Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

Sebelum gue mulai sharing, gue mau beritahu terlebih dahulu kalau postingan ini bukan lah pengalaman pribadi karena gue sendiri berhasil mendapatkan Visa Korea Selatan di Bulan September 2014 lalu ( dapat di baca di postingan Cara, Tips dan Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan , terdapat juga cara mengecek status Visa Korea Selatan via Online ).

Sehingga postingan ini hanyalah sharing info dari berbagai sumber yang gue dapatkan jika anda menjadi salah satu calon turis yang Visa Korea Selatan nya di Tolak :crying:

 * * * * *

Status Visa Korea Selatan Di Tolak

Status Visa Korea Selatan Di Tolak

Mungkin anda langsung panik dan stress melihat status “Denied” di atas ketika mengecek status Visa Korea Selatan via Online? Apalagi di tambah tiket pesawat dan penginapan sudah di bayar dan tidak bisa di refund, kalau gue mengalami hal itu jujur juga pasti panik dan stress karena duit sekian juta udah pasti lenyap tak berbekas  :suram:

Maka nya sangat di sarankan JANGAN membeli tiket pesawat dan booking penginapan dulu kalau engga yakin di approved, soalnya dari Kedutaan Korea Selatan nya sendiri tidak meminta bukti tiket Pesawat PP dan Booking Penginapan. Tapi pengecualian buat tiket pesawat promo ya karena itu memang harus di beli di awal dan jauh-jauh hari sehingga mau engga mau harus yakin di approve Visa Korea nya :)

* * * * *

Apabila anda mengalami kejadian di atas dan masih ingin tetap berwisata ke Korea Selatan dengan mengeluarkan uang lebih untuk membeli tiket pesawat baru dan apply Visa Negara lain yang masuk dalam persyaratan maka gunakan saja Visa Transit Korea Selatan yang berlaku selama 30 hari.

Link Persyaratan nya sendiri tertera di sini :

1. Pada Website Kedutaan Korea Selatan untuk Indonesia search saja tentang “Bebas Visa”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Kedutaan Korea Selatan Untuk Indonesia

Pengumuman Bebas Visa pada Website Kedutaan Korea Selatan, Klik Untuk Perbesar

Pengumuman Bebas Visa pada Website Kedutaan Korea Selatan, Klik Untuk Perbesar

2. Pada Website HiKorea – EGovernment for Foreigners search saja tentang “Visa Free Entry of Foreigners” lalu baca pada bagian “Transit tourists bound for another country”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Hi Korea

Pengumuman Bebas Visa pada Website Hi Korea

Pengumuman Bebas Visa pada Website Hi Korea

3. Pada Website Korea Immigration Service search saja tentang “No-Visa Entry Policy for Foreigners in Transit” lalu baca pada bagian “No-Visa Entry for Transit Tourists (Existing Policy)”, Link nya ada di Informasi Bebas Visa Korea Immigration Service

Pengumuman Bebas Visa pada Website Imigrasi Korea Selatan

Pengumuman Bebas Visa pada Website Imigrasi Korea Selatan

Dari ketiga sumber diatas, pengertian bebas visa di atas arti nya BUKAN berarti kita ( Pemegang Passport Hijau Indonesia ) bisa masuk benar-benar bebas visa seperti ke negara ASEAN melainkan kita dapat menggunakan Visa JENIS TRANSIT 30 hari untuk masuk ke negara Korea Selatan ini dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Secara singkat syarat dan ketentuan nya dari ketiga gambar di atas adalah sebagai berikut :

1. Punya Visa Valid Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, New Zealand

2. Menuju atau Dari Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, New Zealand dan Transit di Korea Selatan

3. Menunjukkan Tiket Keluar dari Korea Selatan dalam 30 hari dengan tanggal pasti terhitung dari tanggal tiba ke Korea Selatan

 * * * * *

Sebagai contoh dengan asumsi menggunakan Visa Jepang untuk Point 1 ( Note : Bukan Bebas Visa Japan menggunakan E-Passport karena belum ada pengumuman terkait hal ini ), maka untuk Point 2 di atas dapat menggunakan rute – rute sebagai berikut :

  • Indonesia – Jepang – Korea – Indonesia
  • Indonesia – Kuala Lumpur – Korea – Jepang – Kuala Lumpur – Indonesia
  • Indonesia – Manila – Korea – Jepang – Kuala Lumpur – Indonesia
  • Indonesia – Korea – Jepang – Indonesia

Rute di atas hanya lah contoh, inti nya adalah rute untuk negara Jepang dan Korea Selatan harus berdampingan.

Untuk maskapai nya sendiri dari atau menuju antara Jepang dan Korea dapat di cek langsung di http://www.skyscanner.co.id/ atau bagi anda pecinta maskapai LCC dapat di coba maskapai ini Peach Airline harga nya cukup bersahabat di kantong :)

 * * * * *

 Berikut adalah 2 testimonial yang gue dapat dari Kaskus dan Facebook untuk para turis yang berhasil menggunakan Visa Transit Korea Selatan dari / ke Jepang tanpa ada masalah :)

Testimonial Visa Transit Korea Selatan - Sumber : Kaskus, Klik Untuk Perbesar

Testimonial Visa Transit Korea Selatan – Sumber : Kaskus, Klik Untuk Perbesar

Testimonial Visa Transit Korea Selatan, Sumber : Grup Backpacker Dunia - Facebook

Testimonial Visa Transit Korea Selatan, Sumber : Grup Backpacker Dunia – Facebook

Nah jadi buat anda yang kepikiran ingin pergi ke Jepang dan Korea sekaligus menggunakan Visa Jepang, tips dan trik ini dapat di gunakan, akhir kata selamat berlibur dan jangan lupa oleh-oleh nya! :relax:

 * * * * *

UPDATE : PER 1 MEI 2016 VISA TRANSIT KOREA MENGGUNAKAN VISA JEPANG TIDAK BERLAKU LAGI

Pengumuman Visa Transit Korea dengan Visa Jepang tidak berlaku lagi

Pengumuman Visa Transit Korea dengan Visa Jepang tidak berlaku lagi

Kabar buruk buat anda yang ingin masuk ke negara Korea menggunakan visa transit Korea dengan Visa Jepang, karena mulai per 1 MEI 2016, kebijakan tersebut sudah tidak berlaku lagi ( kecuali Group Visa Jepang ), sumber : Pemberitahuan Perubahan Kebijakaan Bebas Visa untuk WN Asing ( Website Kedutaan Korea di Indonesia ). :crying:

165 thoughts on “Visa Korea Selatan Di Tolak? Pakai Visa Transit aja yuk!

  1. shofin

    Kalau misalnya visanya sudah keluar ….dibandaranya soeul masihdiintervieuw gak ya ? kuwatir dideportasi sayang kan vocher hotel dan segala macamnya..

    Reply
  2. Dessita

    Dear mas Frenky,

    saya mau tanya, kalo SIUP apakah WAJIB di lampirkan? sedangkan perusahaan saya tidak akan memberikan SIUP jika bukan untuk kepentingan perusahaan…

    Reply
    • Frenky Post author

      Tidak ada rincian pasti tentang minimal tabungan ya tentang visa korea. Anggap saja 1.5 juta x jumlah hari selama di Korea = Total minimal uang di tabungan

      Reply
  3. zephiranty roselina

    maksud kecuali “grup visa jepang” apa ya? apa kalo dgn grup msh bisa?, lalu kalau tiket kami ( ber 15 orang) jkt – jepang-korea-jepang -jkt gimana visa jepang nya ya? hrs double entry?
    tks ya

    Reply
    • Frenky Post author

      Untuk masalah Visa Grup Jepang ini, coba telpon kedutaan Korea ya, double confirm, soalnya, saya tidak ada informasi juga tentang Visa Grup Jepang itu cara ngurus nya bagaimana.

      Kalau masuk Jepang 2x arti nya Visa Jepang nya harus tipe Double / Multiple Entry atau bisa menggunakan Visa Waiver Jepang ( tapi yang ini kemungkinan besar akan di tanya kelengkapan dokumen oleh imigrasi Jepang sesampai nya disana )

      Reply
  4. Franky Eka

    Annyông koh frenky 😊

    Mau tanya koh, kalau kya saya kan berdagang toko sembako kecil. Trus persyaratannya hrs menyerahkan spt sedangkan sya kga punya gimana koh ? Trus kalau pake tabungan ortu gimana ya koh ? Paspor jg msh kosong blm ada cap hehe. Makasih koh frenky

    Reply
    • Frenky Post author

      ya kalau ga ad SPT, ya ga usah di sertakan. Kalau pakai tabungan ortu ya tidak masalah juga, kasih aja rek ortu, bilang pekerjaan nya sama ortu. Paspor kosong tidak ada masalah kok, banyak juga yang tetap approve asal pekerjaan dan keuangan nya menyakinkan.

      Reply
  5. Farida

    Kalo semisal dr jepang mau plg ke Jakarta via seoul transit hanya 2 jam ( karena pake maskapai korean airlines ) bisa nggak ya? Pengalaman yg dulu th 2006 sih bisa. Cuma kok ada peraturan baru begitu. Jadi was was nih …

    Reply
    • Frenky Post author

      Klo rute nya Jepang – Seoul ( Transit ) – Jakarta karena memakai maskapai Korean Airlines, harus nya tidak masalah sih, harus nya tidak perlu keluar imigrasi kalau cuma sebatas transit. Tapi biar lebih yakin, lebih baik telpon perwakilan Korean Airlines.

      Reply
  6. indarto

    Hallo…bos kalau ada visa australia mau transit korsel g ada surat2 yg kita urus di embasy korsel…trimakasih…

    Reply
    • Frenky Post author

      Yap benar, tetapi rute nya harus “DARI / KE” Korea – Australia ya, kalau rute nya engga valid, visa transit juga engga dapat nanti nya.

      Reply
  7. Ratna W.

    Share pengalaman saya sendiri.
    Tahun lalu saya berdua teman ke Jepang dan Korea.
    Dengan pertimbangan biaya visa Jepang (330.000) dan Korea (460.000) dan adanya kemudahan free transit bagi yang mempunyai visa Jepang, maka kita apply visa Jepang dan bisa mengunjungi Korea Selatan dengan free transit visa.
    Kita terbang dengan route Jakarta-Incheon-Nagoya-Incheon-Jakarta (ada negara ketiga sebelum/ setelah Korea Selatan)
    Berangkat kita keluar Incheon (ikut free city tour selamat beberapa jam) kemudian kembali ke Incheon dan melanjutkan penerbangan ke Nagoya.
    Kembali ke Jakarta, kita transit 10 hari di Seoul. Petugas Imigrasi tanpa banyak tanya langsung memberikan stempel/cap transit selamat 30 hari.
    Dan untuk yang menggunakan visa waiver, free transit tidak dipetbolehkan.

    Tahun ini menurut yang saya baca di web Kedubes Korea Selatan, karena banyak disalah gunakan, fasilitas free transit ke/dari Jepang sudah tidak lagi diberikan.
    Jadi tahun ini kita apply visa Korea Selatan dan masuk Jepang menggunakan visa waiver. Lebih mahal memang.

    Reply
  8. Febri Sinaulan

    Hi Frenky…. mau nanya nih. Sy punya visa Jepang multiple enrty 3thn, landing permittion’x 90hari, jadi setiap 3bln harus balik Indonesia. Nah kalau saat sy mau balik Indonesia tapi pengan’x mampir beberapa hari di Korea Selatan, gimana caranya ya….? Trimakasih.

    Reply
    • Frenky Post author

      Berhubung Visa Jepang tidak berlaku lagi buat Visa Transit Korea, jadi pilihan nya mau engga mau harus buat Visa Korea Wisata.

      Reply
  9. Fathurahman

    Pa frenkey….berarti cm visa jepang aja yg sdh tdk bs d pk trnsit d korsel ya? 4 negara ( usa,nw zealand ,canada,australia)..itu msh berlaku ya pa?….

    Reply
    • Frenky Post author

      iya Pak Fathur, untuk sekarang Visa Jepang tidak berlaku lagi kecuali “Group Visa Jepang” ya.

      Kalau Visa Amerika Serikat, Kanada, Australia, New Zealand masih berlaku.

      Reply
  10. mamat

    hi ….mulai 1mei 2016 visa transit korea menggunakan visa jepang tidak berlaku lagi apa bener pak frenky???? saya rencana mei baru mau apply visa jepang transit korea

    Reply
    • Frenky Post author

      Yup benar, per 1 Mei visa transit Korea pakai visa Jepang tidak berlaku lagi, pengumuman dari website kedutaan korea langsung.

      Reply
  11. indah kumala

    hallo…saya berencana mau ke jepang dan korea dengan rute jakarta-jepang-korea-jakarta. Nah saya mau tanya untuk dokumen pengajuan visa jepangnya gmn ya ? misal untuk bukti tiket dan penginapan apakah harus saya lampirkan semua (jepang-korea) dan untuk living costnya apakah yg korea juga dihitung atau hanya yg jepang saja. Saya mau mengajukan visa minggu depan. Please advise.

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi Indah,

      Ini bukan pengalaman pribadi ya, cuma pernah baca testimonial orang aja di grup Facebook.

      Untuk bukti tiket pesawat lampirkan semua ya ( Jakarta – Jepang – Korea – Jakarta ), untuk penginapan cukup di Jepang saja, pas di Itinerary perjalanan di tulis juga yang bagian Korea tapi cukup tulis aja “South Korea” engga usah detail tulis nama tempat nya seperti yang di Jepang.

      Kalau living cost sih lebih baik tulis mencakup Jepang dan Korea ya.

      Reply
  12. Michell

    Hallo.. kalau rute nya Jakarta-Korea-Jepang-Korea-Jakarta apa bisa berlaku juga ya untuk free visa ini? Terima kasih…

    Reply
    • Frenky Post author

      Hi, waktu itu pernah baca sih ada yang bisa double entry masuk Korea ya, cuma itu testimonial 1 orang aja, jadi ragu juga ke-validan nya, mungkin faktor sedang lucky aja ya bisa masuk double entry. Lebih baik buat aman sih jangan double entry ya, cukup single entry ke Korea nya, lebih terbukti ke-validan nya :)

      Reply


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: