Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

Sebelum gue mulai sharing, gue mau beritahu terlebih dahulu kalau postingan ini bukan lah pengalaman pribadi karena gue sendiri berhasil mendapatkan Visa Korea Selatan di Bulan September 2014 lalu ( dapat di baca di postingan Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan , terdapat juga cara mengecek status Visa Korea Selatan via Online ).

Sehingga postingan ini hanyalah sharing info dari berbagai sumber yang gue dapatkan jika anda menjadi salah satu calon turis yang Visa Korea Selatan nya di Tolak :crying:

 * * * * *

Status Visa Korea Selatan Di Tolak

Status Visa Korea Selatan Di Tolak

Mungkin anda langsung panik dan stress melihat status “Denied” di atas ketika mengecek status Visa Korea Selatan via Online? Apalagi di tambah tiket pesawat dan penginapan sudah di bayar dan tidak bisa di refund, kalau gue mengalami hal itu jujur juga pasti panik dan stress karena duit sekian juta udah pasti lenyap tak berbekas  :suram:

Maka nya sangat di sarankan JANGAN membeli tiket pesawat dan booking penginapan dulu kalau engga yakin di approved, soalnya dari Kedutaan Korea Selatan nya sendiri tidak meminta bukti tiket Pesawat PP dan Booking Penginapan. Tapi pengecualian buat tiket pesawat promo ya karena itu memang harus di beli di awal dan jauh-jauh hari sehingga mau engga mau harus yakin di approve Visa Korea nya :)

* * * * *

Apabila anda mengalami kejadian di atas dan masih ingin tetap berwisata ke Korea Selatan dengan mengeluarkan uang lebih untuk membeli tiket pesawat baru dan apply Visa Negara lain yang masuk dalam persyaratan maka gunakan saja Visa Transit Korea Selatan yang berlaku selama 30 hari.

Link Persyaratan nya sendiri tertera di sini :

1. Pada Website Kedutaan Korea Selatan untuk Indonesia search saja tentang “Bebas Visa”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Kedutaan Korea Selatan Untuk Indonesia

Pengumuman Bebas Visa pada Website Kedutaan Korea Selatan, Klik Untuk Perbesar

Pengumuman Bebas Visa pada Website Kedutaan Korea Selatan, Klik Untuk Perbesar

2. Pada Website HiKorea – EGovernment for Foreigners search saja tentang “Visa Free Entry of Foreigners” lalu baca pada bagian “Transit tourists bound for another country”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Hi Korea

Pengumuman Bebas Visa pada Website Hi Korea

Pengumuman Bebas Visa pada Website Hi Korea

3. Pada Website Korea Immigration Service search saja tentang “No-Visa Entry Policy for Foreigners in Transit” lalu baca pada bagian “No-Visa Entry for Transit Tourists (Existing Policy)”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Korea Immigration Service

Pengumuman Bebas Visa pada Website Imigrasi Korea Selatan

Pengumuman Bebas Visa pada Website Imigrasi Korea Selatan

Dari ketiga sumber diatas, pengertian bebas visa di atas arti nya BUKAN berarti kita ( Pemegang Passport Hijau Indonesia ) bisa masuk benar-benar bebas visa seperti ke negara ASEAN melainkan kita dapat menggunakan Visa JENIS TRANSIT 30 hari untuk masuk ke negara Korea Selatan ini dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Secara singkat syarat dan ketentuan nya dari ketiga gambar di atas adalah sebagai berikut :

1. Punya Visa Valid Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, New Zealand

2. Menuju atau Dari Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, New Zealand dan Transit di Korea Selatan

3. Menunjukkan Tiket Keluar dari Korea Selatan dalam 30 hari dengan tanggal pasti terhitung dari tanggal tiba ke Korea Selatan

 * * * * *

Sebagai contoh dengan asumsi menggunakan Visa Jepang untuk Point 1 ( Note : Bukan Bebas Visa Japan menggunakan E-Passport karena belum ada pengumuman terkait hal ini ), maka untuk Point 2 di atas dapat menggunakan rute – rute sebagai berikut :

  • Indonesia – Jepang – Korea – Indonesia
  • Indonesia – Kuala Lumpur – Korea – Jepang – Kuala Lumpur – Indonesia
  • Indonesia – Manila – Korea – Jepang – Kuala Lumpur – Indonesia
  • Indonesia – Korea – Jepang – Indonesia

Rute di atas hanya lah contoh, inti nya adalah rute untuk negara Jepang dan Korea Selatan harus berdampingan.

Untuk maskapai nya sendiri dari atau menuju antara Jepang dan Korea dapat di cek langsung di http://www.skyscanner.co.id/ atau bagi anda pecinta maskapai LCC dapat di coba maskapai ini Peach Airline harga nya cukup bersahabat di kantong :)

 * * * * *

 Berikut adalah 2 testimonial yang gue dapat dari Kaskus dan Facebook untuk para turis yang berhasil menggunakan Visa Transit Korea Selatan dari / ke Jepang tanpa ada masalah :)

Testimonial Visa Transit Korea Selatan - Sumber : Kaskus, Klik Untuk Perbesar

Testimonial Visa Transit Korea Selatan – Sumber : Kaskus, Klik Untuk Perbesar

Testimonial Visa Transit Korea Selatan, Sumber : Grup Backpacker Dunia - Facebook

Testimonial Visa Transit Korea Selatan, Sumber : Grup Backpacker Dunia – Facebook

Nah jadi buat anda yang kepikiran ingin pergi ke Jepang dan Korea sekaligus menggunakan Visa Jepang, tips dan trik ini dapat di gunakan, akhir kata selamat berlibur dan jangan lupa oleh-oleh nya! :relax:

 * * * * *

UPDATE : PER 1 MEI 2016 VISA TRANSIT KOREA MENGGUNAKAN VISA JEPANG TIDAK BERLAKU LAGI

Pengumuman Visa Transit Korea dengan Visa Jepang tidak berlaku lagi

Pengumuman Visa Transit Korea dengan Visa Jepang tidak berlaku lagi

Kabar buruk buat anda yang ingin masuk ke negara Korea menggunakan visa transit Korea dengan Visa Jepang, karena mulai per 1 MEI 2016, kebijakan tersebut sudah tidak berlaku lagi ( kecuali Group Visa Jepang ), sumber : Pemberitahuan Perubahan Kebijakaan Bebas Visa untuk WN Asing ( Website Kedutaan Korea di Indonesia ). :crying:

201 thoughts on “Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

  1. alfons

    Sy hrs coba ini pake visa waiver dulu. Tvl 7 maret. Tujuan jkrt narita incheon jakarta. Bgmn teman teman. Kpu berhasil sy imfo ke teman teman. Setuju kah sy tezt perjalanan dulu. ?? Mobon share nya. Tks

    Reply
  2. nisa

    Mas saya belum paham banget tentang visa transit ini.. masalahnya saya belum pernah berlibur ke luar negri. Tapi kebetulan antara bulan april dan mei saya hendak berkunjung ke korea.. saya baru mualai akn mengajukan visa untuk kekorea.. agak harap2 cemas si mas.. masalahnya u tuk pembuatan visa tabungan 3 bulan terakshir saya agak belang2. Di takutkan tidak berhasil. Untuk itu saya mau tau senadainya kalo tidak berhasil dg menggunakan visa transit itu bagaimana ya caranya……? Bisa di jelaskan lagi mas agar saya paham.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Nisa,

      Tetap percaya diri ya buat visa korea nya :hero:

      Untuk Visa Transit ini prinsip nya sih tinggal buat Visa Jepang ( sticker ) ya, cara buat nya di Membuat Visa Jepang

      Lalu beli tiket penerbangan dengan rute Indonesia – Jepang – Korea – Indonesia, nanti Nisa bisa masuk Korea menggunakan Visa Transit, visa transit ini tidak ada bentuk fisik nya ya :info:

      Reply
  3. Silvianti

    Udah ngikutin kayak di blog bikin visa mas frenky tapi barusan liat statusnya denied.
    Mau nanya ni mas kalau visa transit itu dapetnya dari mana? Aku kurang ngerti ni mas. Atau boleh saya add fb mas? Makasih sblmnya ya mas..

    Reply
    • Frenky Post author

      Waduh, belum jodoh berarti dengan visa Korea, mungkin ada dokumen yang kurang menyakinkan keadaan nya ya :confused:

      Visa Transit ini tidak ada bentuk fisik nya, jadi langsung datang saja ke negara tujuan nya.

      Langsung send message aja di facebook ya, nanti saya reply, engga usah di add hehe…

      Reply
    • Mala

      @ Silvianti : Wahh Visa km denied ? aduh aku baru aja apply Visa Korea. jadi degdegan euy.
      kalau boleh tau dakah dokumen yang ga km sertakan ???

      @ Kak Frenky : Kak Kalau Pake Via Transit gakan dipersulit keluar imigrasinya kan ? takutnya malah suruh stay di bandara aja lagi. :confused:

      Reply
      • Frenky Post author

        Hi Mala,

        Kalau saya baca testimonial orang yang berhasil masuk transit visa korea ini ya, agak dipersulit nya itu ketika akan mau flight ke korea nya karena kondisi passport tidak mempunyai visa korea :)

        Kalau di imigrasi korea kata nya sih lancar-lancar aja ya.

        Reply
        • Mukti

          Salam kenal mas frenky,

          Saya penasaran dgn cerita ‘agak’ dipersulit saat kita mau menuju korea tanpa visa korea. Boleh infonya mas kira2 seperti apa ya? Atau blog yg cerita terkait kondisi ini.
          Karena saya ada rencana perjalanan dari jepang ke korea di bulan april ini dan masih mencari2 info terkait proses “visa transit” ini.

          Terima kasih

          Reply
        • Frenky Post author

          Hi Mas Mukti,

          Prinsip nya yang mempersulit itu ketika akan check in penerbangan ke korea, pihak maskapai nya pasti akan bertanya kemana visa korea nya. Wajar sih hal tersebut karena kalau andai mas di deportasi, pasti pihak maskapai yang akan membayar biaya deportasi tersebut.

          Oleh karena itu, pastikan mas print out ya pengumuman terkait visa transit ini, untuk menyakinkan pihak maskapai kalau peraturan ini ada dan valid.

          Dan mungkin the worst case nya mas di suruh statement letter kalau di deportasi, mas yang nanggung biaya nya. Saya pernah baca sih testimonial nya di forum facebook, cuma engga saya screenshot :peace:

          Reply
  4. dayat

    Kalu rute nya dari jkrta korea jpang kira2 pas transit di korea bisa klwr dri bndra gx bli mknan apa minuman

    Reply
  5. Dalila

    Hai mas,

    Saya lila. Saya ada rencana ke Seoul bulan april ini, kira-kira kalo rutenya JKT – KL – Seoul – Osaka – Seoul – JKT – KL bisa gak ya pake visa Jepang? Atau boleh diinfoin rutenya yg bisa pake visa Jepang mas? Terima kasih.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Mba Dalila,

      Engga bisa mba, kemungkinan besar di tolak buat masuk Seoul lagi untuk kedua kali nya.

      Kalau mau aman pakai rute JKT – KL – Osaka – Seoul – KL – JKT.

      Reply
  6. Aris

    Mas, kalo rute perjalanannya Jakarta-Kuala Lumpur-Seoul-Osaka-Seoul-Kuala Lumpur-Jakarta, bisa masuk korea pake visa reguler jepang?

    Itu website dari kedutaan korea kan tertulis, “transit ke dan dari…”.

    Awalnya saya cuma berencana ke Korea dan udah beli tiket pp korea. Tapi tiba2 berubah pikiran pengen sambil melipir ke korea hehe

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Mas Aris,

      Saya pernah baca ada testimonial yang bisa bolak balik Seoul sih, persis rute yang mas rencana mau ambil ( Jakarta-Kuala Lumpur-Seoul-Osaka-Seoul-Kuala Lumpur-Jakarta ), tapi saya engga rekomendasikan ya karena itu tergantung petugas imigrasi nya juga yang jaga :peace:

      Kalau mau aman ya paling pakai dua visa sekalian ( Korea + Jepang ) hehe.. hati tenang, perjalanan tentram…

      Reply
  7. Dreamy Backpacker

    hi,,, nice blog ^_^

    sekedar share info
    btw kemarin aku cek ke kedutaan ternyata 3 syarat utama untuk dapet visa ini

    1. Flight harus direct ke Jepang, lalu ke Korea. Gak boleh lewat KL dulu
    2. Nggak boleh pake low cost carrier semacam AA, jadi harus pake Full service carrier macam GA dan SQ
    3. dan nggak boleh pake visa waiver, artinya wajib punya visa kunjungan biasa negara jepang

    ^ ^

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Mba Arum,

      Saya masih ragu untuk point 1 dan 2 sih, karena beberapa testimonial ( tidak saya screenshot, hanya pernah baca aja di forum ), lancar-lancar aja pakai maskapai LCC yang harus transit seperti AirAsia. Tapi saya belum pernah coba sendiri sih, jadi hanya berdasarkan testimonial orang lain hehe…

      Kalau point 3, mutlak saya percaya karena visa waiver seharus nya memang tidak masuk hitungan.

      Tapi tetap terima kasih banyak ya untuk tambahan info nya dan udah mampir di blog saya, cheers ^_^

      Reply
  8. Official Murad

    Mau tanya kalo rute saya semarang-KL-KIX-BUSAN-KL-semarang bisa ga pakai visajapan yang single entry ?
    Apakah harus nginep dulu di jepang dulu? Minimal brp hari?
    Saya akan berangkat 9 maret-14 maret
    Mohon dibantu

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi,

      Rute yang dipakai bisa untuk masuk Korea dengan Visa Transit menggunakan Visa Japan ( Sticker ), banyak pengalaman orang yang berhasil dengan rute tersebut.

      Pasti nya harus menginap dulu di Jepang ya, walau tidak ada aturan pasti, tapi setidak nya menginap 3 hari ya biar kesan nya ada wisata dulu di Jepang gitu.

      Reply
  9. huza

    Saudra prenky..
    Da tmen sya kmrin udh mnsuk korea menggunakan visa stiker jepang dgn rute jakarta-jepang-korea-jakarta..v pas mau mnsuk korea dia di ksh kbar kalau mulai januari 2016 visa stiker gk brlku ug lho mau transit korea..ahirx dia lgsung bli tiket g n lgsung plang ke jakarta..
    Prtxaan sya bner gk kalau visa stiker jepang skrg udh gk bisa di gunakan transit korea..
    Mksh..

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Mas Huza,

      Teman nya di kasih kabar oleh siapa? Kalau menurut saya sih masih valid ya, soalnya info bebas ini masih terdapat di website kedutaan korea.

      Kalau saya tebak-tebak sih seperti nya dari pihak maskapai Jepang ke Korea nya tidak kasih check in karena ketidaktahuan info Visa Transit Korea ini, maka oleh itu menurut saya butuh di print out info Bebas Visa nya yang ada di website ( yang versi Bahasa Inggris ) lalu tunjukkan ke petugas maskapai.

      Reply
  10. Tesla Nur Restha Maulany

    Hi kak aku Tesla
    Mau tanya lagi ni
    Untuk pengajuan visa kan bagi yang belum bekerja pakai bukti keuangan dari orang tua
    Kebetulan ibu aku belum punya rekening, rencananya akan bikin rekening dulu, otomatis kan cuma tertera dana sekian juta
    Kira kira pihak kedutaan curiga tidak ? Saya takutnya visa saya tidak bisa di proses

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Tesla,

      Sebenar nya cukup mencurigakan sih keadaan nya, apakah tidak ada rekening keluarga lain yang lebih baik history keuangan nya? misalnya punya ayah atau kakak kandung, opsi ini bisa dipakai juga.

      Tapi kalau tidak ada pilihan lain, ya di coba saja, mau bagaimana lagi haha.. kecuali kamu nya mau nunggu hingga bekerja dan punya rekening tabungan yang history nya bagus :)

      Reply
  11. huza

    Truz pa yng hrus sya lkukan skrg sya udh da di hongkong ni..sdgkan visa sya visa waiver..bsa gak mengajukan visa stiker di hongkong..
    Trmksh..

    Reply
    • Frenky Post author

      Setau saya bisa Apply Visa Jepang di Hongkong hanya jika punya permit Visa Kerja, Kuliah atau Semacam nya ( Long term Visit ) di Hongkong. Kalau di Hongkong hanya untuk tujuan sebagai turis atau business trip ( Short term Visitor ), hanya bisa Apply Visa Jepang di home country ( Indonesia ).

      Lebih jelas nya coba tanya Kedutaan Jepang di Hongkong ya
      http://www.hk.emb-japan.go.jp/eng/index.html

      Reply
    • Frenky Post author

      Walau bukan pengalaman pribadi tapi seharus nya bisa, nanti kalau di tanya bilang saja mau ada keperluan transit ke negara Korea dengan Visa Jepang nya.

      Reply
  12. huza

    Frenky sya mw txa..
    sya mw mnsuk korea menggunakan visa jepang wiper (e paspor)..dgn rute hongkong-korea-jepang-hongkong..bsa gk sya lolos di imigrasi korea..
    trmksh..

    Reply
  13. Marten

    Gini pak frenkey.. Visa jepang saya di tolak.. Bisakah saya mengganti passport lama menjadi e passport untuk dapat bebas visa? Makasih

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Pak Marten,

      Untuk masalah Passport Lama ganti E-Passport sih bisa-bisa aja, cuma masalah nya nanti di imigrasi Jepang takut engga di kasi masuk perihal status reject sebelum nya, walaupun nomor passport nya berubah siapa tau mereka mengecek lewat nama dan tanggal lahir :)

      Tapi mohon maaf, untuk hal ini saya engga bisa kasih info karena belum pernah baca kasus yang seperti Pak Marten alami, kalau saya sih lebih baik nunggu dulu terus coba apply lagi dengan dokumen yang lebih lengkap.

      Reply
  14. wulan

    hallo mas mau tanya, kalo misal (amit-amit) visa korea saya ditolak. sedangkan saya udah beli tiket jkt-kl-busan & seoul-kl-jkt. terus saya mau coba ke korea pake visa jepang, kira2 bisa ga ya rutenya jadi jkt-kl-busan-jepang (cuma sehari)-busan? jadi masuk koreanya 2 kali tp pas masuk yg pertama cuma transit buat ke jepang udh gtu di jepangnya cuma sehari sedangkan dikoreanya seminggu.

    makasih, maaf kalo ngebingungin hehe

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Wulan,

      Tidak bisa masuk 2x Korea, pasti denied oleh imigrasi Korea, karena pas masuk Korea pertama kali ada sticker 30hari yang di tempelkan di passport.

      Berharap saja Visa Korea nya lancar proses pengajuan nya :peace:

      Reply
  15. yoyok

    hi pak frenky, kl pke visa transit dr jkt-jpn pake air asia ,dr jpn-korea pke korean air ,trs pulangnya dr korea – jkt pke air asia lagi apakah bole? air asia hrs transit KL dl bkn lsg jkt.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Pak Yoyok,

      Boleh saja, tidak ada masalah transit dulu pulang via Kuala Lumpur, nanti prepare aja hardcopy tiket pulang nya dari Korea jaga-jaga jika di minta imigrasi Korea untuk di perlihatkan.

      Reply
  16. Titi rahman

    Siang mas frengky saya kemaren baru saja di tolak pengajuan visa ke korea selatan yang ngurus melalui agent tanpa alasan yang jelas,saya mau bertanya apakah bisa ajuin visa jepang terus ke korea dengan memakai Epassport,trus kiat apa adja yang harus saya buat karena passport saya dibuat di jakarta karena saya sekarang stay di jakarta sementara KTP saya KTP daerah sulawesi yang dimana di sulawesi gak ada kantor pembantu kedutaan jepang tolong info lengkapnya mas terima kasih :calm:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Mba Titi,

      Jika ingin menggunakan visa transit, jangan menggunakan Visa Waiver Jepang E-Passport, tidak berlaku.

      Apply Visa Sticker Jepang biasa, dan Jika KTP nya daerah Sulawesi, maka untuk pengajuan visa Jepang hanya bisa di buat di :

      “Kantor Konsuler Jepang di Makassar”
      Wilayah Yurisdiksi (wilayah kerja) :
      Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua (Irian Jaya), Papua Barat

      Untuk pembuatan Visa Jepang, bisa di baca pengalaman saya di
      http://frenkeyblog.com/cara-syarat-dan-pengalaman-mengurus-visa-jepang/

      Reply
  17. jessi

    iya visa sticker biasa bkn visa waiver(E pasport).jd tidak perlu menggunakan maskapai yg harus ada kerjasama antara jepang dan korea ???

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup tidak perlu, bebas menggunakan maskapai apapun asal rute pesawat nya harus direct antara Jepang ke Korea atau Korea ke Jepang.

      Reply
  18. jessi

    halo mas frenky..saya sdh punya visa jepang rcn mau pake visa jepang transit masuk korea tp saya kesulitan cari travel tour yg bs ngurus tiket transit ini..kebanyakan travel saya tanya harus punya visa korea sama jepang baru bisa beli tiketnya.berhubung saya domisili di daerah jarang travelnya. mas frenky bisa rekomendasikn travel tour dijkt yg bisa ngurusin tiket transit ini..oh ya beli tiketnya yg sdh terbukti kevalidannya yg pisah2 atau yg terusan ( perpaket) ???? makasih mas

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Jessi,

      Visa Jepang di sini maksud nya Visa Jepang berupa stiker di passport kan ya?

      Untuk rekomendasi tour travel, maaf saya engga bisa bantu kasih info.

      Kalau menurut saya lebih baik langsung beli tiket nya saja di situs maskapai http://www.flypeach.com/home.aspx ( Fly Peach ), rute nya hanya tersedia dari Bandara Osaka ( KIX ) menuju Incheon atau Busan, tinggal pilih saja yang terbaik. Pembayaran menggunakan kartu kredit.

      Beli tiket nya terpisah dan beda maskapai juga tidak apa-apa, asal wajib bisa menunjukkan bukti TIKET KELUAR Korea dan tiket masuk Korea dari Jepang ( Boarding Pass ).

      Reply
    • Frenky Post author

      Hi Yanah,

      Tidak bisa karena pada aturan nya tidak di jelaskan tentang negara Hongkong masuk sebagai syarat.

      Reply
  19. ihsani sasha

    Mas, aku mau ke korea taun depan, aku punya visa jepang tapi waiver bekas winter taun kemarin. tapi kan gabisa ya, tapi tetep taun depan aku mau ke osaka dulu sebelum ke korea. jadi PR ku antara bikin visa korea atau single entry visa jepang kan ya? apakah nggak masalah aku masih punya visa waiver yang berlaku, tapi ngajuin single visa jepang lagi? atau mending coba bikin visa korea (yang katanya sulit)? apakah kalau punya temen warga korea dan dia bisa nulis letter as a guarantor, kemungkinan visa lolos bakal lebih besar? trus hitungan aman rekening kan 1,5 juta per hari, let’s say aku di jepang 3 hari dan di korea 4 hari, nah misal aku pilih bikin visa korea, apakah yang dihitung cuma jumlah hari aku di korea aja, atau semuanya juga? tapi kan sebenarnya nggak ada urusannya ya dengan yang di jepang, karena toh nanti aku bakal pake 2 visa, waiver buat pas di jepang, dan visa single entry korea (kalau lolos) buat ke korea. tapi apakah tabungannya bakal dipermasalahkan kalau ketauan kita mau ke jepang dulu sebelum ke korea?

    thanks a lot, maaf bikin pusing. hehehe

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Ihsani,

      Pertanyaan nya saya coba jawab satu-satu ya
      1. “jadi PR ku antara bikin visa korea atau single entry visa jepang kan ya?” Jika mau ke Korea sekaligus Jepang, cukup buat Visa Jepang Single Entry saja

      2. “apakah nggak masalah aku masih punya visa waiver yang berlaku, tapi ngajuin single visa jepang lagi?” Tidak ada masalah dengan masalah ini karena ketika pengajuan Visa Jepang, tiket Pulang Pergi Jepang dan itinerary perjalanan perlu di lampirkan, jadi kedutaan sudah tau harus nya tujuan kamu akan mampir di Korea juga berdasarkan dua dokumen tersebut

      3. “atau mending coba bikin visa korea (yang katanya sulit)?” Opsi ini lebih baik tidak di pakai, tidak efisien secara biaya, lebih baik uang nya buat beli tiket Osaka ke Seoul

      4. “apakah kalau punya temen warga korea dan dia bisa nulis letter as a guarantor, kemungkinan visa lolos bakal lebih besar?” Opsi ini juga jangan di pakai, karena hal ini justru malah tambah mempersulit, kesan nya kamu akan jadi imigran gelap yang punya guarantor di Korea sana

      5. “nah misal aku pilih bikin visa korea, apakah yang dihitung cuma jumlah hari aku di korea aja, atau semuanya juga?” Yup benar, cukup hitung hari selama kamu di Korea saja

      Kesimpulan nya lebih baik apply Visa Jepang saja dan beli terlebih dulu tiket Osaka ke Seoul nya, Good Luck! :keren:

      Reply
  20. Andy

    Gan Franky..
    Mwu tanya.. Saya rencana Mwu Transit korea 3 hari, dengan Rute; Jkt- Korsel- Jepang- Jkt. Saya transit korea 3 hari dengan Modal Cuma punya Visa Waifer jepang, yg saya mwu tanyakan bisa gak saya Trnsit korea melewati imigrasi Korsel ??
    Mohon infonya Trims.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Andy,

      Saya pernah baca di forum ada yang di tolak masuk ke Korea bermodalkan Visa Waiver Jepang ( E-Passport ), jadi lebih baik apply Visa Jepang Single Entry ( Sticker ) agar lebih pasti kebenaran nya untuk dapat masuk ke Korea

      Reply
  21. wiwit

    halo mas frenkie salam kenal,
    tulisannya sangat bermanfaat sekali, ada hal yg mau saya tanyakan mas,
    kalo saya mau apply visa jepang dan akan ke korea dengan visa transit, untuk saldo ditabungan
    amannya berapa yaa? karena kan akan ke 2 negara, apa kedubes jpg akan concern kesitu yaa?
    apa bisa menggunakam rumus yg pernah mas frenkie share yah (1,5 jt dikali hari)

    mohom pencerahannya mas

    terima kasih :cheer:

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Wiwit,

      Mungkin sebaik nya di kisaran MINIMAL 15 juta ya kalau bicara titik aman nya. Tapi Visa Jepang harus nya lebih mudah di bandingkan Korea karena dokumen yang di lampirkan juga lebih lengkap seperti ada nya bukti tiket pesawat masuk keluar Jepang, booking penginapan, itinerary.

      Jadi di lengkapi aja semua dokumen yang di minta dan buat itinerary nya lebih ke sight seeing saja agar tidak terkesan menghabiskan uang banyak :evilsmirk:

      Reply
  22. Fathurahman

    Pak…mo ada yg d tnyain lg nih…
    Bgni pa..paspor sy br aja d perbaharui ke e -paspor,apa sy bs mengajukan visa kunjungan yg biasa?( bkn visa waiver)
    Klo bisa…apa sy bs ke korsel dlu dg rute jkt-korsel-jepang-jkt yg mana paspor sy msh polos kcuali visa jpg tsb?..jd blm ada stempel msk negara lain.mhn pnjelasanya pa..mksh

    Reply
  23. Manda

    Hi Mas Frenkey,

    mau tanya jika saya mau pergi ke Korea – Jepang (April) dan US (Juli). Apa saya bisa pakai visa US untuk kunjungan wisata ke Korea dan Jepang? Thank you.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Manda,

      Karena masa pergi nya tidak berbarengan antara US dan Korea, jadi tidak bisa menggunakan visa US untuk masuk ke Korea nya. Visa US nya bisa dipakai masuk ke Korea jika rute penerbangan nya Indonesia – [ US – Korea ] atau [ Korea – US ] – Indonesia, dan harus bisa menyerahkan dokumen tiket penerbangan keluar dari Korea nya di imigrasi Korea.

      Kalau untuk masuk ke Jepang tidak bisa menggunakan visa US.

      Reply
  24. Angel Rattu

    Hi .agan frenky. tanya nih..apply visa jepang utk transit ke korea. Beli tiket transit ke korea nya dari indonesia kah ? Atau dari jepang? Misal beli tiket indonesia- jepang. Nah dari jepang beli tiket transit ke korea. At beli tiket ke koreanya dari indonesia ? Minta pencerahannya.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Angel,

      Untuk aman nya dan sudah terbukti ke valid an nya, beli tiket nya Indonesia – ( Transit ) – Jepang – Korea – ( Transit ) – Indonesia ya.

      Prinsip nya Jepang – Korea harus direct ya lalu selebih nya boleh transit dulu di mana gitu :)

      Reply
  25. virhan

    gan….mw tax nihh…
    visa aku di tolak..trus klu mw pakek visa transit tapi paspor.a masih kosong blum ada cap ? bisa gag….

    Reply
    • Frenky Post author

      Seharus nya tidak mungkin kosong passpor nya karena untuk visa transit ini harus ada bukti visa negara lain yang sudah tercantum di passpor.

      Sebagai contoh memakai visa transit dari negara Jepang, ambil rute nya Jakarta – Tokyo / Osaka ( Via Kuala Lumpur ) lalu baru ke Seoul – Jakarta, maka sudah pasti passport nya tidak akan kosong.

      Coba di apply dulu aja visa negara lain nya dulu :)

      Reply
  26. Fathurahman

    Mas frenkey..msalnya kta masuk dg visa transit ke korsel pke visa jepang..apa di imigrasi korsel di tanyakan mengenai booking hotel selama kita di korsel? Mksh…

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Fathurahman,

      Kalau menurut saya tidak di tanyakan tentang booking penginapan, fokus nya lebih ke tiket keluar Korea nya, tapi lebih baik tetap di siapkan agar lebih siap jika kebetulan lagi apes di tanyakan :)

      Reply
  27. andy

    Aku sdh ada e-visa jepang (free visa e-pasport), kira2 bisa ga ya masuk korea pake visa transit?
    Apakah waktu keluar jpg di cek pasport & visa korea nya?, klo ga ada takutnya ga bole naik pswt kan ga lucu. Hehe..

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Andy,

      Tidak bisa menggunakan E-Passport dengan Visa Waiver Jepang untuk dapat masuk ke Korea Selatan menggunakan Visa Transit. Harus menggunakan Visa Jepang yang Sticker Biasa.

      Saya pernah baca sharing seorang traveller Indonesia di forum yang di tolak masuk ke Korea Selatan karena mencoba menggunakan Visa Waiver Jepang ( E-Passport ) dan di deportasi lagi ke Jepang akhir nya, tiket Korea ke Indonesia nya pun hangus akhir nya :(

      Reply
  28. Yuyun Darma

    Mas frenky kalo rutenya jakarta-kuala lumpur-jepang-korea-jakarta applynya visa jepang aja bisa masuk korea mas? atau adakah file yg harus saya print untuk menyakinkan pihak imigrasi seandainya nanti ada pertanyaan. Terimakasih sebelumnya

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Yuyun,

      Dengan rute jakarta-kuala lumpur-jepang-korea-jakarta itu valid masuk Korea dengan Visa Jepang.

      Di print saja tiket penerbangan keluar dari Korea nya dan info tentang Visa Transit ini pada website imigrasi Korea ( link terlampir pada post ini, print yang berbahasa inggris ya ) :)

      Reply
  29. William

    Pak maaf saya ingin menanyakan kalau saya sempat di tolak visa korea ny, kalau saya apply visa jepang lagi ap ad masalah?

    1 lagi kalau visa jepang sudah dapat dr rute sy jkt-kul-icn-kix-kul-jkt bisa pak? Saya sempat di tolak visa korea ny dan sudah ad stempel ny

    Reply
    • Frenky Post author

      Tidak ada masalah kalau mau apply Visa Jepang walau Visa Korea nya di tolak.

      Rute nya valid, nanti jangan lupa di print out keterangan tentang Visa Transit Korea ini baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, jaga-jaga kalau staff penerbangan melarang anda untuk naik ke pesawat karena masalah tidak ada Visa Korea ini, sedia payung sebelum hujan bro :)

      Reply
  30. Winson

    Hi Frenky,

    Thank you so much for the reply.
    Maaf tapi ada beberapa pertanyaan lagi boleh?

    1. Disini disebut terus “visa transit” tapi memang pakai visa jepangnya yang visa kunjungan kan yah? Jadi maksud visa transit itu apa yah?

    2. Untuk tiket yang dibeli, apa harus tiket yang melampirkan “Jakarta-jepang-korea-jakarta”? Atau bisa beli tiket pisah-pisah, seperti “jakarta-jepang” lalu beli “jepang-korea” dst?

    3. Di kasus teman saya, dia sudah beli tiket duluan sebelum ditolak dengan rute “jakarta-korea-jakarta”. Apakah tiket pulang yang “korea-jakarta” itu bisa dipakai? Dan karena dibelinya sepaket, di tiketnya ada tulisan diatasnya rute berangkat “jakarta-korea”. Apakah bisa dipersulit kalau seperti itu?

    Terima kasih banyak yah Frenky :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Winson,

      1. Visa Transit di sini maksud nya di lihat dari sisi Imigrasi Korea, jadi cuma numpang masuk negara Korea sebagai negara Transit sebelum masuk / keluar ke / dari negara tujuan utama dalam hal ini Jepang.
      Pakai nya tetap Visa Jepang Kunjungan / Turis, syarat nya dapat di lihat di sini http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html atau kalau mau baca pengalaman saya juga juga boleh disini http://frenkeyblog.com/cara-syarat-dan-pengalaman-mengurus-visa-jepang/ :)

      2. Terpisah-pisah juga tidak apa-apa. Itu contoh kasus yang screenshot KASKUS, maskapai yang di gunakan berbeda-beda ( Peach Air, Cebu Air, AirAsia )

      3. Kalau hal ini saya tidak bisa jawab, tapi lebih baik mungkin di split jadi 2 kode Booking ya ( Jakarta-Korea, Korea-Jakarta ), tinggal request split saja ke maskapai

      Reply
  31. Winson

    Selamat malam mas frenky. Terima kasih atas blognya. Sangat membantu.

    Jadi salah satu teman saya ditolak visa koreanya. Tapi sudah bayar untuk 4 tiket dan 4 hotel. Jadi dia memutuskan untuk pakai cara transit jepang ini.

    Saya ada beberapa pertanyaan:
    1. Apakah akan dipersulit untuk masuk korea jika ada cap “denied” di passportnya?

    2. Apakah dia perlu membawa bukti print peraturan “bebas visa” dari website korean embassy?

    3. Apakah peraturan visa transit jepang ke korea ini masih berlaku sampai sekarang? Karena sudah ditanyakan ke travel agent dan korean embassynya, dan mereka bilang tidak bisa.

    Balas ke email juga boleh kok mas. Karena saya mungkin ada pertanyaan lain.

    Terima kasih banyak mas frenky. :)

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Winson,

      1. Untuk hal ini saya pernah baca kasus ada yang pernah di reject juga karena kata nya gara-gara Visa Korea di tolak, tapi pada foto yang cantumkan di post ini juga Visa Korea nya di tolak tapi pada akhir nya sukses dapat Visa Transit, jadi menurut saya sih ini tergantung kebijakan nya petugas Imigrasi. Saran dari saya begitu di meja imigrasi, langsung lampirkan tiket keluar dari Korea nya dan halaman passport dengan Sticker Visa Jepang

      2. Boleh di print tapi di keluarkan nya nanti saja jika petugas imigrasi Korea nya tidak mengeluarkan visa transit nya.

      3. 100% masih berlaku karena di website kedutaan Korea ( Indonesia ) masih tercantum artikel “Bebas Visa” nya
      http://idn.mofa.go.kr/webmodule/htsboard/template/read/legengreadboard.jsp?typeID=16&boardid=13747&seqno=678849

      Reply
  32. murad

    Mau bertanya pak.
    Kalo saya ada rute begini
    Jakarta-kualalumpur-osaka-busan-kualalumpur-jakarta
    Pakai airasia.
    Nah dari osaka sampai jam 8pagi siangnya jam 2 langsung ke busan gitu pake visa jeoang bisa tidak?

    Terimakasih.

    Reply
    • Frenky Post author

      Bisa, dengan catatan tiket pulang nya nanti di tunjukkan ke pihak imigrasi dan juga kalau bisa tidak punya history ditolak visa korea nya sebelum nya ( jika pernah apply sebelum nya ) :)

      Reply
  33. David

    Pak Frenky, saya mau tanya.
    visa korea saya sedang proses pengajuan, dan minggu depan baru tau keputusannya. prepare for the worst apabila di tolak, mungkin saya akan apply visa jepang untuk masuk ke korea. Pertanyaan saya, visa jepang yang di apply itu visa kunjungan jepang atau visa transit? saya cek di website kedutaan Jepang ada pilihan tersebut.

    Terimakasih atas jawabannya.

    Reply
  34. Teddy

    Mohon info nya pak, anak saya kuliah di china, rencana nya d bulan november kami akan mengajak dia berlibur ke Korea Selatan, apakah anak saya bisa mengajukan visa Korsel di China karena kami akan langsung ketemuan di Airport Incheon. Oh iya kami sekeluarga punya Visa USA yang masih valid . Dan pada bulan Agustus tahun ini kami pernah berlibur ke Taiwan menggunakan visa single entry wisata . Thanks atas info nya.

    Reply
  35. Futri Rizki Novita

    Sore Pak Frenky, bisa bantu saya untuk pembuatan visa korea..? Soalnya bulan maret kemarin visa saya di tolak kedutaan korea. Sekiranya Bapak bisa bantu saya, tolong email ke alamat email saya.. Terimakasih banyak..

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Futri,

      Maaf nih saya tidak bisa bantu untuk pembuatan nya, tapi saya bisa kasih saran lebih baik coba apply visa Jepang saja, lalu gunakan visa transit Korea ini untuk masuk ke Korea nya, Visa Jepang lebih mudah proses apply dan tingkat approval nya juga tinggi.

      Resiko nya? Pengeluaran nya agak berlebih karena harus beli tiket juga ke Jepang :)

      Reply
  36. christin

    malam ….. saya mau nanya anak saya kan study di amerika rencana nya mau ke korea apa bisa pake visa transit atau harus apply visa korea ? Berangkat nya dari indonesia , jadi pulang indo dulu baru ke korea. Tiketnya jkt – seoul – jkt Makasih.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Christin,

      itu maksud tiket nya Jakarta – Seoul – Amerika kah? Kalau iya jawaban nya bisa.

      Tapi kalau rute nya Jakarta – Seoul – Jakarta tidak bisa, untuk kasus ini harus apply visa wisata korea :)

      Reply
  37. Tata

    Gan Frenky, makasih banget buat infonya :).
    Btw saya punya free visa jepang e-passport itu, kalau rute perjalanannya kayak gini, apakah bisa masuk korea tanpa visa juga?
    Jakarta-tokyo-korea-tokyo-jakarta

    Makasih sebelumnya :).
    Sukses selalu!

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Tata,

      Untuk E-Passport itu masih belum ada bukti nyata sharing di forum, jadi sementara hanya valid untuk visa Jepang berupa stiker di passport.

      Rute nya sendiri tidak valid karena nama nya Visa Transit jadi rute negara Jepang tidak boleh dua kali :)

      Reply
  38. Susi

    Salam..!
    Pak,mohon bertanya,klo rute sy ,jkt-korea-jepang-new york.
    Pulangnya: new york- jakarta,
    Paspor biasa(non elektronik),apa sy jg bisa masuk jepannya tanpa visa .?
    mohon infonya.
    Terima Kasih.!

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Susi,

      Untuk kasus rute yang di sebutkan, tetap harus mempunyai Visa Jepang untuk sebagai syarat bisa masuk ke negara Jepang dan transit di negara Korea.

      Reply
    • Susi

      Pak.Frenky.
      Klo gitu ,klo rute sy ,Jkt-new York….New York-Korea Selatan- Jkt…..berarti sy tidak perlu visa korea ,ya..!
      Terima Kasih,atas infonya.

      Reply
      • Frenky Post author

        Ya benar sekali,

        Rute New York – Korea Selatan – Jakarta cocok dengan persyaratan yang tertera di situs imigrasi Korea untuk mendapatkan visa Transit Korea, cukup menunjukkan tiket pulang ke Jakarta saja nanti di imigrasi nya ;)

        Reply
        • Susi

          Malam.
          Sy mo tanya lagi,apa sy bisa apply visa transit,utk stay di jepang selama 3 hari…?
          Terima kasih.

          Reply
          • Frenky Post author

            Bisa, Persyaratan Visa Transit Jepang ( http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_4.html#transit ) harga Rp 80.000

            Info :
            http://www.id.emb-japan.go.jp/link_faq.html

            8. Saya berencana pergi ke Amerika melalui Jepang. Apakah perlu visa?
            Jawab: Ya, Anda perlu Visa. Cara yang harus dilakukan untuk masuk wilayah Jepang adalah sebagai berikut:
            Mengajukan permohonan visa transit di Bagian Visa Kedutaan Besar Jepang. Bila Anda memiliki visa transit, maka Anda dapat tinggal di Jepang selama 15 hari. Ada dua jenis visa transit, yaitu single dan double. Bagi pemegang double transit visa, dapat transit di Jepang pada saat berangkat dan kepulangan. Harga sama saja.

            Reply
            • Susi

              Malam….
              sy mohon info lagi,saat ini adik sy study di amerika…
              Apa bisa dia apply visa jepang n kanada di kedubes jepang n kanada di new york.?
              Thanks.

              Reply
              • Frenky Post author

                Yang ini saya tidak bisa bantu jawab ya karena tidak ada pengalaman dan info sama sekali :(

              • Susi

                Hallo…Frenky.!
                Barusan sy mo booking tiket di bayu buana ,rute jkt -seoul-new york-jkt….
                Tp kata travel agent nya,sy harus apply visa korea,klo mo stay di korea 4 malam…..
                Klo free visa gak bisa…itu cuma khusus yg naek korean air….
                sy jadi ragu nih…apa skr peraturannya beda…? mohon infonya . Thanks

          • Frenky Post author

            Hallo…Frenky.!
            Barusan sy mo booking tiket di bayu buana ,rute jkt -seoul-new york-jkt….
            Tp kata travel agent nya,sy harus apply visa korea,klo mo stay di korea 4 malam…..
            Klo free visa gak bisa…itu cuma khusus yg naek korean air….
            sy jadi ragu nih…apa skr peraturannya beda…? mohon infonya . Thanks

            ==========================================================

            Saya pernah baca kasus yg di alami Susi, memang orang tour suka rekomendasi selalu pake Korean Air dan kemungkinan jawaban dari kedutaan Korea di Jakarta juga rekomendasiin naik Korean Air untuk alasan yang tidak di ketahui, padahal seharus nya TIDAK perlu harus naik Korean Air, itu bukti nya yang di foto naik Cebu Air sama Air Asia bisa-bisa aja masuk korea dengan Visa Transit :)

            Peraturan tetap sama karena itu dari website imigrasi Korea Selatan langsung, percaya saja dengan peraturan nya ;)

            Reply
    • Frenky Post author

      Tidak ada bos, kalau butuh bukti print, print halaman di web kedutaan korea aja yang menyatakan dapat menggunakan visa transit Korea dengan visa Jepang :)

      Reply
    • Dina

      Hi Frenky,
      Mohon infonya ya, anak saya ikut program aiesec ke Korea selama 6 minggu, pd akhir program sebelum kembali ke Indonesia rencananya mau main ke Jepang dulu. 3-4 hari.. Visa apa yang harus saya buat …apa perlu visa Korea & Jepang .
      Thanks

      Reply
      • Frenky Post author

        Hi Dina,

        Berhubung ke Korea nya tujuan nya buat program AIESEC dan juga lebih dari 30 hari tinggal di Korea nya, jadi HARUS apply Visa Korea dan Visa Jepang

        Reply
  39. atief telulas

    bos. .ni visa jepang gue udah ada. .gue pengen mampir ke korea. .yang ane bingungin. .tentang VISA TRANSIT. .gue perlu Bikin atau asal berangkat aja. .nanti di korea tinggal nunjukin tiket sama visa jepang gue. .atau gmn?

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Atief,

      Tidak perlu buat Visa Korea, cukup kasih lihat saja Tiket Keberangkatan / Kepulangan – dari / ke Jepang lalu tiket keluar dari Korea Selatan, jangan lupa Visa Jepang nya di siapkan ya :)

      Reply
  40. inry

    haii..
    salam kenal..

    mau nanya donk soal visa transit ini..
    april lalu kan aku ke japan, dan karena tergiur free visanya jadi aku ganti passport menjadi e-passport..
    nah, karena sudah epassport dan sudah ngajuin free visa bulan maret lalu, jadi aku udah dapat stamp free visa yang berlaku selama 3 tahun, jadi sampe tahun 2018 aku bisa bebas keluar masuk japan,, (cihuuuyy!! haha =p)

    nah, pertanyaanku :
    1. klo visa transitnya ini apa harus dpt visa japan (yang tanpa free visa krn epassport) atau pake free visa yang epassport juga bisa?
    soalnya klo (amit2) pengajuan visa koreaku di tolak, terus mau coba pake visa transit ini kan brarti yang paling deket ke japan. nah ke japan brarti aku sudah ga perlu ajuin visa lagi. lah klo ga bisa pake yg free visa gimana donk? huhu >.<

    2. klo misalnya utk visa transit korea ini brarti rutenya :
    indo – korea – japan – indo ATAU indo – (harus) japan (dulu) – korea – indo ?
    atau gajadi masalah yang mana duluan?

    untuk visa transit korea ini, kita ga perlu ke kedubes korea lagi untuk urus ini itu kan? langsung aja kan?

    thanks

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Inry,

      1. Sampai sekarang saya belum baca testimonial di forum-forum traveller dari turis Indonesia yang memakai Visa Jepang jenis E-Passport untuk masuk ke Korea, jadi belum bisa di pastikan ke-validan nya, mungkin Inry mau jadi tester lalu testi balik ke sini? hahaha…

      2. Tidak masalah yang mana duluan antara Jepang – Korea, yang PENTING BERDAMPINGAN karena sifat nya transit sebelum ke destinasi tujuan berikut nya.

      Yup langsung saja ke negara Korea Selatan nya, orang imigrasi sana sudah mengerti tentang peraturan visa transit ini :)

      Reply
  41. christ chen

    salam kenalgan mau tanya nih dengar2 katanya kalo pake e pasport bisa ya, trus juga kalo di bagaian imigrasinya cuman diminta tunjukin tiket sama pasportnya doang y,mohon petunjuknya

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Christ,

      Kalau saya bilang sih bisa ya, tapi untuk aman rute nya lebih baik ambil ke Jepang dulu baru ke Korea, jadi setidak nya sudah punya cap masuk ke Jepang nya :)

      Untuk lebih jelas dan pasti nya sih lebih baik hubungi kedutaan Korea langsung yang di Jakarta ;)

      Reply
        • Frenky Post author

          Kalau masalah testimoni, belum ada nih kalau pake e-passport, tapi kalaupun ada dan gw nemu, nanti gw update lagi ya di blog gw ;)

          Reply
  42. Eka

    Gan,klo kasus kayak ane gini gimana ya?
    Ane udah kerja hampir finish kontrak di taiwan klo ane mau maen dulu ke korea gitu bisa kagak ya pake visa transit itu trus langsung pulang ke Indonesia?

    Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: