Hari 12 : Terbang dari Lhasa ke Chengdu dengan China Eastern

Tanggal 09 Oktober 2016 merupakan tanggal terakhir gue berada di area Tibet dan hari ini gue kembali ke Chengdu dengan menggunakan pesawat maskapai China Eastern, malas euy kalau naik kereta lagi 48 jam hahaha… Oh ya, harga tiket pesawat Chengdu ke Lhasa atau sebalik nya lebih murah di bandingkan harga tiket kereta, cuma demi PENGALAMAN sekali seumur hidup aja di rela-relain deh beli tiket kereta yang lebih mahal untuk rute Chengdu ke Lhasa nya :keren:

Jam 07.00 pagi sesuai yang di instruksikan hari sebelum nya, rombongan gue akan di jemput menggunakan bus ke bandara Lhasa Gonggar, lama perjalanan kira-kira 1 jam deh. Ya selama perjalanan singkat itu, gue menikmati pemandangan sekitar Lhasa, sempet lihat juga Potala Palace terakhir kali nya dengan mata kepala sendiri. Lhasa Gonggar Airport ini berada di ketinggian 3.570 MDPL, di area sekitar bandara juga di kelilingi tebing-tebing tinggi gitu, jadi cukup was-was juga bakal take-off di salah satu bandara tertinggi dunia, mana saat itu awan sekitar nya tebal-tebal :suram:

Jam 08.00 bus tiba dengan selamat di Bandara Lhasa Gonggar, cuaca saat itu cukup dingin, terlihat lebih banyak muka turis asing  di bandingkan orang lokal Tibet nya, kesan pertama yang gue dapatkan ketika melihat keadaan sekitar bandara. Oh ya tidak lupa, pasti nya ada tentara China dengan senjata laras panjang nya berdiri di titik-titik tertentu. Sebelum berpisah dengan Guide selama di Tibet, Mr Konchok, tidak lupa memberikan dia tip hasil patungan rombongan gue, nominal nya ga gede-gede banget, tapi lumayan lah :peace:

Boarding Pass Lhasa ke Chengdu, Suasana Lhasa Gonggar Airport

Boarding Pass Lhasa ke Chengdu, Suasana Lhasa Gonggar Airport

Untuk masuk ke Bandara Lhasa Gonggar, harus melewati dahulu barisan keamanan pertama yaitu pengecekan barang bawaan dengan mesin X-Ray. Masuk ke dalam bandara Lhasa Gonggar, ukuran nya biasa saja sih, lantai 1 untuk tempat check-in, lantai 2 terdapat banyak tempat makan, ada DICOS juga di sini! Karena sampai di bandara kepagian sekali, jadi nya duduk-duduk cantik sambil liat suasana sekitar, tapi saat itu keadaan nya nothing special sih buat di ceritakan.

Akhir nya sekitar jam 10.00 atau 2 jam sebelum penerbangan, gue melakukan proses check-in, jujur gue sempat khawatir dengan proses penamaan tiket pesawat yang menggunakan nama berulang, ya mana tau kena lagi kaya kasus refund tiket kereta rute Chengdu ke Lhasa gara-gara gue melakukan input nama berulang ( nasib cuma 1 kata ) :dead:

Tapi yang gue khawatirkan ternyata tidak terjadi, proses check-in mulus, paling sempat kejadian tas yang masuk bagasi gue bunyi mulu ketika lewat proses mesin X-Ray, setelah di cek ternyata segala macam jenis baterai apapun harus di bawa ke kabin, waktu itu kasus gue adalah menyimpan batre kamera SLR cadangan gue di bagasi. Tapi lucu nya setelah di keluarkan batre kamera SLR cadangan, masih tetap aja bunyi tas gue ketika lewat pemeriksaan mesin X-Ray. Gue sendiri bingung, akhir nya di keluarin satu persatu isi nya, dan kemungkinan bunyi  nya gara-gara 3 barang, tongsis / gantungan kunci / magnet kulkas, tapi kemungkinan besar sih magnet kulkas yang bikin bunyi, ya akhir nya gue jelaskan aja, singkat jelas padat, “No Battery, just Magnet Refrigerator in my bag”  :ngakak:

Sehabis proses check-in sampai ke proses boarding semua berjalan dengan lancar sih buat gue, paling hal yang bikin norak buat gue pertama kali nya adalah suruh buka sepatu pas security check, mana sepatu gue bau lagi saat itu hahaha…. Tapi saat itu ada 1 teman gue yang kebetulan kena interogasi sih, alasan nya karena di salah satu Visa Sticker di paspor nya yang udah expired, identitas nama nya beda 1 huruf, entah salah ketik atau kenapa engga paham juga detail nya. Lumayan lama sih interogasi nya, sampai-sampai kepikiran jangan-jangan engga keburu ikut boarding nih haha,, tapi untung ending nya semua berjalan dengan lancar sih  :sweating:

Tibet Airlines at Lhasa Gonggar Airport

Tibet Airlines at Lhasa Gonggar Airport

Lhasa ke Chengdu Transit di Yushu

Lhasa ke Chengdu Transit di Yushu

Akhir nya proses boarding pun di lakukan, terbang dengan China Airlines rute Lhasa ke Chengdu ini ternyata transit dulu di kota Yushu, gue baru tau juga saat itu kalau rute nya transit ( tapi engga perlu turun dari pesawat ). Penerbangan rute Lhasa ke Yushu nya lancar dan bagus banget pemandangan nya dari atas pesawat nya sih karena melewati pegunungan Himalaya, kebetulan banget gue dapat tempat duduk dekat jendela hahaha……

Selain itu asyik nya juga di kasih makan nasi set, tapi makan nya harus buru-buru banget, karena penerbangan Lhasa ke Yushu cuma 1 jam total dari take-off sampai landing. Gue perhatikan orang-orang China di sebelah gue, buset makan nya cepat banget, sedangkan gue masih sibuk foto-foto pegunungan Himalaya haha… akhir nya gue juga ikutan gerak cepat dahhhh makan nya, untung menu nya enyakkkkk………. :siul:

Proses landing di Bandara Yushu juga berjalan lancar, nunggu sekitar 30 menitan di bandara transit ini ( engga turun dari pesawat ), terus langsung take-off lagi buat rute Yushu ke Chengdu. Di penerbangan leg ke-2 ini ternyata di kasih makan lagi roti isi daging, waduh mantap deh, perut kenyang hati pun senang. Inti nya gue puas memakai jasa maskapai China Eastern ( Full Services ) ini dah, biasa nya pakai AirAsia soalnya hahaha…. Akhir nya jam 15.30, pesawat landing dengan selamat dan smooth di Bandara Chengdu dan berakhir lah perjalanan Trip Tibet gue ini.

Malam terahir sebelum flight kembali ke Jakarta, di ajakin makan di Hotpot Sichuan, eh busettttt, pedas banget cynnnn kuahhhh nya! Selain pedas, ada sensasi BIBIR BERGETAR gitu setiap seruput kuah Hotpot nya. Gue sendiri engga doyan makan nya karena pedas banget walau sebenar nya enak juga sih rasa nya kalau kuat pedas hahaha…. Ya tapi yang penting pengalaman nya dah, udah tau sensasi bibir bergetar gara-gara makan cabe Sichuan asli coy! :sweating:

Pegunungan Himalaya di Penerbangan Lhasa ke Chengdu

Pegunungan Himalaya di Penerbangan Lhasa ke Chengdu

Bandara Yushu, Makan Gratis Part 1 ( Nasi Set ), Informasi Penerbangan, Makan Gratis Part 2 ( Roti Isi Daging )

Bandara Yushu, Makan Gratis Part 1 ( Nasi Set ), Informasi Penerbangan, Makan Gratis Part 2 ( Roti Isi Daging )

Chengdu Hotpot Sichuan

Chengdu Hotpot Sichuan


Jangan Malu-Malu Tinggalkan Komentar ya!
Komentar Anda Sangat Berarti Buat Saya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:star:  :ahaaah:  :suram:  :beg:  :bye:  :cheer:  :confused:  :keren:  :crying:  :dead: 
:desperate:  :yeah:  :evilsmirk:  :good:  :senang:  :angry:  :hi:  :info:  :ngakak:  :lonely: 
:relax:  :crot:  :kaget:  :shy:  :sigh:  :silence:  :hero:  :sweating:  :peace:  :wait: 
:calm:  :siul:  :busy:  :wow:  :wtf:  :yawn:  :ill:  :noooo:  :notlisten:  :ngamuk: