Tips membeli Box Motor

Ketika membeli box motor untuk pertama kali nya, ada berbagai macam hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu seperti berapa ukuran box, merk box apa yang awet, bracket motor apa yang kuat. Gue sendiri mengalami hal tersebut ketika mau membeli box motor, beruntung sudah setahun pemakaian, tidak ada masalah yang dialami oleh bracket dan box motor pilihan gue.

Untuk itu gue ingin berbagi tips membeli box motor agar tidak menyesal di kemudian hari, semoga bermanfaat :info:

1. Pilih ukuran box motor yang sesuai besar motor yang di pakai.

Pilih ukuran lebar box motor tidak melebihi dari panjang stang dan juga jangan terlalu kecil dari ukuran motor sebab akan membuat terlihat tidak stylish pada motor anda. Selain itu gunakan lah kaca spion yang dapat melihat box di belakang. Pengalaman selama ini hanya dengan berpatokan pada panjang stang dan melihat kebelakang menggunakan spion membantu gue untuk melakukan manuver dan menyelip di tengah kemacetan.

Box Motor terlihat pada Spion

2. Pilih kualitas box yang sudah teruji kualitas nya.

Di pasaran ini banyak merk box yang di jual dan sesuai prinsip ekonomi pada umum nya, “Ada Harga Ada Kualitas” jadi lebih baik beli mahal sedikit daripada terjadi apa-apa dengan box anda ketika berkendara di jalanan.

3. Pilih Bracket motor yang berkualitas baik.

Untuk pemilihan bracket motor ini harus memilih dari besi berkualitas dan sukar untuk patah. Di pasaran terdapat 2 tipe bracket yaitu bracket geser (Slider) dan bracket statis. Pilihlah tipe bracket sesuai kebutuhan dan tentu nya kantong anda, karena berdasarkan pengalaman bracket yang bermerk dari luar mempunyai harga yang lumayan menguras kantong di banding merk lokal. Motor gue sendiri memakai bracket merk lokal yang sudah terpercaya kualitas dan kehandalan nya.

 

Bracket Geser

4. Box motor yang terpasang harus terlihat menungging ke depan agar beban berat barang terpusat ke depan motor.

Di jalanan kadang-kadang gue melihat posisi box motor yang menungging ke belakang seolah-seolah bracket mau patah. Hal itu sangat berbahaya karena beban berat barang terpusat ke belakang sehingga membuat motor tidak seimbang.

5. Hendak nya membeli box motor yang berwarna hitam full (Optional).

Kenapa gue membuat statement tersebut? karena berdasarkan pengalaman gue yang memiliki box motor berwarna silver, box motor jadi susah di bersihkan seperti semula dan jadi terlihat mudah kotor apalagi di musim penghujan.

 * * * * *

Smoga tips di atas bisa membantu biker-biker sekalian dalam memilih dan membeli box motor. Jika ada pertanyaan, dapat langsung di tanyakan melalui comment di post ini :bye:

 

70 thoughts on “Tips membeli Box Motor

  1. deniz

    bro motor ane verza keluaran pertama nih..
    tolong dong rekomendasiin braket+box yg kuat buat jalan jauh sekaligus nyaman buat harian, sama kisaran harganya juga ya bro. maaf banyak nanya soalnya newbie hehee. thanks :sweating:

  2. Kurnia Iman Wibowo

    Bos mau tanya, motor saya mega pro cw nah, saya pake breket yg 150rb an, misal di pasar givi e45 bisa patah ga ya breketnya

  3. rk

    bro.. baseplate givi e45 kalau ane liat bentuknya rada berbeda sama baseplate givi e33, givi e20, givi e35, apakah memang berbeda atau sama aja? mohon infonya. thx..

  4. kusnanto

    Bro numpang tanya.. box yang cocok untuk motor new megapro fi yang nyaman dan fungsional apa ?

  5. Nauli Siregar

    Bro, numpang tanya. Kalo side braket SB3000 bisa pake aide box e21 ga bro?

    • imam005

      Maaf bro ane bantu jawab,untuk e21 biasanya memakai SB1000/SB2000 bro,kalau SB3000 itu untuk e20 PNP jadi tidak membutuhkan baseplat lagi. :good:

  6. aditya pradipta azhar

    bro mau tanya nih, box yg cocok buat supra x 125 fi pakai box brp L sama bracket merk apa?

  7. ias

    Bro,cara nunggingin box gmn ya?motor gw beat f1,breket lokal,udah dipasang box tapi kayaknya lurus2 aja,gak nungging ke depan

    • Frenky Post author

      Waduh, itu sih langsung bawaan dari breket nya ya. Kalau breket geser kucay model nya memang langsung nungging ke depan, jadi engga perlu modifikasi dari sisi body motor nya lagi.

  8. Bravo 305/TKR

    Super sekali….singkat, padat dan bermanfaat. Sering2 posting pengalaman

  9. fajar malikul akbar

    Om ane liat recomendasi di atas buat tiger revo bagusnya pake 45-50L?itu gk kebesaran om?dan merk,type yg kuat dan tahan lama bagusnya apa ya om?

    • Frenky Post author

      Maximal 45 L aja udah cukup sih untuk ukuran tiger revo. Lebih dari 45 L menurut ane baru ke besaran :)

      Bisa coba merk Givi atau Shad, itu merek terkenal untuk box motor.

  10. db111

    Halo bro..salam kenal..maaf boleh mnta rekomendasinya sya mau pasang box untuk supra x 2011 yg pas pake tipe brp liter yaa maksimalnya (merk dan tipenya yg paling bagus) +bracketnya+monoracknya..? trus belinya dimana (nama tokonya kalo ada yg harganya paling murah) mohon pencerahannya bro frenky..thanks b4

    • Frenky Post author

      Ukuran 33L aja pakai Givi / Shad. Beli bracket kucay aja di toko terdekat, kalau waktu itu sih saya beli secara online di Kucay nya langsung ( Lampung ), karena waktu tahun 2012, cari di toko Jakarta hampir tidak ada atau jauh banget lokasi nya :)

    • Frenky Post author

      Hi Bro, maaf nih kurang ada info mengenai hal ini, biasa belanja di Jalan Kebon Jeruk, Sawah Besar sih disana banyak banget seller variasi motor :)

  11. HAns

    bro numpang tanya, pnya rekomendasi tempat g beli braket kucay di area jabodetabek ? sekalian box dgn hrg terjangkau utk njmx 2014 :D

    • Frenky Post author

      Hallo bro sorry nih engga ada rekomendasi, tapi menurut gue mending langsung beli via online ke seller nya langsung di lampung soalnya spek braket ( ukuran ) tiap motor kan berbeda.

      Givi atau Shad 32 aja, untuk harga googling sendiri ya bro :)

  12. zilka

    Nanya nih mas… itu box ke besi kan bisa dilepas tidak lengket permanen, sy takut kalau parkir itu box dimaling. Sy punya rencana utk lengketin itu box dgn besi secara permanen. Apakah bisa? Bagaimana box yg mas punya? Apa jg gampang dilepas?

    • Frenky Post author

      Bisa2 aja mas kalau mau di buat lengket permanen dengan las, cuma menurut saya sih ga perlu soalnya baut antara box dan breket juga dah cukup susah di lepas :)

      Sekarang dah jalan 3 tahun pakai box, so far ga pernah goyang atau masalah lain nya untuk ketahanan box nya :)

  13. vayan

    halo halo bang
    ane punya bracket..
    bracket ane merknya monorack terus patah sudah sekarang. nah, kalo ane las lagi ke tukang las terus ane tambahin besi. kira-kira bagus apa nggak atau bagian mana yg perlu di tambahin besinya. thanks bang

    • Frenky Post author

      Hallo Mas,
      Berhubung engga punya pengalaman nge-las ulang bracket ga bisa kasi opini banyak nih, tapi menurut ane sih oke2 aja di las ulang yang penting tukang las nya pengalaman nya oke, untuk masalah besi nya tanya tukang las nya ya :)

  14. iman

    Bro klo box givi e20 cocok ga buat vixion
    Trusklo bracketnya yg model mmonorack kuat ga
    Mohon pencerahannya
    Newbie

    • Frenky Post author

      Hallo bro, Givi E20 itu tipe side box kan ya, jadi di rekomendasiin pake bracket SB2000 Givi Ori aja biar lebih terjamin, kalau monorack nya terserah bro mau pakai merk apa aja deh yang penting kuat :)

  15. Ardenn

    Bang, saya baru mesen bracket shad kaya yang abang pake. aman kah? ga mudah patah kan ya? mesennya di kucaynya langsung. mohon petunjuknya :)

    • Frenky Post author

      Aman bro, sekarang lagi jalan 2 tahun 3 bulan pemakaian so far ga ada masalah sama sekali dengan bracket kucay nya :)

  16. Masyal Muhammad

    Hallo bro, mau tanya neh kalo untuk scoopy box ukuranbberapa yang cocok? Untuk box yang bagus merk apa sama bracket yang kuat merk apa? Soalnya takut di kerjain pedagang kalo yang belum ngerti.thanks infonya

    • Frenky Post author

      Beli aja maximal ukuran 33 bro.

      Untuk box yang bagus ada merk Givi, Shad, Kappa semua tergantung budget.

      Kalau bracket biasa sih klo di jual di toko gitu kisaran 150 ribu-an tapi itu udah oke punya kalau ukuran box nya kecil, kalau ukuran besar baru mending beli yang ber-merk sekalian :)

  17. Radhika Pangestu

    Bro mau tanya, untuk motor Jupiter Mx th2010 ukuran bracket + box yang pas itu apa y ?
    Thanks…

  18. singgih

    bang mau tanya, rencana mau beli bracket untuk ditambahkan side box. dengan spek givi e35 untuk top box dan e21 untuk side box. saya masih pake yang monorack untuk vixion. apakah boleh monorack lokal jika di tambah sb3000 untuk pemasangan e21 di sidebox? rencana beli pertimbangan apabila tidak kuat ada wingrack 2 lokal sama kucay, mana yang lebih kuat dan bagus? terima kasih.

    • Frenky Post author

      Q : Apakah boleh monorack lokal jika di tambah sb3000 untuk pemasangan e21 di sidebox?
      A : Kalau memang ada tempat baut dan plate buat pemasangan side box nya pada monorack nya, berarti boleh-boleh aja bro, tinggal masalah kuat atau engga nya aja itu kualitas monorack nya.

      Q : apabila tidak kuat ada wingrack 2 lokal sama kucay, mana yang lebih kuat dan bagus?
      A : Kalau saya sih prefer pake kucay bro, secara testi nya dah banyak juga. Kalau Wingrack 2 lokal tergantung kata yang udah pakai ya kuat atau engga nya, saya sendiri belum ada pengalaman dengan WR2, kalau punya duit berlebih, pake versi WR2 dari M*tor*tz aja :evilsmirk:

    • Frenky Post author

      Kalau beli nya ber-merk luar seperti Givi, Shad bisa sekitar 600 – 800 ribuan.

      Dari awal pakai box hingga sekarang ( sudah 3 tahun ), saya pakai bracket merk Kucay ( lokal ) harga nya kena 450 ribu ketika itu saya beli.

      Coba lihat langsung di website nya ya bro di
      http://www.kucay-motorsport.com/2-box-bracket

  19. udjang

    bro kl CS 1 bagusnya pake merek dan ukuran apa. trus kl kita beli di pasangin ga ya. apakah semua motor bs di pasangin box motor atau briket

    • Frenky Post author

      Antara Shad SH33 atau Givi E33, tinggal pilih yang cocok di mata sama kantong.

      Semua motor bisa di pasang braket, tinggal beli braket yang berkualitas. Jika braket sudah terpasang tinggal pasang box motor nya deh.

  20. rendy

    Mas bro, mau minta pendapat, kalo utk honda beat fgm fi, enaknya pakai box yang ukuran berapa ni trs rekomen merknya apa mas bro? Tengkyu

    • Frenky Post author

      Pake box Shad SH26 atau Givi E26 aja bro, harga nya sesuaikan kantong ya :)

    • Frenky Post author

      Hallo masbro,

      beli ukuran 33 – 45 L aja, beli yang ada stoplamp nya ;)

  21. inselberg

    bro mau tanya nih bro,
    kalo vixion 2010 pake box shad sh48 terlihat kebesaran tidak ya?
    terima kasih jawabannya

    • Frenky Post author

      Hallo bro,

      menurut gue kebesaran, paling maximal pas nya 45 L ( pendapat pribadi ).

  22. ERICK

    Bro, untuk motor mio j bagusnya box ukuran berapa? Tipe, merk dan harga. Anggaran terbatas soalnya. Kisaran harganya berapa, bracket dan box?

    Saya tertarik dengan Shad SH 26, SH 33, dan GIVI E20. Bracket pakai yang mana? Thx

    Ada toko yag reccomended? Thx

    • Frenky Post author

      Hi Bro,

      Kalau saya punya Mio, saya sih bakal milih SH 26 harga sekitar 500 – 550 ribu an tergantung toko.

      Bracket nya kalau kualitas lokal sekitar 100 – 200 ribuan, untuk toko kalau misal nya bro posisi di Jakarta, coba hunting di Jalan Kebon Jeruk aja bro ;)

  23. aang

    Bro mau nanya ni… motor gw megapro cw 2009 cocoknya yg brapa liter ya? Mau pasang yg 33 . Itu cukup masuk helm full face gk ya? Untuk bracket nya gimana ya?
    Thanks

    • Frenky Post author

      Beli aja kisaran 33 – 45 Liter bro. Muat 1 helm full face.

      Bracket di beli terpisah pasti nya, biasa nya si penjual box motor ada jual juga, tinggal bro memilih aja, seperti biasa ada harga ada kualitas :)

  24. popon

    Bro gw masih newby tuk box motor nih. Klo misalnya beli box motor udh include dgn stop lampnya ya..kira2 total harga semua utk yg ukuran 45 liter merk kappa include ongkos pasang brp ya bro? Btw motor gw mega pro..thanks tuk jawabannya

    • Frenky Post author

      Hello bro, box motor itu belum tentu include stop lamp, tergantung merk, model dan ukuran. Jadi pastikan dulu cari tahu udah include stoplamp apa belum sebelum beli box motor nya.

      Kalau masalah harga kurang tau ya berhubung ane bukan penjual box motor, tapi yang pasti waktu itu gue beli kappa 42 liter tahun 2012 skitar bulan 6 di kisaran 900 ribu an kaya yang di gambar foto box nya.

  25. Deni

    bro mau tanya bro
    motor ane thunder bro, ane lg nyari box motor, udah dapet 2 pilihan SHAD SH 45 sama Kappa 42, menurut masbro mending yg mana yg cocok sama thunder bro, mengingat thunder tenaganya ga gede2 amat juga kan hehe
    sama minta usul bracket kuat bro buat box yg saya sebut tadi dan cocok di thunder, kira2 apa ya?

    • Frenky Post author

      Hallo bro, kalau gue sih pilih SHAD SH 45, pasti pas ke motor Thunder nya bro.

      Kalau bracket, gue kaga tau si SHAD ada jual bracket buat Thunder atau ga, alternatif nya paling pakai bracket Kucay – Lampung aja.

      Motor gue sendiri pake bracket Kucay, udah 2 tahun tidak ada masalah sama sekali.

      • Deni

        SH45 pas ya gan? gak kebesaran kan ya, thunder kan body nya gak lebar2 amat kayak vixion, gak kebanting lah ya
        tpi yg satu saya masih ragu SH45 udah with stoplamp blm ya gan? ane cari2 infonya susah bgt, kalau K42 sama Givi e45 kan with stomplamnya, kalau SH45 gmna gan? apa terpisah?

        Info jual bracket kucay itu dimana gan? online ada? atau di jakarta ada?

        • Frenky Post author

          Hallo bro, kalau masalah kebesaran di coba di tempat aja, liat aja ngelebihin stang atau ga, soalnya itu ga bagus juga kalau ngelebihin posisi stang, nanti susah buat bro pas mau nyelip di tengah kemacetan hehe…

          Kalau liat gambar nya di internet sih ga ada stoplamp nya tuh, tapi bisa di modif pasang sendiri pasti nya, dan hasil nya malah lebih keren kalau modif sendiri stoplamp nya, tapi jadi nya memang harus keluar duit extra lagi buat nambah stoplamp nya :sweating:

          Waktu itu gue beli online juga langsung dari penjual nya langsung di lampung, coba liat link ini deh http://kucay-motorsport.com/

    • Frenky Post author

      Kalau Tiger Revo mah langsung sikat aja ukuran 45 – 50 L, motor tipe touring gini ukuran besar juga ga masalah, tinggal siap kocek lebih aja, makin besar makin mahal soalnya hahaha…

  26. rida

    maaf mas bro mau tanya kl buat motor vario techno 125 box nya pake ukuran berapa yah,, trimakasih atas jawabanya.

    • Frenky Post author

      Beli ukuran 33 L aja mas, udah paling pas ukuran nya itu.

      Kalau lebih dari itu soalnya kegedean dengan ukuran bodi motor nya :D

  27. Adhi

    Bro, maaf mau tanya, kalau untuk Vixion th 2011kira-kira ukuran box yg ideal berapa yah? Biar kelihatan stylist. Terima kasih atas bantuannya.

    • Frenky Post author

      Hallo bro, kebetulan saya juga pakai Vixion tahun 2010 dan motor gue pakai nya Kappa 42 L.

      Saran dari gue sih pakai antara 33 – 45 L aja, terus warna nya di sesuaikan dengan warna motor.

      • Syathir Boy

        Maaf Bro,.. mau tanya donk, untuk Motor CB 150R,… ukuran Box nya yg bagus brapa yach…? tuk beli Bracket dan Box kira kira ada tempat yg recomended ga..? Thanks yach

        • Frenky Post author

          Berhubung ukuran body nya tidak jauh berbeda dengan Vixion jadi saya rekomendasikan antara 33 – 45 L.

          Kalau tempat recommended sih saya ga bisa rekomendasikan, cuma kalau saya sendiri waktu itu belanja nya di daerah Jalan Panjang – Jakarta Barat.

          Kalau mau pilihan nya banyak banget dan variasi, belanja di Jl, Kebon Jeruk 3 – Sawah Besar :D

  28. Haidar

    bro kalo cuma beli bracket nya aja bisa kan ??
    kira2 kalo dipasang di Astrea Star gitu cocok gak ??

    • Frenky Post author

      bracket dan box itu produk terpisah bro, jadi beli bracket aja tentu bisa banget.

      Semua motor cocok bro pake box, untuk motor Astrea Star mungkin ideal nya ukuran 30-33, jangan sampai 40 kebesaran :D

  29. skiezer

    bro yag bracket geser itu gampang dicopot ya ? ane pengen cari box yang gampang dicopot untuk pemakaian harian. jadi ga terus-terusan bownya nempel. mohon infonya ya nama merk atau tipe box dan bracketnya dan kisaran berapa harganya?? thanks

    • Frenky Post author

      ga gampang2 banget sih2 bro, harus lepas 5 titik baut di base plate nya.

      Kalau merk box ada Givi, Shad, Kappa yg recommended, untuk harga tergantung ukuran. Yg di foto itu gw pake bracket kucay dari lampung, waktu itu beli nya 400ribu, tapi kualitas nya emang kuat banget, udah jalan satu setengah tahun ga ada masalah.

Comments are closed.