Hari 2 : Wisata Santai ke Rumah Panda di Chengdu

Di hari kedua trip ke Tibet dan Everest Base Camp ( 29 September 2016 ) ini masih bercerita di kota Chengdu karena baru di hari ketiga lah, gue baru akan berangkat naik kereta menuju Tibet. Aktivitas yang di lakukan pada hari kedua ini bisa di bilang sangat santai, di mulai dari mengambil Tibet Permit di Kantor Tour Agent di Chengdu lalu di lanjutkan dengan melihat binatang lucu khas China yaitu Panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding dan di tutup dengan tragedi pengalaman pahit buat gue ketika gagal menukar tiket Kereta api Chengdu ke Tibet yang sudah di beli jauh-jauh hari :desperate:

* * * * *

MAKAN SIANG KHAS SICHUAN

Chengdu Sichuan Restaurant

Chengdu Sichuan Restaurant

Karena jadwal acara hari ini jalan-jalan santai, jadi gue baru keluar dari Mrs Panda Hostel jam 11.30 dan kebetulan karena sudah dekat dengan jam makan siang, akhir nya cari rumah makan dekat penginapan deh. Ambil random rumah makan khas Sichuan dengan sistem makan sharing. Ketika memilih menu dengan melihat gambar menu yang tertempel di dinding, kok isi nya gambar makanan penuh cabe semua :sweating:

Karena ini baru pertama kali nya gue makan di rumah makan khas Sichuan, gue baru tau ternyata makanan khas Sichuan itu memang selalu penuh cabe di makanan nya dan ‘terlihat’ pedas. Selain itu baru tau juga kalau alat makan di rumah makan China di bungkus sama plastik, ya tapi good deh jadi terlihat bersih kesan nya haha… By the way itu yang di gambar rasa nya engga pedas, maka nya gue doyan makan daging ayam nya, kalau yang sup ikan itu cenderung ke-asinan, tapi tetap gue hajar karena gue lapar! :ngakak:

Untuk harga makanan nya sendiri engga mahal, sharing nasi + daging ayam bumbu cabe + sup ikan bumbu cabe per orang nya kena 140 Yuan saja. Perut kenyang, Hati senang, Kaki pun siap berjalan lagi menuju stasiun subway terdekat untuk menuju kantor Travel Agent.

* * * * *

AMBIL TIBET PERMIT DI CHENGDU

Subway Station : Gaoshengqiao Station ( Line 3 ), Exit A, Turn Left

Xinnanmen Subway Station - Chengdu

Xinnanmen Subway Station – Chengdu

Stasiun subway terdekat dari Mrs. Panda Hostel adalah Xinnanmen Station dan untuk menuju kantor CITS – Tibet Vista Travel and Tours, Stasiun subway terdekat adalah Gaoshengqiao Station. Untuk masuk ke stasiun subway di Chengdu ini akan di lakukan pemeriksaan barang bawaan dengan mesin X-Ray, menurut gue itu pemeriksaan normal buat pencegahan teroris.

Yang bikin malas itu adalah dia ngecek juga air botol minuman kalau botol nya engga transparan kaya punya gue! Kebetulan punya gue botol nya adalah berbahan Stainless Steel, jadi nya tiap pemeriksaan selalu dibuka dah tutup botol nya, dilihat warna air nya, terus di cium aroma air nya, kan bikin gue otomatis malu karena bau jigong gue ketauan :shy:

Arah ke Kantor kantor CITS – Tibet Vista Travel and Tours

Arah ke Kantor kantor CITS – Tibet Vista Travel and Tours

Tarif subway di Chengdu ini murah loh, rata-rata satu perjalanan nya cuma seharga 2-4 Yuan tergantung berapa station yang di lewati. Untuk tarif subway Chengdu dari Xinnanmen Station ke Gaoshengqiao Station seharga 2 Yuan. Sesampai nya di Gaoshengqiao Station, tinggal cari pintu Exit A, lalu ketika sudah di jalanan terbuka, tinggal belok kiri, jalan lurus saja sampai ketemu “Spanduk Gambar Panda” seperti gambar di atas.

Sesampai nya di kantor CITS – Tibet Travel Vista and Tours, gue pun akhir nya bertemu juga dengan agent yang mengurus Tibet Permit untuk kelompok gue, selama ini gue komunikasi dengan dia hanya menggunakan email. Akhir nya setelah bayar lunas sisa pembayaran Tour Tibet 8 hari, kelompok gue di berikan fotokopian Tibet Permit nya. Sempat bertanya ke agent, kenapa cuma di berikan fotokopian dan mendapatkan jawaban kalau naik kereta api ke Tibet maka menggunakan fotokopian Tibet Permit untuk masuk ke Tibet saja tidak masalah, tapi hal tersebut tidak berlaku untuk penerbangan ke Tibet, tetap harus menggunakan Tibet Permit asli ( bukan fotokopian ).

* * * * *

KE RUMAH PANDA DI CHENGDU RESEARCH BASE OF GIANT PANDA BREEDING

Subway Station : ( Panda ) Xiongmao Avenue Station ( Line 3 ), Exit A

Arah ke Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding

Arah ke Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding

Tujuan berikut nya adalah menuju tempat penangkaran atau rumah Panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding ( nama tempat nya panjang ya! ). Untuk ke tempat ini tinggal cari arah ke Xiongmao Avenue Station, gue yang start dari Gaoshengqiao Station, harus membayar 4 Yuan karena station yang di lewati lebih dari 10 station tapi untung nya masih satu line jadi tidak perlu turun kereta untuk pindah line.

Tepat sehabis keluar dari Xiongmao Avenue Station exit A, terlihat mobil Panda dan beberapa orang wanita dan pria dengan kaos Panda nya yang khas menawarkan Paket-an tiket masuk rumah Panda dan transportasi pergi kesana seharga 55 Yuan. Harga tersebut lebih murah loh, di bandingkan beli on the spot tiket nya aja seharga 58 Yuan, belum termasuk biaya transport ke sana nya. Tanpa pikir panjang, kelompok gue menyetujui paketan seharga 55 Yuan tersebut dan di arahkan untuk masuk ke dalam bus. Tunggu sekitar 30menit-an, akhir nya bus berangkat juga.

Mobil Keliling Rumah Panda - 10 Yuan PP

Mobil Keliling Rumah Panda – 10 Yuan PP

Suasana Hutan Bambu di Rumah Panda - Chengdu

Suasana Hutan Bambu di Rumah Panda – Chengdu

Sehabis resmi masuk ke rumah Panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding, coba lihat peta tempat nya, ternyata tempat nya luas juga. Akhir nya gue dkk memutuskan beli tiket travelling car 10 Yuan buat pergi / pulang dari / ke titik awal. Sesuai nama tempat nya, hiburan utama di tempat ini adalah melihat Panda selain itu mungkin bisa dibilang hiburan lain nya serasa pergi ke Arashiyama Bamboo Grove di Kyoto – Jepang karena suasana tempat nya memang mirip di penuhi oleh pohon bambu ya berderet rapi dan pasti nya adem tempat nya!

Melihat aktivitas Panda aktif bermain bersama Panda lain nya itu sangat atraktif dan menghibur banget, ya walau cuma bisa lihat dari kejauhan sih. Spot paling ramai ( banget ) di tempat ini adalah tempat berjemur nya si Bayi ( Baby ) Panda, memang lucu banget liat Baby Panda, apalagi kalau si Baby Panda nya lagi aktif guling kiri kanan. Ada beberapa momen juga Baby Panda nya jatuh dari tempat tidur nya karena terlalu aktif berguling, di sisi lain lucu lihat nya tapi di sisi lain kasian juga lihat Baby Panda nya, tapi untung baik-baik saja sih Baby Panda nya :cheer:

Oh ya perjuangan lihat Baby Panda di sini butuh perjuangan juga, banyak banget pengunjung nya yang ngumpul di titik ini haha… Selain itu jangan lewatkan juga untuk melihat hewan Red Panda, yang ini aseli gue baru tau ada spesies Panda warna Merah. Sekilas sih kalau liat bentuk Red Panda ini kaya Musang tapi warna badan nya merah kaya Rubah. Sebelum keluar dari tempat ini, mampir dulu ya ke toko aksesoris nya, ada aksesoris seperti magnet, sandal, tas, dompet, boneka, gantungan kunci yang semua berbentuk Panda! Gue sendiri membeli beberapa aksesoris sebagai oleh-oleh buat orang tercinta :shy:

Panda Lucu di Rumah Panda - Chengdu

Panda Lucu di Rumah Panda – Chengdu

Kerumunan Orang Melihat Baby Panda

Kerumunan Orang Melihat Baby Panda

Baby Panda

Baby Panda

* * * * *

TRAGEDI GAGAL TUKAR TIKET KERETA KE TIBET

Subway Station : Chengdu North Railway Station

Berhubung gue sudah membeli tiket kereta rute Chengdu ke Lhasa ( Tibet ) secara online di Ctrip dan juga sudah memegang fotokopian Tibet Permit, maka ini waktu nya menuju Chengdu North Railway Station untuk menukar bukti konfirmasi online pembelian tiket kereta nya menjadi tiket kereta fisik. Jangan salah pilih Station ya karena di Chengdu ada beberapa Station yang mempunyai kata-kata Railway di dalam nya!

Sesampai di station nya, ada belasan loket yang tersedia, mulai dari loket refund, penukaran tiket online, serta pembelian tiket on the spot. Suasana station waktu itu cukup ramai, wajar sih mengingat China National Holiday ( Golden Week ) di mulai tanggal 1 Oktober, jadi banyak calon penumpang yang akan menukar / membeli tiket kereta api. Gue pun ikut mengantri di loket penukaran tiket online, kira-kira lama nya 30 menit untuk antri ini.

Sampai akhir nya gue sudah di antrian paling depan, gue pun menyerahkan bukti konfirmasi online pembelian tiket kereta Chengdu ke Xining ke Lhasa yang berupa 4 lembar kertas hasil printout dari website Ctrip. Dan ternyata gara-gara gue langsung menyerahkan 4 lembar kertas tersebut, si petugas wanita yang mengurus penukaran tiket jadi pusing seketika, soalnya dia harus menyamakan nomor paspor dan nomor booking satu persatu, karena total peserta gue ada 7 orang dan 2 rute ( Chengdu ke Xining – Xining ke Lhasa ) jadi total nya ada 14 kode booking yang harus di input satu persatu :sweating:

Selain itu Tibet Permit kelompok gue pun di cek satu persatu bahkan sampai di telpon, antara ke contact person travel agent yang menerbitkan Tibet Permit tersebut atau ke government untuk mengecek validitas Tibet Permit nya. Kondisi penukaran tiket online ini merupakan pengalaman yang tidak akan gue lupakan karena proses nya itu memakan waktu lewat dari 30 menit bahkan nyaris 1 jam, gue inget banget ekspresi orang China ( yang satu baris antrian dengan gue ) antara gelisah sama udah engga sabaran nungguin proses penukaran tiket kelompok gue, sesekali ada orang China yang ngecek ke tempat gue buat lihat petugas tiket nya lagi ngapain sih :ngamuk:

Sampai akhir nya ketika sudah di tahap final pengecekan nama di bukti konfirmasi pembelian tiket online dengan nama di paspor, satu persatu teman kelompok gue sudah berhasil tercetak tiket fisik Chengdu ke Xining ke Lhasa nya. Dan ketika sudah di giliran gue, eh petugas nya malah kaya bingung gitu bolak balik liatin nama di paspor sama bukti konfirmasi, dan dia bilang nama nya beda, sehingga tiket fisik atas nama gue tidak bisa di cetak!!!!!  :kaget:

WTF, itu reaksi gue ketika pertama kali nya tau jawaban petugas seperti itu. Penyebab utama petugas tidak mau mencetak tiket fisik untuk gue karena di bukti konfirmasi pembelian tiket online gue terpaksa mengulang input nama ( karena nama gue cuma 1 suku nama ) untuk First Name dan Last Name di sistem Ctrip, sedangkan di paspor gue hanya memiliki 1 suku nama. Gue sempat berdebat sampai teman gue meminta panggil manager nya karena masalah ini, tapi karena kondisi antrian tidak kondusif dan juga petugas menyarankan untuk refund dan juga memang tidak ada solusi lain selain refund lalu membeli tiket baru, akhir nya gue lagi-lagi harus pasrah menerima kenyataan tersebut.

Dengan di bantu oleh seorang petugas pria di bagian pusat informasi yang bisa berbicara menggunakan bahasa inggris, gue pun akhir nya berhasil me-refund 2 tiket kereta api yang sudah di beli dan mendapat kembali uang sekitar 80% dari harga tiket. Lalu masih di bantu petugas pria yang sama. dia membantu gue untuk memotong antrian yang panjang untuk membeli 2 tiket jurusan Chengdu ke Xining dan Xining ke Lhasa. Tapi kabar buruk harus gue dapatkan kembali, ketika mengetahui bahwa yang tersedia hanya tiket jurusan Chengdu ke Xining, sedangkan tiket Xining ke Lhasa sudah habis.

Otomatis gue langsung tambah bingung lagi karena gue baru saja melakukan refund, masa tiket nya sudah habis. Tapi gue tidak bisa berkomentar banyak, selain pasrah dan memahami saran dari si petugas pria untuk membeli tiket on the spot jurusan Xining ke Lhasa ketika sudah sampai di stasiun Xining nanti nya. Thank you berat buat petugas pria itu sudah membantu gue membelikan tiket!

* * * * *

HAPPY ENDING

Makan Malam Penenang Pikiran di Kala Panik - Restoran Dekat Mrs.Panda Hostel

Makan Malam Penenang Pikiran di Kala Panik – Restoran Dekat Mrs.Panda Hostel

Sekembali nya gue ke penginapan sekitar jam 22.30 dalam keadaan lapar berat, gue pun akhir nya memilih mampir terlebih dulu di restoran dekat penginapan. Nafsu makan gue saat itu benar-benar hilang karena masih bingung dengan nasib tiket kereta Xining ke Lhasa, sehingga entah kenapa makanan nya terasa tidak menggungah selera walaupun sebenar nya menurut gue rasa nya enak.

Sehabis acara makan malam, gue pun mencoba mendinginkan pikiran dengan rebahan di ranjang, masih tetap berpikir kemungkinan terburuk yang akan gue alami ( seperti terpaksa membeli jadwal kereta Xining ke Lhasa di waktu yang berbeda dengan kelompok gue ) kalau seandai nya tidak ada tiket Xining ke Lhasa yang available dengan jadwal yang sama ketika beli on the spot di loket stasiun Xining nanti nya. Keadaan gue saat itu tidak tau lagi harus berbuat apa selain pasrah menunggu jadwal keberangkatan kereta besok siang dari Chengdu ke Xining.

Tiba-tiba teman gue si @GamaWardhani datang bersama teman nya asli orang China yang tinggal di Chengdu dan melihat kedatangan mereka, gue pun merceritakan kejadian yang barusan gue alami. Teman gue ini tidak ikut ketika tragedi gagal penukaran tiket karena memang waktu itu gue yang menyuruh kalau cukup kelompok cowok saja yang menukar tiket kereta api, sedangkan yang kelompok cewek nya pulang ke penginapan. Setelah mendengar curhat-an gue, somehow teman China nya teman gue ( sebut aja Miss Y ) langsung mengecek jadwal kereta secara online dan memang tiket kereta hard sleeper Xining ke Lhasa untuk tanggal 01 Oktober 2016 sudah habis. Gue sebenar nya masih bingung kenapa tiket kereta hard sleeper yang gue refund masih belum di jual lagi oleh sistem online.

Miss Y pun menyuruh gue untuk coba datang kembali ke Chengdu North Railway Station dengan harapan dapat ketika sampai di sana tersedia 1 slot tiket kereta tipe Hard Sleeper untuk jurusan Xining ke Lhasa. Akhir nya gue ber 4 pun bersama Miss Y berangkat ke station menggunakan taksi dan di sepanjang perjalanan Miss Y tetap membantu mengecek secara online ketersediaan tiket kereta nya, sedangkan gue sendiri bingung harus berbuat apa selain cuma bisa pasrah :wait:

Dan sampai ketika di satu momen sehabis hari sudah berganti tanggal ke 30 September 2016, Miss Y tiba-tiba berkata bahwa di sistem online tersedia 1 tiket kereta tipe Hard Sleeper jurusan Xining ke Lhasa dengan jadwal yang sama dengan kelompok gue, OMG, gue rasa nya senang sekali mendengar nya apalagi jarak stasiun Chengdu nya sudah dekat. Akhir nya sesampai nya di station, benar ada nya tiket tersedia, dan gue pun bisa membeli tiket kereta Xining – Lhasa dengan nama yang benar :cheer:

* * * * *

KESIMPULAN BELI TIKET KERETA API KE TIBET

Kalau anda mempunyai lebih dari satu nama, tidak masalah membeli di Ctrip sedangkan kalau anda hanya mempunyai satu suku nama, jangan sekali-kali mencoba beli di Ctrip!!! Alternatif nya coba beli di EtripChina, di sistem mereka tidak memerlukan input last name.

Kalau mau benar-benar aman dan terjamin, beli aja langsung tiket kereta api nya dari tour travel agent Tibet nya, gue dulu bandel memilih beli sendiri tiket kereta api nya, kalau tau kejadian gini mah gue pasti beli ke travel agent :sigh:

5 thoughts on “Hari 2 : Wisata Santai ke Rumah Panda di Chengdu

  1. Beny S

    Hi Frenkey,

    Jadi kalo beli tiket keretanya langsung di loket station, gak masalah ya walaupun nama kita cuma satu suku kata?

    Reply
    • Frenky Post author

      Ya walau bisa beli langsung di loket station, tapi ga di rekomendasiin beli di hari H-3 sampai H-1, belum tentu dapat slot soalnya. Dah paling benar beli di website yang bisa beli 1 suku nama atau engga titip ke travel agent nya sekalian ( ya walau ada fee ++ lagi ), tapi lebih aman jadi nya.

      Reply
      • Beny S

        Website yang kita bisa beli tiket kereta pake 1 suku nama itu hanya Etrip China ya? Atau ada yang lain juga?
        Dan kalau via etrip china bayarnya apa harus pakai Paypal atau bisa pakai credit card biasa?
        Thanks infonya yah.

        Reply
        • Frenky Post author

          Kalau sekarang sih baru tau nya ETrip ya, tapi alternatif nya, coba cari aja website yang bisa terima simbol buat last namenya kaya tanda titik atau spasi gitu.

          Untuk pembayaran biasa nya pakai credit card, paypal sama alipay. Yang credit card biasa nya kena tambahan charge lagi.

          Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: