JepangTravel ( Outside Indonesia )

Cara, Syarat dan Pengalaman Mengurus Visa Jepang ( Updated 2023 )

Visa Jepang

Pengalaman membuat Visa Jepang ini merupakan pengalaman kedua gue dalam mengurus Visa di kedutaan langsung setelah Visa Korea Selatan ( Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan ) dan proses pembuatan Visa Jepang ini pun cukup mudah dan tidak susah, hanya butuh sedikit usaha saja :star:

Pada post ini, gue akan coba sharing cara membuat Visa Jepang dengan Passport Biasa ( Bukan E-Passport ) berdasarkan pengalaman pribadi untuk trip ke Jepang selama 10 hari :senang:

* * * * *

Catatan Perjalanan Selama di Jepang 10 Hari 6 Kota ( Klik Gambar di Bawah )

Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota
Pengalaman Jalan-Jalan ke Jepang 10 hari 6 Kota

* * * * *

A. Waktu dan Tempat Pendaftaran dan Pengambilan Visa Jepang

  • Japan Visa Application Center di Kuningan City lantai 2 hanya menerima permohonan visa yang KTP nya Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung
  • Permohonan Visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing, acuan nya berdasarkan domisili yang tertera di KTP. Sebagai contoh misal tempat tinggal sementara di Jakarta karena untuk mencari nafkah, tetapi alamat pada KTP domisili nya di Jawa Timur, maka pengajuan Visa harus di lakukan di kantor konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, tidak bisa di JVAC di Jakarta.
  • Untuk melihat wilayah pembagian kantor konsulat Jepang di Indonesia sesuai wilayah di KTP dapat di cek : Wilayah Yurisdiksi Kantor Konsulat Jepang

JVACKonsular Jepang
Jam 09.00 – 17.00Pengajuan Permohonan Visa : 08.15 ~ 11.30
Pengambilan Passpor : 13.15 ~ 15.30
  • Hari Kerja :  Senin – Jumat ( kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan ).
  • Tanggal libur kedutaan bisa di cek pada link berikut : Hari Libur Kedutaan Jepang di Indonesia
  • Proses pembuatan visa : Minimal 4 (empat) hari kerja

B. Biaya Pembuatan Visa Jepang ( Per November-2022 )

  • Visa Single Entry : Rp 400.000
  • Visa Multiple Entry : Rp 800.000
  • Visa Transit : Rp 90.000
  • Tambahan Biaya VFS Global ( Jika Apply Visa di JVAC ) : Rp 182.000

C. Persyaratan Visa Jepang Turis ( Single Entry )

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa dan pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram) – Download Formulir Visa – QR Code (PDF)]
  • Foto kopi KTP
  • Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  • Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang) – Download PDF Jadwal Perjalanan
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir. (Bila pemohon lebih dari satu)
  • Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).
  • Semua dokumen harus di serahkan menggunakan kertas A4 ( tidak boleh menggunakan ukuran kertas lain )

* * * * *

Berikut detail penjelasan dokumen yang gue siapkan dulu ketika apply Visa Jepang :

  • Paspor
  • Formulir permohonan visa. [download (PDF)] Untuk cara pengisian nya dapat mengacu pada gambar di bawah dan setiap pertanyaan yang tidak ada jawaban nya ditulis dengan “NONE”
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
Pengisian Formulir Visa Jepang. Klik untuk Perbesar
  • Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 3,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram). Background yang di gunakan warna putih.
  • Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  • Surat Keterangan Bekerja. Surat Keterangan Kerja harus dalam Bahasa Inggris, mempunyai kop surat perusahaan pada header dan cap perusahaan. Karena status gue adalah karyawan swasta, maka surat ini tinggal minta ke HRD
  • Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang). Lampirkan E-Ticket yang anda punya.
  • Jadwal Perjalanan [ download (PDF)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang). Berikut contoh Itinerary yang gue lampirkan saat itu
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
Contoh Itinerary Visa Jepang, Klik untuk Perbesar
  • Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu). Di sini gue melampirkan Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir. Lampirkan fotokopi buku tabungan halaman depan yang berisi identitas dan mutasi rekening 3 bulan terakhir, kalau mau lebih lengkap lampirkan Surat Referensi Asli dari Bank.
  • Bukti pemesanan penginapan. Bisa melampirkan print out dari BOOKING[dot]COM sebagai bukti telah menyewa penginapan.

* * * * *

UPDATE NEWS DARI KEDUTAAN TERKAIT VISA JEPANG

15 Oktober 2020 - Klik Untuk Melihat Berita

Mulai tanggal 19 Oktober 2020, pelayanan aplikasi visa Jepang akan dilakukan kembali di Japan Visa Application Center (JVAC) di Kuningan, Jakarta.

1. Sehubungan dengan dibukanya kembali JVAC, layanan aplikasi visa akan dilaksanakan dengan prosedur seperti di bawah ini. Mohon diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan mengenai dokumen aplikasi visa dan lokasi pengajuan aplikasinya.

Aplikasi visa : Diajukan di JVAC (dengan sistem reservasi). Pada prinsipnya Kedutaan Besar Jepang di Indonesia tidak melayani aplikasi visa.

2. Untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19, pengajuan aplikasi visa di JVAC dilakukan dengan sistem reservasi. Mohon akses URL berikut untuk melakukan reservasi.

Situs untuk reservasi di JVAC: https://visa.vfsglobal.com/idn/id/jpn/book-an-appointment

3. Konsultasi mengenai visa atau reservasi melalui telepon dapat dilakukan dengan menghubungi alamat e-mail atau nomor telepon berikut.

Japan Visa Application Center (JVAC), Kuningan City 2nd floor Unit L2-09, Jakarta

01 Desember 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Terdapat update dari kedutaan Jepang terkait Visa Waiver ( Bebas Visa Jepang dengan E-Passport ), selengkap nya dapat di baca pengumuman nya di link berikut http://www.id.emb-japan.go.jp/info17_08_visawaiver.html

01 September 2017 - Klik Untuk Melihat Berita

Japan Visa Application Centre di Lantai 4 - Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan
Japan Visa Application Centre di Lantai 4 – Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan

Sesuai dengan berita di website kedutaan Jepang ( http://www.id.emb-japan.go.jp/news17_15.html ) maka per tanggal 15 September 2017 semua proses pengajuan Visa Jepang ( Visa Sticker ) untuk wilayah Yurisdiksi ( Wilayah Kerja )


Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung


akan di lakukan melalui “Japan Visa Application Centre” yang beralamat di Lotte Shopping Avenue 4F, Unit No.33 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta Selatan

Catatan :

1. Biaya Logistik* yang akan dikenakan untuk Aplikasi Visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa E-Paspor di JVAC per paspor sebagai berikut :

  • Aplikasi Visa Rp 155.000
  • Registrasi Bebas Visa Rp 115.000
  • Setiap aplikan akan diminta untuk membayar biaya visa ditambah dengan biaya logistik ini.
  • Jadi biaya aplikasi Visa Jepang Single Entry per 15 September 2017 adalah 370 ribu + 155 ribu = 525 ribu

2. Pada dasarnya, mulai 15 September 2017 Kedutaan Besar Jepang tidak menerima lagi aplikasi pengajuan visa kecuali untuk pengajuan aplikasi visa sebagai berikut :

  • Registrasi Bebas Visa E-Paspor ( Boleh diajukan di Kedubes Jepang atau JVAC )
  • Visa Diplomatik dan Visa Dinas (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru (Hanya di Kedubes Jepang)
  • Penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

3. Info selengkap nya, bisa di baca di link berikut ( http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/ )

Pengalaman Membuat Visa Jepang di Tahun 2015

Visa Jepang
Visa Jepang

Karena gue gagal mendapatkan E-Passport pada saat mencoba perpanjang Paspor di Maret 2015 lalu ( Perpanjang Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat ), akhir nya gue pun mengurus Visa Jepang dengan menggunakan Paspor Biasa 48 halaman dan menyiapkan syarat-syarat yang wajib di siapkan oleh Kedutaan Jepang.

Persyaratan mengurus Visa Jepang dapat di lihat langsung pada Website Kedutaan Jepang

Kemudian karena tujuan gue datang ke Jepang sebagai Turis yang ingin berwisata maka pilihan yang di gunakan adalah point nomor 4. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri

* * * * *

Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta
Lokasi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta

Karena semua dokumen untuk syarat Visa Jepang sudah siap dan domisili KTP gue di Jakarta, maka pada tanggal 12-Mei-2015 gue pun berangkat ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta yang beralamat di jalan M.H. Thamrin No. 24 lokasi nya persis sebelah Plaza Indonesia. Karena di Kedutaan Jepang tidak ada parkir mobil / motor untuk tamu, jadi gue pun parkir kendaraan di Plaza Indonesia, untuk motor bisa parkir di sekitaran Jalan Kebon Kacang. Jangan lupa sebelum datang ke Kedutaan Jepang, cek dulu apakah hari itu ada libur khusus Kedutaan karena ada event tertentu.

Pukul 10.00 gue sampai di depan Kedutaan Besar Jepang, pas masuk gerbang tuker identitas diri terlebih dulu di pos security. Lalu masuk ke ruang utama, ambil nomor antrian pada sebuah mesin. Di sini mesin antri nya ada 2, yang 1 untuk nomor antrian Visa Jepang umum dan yang 1 nomor antrian untuk Daftar Bebas Visa Jepang dengan E-Passport.

Begitu nomor antrian di panggil, gue pun menyerahkan dokumen yang telah di siapkan dan berurutan dari nomor 2-8. Dan tanpa di tanya apapun tentang kelengkapan dokumen, kemudian petugas menyerahkan selembar kertas bukti penyerahan dokumen untuk di isi nama, nomor passport dan nomor kontak yang dapat di hubungi. Dan akhir nya di berikan penjelasan Paspor dapat di ambil kembali pada tanggal 18-Mei-2015 ( 4 hari kerja ).

Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang
Bukti Penyerahan Dokumen untuk Visa Jepang

Pada tanggal 18-Mei-2015, dengan bantuan teman trip yang akan pergi ke Jepang bersama nanti, gue pun meminta tolong dia untuk di ambilkan Paspor kepunyaan gue karena faktor jam pengambilan dan tempat kerja gue yang cukup jauh dari lokasi Kedutaan Jepang.

Tanpa surat kuasa, hanya bermodalkan kertas yang di serahkan petugas Kedutaan Jepang, akhir nya Paspor gue sukses di ambil oleh teman trip gue dan di dalam nya sudah tertempel sticker Visa Jepang untuk ijin tinggal 15 hari dan masa berlaku 90 hari :cheer:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Visa Jepang

Q : Apakah wajib melampirkan bukti pemesanan penginapan untuk apply Visa Jepang ?

A : Sebenar nya tidak ada keharusan dari persyaratan yang terlampir, tapi untuk lebih menyakinkan kedutaan Jepang terutama untuk bagian dokumen perjalanan, jadi sangat di sarankan melampirkan bukti booking penginapan, bisa di pakai dari situs BOOKING[dot]COM atau AGODA memakai banner di bawah :

Booking.com

Booking.com

AGODA


Q : Pembuatan dan Pengambilan Visa Jepang dapat di wakilkan ?

A :  Pada prinsipnya pengajuan permohonan visa dilakukan oleh Pemohon langsung di loket visa. Namun, pengajuan permohonan visa oleh grup atau perusahaan seperti tercantum di bawah ini bisa diwakilkan (oleh staf dari kantor tempat pemohon bekerja dan/atau keluarga):

  • Anak berusia di bawah 16 tahun, orang berusia lebih dari 60 tahun atau orang dengan keterbelakangan fisik,
  • Pemohon dengan paspor diplomat atau dinas dengan tujuan kunjungan dinas,
  • Pemohon yang mengajukan permohonan visa melalui biro perjalanan yang sudah disetujui oleh kantor Konsulat Jenderal Jepang.

Staf dari kantor pemohon bekerja dan/atau keluarga harus melampirkan :

  • Surat tugas dari kantor dan foto copy KTP messenger; atau
  • Foto copy bukti hubungan keluarga

Q : Kapan waktu yang tepat membuat Visa Jepang untuk visa turis ?

A : Karena kebijakan dari kedutaan untuk Single Visa ( Turis ) diberikan waktu hingga 90 hari sejak Visa jadi, maka pembuatan visa paling lama ( disarankan ) 1 bulan sebelum keberangkatan karena sedang high season dan persyaratan tidak lengkap, biasa nya pengurusan dari kedutaan akan memakan waktu lebih lama dari biasa nya, sedangkan waktu submit Visa paling cepat ( disarankan ) 2 bulan sebelum keberangkatan.

Q : Belum pernah ke luar negri sama sekali nih jadi passport nya masih kosong sama cap, bisa tembus ga ya visa turis nya ?

A : Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika apply Visa Jepang ini, paspor gue benar-benar masih baru banget tanpa ada history travelling sama sekali, maka masalah paspor kosong ini tidak perlu di khawatirkan, yang penting dokumen lengkap!

Q : Saldo di tabungan bank bikin galau nih, kebetulan lagi banyak pengeluaran akhir-akhir ini, gimana tuh ?

A : Baik nya saldo di tabungan bank di jaga dulu selama 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa, menurut gue aman nya itu pakai rumus harian Rp 1.500.000 x ( Lama Tinggal ) = Saldo Tabungan yang mengendap

Q : Apa keuntungan apply Visa Jepang Biasa di bandingkan Visa Waiver Jepang dengan E-Passport?

A : Buat anda yang mau tinggal di Jepang lebih dari 15 hari, maka di haruskan masuk menggunakan Visa Jepang Biasa karena Visa Waiver Jepang durasi tinggal maksimal 15 hari per kedatangan. Selain itu Visa Jepang Biasa yang masih berlaku dapat di gunakan untuk masuk ke Taiwan tanpa perlu mendaftar Visa Taiwan ( hanya cukup registrasi online saja ) :info:

Q : Kalau kerja sebagai seller online shop / wiraswasta , gimana tuh Surat Keterangan Kerja buat syarat Visa Jepang nya ?

A : Bisa di contoh pembuatan nya seperti gambar di bawah! Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa
Contoh Surat Keterangan Kerja Wiraswasta atau Online Shop untuk Visa

Q : Kalau orang tua / kakak kandung jadi penjamin biaya untuk pembuatan Visa Jepang ini, gimana tuh ?

A : Bisa di contoh pembuatan surat keterangan jaminan nya seperti gambar di bawah, pada contoh surat ini John Cena berperan sebagai penjamin ibu dan adik nya yang akan melakukan trip ke Jepang. Sebagai bukti keuangan dan penjamin trip ini, John Cena melampirkan mutasi rekening 3 bulan terakhir nya.

Note : Jangan minta di kirimkan softcopy nya, jiplak aja manual kira-kira model nya seperti di gambar.

Buat Visa Jepang - Surat Jaminan Keluarga
Buat Visa Jepang – Surat Jaminan Keluarga

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam membuat Visa Jepang, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

835 Comments

  • Mas Frenky, Makasih artikelnya lengap bener. Mas kalau mahasiswa S1 gratis pembuatan visa.. kalau Mahasiswa S2 gratis juga tidak mas. TQ

  • Hi kak, sekarang saya lagi off-kerja dan masih status mencari kerjs, tapi pengen trip wisata ke jepang bareng kakak april 18, dr segi tabungan saya mencukupi, apakah tetap perlu surat jaminan dr kakak atau cukup melampirkan tabungan/deposito saya? ( krn expenses akan saya tanggung sendiri) dan pls advise utk isi lembar kerjaan yg saya tulis -none atau self employed?

  • Hi mas.. mau tanya kalau nama di passpor sama ktp berbeda bisa apply visa gak yah? Nama di passpor cuma 2 kata seperti di akta lahir tp nama di ktp, kk sama tabungan 3 kata pakai nama orangtua.. apakah perlu penambahan nama pada passpor? Saya rencana beli tiket akhir des untuk bulan april. lalu ktp saya di cirebon tapi domisili jakarta karena bekerja, saya bisa apply visa dimana?
    Mohon infonya, thanks

  • Permisi, mohon tanya bentar apakah benar untuk Mahasiswa S1 sedang aktif akan tidak kena biaya visa?
    Soalnya rencana angkatan saya mau kunjungin ke beberapa kota di jepan.
    Terima kasih banyak.

  • Selamat sore, mau ty kl pengajuan visa dgn epaspor perlu melampirkan foto ga? Skalian sy ty disini ya soal itenerary saya rencananya tgl 28 maret-4 april 2018 jkt narita narita jkt mending kemana dulu (rute yg mau dikunjungi tokyo-disney-fuji-osaka-kyoto-nara)perlu bl JR pass ga… Sy tunggu balasannya. Terima kasih sblmnya

  • Halo mas makasih banyak infonya.
    Mau tanya kalo misalkan pas daftar visa saya pakai bukti booking pesawat ANA. Tapi karna ada keperluan mendadak jadi saya mundur keberangkatannya dan pakai pesawat yang beda Japan Airline. Itu kira-kira aman gak ya mas? Atau gak bisa? Makasih banyak mas

  • Nice info.
    Numpang nanya mas. Bisa ngak ya ngurus visa jepang dari amerika? Bre, aku masih wni.
    Kl pulang indonesia, pengin mampir ke jepang. Cuma liburan kan dapet 3 minggu aja. Jadi ngak bakalan bisa ngurus visa jepang 1 bulan sebelumnya?
    Ada yang tahu?

  • Mau tanya. Bro. Kalau saya mau ke jepang. mengurus visa nya bersama istri dan anak apa mengisi formulir juga

  • Mas mau tanya, kalo mau apply visa tp alamat KTP berbeda sama alamat di paspor apakah harus diurus dulu perubahan alamat di paspor ? Bagaimana prosedurnya? Terima kasih sebelumnya.

  • Salam kenal mas Frenky,

    Mau tanya tentang pengisian nama depan, tengah, dan belakang. Pertanyaan:
    1. Apakah wajib untuk mengisi nama dengan 3 kata?
    Karena passport yang saya punya hanya 1 kata saja (tidak ada tambahan nama bapak/kakek) dan pengisian surname bagaimana jika tidak ada?

    2. Apakah itu akan menjadi permasalahan ketika dalam proses pengecekan visa nya?

    3. Dan juga bagaimana dalam pengisian nama ketika booking tiket pesawat yang harus menggunakan first/middle & last name?

    Mohon infonya ya

    Thanks

    • Sorry, kaya nya udah telat ya balas nya.

      1. Kalau cuma punya nama 1 kata seperti saya, cukup isi GIVEN NAME nya aja

      2. Saya bukti nya engga ada masalah sama sekali tuh

      3. Kalau booking tiket pesawat, first dan last name nya di tulis dengan nama yang sama.

  • Ka mau tanya.
    Sesampai di negara jepang.
    Pertanyaan apa saja yg dilontarkan petugas imigrasinya?
    Terima kasih

  • Hi mas Frenky salam kenal , bulan depan saya harus nemanin istri ke Osaka, ada tugas syarat dr kampusnya.

    Pertanyaan saya:
    Dulu tahun 2015 saya awal buat paspor untuk umroh dengan ortu, nama asli saya sesuai ktp hanya 1 suku kata. Saran dr kanim harus 3 suku kata, jadilah nama tengah dan belakang saya di ambil dari nama ayah kandung, acuan dr akta lahir.

    Akan jadi bermasalah kah di pembuatan visa jepang nantinya?

    Trims atas jawabannya

  • Halo Mas Frenky

    Mas, mau tanya dong kan nanti rencana ada mau jalan
    Kalau misalkan kita usaha tapi tidak ada SIUP atau NPWP bagaimana mas?
    Usaha kita restaurant, apakah kita berperan sebagai owner atau yang bekerja disana saja ya mas?

    Thank you

  • Saya ingin ke jepang bulan januari 2018. Lagi bimbang antara ingin apply visa waiver atau visa wisata biasa, paspor saya saat ini masih yg biasa, rencana sih mau ganti ke epaspor tapi karena baca2 di blog banyak wni yang ditolak visa waivernya saat di imigrasi jepang, tanpa alasan yg jelas.

    Nah pertanyaannya apakah bila pakai visa wisata biasa apakah jaminan pasti bisa lolos pas di imigrasi jepangnya? (dengan catatan dokumen lengkap semua) Trus syarat pengajuan visa wisata biasa apakah wajib menyertakan surat bekerja dari perusahaan? Apabila tidak apa bakal jadi masalah saat penyerahan berkas?

    Mohon infonya, tks.

    • Kalau udah ada epassport ya mending pakai visa waiver aja, terus printout kelengkapan yang di perlukan seperti bukti penginapan, tiket pulang dari Jepang, uang yen dsb nya.

      Syarat pengajuan visa sticker Jepang kalau bagi yg pekerja kantoran, lebih baik lampirkan ya surat keterangan kerja nya.

  • Halo bro, sangat informatif bgt tulisannya. Mau tanya nih, kalau PNS pemerintahan ada syarat gak pejabat eselon berapa ya yang harus tanda tangan?

      • Kemarin sempet tanya ke temen2 PNS yg pernah apply visa ternyata tetap diperlukan semacam surat keterangan. Skrg saya masih proses permohonan pembuatan visa. Doakan lolos ya. Terimakasih.

  • Bro baru bulan kemarin saya dari jepang dan rencana ingin kembali lagi di bulan depan tapi saya ingin stay 1 bulan di jepang, bagaimana cara ijin tinggal lebih lama? Saya kemarin ini pergi ke jepang menggunakan visa viewer (15 hari). Thanks bro atas info nya…

    • harus apply visa sticker Jepang yang biasa, lalu tulis di formulir nya stay 30 hari di buktikan dengan tiket PP pesawat dan dokumen lain2 nya sesuai yg tertulis di post ini ya.

  • halo mas frenkey mau tanya, saya besok desember ini mau ke jepang dan mau mengajukan visa menggunakan pasport baru kosong bersih karena habis diperpanjang. rencananya saya mau melampirkan pasport lama saya, tetapi ttd di pasport lama berbeda dg ktp serta pasport baru saya. saya mengajukan visa lewat travel agent dan dari pihak travel agentnya sendiri bilang gak masalah kalo pasport lama gak dilampirin. tapi saya ada temen visanya ditolak maret kemarin karena pasportnya masih bersih kosong. saya dilema jadinya :’) kalo menurut mas gimana? maaf panjang, terimakasih!

    • Paspor saya juga kosong waktu apply, lancar jaya aja sih, yg penting mah dokumen ny lengkap. Ya kalau mau lampirkan paspor lama juga gpp sih, paling di tempel gitu, walau sebenar nya ga perlu juga.

  • mau tanya kalo GUARANTOR OR REFERENCE IN JAPAN perlu diisi apa yah kalo misal emang gak ada yang menjamin di japan?
    sama INVITER IN JAPAN juga gak ada, harus diisi apa?
    apa boleh di kosongkan saja?

  • Hi Kak, mau tanya masa berlaku passpor buat visa minimal brp ya? Saya berangkat 16 Januari masa berlaku passpor saya 25 Juni apakah bisa? Terima kasih

    • masa berlaku paspor 6 bulan terhitung dari tanggal keberangkatan, lebih baik di perpanjang dulu paspor nya ya sebelum buat Visa nya.

      • Terima kasih kak, saya mau tanya lagi kak. Saya sudah booking tiket pesawat nya tapi terdaftar nya di passpor yang sebelum perpanjang. Kalau passpor di perpanjang gak ngaruh sama dengan booking tiket pesawat nya setelah passpor di perpanjang itu gmn ya kak?

    • Selamat malam kak.
      Mau tanyak. Saya mau buat Visa. Asal saya Madura. Saya buat di Surabaya ya kak?
      Terus. Kebijakan yang 15 September katanya harus di Jakarta.
      Jadi saya harus buat dimana nih kak pengajuannya?

  • malem ka frenky..
    untuk pengajuan visa jepang syarat2 sdh sy lengkapi cuma ada yg bingung katanya hrs ada siup dan npwp apa itu benar pdhl sy blm punya..dan jg untuk surat sponsor sy akan tiru di atas seperti ka frenky karna sy wiraswasta dan biaya sendiri..tlng ka pencerahanya
    terima kasiih

  • Penginapan bisa sharing gitu ga mas?rencana kita berangkat bertiga tapi sewa kamar yg untuk kapasitas 2 orang. Kalau di Indonesia selagi ga ketahuan bisa aja gabung. Kalau disana gimana peraturannya mas?untuk pengurusan visa bisa menggunakan sistem seperti itu?

  • Hi, mau nanya, kalo perginya group sekeluarga ( ayah ibu dan 2 anak yang sudah dewasa), kasih KK nya per orang atau 1 saja? Lalu bukti print bookingan hotel air bnb nya 1 saja atau mesti per orang? Pas fotonya kasih berapa lembar ya? Thanks

    • setiap dokumen punya fotokopi KK ya, bukti print bookingan hotel nya juga, dll nya. Pas foto nya cukup 1 lembar aja di tempel di formulir aplikasi nya ( di lem ya ).

  • Hi Frenky,
    Mau tanya lagi,utk urus visanya di Lotte atau Yg Di Thamrin?
    Trus kalau yg saya kan E Passport ,tp anak sy yg passport biasa, jadi saya harus antri dijalur yg mana?bisa sekalian diurus Di E Passport atau harus masing2? Kbtln anak sy lg kuliah diluar kota jd sy yg akan mewakilkan pengajuan visanya,dan sy yg menjadi penjaminnya.
    Trimakasih sblmnya

    • Hi,

      Untuk pengurusan Visa Sticker Biasa paspor biasa buat anak nya HARUS URUS di Mall Lotte ya, kalau yang E-Passpor bisa di Mall Lotte atau Thamrin. Yang E-Passport itu urus di Mall Lotte kena biaya tambahan pengurusan sekitar 100ribuan, kalau urus di Thamrin GRATIS.

      Untuk syarat apply visa anak nya standard aja ya, ikutin sesuai yg terlampir di post ini, beda nya hanya untuk mahasiswa lampirkan surat keterangan belajar aja dari kampus nya, terus orang tua nya buat surat keterangan penjamin biaya anak nya ( contoh terlampir di post ini juga ), untuk rincian tabungan pakai punya orangtua nya, print pakai internet banking aja.

      Kalau dulu sih waktu pengurusan di Thamrin, jika aplikan nya masih kuliah S1, biaya pengurusan Visa Jepang Sticker nya GRATIS asal ada keterangan kuliah S1 nya di dokumen nya. Kalau sekarang rasa2 nya juga masih gratis, cukup bayar biaya admin aja, tapi nanti coba tanyakan aja ke petugas pengurusan visa nya ya.

      • halo,
        Anak saya baru masuk semester 1 tahun ini, rencana bulan Januari 2018 mau liburan ke Jepang apakah sudah bisa menggunakan surat keterangan untuk pengajuan pengurusan visa jepang sticker nya Gratis?
        Mohon jawabannya. Terimakasih.

        • Kalau pengajuan visa jepang stiker gratis buat mahasiswa S1, harus melampirkan surat keterangan dari kampus nya bahwa masih aktif menjadi mahasiswa S1.

  • Hi Frenky,
    Sy mau apply visa jepang dan sdh e passport,tapi yg anak sy masih passport biasa,utk apply visanya bgmn ya? Yg e passport kan lbh simple,utk yg anak sy bgmn?utk penjamin dana semua dari saya.
    Mohon infonya yaa,tq

  • berangkat maret 18, mulai apply visa sekarang atau januari aja? tadi baca jawabanmu sekilas, 2 bulan sebelum paling baik, tapi kucari lagi kok ga nemu ya :D

    maaf merepotkan :D

    • Apply sekarang udah pasti engga bisa, Visa Jepang itu berlaku 90hari. Kalau berangkat 18 Maret, berarti paling cepet apply visa nya 18 Desember. Saran apply awal / tengah januari aja.

  • Mau nanya nih, gimana kalau pas di sana nanti tinggalnya di apato teman yang lagi kerja sana? Jadinya ga ada bukti pemesanan penginapan

    • Tetap harus lampirkan bukti penginapan apato teman nya, terus kalau engga lampirkan, gimana kedutaan tau kamu benar nginap di apato teman nya???

  • apakah itinary dan permohonan aplikasi visa bisa ditulis tangan,apakh harus diketik? untuk jepang, apa perlu spt tahunan sperti korea? untuk booking hotel dilampirkan diurutan berapa? karna kita pergi group 8orang dan hanya 1 orang yang bookingin buat 8org,apakah bisa dipakai? untuk yang perfi dengan biaya sendiri apakah perlu cantumkan kk? surat keterangan kerja dibuat diurutan berapa? apa benar pengajuan aplikasi jepang tidak boleh dilipat atau disteples?

  • untuk bukan epaspor itu yang tanggal 15 september masih bisa apply kan ya, masih paspor biasa?
    mau tanya saya mau traveling dengan asisten saya baru 17 tahun dan baru ada surat pengantar rekam e-ktp namun paspor masih baru jadi dan masih kosong apakah bisa apply? kemungkinan approvenya? semua perjalanan saya yang tanggung

    • Apply nya di mall Lotte Shopping Avenue Kuningan Lantai 4 ya. Kalau mau ajak asisten, buat surat pernyataan bahwa anda akan menanggung biaya travelling si asisten nya ya, lalu bukti keuangan di dokumen asisten, memakai mutasi rekening tabungan anda.

  • Mas saya mau tanya, saya kan ke jepang bareng sepupu dan tante saya, nah itu guaranternya siapa ya? Yang bakal menetap sementara sih sepupu saya. Saya sama tante saya 12 hari disana.

    Terus kan yang bayarin semua perjalanan tante saya, tapi saya ngelampirinnya buku tabungan ibu saya. Itu gapapa?

    • kalau yang bayarin semua perjalanan si tante nya, ya arti nya lampirin buku tabungan nya punya tante nya juga, terus buat surat pernyataan juga bahwa tante kamu yg akan bayarin semua biaya travelling kamu.

  • Halo nanya dong td ditulis pernah gagal mengurus epaspor, boleh tau ga alasannya knp? Saya rencana ingin ke jepang nov ini nah rencananya ingin perpanjang paspor dari paspor biasa ke epaspor tapi paspor lama saya masih berlaku sampai juli 2018. Kira-kira bisa ga ya kalo saya perpanjang / upgrade ke epaspor oktober bulan depan tetapi paspor lama masih berlaku 10 bulan lagi

    • Waktu itu stok buku epasspor nya sedang kosong, udah lama sih kejadian nya, sekarang sih udah ga ada masalah dengan stok buku epasspor ya.

      Engga ada masalah sih perpanjang ganti ke epasspor, lagipula tinggal masa berlaku 10 bulan lagi, ganti aja ke epasspor.

  • Halo kak
    Kalau penanggung jawab biayanya dari rekening org tua, cukup melampirkan KK atau Akte sajaa atau perlu smacam surat kuasa/keterangan gtu ya ?
    -kalau data pekerjaan waktu apply d visa sama pekerjaan waktu apply paspor berbeda kira2 ad kendala ga ya ?

    • Lebih baik buat surat keterangan gitu ya kalau ortu nya bakal menanggung semua biaya travelling kamu, terus paraf deh ortu kamu, lampirkan juga fotokopi KTP / Paspor ortu mu sama kartu keluarga buat bukti hubungan keluarga nya.

      Engga ada masalah terkait beda pekerjaan.

  • Kak, saya maunya sih g bikin surat referensi bank. Maunya cukup e-statement saja. Tapi saldo saya di rekening selama 3 bln trakhir di bawah 10jt.
    Rencana sy mau ajukan visa pertengahan sept ini & saldo sy skg sdh belasan jt kak.
    Kira-kira masalah g ya kak kalo saldo rekening 3 bln trakhir di e-statement g smpai 10jt?
    Rencana di jepang cm 5 hari sih kak.

    • Seperti nya cukup beresiko jumlah saldo nya, lebih baik di buat stabil sekitar 10 juta ya, kecuali kamu punya history travelling ke negara lain nya, itu boleh deh di bawah 10jeti.

          • kak, satu pertanyaan lg.
            q kn rencananya mau naik bus malam pas di jepang, jd g nginep di hotel.
            perlu dicantumkan g ya tiket bus-nya?
            ap cukup ditulis di itinerary z klo qt bkl berada di bus?

            • Engga perlu di cantumkan tiket bus nya ya tapi kalau memang sudah beli, ya engga masalah juga kalau mau di lampirkan. Tulis bermalam di bus aja udah cukup sih.

  • nnya dong.. saya kan belum prnah k luar negri sma skli ni (maklum bukan orang kaya, n blum bsa cri uang sndri).
    rncna nya thun depan mw k jepang (dengan uang yg setengah mati d simpan slama sthun. hikhik..curhat :sweating: ).
    kira” visanya d approve gk yaa klw paspor kosong plong ??
    mksih sebelumnya mas frenky.

    • faktor nda prnah baca sampai bawah.. wkwkwkw.. sdh dpt jawbbnya d artikel trnyta,,
      trmksih mas frenky..

  • sy kerja di perusahaan jepang di jakarta. apa saya gak perlu melampirkan bukti rekening koran. karena saldonya akan ditolak soalnya sy membaginya ke beberapa akun bank lain dan sy juga punya dollar di paypal

  • hai mas, thanks info2nya diatas sangat membantu. Cuman saya ada pertanyaan mas kalo berkenan bsa dibantu jawab hehe. jadi saya berencana pergi tahun depan, berempat dengan temen, total 3 wanita dan 1 pria. tiket dan hotel udah ada. nah krna suatu dan lain halnya 2 ini batal. jadilah cuman saya (wanita) dan 1 pria temen saya ini. yg mau saya tanyakan, apa pas apply visa gak masalah ya saya dan teman saya pria ini memasukkan nama hotel yg sama? kami mau bareng apply visa jg. tapi takut ketolak krna lawan jenis, tidak dlm ikatan pernikahan, tapi tinggal dalam hotel dan kamar yang sama. mgkn ada pencerahan dari masnya? hehe terima kasih.

    • Engga ada masalah, waktu itu saya juga gitu keadaan nya, waktu itu saya melampirkan bukti penginapan a/n teman saya, engga ada nama saya sama sekali di bukti booking penginapan, engga ada masalah tuh.

  • Kak mau tanya apa perlu paspor lama untuk visa jepang? Krn saya baca dr bbrp website butuh paspor lama, tapi saya punya sudah dikembalikan waktu perpanjangan paspor jadi saya udah ga pegang paspor lamanya. Trims

    • Engga perlu paspor lama untuk apply visa Jepang, waktu itu juga keadaan paspor saya baru ganti dan apply visa Jepang nya tanpa melampirkan paspor lama, engga ada masalah sama sekali.

  • Halo, mau nanya dong. Diatas kan ditulis bukti keuangan berupa fotocopy buku tabungan 3 bln terakhir. Apakah surat referensi bank wajib dilampirkan? Atau cukup hanya berupa buku tabungan yang kita fotocopy sendiri tanpa ttd pejabat dan stempel dari bank?

    • Ga wajib, pakai rekening bank di internet banking juga gpp ASAL tertulis nama pemilik rekening nya ketika print mutasi rekening nya.

  • Mas/Bang/ko, mau nanya, kalo di itinerary-nya itu gatau mau isi kontak teleponnya (karena cm mengandalkan pocket wifi/ga beli SIM Card sm skali) gimana ya? Apa kasih kontak email aja atau kosongin aja?
    Makasih :D

  • Nanya dong,kl booking penginapan dr airbnb bs gk ya??? Apa hrs dr booking.com, trmksh utk jwbannya…

  • halo kak tanya ya, buat saldo di rekening, kira2 batas amannya berapa ya? Apakah yang lebih dipertimbangkan saldo akhir atau saldo rata2 selama 3 bulan? Thanks kak

  • halo kak,
    maaf sebelumnya mau nanya nih
    saya kan blm pernah sama sekali ke luar negeri dan saya berencana mau ke jepang tapi bingung ngurus visanya, posisi saya di jogja..tujuan kesana mau mengunjungi teman indonesia yang bekerja disana dan untuk biaya penangguangan dia yg tanggung,,itu apa harus ada surat undangan dari dia dan apa harus ada surat yg menunjukan kalau ada hubungan, soalnya kan hanya teman bukan keluarga
    ini juga harus disertakan ya?
    Bila pihak Pengundang yang bertanggung jawab atas biaya.
    * Surat Jaminan [ download (PDF) ]
    * Dokumen yang berkenaan dengan pengundang seperti tercantum di bawah ini (salah satu saja)
    – Surat Keterangan Pembayaran Pajak (nouzei shomeisho) yang mencantumkan besar penghasilan.
    – Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)/(kakutei shinkokusho hikae)
    – Surat Keterangan Penghasilan (shotoku shomeisho)
    – Surat Referensi Bank
    – Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
    – Surat Keterangan Bekerja yang mencantumkan lama bekerja dan besar penghasilan

    terimakasih sebelumnya

    • Saran lebih baik jangan pakai penanggung dari teman / kerabat yang tinggal di Jepang, tapi kalau memang masi mau pakai penanggung dari Jepang, ya ikutin syarat yang tertulis.

  • Mas, mau tanya, di website kedubes Jepang kan untuk pembuatan visa turis dengan tujuan wisata dengan biaya sendiri ga usah melampirkan surat keterangan bekerja, nah seharusnya mas ga usah pake itu ga papa kan sebenarnya?

    thanks

  • Sy mau nanya pengurusan vusa jepang kalo usaha sendiri hrs menyertakan tdp dan siup. Nah sy tdk punya tdp dan siup krn sy usaha sendiri online shop. Bagaimana solusinya. Tx u

  • Sangat membantu sekali informasi yg disampaikan ttg pembuatan visa kunjungan ke jepang, lengkap sekali, terima kasih

  • Mas Ferenky, mau nanya lagi ya, untuk formulir pembuatan visa itu kan ada Guarantor sama Inviter-nya ya, nah itu kalau kita untuk visa jalan-jalan apakah masih perlu diisi?
    Jika wajib diisi, berarti kita juga butuh surat undangan ya?

    Trimakasih banyak mas …

      • Nanya lagi ya mas, buat rencana agenda/perjalanan selama disana apakah harus benar-benar sesuai dengan nantinya (tempat menginap dan objek tujuan) atau bisa berubah/ fleksibel?

        Trims mas

        • Itinerary cuma buat keperluan pengurusan visa Jepang aja, ketika Visa udah jadi, mau ganti itinerary jadi 100% berbeda juga engga masalah.

Leave a Reply