tateyama alpine route jg (yang mahal banget ternyata bwt akses ksana wkwk…) :yeah:

    • Hi Dyana,

      not really mandatory sih kalau kamu nya udah experience bisa jalan-jalan tanpa wifi di Korea sama Taiwan tanpa masalah dan juga kamu orang nya persiapan detail banget ya, kalau gw sih orang nya kaga detail ya dan lebih prefer keluar uang lebih agar nyaman perjalanan nya hahaha..

      Gw pake wifi lebih ke buat penentuan jalur aja sih ya ( antara JR Sama Subway ) sama timetable juga, sama mau nentuin tempat wisata apa yang dekat-dekat kalau itinerary nya tidak sesuai jadwal, dan juga kebetulan memang jumlah grup gw cukup lumayan ( sekitar 4 orang ) jadi bisa sharing cost pocket wifi.

      Ya mungkin opsi sewa wifi ini bisa di lihat dari jumlah orang nya ya, tapi kalau mau irit banget bisa consider beli 1 sim card buat durasi 14hari pemakaian, itu harga nya cuma sekitar 300ribuan rupiah ya, terus tinggal buka hotspot deh :)

      • ok sipp.. :good: g juga perginya ramean sih ber-5 haha… tapi kalo ada yang bisa dikurangin pengeluarannya kan bisa ngurangin budget, maklum karena bli tiket pesawatnya kurang research jadi bli pp jakarta-haneda, trus mau k osaka jg, baca2 di blog orang pada saranin pke JR Pass yang cukup mhl y hrgny hehe… :sweating:
        tp bwt wifi ny sendiri di station gt biasa ad kan? cuman klo di jalanan aj kan yg ga ad?

        • Kalau ber 5 kaya nya cukup oke ya sewa pocket wifi, setidak nya bisa jaminan menghindari acara nyasar cari jalan ya ( pengalaman pribadi ). Kalau masalah tiket pergi pulang ke Tokyo bisa consider pake Willer Bus aja, atau one way pergi nya Shinkansen, pulang nya pake Willer Bus.

          Waduh masalah free wifi ini gw kaga pernah nyobain cari free wifi ya, jadi kurang paham juga. Tapi kalau baca pengalaman orang sih free wifi ada di station gitu, kalau di jalanan kaga ada ya, tempat turis juga kadang ada kadang engga.

  • Dear Frenkey

    Kenalin gw jordy, nice bgt blog nya
    Btw gw mau nanya nanya dikit boleh kan hehe

    1. Menurut lu dengan modal 5-7 juta (diluar tiket pesawat) buat liburan di jepang bisa brp hari ya dengan gaya hidup sehemat mungkin, gw rencana mau kira kira seminggu disana
    2. Gw rencana pergi sendiri, menurut lu gpp nih? Atau lebih baik ada temen?
    3. Menurut lu lebih enjoy mana dateng dari narita, lalu keliling keliling tokyo dll, baru ke kyoto, buat keliling keliling disana sekalian pulang lewat KIX, atau sebaliknya( dateng dari kyoto pulang dari tokyo)? Dengan itinerary yg mirip mirip kyk kamu
    4. Untuk uang sendiri, lebih baik nuker semua di indo, atau nuker sebagian lalu ngambil lewat atm disana?

    Thanks

    • Hi Jordy,

      1. Gw kaga tau ya gaya hidup sehemat mungkin ala bro gimana, tapi dengan asumsi biaya penginapan sehari sekitar 300ribu, makan 3x sekitar 200ribu, transport sekitar 150ribu, tiket tempat wisata 200ribu an, berarti sehari bisa habis sekitar 750rb – 1jt, bisa tahan sekitar 7harian.

      2. Pergi sendiri engga apa-apa, gw di 3hari terakhir jalan-jalan juga sendirian, tapi lebih asyik sih ada teman 1 orang buat teman ngobrol.

      3. Lebih baik datang dari Tokyo terus ke Kyoto terus pulang ke Indonesia nya dari Osaka

      4. Gw sih lebih suka tukar di Indonesia semua ya, jadi udah di atur budget nya sekian, kalau ternyata masih kurang, ya terpaksa baru narik kurang nya lewat ATM ( Kena charge kaya nya sekitar 30ribu rupiah / penarikan tergantung jenis bank nya )

      • thanks for the previous answer frank :good:

        pengen nanya nanya lagi dong frenk

        1. perbedaan suica sama pasmo apa ?
        2. pasmo itu bisa dipakai buat apa dan dimana aja ? subway, bus(selain willer) dll gabisa ?
        3. masih perlu kah tokyo pass,kansai pass dll meskipun udah punya pasmo ? klo perlu, gunanya buat hemat kah ?
        4. untuk internet, lebih baik pocket wifi atau kartu provider aja ?

        sorry nanya nanya terus hehe :shy:

        • 1. Perbedaan spesifik nya kurang paham ya bro, tapi pernah baca dari sharing orang asli Jepang sih ada beberapa rute yang engga di dukung pasmo tapi suica bisa, begitu juga sebalik nya, tapi kalau sebagai turis sih engga usah khawatir pasmo atau suica pasti semua bisa, karena jalur turis kan jalur umum ya.

          2. Yup bisa buat kereta JR, Subway, Bus umum biasa, kalau belanja di minimarket gitu engga tau deh bisa atau engga, kaga nyobain.

          3. Sebenar nya modal pasmo card doang juga engga masalah, pasti bisa pake semua transport nya kok tanpa lancar, asal saldo top up nya cukup aja. Penggunaan pass di sini lebih ke efisiensi biaya transport aja, misal jalan-jalan keliling Tokyo seharian habis 2000 Yen, kalau pake pass 1 day ( contoh 800 yen ), tentu bisa hemat 1200 Yen bukan? nah tapi itu semua tergantung itinerary nya gimana dulu, baru bisa tentuin pass yang cocok.

          4. Yang ini tergantung jumlah peserta sama duit ya, karena dari segi harga pocket wifi tentu lebih mahal dibandingkan sim card. Cuma kalau yang pergi ada >4 orang, biaya sharing cost pocket wifi tentu lebi murah + lebi praktis + lebi banyak devices yang bisa connect. Masalah signal sama aja, signal internet di Jepang selalu full bar mau di dalam stasiun subway, dalam terowongan atau di mana aja deh.

  • Hallo Bro Frenkey…

    Salam kenal, nama ane Rio yang rencana mau ke Jepang.. jadi mau ngemis info soal Jepang nih bro…

    Btw,‎ nice banget blognya… sangat membantu…

    Nah, ane mau tanya dong… Ane rencana mau ke Jepang (Masuk Tokyo, keluar Osaka) dari 7 Feb – 20 Feb’17‎

    Nah, rencananya mau ke:‎
    – Tokyo (+-4 or 5 malem). Mampir ke Fuji + Gala Yuzawa.‎
    – Takayama & Shirakawago (+- 2 or 3 malem).
    – Lanjut ke Kyoto (+-2 malem). Mampir Kobe.‎
    – Dan terakhir Osaka (+-2 malem).

    Nah, enaknya pakai JR Pass atau ngga bro? Kalau ngga, bisa dibantu bro di tiap kota pakai apa dan pindah kotanya juga pakai apa (Terutama dari Tokyo ke Takayama and dari Takayama ke Kyoto).. thx ya..‎‎

    • Hi Rio,

      Sebenar nya karena gue juga kaga experience datang ke tempat yang di maksud, jadi engga bisa sharing info yang tepat juga ya.

      Cuma kalau menurut gue beli JR Pass 7 hari lalu di pakai buat ke rute Gala Yuzawa, Takayama, Shirakawa terus terakhir Tokyo ke Kyoto jadi di atur rute tersebut harus masuk dalam 7 hari.

      Untuk rute ke Tateyama, coba buka link ini ya http://jprail.com/?s=tateyama tinggal cari yang pas sesuai selera aja mau mulai dari kota mana, semoga membantu.

  • Gan minta info dong, kalau di jepang cuma 4 hari 3 malam kota mana saja yang agan rekomendasikan atau alur trip yang pas biar liburannya bisa maksimal dengan keterbatasan waktu. Thanks in advance gan!!!

    • Kalau gue jadi bro sih, cuma main di Tokyo dan sekitar nya seperti Yokohama, Odaiba, Kawaguchiko Lake / Hakone Lake, Kawasaki, dll.

  • Gan frenkey.. saya september ke jpg 11hari 10mlm tp hari prtma smpe ud mlm jam9an itungannya tinggal 10hari kali yah kyk ittinerary km.. hehe..

    Saya mndrat di kansai.. pulang lewat narita.. rencana sih maunya ke osaka, kyoto n tokyo.. kl bs sih mau ke kawaguchi lake n gunung fuji ( tapi jauh gk gan?)

    Bs bntu pass apa saja yg saya harus beli? Dan bedanya pass biasa sm kansai thru pass itu apa yah gan? Kansai thru pass itu uda trmsk tiket masuk osaka castle gt2 yah?

    Bs minta email or wa nya gan buat tny2? Thx u for answer n helping.. :)

    • Hi Gan Lisa!

      Kawaguchiko Lake engga jauh ya kalau dari Tokyo tapi setidak nya butuh 1 hari buat explore tempat ini.

      Kalau pass yang mau di beli tergantung itinerary nya ya, susun dulu tempat-tempat yang mau di datangi. Pass biasa di sini maksud nya apa ya? Kansai thru pass itu lebih fokus ke biaya transport lebih murah jika ada niat mau keliling Kansai Area.

      Bisa tanya via email aja ya Contact@FrenkeyBlog.com

  • hi frenkey mau nanya2 dong
    rencana saya mau jepang 3 hari di osaka nginep di rumah adek dan 4 hari di tokyo menghadiri seminar nah berarti bukti tinggal di osaka apa ya? trus boleh minta contoh surat sponsor perusahaan / surat keterangan bekerja ? karena seminarnya kan urusan dinas. trus butuh invitation letter gt ga sih dari org jepangnya? untuk rek minimal ada saldo brp ya biar visa bs diapprove? tengkyu

    • Hi Kiki,

      Sebenar nya sih kalau seminar gini lebih cocok pake visa business trip ya, cuma persyaratan nya lebih ribet daripada visa turis. Jadi seperti nya lebih baik apply visa turis aja.

      Bukti tinggal di Osaka pake booking.com aja, book temporary yang free charge kalau cancel, terus print bukti reservasi nya. Surat ket kerja nanti saya kirimkan via email ya. Kalau apply nya visa turis engga perlu invitation letter dari orang Jepang, kalau apply visa business trip butuh surat invitation letter. at least 20 juta cukup sih kalau cuma 7 hari.

  • Halo bro thanx bahasan jepang-nya, rencana bulan depan mau kesana nah kalo rute Tokyo-Kyoto-Osaka-Tokyo (dateng dan pulang dari haneda) durasi 7 hari full kira2 pake JRP efisien gak ya? itinerary sementara 1D kyoto, 2D Osaka dan 4D Tokyo, tks

    Ps. ditunggu updet ceritanya :peace:

    • Hallo Bro,

      Kalau cuma 7hari terus pergi pulang Tokyo Osaka, gw sih memilih beli JR Pass 7 hari ya, soalnya bisa naik Shinkansen Tokyo ke Kyoto sama Osaka ke Tokyo walau kelas terbawah nya sih ( tapi tetap aja kenceng ), lebih efektif dan efisien waktu perjalanan nya.

      Sering-sering maen saja ke Blog ya, secepat nya di update cerita di Osaka nya :peace:

  • Hai Frenk
    Boleh minta info kontak nya?
    Mau nnya” lebih detail,rencana awal tahun besok mau trip ke sana tp masih buta banget soal jepang
    Oia hari ke 7,8,9,10 nya ga di tulis lg? Hehe

  • Halo kak, boleh minta wa atau id line? Soalnya saya agak detail kak dan banyak yang ingin saya tanyakan kak apalagi bahas pass ini,

    Rencana 16-31 may 2016 saya berangkat kak,

    Mohon infonya ya kak.

  • Hi bro..blog nya sangat membantu, sy mau minta saran iterary, sdh beli tiket jkt-narita-jkt utk bln juni selama 10 hari, bersama istri dan 2 anak remaja, saya berencana mau mengunjungi tokyo,mt fuji, kyoto dan osaka, termasuk theme park nya, apakah sy harus membeli JR pass? Tks b4

    • Hi juga,

      Kalau menurut saya sih beli tidak perlu beli JR Pass ya karena interval perpindahan kota nya sedikit. Lebih efisien beli tiket eceran. Apalagi di bulan Juni itu low season, jadi harga tiket shinkansen Tokyo ke Kyoto / Osaka dan sebalik nya lebih murah harga nya.

  • Halo bro Frengky,

    Gua ada rencana nih mau ke jepang sekitar 10 hari. Rencananya sih akhir Maret 2017, soalnya pengen nikmati suasana musim seminya. Rute perjalanan gua dari Manila – Tokyo – Kyoto – Osaka – Manila. Gua mau nanya nih perlu gak pake Jr Pass untuk rute ini. Kalau tidak pake Jr Pass alternatif lainnya gimana bro? Trus minta bantuannya donk untuk itinerarynya disana. Kira” tempat apa yang mesti dikunjungi.

    Oh iya bro lupa klu gua Tokyo nya di Narita ya bro. Ditunggu sarannya.

    Terima kasih bro atas bantuannya.

    • Hi juga bro,

      Karena perpindahan kota nya sedikit banget, jadi jelas tidak perlu JR Pass. Bisa beli tiket / pass eceran :
      1. Di Tokyo bisa pakai JR Tokunai Pass atau 3 Days Tokyo Subway Pass atau JR Tokyo Wide Pass kalau ada rencana ke Gala Yuzawa dan sekitar nya
      2. Di Kyoto bisa pakai Kyoto Bus Pass ( 500 Yen / Hari )
      3. Osaka bisa pakai 2 Days Osaka Amazing Pass ( 3000 Yen ) atau 1 Day Osaka Subway Pass ( 800 Yen ) atau Kansai Thru Pass

      Masalah itinerary dan tempat yang di kunjungi refer ke http://www.japan-guide.com/ aja ya, selera orang beda-beda soalnya.

      • Terima kasih bro… Mau nanya lagi nih ada rekomendasi gak hotel yang murah di 3 kota tersebut tapi yang gak share kamar ama kamar mandi… Terus ada email atau contact yang bisa dihubungi secara lngsng gak bro? Biar lebih gampang tanya-tanya bro. Thanks a lot ya bro

          • Soal hotel nih bro. Gua sudah book hotel di tokyo ama kyoto nih. Untuk osaka belum bisa book karena di booking.com belum bisa pilih di tanggal 3 April 2017. Nih nama hotel yang gua book bro. Mohon sarannya nih. Untuk tokyo sudah terbook 2 hotel namun bakalan di cancel nanti 1, cuman binggung mau cancel yang mana.
            Tokyo :
            1. Hotel L
            2. Grand Central Hotel
            Kyoto :
            1. Ohto Ryokan
            Mohon bimbingannya bro. Thanks a lot

            • Gw merasa bro terlalu cepat booking nya, masih 1 tahun lagi berangkat nya, cuma pendapat aja.

              Yang Tokyo sih review tripadvisor nya bagusan yang “Grand Central Hotel” ya.

              • Iya memang benar bro terlalu cepat. Tapi dari booking.com banyak hotel yang uda full booked loh bro. Makanya gua cepat book dlu. Trus karena ada free cancellation makanya berani book dulu. Untuk Osaka sesuai yg bro rekomendasi juga uda full booked. Apa karena musim semi ya mknya cepat full booked semua?

  • Dear Frenkey, kalau sy dpt tiketnya jkt-nagoya-jkt
    Pd akhir nov ke awal des. Rencana rute adalah: tiba Nagoya lsg ke Tokyo 4malam, kyoto 3malam, Osaka 2malam, nagoya 1malam. Mohon inputnya apakah perlu beli JR pass? Atau JR pass dicombine dgn tiket apa saja? Mohon advise..thx

    • Menurut saya tidak perlu beli JR Pass ya, lebih baik beli tiket eceran saja.
      1. Nagoya ke Tokyo 4 malam pakai Shinkansen 4.850 Yen
      2. Di Tokyo bisa pakai JR Tokunai Pass atau 3 Days Tokyo Subway Pass atau JR Wide Pass
      3. Di Kyoto bisa pakai Kyoto Bus Pass ( 500 Yen / Hari )
      4. Osaka bisa pakai 2 Days Osaka Amazing Pass ( 3000 Yen ) atau 1 Day Osaka Subway Pass ( 800 Yen )
      5. Nagoya saya engga tau ada pass apa, tapi bisa pakai Pasmo Card saja
      6. Osaka ke Nagoya pakai shinkansen lagi sekitar 3.200 Yen

      Opsi JR Pass bisa di pakai jika perpindahan antar kota nya cepat misal dari Sapporo ke Tokyo ke Kyoto ke Osaka dalam hitungan kurang dari 7hari. Tapi karena kasus Nely ( cukup ) lama tinggal di satu kota, jadi lebih baik beli eceran saja tiket / pass nya.

  • Hallo Frenk… Kalau rutenya osaka- kyoto-tokyo-osaka 10 hari, perlu pakai jr pass gaya.?sy masih gagal paham nih..thks ya before

    • Kalau misal nya mau pergi pulang dari Osaka ke Tokyo naik Shinkansen ya arti nya beli JR Pass, kalau misal nya mau pergi pulang naik Willer Bus ya jangan beli JR Pass.

      Coba di googling dulu aja kegunaan JR Pass buat tau rute efisien pake JR Pass itu seperti apa :bye:

  • Saya & suami rencana ke JPG 9 hari, route Jkt-Tokyo (Narita)-Nagoya-Jkt, dr tgl 29 Sept. s/d 7 Okt. 2016, minta saran dong selain ke Osaka kemana lagi yg bagus dikunjungi & perlu tdk JR pass?

  • Oh gitu, saya mau explore japan dengan rute seperti ini
    3hr 2mlm tokyo
    3hr 2mlm kyoto
    2hr 1mlm osaka
    Berarti kalo mau bisa explore osaka lebih mending kyoto-osaka naik kereta yang pagi ya?
    Lebih enak kyoto-nara-osaka atauu kyoto-osaka terus ke nara?
    Kebetulan kalo tokyo – kyoto naik bus mlm.
    Klo kyoto-osaka pengen coba shinkanzen tp aga bingung enaknya gimana gitu.
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    • Yup benar, berangkat aja ke Osaka pagi-pagi dari Kyoto naik kereta ya.

      Kalau ke Nara, pilih rute nya Kyoto – Osaka ke Nara ya, Nara sebelah kanan nya kota Osaka soalnya.

      Kalau mau coba Shinkansen Kyoto ke Osaka bisa coba Shinkansen Nozomi ( sekitar 860 Yen ), cuma 15 menit doang lama perjalanan nya, tapi perlu di sesuaikan waktu berangkat nya, karena Shinkansen ini cuma ada di beberapa waktu aja dalam waktu 1 hari.

      Menurut gue sih cukup naik kereta Limited Express aja, itu juga kecepatan nya kencang loh karena kereta ini cuma berhenti di stasiun besar-besar aja. Kalau Kyoto ke Osaka seinget gue engga pake ada acara transit deh ya, langsung nyampe ke Shin-Osaka Station.

      • Itu naik nya ttp dari kyoto station ya??
        Pingin coba shinkansen tp behubung dr tokyo ke kyoto/osaka mahal, makanya pikirnya coba wktu kyoto-osaka aja pikirnya buat sesekai coba.
        Oh nara di sblh kanan. Oh ya kenapa kok ga bisa liat perjalananan frenkey yg hari ke 6-10?
        Mau tny lagi nih bandara osaka itu jauh banget y?

        • Yup benar hanya dari Kyoto Station ya naik nya.

          Yang hari 6 – 10 belum di buat ya post nya, masih on progress haha, mungkin hari ke 6 malam ini bisa dilihat postingan nya, lagi di susun :sweating:

          Dari Osaka ke bandara Kansai lumayan ya jarak nya, sekitar 45 menit perjalanan, dan biaya kereta nya sekitar 1000 Yen, waktu itu sih gw pake Kansai Thru Pass buat hari terakhir ke Bandara Kansai :senang:

            • kalau di Kyoto sih cukup beli “One Day Kyoto Bus Pass” ( 500 Yen ) itu udah bisa jelajah seluruh kota Kyoto. Untuk beberapa tempat wisata yang engga ke cover bus, bisa pakai Pasmo Card ya bayar tiket nya.

              • Enak mana sih antara pake pasmo or suica dengan ticket one dAy pass gitu?

              • kalau di tanya enak mana secara penggunaan berarti jawaban nya pasmo or suica ya, kan tinggal tap-tap aja, cuma ya siap-siap aja top up terus kalau penggunaan nya berlebihan haha..

                Tapi kalau di tanya enak mana secara biaya berarti jawaban nya one day pass ya, cuma ya harus di sesuaikan jalur nya yang di support pass tersebut.

                Ya ada plus minus masing-masing kartu ya.

      • Halo frenkey…
        Need your help ni
        Aq liat peta kyoto bingung.
        Bolehkah saya meminta tlg bantu untuk melihat jdwal itenerary ku sehingga aq tau kmn prtama yg harus aq tuju ketika sampai di kyoto.
        Aq smpe di kyoto menggunakan bus malem smpe d kyoto pagi jam7, dan saya menginap 3hr 2mlm di kyoto
        Lalu saya ke tmpt nginap di daerah kamikatsura nishikyo
        Dan saya berencana mengunjungi
        Arashiyama,bamboo groves,kiyomizudera,golden pavilion, fuhimi inari,gion, nishiki market, toei kyoto studio,ninnenzaka
        Dan hr ke3 saya ke osaka dengan tjuan pertama ke nara,
        Bisakah frenkey membantu saya mengaturkan rute yg setidaknya lebih sejalur untuk kami kesana.
        Mohon bantuan dan maaf merepotkan
        Thankyou before

  • Halo Frenkey,
    Setelah kemarin uda nanya-nanya ke kamu mending ke Korea/Jepang.. Akhirnya saya sudah beli tiket SUB-KIX (29 Juni) HND-SUB(10 Juli) untuk 3 orang (saya, kakak , dan adik saya); lalu orang tua saya nyusul tgl 4Juli. Menurut kamu apa saja yang perlu saya siapkan selain visa? Saya rencana mengunjungi Osaka, Kyoto, Nara, Hakone, Kobe(makan doang), Himeji, Tokyo. Dan mgkn mengunjungi beberapa tempat seperti Tokyo Disneyland / Universal sblm orangtua menyusul. JR Pass apakah perlu? Tempat-tempat wisata apa aja yg menurut kamu Must Visit?

    Thank you :)

    • Hi jennifer,

      Wah ternyata langsung di eksekusi tiket nya engga pake lama :kaget:

      Yang perlu disiapkan ke Jepang selain Visa pasti nya duit at least 100.000 Yen ( #halah ), Itinerary kasar sama mau sewa pocket wifi di mana ( berhubung 1 keluarga pasti barengan terus lah ya jalan-jalan nya ).

      Kalau menurut gue sih dari rute nya engga perlu beli JR Pass ya
      1. untuk Osaka, Nara, Kobe, Himeji cukup beli 3 Days Kansai Thru Pass ( 5200 Yen ) aja bisa pake sepuas nya semua transport di Kansai Area, beli langsung di Kansai Airport ya buat save biaya dari bandara ke pusat kota Osaka.
      2. di Kyoto cukup beli Kyoto Bus Pass aja ( 500 Yen / hari )
      3. Dari Kyoto Station bisa naik Shinkansen ya buat ke Tokyo Station, sekitar 5700 Yen, cek di http://www.hyperdia.com buat detail nya
      4. Kalau di Tokyo berhubung bakal main ke Theme Park seharian, seperti nya pakai Pasmo Card udah cukup ya
      5. Ke Hakone cukup beli Hakone Free Pass aja

      Kalau masalah tempat wisata yang musti di visit, cek website japan-guide aja ya, selera orang beda-beda soalnya hahaha :peace:

      • Hehe thank you yaa bantuan nya jadi lebih gampang ngaturnya pas di sana. Oh ya kalo misal mau ke Shirakawa-go enaknya dari mana ya?

        • Tergantung itinerary nya ya, bisa dari Kyoto atau Tokyo juga.

          Tokyo———Nagoya 2hrs.(Railway)
          Nagoya——-Takayama 2hrs.(Railway)

          Takayama—Shirakawa-go 50min.(Expressway shuttle bus)
          kanazawa—-Shirakawa-go 1hrs 15min.(Expressway shuttle bus)
          Takaoka——Shirakawa-go 2hrs 30min.(Shuttle bus)

          Detail nya bisa di lihat di http://shirakawa-go.org/en/access/

  • Dear Frenky
    Mau nanya juga dong, saya mau ke jepang 9 hari. Rencana landing di osaka. Trus nginep di osaka. Dari osaka Mau jalan ke kyoto, nara. Lalu lanjut ke tokyo (nginep di tokyo). Plan mau ke yokohama dan jalan2 seputar tokyo dan kawaguchi lake kalo sempet. Nah baiknya moda transportasi apa nih yg hemat dipake? Perlu beli JR pass ga?
    Thanks yaahh infonya bro

    Regards

    • Hi Suci,

      Kalau landing di Bandara Kansai ( Osaka ) terus pulang lewat Bandara Haneda ( Tokyo ) berarti engga perlu beli JR Pass ya.

      Di Osaka bisa beli Osaka Subway Pass aja, kalau ada rencana mau main ke Nara dan Kobe bisa di pertimbangkan beli Kansai Thru Pass 2 Days. Di Kyoto bisa pake Bus Kyoto Pass. Di Tokyo bisa consider Tokyo Subway Pass atau JR Tokunai Pass.

      Jangan lupa di beli Pasmo card buat backup kalau pass yang di beli tidak bisa di gunakan pada jalur yang akan di gunakan.

      • Thanks infonya bro..

        Mau nanya lagi dunks
        Kalo dari tokyo mau ke yokohama itu bisa pake pass apa yah? Kalo di searching katanya pake jr wide pass yg tyt mahal bgt 10000 yen, apa itu pake pasmo card aja alias beli sndiri krn ga termasuk subway pass ato jr tokunai?

        Satu lagi, kalo mau ke kawaguchiko lake itu ngabisin waktu seharian ga siii? Trus kalo mao ke fujiko f fujio museum itu pake pass apa? Makasii infonya bro

  • Hai bro frengkey…

    Really2 excited baca perjalanan anda…
    Agustus nanti saya ke jepang pp kix…

    I am waiting for your story in osaka..semangat bro buat apdet trbarunya

    • Hi Bro Bobby,

      Wah pas banget ya ke Jepang nya di bulan Agustus pas lagi puncak panas2 nya tuh di musim summer :sweating:

      Yup di tunggu saja update nya ya, sedang di usahakan kejar tayang bulan ini selesai nulis cerita semua hari #optimis #ngarep :ngakak:

  • Hi Bro Frengky,

    Bulan Juli ini saya dan 2 kawan saya akan berangkat ke Jepang(Tokyo-Osaka-Kyoto) dan adakah ide lain buat ke kota yang dekat dengan Osaka? soalnya kami ada 1 hari yang bolong alias belum ada schedule nya. Thanks

    • Hi Sis,

      Yang dekat dengan Osaka bisa mampir ke Kobe atau Nara ya ( salah satu nya ). Di Kobe yang terkenal ada makan kobe beef premium recommended nya di Steak Land, kalau Nara bisa liat rusa liar berkeliaran di kota nya, tinggal sesuaikan selera saja :)

  • Hii Frank salam kenal,

    Abis baca blog anda sgt berguna dan menarik…Kebetulan bgt nih rencana bulan agustus mau ke jepang.
    Mau liat festival awa odori di tokushima. Jadi ini ittinerary nya dan ane msh bingung bgt masalah transportasinya..

    DAY-1/2/3
    Bandara Kansai/Osaka-Tokushima by BusExpress
    Kebetulan ada temen ditokushima rencana 2 hari disini

    DAY-3
    Tokushima-Osaka by BusExpress
    – Osaka castle, Dotonbori, Shinsaibasi, Instant Ramen Museum

    DAY-4
    Osaka-Kyoto by by Train
    – Fushimi Inari, Arashiyama, Kiyomizudera Temple

    Day-5/6
    Osaka/Kyoto – Tokyo by WillerBus
    – Hachiko, Shibuya, Harajuku, Akihabara
    – Tokyo Tower, Tokyo Skytree
    – Mount Takao

    Day-7
    Pulang

    Butuh saran nh om frenky, Kira2 dari destinasi yg udh ane tulis transportasinya prefer apa ya, pas di Osaka, Kyoto, dan Tokyo (Untuk ditokushima itu udh ditanggung sm tmn) Jadi asumsi ane hrs beli 1-day pass subway Osaka trs 1-day pass subway Kyoto sama 2-day pass Tokyo subway? apa masih perlu pasmo card? Ane mencoba tidak menggunakan JR-PASS karena harganya muahaaal.. Sama destinasinya mungkin ada tambahan soalnya bikin nya msh random abis hahaha

    • Hi Haris,

      Pasmo card tetap beli ya, tapi topup seperlu nya aja, misal di kisaran 2000 Yen, tujuan nya cuma buat backup aja kalau pass yang udah di beli tidak mendukung transportasi yang di pakai, daripada ribet beli tiket satuan ya.

      1. Di Osaka bisa coba pakai Osaka Subway 1 Day Pass ( 800 Yen ) aja beli di mesin langsung di subway station.
      2. Di Kyoto lebih baik beli Kyoto Buss 1 Day Pass ( 500 Yen ), tempat wisata utama di Kyoto hampir bisa di akses semua oleh bus, kecuali Fushimi Inari
      3. Di Tokyo karena cuma 1 hari, boleh beli JR Tokunai 1 Day Pass ( 750 Yen ) http://www.jreast.co.jp/e/pass/tokunai_pass.html

      Untuk tempat wisata karena selera orang beda-beda, jadi pilih sendiri aja di Japan Guide ya :info:

      Nih contoh tempat wisata di Osaka ( http://www.japan-guide.com/e/e2157.html ), untuk Kyoto sama Tokyo bisa cek sendiri ya di Japan Guide juga.

  • Hi Frenk…

    Saya n suami akan jalan ke jepang dr 12/4-23/4- 2016 & ittin sy sbb :

    12/4 berangkat dr JKT-KIX
    13/4 KIX – OSAKA- KOBE (buat makan doank) – OSAKA (Dotonburi jln2 malem)
    14/4 OSAKA- KYOTO (ikut oneday tour)
    15/4 KYOTO jalan2 sendiri…
    – daigoji
    – fushimi inari
    – gion
    – ginkaku ji
    – ninna ji
    16/4 KYOTO- KANAZAWA
    17/4 KANAZAWA- SHIRAKAWAGO – TAKAYAMA (by : nohibus)
    18/4 TAKAYAMA- TATEYAMA KUROBE (by: nohi bus)- TAKAYAMA
    19/4 TAKAYAMA- SHIN HOTAKA (by nohibus) – HAKONE YUMOTO
    20/4 jalan2 seputar HAKONE dengan HAKONE FREE PASS
    21/4 HAKONE- SHINJUKU TOKYO
    22/4 Keliling TOKYO ke taman2 – narita
    23/4 NARITA – kembali ke jakarta

    Pertanyaan :
    1. perlukah sy membeli JR PASS untuk 7 hari?
    2. Untuk keliling tempat wisata di kyoto apa kah bisa pake JR PASS? Ato harus beli kyoto one day pass atooo…KANSAI THRU PASS??
    3. Sewaktu di tokyo apakah JR PASS bisa di gunakan? Ato harus beli kartu *ajaib lain? (Bole kasih tau harus kartu apa utk keliling tokyo)
    4. Frenk bisa bantu sy lebih baik menggunakan kartu2 apa saja selama di jepang?

    Terimakasih ya frenk….

    • Hi Mira,

      1. Tidak perlu beli JR Pass, secara rute tidak efisien, lebih baik beli pass lain secara eceran

      2. Keliling Kyoto cukup pakai Bus One Day Pass ( 500 Yen ) saja, attraction spot utama nya hampir tercover semua oleh bus, kecuali Fushimi Inari bisa memakai kereta subway / JR. Kansai Thru Pass ( 2 atau 3 Days ) boleh di beli jika ada rencana main ke Kobe, Nara, Himeji, Wakayama via Osaka PP, karena jika memakai tiket eceran mahal.

      3. Tokyo bisa menggunakan JR Pass hanya untuk kereta berlambang JR ( Japan Railways ). Kalau seputar Tokyo bisa pilih antara Tokyo Metro Pass ( http://www.tokyometro.jp/en/ticket/value/1day/ ) atau Tokunai Pass ( http://www.jreast.co.jp/e/pass/tokunai_pass.html )

      4. Itu rute dari tanggal 16 – 20 April seperti nya boleh petimbangkan menggunakan pass Takayama Hokuriku Pass valid buat 5 Days – 10.500 Yen ( http://touristpass.jp/en/takayama_hokuriku/ )

      Semoga membantu ya info nya :bye:

  • bang frenk seneng bgt bisa baca blognya namabah pengetahuan dan rencana akan brangkat aprl 2017 dengan rute KL – Tokyo – Osaka – KL, mw tanya : untuk keliling tokyo – shibuya – akibahara – shinjuku bagusnya beli tiket biasa atau apa baiknya? begitu juga dengan rute tokyo – osaka dan apakah pasmo dibutuhkan?

    • Hi Filla,

      Untuk keliling Tokyo bisa pake Tokyo Metro Subway Pass atau Tokunai Pass ya, tergantung itinerary kamu kaya gimana dulu.

      Kalau Tokyo – Osaka bisa naik Shinkansen sekitar 1.5jt rupiah ( One Way ) atau naik Willer Bus sekitaran 700ribu rupiah tergantung fasilitas bus yang dipilih.

      Pasmo di butuhkan banget ya, buat backup kartu kalau pass yang kamu pakai itu tidak support jenis transportasi yang kamu pakai, misal kamu beli pass untuk JR, otomatis Subway kan tidak bisa pakai tuh, nah maka nya pakai Pasmo agar bisa tetap pake subway :siul:

  • Bro saya Juni surabaya-narita PP 7 hari (10 org – ada 4 anak), efektif 5 hari
    Plan saya ke
    – Universal studio, osaka
    – Disney sea, tokyo
    – Mt. fuji, kawaguchi
    – kuil kiyomisu, kyoto
    – ginza + harajuku, tokyo
    – museum anime, ghibli museum mitaka tokyo

    Boleh minta saran, rute urutan itinerary, transportasi menggunakan apa, termasuk kartu pass apa (shinkasen boleh saat ke mt.fuji) dan penginapan murah (prefer hostel boleh). Apa saya harus pindah tempat penginapan setiap perpindahan kota. Jadi 3 tempat tokyo, kyoto, osaka.
    Terima kasih

    • Hi juga Bro,

      Karena cuma 7 hari dan pindah kota Tokyo Osaka dan mau cepat juga, jadi opsi beli JR Pass 7 hari boleh di pake.

      Kalau itinerary bisa mungkin baik nya hari Pertama di Tokyo ya, lalu hari kedua langsung berangkat ke Osaka dengan Shinkansen, trus hari ketiga main ke Kyoto ( Penginapan nya tetap di Osaka saja ), Kyoto Osaka PP sekitar 1jam perjalanan dengan kereta. Hari ke empat dan ketujuh bisa balik lagi ke Tokyo menggunakan Shinkansen.

      Jika sudah ada JR Pass 7 hari ( sekitar 3.3jt rupiah ), engga perlu beli pass lain ya, paling cukup beli pasmo card aja buat backup jika rute nya tidak di dukung oleh JR. Kalau masalah penginapan bisa cari sendiri ya di booking.com atau airbnb.com.

  • Hai kak Frenkey~ Blognya keren banget! Sangat membantu utk yang belum pernah ke Jepang..
    Sekalian nih kak mau minta sarannya :calm:
    April 2017 aku ada trip ke jepang.. tiket udah ditangan.. Penerbangannya Jkt-Osaka-JKt
    Mnrt kak fren, sebaiknya :
    1) aq beli tiket JR Pass atau pass per kota kyk kak frenkey? JR Pass itu utk kereta shinkasen kan?.. jarak tempuh tokyo-osaka brp jam ya?
    2) utk akomodasi, aku nginepnya di osaka saja? atau tengah2 antara osaka dan tokyo?
    3) rute urutan kota yang aku kunjungi seperti apa?

    Makasih kak sebelumnya~ :calm:
    Makasih sudah berkenan jawab :bye:

    • Hi Tya, sorry balas nya delay, lagi malam mingguan :shy:

      Nih Tya mau berapa hari ya total travel ke Jepang nya? Kalau 4-6harian, saran sih mendingan main di Kansai Area aja, kalau ke Tokyo pergi pulang sih habis biaya dan waktu ya soalnya Tya pergi pulang nya dari Bandara Kansai ( Osaka ).

      1. Kalau misal nya tetap mau pergi pulang Tokyo Osaka dalam rentang waktu 7hari, maka beli JR Pass opsi yang bagus, kalau beli tiket satuan shinkansen jalur Tokyo Osaka itu paling murah sekitaran 1.3jt rupiah sekali jalan, jadi kalau pergi pulang Tokyo Osaka udah habis 2.6jt rupiah ya ( setidak nya ya, kemungkinan besar lebih mahal dari 2.6jt ). Jarak tempuh Tokyo Osaka pakai shinkansen tercepat ( tipe Nozomi ) itu paling cepat 2jam 30menit, cek di sini buat detail nya ya http://www.hyperdia.com/

      2. Karena Tokyo Osaka itu jarak nya jauh, jadi engga mungkin PP ya dalam satu hari ya, ini harus nginep di masing2 kota. Kalau Kyoto Osaka itu mungkin untuk PP karena jarak nya dekat.

      3. Dengan asumsi cuma main di Kansai Area, bisa maen ke kota Osaka, Kyoto, Kobe, Nara, Wakayama, Himeji dengan membeli 3 Day Kansai Thru Pass ya. Kalau tetap mau maen ke Tokyo berarti rute nya, Osaka – Tokyo – Kyoto – Osaka saja.

      Kalau mau liat Sakura, di daerah Kansai juga engga kalah cantik Sakura nya dengan di daerah Tokyo dan sekitar nya :star:

      • Makasih replynya~
        CIyeehh habis malmingan :cheer:

        Utk 6 setengah hari kak hehe :keren:

        Wah, daerah kansai banyak juga ya ternyata..

        Sebenarnya sih osaka-kansai udah cukup, cuman klo blm ke tokyo, rasanya nanggung hehhe
        klo misal ambil bus night willer express utk tokyo-osakanya atau tokyo-kyoto, itu kan berarti hemat penginapan 1 malam, trus nanti utk mandinya dimana ya kak? :confused:
        Masih bingung utk itunya :yeah:

        • Jadi nanti habis udah sampai di kota yang di tuju, langsung mampir ke penginapan ( yang udah di booking sebelum nya ) buat numpang mandi sama taruh koper ya, jangan lupa di bayar penginapan nya abis itu hahaha… Di Tokyo setidak nya tinggal 2 malam ya.

          FYI, penginapan di Jepang, jam check nya umum nya jam 3sore, entah kenapa alasan nya…

  • Hi Frenky, sy&dkk first time mw pergi 2weeks ke jepang april-mei 2017. Bs ksh usulan gak itinerary nya kek gimana plus transportasi yg terhemat,cepet krn yg pergi ibu2 udh over 45th nih hehehhe.Kt mw liat tokyo disneyland,disneysea,Universal Studio, Mt.Fuji, shopping premium outlet, sedangkan tempat2 yg bgs lainnya pls kasih tau dong.mendarat di Haneda dan balik dr Osaka. Tks y.

  • Halo bro, awal november nanti,saya rencana 9hari dari jkt-tokyo-jkt.. Dan rencana mau mampir ke kyoto dan osaka, enaknya rutenya gimana ya? N mnurut bro perlu gk beli JR pass? Karna saya msih bingung bgt utk transportasi disana. Makasi sebelumnya

    • Hi Cherish!

      Kalau pulang pergi dari Tokyo dan mau mampir ke Kyoto dan Osaka lalu mau irit waktu perjalanan maka membeli JR Pass 7 days, boleh di jadikan best option.

      Rute yang dipakai adalah Tokyo – ( Via Hikari / Kodama Shinkansen ) – Kyoto – ( Via JR Limited Express ) – Osaka – ( Via Hikari / Kodama Shinkansen ) – Tokyo. Karena JR Pass cuma berlaku 7 hari sejak pengaktifan maka lebih baik jadwal nya dibuat hari 1-2 Tokyo, hari 3-4 Kyoto, hari 5-6 Osaka, hari 7-9 Tokyo, inti nya selama rentang 7 hari harus menggunakan Shinkansen 2x untuk pergi pulang Tokyo – Kyoto / Osaka.

      Alternatif kalau engga mau beli JR Pass, pulang pergi menggunakan Night Willer Bus PP Tokyo – Osaka sekitar 1.5 juta rupiah, keuntungan nya hemat biaya penginapan 2 malam, kerugian nya tetap capek fisik ya walaupun sebenar nya seat willer bus itu nyaman banget, untuk transportasi lokal menggunakan pass-pass satuan lain nya tergantung itinerary nya bagaimana :peace:

  • hallo Frenkey, thank you buat infonya yah. boleh ga minta recommend hotel atau apartemen yg bisa nampung 3 dewasa dan 2 anak ( 6 dan 8 tahun) untuk daerah tokyo, kyoto dan osaka. yg budjet oke dan deket dgn stasiun atau bus stop hehehe…

  • Frenkey saya Lina ada rencana mau ke Jepang tgl 3 smp 12 Juli, tgl 4 s/d 7 Juli di Osaka dan tgl 7 s/d 8 Juli di Kyoto, tgl 8 s/d 12 Jul di Tokyo, apakah saya perlu beli JR Pass di Indonesia. Lalu kita naik Shinkansen bgm cara nya dr bandara Haneda. Thanks

    • Hi Lina,

      Kalau rute nya seperti yang disebutkan tidak perlu memakai JR Pass, karena tidak efisien penggunaan nya ( pindah kota nya terlalu sedikit ). Lebih baik menggunakan pass lain nya, di Osaka bisa menggunakan Subway Pass atau Osaka Amazing Pass, Kyoto menggunakan Kyoto Bus Pass dan Tokyo menggunakan Subway Pass atau JR Wide Pass, semua beli di kota masing-masing.

      Untuk shinkansen bisa gunakan Shinkansen Nozomi naik dari Kyoto Station turun di Tokyo Station, detail harga dan jadwal nya coba cek di http://www.hyperdia.com/ ya

  • Halo kak, saya pembaca setia blog kakak lho heheh, demen banget sm postingan kakak yg selalu bermanfaat. Semoga di masa mendatang bisa travelling dan berbagi ilmu dan inspirasi macam kakak.
    Btw, foto-foto di blog kakak ini pake kamera apa ya kak kalau saya boleh tau? Kok jernih dan bagus banget.

    Terima kasih.

    Sukses selalu dan selalu menginspirasi.

    • Hallo juga Kinan,

      Terima kasih loh udah jadi pembaca setia, terharu gw ternyata tulisan acak-acakan gini masih ada pembaca nya hahaha :yeah:

      Foto nya macam-macam ya sumber nya, tapi mostly sih Canon D600 sama software editing ya biar gambar nya jernih dan cakep :star:

      Jangan ragu buat blog juga ya Kinan, because Sharing is Caring haha, cheers….

  • walaaah .. baru seminguan kemaren saya baca blog mas tentang korea. eeeeh ternyata pas ngubek2 blog nya lebih dalam mas lagii ngupdate ke Jepang rupanya.. jadii bimbang taun ini mau milih korea atau jepang jadinya :suram:

    anyway, mas suka jalan2 gtu yaa? anyway , next trip boleh ikutkah ? saya sukaa banget ngebolang tapi selalu bentrok ama nyari temen jalan :lonely:

    • Iya mba yang Jepang sedang on progress update nya, progress nya lambat karena cerita per hari nya cukup panjang juga :keren:

      Suka jalan-jalan dong mba pastinya, tapi setahun cuma sekali aja sih keluar negri biasa nya dan lebih suka coba ke tempat baru ya. Ya kalau tempat yang di tuju satu destinasi dan selera nya sama, join aja, saya juga agak susah sih masalah nyari teman jalan :wait:

  • Hi, aku rencana mau ke Osaka dan Tokyo bulan Nov’16.
    Boleh share info untuk :
    – Dari Osaka ke Tokyo, itu naik apa yg cepat dan brapa biayanya?
    – Selama di osaka or tokyo, kalau mau jln2 di kotanya itu enak naik train or bus dengan traveling bawa anak kecil dengan pakai stroller.

    Thank you ya sebelumnya…

    • Hi Lie,

      1. Dari Osaka ke Tokyo, Paling Cepat pakai Shinkansen kelas “Nozomi” ya, lama perjalanan 2 jam 33 menit. Harga nya kira-kira 8.750 Yen ( sekitar Rp 962.500 ) buat Non-Reserved Seat, kalau yang Reserved Seat sekitar 15.000 Yen.

      Nanti berangkat nya dari Stasiun Shin-Osaka, cek detail tarif dan jadwal di web ini saja ya http://www.hyperdia.com/

      2. Saya selama di Osaka dan Tokyo, tidak memakai transportasi bus sama sekali, benar-benar full subway ( karena saya pakai subway pass harian ) dan jalan kaki aja kalau mau ke tempat wisata.

      Sepengamatan saya sih stasiun subway di Tokyo dan Osaka bersahabat ya buat stroller gitu, ada eskalator sama ada lift tiap stasiun nya :info:

  • Hi Frenky, kl ke jepang, rute jkt – tokyo (hnd) – kyoto – osaka (kix) – jkt or sebaliknya jkt – osaka (kix) – kyoto – tokyo (hnd) yah? Thanks advisenya.

    • Hi Lia,

      Kalau menurut saya lebih baik rute rute jkt – tokyo (hnd) – kyoto – osaka (kix) – jkt ya :info:

      Nanti dari Tokyo ke Kyoto nya bisa pake WIller Bus atau Shinkansen. Kyoto ke Osaka pake kereta Limited Express aja.

  • Bro..kalo rute dr osaka,kyoto,mt fuji trus tokyo transport pake apa ya biar hemat..pgn nyobain shinkansen jg..enaknya dr mana kemana ya..tq bro

    • Osaka ke Kyoto naik Limited Express Train aja.

      Kyoto ke Tokyo naik Willer Bus.

      Untuk explore MT Fuji, Tokyo dan sekitar nya kalau mau murah beli 3 Day Pass Tokyo Subway, terus ke MT Fuji beli tiket bus aja langsung dari Shinjuku Station. Opsi lain mungkin bisa coba pake JR Tokyo Wide Pass ( https://www.jreast.co.jp/e/tokyowidepass/ )

      Kalau nyobain shinkansen tercepat ( Nozomi ) sih paling asik dari Osaka / Kyoto ke Tokyo, cek tarif nya bisa di lihat di Hyperdia ( http://www.hyperdia.com/ )

  • Mas Frenky sy mau ke jepang juni nti bertiga. Sy bingung knp mas Frenky sdh pakai kansai thru pass kok msh pakai kyoto bus pass dan osaka subway. Pdhl kansai thru pass kan sdh mengcover smua transport baik train or bus di seputar kansai area. Terus beli tiket bus ke lake kawaguchiko n mount fuji di station tokyo atau di di indonesia lwt online? Takut gak dpt seat klo beli mendadak. Apa jmh busnya bnyk ?mesti kebagian seat gak ya mas ? Thank u sblmnya

    • Hi Mas Koeswandi,

      Tentang pertanyaan Kansai Thru Pass nya, alasan nya karena penggunaan Kansai Thru Pass itu benar-benar baru efektif kalau penggunaan jarak jauh ( masih di sekitaran Kansai Area ). Berdasarkan pengalaman pribadi, karena saya beli nya 3 Days Kansai Thru Pass, maka saya menggunakan nya hanya ketika mau wisata One Day Trip ke Nara, Kobe ( 1 hari ), Himeji ( 1 hari ) dan ke Airport Kansai ( 1 hari ) dengan central base nya di Osaka ( maksud nya saya book penginapan di Osaka ).

      Penggunaan Kansai Thru Pass sendiri itu BOLEH TIDAK BERURUTAN hari nya, jadi bisa lompat-lompat hari nya. FYI, Osaka ke Nara / Kobe, Osaka ke Himeji atau Osaka ke Airport Kansai itu biaya PP nya bisa di atas 2.000 Yen, jadi rugi kalau beli tiket ketengan! Lain cerita kalau cuma mas cuma berencana muter-muter di kota Kyoto atau kota Osaka, rugi beli Kansai Thru Pass walaupun bisa mengcover semua transportasi ( Bus, Subway, JR ) di Kansai Area ya. Kalau hanya mau muter-muter kota Osaka, bisa pertimbangkan menggunakan Osaka Amazing Pass.

      Untuk masalah tiket bus ke Kawaguchiko, saya engga ada info kalau misal bisa beli online via Indonesia, tapi yang pasti seharus nya dapat ya seat nya asal beli tiket nya spare waktu setidak nya 1jam sebelum keberangkatan. Oleh karena itu cek timeschedule dulu di website bus Fujikyu ya, tentukan jam keberangkatan, lalu datang ke loket nya untuk beli tiket setidak nya 1-2jam sebelum keberangkatan.

  • Hallo bro,

    mau nanya gw masi bingung nanti di jepang menggunakan tranportasi nya JR pass atau tidak soalnya byk yg bilang lbi irit karna gw rute nya tokyo osaka kyoto.gimana ya bagus nya menurut lo.tks

    • Hello Sis,

      Rute nya Tokyo => Osaka => Kyoto terus balik ke Indonesia nya dari bandara Tokyo lagi atau Osaka atau bandara mana?

      Kalau balik lagi ke Tokyo, lebih recommended beli JR Pass ya tapi perlu di ingat waktu JR Pass itu paling murah sekitar 3jt an cuma berlaku 7hari jadi sis metha perlu pertimbangkan lama pergi ke Jepang nya juga.

      Kalau engga balik ke Tokyo lagi sih, lebih baik engga usah beli JR Pass, mending beli Pass lain nya ketengan ya.

    • Hi Bro / Sis Dorris,

      Engga beli JR Pass di karenakan rute yang di pakai saya tidak terlalu menguntungkan jika memakai JR Pass 7hari yang harga nya mencapai 3.2 juta rupiah ( Sumber : http://his-travel.co.id/jrpass )

      JR Pass ini berguna kalau rute bro / sis banyak pindah kota dalam rentang waktu 7hari misal dari Tokyo ke Kyoto ke Osaka ke Hiroshima jadi penggunaan nya benar-benar maksimal, kalau beli tiket ketengan pindah kota begitu mahal soalnya. Cek disini untuk tarif pindah antar kota ( http://www.hyperdia.com/ )

      Untuk pembelian pass ini pertama harus tentukan rute-rute tujuan pergi nya dulu dari situ baru tentukan pass mana yang cocok untuk memenuhi tujuan tersebut, jika sedikit pindah kota, lebih baik beli pass ‘ketengan’ tiap kota / area seperti punya saya, lebih efisien biaya nya

  • garagara postingan ini jadi mikir sepertinya harus sewa pocket wifi awalnya cuma mau ngandalin wifi doang haha :shy:
    makasih banget bang!
    btw rencana bulan desember nih ke jepang. ada yang mau join hehehe :senang:
    yuk mari octaviaagustine@gmail.com :shy:

    • Hi Neng Via, benar tuh jangan ngandelin Free Wifi di Jepang, jadi mempersulit jalan-jalan nya nanti :evilsmirk:

      Semoga cepat dapat teman jalan-jalan ke Jepang nya ya :bye:

  • Keren bgt pengalaman Lu bang, hehe
    Btw kalo gwa tanya lu lebih prefer mana antara jepang atau korea buat di kunjungin dengan setelan backpacker?

    • Thank you bang! hehe…

      Gw prefer Jepang sih bang, terlalu banyak kota yang mau di explore dan tiap kota ada keunikan masing-masing.

      Korea juga asyik sih bang kalau buat pertama kali datang, tapi gw engga ada rencana untuk balik lagi, beda sama Jepang.

      Eh tapi gw jalan-jalan nya pakai ala Flashpacker ya bukan backpacker :ngakak:

    • Yang di maksud mau registrasi Visa Waiver ( 15 Hari ) dengan E-Passport kah? jika iya, jawaban nya bisa menggunakan KTP Manado dan apply di kedutaan Jepang di Jakarta.

    • Hi Bro Ryan,

      Yup benar ngurus visa nya harus di Kantor Konsuler Jepang di Makassar, patokan nya berdasarkan domisili di KTP.

    • Iya sis, sedang on progress liat mood nulis dulu haha..

      Engga usah pengen, langsung eksekusi aja kalau ke Jepang mah,,, negara yang sangat bagus untuk di jadikan tempat berwisata! :senang:

    • Engga ada acara main ke Theme Park sama sekali. Tadi niat nya mau ke Disney Sea, FujiQ Highland, US Japan cuma cuaca sama teman nya kurang mendukung keadaan nya, jadi lebih ke sight seeing aja deh :crying:

      Jadi ada alasan datang ke Jepang lagi buat nyobain theme park nya :ngakak:

Leave a Reply