TaiwanTravel ( Outside Indonesia )

Cara, Syarat dan Pengalaman Mendapatkan Bebas Visa Taiwan ( Updated 2020 )

Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan

Untuk memasuki negara Taiwan sebagai turis dengan menggunakan paspor biasa / e-paspor umum membutuhkan yang nama nya Visa Taiwan, singkat kata Visa itu adalah ijin masuk ke sebuah negara sedangkan Paspor hanyalah sebuah identitas. Kabar baik nya Taiwan memberikan Bebas Visa selama 30 hari untuk para wisatawan / turis Indonesia yang ingin menikmati wisata kuliner dan keindahan alam Taiwan.

Untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi ya sebenar nya Visa Taiwan ini tidak sepenuh nya murni Bebas Visa cuma modal paspor aja layak nya berkunjung ke negara-negara ASEAN ( Singapura, Malaysia, Thailand, Dll ). Tapi syarat dan ketentuan mendapatkan Visa Taiwan ini mudah banget, yang penting harus memenuhi syarat utama berikut terlebih dahulu

* * * * *

Catatan Perjalanan Travelling ke Taipei dan Taichung

Pengalaman Travelling ke Taipei dan Taichung
Pengalaman Travelling ke Taipei dan Taichung

* * * * *

UPDATE PER 2019

  • E-visa Australia dan Selandia Baru yang digunakan untuk mengajukan Travel Authorization Certificate harus masih dalam masa berlaku saat tiba di Taiwan.
  • Pemegang Visa Jepang (Visa biasa maupun Visa Waiver) harus dapat menunjukkan riwayat kunjungan ke Jepang atau Tiket keberangkatan ke Jepang.

* * * * *

UPDATE PER 01 OKTOBER 2018

Lama masa tinggal di Taiwan ( terhitung sejak dari hari kedatangan ) berubah menjadi 14 hari saja ( sebelum nya 30 hari ).

* * * * *

SYARAT UTAMA BEBAS VISA TAIWAN

[box style=”1″]

  • Paspor pemohon berlaku enam bulan terhitung sejak tanggal kedatangan di Taiwan.
  • Pemohon harus memiliki tiket pesawat atau tiket kapal perjalanan pulang pergi.
  • Pemohon tidak pernah dipekerjakan sebagai pekerja pabrik/buruh di Taiwan.
  • Pemohon harus memiliki sertidaknya salah satu dari Visa yang dikeluarkan oleh negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ,dan negara-negara Schengen
    • Kartu izin tinggal sementara atau kartu izin menetap yang masih berlaku
    • Visa masuk yang sah (visa elektronik diperbolehkan)
    • Kartu izin tinggal atau visa yang telah berakhir kurang dari 10 tahun sebelum tanggal kedatangan di Taiwan.
  • Untuk pemegang Visa Taiwan yang Telah BERAKHIR KURANG dari 10 tahun dan tidak pernah melanggar peraturan di taiwan ; pemegang visa dengan kode 「fl」 (Buruh) , kode 「x」 (Dan lain-lain) atau Visa Residen Pekerja Pabrik / Buruh di Taiwan Tidak diperbolehkan mengajukan aplikasi visa online ( Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC).

[/box]

 * * * * *

Jika syarat utama di atas sudah terpenuhi, maka langkah berikut nya adalah membuka link pendaftaran Bebas Visa Taiwan nya di sini :

https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

1. Pilih Bahasa Indonesia

2. Baca syarat dan ketentuan nya dengan teliti

Syarat Bebas Visa Taiwan
Syarat Bebas Visa Taiwan

3. Isi formulir aplikasi Visa Online Taiwan dengan data yang sesuai dan benar

NOTE : Jika hanya punya 1 nama, cukup isi nama depan saja, nama belakang di isi dengan tanda [ spasi ]. Nama depan dan belakang jangan di tulis berulang ya!

Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan
Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan
Konfirmasi Ulang Data setelah Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan
Konfirmasi Ulang Data setelah Pengisian Aplikasi Visa Online Taiwan

4. Jika Visa Taiwan Online sudah di setujui ( Approved ), print / cetak dokumen Visa Taiwan Online tersebut untuk di bawa beserta tiket pesawat keluar Taiwan ketika berada di konter Imigrasi Taiwan

Aplikasi Visa Taiwan yang sudah di Approved
Aplikasi Visa Taiwan yang sudah di Approved
Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan
Visa Taiwan yang WAJIB di cetak untuk di perlihatkan di Konter Imigrasi Taiwan

* * * * *

Pengalaman pribadi, gue mendaftarkan aplikasi Bebas Visa Taiwan ini di tanggal 04 Oktober 2017. Lalu di hari H keberangkatan ke Taiwan di tanggal 05 November 2017, mulai dari konter maskapai penerbangan, dokumen Sertifikasi Visa Taiwan ini beserta tiket keluar Taiwan dan Visa Jepang gue juga di cek karena gue memasukkan nomor Visa Stiker Jepang gue sebagai persyaratan mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini.

Sesampai nya di imigrasi Taiwan di Bandara Taoyuan, dokumen yang sama gue serahkan kembali dan tidak ada masalah sama sekali sih, lancar jaya jadi sudah terbukti syarat Bebas Visa Taiwan itu sangat mudah! Nih bukti nya gue lancar jaya masuk ke Taiwan pakai Visa Jepang Single Entry yang sudah expired yang gue dapatkan di tahun 2015 :good:

* * * * *

Berikut Question ( Q ) dan Answer ( A ) yang sekira-nya mungkin jadi pertanyaan buat kita yang akan mengajukan Bebas Visa Taiwan

Q : Bagaimana jika tidak memiliki Visa negara berikut ( Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan ) dan Schengen ?

A :  Berarti harus mengajukan Visa Taiwan dengan melampirkan persyaratan yang tertulis di website TETO Jakarta dan membayar uang Rp 650.000 ( Single Entry ) – Rp 1.300.000 ( Multiple Entry ), berikut link detail nya :

  1. Macam-Macam Jenis Visa Taiwan ( http://www.roc-taiwan.org/id_en/post/137.html )
  2. Syarat Visa Taiwan Wisata / Turis ( http://www.roc-taiwan.org/uploads/sites/60/2016/05/20160714_02_Visa_Wisata_Tourist.pdf )

 

Q : Apakah wajib melampirkan bukti pemesanan penginapan untuk apply Bebas Visa Taiwan ?

A :  Tidak wajib, tapi sangat di sarankan sudah punya bukti penginapan yang sudah di booking melakukan pengisian formulir Bebas Visa Taiwan. Sangat di sarankan melampirkan bukti booking penginapan dari situs BOOKING[dot]COM ( KLIK LINK )



Booking.com

 

Q : Apakah Visa Waiver Jepang ( E-Paspor ) berlaku untuk mendapatkan Bebas Visa Taiwan ini ?

A :  Ya berlaku, sesuai yang tertulis di point nomor 9 ketika registrasi Visa Taiwan Online, “Warga Negara Indonesia yang memiliki pendaftaran bebas visa Jepang ( Japan Visa Waiver Registration) yang sah berhak untuk mendapatkan Sertifikat Otorisasi Perjalanan ROC.”

 

Q : Apakah Visa Taiwan Online ini perlu di cetak ( print ) ?

A :  Ya, sangat WAJIB untuk di cetak dokumen Visa Taiwan ini, beserta tiket pesawat keluar dari Taiwan karena kedua dokumen ini akan di cek secara detail oleh imigrasi Taiwan.

 

Q : Bagaimana cara pengisian nama di formulir jika HANYA punya 1 nama ( Contoh : GANTENG )?

A : Cukup isi kolom nama depan saja, untuk nama belakang di isi dengan tanda [ spasi ]. NOTE : JANGAN ISI NAMA BERULANG ( DOUBLE ) di kolom nama depan dan belakang

  • nama depan/Surname : GANTENG
  • name belakang/Given Name : [ isi dengan spasi ]

* * * * *

Demikian lah pengalaman gue dalam mendapatkan Bebas Visa Taiwan, apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya lewat komentar pada post ini :)

frenkeyblog
the authorfrenkeyblog
Part Time Blogger, Full Time Programmer
Biar penulis tetap selalu semangat menulis artikel seputar travelling, mohon support nya dengan membelikan gue sepiring nasi padang dan segelas es cendol ya :-)

Klik link Nihbuatjajan di bawah ya, Thank in Advance!

Nih buat jajan

311 Comments

  • Hai mas frenkey
    Mhon info ny
    Saya ada rencana ahir bulan mei mau berangkat juga k taiwan, sblum ny sya pernah k negara schengen
    Apa visa yang saya perlukan
    Visa turis, atw bisa voa
    Trima kasih

    • Trima kasih atas jawaban nya mas frenkey
      Tapi tujuan saya ke taiwan adalah mengikuti pacar saya yang sedang ada pekerjaan di sana
      Apa saya perlu lampirkan juga hotel tmpat kita tinggal di sana nanti
      Karna dia berkewargaan jerman

      Terima kasih

      • Ya di tulis juga nama penginapan nya ketika isi formulir online, tapi bukti penginapan nya engga usah di cetak gpp. Itu nama penginapan nya cuma sekedar informasi aja buat ke imigrasi nya. Jangan lupa maksimum tinggal nya hanya 30 hari ya, jangan sampai overstay :)

  • Itu di formulir aplikasi visa online. Ad kolom ENTRY PERMIT/ VISA NO. itu maksud ny gmn y?

    Ap perlu di lampirkan rekening 3 bln terakhir jg?

    • Coba baca ulang baik2 post ini ya, itu buat masukkan kode Visa nya. Engga perlu lampirkan rekening 3 bulan, ikutin aja sesuai post ini, engga ada lebih engga ad kurang.

  • Hi, saya punya visa Korea Selatan tahun 2012 dan ada di passport lama, apakah bisa dipakai ya?

    dan berarti passport lama yang ada visanya juga harus dibawa ya?

  • :cheer: hi…mau tanya gan..saya pernah ke korea tahun kemaren 2017….berarti kan sudah expired juga visanya…juni ini mau ke taiwan ..jadi masih bisa apply free visanya ?..thx :cheer:

  • Hallo … Saya mau tanya, ini hanya bisa untuk tinggal 30 hari saja atau lebih. Misal 90 hari ? Terimakasih

  • hi… guy
    status e-passport
    visa japan di apply model sticker awal april 2018
    terus nggak jadi ke japan dan pengen ke taiwan nich
    bisa nggak langsung apply visa online taiwan
    sementara visa entry japan nya belum ke pakai sama sekali
    alias belum masuk ke japan langsung terbang ke taiwan
    mohon info ya…

  • Hy Frank .saya seorang trainer di jpn.posisi saya masih di Jpn untuk 1 thn ke depan.apakah tanpa mengisi sertifikasi roc bisa masuk ke Taiwan ? Thks

  • Hai frenky, mau tanya bulan 9 ini saya ada rencana ke taiwan dengan suami dan 2 anak saya. Pas berangkat 1 berumur 3 tahun 10 bulan satunya 2 tahun krg 20hari. Saya dan suami punya visa expired taiwan, tp klo untuk 2 anak saya apakah saya harus daftar buat visa yg bayar?
    Thank u sebelumnya

    • Setiap orang harus punya Visa buat masuk ke negara lain ya, walaupun anak kecil, jadi anak2 nya harus bikin visa yang bayar ya.

  • Haiiiii bolehkah cuma perlihatkan E Ticket return (dan konfirmasi pembayarannya) di hp/Ipad?Apakah ada kewajiban harus print tiket return?Sangat bimbang masalah ini.Kalau Visa sih jelas saya print out.Thanks atas jawabannya :yeah:

    • Kalau bisa print Visa Taiwan, kenapa tiket pesawat nya engga sekalian aja di print?

      Walau tidak tertulis wajib di cetak, cuma buat kepraktisan petugas maskapai sama imigrasi, cetak aja tiket pesawat keluar dari Taiwan nya.

      • :hi: baru pulang dr Taiwan.BLOG anda sangat membantu saya. Kemarin di imigrasi dan konter check in cuma di minta lihat visa doang, sebentar aja, tanpa ditanya apa2 lagi.Tapi saya memang sudah mempersiapkan semua print out dokumen., biar tenang :cheer: suka emojinya :wow:

  • hello,
    mau tanya infonya,
    untuk mengisi form aplikasi tersebut, apa nama hotel di taiwan boleh yg belum confirm? perlu diisi kah? apa nanti dicek atau kalau pindah/beda hotel, apakah bermasalah?

      • kemarin isi ada kotaknya, tpi saya masukkan yg belum confirm, semoga aman 2 aja deh..
        Sudah approved si anyway, ini uda pasti aman bisa masuk taiwan kan ya? (agak panik krn blum perna isi online dan free), di imigrasi apakah ada yg perlu disertakan biar ga lama2 di cek nya? :0
        thank u ya utk infonya.: )

  • Hai Frenky… Saya punya Visa Schengen tahun 2014… Dari penuturan mas Frenky sebetulnya tidak masalah untuk syarat pengajuan Visa Online Taiwan, hanya pasport tersebut hilang dan yang ada tinggal foto copy visa Schengen nya dan paspor baru… Bagaimana apa bisa foto copy visa ini ditunjukkan di imigrasi Taiwan?

    Terima Kasih.

    Jan Purdy Rajagukguk

    • Wah engga bisa tuh, harus visa sticker ya, kalau seandai nya paspor lama nya masih ada di dalam nya ada visa schengen bisa di pake walau expired. Tapi kalau cuma fotokopian sih, pasti engga bisa punya.

  • Mas Franky,maaf saya mau tanya kalau dulu saya pernah kerja d sana sebagai TKW ,apakah saya boleh liburan kesana saat ini ?
    Akan tetapi perjalanan bukan dr Indonesia…melainkan dari Hong Kong?

    Thanks

  • Mas Frenkey,

    Sorry mo tanya lagi. Misal, pesawat (Jakarta – Taiwan) harus transit dulu di Kuala Lumpur sehingga nomor penerbangan ada 2 (Jakarta – KL dan KL – Taiwan). Misal AK 383 (untuk JKT – KL) dan D7 378 (untuk KL – Taiwan).
    Yang harus dimasukkan dalam “Flight No” yang mana?

    Trus setelah di approved dan dapat visa, karena satu alasan (misal: geser jam terbang sehingga nomor penerbangan juga berubah), apa gak masalah diimigrasi Taiwan nantinya karena tidak sesuai dengan yang kita masukkan di visa? Tx

    • yang di masukkan yang menuju Taiwan nya, jadi yang D7-378.

      Kalau seandai nya berubah nomor penerbangan ke Taiwan nya, apply baru lagi aja dokumen perjalanan ROC nya.

  • Thanks utk balasannya. Btw, kl apply online itu lgs approve atau perlu menunggu beberapa hari terus kita cek lg ke website?

  • Halo mas frenky, mau tanya..saya punya visa taiwan tahun 2013 dan ada di paspor lama, berarti saya bawa paspor lama juga ya ? Terima kasih

  • Halo gan.saya mau tanya neh.kl pasport yg udh pernh brngkt ke tw tp udh hampir 10 thn gk pernh di pk lg.trs skr mau perpanjng pasport lg dan rencana mau berangkt bulan juni 2018.sdngkn visa yg dl thn 2008 punya.itu msh bs dpt bebas visa online gk ya.thanks

  • Hi…Mau tanya dong. Saya punya visa jepang yang sudah expired tahun 2014. Dan sblmnya jug ada apply manual visa taiwan sebanyak 3 kali. Dan skrg saya berencana ke Taiwan lg dan ingin mencoba apply online. Apakah bisa saya gunakan nomo visa jepang saya yang sudah expired? Kalau sudah approved dan sudah diprint out. Dokumen pendukung apalagi yang dibutuhkan saat dibandara dan imigrasi? Terima kasih

  • helo, mau tanya nih
    aku punya visa korea nih udah exp jg di 2015, dan visa it di paspor lama
    apa boleh ya ?
    sudah aku apply si visa taiwan ini, di approve . tapi waktu di baca ulang , ternyata tidak dijaminkan bisa masuk apa tidaknya .
    takut juga ya kalo sudah sampai sana, tidak lewat.

      • nama depan saya isi, nama belakangnya dikosongkan tidak mau, minta hubungi embassy
        kalau dua – duanya diisi, bisa proses.

        • Kalau cuma punya 1 nama aja, nama depan nya isi, nama belakang nya di isi dengan ‘ ‘ ( spasi ) aja. Saya bisa kok, nama belakang di isi spasi aja.

          • Nama belakangny berarti kosong kan , diisi (spasi) gto kan

            Ga mau leh 😢,
            Gmn ya ?

            Oh, terus utk yg arrive card online, yg isi visa no
            Itu isi nomor authorization ya ? Lalu visa yg diisi visa visitor atau extemp ya ?
            Aku pakai yg nama double nih, soalnya yang 1 nama aja ga mau dia
            Minta hub embassy trs, kacau 😩

            • Kalau misal nya udah di isi dan masih disuruh hub TETO, ya mau ga mau hubungi, kemungkinan karena faktor nama nya terlalu umum di pakai sih. Lebih baik jangan pake nama double, kecuali dari TETO ada bilang oke ga masalah nama double.

              Arrival card online nanti aja di isi pas sampai di bandara.

  • Halo kak mau tanya. Paspor saya habis tanggal 10 Oktober, Kalau saya mau berangkat 21 April bisa nggak ya?

  • Brother Frenky…salam damai sejahtera.

    Akhir bulan Juni 2018 n awal Juli 2018, sy akan ke Taiwan n Jepang, sy pernah ke Taiwan 4 tahun yg lalu dan pernah ke Jepang tahun lalu, visa waiver Jepang sudah expired, sy menggunakan E-pasport dan harus mengajukan visa waiver kembali, sebaiknya ketika mengajukan visa online taiwan berdasarkan visa waiver atau visa taiwan yg belum 10 tahun. terima kasih

    • Sebenar nya sama aja sih, pakai Visa Waiver Jepang aja kalau mau lebih pasti dan lebih baik perpanjang dlu visa Waiver Jepang nya.

  • Hai Frenky…saya mau nanya
    Saya blom pernah ketaiwan,baru mau kesana jalan2 tempat adik,gimana cara urus visa nya ya?
    Mohon pencerahan nya ya..

  • Malam kak frenky, saya mau numpang tanya kalau sudah diapprove visa taiwan onlinenya tapi saya tulis entry date nya salah krn jadwal terbangnya ad perubahan…harus apply ulang kah visa onlinenya? Atau bisa pakai yang salah tanggal entry datenya itu?

  • Hai ka mau tanya. Visa taiwan mama saya yg trakhir ISSUED SEP 2008 skrg mw k taiwan lagi. Kalau dihitung belum genap 10Tahun krn perginya APRIL. apa bisa ka pakai cara ini?? Terima kasih yaaa

  • Hi frenkey, saya blm pernah ke negera lain, cuma pernah ke taiwan saja bbrp kali. Bisakah saya apply visa gratis? Saya sdh coba isi barusan, ktnya srh hubi embassy.

      • Hi.. tq responnya. saya coba registrasi lg ternyata bisa. masalahnya di last name, saya masukin [ ] tidak mau, saya input sama gk mau jg, akhirnya saya kosongin dan berhasil. tp di keterangan ke-5 (tinta merah), perlukah isi online? kl perlu kapan isinya?

  • halo kak makasi buat informasi nya berguna banget , itu flight nomer flight yang kita naiki dri indonesia ke taiwan atau kode booking? ty

  • Halo Frenky,

    Thank you buat infonyaaa..lengkap and jelas bgt..aku cuma msh ragu 1 hal ajah..stlh diapprove kan qta print..truz stlh itu ga usa ngapa2in lg lan? Tinggal dibawa ajah yg qta print itu beserti tiket pesawat dan visa yg sudah expired itu ke taiwan kan? Ga perlu ajukan visa application lg kan?
    Thank you yahhh seblomnya :)

  • Selamat pagi, Kak.

    Terima kasih atas informasinya.
    Jelas sekali.
    Mau tanya, untuk membuat visa online ini perlu tiket pesawat ga ya?
    Apakah perlu issued tiket dulu baru buat atau ga papa tanpa booking tiket dulu?

    Mohon informasinya.

    Terima kasih.
    Kartika

    • Tidak perlu sih sebenar nya, tapi ketika pengisian formulir ini ada kolom buat kode penerbangan nya, ya jadi sebetul nya secara tidak langsung arti nya perlu tau kode penerbangan yang akan di gunakan ketika ke Taiwan nanti.

      Aman nya beli aja dulu tiket pesawat deh, apply formulir visa taiwan ini cuma butuh waktu 1jam-an aja.

  • Gan, mau tanya ini kan visa taiwan udah di approved, tapi belum sempat di print nah filenya hilang ini, apakah bisa ajukan ulang atau gimana ya gan? Tolong infonya yq terima kasih

      • Nah kejadiannya sama dengan saya, mau tanya kalau saya isi ajukan ulang apakah datanya tidak jadi dobel? Saya awalnya mau simpan file nya tapi pilihan simpan file dimananya yah? Thanks before

  • Hi Frenkey =) thank you blog nya informatif banget

    Tapi aku mau tanya 1 hal

    Aku ad visa canada dan korea di paspor lama. Ga masalah kan untuk ngajuin bebas visa?

    Ato visanya itu harus ada di satu paspor yang sama?

    Thank you

    • Walau bukan pengalaman pribadi, tapi gpp sih harus nya, paspor lama nya di clip aja dengan paspor baru gitu. Nanti kalau udah berhasil masuk taiwan, tinggal lepas lagi aja paspor lama nya.

  • Blog nya keren.. informatif.. gak pelit ilmu
    Baca semua full ttg travel2 …. :star:

    semoga terus menulis ..sangat bermanfaat buat yg blom pernah travel..

    Ada gak rencana ke australia… nanti saya gabung deh kalau ada..

    Thank you.

  • Halo frenkey,terimakasih info ny sangat membantu..mau nanya nie..saya sudah print certificate ROC nya,apakah saya perlu mengisi online arrival card?apakah nanti begitu sampai taiwan ada arrival card yang manual?terima kasih

    • Engga perlu, nanti isi arrival card nya langsung di bandara taiwan aja, kertas nya ada di depan konter imigrasi, isi manual pake tangan.

  • Hi.. mau tanya nih. Kalo sy kan tahun 2015 ada visa korea,trus di visa.korea sebelah kanan atas ada kode yg harus ditulis tapi dibawahnya ada 4 angka lagi , itu apa jg harus ditulis ? Thanks before ^^

  • halo … saya mau tanya mengenai visa Taiwan…

    bolehkah saya mengajukan visa Taiwan online (punya visa korea 2016 dan jepang 2014) , tp belum punya tiket pergi dan pulang dari Taiwan? karena kalo saya baca, tiketnya itu hanya dilihat pas hari H perjalanan (biar tenang aja sih dah punya visa). Diajukan awal feb, tp utk kepergian awal Mar bisa kan ya, krn valid selama 6 bulan?

    trims before

  • Mas Frenkey,

    Mantab sekali informasinya Mas.

    Mas mo tanya, Saya pernah ditolak waktu apply E-Visa ke Georgia dan Armenia. Setelah trip dari Russia dan mampir ke Azerbaijan, rencana mau lanjut buat Caucasus Trip (Georgia dan Armenia).

    Karena kasus tersebut saya jadi pingin tahu. Misal, saya ingin apply Visa Taiwan Online karena saya punya Visa Waiver Jepang. Nah kalo misal (mudah2an gak terjadi) ditolak, karena sudah beli tiket dan hotel apakah saya masih bisa apply visa ke kedutaan Taiwan langsung? Meningat di database mereka pengajuan visa saya ditolak. trims

    • Engga ada masalah sih apply langsung, tapi kemungkinan nya kecil banget di tolak pas apply visa Online nya mah kalau udah punya visa waiver Jepang.

  • mau tanya nih.. untuk ROC travel authorization certificate nya itu ketika sudah di apprive dan sudah kita print, apa bisa langsung dipakai atau ada waktu tertentu baru bs dipakai?

  • Halo..frenky… Ortu akhir thn 2016 br balek dr taiwan.ini ada rencana bln maret mo kesana lg.bisa gak approve free visanya. Paspor yg ada visa Taiwannya jg masih ada. Trus kl mohon biasa brp lama ya br keluar visanya.tkss

    • Hallo, bisa masuk Taiwan lagi memakai Visa Taiwan yang sudah expired tersebut. Buat dokumen perjalanan ROC sesuai yang di post ini terlebih dulu ya, langsung jadi sih dokumen nya, cuma nunggu 5 menit aja ( paling lama ).

  • hi frenkey mau tanya saya tahun 2014. penah ke taiwan. apakah saya bisa free urus roc ? trus paspor lama saya yg ada visanya hilang. jadi saya harus gimana? terima kasih

    • Tetap harus submit dokumen perjalanan ROC sesuai dengan yang tertulis di post ini ya lalu di print dokumen tersebut beserta tiket pesawat nya.

  • Hi frenky maaf mau tanya saya punya visitor visa new zealand yang expired tahun 2014 sekarang apa masih bisa untuk apply roc taiwan . Trims

  • Hi Frenky,
    :hi:

    mau nanya dong… waktu itu kakak aku ada tugas kerja 3 bulan ke belanda. brarti ini kalo ada visa kerja schengen tahun 2016 masih bisa ya untuk bebas visa ke taiwan d taun 2018? Thankssss

  • Halloo ..
    SAya mau tanya.
    sy sudah beli tiket jkrta-taipei 30 maret-15 april 2018 (2 minggu) . Sbnrnya ada urusan cm seminggu.
    Nah tgl 7 april dr taipei sy ke korea pulangnya ke taipei lgi. Jdi tiket jkt-taipei pp, taipei-korea pp
    Brrti khn 2x tuh masuk taipei (multiple entry). Aplikasi itu berlaku sekali masuk ajaa (single entry) atau bs multiple entry?? Atau hrs submit 2x sesuai tanggal kedatangan?? Terimakasih

    Note: ak udh ada visa korea japan sblmnya.

    • Kalau di keterangan sertifikasi perjalanan ROC nya sih tertulis multiple entry ya, jadi ya ga perlu submit 2x, tapi kalau ragu, mgkin bisa email ke kedutaan taiwan nya.

  • Hai frenky..mau tanya dong…utk pembuatan ROC itukan online ya..trs begitu kita selesai isi data lgsg di approve atau hrs nunggu lg ?

    Trs visa yg hrs di cetak itu bisa keluar dan di print ga ya walaupun blm di approve ?

    • Hi,

      Yes online, approve nya engga pake nunggu kok, langsung saat selesai submit dan finalize pengisian data nya, langsung status approve.

      Kalau engga di approve jangan di cetak ya, arti nya harus apply visa taiwan nya manual ke kamar dagang ROC. Kalau approve ya boleh langsung di print saat itu juga.

  • Haii ka frenky sy may Tanya nich
    Sy ahir thn 2015 Baru pulang Dr Taiwan
    Sekarang pengen ksana lg,apa harus buat visa Baru lg thank

    • Hi, kalau sudah pernah mendapatkan Visa Taiwan di 2015 ( tapi bukan Visa TKI / Buruh / Pelaut ), bisa mendaftarkan Visa Taiwan nya yang sudah expired untuk mendapatkan sertifikasi travel ROC, cara-cara pendaftaran nya ikuti saja seperti di post ini ya.

  • Halo mau tanya jadi misal kita memiliki visa yg sudah expired misal visa japan, jadi visa japan gw single entry br expired beberapa bulan lalu bisa ya? Untuk mengajukan roc (taiwan) ? Dgn visa japan yg sudah expired? Thanks 🙏🏻

  • hy frenky. misalnya kita tidak pergi ke jepanh cuma dapetin visa jepangnya.lalu daftarin ke roc taiwan itu memang bisa? thx

  • oi frenky,

    mantan jcss nih.
    klo gw ada visa taiwan thn 2014 (passport lama) mmg bisa free visa taiwan? langsung aja atau msti daftar ke TETO lg?

    soalnya uda ganti passport baru elektronik.
    thx

    • oi shifu JCSS (m)(V_V)(m)

      Kalau udah pake e-paspor, mending registrasi visa waiver Jepang ( buat dapat bebas visa Jepang 15 hari ) di paspor nya, terus tinggal daftar sertifikasi perjalanan nya pakai Visa Waiver Jepang itu deh, step by step nya ikutin aja yang di post ini sisa nya.

  • Hallo frenky…
    Nanya juga donk.. kl sy juga sama nih kaya km.. punya visa jepang yg udah exp 2 taon lalu, udh keluar juga ROC nya… nah, perlu ke kedutaan taiwan lagi ga sih untuk ditempel visanya?
    Pls answer ya… thank u frenky..

    • Engga perlu datang ke kedutaan Taiwan di Indonesia lagi sertifikat perjalanan ROC nya sudah di approve. Cukup di cetak ke kertas saja sertifikat perjalanan ROC sama tiket pergi pulang dari Taiwan nya ya.

      Kalau masuk taiwan pakai sertifikat perjalanan ROC ini, tidak ada visa sticker yang di tempel ke paspor kita ya, cuma di kasih cap ijin masuk Taiwan aja selama 30 hari ketika di imigrasi di bandara Taiwan nanti nya.

  • hi, frenkey, mau tanya nih karena bingung. maksudnya ini apply via taiwan memakai via jepang yg expired tahun 2015 ? mohon penjelasannya. salam

Leave a Reply