9 Tips Travelling untuk Liburan yang Super Menyenangkan

Travelling memang hal yang menyenangkan sekaligus waktu nya menghibur diri sendiri (atau Bahasa keren nya refreshing) setelah bekerja mencari nafkah pergi pagi pulang malam tiap hari demi selembar tiket pesawat. Sejak gue resmi menjadi pegawai kantoran, rutinitas travelling setahun sekali merupakan hal wajib, entah mengunjungi tempat wisata dalam negeri maupun luar negeri semua tergantung kondisi keuangan ditabungan sama izin cuti kantor berapa lama (nasib pegawai kantoran).

Karena sebegitu berharganya waktu yang tersedia buat travelling ini, maka gue engga mau dong rencana travelling setahun sekali ini engga berjalan lancar, ya sekaligus juga engga habisin budget banyak sih…. Intinya, jangan sampai gara-gara travelling, begitu liat saldo rekening tabungan, terus mendadak engga bisa bayar cicilan yang sudah menunggu dilunasi (nasib pegawai kantoran banyak cicilan tapi mau terus travelling).

Di post ini, gue mau sharing beberapa tips travelling ala gue yang sekiranya berguna buat mencegah kejadian kecil yang tidak mengenakkan, yang sebenarnya bisa dicegah sekaligus beberapa tips menghemat budget (walau agak merepotkan, tapi lumayan hasilnya kalau dijalankan rutin).

 

# Bawa lakban dan tali rafia #

Ada kalanya, kejadian tak terduga seperti tas atau sepatu ada yang sobek sedikit hadir pas gue travelling. Sebagai langkah praktis, pakai lakban biar engga tembus air. Kalau pengalaman gue pribadi sih, biasanya lakban dan tali rafia ini dipakai buat packing kardus hasil kalap belanja makanan kebanyakan HAHAHA….

Percaya atau tidak, gue pernah juga pakai lakban buat tempelin handuk ke cermin di dalam kamar hotel. Kenapa gue lakukan hal tersebut? Karena cerminnya itu menghadap langsung ke posisi ranjang gue, merasa agak mistis dan engga tenang aja liat cermin depan mata gitu HAHAHA… :suram:

Lakban Plastik

Lakban Plastik

 

# Bawa botol minum #

Membawa botol minum dan mengisinya secara gratis di penginapan atau di tempat umum, lumayan loh bisa menghemat pengeluaran. Daripada membeli terus-terusan botol air di minimarket, kan?

 

# Bawa travel adapter dan colokan cabang tiga #

Ketika travelling ke luar negeri, barang ini wajib banget sifatnya! Kalau engga ada ini, wah repot deh mau engga bisa charge baterai handphone karena lubang stekernya engga cocok. Untuk itu, jangan lupa bawa colokan cabang tiga ya, biar engga rebutan buat pakai listriknya.

 

# Bawa timbangan portable #

Buat kamu yang suka bawa tas besar banget, pasti harus bayar bagasi kelebihan di bandara langsung yang harganya mahal di banding pre-order secara online, lebih baik beli timbangan portable ini ya, biar bisa ukur berat bagasi yang dibawa berapa.

Nah nanti kalau udah tau kelebihan bagasinya berapa kilo, tinggal diatur deh bawaannya biar engga kelebihan. Misalnya, numpang sementara ke teman perjalanan atau bawa ke kabin pesawat aja dahhhh….

Timbangan Portable ( Praktis untuk di bawa kemana-mana )

Timbangan Portable ( Praktis untuk di bawa kemana-mana )

 

# Gulung baju dan ikat dengan karet #

Teknik gulung baju ikat ini bisa membuat susunan isi tas jadi lebih rapi, sehingga mudah dikeluarkan isinya. Selain itu, secara tidak langsung bisa membuat tas menjadi lebih banyak bisa diisi barang loh,,, Cuma secara berat ya sama aja, jadi sekali lagi jangan lupa timbang berat tasnya ya sebelum ke bandara.

 

# Bawa tas belanja cadangan #

Buat Anda yang shopaholic, bawa tas belanja yang ringkas dan praktis merupakan hal yang wajib dilakukan. Tujuannya buat mempermudah acara belanja kalap selama travelling. Selain itu, jika jatah bagasi yang diberikan tidak cukup, alternatifnya bisa menggunakan jatah kabin yang ada dengan membawa tas belanja cadangan ini.

Cara ini pernah gue lakukan waktu travelling ke Beijing dan Shanghai. Gue benar-benar mengoptimalkan jatah berat bawaan yang boleh dibawa ke kabin dengan pas dan akurat. Alhasil, gue tidak mengalami kejadian kelebihan bagasi, yeahhhh…..

Tas Belanja Besar

Tas Belanja Besar

 

# Foto dan upload halaman identitas diri di Cloud storage #

Buat yang travelling keluar negeri, hal ini boleh dilakukan sebelum berada di negara lain ya. Tujuannya, kalau lagi apes banget paspor, visa, dan identitas lainnya kehilangan entah karena ketinggalan atau kecopetan, kita masih ada identitas versi digital. Lumayan ya identitas digital ini bisa mempermudah pengurusan paspor pengganti sementara biar bisa keluar dari negara tersebut.

 

# Buka jasa titip ( Jastip ) #

Sekarang ini lagi marak travelling sambilan menerima juga jasa titip beli barang di tempat yang sedang di tuju. Lumayan kan bisa dapat komisi up to 20% dari harga barang, yang titip senang dan yang dititipin juga senang, sama-sama senang deh. Komisi dari jasa titip ini lumayan loh bisa mengurangi budget travelling kamu.

 

# Check-in online sebelum ke bandara #

Check-in online merupakan aktivitas wajib yang gue lakukan jika travelling menggunakan pesawat. Alasan utamanya adalah biar dapat posisi kursi dekat jendela (sukur-sukur posisi paling belakang banget) dan alasan keduanya adalah engga perlu buru-buru datang ke bandara lebih awal untuk antre check-in buat dapetin boarding pass (ini kalau kasusnya engga pakai bagasi ya, kalau bawa bagasi ya tetap harus antre di counter buat drop bagasi only). Alasan lainnya adalah gue tidak akan ditinggal oleh pesawat (sampai dengan batas waktu yang ditentukan) karena nama Anda sudah terdaftar di database penerbangan.

Sekarang hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia melayani check-in online, begitu juga dengan online travel agent yang juga menyediakan layanan tersebut. Kayak gue yang belakangan ini mulai terbiasa check-in  online di Traveloka dengan alasan praktis. Ya gimana engga praktis, beli tiket di aplikasinya, ya sekalian juga check-in online di sana, kan. Tapi, gue pakai fitur Check-in Online cuma kalau pakai maskapai dari grup Garuda atau Lion, soalnya Traveloka baru provide itu aja sekarang. Moga-moga nantinya makin banyak ya.

Menu Online Check-In di Aplikasi Traveloka

Menu Online Check-In di Aplikasi Traveloka

 

2 thoughts on “9 Tips Travelling untuk Liburan yang Super Menyenangkan


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: